Posted on: April 10, 2012 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 0

Berbagi Ilmu Penelitian kepada Siswa SMA se-Jakpus di Hotel Puri Jaya

Selasa, 10 April 2012 di hotel Puri Jaya jl Percetakan Negara 5 jakarta pusat diadakan kegiatan bimbingan teknis dan olimpiade penelitian siswa sma tingkat kota adminstratif jakarta pusat. Para siswa sma diundang oleh suku dinas pendidikan jakpus untuk mengikuti kegiatan ini. Ada sekitar 100 org siswa hadir unruk mendaptkan materi dari 3 nara sumber yaitu dedi dwitagama, wijaya kusumah, dan sulistiyani.

Berbagi Ilmu Penelitian di Hotel Puri jaya Jakpus
Berbagi Ilmu Penelitian di Hotel Puri jaya Jakpus

Ketiga narasumber diminta untuk menterjemahkan tema besar yang diminta sudin diknas jak-pus yang bertajuk dengan bimtek olimpiade penelitian siswa, kita bangun daya nalar dan berpikir kritis.

Dedi dwitagama memotivasi siswa untuk berpikir kreatif aja untuk jadi juara. Orang kreatif pasti tidak akan pernah kehilangan ide untuk melakukan penelitian. Selain mampu bekerjasama, orang kreatif akan berusaha keras mewujudkan apa yang ada dalam pemikirannya.

Para peserta bimtek olimpiade penelitian mendengarkan presentasi pak Dedi Dwitagama
Para peserta bimtek olimpiade penelitian mendengarkan presentasi pak Dedi Dwitagama

Sulistiyani memberikan penjelasan tentang jenis-jenis karya ilmiah dan ciri-ciri tulisan ilmiah. Dengan bermain puzzle, siswa diminta merangkai kata, dan terlihat para siswa sangat antusias sekali mendapatkan materi ini.

Sementara wijaya kusumah (omjay) memberikan materi metodologi penelitian dalam bentuk praktik dan siswa diminta langsung menuliskan apa-apa yang menjadi masalah penelitiannya. Materi juga diselingin dengan pemutaran film contoh penelitian sederhana sehingga siswa lebih memahami apa itu penelitian. Siswa pun diminta untuk membuat draft proposal penelitian.

Para Siswa Asyik Menonton Cuplikan Penelitian
Para Siswa Asyik Menonton Cuplikan Penelitian

Bangun daya nalar dan berpikir kritis siswa melalui penelitian agar para siswa terbiasa untuk melakukan penelitian dengan baik dan benar sesuai dengan sistematika karya tulis ilmiah.

Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk membuat draft proposal penelitian
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk membuat draft proposal penelitian

Adanya kegiatan bimbingan teknis olimpiade penelitian siswa semoga dapat membangun daya nalar dan berpikir kritis siswa dalam mengembangkan kemampuan meneliti di sekolahnya masing-masing.

Salam blogger persahabatan
Omjay

Categories:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.