Posted on: May 21, 2013 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 0

Diskusi The Balance Between Online Freedom of Information and Privacy, Safety, and Security di Hotel Morrisey Jakarta

Senin, 20 Mei 2013 saya diundang untuk mengikuti diskusi mengenai “the balance between online freedom of information and privacy, safety, and security” di hotel Morrisey Jl KH. Wahid Hasyim No. 70, Menteng Jakarta Pusat.

diskusi-2

Presentasi dari Google di Hotel Morrisey

Kegiatan ini diprakarsai I’d config bekerjasama dengan ict watch dan google. Mereka saling bekerjasama mengundang para blogger dan pemerhati teknologi untuk mendengarkan penjelasan dari Google.

 

Pembicara yang hadir memberikan materi adalah nicole jones dari counsel, information and network security-google dengan fasilitator indriayatno bayumurti dari I’d config.

Ketika saya hadir, sudah hadir 18 orang blogger yang diundang dalam pertemuan ini. Salah satu diantaranya adalah admin kompasiana yang ganteng yaitu mas nurul.  walaupun datang terlambat, ams Nurul cepat menyatu bersama undangan lainnya.

Seru banget diskusinya, sayang bahasa inggris saya kurang begitu baik, jadi saya mentranslatenya sesuai kemampuan saya saja.

Intinya adalah google berupaya melayani pelanggannya agar keamanan pribadinya terjamin dengan sistem operasi apapun termasuk android. Dalam kebebasan berinternet, orang dengan mudah saling berkomunikasi dan memberi informasi. Tentu dibutuhkan keamanan email dan layanan lainnya agar data yang ada di internet tdk disalahgunakan oleh orang lain yang tidak berhak.

13691060571260000903

Perlu adanya keamanan agar pengguna nyaman dalam berselancar di internet. Google berusaha memberikan pelayanan prima dari fasilitas google yang diberikan kepada publik. Google berupaya memberikan pelayanan yang simple dan mudah sehingga dapat digunakan oleh banyak orang. Hal itulah sedikit yang saya tangkap dari presentasinya.

Pengalaman menggunakan fasilitas google seperti email gratis yang diberikan jauh lebih aman tingkat security-nya dibanding email yang lain. Itu yang saya alami sendiri ketika facebook saya di hack. Google lebih baik tingkat keamanannya dibanding email yang lainnya.

Google nampaknya berusaha meyakinkan publik bahwa pelayanan yang mereka berikan dijamin aman untuk para netizen menyimpan datanya sehingga tak disalahgunakan oleh orang lain. Namun banyak di antara yang hadir belum 100 persen yakin apakah google dapat menyimpan data pribadi kliennya dengan baik, dan tidak diperjual belikan.

Terus terang saya terkesan dengan presentasi nicole jones walaupun saya datang terlambat. Saya berupaya mencari tahu apa keunggulan lainnya dari google yang mereka presentasikan. Saya bertanya tentang fasilitas googlus plus yang masih belum menarik banyak orang seperti halnya facebook dan twitter.

Saat tulisan ini dibuat, masih terjadi diskusi seru dengan para blogger, dan saya usakan untuk mendapatkan slide presentasi nicole jones yang memesona para blogger yang hadir.  tapi sayangnya, hingga detik ini saya belum bisa mendapatkannya. Semoga saja ada blogger lainnya yang mencatat dan mendokumentasikannya. Sampai nanti ya!

Salam blogger persahabatan
Omjay
https://wijayalabs.com

Categories:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.