Posted on: May 20, 2012 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 148

Selamat Tinggal Kota Bandung

Kota Bandung Dari Menara Masjid Raya Bandung
Kota Bandung Dari Menara Masjid Raya Bandung

Gak kerasa 4 hari berlibur di kota Bandung harus diakhiri. Sore ini, minggu 2o Mei 2012 kami sekeluarga sudah harus meninggalkan kota Bandung. Besok Senin, 21 Mei 2012, saya dan anak-anak sudah harus kembali ke sekolah. Belajar di rumah kedua kami untuk menuntut ilmu demi masa depan.

Sedih sekali harus meninggalkan kota Bandung yang ramah sekali penduduknya. Kakak ipar dan keponakan istri mengantarkan kami ke terminal bus Leuwipanjang. Padat sekali suasana terminal, kami pun hampir tak kebagian tempat duduk saking padatnya. Maklumlah, hari ini adalah hari terakhir long weekend. Banyak orang yang hendak kembali ke Jakarta.

Bus Primajasa tujuan Bandung-Tanjung Priok yaang biasa kami tumpangi belum datang. Terpaksalah kami naik bus lain yang berhenti di Jatibening bekasi. Alhamdulillah, ada bus Harum AC tujuan Bandung-Pulogadung kosong. Kami langsung naik ke bus yang masih kosong itu.

Diiringi musik yang mengalun merdu dari seorang pengamen, bus melaju pelan meninggalkan terminal Leuwipanjang. Pengamen itu menyanyikan lagu koesploes “ke jakarta aku kan kembali, walaupun apa yang kan terjadi”. Seolah-olah tahu isi hati para penumpang bus harum yang kami tumpangi.

Sambil memutar siaran sepakbola di televisi yang ada di bus, kami menikmati pertandingan sepakbola liga Indonesia. Sayang saya gak pakai kacamata, sehingga kurang jelas terlihat wajah para pemainnya. Padahal kepengen banget nonton pertandingan sepakbola di dalam bus. Pasti seru tuh!

Di dalam bus kami menyewa 4 kursi, sesuai dengan jumlah anggota keluarga kami. Intan dengan mamanya, dan Berlian dengan ayahnya. Alhamdulillah kami sekeluarga masih mendapatkan tempat duduk dengan posisi di tengah sebaris kanan kiri. Kami pun jadi mudah berkomunikasi dan menikmati tahu sumedang yang kami beli di dalam bus harum. Kami pun membeli sebotol aqua besar untuk diminum dalam perjalanan.

Kendaraan bus terus melaju menuju tol Cipularang. Kami semakin menjauh dari kota Bandung yang indah dan padat. Hujan tiba-tiba turun sepanjang perjalanan kami. Seolah-olah ikut merasakan kesedihan kami yang meninggalkan kota Bandung.

Berlibur 4 hari di kota Bandung serasa sangat sebentar sekali. Rasanya kemarin kami baru tiba dengan bus Primajasa AC jurusan Tanjung Priok- Bandung. Kini kami harus pergi meninggalkan kota Bandung tuk kembali ke bekasi. Kota yang kami huni sejak tahun 1998.

Selamat tinggal kota Bandung. Kota kenangan yang tak akan terlupakan. Kota perjuangan yang terkenal dengan lagu halo-halo Bandungnya. Kota dimana diadakan konferensi Asia Afrika untuk pertama kalinya di dunia. Bung karno berhasil mengumpulkan pemimpin negara-negara di asia dan afrika. Sungguh luar biasa.

Selamat tinggal kota bandung, kami pasti akan kembali lagi. Semoga punya rumah sendiri di kota ini. Itu impian keluarga kami. Walaupun rumah mertua dan kakak ipar ada di Bandung, ingin rasanya memiliki rumah sendiri yang kami tempati di saat berlibur akhir pekan atau liburan panjang.

