Posted on: November 24, 2013 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 2

Kopdar Guraru Memang Seru

Kami baru berjumpa pertama kali, dan rasanya sudah saling kenal mengenal lama. Kami seperti saudara kandung yang lama tak bersua. Indahnya jadi guru blogger Indonesia. Kami merasa memiliki saudara di mana-mana.

Dalam gedung yang megah dan super mewah di lantai 42 kantor Acer Indonesia, kami disambut hangat oleh pak Eko Widianto, General Manajer Komersial Acer indonesia. Jabat tangannya yang erat, dan senyumnya yang menawan membuat kami merasa senang berada di Acer Lounge.

Pak Eko memberikan sambutan singkat,dan mengucapkan selamat datang kepada guraru yang hadir dalam acara kopdar dan penganugrahan acer guraru award 2013. Begitu banyak IT dalam kehidupan kita, dan di sinilah kita diminta kreatif untuk memanfaatkannya. demikian pak Eko memberikan sambutannya.

Sebagaimana kita ketahui, banyak hal yang dulu cuma hayalan kini menjadi kenyataan. Apa yang ada di film “Iron Man” sudah mulai terwujud dan menjadi nyata. Semua itu harus ditransformasikan dalam bidang pendidikan. Indonesia memerlukan guru-guru yang melek IT, dan mampu memanfaatkannya dalam kehidupan nyata. Acer berkonsentrasi penuh membantu guru dalam program guraru award yang setiap tahun rutin dilaksanakan dari tahun 2010.

Setelah sambutan pak Eko, satu persatu pemenang guraru award diminta tampil. Wow, kocak dan seru mendengar para pemenang guraru acer award menceritakan pengalamannya. Penerima guraru award 2010-2012 ternyata memiliki keunikan masing-masing.

Acara kopdar semakin seru dengan hadirnya mas Bukik Setiawan dalam menyampaikan materi “Transformasi Peran Guru di Era Pendidikan Digital”. Anda bisa mengunduhnya di bawah ini.

Tak terasa makan siang pun tiba. Perut kami yang mulai keroncongan terbalaskan. Usai makan, kami sholat dzuhur di musholla yang ada di lantai 42. Bagi peserta pria, langsung turun ke bawah dan sholat di Mushollah yang ada di bagian basement.

Acara kopdar guraru semakin seru usai ISHOMA, para peserta langsung menempati kelasnya masing-masing. Para pemenang guraru award diminta berbagi pengalamannya.

Pak Agus Sampurno memberikan materi Etika mengunduh aplikasi atau e-book dalam konteks hak kekayaan intelektual.

Pak Urip memberikan materi Trik berburu animasi (media pembelajaran), dan menerjemahkan teks animasi ke Bahasa Indonesia.

Ibu Amiroh Adnan memberikan materi langkah-langkah untuk menggunakan gamification dalam pengajaran di kelas.

Kopdar guraru memang semakin seru ketika pihak Acer memberikan presentasi aplikasi edukasi dari Acer Indonesia. Kami dibuat terpukau dengan perkembangan teknologi yang terus berubah.

Tak terasa waktu berjalan sangat cepat. Kopdar guraru semakin menemukan puncak acaranya dengan presentasi 3 finalis Acer Guraru Award 2013.

Pak Rudy tampil lebih dulu membawakan materi aplikasi graphic dalam pembelajaran digital native. Lalu disusul ibu Mugi memberikan materi Aplikasi simulasi dalam pengajaran untuk digital natives. Sedangkan di sesi akhir Pak Sukani memberikan materi aplikasi games dalam pengajaran untuk digital natives.

Ketiganya sangat baik sekali menyampaikan materinya. kami yang hadir mendapatkan pencerahan baru dari mereka. ZMasing-masing finalis memiliki gaya sendiri dalam menyampaikan materinya. Saya belajar banyak dari presentasi mereka yang luar biasa.

Kopdar Guraru memang seru. Tibalah saatnya pengumuman pemenang acer guraru award 2013. Pak Sawali diminta dewan juri untuk menyampaikan pengumumannya. Pemenangnya adalah: Pak Sukani sebagai pemenang pertama, pak Rudi sebagai pemenang kedua, dan bu Mugi sebagai pemenang ketiga.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

2 People reacted on this

  1. Assalamu’alaikum. Omjay. Senang sekali bisa membaca artikelnya Omjay di blog ini.
    Saya membayangkan pasti seru acara Kopdar Guaru 2013. Sayang sekali, saya tidak bisa mengikutinya.
    Kalau boleh, bisa minta materi hasil kopdar yang disampaikan para guru hebat ya Omm. Terima kasih.
    Wassalamualaikum wr. wb.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.