Mulailah Belajar Menulis dengan 3 Alinea Saja

https://www.youtube.com/watch?v=TzbsCr5U_5E

Menulislah 3 alinea saja. Itulah yang saya lakukan saat belajar menulis. Di alinea pertama saya menyapa pembaca, barulah kemudian saya bercerita, dan alinea terakhir saya tutup dengan kalimat yang menggoda pembaca.

Itulah yang saya ajarkan kepada kawan yang mau belajar menulis. Banyak orang yang bingung bagaimana cara memulai menulis. Bagi saya memulai menulis adalah dengan membuat 3 alinea.

Menulis itu sama dengan kita berbicara. Tapi bicara tak punya tanda baca. Menulis ada tanda titik dan koma bahkan tanda seru dan tanda tanya. Anda akan bingung bila kita salah menempatkan,.'”;:/?!@#$%^&*,.<>. Itulah tanda baca yang sulit untuk dibacakan secara lisan bila tak tahu maknanya.

Mulailah menulis dari menyapa pembaca. Misalnya, “selamat malam bapak ibu anggota wa group rumah virus literasi. Semoga selalu sehat dan bahagia”. Begitulah cara menyapa pembaca.

Alinea kedua adalah isinya. Biasanya mereka yang menulis berita selalu memakai rumus 5W dan 1H. Tapi buat mereka yang senang buat cerita tak perlu pakai rumus itu. Pakai panca indra saja untuk mulai menulis dari apa yang dirasakan, dilihat, diraba, dicium dan didengar.

Panca indra adalah alat-alat tubuh yang mempunyai fungsi untuk mengetahui keadaan luar. Alat indra manusia sering disebut juga dengan panca indra, karena terdiri dari lima indra yakni indra penglihat (mata), indra pendengar (telinga), indra pembau/pencium (hidung), indra pengecap (lidah) dan indra peraba (kulit).

Anda bisa menggunakan panca indra dalam menulis cerita. Paling serem kalau menulis cerita horor. Mending menulis berita honor guru yang menyedihkan di masa pandemi. Itulah kisah yang menyayat hati.

Terakhir jangan lupa membuat kalimat penutup. Contohnya adalah naik ke mimbar tanpa persiapan, maka turun tanpa penghormatan. Buatlah kalimat yang membuat pembaca terkesan dengan pesan yang anda buat.

Begitulah menulis cerita dan berita. Anda harus membaca apa yang terjadi di sekitar anda. Tuliskan saja dulu dan edit kemudian. Lalu perhatikan apa yang terjadi padamu.

Buku Blogger Ternama

Salam Blogger persahabatan
Omjay
Guru Blogger Indonesia
Blog https://wijayalabs.com

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

144 thoughts on “Mulailah Belajar Menulis dengan 3 Alinea Saja

  1. Salam om Jay..terimakasih telah mmberi banyak ilmu.. Smg bs sll bermanfaat sll mnyebar virus literasi untuk generasi terkini sebagai penulis pemula sngt berterimksih untuk semua yg tlh om jay berkn smg Allah mmblas dg berlipat ganda aamiin

  2. Keynar Nimpuna

    keren omjay, saya memang mengali kesulitan dalam menulis, akhirnya blog saya hanya diupdate kalau ada tugas dari omjay saja, kalau gak ada tugas, ya malas menulis, hehehe

  3. Yayah Dzarotun N,S.Pd,M.Pd

    Terima kasih om Jay.Sebuah pencerahan buat saya pribadi yang sedang ikut tantangan menulis 365 hari, hari ini sudah masuk hati ke 321. Pembiasaan baru buat saya karena setiap hari saya menulis. Alhamdulillah kali ini saya mendapat angin segar untuk belajar menulis dengan baik. Salam kenal om Jay

  4. Hanii Naufala 8A/12

    wah makasih ya omjay blog nya keren bgt dan sangat bermanfaat, sangat menginspirasi bagi sang pembaca makasih ya omjay semangat trs omjayy hehe

  5. sheery deyanira 8e 33

    kerenn sekali om blognya, sangat menginspirasi saya dalam membuat blog kedepannya terimakasii om jayy semangat dan sehat selalu !!

  6. Kyoshi Radyanta Trenggono 8B/18

    Terima kasih omjay blognya sangat menarik dan informatif dan juga memberikan manfaat yang sangat besar bagi kami

  7. Gheysar Fazila Saqif 8D/09

    Omjay memang yang terbaik kalau soal membuat blog, menurut saya blog omjay lebih memerhatikan dalam perspektif orang orang yang baru belajar menulis, struktur bercerita berbeda dengan struktur berita, struktur berita memakai rumus rumit salah satunya adalah 5W +1H dan harus berpikir, sedangkan kalau bercerita kita hanya butuh menulis apa yang ada di pikiran kita lalu menyampaikannya dalam bentuk apa yang orang lain lihat, dan menerapkan pembuka, isi lalu penutup, omjay jago sangad menyampaikan kesimpulan dengan riset omjay, πŸ™

  8. wahyu nurhalim

    Assalamualaikum…!!!
    Judul Buku :Blogger ternama
    Pengarang :Wijaya Kusumah M.Pd
    Penerbit :campus pustaka
    Cetakan :pertama
    Tebal buku :1 jilid, 17 X 24 cm, 104 hal
    Harga buku :Rp.62.700,

    Isi resensi:
    Bukunya luar baisa dan bagus. KELEBIHANNYA : Sangat bermanfaat bagi penulis pemula. KEKURANGANNYA : Tidak Ada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.