Tips Agar Anda Memiliki Kekuatan untuk Terus Menulis di Blog

Berfoto Bersama dengan Mas Urip, Mbak Lia, Omjay, dan Babeh Helmi di acara on-off

Berfoto Bersama dengan Mas Urip, Mbak Lia, Omjay, dan Babeh Helmi di acara on-off 2011

Banyak blogger “pingsan” yang saya temui. Artinya banyak blogger saat ini yang sudah tidak lagi meng-update blognya. Bahkan sudah banyak yang lupa dengan username dan passwordnya. Kalau sudah begitu, masihkah anda mau disebut blogger?

Berikut ini ada 3 tips agar anda memiliki kekuatan untuk terus menulis di blog, yaitu:

  1. Banyak membaca
  2. Banyak berkunjung
  3. Banyak berkomentar

Dengan banyak membaca, maka akan semakin banyak perbendaharaan kata yang anda miliki. Anda pun tak akan memiliki kebuntuan dalam menulis, sebab “stock” kata-kata atau persediaan kata dalam memori otak anda tersedia dengan sendirinya. Oleh karenanya, banyak membaca akan membuat anda memiliki kekuatan menulis. Apalagi menulis di blog yang dikelola sendiri.

Dengan banyak berkunjung ke blog orang lain, kita akan banyak mendapatkan inspirasi untuk menulis sesuatu yang berbeda dari tulisan mereka. Kekuatan menulis kita menjadi bertambah, dan membuat kita menjadi semakin kreatif dalam menulis. Tentu saja semua itu harus dilakukan dan bukan hanya sekedar keinginan. Setiap diri kita memiliki potensi unik, dan kita sendirilah yang harus mampu mengembangkannya menjadi sesuatu yang menarik orang lain.

Dengan banyak berkomentar di blog orang lain, maka akan ada pesan yang disampaikan oleh pembaca kepada penulisnya. Biasakan berkomentar dengan terlebih dahulu membaca. Dengan demikian komentar yang dituliskan benar-benar memberikan manfaat buat penulisnya, dan kita sendiri sebagai pembaca. Jangan dikira memberikan komentar itu mudah. Justru kita perlu berpikir juga dalam memberikan komentar yang pada akhirnya komentar itu menjadi postingan tersendiri.

Demikianlah sedikit tips yang dapat saya bagikan kepada anda para pembaca agar memiliki kekuatan dalam menulis di blog. Semua itu berpulang kepada anda sendiri. Bila anda mampu “memanage” waktu dengan baik, dan berusaha keras untuk menjadikan menulis sebagai sebuah kebutuhan, maka anda akan merasakan kedahsyatan dan keajaiban dari menulis. Intinya adalah mulailah mengupdate blog, mengunjungi blog lainnya, dan berkomentar di blog orang lain.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

7 thoughts on “Tips Agar Anda Memiliki Kekuatan untuk Terus Menulis di Blog

  1. Betul om jay. pada kenyataannya kita seringnya sebagai pembelajar berhenti setelah ijazah kita lengkap mulai sd sampai s…padahal keterampilan berbahasa kita harus kita kembangkan terus..

  2. Ratna Nurlaila

    Thanks sarannya omjay. Sepertinya saya termasuk blogger yang sempat “pingsan” semoga setelah ini makin rajin menulis…

  3. Benarlah seperti mana yang dikatakan oleh bapak Wijaya, kekuatan seorang penulis blog adalah banyak membaca, berkunjung dan berkomentar.

    Menulis diblog jua memerlukan research agar penulisan bukan sekadar catatan harian tapi mampu menggerakkan minda pembaca.

    Syukran jazilan untuk perkongsian ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.