Posted on: October 9, 2015 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 0

Rahasia Sholat Tahajud

Sholat Tahajud
Sholat Tahajud

Rahasia Sholat Tahajud
oleh “KISAHKU” (TRUE STORY) pada 5 Desember 2010 pukul 20:00 ·

 

Ada sebuah rahasia penting yang ingin saya sampaikan dalam tulisan ini. Sebuah rahasia yang maha dahsyat bila anda rutin melaksanakan sholat sunah Tahajud. Sholat yang dilaksanakan sepertiga malam dengan penuh keheningan, karena di saat itu banyak orang yang tertidur lelap.

Pada saat itulah sebaiknya anda bangun dari tidur. Mengambil air wudhu lalu melaksanakan sholat sunah Tahajud. Boleh anda laksanakan 2 rakaat ditutup dengan witir 1 rakaat. Boleh juga 8 rakaat dan ditutup dengan witir 3 rakaat. Bila anda sanggup, boleh juga sampai 23 rakaat.

 

Namun, yang paling penting adalah konsistensi dalam pelaksanaannya. Lebih baik melaksanakan sholat tahajud dengan rakaat yang sedikit tapi rutin tiap malam, daripada banyak rakaatnya tapi tidak rutin. Anda perlu konsisten dan memiliki komitmen yang tinggi dalam diri.

 

 

Hal terpenting dari sholat tahajud adalah anda merenungi hidup ini, melakukan instropeksi di hari kemarin dan memohon ampunan kepada Allah dengan seraya beristighfar dengan penuh ke-khusyuk-an. Memohon diberikan kemudahan dalam melaksanakan aktivitas esok hari, dan yang lebih penting berdoa kepada Allah agar di lapangkan rezeki.

 

Saya menjadi teringat ketika hendak mau menikah di Bandung pada tahun 1998. Pada malam sebelum nikah, saya sempat bingung karena uang untuk transport penghulu dan juga tempat penginapan belum ada di kantong. Saya berdiskusi dengan almarhum ayah untuk mencarikan solusinya. Lalu saya katakan kesulitan saya itu kepada beliau. Ketika kesulitan itu saya sampaikan, ayah saya cuma tersenyum dan menyuruh saya untuk melaksanakan sholat tahajud.

 

 

Malamnya, saya sholat tahajud dengan penuh kekhusyukan agar besok dimudahkan dari segala urusan. Saya berserah diri kepada Allah seraya berdoa agar diberikan rezeki karena akan menikah besok lusa. Saya pun berdoa sambil menangis sesunggukan memohon ampun kepada-Nya. Segala ikhtiar sudah ditunaikan, sekarang saatnya saya berdoa kepada Yang Maha Kuasa. Semoga Allah mengabulkan segala permintaan saya yang akan menikah esok lusa.

Besok paginya, setelah sholat subuh berjamaah, ada ketukan pagar dari luar rumah. Begitu saya tengok keluar, ada pak Yono, salah satu pengurus masjid Al Iman datang ke rumah kami.

 

Setelah pintu pagar dibuka, lalu saya persilahkan beliau masuk ke ruang tamu. Setelah beliau ada di ruang tamu, maka mengobrollah kami sebentar, lalu tiba-tiba saja diberinya saya amplop yang berisi uang. Jumlahnya pas banget dengan yang saya butuhkan. Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar, saya mengucap syukur kepada Allah. Ternyata di pagi hari itu, Allah memberikan rezekinya lewat pak Yono dan kawan-kawan pengurus masjid yang tidak bisa ikut hadir dalam pernikahan saya di kota Bandung.

 

Rahasia sholat tahajud mungkin sudah pernah anda dapatkan. Dia datang berbeda-beda caranya. Ada yang cepat, dan ada yang lambat. Tergantung dari ridho Allah, dan cara kita berdoa. Terkadang kita sering terlupa bahwa doa adalah permohonan dan permintaan hambaNya yang memasrahkan dirinya agar diampuni dosanya, diberikan kemudahan hidup di dunia dan akhirat kelak. Merendahkan diri dihadapan sang penguasa langit dan bumi.

 

Semoga Allah mengabulkan doa-doa hambaNya yang berserah diri pada saat-saat keheningan sepertiga malam dengan melaksanakan sholat sunah tahajud. Oleh karenanya, jangan lupa pula untuk selalu sadar diri bahwa akan ada hidup sesudah mati. Di dunia ini kita hanyalah seorang pengembara yang singgah sebentar, lalu pergi kembali.

Sudahkah anda rutin melaksanakan sholat tahajud dan menemukan rahasia di dalamnya?

 

Salam Blogger Persahabatan Omjay

 

Tata cara, keutamaan, dan keajaiban sholat Tahajud dapat anda baca di : 1. http://www.nursyifa.hypermart.net/khazanah_islamiah/sholat_tahajud.html 2. http://tahajudcallmq.wordpress.com/2007/08/20/%E2%80%9C-keutamaan-shalat-tahajud-%E2%80%9D/ 3. http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?ID=13158

 

Sholat Tahajud
OPINI | 17 January 2011 | 04:22 Dibaca: 1845    Komentar: 12    3 dari 3 Kompasianer menilai Bermanfaat

http://makhluklemah.files.wordpress.com/2010/06/tahajud.jpg

Teman-teman pembaca yang budiman. Mengerjakan Sholat Tahajud di kala sunyi bukanlah perkara mudah. Perlu kemauan keras di dalam diri untuk bisa melakukannya. Kita dituntut untuk mampu mengalahkan rasa kantuk yang luar biasa. Di sanalah kunci dari kemampuan kita melawan diri.

