Posted on: October 19, 2011 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 165

Awas!!! Bahasa Asing Telah Mengancam Bahasa Daerah Kita

1319002158263629102

Menjelang hari peringatan sumpah pemuda di tahun ini, ada hal yang selalu kita pikirkan dan kedepankan, yaitu tentang bersatunya berbagai suku di Indonesia dalam menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Para leluhur kita tentu sangat bangga menggunakan bahasa Indonesia. Namun, sebagai putera daerah yang dilahirkan dari suku sunda, tentu saya harus bisa menguasai bahasa daerah priyangan ini. Selain menggunakan bahasa Indonesia yang telah menjadi bahasa nasional dan wajib di negara kita.

Ternyata, dibalik kebanggaan memiliki bahasa persatuan, saya agak terusik juga ketika istri saya bilang bahwa saya adalah orang sunda yang tidak bisa berbahasa sunda. Saya malu juga disentil oleh istri, apalagi bila saya ikut mudik ke kampung istri di Bandung, Saya hanya diam seribu bahasa mendengarkan kakak ipar dan mertua saya bicara. Bahasa daerah ini benar-benar belum saya kuasai, sehingga sering saya bertanya kepada istri atau kakak ipar apa maksud yang dikatakannya. Apalagi bahasa urang Bandung yang terkenal halus pisan euy! Salah-salah saya bisa dipelototin mertua karena saya salah dalam berucap.

Apa yang saya alami mungkin juga anda alami. Anda berasal dari suku tertentu di Indonesia, tetapi anda tak mengenal bahasa ibu anda. Anda menjadi orang asing di daerah anda sendiri. Anda boleh hebat berbicara dalam bahasa Inggris, dan juga lancar dalam berbahasa Indonesia, tetapi ketika anda ditanya dari suku mana anda berasal, dan anda diajak berbicara bahasa itu, lalu anda tidak mengerti, tentu betapa malunya anda.

Kata orang bijak, bahasa daerah kita sudah seperti gedung sekolah yang mau habis termakan api. Kita perlu memanggil pemadam kebakaran agar gedung sekolah tak habis dilalap api. Seperti itulah kira-kira yang terjadi dengan bahasa daerah kita. Banyak anak di zaman modern ini, tak mengenal dan fasih dalam berbahasa daerah sendiri. Kita tak bangga menggunakan bahasa daerah, padahal para leluhur kita sangat bangga menggunakannya.

Bahasa daerah kini terancam kepunahan. Saya jadi teringat orasi ilmiah Prof. Dr. Arief Rachman., M.Pd. Di hadapan sidang senat Guru Besar dan ratusan undangan yang hadir dalam acara pengukuhan guru besar beberapa tahun lalu. Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd pada saat itu membacakan orasi ilmiah yang berjudul ”Kehadiran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Memusnakan Bahasa daerah Serta Upaya Penyelamatannya”. Beliau dikukuhkan menjadi guru besar bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris pada Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Orasi yang diselingi dengan penggunaan bahasa daerah oleh pak Arief, yang ditegaskan kembali oleh beliau kini semakin punah, memberikan kesadaran dan pemahaman kepada undangan dan sidang senat guru besar untuk tetap melestarikan bahasa daerahnya walaupun dunia global tetap mewajibkan bahasa Inggris harus di kuasai sebagai bahasa internasional dan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

Dari orasi ilmiah pak Arief itulah saya tersulut untuk mempelajari bahasa dimana almarhum/almarhumah kedua orang tua saya berasal. Oleh karena itu, kepada kedua putri saya (intan dan berlian), saya ajarkan sedikit demi sedikit bahasa daerah. Saya ingatkan selalu istri saya, apabila di rumah supaya lebih sering menggunakan bahasa sunda atau bahasa ibu selain bahasa Indonesia. Biar mereka terbiasa mempraktikkannya. Sebab bahasa harus sering dipakai karena merupakan alat komunikasi yang efektif.

Memang agak lucu juga yah! Ketika saya melihat raport kedua anak saya yang masih di SD, dan SMP. Mereka mendapatkan nilai bagus dalam bahasa Inggris, bahkan lebih bagus nilainya daripada nilai bahasa Indonesianya. Hal yang lebih menyedihkan lagi, ketika masuk kepada nilai bahasa daerah, nilai raport pelajaran ini lebih kecil daripada nilai pelajaran bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Oh My God!

