Posted on: March 8, 2012 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 0

Pemanfaatan Email Sebagai Media Portofolio Siswa di Internet

Sudah beberapa tahun belakangan ini saya menggunakan email sebagai sarana atau media dalam mengumpulkan tugas-tugas siswa. Semua tugas siswa saya minta dikirimkan ke email saya. Dengan begitu tugas setiap siswa akan terdokumentasikan dengan baik.

Ada beberapa keuntungan menggunakan email, yaitu:

  1. File yang dikirimkan terbebas dari virus
  2. Mengurangi pemakaian kertas
  3. Data tugas siswa terkomentasikan dengan baik
  4. Kemudahan dalam pencarian di menu email
  5. Tugas siswa dapat dimasukkan ke dalam folder-folder sesuai kelasnya

Demikianlah sedikit sharing, lain waktu dilanjutkan kembali. Email adalah awal dari kehebatanmu di dunia maya.

12965096951866828960

Email adalah Awal dirimu menjadi Hebat di dunia maya

Email adalah awal kehebatanmu di dunia maya. Dengan email, kamu bisa mendaftar dan bergabung kemana saja. Bisa bergabung di facebook, twitter, blog, dan lain-lain. Adanya email membuatmu memiliki alamat resmi di dunia maya. Semua surat akan ditujukan ke alamat emailmu itu. Kamupun akan mudah dihubungi melalui alamat emailmu itu.

Dalam dunia maya kamu bisa membuat email sebanyak mungkin. Tapi untuk apa? Cukup satu atau dua saja. Misalnya kamu punya email di yahoo.com dan gmail.com. Dengan dua email itu kamu sudah bisa dihubungi oleh orang-orang dari seluruh dunia. Akan ada saja orang yang tak kau kenal mengirimkan iklan kepadamu.

Sebenarnya sih kalau kamu cukup sibuk, email di internet cukup satu saja. Dari email itu kamu bisa menjelajah kemana saja. Bergabung ke milis, bergabung ke situs jejaring sosial, berbelanja, dan lain-lain di dunia maya. Dari email yang kamu buat itulah kamu mulai petualanganmu di dunia maya. Sebuah dunia yang tak pernah tidur. Online terus selama 24 jam nonstop.

Adanya email, orang lain dengan mudah dapat menghubungimu di dunia maya. Kamu dapat membukanya di mana saja dan kapan saja, asalkan terkoneksi dengan internet.

Email adalah sarana kirim mengirim surat elektronik melalui jalur internet. E-Mail merupakan salah satu process pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan cepat (+- 1 Menit).

Syarat melakukan pengiriman E-mail (Mengirim surat dengan internet) adalah:

  1. Membuat alamat email contoh: wijayalabs@gmail.com atau wijayalabs@yahoo.com
  2. Mengetahui Username & Password dari email;  “Account dan kata sandi”.
  3. Mengetahui E-mail yang dituju.

Di internet sudah banyak sekali penyedia layanan Email gratis, seperti di www.yahoo.com, www.plasa.com, www.telkom.net, www.gmail.com, dan lain-lain. Kamu bisa sesuaka hati memilihnya. Mau bikin email yang di dalam negeri boleh, di luar negeri pun tak apa-apa. Kamu bisa membuat email secara gratis di sana.

Perbedaan email dengan surat biasa ( surat yang menggunakan prangko) adalah:

E-Mail:

  • Hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat (+- 1 menit)
  • Alamat Email (alamat email bukanlah seperti alamat rumah)
  • Cukup dengan adanya jaringan internet
  • Keamanan data / surat terjamin (asalkan passwordmu tak ketahuan orang lain).

Surat Biasa (Berperangko)

    1. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko).

 

    1. Pengalamatan Rumah / Kantor

 

    1. Membutuhkan waktu lama

 

  1. Keamanan Surat kurang terjamin

Perbedaan lain antara Email dengan Surat biasa adalah: Surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi sura telektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.

http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS86Mi8nXrNt8BGleD0BHIlUCDeOZHnNUyCWQMl_L9IpU0zE3KZ

Dalam wikipedia dituliskan, Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan ‘mainframe‘ yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.

Tapi begitulah teknologi. Selalu saja ada inovasi baru. Di situlah kamu harus kreatif memanfaatkan emailmu untuk membuat dirimu menjadi orang hebat. Orang hebat yang setiap harinya dibanjiri oleh email dari orang lain yang mengenal kiprahmu dalam dunia maya.

Email adalah pintu masuk dirimu menjadi sukses di dunia maya. tanp adanya email, kamu hanya bisa browsing saja di internet. kamu gak bis punya blog sendiri apalagi bergabung di situs jejaring sosial manapun. Jadi, gunakan email sebagai awa kehebatanmu dalam dunia maya.

Ada dua cara untuk mengakses surat elektronik:

  • Dengan cara menggunakan ‘browser‘, seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan online. Layanan surat elektronik berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis.
  • Menggunakan program pengakses surat elektronik (e-mail client), seperti: Eudora MailOutlook ExpressWindows MailMozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan surat elektronik dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.

Jangan lupakan etika dalam ber-email. Etika dalam surat elektronik sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada surat elektronik yang isinya formal ada yang informal. Beberapa poin penting dalam ber-email:

    • Jangan mengirim surat elektronik dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 512 kB). Tidak semua orang mempunyai akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas surat elektronik penerima, sehingga akan ditolak mailserver penerima.

 

    • Selain itu, perhatikan juga bahwa beberapa penyedia surat elektronik juga menerapkan batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran surat elektronik yang dapat diterima (dan dikirim) penggunanya,

 

    • Jangan mengirim lanjut (forward) surat elektronik tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.

 

    • Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.

 

    • Dalam mengutip tulisan orang lain, selalu usahakan mengutip seperlunya, jangan mau gampangnya mengutip seluruh tulisan orang itu:
        • dalam menjawab surat elektronik orang lain, kutip bagian yang kita tanggapi saja, selain lebih jelas juga tidak memakan waktu / jatah akses penerima,

       

      • dalam mengutip tulisan orang ketiga, ingat hak cipta: kutip sesedikit mungkin dan rujuk ke tulisan aslinya.

 

    • Jangan menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.

 

  • Gunakan kata-kata dengan santun. Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan berbeda dengan apa yang sebetulnya kita

Keamanan data di surat elektronik tidaklah terjamin 100%, dan selalu ada risiko terbuka untuk umum, dalam artian semua isinya dapat dibaca oleh orang lain. Hal ini disebabkan oleh karena surat elektronik itu akan melewati banyak server sebelum sampai di tujuan. Tidak tertutup kemungkinan ada orang yang menyadap surat elektronik yang dikirimkan tersebut. Oleh karenanya, Surat elektronik dapat diamankan dengan melakukan teknik pengacakan (enkripsi).

Salah satu program enkripsi yang populer adalah PGP (Pretty Good Privacy). Dengan memakai PGP maka isi akan dienkrip, dan hanya orang yang tertuju dapat mendekripsi dan membaca surat elektronik tersebut. Kerugiannya adalah membuat repot pihak pengirim dan penerima (karena keduanya harus memiliki program PGP, dan pengirim juga harus memiliki kunci umum penerima, dan melakukan enkripsi pesan dengan kunci tersebut).

sumber: Wikipedia.org

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.