Salah satu Contoh Rumah di Bumi Adipura, Gede Bage
Salah satu Contoh Rumah di Bumi Adipura, Gede Bage

Selama di Bandung, kami sempat melihat perumahan Bumi Adipura di Gede Bage. Sambil menyempatkan diri bersilahturahim ke rumah kang Agus Hermawan. Seorang penulis terkenal dari kota bandung. Saya akan ceritakan indahnya berteman dengan sesama penulis, bila sudah tiba di rumah. Sampai nanti ya!

Mohon doa agar kami sekeluarga selamat sampai di rumah. Selamat Tinggal Kota Bandung

Salam blogger persahabatan
Omjay

Categories:

148 People reacted on this

  1. Seru banget ya pak liburan ke Bandung. Menurut saya, Bandung itu kota yang ramai dan sering macet, ya? Tetapi, meskipun Bandung sering macet, berlibur disana sangat enak. Banyak tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Banyak toko-toko baju, sama tempat-tempat makanan yang enak. Semoga bapak dan keluarga bisa pergi ke Bangung lagi ya, supaya bisa menikmati indahnya kota itu.

  2. Wah memang selalu menyenangkan jika kita berkunjung kesuatu tempat yang menurut kita nyaman , seperi Bandung Sabtu kemarin saya juga ke Bandung dan saya pulang hari Minggu sore. Saya sangat senang seperti bapak,rasanya tak ingin pulang.
    Senang sekali!!

  3. Memang ke Bandung itu selalu seru yaa omjay, meskipun saya sudah ke Bandung berkali-kali, tapi tetap saja hawanya yang sejuk dan tempat2 rekreasinya sangat enak untuk dinikmati, sayang sekali omjay harus kembali ke Jakarta secepat itu padahal belum banyak tempat yang dikunjungi…hehe

  4. Saat saya ke Bandung, saya juga menginap di rumah kerabat. suasana di bandung itu memang menyenangkan. rasanya sebenarnya agak nggak rela meninggalkan bandung saat ingin kembali ke jakarta. saya juga pergi ke bandung tetapi hanya dua hari selama liburan kemarin. bandung itu memang tempat yang bagus dan pas untuk liburan. banyak tempat-tempat yang bagus yang bisa dikunjungi 😀

  5. Bandung memang tempat yang nyaman dan sejuk.. Bandung juga tempat yang tidak bisa ditinggalkan. Disana juga banyak tempat rekreasi yang baik untuk dikunjungi.. Sayang sekali bapak harus meninggalkan Bandung,, semoga bapak dan keluarga punya rumah di Bandung..

  6. sepertinya sangat seru bila dapat berkunjug ke bandung apa lagi bersama dengan keluarga, walaupun tidak lama tapi liburan akan terasa menyenangkan sambil melihat keindahan kota bandung

  7. Wah, liburang omjay sangat menyenangkan.
    Bulan kemarin saya juga ke Bandung,memang benar disana sangat menyenangkan, udara sangat sejuk. tempat wisata di sana memang sangat banyak, sehingga setiap orang yang berwisata tidak bosen di Bandung. dan tempatnya pun pas untuk rekreasi keluarga untuk berkumpul. ya, memmang sangat menyenangkan liburan di Bandung

  8. Wah, liburan omjay sangat menyenangkan.
    Bulan kemarin saya juga ke Bandung,memang benar disana sangat menyenangkan, udara sangat sejuk. tempat wisata di sana memang sangat banyak, sehingga setiap orang yang berwisata tidak bosen di Bandung. dan tempatnya pun pas untuk rekreasi keluarga untuk berkumpul. ya, memang sangat menyenangkan liburan di Bandung.