Ketika saya tanyakan kenapa bisa begitu kepada kedua putri saya, mereka hanya mengatakan bahwa bahasa daerah yang disampaikan oleh guru di sekolah kurang bisa dipahami dengan mudah. Kata mereka, justru guru yang menyampaikan itu kurang bisa menguasai materinya dengan baik sehingga membuat mereka menjadi kurang tertarik. Bahasa daerah diberikan dengan terlalu banyak teori dan bukan praktik.

Saya terkejut juga dengan ucapan anak-anak saya itu, tetapi setelah saya komparasi dengan teman-teman anak saya, ternyata mereka pun merasakan hal yang sama. Saya menjadi cukup prihatin dengan keadaan ini. Bahasa daerah menjadi terancam, bahkan mungkin sudah punah. Hal ini telah kita saksikan dimana-mana bahwa bahasa daerah mengalami kepunahan.

Dari website kantor berita antara saya pernah membaca beberapa bahasa daerah seperti di Papua dan Maluku telah punah, dan terdapat kekhawatiran bahwa 746 bahasa daerah di Indonesia akan terus berkurang. Bahasa yang mengalami kepunahan itu penyebabnya adalah tidak lagi digunakan masyarakat pendukungnya, baik sebagai sarana pengungkap maupun komunikasi seperti apa yang pernah disampaikan Kepala Pusat Bahasa Jakarta, Dendy Sugono di bandar lampung pada bulan Mei 2008. Menurut prediksi para peneliti bahasa, dalam kurun waktu 100 tahun ke depan jumlah bahasa-bahasa di dunia hanya tersisa 50 persen. Lainnya akan punah akibat kuatnya pengaruh bahasa-bahasa utama dalam kehidupan global. Wow, menyedihkan sekali!.

Melihat kenyataan itu, solusi yang harus kita siapkan adalah memperbanyak guru-guru yang mengajarkan bahasa daerah. Mentraining mereka sehingga apa yang mereka sampaikan kepada peserta didik menjadi menarik. Bukan hanya menguasai materi, tetapi mereka juga mampu menguasai metode dan strategi pembelajaran. Para kepala dinas di daerah harus membina mereka, dan mensejahterakan penghasilannya sehingga mereka mampu menjadi guru pemandu dalam bahasa daerahnya masing-masing. Bila mereka mampu menjadi pemandu bahasa daerah, maka Indonesia akan menjadi sebuah negera terunik di dunia, karena mampu memlihara bahasa daerah atau bahasa ibunya dengan baik.

Terancamnya bahasa daerah membuat kita harus waspada bahwa dinamika perkembangan bahasa internasional dan nasional jangan sampai menggusur bahasa daerah. Oleh karena itu, pendidikan muatan lokal harus menjadi tambahan pelajaran di setiap daerah di Indonesia. Berbagai keragaman bahasa yang ada di Indonesia harus kita lestarikan seiring dengan tetap eksisnya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Tetap menguasai bahasa internasional agar kita tak terkucil dalam dunia global. Namun demikian, bahasa daerah harus tetap terlestarikan dan terus menerus dijaga kemurniannya agar tak lekang di makan zaman.

Penguasaan bahasa daerah harus tetap ada dalam diri setiap anak negeri. Mereka harus menyadari dari mana asal-usul mereka dan menguasai bahasa daerahnya, sehingga ketika ada orang yang sekampung atau serumpun, kita bisa saling berbicara dengan bahasa daerahnya masing-masing. Seperti apa yang pernah saya alami ketika berada di Istambul Turki. Saya bertemu dengan orang Bandung yang sudah lama menetap di Istambul,dan mereka langsung berbicara dengan bahasa sunda, ”Kumaha damang?” Lalu jawab saya, ”Abdi pangestu”.


Salam Blogger persahabatan

omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

165 People reacted on this

  1. kita memang harus melestarikan bahasa indonesia mulai sejak dini dan juga bahasa daerah sehingga komunikasi diantara orang-orang indonesia dapat berjalan lancar dengan menggunakan bahasa indonesia bukan bahasa lainnya

  2. wah,ternyata bahaya juga ya,jika tidak dicegah bisa membahayakan bahasa bahasa indonesia yang banyak ragamnya itu.bahasa asing dapat membuat bahasa daerah kita dilupakan,bahasa daerah harus kita lestarikan.

