Posted on: November 17, 2012 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 0

Menjadi Guru Paling Ngeblog Siapa Takut?

Setelah menonton film james bond 007 “skyfall” di paris van java bandung, saya mencoba membuat slide presentasi yang diminta oleh panitia workshop jurnalistik di fakultas teknik unj kampus A Rawamangun jakarta timur.

Film James Bon terbaru
Film James Bond terbaru

Saya baca berulang kali term of reference (tor) yang diajukan panitia. Mereka meminta saya memberikan gambaran tentang dunia kepenulisan blogger yang inspiratif, kreatif, dan mendidik. Mereka juga meminta memberikan tips dan triks kepenulisan yang bermutu. Mereka para panitia seminar jurnalistik sangat berharap saya memberikan tips dan trik menulis karya tulis ilmiah online bagi pendidik.

Materi guru go blog ini harus saya sampaikan di perpustakaan lt4 pukul 13 sampai 14.30 wib. Semoga jadwalnya tidak molor, karena saya masih harus mengikuti acara ulang tahun kompasiana di Gandaria City.

Pengalaman selama 4 tahun menulis di kompasiana dan hampir 5 tahun mengelola blog pribadi di internet, banyak saya temui keajaiban blog dan rezeki yang menyertainya. Banyak hal tak terduga datang silih berganti. Ada saja permintaan untuk menjadi nara sumber di bidang pendidikan. Kebetulan saya lebih banyak menulis tentang dunia saya, yaitu dunia pendidikan yang saya geluti sebagai seorang guru.

Blog adalah alat rekam yang ajaib. Gara-gara ngeblog saya berkeliling -indonesia dan hampir semua propinsi di nusantara sudah saya kunjungi. Itu semua berkat menulis setiap hari di blog. Terutama di blog kompasiana yang selalu ramai pengunjungnya.

Dalam buku Travel Writer karya Yudasmoro yang diterbitkan oleh metagraf (2012), penulisnya menuliskan, menulis bagi saya bukan hanya merangkai alfabet menjadi sebuah kata, kalimat, paragraf, atau artikel. Menulis adalah cerminan cara berpikir kita. Menulis adalah membangun landmark diri kamu pada sebuah media yang berbeda.

Bila kita ngeblog bertujuan baik, maka hasilnya akan baik. Kita pun harus senang atau happy dalam menjalankannya. Hal itulah yang membuat tulisan saya tak pernah sepi dari pembaca karena dituliskan dengan hati yang ikhlas dan tanpa pamrih apapun. Apa yang saya peroleh akan segera saya sharingkan ke blog, baik itu berupa pengetahuan atau pengalaman.

Ngeblog setiap hari, sudah membuat saya memiliki catatan harian yang pada akhirnya menghantarkan saya untuk menerbitkan buku. Tidak terasa sudah 8 buku diterbitkan dan 2 buku sudah selesai tahun ini dan saya bagikan secara gratis di internet.

Sebagai seorang guru yang juga blogger saya harus cepat tanggap dengan apa yang terjadi dihadapan mata. Biasanya saya langsung menuliskannya di kompasiana. Tak salah bila banyak teman yang menominasikan saya sebagai guru paling ngeblog di kompasiana. Untuk hal ini saya ucapkan terima kasih atas apresiasinya.

sumber gambar: Kompasiana.com
sumber gambar: Kompasiana.com

Bad news is a good news sudah menjadi lahan empuk bagi wartawan atau jurnalis media arus utama. Sedangkan kita sebagai jurnalis warga tak boleh kalah untuk meliputnya. Bahkan harus lebih keren dari media arus utama. Itulah mengapa banyak blogger andal yang saya kenal menjadi juara dalam lomba guraru acer award tahun 2012 ini seperti pak dedi dwitagama, dan lain-lain. Semua itu telah dipublikasikan di blog http://guraru.org.

Bagi saya, blog membuat guru menjadi kreatif dengan keadaan yang ada di sekitarnya. Akan banyak moment yang bisa dituliskan dan menjadi headline di kompasiana. Tentu menjadi sebuah kebanggan tersendiri bila tulisan kita dibaca banyak orang dan bermanfaat buat khalayak ramai.

Oleh karena itu kapan waktu menulis silahkan diatur. Bisa pagi hari, siang hari, sore hari atau malam hari sebelum tidur. Atur saja sesuai dengan kondisi masing-masing. Hal yang terpenting motivasi monulis harus terjaga. Pelu komitmen tinggi dan konsisten dalam menulis setiap hari agar anda mahir menulis.

Kalau kita tidak bisa menulis, biasanya karena kita tidak fokus dan kurang banyak menggali informasi dengan membaca. Tanpa banyak membaca rasanya sulit seorang blogger untuk bisa produktif menulis. Lahap membaca akan membuatmu gemuk menulis.

Menjadi guru blogger bagi saya tak perlu ditakuti, sebab menulis dilakukan dengan niat ingin berbagi.
Tips menulis sebenarnya mudah saja. Menulislah setiap hari, maka buktikan apa yang terjadi. Itulah mantra ajaib yang terbukti ampuh dan sudah saya praktekkan dengan sehari menulis satu postingan di blog.

Dulu saya tak bisa menulis selancar sekarang. Saya menulis bisa memakan waktu berjam-jam hanya untuk menulis selembar. Perlu mikir lama ketika hendak memulai menulis. Itulah mengapa sesuatu yang sulit dalam menulis adalah memulai.

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, menulis tak harus pakai laptop atau pc. Dengan sebuah ponsel jadulpun bisa dilakukan. Seperti saat ini, saya hanya menuliskannya via ponsel “bebe” jadul saya yang baru saja diservice karena rusak.

Menjadi guru yang rajin ngeblog itu banyak sukanya daripada dukanya. Itulah sedikit rahasia yang dapat saya bocorkan. Selebihnya silahkan anda rasakan sendiri ketika anda mulai ngeblog setiap hari. Jadi segeralah ngeblog dan kelola blog pribadi anda dengan baik. Yuk kita menulis atau yuk kita ngeblog harus menjadi motto kita untuk menulis setiap hari.

Mohon doanya agar besok saya terpilih menjadi guru paling ngeblog di acara hut kompasiana yang keempat. Terima kasih atas dukungan votenya. Semoga dapat terus berbagi, dan menjadi guru blogger yang menginspirasi guru lainnya di Indonesia.

Salam blogger persahabatan
Omjay
https://wijayalabs.com

Categories:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.