  9. sejuk,tentam dan damai adalah gambaran kota Bandung, kota kecil tapi sejuta wisata dan selalu menjadi sasaran tempat hiburan dalam liburan panjang, bersama keluarga dan kerabat dekat akan terasa lebih lengkap keseruannya daripada hanya sendiri,semoga bapak bisa punya rumah disana ya,,,amin

  10. Di Bandung seru sih, pak. Mau berkali-kali kesana juga gak bosen-bosen. Soalnya disana udaranya sejuk banget, gak kayak di Jakarta. Tempat rekreasinya juga seru banget.

  11. Wah, enak banget pak ke Bandung, kotanya sejuk tapi yang tidak enaknya itu disana biasanya macet. Sebenarnya yang bagus di kota Bandung itu tempat wiasatanya karena disana banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi untuk rekreasi

  12. sepertinya liburan bapak sangat seru dan menyenangkan apalagi ke Bandung bersama keluarga. Pastinya di Bandung banyak tempat-tempat wisata yang seru untuk dikunjungi, walaupun ke Bandung-nya tidak begitu lama tetapi pasti akan menjadi sebuah kenangan yang seru 😀

  13. Memang seru ya pak berlibur ke Bandung. Apalagi bila bersama dengan keluarga. Di Bandung suasana sejuk serta terdapat banyak tempat rekreasi untuk di kunjungi sehingga kita tidak bosan untuk berlibur ke Bandung.

  14. wah, liburannya seru dan menyenangkan pak bisa liburan ke kota Bandung yang menjadi salah satu favorit untuk liburan oleh warga jakarta karena hawanya sejuk, banyak tempat untuk berbelanja dan untuk makan tapi untuk menuju kesana harus penuh kesabaran karena macet.

  15. Wah memang selalu menyenangkan jika kita berkunjung kesuatu tempat yang menurut kita nyaman .Bandung yang menjadi salah satu favorit untuk liburan oleh warga jakarta karena hawanya sejuk, banyak tempat untuk berbelanja dan untuk makan tapi untuk menuju kesana harus penuh kesabaran karena macet.Dan di bandung juga banyak tempat wisata seperti tangkuban perahu dan kampung gajah

  16. wah seru juga pak liburan di kota Bandung bersama keluarga. Kota Bandung banyak tempat wisata yang dapat di kunjungi, dan suasana nya juga mendukung. Jadi, Kota Bandung adalah salah satu tempat yang dapat kita kunjungi di long weekend 🙂 Dan juga semoga bapak cepat-cepat punya rumah di Bandung ya pak 😀

  17. memang pak, Bandung itu kota yang indah, saya juga pernah ke sana dan menurut saya, Bandung adalah salah satu kota yg menyenangkan di indonesia

  18. menurut saya kota bandung itu merupakan kota yang termasuk banyak dikunjungi oleh wisatawan ,karena keindahan alamnya. disana udara enak polusinya tidak sebanyak jakarta. kota bandung juga banyak tempat wisata yang sejjuk indah.

  19. bandung memang kota yang indah pak!
    seru sekali bila berlibur ke sana bareng kelurga, tujuan utamanya adalah keindahan, FO, dan pariwisatanya:D

  20. emang sih bandunng enak, cuma gak kayak dulu ya om. dulu kan bandung dingin banget.sekarang jam 6 aja gak pake jaket gak dingin. yah tapi bandung masih asyik. banyak kuliner dan banyak shopping place( buat cewek)

  21. betul itu pak…Bandung memang wajib dikunjungi pada saat hari libur….selain pemandangannya bagus,udaranya sejuk,banyak tempat wisata yang menarik juga warga yang ramah-ramah…

  22. Benar sekali pak. Memang kota Bandung sangat sejuk dan cocok untuk menjadi tempat berlibur. Apalagi disana cocok sekali untuk bercocok tanam seperti strawberi dan wisata lainnya. Memang Bandung cocok untuk wisata untuk keluarga:)

  23. Bandung memang kota yang menakjubkan jadi harus dikunjungi walaupun kotanya macet seperti jakarta tapi banyak pusat perbelanjaan dan banyak wisata yang tak dapat dilupakan . perumahannya pun sama seperti jakarta

  24. Bener banget tuh pak. Saya juga senang sekali sama kota Bandung. Udara nya masih sejuk, terus ga sepadat di Jakarta. Orang-orang nya juga ramah banget. Sayang banget liburan kemarin saya tidak jadi ke Bandung, padahal sudah ada rencana. Tapi katanya liburan kemarin macet banget mau ke bandung ya pak? Tol nya aja katanya macet banget pak.