    Muhamad Raditya Hadiprawira 7B 30

  3. Bahasa Indonesia Itu Bahasa Kita Sendiri……..Maka Kita Harus melestarikan & Menjaga Bahasa Kita…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

  4. wah ternyata bahasa asing juga dapat membahayakan bahasa bangsa kita kita sendiri.. kita harus melestarikan bahasa daerah agar tidak hilang dari kehidupan kita.. mari kita gunakan bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan bangsa indonesia.. i love indonesia..

  5. Cara biar bahasa asing tidak mengancam bahasa daerah kita adalah mencoba belajar bahasa daerah. Yang keren bukan cuma bahasa asing aja bahasa daerah juga bagus. Terus kalau bisa bapak bikin blognya pake bahasa daerah supaya anak-anak bisa belajar bahasa daerah.

  6. blog bapak ini sangat bagus, kita sebaiknya melestarikan bahasa daerah, dan jangan terlalu berpengaruh terhadap bahasa asing. semoga blog ini dapat bermanfaat bagi semua orang agar dapat menyadarinya.

  7. bahasa daerah memang harus dilestarikan om. jangan hanya dipelajari tetapi juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari. agar berpuluh-puluh tahun kedepan, bhasa itu masih ada dan tidak punah. dan karena bahasa itu adalah ciri khas yang unik dari negara kita ini

  8. omjay bener,bahasa asing telah menduniai banyak orang, kebanyakan orang lebih memilih untuk belajar bahasa asing atau bahasa internasional dan melupakan bahasa daerah nya sendiri. kebanyakan orang berfikir bahwa bahasa daerah itu tidak penting, jadul, atau apalah tetapi itulah bahasa yang digunakan oleh orang orang zaman dulu. saya setuju dengan bapak, nenek moyang kita saja bangga dengan bahasa daerah kita, mengapa kita tidakbegitu? dengan bahasa asing secara tidak langsung menurut saya kita telah dijajah oleh orang luar. dan lemahnya, orang-orang indonesia gampang terpengaruh.
    blog bapak juga sangat bermanfaat untuk melestarikan budaaya indonesia yang hampir punah pada saat ini. tentang perkiraan yang 100 tahun yang akan datang bahasa daerah akan punahh, semoga saja itu hanya pemikiran dan perkiraan, tidak benar terjadi. amin

  9. Memang pelestarian bahasa daerah negara kita kurang diperhatikan dan memilih mempelajari bahasa asing yang lebih internasional. Makanya, kita harus melestarikannya dengan menggunakannya bahasa tersebut sebagai bahasa sehari-hari agar bahasa daerah tidak mengalami kepunahan 😉

  10. ya pak seharusnya bahsa indonesialebih dipake daripada bahasa inggris kalo gitu lama lama bahsa daerah punah pak itu kan soalnya merupakan budaya indonesia yang tidak boleh punah ppak

  11. kita harus melestarikan bahasa daerah,karena bahasa daerah juga salah satu budaya indonesia yang juga harus dijaga,tapi memang bahasa daerah susah dikuasai oleh sebagian orang,mau bagaimana lagi?apalagi orang tua jaman sekarang malah mengajarkan anak bahasa asing sejak dini,seperti memanggil ibu=mom,mommy bahkan ada yang menyuruh anak kursus bahasa prancis saat umur 5 tahun,ironis,jadi pantas saja banyak budaya indonesia yang dicuri oleh negara lain

  12. walaupun bahasa asing terlihat keren kalau kita mempelajarinnya . tetapi kita tidak boleh lupa dengan bahasa daerah atau budaya kita sendiri. agar bahasa daerah tidak hilang termakan bahasa asing. kita harus melestarikannya. contohnya kita bisa mempelajari bahasa jawa atau bahasa sunda.

  13. saya sebenarnya lebih suka berbahasa indonesia tapi saya juga bisa sedikit bahasa sunda, jawa, semua harus bisa melestarikan bahasa daerah manapun agar budaya indonesia tetap ada.

  14. Setuju Pak! Kita memang harus mempelajari bahasa asing karena itu memang bahasa internasional yang kita gunakan jika kita bepergian ke luar negeri. Namun, kita tetap harus mempelajari bahasa kita sendiri, seperti Bahasa Daerah , karena, Bahasa Daerah adalah bahasa yang tumbuh dan berkembang di daerah tertentu, yakni yang pasti, daerah di negara sendiri: Negara Indonesia.