Namun ketika hati telah bersemangat baja, maka tantangan yang memberatkan menjadi ringan. Bangun di malam hari yang sunyi sudah menjadi kebiasaan.

Segera ambil air wudhu dan basuhlah anggota tubuhmu. Akan terasa air dingin mengalir ke anggota tubuh, dan disanalah sebenarnya terapi jiwa sedang bekerja. Bila kau terkena penyakit, akan disembuhkan.

Setelah berwudhu, siapkan tempat sholatmu. Cari ruangan yang mendekatkan dirimu kepada Allah. Lakukan tata cara sholat tahajud dengan baik, dan rasakan pertemuan dengan sang Maha Pencipta. Berdialoglah kepadaNya, dan mohonlah ampun atas segala dosa yang telah engkau lakukan.

Kita hidup hanya satu kali. Kita hidup hanya untuk mengabdi kepada Ilahi Rabbi. Kita hidup agar bisa bermanfaat untuk orang banyak. Mintalah petunjuk dalam doa-doamu, dan mintalah rezeki agar kamu dapat memberi kepada yang lain.

Sholat tahajud bila benar-benar kau lakukan dengan baik dan penuh kekhusyukan, maka akan ada perubahan dalam dirimu. Perubahan yang akan membuatmu menjadi manusia yang lebih bijaksana dalam mengarungi samudera kehidupan dunia yang fana ini.

Hal terpenting dari sholat tahajud adalah engkau merenungi hidup ini, melakukan instropeksi di hari kemarin, dan memohon ampunan kepada Allah dengan seraya beristighfar dengan penuh ke-khusyuk-an. Memohon diberikan kemudahan dalam melaksanakan aktivitas esok hari, dan yang lebih penting berdoa kepada Allah agar di lapangkan rezeki yang halal. Dengan rezeki halal itulah engkau akan menjadi orang yang mulia.

Sholat tahajud bila dilakukan dengan benar akan membuatmu menjadi sehat. Dijauhkan dari segala macam penyakit. Termasuk penyakit hati yang seringkali menghinggapi manusia.

Keutamaan Sholat Tahajud

Berdasarkan hadist Rasulullah Muhammad saw, sholat tahajud memiliki 9 keutamaan, yang terbagi menjadi 5 keutamaan di dunia dan 4 keutamaan di akhirat kelak. Hadist yang menjelaskan keutamaan sholat tahajud adalah: “Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”

Adapun 5 keutamaan sholat tahajud di dunia adalah:

Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh semua manusia.
Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.
Selain 5 keutamaan di dunia, sholat tahajud juga memiliki 4 keutamaan di akhirat kelak. Keutamaan sholat tahajud di akhirat kelak adalah:

Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
Ketika menyebrangi jembatan Shirotol Mustaqim, bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.
Source: http://islam-download.net/cara-mudah-cepat/cara-sholat-tahajud.html#ixzz1BEfsqyX5

Tata Cara Sholat Tahajud

Pada dasarnya, gerakan atau tata cara sholat tahajud pun tidak berbeda dengan sholat-sholat sunnah yang lain: berwudhu, niat melakukan sholat sunnah tahajud, kemudian melakukan gerakan sholat seperti biasa mulai dari takbir hingga salam. Biasanya selalu dilakukan dengan 2 rokaat-2 rokaat (setiap 2 rokaat salam). Pada rokaat pertama setelah takbir membaca surah Al Fatihah, kemudian dilanjjutkan dengan surah lainnya. Pada rokaat kedua pun sama, membaca surah Al Fatihah, kemudian dilanjutkan dengan surah lainnya (yang kita hafal).

Perbedaannya hanyalah terletak pada niatnya saja. Karena untuk mengerjakan sholat tahajud tentu saja niatnya adalah mengerjakan sholat tahajud, bukan niat untuk mengerjakan sholat yang lain.

Jadi berkaitan dengan pertanyaan “bagaimana niat sholat tahajud?”, maka jawabannya adalah berniat di dalam hati untuk mengerjakan sholat sunnah tahajud. Sedangkan masalah “Lafadz niatnya”, hal itu tidak ditentukan, karena tidak ada dalil yang memperkuat atau menerangkannya.

Setelah selesai mengerjakan shalat Tahajjud, perbanyaklah membaca istigfar dan dzikir kepada Allah SWT serta memohon kepada-Nya, kemudian membaca doa sesuai keinginan kita.

Agar anda lebih tahu bagaimana sholat tahajud yang benar, silahkan mengunduhnya di link di bwah ini

Source: http://islam-download.net/cara-mudah-cepat/cara-sholat-tahajud.html#ixzz1BEaKZfVD

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http:/wijayalabs.com

 

Categories:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.