Posted on: January 12, 2009 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 2

Belajar Internet dari Internet

Ketika saya baru mengenal internet, saya bingung apa yang harus saya lakukan. Maklumlah, saya termasuk anggota PDI (Penurunan Daya Ingat). Jadi apa yang sudah diajarkan oleh instruktur komputer itu cepat sekali lupanya. Saya masih ingat, betapa sulitnya saya membuat email, begitu pun ketika pertama kali saya membuat blog. Rasanya susah dan malas sekali mempraktikkannya.

Untunglah dengan semangat baja, saya berhasil mengatasi kemalasan saya itu. Saya berusaha sendiri bagaimana membuat email. Saya mencoba mencari sendiri informasinya di internet bagaimana cara membuat email. Ternyata banyak sekali orang baik di internet. Mereka dengan senang hati berbagi ilmunya tanpa menerima bayaran sedikitpun. Bagi mereka sudah dapat berbagi ilmu merupakan satu kepuasan tersendiri.

Dari tulisan orang-orang baik itulah saya bisa membuat email, dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari. Saya dapat mengirimkan file saya ke teman-teman di seluruh Indonesia, dan bergabung dalam milis orang-orang hebat. Dari punya email inilah saya sudah tak capai lagi pulang pergi ke kantor pos. Karena dengan adanya email saya cukup mengirimkan surat saya atau tulisan saya kepada orang yang saya kehendaki asalkan mereka juga memiliki email. Tapi, yang paling penting dari semua itu adalah adanya email di internet membuat saya mendapatkan penghasilan tambahan dari tulisan-tulisan yang saya kirimkan ke berbagai media cetak maupun elektronik.

Internet memang media yang paling hebat untuk saat ini. Semua orang melalui komputernya yang berjaringan saling terhubung dan berbagi informasi. Apalagi dengan adanya blog. Semua orang dapat mempromosikan diri dan berbagi. Bahkan adanya blog di internet, membuat mereka menjadi produsen pengetahuan dengan selalu menciptakan informasi di dalam blog yang mereka kelola sendiri. Sudah terbukti, banyak orang yang memiliki blog dan komitmen untuk menulis menemukan keajaibannya.

Saya belajar internet dari internet itu sendiri. Internet adalah guru yang tak pernah marah. Internet adalah teman yang selalu membantu saya mencari informasi yang saya perlukan. Cukup menekan kata kunci dari informasi yang saya perlukan, maka sebentar kemudian internet telah menyajikannya melalui mesin pencari. Internet benar-benar menemani saya dalam belajar. Mendampingi saya dalam mencari informasi yang saya butuhkan.

Saya benar-benar belajar dari internet. Internet bagi saya adalah surganya orang belajar. Apa pun yang saya perlukan ada. Asalkan kita sabar dan mau berlama-lama untuk browsing di internet. Internet telah menjadi pusat sumber belajar bagi diri saya. Saya tak lagi bergantung pada guru, bagi saya guru adalah salah satu sumber belajar. Sedangkan sumber belajar utama saya adalah internet.

Terlepas dari dampak negatif dan positifnya, internet telah mengantarkan saya bagaimana berkomunikasi dan berbagi informasi dengan orang lain. Internet telah membawa saya ke dunia baru di abad ke-21 dimana setiap orang di seluruh dunia akan saling terhubung. Bisa melalui facebook, friendster, myspace, dan lain sebaginya.

Luasnya lautan dan jauhnya jarak dari tempat kita berada sudah tidak menjadi kendala. Internet sekarang ini sudah bisa diaktifkan di mana-mana. Apalagi dengan teknologi 3G, bagi kita yang terbiasa mobile atau sering pergi ke luar kantor akan dengan mudah mengakses internet dimana saja dan kapan saja. Apalagi bila di jalan macet, internet bisa menjadi teman setia perjalanan anda. Pokoknya internet sekarang ini dapat dengan mudah kita temui. Asalkan ada jaringan telepon atau tertangkapnya sinyal handphone.

Bahkan di awal tahun 2009 ini sudah banyak perusahaan, baik negeri maupun swasta yang mengusahakan agar setiap daerah memiliki akses internet. Bagi saya internet telah mengajarkan saya banyak hal. Hal-hal yang terkadang tidak saya dapatkan dalam dunia nyata. Dalam dunia maya saya bisa berbagi dan saling berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus mengenal lebih dulu orang itu. Bagi saya, dengan kita berbagi pengetahuan kepada sesama maka kita pun akan mendapatkan kebaikan. ”Kebaikan pertama yang kita dapatkan dari berbuat kebaikan adalah kebaikan”.(Tombo Ati: Mario Teguh Golden Ways di Metrotv)

Semoga kita dapat terus belajar dari internet, dan berupaya membagikan informasi agar apa yang kita lakukan bermanfaat untuk orang lain. Karena itu, belajarlah internet dari sekarang, dan lihatlah apa yang terjadi. Pasti anda akan mendapatkan segudang informasi yang perlu filterisasi dari diri anda sendiri. Sudah saatnya anda belajar mandiri dan tidak tergantung pada guru lagi. Internet adalah guru yang paling baik sedunia.

Wijaya Kusumah

Mahasiswa Pascasarjana UNJ

Categories:

2 People reacted on this

  1. kalau saya tidak hanya dari internet saja
    saya belajar internet dari Pak Kusumah yang di internet, masih ingat koment saya perdana ke blog Bapak?
    Selamat Belajar

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.