  15. shafira adnii 7e – 36

    setuju pak! kita juga haru belajar bahasa daerah juga agar bahasa daerah tidak punah tapi kita memang harus mempelajari bahasa asing karena itu memang bahasa internasional yang kita gunakan jika kita bepergian ke luar negeri.

  16. setuju bgt tu pak lama lama kalo kesenengan pake bahasa asing nanti balakan lupa sama bahasa sendiri tapi bukan beararti kita tidk boleh menggunakan bahasa asing hanya harus dibatasi saja :d

  17. Olga Aanisa Putri – 7E – 30

    Setuju Pak !! Kita juga harus menghormati dan melstarikan bahasa daerah , bahasa asing secara tidak langsung menurut saya kita telah terjajah , lemahnya, orang-orang indonesia gampang terpengaruh.
    blog bapak juga sangat bermanfaat untuk melestarikan budaaya indonesia yang hampir punah pada saat ini. mudahmudahan banyak yang membaca blog bapak ini

  18. Nadhira Tsaradhia Diliamar 7E/29 🙂

    SETUJU BANGET PAK!!!! Bahasa Inggris memang bahasa Internasional,akan tetapi kita yang berbahasa Bahasa Indonesia kita juga harus melestarikan dan membudidayakan bahasa kita sendiri pak….Tapi selain banyak belajar Bahasa Asing juga,kita juga harus belajar bahasa Indonesia dan daerah secara baik dan benar 😀 MAJU INDONESIA!!! *halah -_-

  19. Setuju banget pak.Jika bahasa daerah sampai terlupakan ,kemungkinan besar bahasa daerah kita bisa lupa.Meskipun bhs inggris mendunia,kita harus lebih mencintai bahasa daerah kita sendiri.

  20. setuju pak bahasa daerah memang harus dilestarikan! tapi bahasa asing seperti bahasa inggris memang seharusnya dipelajari agar bangsa kita tidak ketinggalan jaman 😀

  21. betul itu bahasa daerah dari nusantara memang harus di lestarikan sehingga banyak juga yang mengenal bahasa daerah nusantara

  22. Bener pak… kita harus lebih mempelajari bahasa kita dan melestarikannya dari pada bahasa asing, tapi bahasa asing juga kita pelajari.

  23. iya sih pak,banyak orang yang mengerti dan sangat mendalami bahasa luar terutama bahasa inggris tetapi tidak dapat mengucapkan bahasa daerah asalnya,walau bahasa international penting namun bahasa daerahb lebih penting…Maka dari itu kita harus mempelajari bahsa daerah juga.

  24. saya sangat setuju pak, masa sih bahasa asing kita biarkan saja masuk ke bangsa indonesia? kan bahasa daerah termasuk salah satu keragaman bangsa indonesia. kita harus belajar lebih banyak bahasa daerah kita sendiri supaya kita bisa ikut berpartisipasi melestarikan bahasa daerah.

  25. betul pak… karena bahasa daerah itu unik. setiap daerah di Indonesia itu gak ada satu pun yang sama… jadi bahasa daerah itu wajib dilestarikan agar penerus bangsa kita ini tau! 😀

  26. Memang benar pak, kita harus mengenali/mempelajari bahasa daerah asal kita sendiri.Dengan begitu kita bisa saling berbicara dengan bahasa daerahnya di masing-masing tempat asal dengan benar.Untuk itu kita harus melestarikannya!Dan kita harus mencintai bahasa daerah kita sendiri dibandingkan bahasa asing:D

  27. Betul pak bahasa daerah harus dipertahankan karena itu merupakan kebudayaan bahasa dari/di Indonesia

  28. betul pak bahasa daerah kita sudah mulai terancam oleh bahsa asing kita sebagai bangsa indonesia harus bangga dengan bahasa indonesia tidak mudah di pengaruhi oleh bahasa asing

  29. iya pak itu benar karena banyaknya warga indonesia yang memakai bahasa asing.bahasa indonesia/daerah akan semakin sedikit yang memakai.

