Posted on: December 4, 2011 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 8

Berkat Menulis di Blog Saya Dapat Laptop Acer Aspire Timeline X 4830TG

Rasanya senang sekali bisa menikmati laptop baru tanpa membeli dengan uang sendiri. Seharian ini saya mencoba menggunakan laptop acer aspire 4830TG yang saya dapatkan dari guraru acer award. Bahagia rasanya, berkat menulis di blog saya dapat laptop baru.

Apa yang menyebabkan saya mendapatkan laptop baru? Saya mendapatkan laptop baru karena rajin menulis di blog. Mungkin itu yang menjadi salah satu penilaian tim juri. Dengan gaya bahasa saya sendiri, dan tak pernah takut bila tulisan-tulisan saya mendapatkan kritik. Saya pun aktif dalam berbagai komunitas untuk selalu berbagi.

Bagi saya kritik itu baik sekali, karena dengan begitu kita menjadi semakin maju. Terkadang pujian justru akan menjatuhkan diri kita dan menyebabkan kita menjadi sombong dan berbangga diri. Padahal kita bisa seperti ini adalah berkat bantuan orang lain. Kita terpilih, karena banyak yang menominasikan kita. Jadi, janganlah sombong, karena kesombongan akan meruntuhkan kita. Jadilah manusia rendah hati dengan menulis. Kerendahan hati akan terlihat dari gaya bahasa yang dituliskan.

Menulis dan terus menulis. Berbagi dan terus berbagi. Sampai suatu ketika saya merasakan bahwa laptop yang saya gunakan sudah jadul dan memang harus diganti. Allah rupanya mengabulkan doa-doa saya dengan skenarionya. Saya dapatkan laptop baru dari guraru award tahun ini.

Tentu saya harus berterima kasih kepada semua teman dan juga murid-muridku yang telah menominasikan blog omjay di event guraru acer award 2011.

Berkat menulis di blog, banyak keajaiban saya temui. Banyak hal yang dulu hanya mimpi kini berwujud nyata. Bagi saya, punya laptop bagus seperti ini perlu waktu untuk mengumpulkan uang di bank. Syukur alhamdulillah, berkat rajin ngeblog ada hadiah yang diberikan Allah kepada saya.

Blog memang alat rekam yang ajaib. Saya tak pernah menyangka kalau blog begitu sangat bermanfaat bagi siapa saja yang senang berbagi. Sebab dulu saya tak pernah yakin kalau blog memiliki keajaiban.

Dulu, ketika mengenal blog untuk pertama kalinya di tahun 2007 saya belum merasakan nikmatnya menjadi seorang blogger. Saya membuat blog, tapi miskin konten kreatif. Blog yang saya kelola pun hanya dilihat oleh saya saja. Tak ada interaksi di sana. Tak ada manfaat buat saya sebagai guru, apalagi peserta didik saya. Barulah di tahun 2008 saya mulai serius menekuni blog, dan berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada orang lain.

Di tahun 2008, saya mulai meneliti tentang blog. Hasilnya, karya tulis ilmiah saya yang berjudul meningkatkan minat dan kreativitas menulis siswa akselerasi melalui pengelolaan blog di internet terpilih di lomba keberhasilan guru dalam pembelajaran tingkat nasional dari kementrian pendidikan nasional. Meskipun saya belum mendapat juara pertama, saya mendapatkan pengalaman yang sangat luar biasa dalam hidup saya. Selain mendapatkan hadiah uang dari panitia (Rp. 7,5 juta), saya mendapatkan banyak teman guru dari seluruh indonesia.

Saya tak pernah puas sampai disitu. Saya melakukan terus percobaan tentang blog yang ajaib ini. Hasil penelitian itu saya bukukan dalam sebuah buku pengayaan yang berjudul yuk kita ngeblog di tahun 2009. Alhamdulillah, mendapatkan juara pertama di tingkat nasional. Meskipun buku itu belum diterbitkan oleh pusbuk sampai saat ini, saya terus menulis di blog. Alhasil, blog saya pun mendapatkan juara pertama lomba blog di pusat bahasa.

Saya banyak menulis di berbagai blog. Kata teman saya di bidang marketing, sudah saatnya saya memiliki blog profesional dan bukan gratisan. Sebab biar bagaimanapun kreativitas menulis saya akan lebih baik lagi bila punya blog berbayar. Atas bantuan mas vavai, akhirnya saya memiliki blog sendiri di https://wijayalabs.com.

Menulis di blog sendiri memang lebih indah dan kita pun memiliki kebebasan berekpresi. Saya pun melihat para blogger senior yang sudah memiliki blog pribadi di internet. Seperti pak chappy hakim, pak pray, mbak linda, teh pipit, mas amril, mas eko, mas aris, dan lain-lain mereka sudah memiliki blog sendiri.

Lalu mengapa saya masih menulis di kompasiana? Jawabnya sederhana saja. Di rumah ini rame dan penuh dengan canda tawa. terkadang juga menegangkan. Kita menjadi lebih bersemangat menulis. Kompasiana bagi saya seperti inkubator, tulisan-tulisan terbaik menurut saya, akan segera saya pindahkan ke blog pribadi.

Dalam menulis harus ada tujuan, dan tujuan saya adalah merajutnya menjadi sebuah buku catatan harian seorang guru.

Menulis di berbagai blog memang memiliki kenikmatan tersendiri. Namun saya telah berketetapan hati untuk terus menulis di blog kompasiana. Sebab orang lebih mengenal saya sebagai blogger kompasiana. Itulah brand market yang telah diciptakan orang lain kepada saya. Sehingga omjay lebih terkenal sebagai blogger kompasiana daripada blogger bekasi atau blogger di rumah sendiri.

Hal yang terpenting bagi saya, teruslah menulis dimana saja blog yang anda sukai. Bila itu dikerjakan dengan hati, maka akan ada keajaiban yang akan anda temui seiring dengan perjalanan waktu. Seperti saya yang sedang menikmati laptop baru dari konsitensi menulis di blog dan memiliki komitmn tinggi untuk menulis sebelum tidur.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

8 People reacted on this

  1. selamat Om Jay. Aku turut berbahagia Om Jay terpilih sebagai pemenang Guraru Acer Award kemarin di Acara Pesta Blogger OnOffID di Epicentrum. Aku sempat senyumin Om loh pas di stan blogger Bekasi (kalau nggak salah). Cuma aku nggak berani nyapa, takut nggak ada bahan obrolan, :D.

    Sukses selalu Om Jay. Semangat menulisnya semoga menular juga kepadaku yang masih blogger amatiran ini. Sekali lagi, selamat atas prestasinya Om di dunia maya. :)) (Jadi iri dan termotivasi nih, hehehehe).

    Di review juga dong Om laptop barunya, hehe ;p

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.