Menjadi Orang China Selama 4 Hari

Tak terasa ini hari keempat kami berada di negara china. Tepatnya di China University of Mining and Technology (CUMT). Di kampus ini kami menginap selama 20 hari dan belajar Sains, Technology, Engenering and Mathematic yang disingkat STEM.

Pertama kali datang ke kampus malam hari. Belum bisa berbuat apa-apa selain mengikuti petunjuk tour leader. Perjalanan yang sangat melelahkan selama 6 jam dari bandara internasional Nanjing dengan menggunakan bus. Begitu sampai kampus, kami langsung dikasih makan malam.

Saya makan cukup lahab. Maklum hampir 12 jam dalam perjalanan belum ketemu nasi. Begitu dikasih nasi lengkap dengan lauk pauknya, ya langsung disamber sampai ludes. Banyak teman yang menawarkan nasinya ke omjay, tapi omjay tolak karena sudah kenyang.

Usai makan malam, kami langsung mendapatkan kunci kamar. Malam itu saya sekamar dengan bapak Sri Hartono dari Wonogiri Jawa Tengah. Kami menempati kamar 2310 di lantai 3 gedung belakang.

Omjay langsung membuka laptop dan menulis di kompasiana. Alhamdulillah internetnya kenceng, tapi sayang tidak bisa buka email dan google. Facebook juga belum bisa dibuka. Apalagi Whatsaplication. Langsung deh mati gaya. Instagram sama twitter juga tidak bisa dibuka.

Hari pertama saya sangat Lelah sekali. Baru hari kedua mulai punya semangat lagi. Kami diajak keliling kampus setelah sarapan pagi. Kampusnya luas banget. Beda bangat sama kampus UNJ yang sempit. Di sini kita diajak berjalan kaki untuk sampai tempat kuliah.

Hari pertama sudah omjay tuliskan cerita lengkapnya. Begitu juga sampai hari keempat ini. Ingin rasanya berhenti menulis. Namun sayang, mata belum juga terpejam. Rindu sama anak dan istri di rumah. Semoga mereka sehat dan bersabar menunggu ayahnya pulang dari China.

Selama 4 hari berada di negara china saya merasakan negara ini sangat maju sekali. Penduduknya sangat ramah dan kami dilayani dengan baik selama berada di sini. Mulai dari acara pembukaan sampai kuliah Perdana kami ikuti dengan suka cita. Di tasa langit ada pesawat tempur sedang latihan.

Tadi sore saya berjalan kaki mengelilingi kampus Bersama pak Hartono. Ternyata kampusnya luas banget. Di bagian belakang penginapan ada kedai yang ramai. Juga ada laboratorium dan apartemen untuk mahasiswa dan dosen. Makin ke belakang makin ramai. Ada bunyi suara kereta kencang sekali. Itu tandanya kampus ini dilalui kereta api.

Besok rencana akan kami lanjutkan lagi jalan-jalan setelah pulang kuliah. Di kampus ini kami serasa kuliah S3. Baru 4 hari berada di sini sudah banyak ilmu pengetahuan kami dapatkan. Wow hal yang unik, sepeda motor di kampus ini menggunakan tenaga listrik. Suaranya nyaris tak terdengar. Sempat melihat ada orang sedang mengisi charger motornya dengan listrik.

Menjadi orang china selama 4 hari membuat saya bahagia. Apa yang saya rasakan dan apa yang saya baca tentang china sangat jauh berbeda. Penduduknya ramah dan kami disambut dengan baik selama berada di kota ini. Semoga semakin banyak cerita omjay tuliskan untuk dijadikan buku. Mohon doanya terwujud!

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Blog https://wijayalabs.com

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

28 thoughts on “Menjadi Orang China Selama 4 Hari

1. Cina negara yang bagus, modern, dan seru untuk dijelajahi semoga Omjay seru dalam perjalanannya di China. Mata uang China juga tidak terlalu berbeda dengan mata uang Indonesia, sehingga kita akan mampu pergi Cina dengan harga yang tidak mahal