  30. Pak Wij, ijinkan saya sedikit berseberang menanggapi tulisan Bapak. Saya tidak melihat bahwa bahasa asing mengancam bahasa daerah kita. Kalaupun memang bahasa asing lebih digemari sampai orang rela membayar les untuk menguasainya dan tidak melakukan hal yang sama untuk bahasa daerah, tidak menjadikan bahasa asing itu sebagai ancaman. Yang pertama menghambat perkembangan bahasa daerah adalah bahasa pemersatu Indonesia, bahasa Indonesia. Karena segala macam ilmu pengetahuan yg kita dapat disampaikan atau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dan tidak ke bahasa daerah kita maka mau tidak mau kita semua lebih banyak belajar untuk menggunakan bahasa Indonesia dibanding bahasa daerah. Yang kedua, sedikitnya sumber belajar bahasa daerah ini membuat usaha untuk mempelajarinya memakan waktu dan biaya yg lebih banyak. Belum ada usaha untuk memperluas sumber belajar bahasa daerah ini selain percakapan sehari-hari. Ketiga, bahasa berkembang sangat pesat. Bahasa tidak statis. Karena hal yg pertama dan kedua akhirnya bahasa daerah tidak berkembang seiring perkembangan jaman (seharusnya ikut berkembang). Misalnya touch pad itu bahasa Indonesianya layar sentuh. Bahasa Jawanya apa? Bahasa Banyuwanginya apa? Padahal kita perlu untuk percakapan sehari-hari. Jadi hemat saya, kita tidak perlu memusingkan apa andil bahasa asing dalam memunahkan bahsa daerah kita. Apakah itu ancaman atau tidak, itu di luar konteks apakah kita mau dan mampu mengembangkan bahasa daerah kita sendiri.

    Kemerdekaan Belajar Sebagai tambahan: Saya harus bekerja dengan menggunakan bahasa asing setiap hari (Inggris dan Jerman). Saya juga harus berkomunikasi dalam bahasa Korea di rumah dan di kalngan terbatas. Saya juga setiap hari aktif menggunakan bahasa Indonesia baik lisan dan tulisan tetapi tidak lupa…terhadap handai taulan di kampung, saya selalu pakai bahasa daerah saya. 🙂 Apakah kemampuan berbahasa asing saya merupakan ancaman bagi kemampuan berbahasa daerah saya? Saya tidak melihatnya demikian.

    diambil dari komentar facebook

  31. omjay benar kita harus melestarikan bahasa daerah sendiri agar bahasa itu tidak punah, tapi kita tetap harus memakai bahasa indonesia karena itu bahasa persatuan.

  32. saya setuju dengan omjay. Bahwa kita harus menggunakan dan melestarikan bahasa daerah agar tidak punah. Contoh saja ketika nenek saya berbicara bahasa padang dengan temannya, saya hanya bisa tertawa mendengar logat bicaranya yang lucu, dan tidak mengerti maskudnya.. dan juga kita harus mempromosikan bahsa daerah sampai ke luar negeri. bukannya bahasa asing yang masuk dengan mudah ke bangsa kita.

  33. betul pak saya setuju bahwa bahasa asing sudah lebih dipentingkan dibanding bahasa indonesia salah satunya adalah menjamurnya tempat les bahasa asing dan anak2 atau orang tua sangat memaksakan anaknya untuk mengikutinya dan jarang sekali ada tempat les bahasa indonesia jadi di momen sumpah pemuda kita harus lebih mementingkan bahasa indonesia karena bahasa indonesia itu wajib dan bahasa inggris hanya perlu

  34. setuju om. bahasa indonesia itu harus di lestarikan, meskipun bahasa inggris itu mendunia kita tidak boleh melupakan bahasa dari daerah kita sendiri seperti bahasa jawa, sunda, manado, dll. terkadang kita sampai lupa bagaimana cara berbicara daerah karena terlalu sering menggunakan bahasa luar negeri. bahkan orang dari luar negeri itu pun ingin mempelajari tentang bahasa Indonesia, lalu mengapa kita ingin mempelajari bahasa dari negara lain ? padahal kita sendiri belum benar menggunakan bahasa kita sendiri tapi malah mempelajari bahasa dari negri tetangga ( bukan hanya negara di sekitar asia tenggara ). andai saja kita lengah sedikit saja budaya kita bisa diambil oleh negara lain hanya karena suatu hal ( kita tidak melestarikannya ). jadi kita harus melestarikan budaya, bahasa, dan semua tentang Indonesia.

    salam buat omjay 🙂

  35. saya sangat setuju pak! menurut saya kita harus lebih menggunakan bahasa indonesia lebih banyak daripada bahasa asing. nanti, bahasa asing itu akan menjadi bahasa utama kita, tentu kita tidak mau kan?. jadi, untuk mempertahankan bahasa kita sendiri. kita harus memulai dengan menggunakan bahasa indonesia dalam percakapan sehari-hari.

