Posted on: April 23, 2013 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 0

Menjadi Pengawas UN SMP di Hari Kedua

un-smp-232

Hari ini saya kesiangan bangun. Pukul 05.30 wib saya baru bangun dari tidur. Biasanya, jam segitu saya sudah berada di jalan menuju sekolah. Bahkan sudah sampai di depan pintu sekolah.

Saya langsung mandi, berpakaian dinas, dan kemudian sholat subuh. Saya seperti dikejar oleh waktu. Motorpun segera saya keluarkan dan berangkat ke tempat mengawas ujian nasional di SMPN 232 Jakarta. Istri dan anak lupa saya cium pagi ini. Maklumlah terburu-buru sekali berangkatnya.

Beginilah kalau berangkat kesiangan. Jalanan macet dimana-mana. Untunglah saya bisa selap-selip di tikungan. Pukul 06.30 wib saya sudah tiba di lokasi UN. Alhamdulillah.

Para pengawas UN sedang asyik menikmati sarapan pagi. Ada lontong sayur lengkap dengan opor ayam sudah tersedia di meja makan. Sayapun langsung ikutan melahapnya. Hmmmm,……nikmat!

Pukul 07.00 wib, kepala sekolah membuka pengarahannya. Beliau berterima kasih kepada kami para pengawas UN yang sudah bekerja dengan baik. Itulah hasil evaluasinya di hari pertama.

Pukul 07.10 wib para pengawas sudah masuk ke ruangannya masing-masing diiringi oleh peserta un. Kali ini saya mengawas di ruang 11 di lantai 2 smpn 232 Jakarta. Saya berpasangan dengan ibu Nurlinda dari smpn 158 Jakarta mengawas di ruangan itu. Ruangan dengan Angin Cepoi-cepoi (AC) di dalamnya.

Kami bagikan soal un bahasa inggris dan mulailah para siswa mengerjakan soal un dengan tenang. Tak ada masalah yang kami temui sampai pelaksanaan un bahasa inggris berakhir. Cuma agak bete juga menunggu siswa dan memperhatikan serta mengawasi siswa mengerjakan soal un. Saya lebih memilih menulis yang hasilnya saya akan kirimkan ke koran kompas. Penasaran juga saya, belum ada satupun tulisan saya masuk koran kompas belakangan ini.

Usai mengawas UN bahasa Inggris, guru-guru pengawas diberikan pengarahan oleh kepala smpn 232 Jakarta. Kami diminta untuk lebih baik lagi dalam melaksanakan tugas pengawasan. Kalau ada hal yang ditemui dalam pelaksanaan UN, segera laporkan kepada panitia. Tak lupa beliau mengucapkan terima kasih kepada kami atas bantuannya mengawas di sekolah SMPN 232 Jakarta di hari kedua.

Tak ada yang istimewa hari ini, dan tak ada hal kasuistik yang saya temui kecuali cuma motret pengumuman di depan sekolah setelah mengawas UN. Bagaimana dengan anda yang mengawas UN SMP hari ini?

un-smpn-232

salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.