Tes PSB di SMA Labschool Jakarta

Minggu, 17 Februari 2013 saya ditugaskan sekolah untuk menjadi pengawas tes seleksi penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun pelajaran 2013-2014. Ada 991 calon siswa baru SMA Labschool Jakarta mengikuti seleksi ini dan terbagi menjadi 25 ruangan kelas.

Tes PSB di SMA Labschool Jakarta

Tes PSB di SMA Labschool Jakarta

Sebagai salah seorang guru yang ditugaskan TES seleksi PSB ini bangga juga mendengarnya. Ternyata sekolah kami masih diminati oleh masyarakat luas, khususnya orang tua siswa yang mempercayakan pendidikan putra-putrinya di sekolah kami. Grafiknya selalu meningkat setiap tahunnya.

Tes seleksi PSB SMA Labschool Jakarta ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 wib sampai 13.30 wib. Banyak orang tua yang ikut mengantarkan anaknya. Mereka dilayani dengan baik oleh pengurus OSIS SMA Labschool Jakarta dan kegiatan ekskul lainnya seperti karawitan. Mereka para orang tua disuguhi performance atau penampilan dari anak-anak SMA Labschool Jakarta. Tentu bangga sekali para orang tua bila anaknya lulus dalam seleksi ini. Banyak sekali anak SMA Labschool Jakarta yang berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik.

Ada 2 tes yang harus diikuti oleh para peserta yaitu tes psikologi dan tes akademik. Para pengawas tes diminta mengenakan seragam batik bebas, dan pesertanya diminta mengenakan seragam sekolah SMP.

Ketua panitia PSB SMA, Drs. H.M. Fakhruddin, M.Si (Kepala SMA Labschool Jakarta) memberikan pengarahan kepada para guru pengawas termasuk saya di dalamnya. Ada juga pak Dr. M. Sukardjo yang memberikan pesan agar para guru berhati-hati dalam mengawas tes PSB SMA. Beliau berpesan mewakili badan pengelola sekolah atau BPS Labschool Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Tes PSB di SMA Labschool Jakarta

Tes PSB di SMA Labschool Jakarta

Sebagai salah satu sekolah yang dikelola oleh Yayasan Pembina UNJ, SMA Labschool Jakarta terus berprestasi dan banyak diminati oleh mereka yang ingin melanjutkan pendidikannya di sekolah ini. Namun karena tempatnya terbatas dan jumlah peminatnya banyak, maka diadakanlah tes seleksi ini. Hanya 168 orang siswa yang akan diterima di tahun ajaran baru di SMA Labschool Jakarta.

Sebagai salah seorang pengawas yang bertugas di tes kedua atau akademik, saya ditugaskan untuk memeriksa kondisi kelas, mempersilahkan peserta tes seleksi untuk memasuki ruangan, membagikan SOAL, LJK, dan lain-lain yang tugasnya sudah lengkap tertulis dalam buku panduan tes seleksi PSB SMA Labschool Jakarta.

Untuk  pengawasan tes kali ini, saya ditemani pak Sukasto yang mendampingi saya mengawas di ruang kelas. Pak Sukasto adalah salah satu guru favorit di SMA Labschool Jakarta yang mengajar bidang studi matematika. Sedangkan saya sendiri mengajar pelajaran TIK dan PLKJ di SMP Labschool Jakarta.

Senang sekali bisa ikutan menjadi pengawas tes seleksi PSB SMA Labschool Jakarta. Tak terasa, hampir setiap tahun saya menjalaninya. Sebagai salah satu sekolah swasta, kami harus memberikan pelayanan yang terbaik. Termasuk juga menjadi pengawas tes yang baik, dan melayani peserta tes dengan sepenuh hati. Itulah mengapa SMA Labschool Jakarta selalu diminati oleh mereka yang ingin melanjutkan pendidikannya.

Ada apa di SMA Labschool Jakarta? Ada harapan banyak orang tua yang ingin sekali anaknya masuk ke sekolah ini. Ada harapan indah dari mereka para calon siswa baru yang mengikuti tes pada hari ini. Mereka tentu ingin berebut kursi dengan prestasi mereka hari ini. Semoga lulus tes seleksi PSB, dan masuk menjadi siswa baru SMA Labschool Jakarta.

Tes PSB di SMA Labschool Jakarta

Tes PSB di SMA Labschool Jakarta

 

Salam blogger persahabatan

Omjay
https://wijayalabs.com

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

3 thoughts on “Tes PSB di SMA Labschool Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.