  25. enak sekali omjay bisa ke Bandung, saya berharap saya bisa ke bangdung, tapikan Bandung kotanya horor saya jadi takut karena saya pernah membaca novel berisi cerita0cerita hantu di bandung. Tapi memang enak sih udaranya sejuk

  26. Bandung memang merupakan kota yang nyaman. dan juga banyak sekali wisatawan yang berkunjung di sana. Saya jadi ingin ke sana lagi, pak.

  27. Iya Pak!betul banget!bandung adalah tempat terdekat dari jakarta yang menjadi tujuan favorit warga yang ingin berlibur.Selain sejuk,bandung juga punya banyak tempat rekreasi.pokoknya seru deh!

  28. benar pak, saya suka sekali kota BAndung. Enak buat refreshing dan banyak tempat wisatanya

  29. Bandung memang merupakan kota yang nyaman. dan juga banyak sekali wisatawan yang berkunjung di sana. Saya jadi ingin ke sana lagi, pa

  30. Emang pak, Bandung itu menyenangkan sekali! Saya nggak pernah bosan ke sana, cuman paling males kalau macet. Wisata kuliner di Bandung juga beragam pak. Wah, bapak empat hari di Bandung pasti berkesan sekali.. Tapi baliknya nggak macet pak? kan arus balik?

  31. pak, saya kalau pergi ke bandung masih kerasa dingin pak, gara-gara saya bener-bener nggak tahan dingin jadi saya pakai jaket terus sampai malam padahal nggak pakai AC. tapi, bandung tempat jajanannya bagus kayak di depan rumah nenek saya ada pasar kaget yang murah harga barangnya. jadi di bandung enaknya jajanan dan nggak enaknya dingin banget (dulu kayaknya juga).

  32. Bandung itu memang tempat yang nyaman dan cocok untuk berlibur tapi sayangnya kalau libur panjang macet parah

  33. senangnya pergi ke bandung.. sayang sekali kita harus pergi kembali ke jakarta. padahal bandung merupakan kota kembang yang penuh dengan berbagai tempat yang menyenangkan dan kita juga bisa mencoba soerabi bandung.. itu sangat berkesan bagi seluruh visitor yang pergi ke bandung.

  34. Di Bandung emang enak buat jalan-jalan. Tempatnya sejuk,bagus, tapi kalo hari libur macet banget

  35. bandung memang cocok pak untuk berlibur. karena banyak tempat wisata, berbelanja, sama restoran. tapi macet banget.

  36. Memang seru ya pak berlibur ke Bandung.Menurut saya, Bandung itu kota yang ramai dan sering macet jadinya males ke bandung lagi

  37. Bandung adalah kota yang menarik. Wisatawan dari Lokal maupun bukan lokal banyak memilih tempat wisatanya adalah Bandung. Bandung adalah tempat wisata kuliner yang menarik dan makanannya tentu enak dan nikmat. Bandung juga tempat sasaran bagi orang yang suka belanja khusunya perempuan, banyak aneka ragam barang yang bisa dibeli disana. Selain tempat belanja dan Kuliner, Udara Bandung sangat Sjuk dan Dingin. Pantas Saja Wisatawan Lokal maupun bukan Lokal sangat senang ke Bandung.

  38. Bandung memang salah satu tempat yang enak untuk dikunjungi. disana suasananya juga sejuk sekali. apalagi disana juga banyak tempat-tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi.