  36. kita harusnya bisa bahasa daerah masing- masing, kan kita tinggal di indonesia. walaupun nggak bisa bahasa daerah masing- masing minimalkan bisa sedikit, nanti kita bisa pelajari lagi, jadi bahasa daerah nggak ada yang punah lagi deh 😀

  37. mulai sekarang makanya kita harus melestarikan bahasa yg berada di indonesia tetapi jangan pula menolak bahasa lain kita hanya harus cukup tahu saja bahasa lain itu tetapi jangan keseringan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari

  38. Saya sangat setuju pak,dan memang nyatanya sekarang anak-anak di Indonesia lebih banyak menggunakan bahasa asing daripada bahasa Indonesia. Seharusnya kita bisa lebih bangga menggunakan bahasa sendiri daripada bahasa asing. Sekarang saja anak-anak di Jakarta lebih banyak ngetweet dengan bahasa asing melainkan dengan bahasa sendiri.

    Amelinda/7f/5.

  39. mulai sekarang kita harus melestarikan bahasa indonesia, contohnya menggunakan bahasa indonesia sehari-hari atau mengajarkan orang asing untuk berbahasa indonesia. 😀

  40. Iya, bener pak. Bahasa daerah kita ini harus dipertahankan atau dilestarikan, karena kalau tidak akan terancam hilang atau istilah nya punah. Memang di daerah – daerah kecil yang tidak terlalu padat penduduknya seperti Jakarta, lebih banyak yang memakai bahasa daerah, tetapi di Jakarta yang merupakan kota yang padat penduduknya, lebih banyak yang memakai bahasa Indonesia bukan bahasa daerah, walaupun ada orang yang memakai bahasa daerah, paling saja itu cuma sekedar orang dari daerah – daerah yang berlibur ke Jakarta. Lalu, sekolah sekolah juga hanya memberikan pelajaran bahasa, seperti bahasa Inggris ataupun bahasa Arab, dan kalau pelajaran bahasa Sunda maupun Jawa tidak diberikan ke daerah – daerah yang padat seperti Jakarta ini, walaupun ada pelajaran bahasa Indonesia, tapi yang dipelajari bukan bahasa – bahasa daerah melainkan seperti peribahasa, dongeng, cerita, dan lain – lain, karena itu saya dari dulu bingung kenapa pelajaran bahasa Indonesia itu bukan mempelajari bahasa – bahasa di Indonesia.
    Nilai Mid Semester / Ulangan Tengah Semester bahasa Inggris saya juga lebih bagus daripada nilai Mid Semester / Ulangan Tengah Semester bahasa Indonesia, bahkan yang nilai bahasa Indonesia dibawah KKM, hehehhe. Saya aja sama sekali tidak bisa menguasai salah satu bahasa daerah satupun, bahkan bisa dibilang saya lebih menguasai bahasa Inggris daripada bahasa Indonesia, menurut saya saja kalau misalnya saya buka suatu Website, saya lebih memilih memakai dalam bahasa Inggris daripada dalam bahasa Indonesia, karena saya sulit mengerti kalau suatu Website memakai bahasa Indonesia.
    Contohnya: (Facebook) Home -> Beranda (???), Download -> Unduhan, bahasa nya yang aneh – aneh atau saya yang aneh ??

    Salam buat OmJay 😀

    Name: Aldwin Nouvalrifqi Ismail
    Class: 7F / 002

  41. kita harus bisa melestarikan bahasa kita karena bahasa kita ini yang membuat bangsa indonesia bisa lebih bersatu sesuai dengan sumpah pemuda

  42. saya setuju pak, bahasa daerah harus kita pelajari. memang untuk sebagian orang bahasa daerah itu sulit dipelajari. tapi walau bagaimana pun juga kita harus mempelajari bahasa daerah kita karena itu termasuk kekayaan yang dimiliki oleh bangsa indonesia.

  43. waw!
    om jay benar sekali , sepertinya bahasa asing telah mengancam bahasa kita, walaupun bahsa inggris adalah bahsa internasional, tetapi kita harus tetap untuk mempelajari bayhasa daerah yang sedang diancam ini, tetapi menurut saya terancam bukan berarti mati, jadi kita masih mempunyai kesempatan untuk menyelamatkannya!

