Posted on: April 2, 2013 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 3

Mari Ramai-ramai Menolak Kurikulum 2013

Dokumen Kurikulum 2013
Dokumen Kurikulum 2013

Mari tolak ramai-ramai kurikulum 2013

Hati saya sedih membaca keluhan teman-teman pengajar teknologi informasi dan komunikasi (tik) di smp dan sma. Mereka belum bisa ikut sertifikasi guru dan buat guru yang sudah lulus sertifikasi harus beralih ke mata pelajaran lainnya di smk untuk ikut uji kompetensi guru (ukg).

Bagi saya pribadi ini adalah sebuah pelecehan profesi. Bagaimana mungkin sebuah kebijakan sudah diterapkan sementara kurikulum 2013 belum resmi diterapkan? Inilah bukti bahwa kurikulum 2013 adalah kurikulum yang dipaksakan dengan pendekatan kekuasaan. Arogansi kekuasaan terasa sekali. Matapelajaran TIK diganti mata pelajaran Prakarya. Alasannya, TIK masuk kedalam semua mata pelajaran.

Saya berusaha mencari tahu keunggulan kurikulum 2013 dari kurikulum sebelumnya. Saya baca dan terus membaca untuk memahami isinya. Ternyata dalam implementasinya­ tak jauh beda. Guru harus mampu mengimplementas­ikan kurikulum dalam pembelajaran di kelas. Bahkan kemendikbud telah siap menggelontorkan­ sejumlah dana untuk bimbingan teknis implementasi kurikulum 2013 ke setiap sekolah yang ditunjuk.

Awalnya, saya berpikir positif dengan kurikulum baru ini. Namun setelah saya membaca dokumen yang dibagikan dalam sosialisasi kurikulum dan juga draft buku pegangan guru dan siswa membuat saya semakin yakin untuk menolak kurikulum 2013 sebab kurikukulum baru ini ternyata hanya menghamburkan uang negara saja. Walaupun dikemas dengan bahasa yang sangat ilmiah, bau busuk itu sudah terasa di hidung dan otak intektual saya sebagai seorang guru. Saya pun menjadi semakin percaya mengapa para guru besar di ITB Bandung dan perguruan tinggi lainnya belum sepenuhnya sepakat dengan kurikulum 2013.

Hal yang harus dilakukan adalah melakukan uji publik secara terbuka dan meminta pemerintah melakukan argumentasinya secara terbuka dalam debat publik supaya peserta didik tak menjadi korbannya. Kitapun tak ingin guru menerima begitu saja tanpa diminta pendapatnya.Kalau ada guru yang menolak, maka mereka akan disebut bukan pemain inti oleh mendiknas.

Buat para guru yang menerima bulat-bulat kurikulum 2013, coba pelajari lagi secara mendalam kurikulum ini,dan bacalah bismillah untuk menolak kurikulum 2013, bila anda sudah mendapatkan hidayah dari Allah.

20130327aksi-tolak-kurikulum

Salam perjuangan
Omjay
https://wijayalabs.com

Categories:

3 People reacted on this

  1. Dengan hormat,
    Sebagai orangtua murid eks-RSBI SD negeri di Jawa Tengah, izinkanlah kami memberikan masukan agar kurikulum 2013 dibatalkan karena:
    1.Ada kesenjangan yang sangat jauh antara kurikulum 2013 dengan kurikulum RSBI,dan ini sangat merugikan siswa eks-RSBI. Siswa RSBI sudah terbiasa mendapatkan pelajaran dengan materi yang jauh lebih tinggi dan sulit,KKM tinggi.Kalau kurikulum 2013 dipakai sama artinya dengan kemunduran mutu pendidikan. Benar kata Adik Galang,kurikulum 2013 ini sangat dangkal.Pemerintah harus memberikan kurikulum yang sesuai dengan tingkatan pelajaran yang telah didapat oleh anak eks-RSBI.Lebih baik lagi kalau sekolah eks-RSBI tetap diizinkan memakai kurikulum RSBI.
    2.Kurikulum 2013 dibuat tergesa-gesa tanpa riset yang cukup terhadap kurikulum sebelumnya,yaitu KTSP dan outputnya. Tirulah negara Eropa yang tidak mudah mengganti kurikulum. Mereka mengganti kurikulum setelah 50 tahun dan dengan pemikiran yang matang.
    3.Kurikulum bukan sekedar proyek pemerintah,jadi perlu dengar pendapat dalam ruang lingkup yang luas. Guru,murid,praktisi pendidikan,dan orangtua murid perlu dilibatkan dalam pembuatan kurikulum.
    4.Uji publik belum dilakukan tetapi Mendikbud sudah memanggil penerbit buku.Ada apa Pak?Rakyat curiga nih.
    5.Anggaran kurikulum 2013 yang makin membengkak, dikhawatirkan rawan mark up dan korupsi.2,49 trilyun itu jerih payah rakyat jadi jangan dihambur-hamburkan.
    6.Kurikulum 2013 belum jelas kelanjutannya karena Mendikbud tinggal menjabat setahun lagi dan pasti diganti.
    Demikianlah surat saya.Harap menjadikan perhatian dan pertimbangan dalam memutuskan sesuatu agar tidak merugikan rakyat.Sebagai pemimpin contohkanlah demokrasi dan bukan otoriter.Terimakasih.

    Reply

  2. Kemendikbud tenang-tenang saja walaupun mendapat kritikan dari seluruh Indonesia,kelihatannya ini untuk meredam konflik.
    Menurut saya kurikulum 2013 sangat dangkal materinya,dan bukan merupakan penyempurnaan dari kurikulum terdahulu. Sebagai orangtua dari dua anak kembar yang masih duduk di tingkat SD, saya mohon saran kepada para pembaca tentang kemungkinan menyekolahkan anak di luar negeri.Di negara manakah yang ada sekolah dasar bermutu dengan kurikulum yang baik?Biaya berapapun tidak masalah demi kebaikan mereka, karena saya dan suami terlanjur tidak percaya dengan pejabat Indonesia,kebanyakan hanya tahu korupsi,makan anggaran proyek negara dan mengorbankan masa depan bangsanya.
    Mohon jawaban lewat blog ini.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.