  39. Bandung memang kota yang menarik untuk dikunjungi wisatawan.saya dulu sering kesana , sekarang sudah macet

  40. Bandung dengan suasananya yang indah dan sejuk memang bikin betah! Walaupun kalo liburan macet banget! Factory outlet yang bermacam-macam,kuliner yang beraneka ragam,serta tempat-tempat yang patut dikunjungi pun,bisa menjadi obyek wisata di bandung.

  41. Waahh… asyiknya bapak pergi ke kota Bandung, saya kemarin saat liburan 4 hari hanya di rumah saja. Kalau saya pergi ke Bandung saya pertama-tama pergi ke Jalan Riau untuk pergi berbelanja. Kalau soal makan saya sering pergi ke tempat yang menjual serba strawberry di lembang. Saya juga pernah pergi ke rumah sosis yang terkenal enaknya itu. Wahhh.. Bandung memang serba oke! Udaranya juga masih sejuk dan dingin. Saya juga jadi pingin liburan ke Bandung seperti bapak. Saya juga akan doakan agar bapak dapat memiliki sebuah rumah di Bandung.

  42. liburan dibandung memang seru.yang bikin seru itu banyak FO dan kuliner-kulinernya.tempat wisatanya juga banyak,apalagi saat malam hari udara dibandung dingn,saya setuju deh pak liburan ke Bandung itu memang seru

  43. wah seru sekali pak berlibur dibandung ya, apalagi liburannnya bareng keluarga heheheh..Disana juga banyak tempat wisata, outbound, kuliner yang patut di dikunjungi dan dicoba, walaupun sekarang kalau musim liburan bandung biasanya macet

  44. wah, kayaknya seru tuh pak ya di bandung. Coba saya dia ajak hehehehe…Kemana aja pak di Bandung??? kalo saya sih pergi yang ada outbondnya.

  45. Liburan di bandung memang sangat mengasyikan pak. Banyak tempat2 yang bisa kita kunjungi. Seperti FO, tempat wisata berupa outbond,dan lain-lain. Sayangnya ketika liburan kota bandung arusnya sangat macet.

  46. Seru banget liburan di Bandung, tapi kalau lagi hari libur macet di jalannya bikin kesel, tapi kalau udah sampe enak banget, apa lagi udaranya 😀

  47. Wah asyik banget liburannya ke Bandung. Disana banyak banget jajanan kuliner dan factory outlet. Tp sayang bandung sekarang udah beda dengan dulu, macet dimana-mana dan udaranya ngga sedingin dan sesejuk dulu. Walaupun begitu, bandung adalah kota yg patut dikunjungi untuk liburan

  48. seru banget pak berlibur di bandung! disana tersedia berbagai tempat wisata dengan jumlah yang sangat banyak. tapi karena sekarang lagi long weekend pasta sangat ramai pak! tapi pasti tetep seru deh pak!

  49. wah serui banget liburan di kota bandung.kotanya masih asri dan udarannya saat pagi sangat sejuk. kalo dibandung juga banyak pilihan tempat wisata atau juga bisa ke factory outlet

  50. wah, seru sekali dibandung apa lagi paginnya selalu dingin dan sejuk tidak ada polusi coba dijakarta polusi banyak. untung saya punya kaka dibandung jadi saya ke bandung tidak usah repot repot memesan hotel,bagi saya bandung adalah tempat terindah bagi saya

  51. Bandung emang enak buat menghabiskan liburan, terutama tempat outbondnya dan juga factory outlet yang banyak disana. tapi makin lama makin banyak aja orang jakarta yg hijrah ke bandung buat liburan. jadi, makin lama bandung bisa nyaingin jakarta… 😐

  52. di bandung memang mengasyikkan pak. memang susah meninggalkan bandung begitu saja tanpa oleh-oleh khas. dan tidak akan pernah bosan liburan di bandung.

