Posted on: October 8, 2010 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 0

Pentingnya Sebuah Komunitas Blogger di Daerah

Komunitas Blogger Bekasi dalam Acara Amprokan Blogger
Komunitas Blogger Bekasi dalam Acara Amprokan Blogger

Pentingnya dibentuk sebuah komunitas blogger telah teruji, dan semakin diminati oleh teman-teman di berbagai daerah. Mereka yang awalnya ngeblog hanya di blognya masing-masing, kini mulai bergabung dalam sebuah komunitas blogger. Bersama-sama mempublikasikan potensi daerahnya, dan memberitakan kepada dunia, tentang potensi unik yang dimiliki oleh daerahnya masing-masing.

Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat atau kopdaratau ketemuan di dunia nyata..

Dengan adanya komunitas blogger terjadilah keragaman informasi dari antar sesama blogger, sehingga tak salah bila tahun 2010 ini, panitia pesta blogger 2010 mengambil tema “merayakan keragaman”.

rapat Pengurus Komunitas Blogger Bekasi
rapat Pengurus Komunitas Blogger Bekasi

Bagi saya yang sudah lama menjadi seorang blogger (semenjak tahun 2007), bergabung dalam sebuah komunitas blogger sangat baik. Selain memahami karakter setiap orang, kita bisa belajar dari mereka yang tidak satu profesi.

Sebuah contoh, dalam komunitas blogger bekasi yang saya ikut di dalamnya sebagai penasehat, saya yang seorang guru merasakan keragaman dari berbagai profesi yang digeluti oleh teman-teman blogger. Ada yang menjadi dosen, dokter, diplomat, pengusaha, dan berbagai profesi lainnya.

Dari keragaman profesi itu, misi kita sama yaitu bagaimana agar kota bekasi dikenal di ranah maya dan menjadikan kota bekasi menjadi kota cyber space bagi para penduduknya.

Dari hasil kolaborasi itu, kami berhasil melakukan berbagai kegiatan dahsyat yang banyak ditiru oleh para komunitas blogger lainnya. Kegiatan penting yang tak pernah saya lupakan adalah pertemuan teman-teman blogger dari seluruh Indonesia. Betapa senangnya bisa bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah, dan kami semua menyatu di asrama haji bekasi. Saling berbagi pengalaman, dan bercerita tentang apa yang sudah dilakukan di daerah kami masing-masing.

Di blog keroyokan kompasiana ini, banyak berkumpul teman-teman blogger yang rata-rata aktif dalam komunitas bloggernya. Tak salah bila kompasiana di usianya yang relatif muda sudah cepat sekali eksis dan dikenal di ranah maya. Peringkat kompasiana pun terus naik dan menduduki posisi ke-88 menurut informasi dari situs  alexa.com.

Bagi saya, pentingnya sebuah komunitas blogger di daerah telah membawa perubahan besar dalam dunia blog di Indonesia. Tak salah kiranya bila media arus utama akan dikalahkan oleh media sosial blog yang terdiri dari para komunitas blogger itu. Adanya kegiatan pesta blogger yang ketiga di yogyakarta pada tanggal 9 Oktober 2010, menandakan telah semakin sadarnya para blogger untuk menyatu dalam sebuah komunitas blogger.

Pentingnya sebuah komunitas blogger di setiap daerah, akan melahirkan berbagai kreativitas kegiatan yang membuat dunia blog semakin dikenal dan ramai diminati oleh para generasi muda yang ingin potensi daerahnya mencuat ke permukaan.

Saya ucapkan selamat kepada teman-teman komunitas blogger yang telah berhasil melaksanakan berbagi kegiatan positif di daerahnya masing-masing. Sebagai informasi atau rujukan teman-teman blogger yang saya dapatkan dari http://www.ayongeblog.com/komunitas-blogger/ telah terbentuk komunitas blogger di bawah ini:

Komunitas Blogger Daerah

Demikianlah beberapa hal penting yang ingin saya sampaikan dalam postingan saya kali ini. Betapa pentingnya seorang blogger menyatu dalam sebuah komunitas. Ibarat sebuah lidi, maka dia akan kuat bila telah bergabung dalam sebuah sapu lidi.

Di blog keroyokan seperti kompasiana ini, saya pun sudah membuktikan bahwa mereka-mereka yang komitmen dan konsisten dalam membesarkan kompasiana.com pastilah akan mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa dalam hidupnya. Salah satu manfaat yang terasakan adalah kita bisa saling berhubungan dan berbagi. Kita pun akhirnya memiliki teman yang banyak dari berbagai daerah dan juga teman-teman yang bermukim di luar negeri.

Mari satukan langkah, untuk memajukan negeri ini melalui dunia maya. Saya baca postingan pak Chappy Hakim yang terbaru, tentang hubungan malaysia dan Indonesia di http://sosbud.kompasiana.com/2010/10/08/hubungan-indonesia-malaysia-menurut-salim-said/ dan membuat saya semakin yakin kalau kita sebagai bangsa bisa lebih baik dari negara malaysia, bila kita mau bersatu dan berbagi informasi dalam sebuah komunitas blogger yang kuat.

salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.