  53. Bandung….. emang enak buat jalan jalan banyak tempat wisata,tempat kuliner dan ada banyak pemandangan indah…
    emang sayang dan kangen kalau pulang ke jakarta lagii….

  54. Menurut saya, tidak mengherankan lho bila bapak mengatakan bahwa Bandung itu memang seru. serunya itu karena banyak sesuatu yang belum bisa kita dapatkan di Jakarta ini, contohnya saja udaranya yang masih bisa dibilang lebih segar daripada Jakarta,kuliner2nya yang khas, tempat2 wisatanya yang bagus seperti Trans Studio dan Kampung Gajah, dsb.Pokoknya, intinya, liburan di Bandung itu memang cocok untuk dijadikan daerah Liburan, dan pastinya, bisa seru!

  55. waaah seru dong paak! pasti pagi paginya dingin banget apalagi malemnyaa. terus apalagi di tempat2 fo nya gituu. terus disana pasti dikit banget polusi nya ga kayak di jakaerta gini..Have a fun trip paak! 😀

  56. bandung memang sangat asik untuk liburan. banyak FO yang bisa dukunjungi dan sangat asik untuk mecoba kuliner.

  57. Wah…!! Asyik banget pak bisa luburan ke Bandung. Kota yang sangat permai,udaranya sejuk,pemandangannya indah sekali,dan bisa belanja sepuasnya di mana aja dengan harga dan kualitas yang terjangkau. Bapak juga pasti ke tempat-tempat wisata yang sangat terkenal di Bandung. Pasti bapak menikmati liburan selama 4 hari yang seru ini ya pakkk!!! ;D

  58. Betul pak, Bandung memang kota yang sejuk dan nyaman. Cocok sekali untuk liburan. Disana banyak tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi.

  59. Enak ya pak liburan ke Bandung… Iya sih, emang bandung itu kota yang bagus untuk liburan. Disana banyak pemandangan yang indah.. walaupun banyak yang sudah dibuang/ditebang…

  60. Seru banget tu pak dibandung bisa melepas kepenatan disitu udaranya seger enak buat jalan jalan sayangnya pasti macet kalo ke bandung pas libur

  61. wahh enak sekali pak bisa berlibur di bandung 4 hari di long weekend ini, emang bandung itu tempat yang paling tepat untuk liburan, karena banyak tempat wisata dan ditambah lagui dengan banyaknya tempat makanan yang enak

  62. Pasti seru tuh pak liburan ke Bandung! selain karena udaranya sejuk, jajanannya juga ada banyak dan enak-enak.

  63. Enak banget ya pak bisa ke bandung 4 hari memang sih bandung itu kota nya enak, orang orangnya ramah dan pastinya banyak factory outlet. tapi apa ga macet pak? kan long weekend pasti semua orang mau ke bandung karena di bandung banyak tempat wisata yang enak.

  64. Seru sekali pak bisa berlibur ke bandung. selain dekat dengan jakarta bandung juga memiliki tempat wisata yang bagus dan udaranya mnasih sejuk

  65. enak ya bapak bisa berlibur 4 hari di bandung. tempatnya bagus, dan selain itu banyak tempat wisatanya. makanan-makanannya pun enak-enak. tapi sayangnya, kalu sedang long weekend, macet dimana-mana. namun, kalau habis berlibur di bandung, bikin kita kangen dan ingin ke bandung lagi

  66. enak sekali bapak berlibur di bandung selama 4 hari. di bandung banyak tempat makan yang enak dan banyak juga tempat wisatanya. tapi kalo bandung lagi macet jadi males

  67. seru sekali ya pak liburannya… saya juga jadi pengen ke sana lagi. Tapi macetnya itu loh pak, kalau bisa sih ke sana pas lagi hari kerja, kalau hari liburan apalagi long weekend macetnya bisa-bisa panjang. Udah capek duluan aja di perjalanan.

  68. Bandung memang enak sih pak dijadikan tempat liburan, tapi sayangnya disana sering terkena macet, terutama saat liburan panjang. Terakhir saya pergi ke Bandung, saat hari libur yg hanya sehari, walaupun hanya libur sehari, tetap saja terkena macet. Karena itu, saya jarang ikut kalau liburan ke Bandung, palingan cuma jalan – jalan, toh gak ada saudara saya di Bandung. Kalau saya mah liburan cuma jalan kaki kerumah temen yg jaraknya kurang lebih 25m dari rumahku, hehehe.

  69. itu rumah siapa pak? kok ada nomor nomornya gitu? asik gak pak? kapan kapan ajak dong pak. pak mas long weekend? kan cuman 4 hari.

  70. kalo ke bandung tuh seru apalagi pas libur sayangnya pasti macet kalo ke sana. Di bandung juga gak kayak dulu lagi karena dulu di bandung gak macet sekarang macet – macet juga kayak di jakarta ditambah lagi liburannya singkat cuman 4 hari

  71. Seru ya pak liburan kmrn ke bandung?emangsih hehe-_- asik bangetsih pak liburannya. tp emangsih bandung asik buat liburan gtgt, apalagi kan disana sejuk gitu pak. ahahah

  72. Bapak pasti menyenangkan liburan 4 hari di Bandung, karena saya juga ke Bandung namun berangkat pagi pulang malam. Walaupun sekarang Bandung mulai panas, tetapi Pemandangan disana tetap indah >..< .

  73. seru sekali ya pak liburannya… saya juga jadi pengen ke sana lagi. Tapi macetnya itu loh pak, kalau bisa sih ke sana pas lagi hari kerja, kalau hari liburan apalagi long weekend macetnya bisa-bisa panjang. Udah capek duluan aja di perjalanan.

  74. bandung emang kota yang pas buat liburan pak, banyak tempat wisata nya dan sejuk. walau kadang kalo siang hari tetap aja panas dan macet. tapi Bandung memang kota yang ideal untuk liburan.

  75. bandung emang enak pak untuk dijadikan tempat liburan apalagi udaranya yang lebih sejuk dan pemandangannya masih agak desa-desa.. tapi kalo long weekend kan bandung macet juga pak..

  76. Kalau 4 hari doang gak seru, mendingan tunggu sampai leburan 1 minggu lebih daripada 4 hari doang, gak akan sempet pergi ke banyak.

  77. EMANG KALO DI BANDUNG TUH PAS BUAT LIBURAN DAN SAYANG UNTUK DITINGGALIN, WALAUPUN SUDAH NAIK BUS BER AC YANG MEMBUAT BADAN MENJADI SEJUK. itulah kota bandung pak

  78. Kalo liburan ke bandung gak enaknya kena macet pak, soalnya banyak orang kesana. tapi bandung juga banyak bagusnya seperti pemandangannya, dan udaranya juga lebih sejuk dibanding Jakarta

  79. menurut saya , bandung adalah kota yang pas untuk liburan panjang karena banyak sekali tempat tempat bagus di bandung & jawa barat sendiri. walaupun siang nya tetap aja panas dan keringetan tetapi malamnya sangat sejuk dan dingin.

  80. Bandung emang enak untuk tempat berlibur. Saya juga sering ke sana. Tapi waktu liburan yang kemaren, saya gak ke sana, karena gak banyak waktu.

  81. enak banget pak liburan ke bandung. tapi rasanya kurang lama kalau cuman 4 hari, yang gak enaknya di bandung itu macetnya pak. saya jadi pengen lagi ke bandung.

  82. dengan rencana bapa ke bandung memang bagus pak. karena di bandung terdapoa begitu banyak kawasan pariwisata dan kulinar jadi tidak akan bosan ke bandung. Lain kali kalo ke bandung jangan lupa oleh2 ya pak.

  83. wah sepertinya liburan bapak di Bandung kali ini sangat menyenangkan apalagi bersama keluarga. Iya pak Bandung emang tempat yang paling cocok untuk berlibur, apalagi banyak tempat-tempat yang asik dan menarik:D tapi Bandung suka macet ehe 🙂

  84. wah enak banget di Bandung, pak. Makan batagor gak pak? ke Trans Studio gak pak? Tapi macet sih……..

  85. wah enak banget di Bandung, pak. Makan batagor gak pak? ke Trans Studio gak pak? Tapi macet sih……..

  86. Wah seru sekali ya pak berlibur ke Bandung. Bandung memang pas untuk wisata kuliner, menonton berbagai hiburan bersama keluarga. Tapi kalo sudah long weekend, macet banget.

  87. waah, enak yah bapak ke Bandung. saya juga seneng banget di Bandung kotanya enak banget dari makanannya yang khas sampai ke Trans Studio Bandung tempatnya seru pak, cobain deh hehehe;)

  88. ya betul sekali, saya setuju dengan bapak. Kota Bandung memang sangat enak untuk tempat liburan. Udara di kota Baandung yg sejuk pun membuat orang kota ke sana untuk menenangkan diri ataupun refreshing.

  89. Di bandung suasananya enak kolo lagi liburan panjang tapi kolo liburan macet banget harus berangkat pagi pagi.terus di situ banyak tempat tempat yang cocok untuk berlibur.tapi kayanya 4 hari itu gak cukup di Bandung.

  90. di bandung itu tempatnya enak pak, 4hari dibandung itu sebentar banget.. apalagi kalo jalannya macet, kita bisa lama dijan.

  91. bandung emang kota yang cocok untuk liburan apalagi untuk masyarakat jakarta karena bandung tidak terlalu jaug,dan banyak tempat-tempat wisata , tapi kalau libur gitu bandung macet banget-_- (y)

  92. Bandung memang tempat yang cocok banget buat liburan (buat melepas stres) apalagi banyak tempat wisata yang wajib didatangi karena menarik dan asik. Tapi kalo udah liburan gitu macet banget ya-_-terus mesti wanti-wanti banget sama jalan tol, terutama di kilometer 90-100. Saya aja pas liburan 4 hari itukan ngelewatin Bandung, ngelewatin Bandungnya aja udah makan waktu 3 jam–_-sabar ya pak 😀

  93. Bandung seru ya pak! wisata kulinernya sampe kemana mana. tapi kalo udah liburan aja.. macetnya minta ampun.

  94. Melewatkan waktu luang bersama keluarga memang paling top.
    Bandung asri dan indah, tapi sayang macetnya….

  95. emang bener banget bandung tempat cocok untuk liburan pas longweekend soalnya cukup dingin,tempat-tempat wisatanya juga banyak dan wisata kuliner tapi sayangnya kalau liburan gitu bandung macet bgt-_________-

  96. di bandung enak pak :D..apa lagi kalo liburan panjaaang,kalo cuma 4hari ga puas..apalagi macet u,u

  97. berlibur ke tempat seru itu emang enak, tempat dimana keluarga tercinta ada. tp untuk meninggalkan mereka juga merupakan tugas berat,enak ya bapak bisa ke bandung (;_;)salut deh buat Om Jay!

  98. Emang asik jalan-jalan, pas liburan, ke tempat yang seru banyak wisata pula. Tapi harus inget buat balik lagi pak…

  99. Liburan ke Bandung sama keluarga enak ya pak.. Disana juga dingin gak kayak di Jakarta. Makanan di sana juga enak enak…

  100. Kalau cerita berlibur ke bandung emang gak ada habisnya pak. Soalnya disana tuh , udaranya sejuk sama tempat berliburnya banyak. Tapi kalau jalan ke Bandung, pasti kena macet apalagi pas long weekend.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.