  44. saya setuju pak, memang saat ini bahasa daerah hampir punah. bukan saja bahasa daerah, bahkan bahasa indonesia hampir tergantikan oleh bahasa asing. sangat jarang jaman sekarang orang2 berbicara satu sama lain dalam bahasa daerah, walaupun mereka di daerah tersebut. kita harus melestarikan budaya bahasa kita juga!! XD 😀

  45. zaman sekarang itu bahasa asing lebih keren dari pada bahasa daerah kita sendiri, tetapi seharusnya kita bangga dengan bahasa daerah kita masing – masing. Kita tetap harus melestarikan bahasa daerah kita, kalau bukan kita siapa lagi!

    Aisyah Khoirunnisa 7F 01

  46. Memang bahasa Inggris sekarang menjadi bahasa Internasional, tetapi Bangsa Indonesia harus tetap bangga dengan bahasa Indonesia. Sebagai contoh : Prancis. Mereka memang banyak yang memakai bahasa Inggris. Tetapi dia tetap menunjukkan jati diri bahasanya. Guide atau pemandu wisata prancis tidak akan memandu turis dengan bahasa Inggris tetapi dengan bahasa Prancisnya. Kita juga bisa. Asalkan Rakyat ini bangga dengan bahasanya.

  47. kita memang harus menjaga dan melestarikan bahasa daerah kita namun menurut saya bukan berarti bahasa asing asdalah ancaman bagi kita,contoh bahasa inggris,bahasa inggris adalah bahasa internasional apa bila kita berada di luar negri seperti di cina,mungkin mereka masih mengerti bahasa inggris tersebut,karena itu ada perlunya juga kita belajar bahasa asing namun jangan lupa dengan bahasa daerah kita

  48. betul pak, memang sekarang bahasa kita melemah karena bahasa lain jadi seharusnya kita mempertahankan bahasa sendiri

  49. Betul pak! Walaupun kita harus belajar bahasa asing(bahasa inggris) yg merupakan bahasa internasional kita juga tetap harus mempelajari bahasa daerah dan menjaga kelestariannya agar tidak punah!

  50. Menurut saya Bapak benar sekeli. Kita harus melestarikan bahasa daerah. Walau bahasa Inggris bahasa international, kita setidaknya bisa berbicara 1 bahasa daerah, dan melestarikan…

  51. Banyak orang yang minder karena kurang paham berbahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Tetapi, banyak juga orang yang tidak mau bahkan menghina bahasa-bahasa di Indonesia. Jadi, sebaiknya kita menyeimbangkan kemampuan kita dalam berbahasa asing dengan bahasa daerah. Minimal, kita dapat mengetahui perbedaan-perbedaan ataupun ciri-ciri masing-masing bahasa daerah.

  52. betul pak, sekarang perhatian anak-anak sudah teralih ke bahasa asing yang sekarang sudah sangat umum untuk dikuasai seperti bahasa inggris, atau perancis dll. bahasa itu pun tidak ada salahnya juga untuk dipelajaro. tp kita juga tetap hrs bisa mempelajari bahasa budaya sendiri.

  53. Benar pak,kita harus bisa bahasa daerah selain bahasa inggris dan indonesia. jaman sekarang ini kebanyakan orang yang menggunakan bahasa indonesia bukan bahasa daerah nya.kebanyakan sekolah di daerah seperti jakarta ini lebih mementingkan bahasa inggris dibanding dengan bahasa indonesia.semoga blog bapak ini bisa membuat banyak orang ingin belajar bahasa daerah nya masing masing.

  54. betul pak kita memang harus melestarikan bhs daerah yang ada di indonesia. karen selain budaya terdapat juga bahasa daerah yang beragam yang memperkaya negeri kita tercinta ini. Bahasa daerah juga dapat membuat suku2 di negeri kita dapat saling berhubungan dengan erat. Oleh karena itu kita sebagai bangsa indonesia jangan mau ditindas bahasa asing. HIDUP INDONESIA!!!

  55. iya pak benar kita juga harus melestarikan bahasa daerah juga boleh berbahasa indonesia tetapi kita juga harus bisa bahasa daerah kita sendiri,aneh nya saat kita ulangan kiita bandingan nila bahasa inggris kita dengan nilai bahasa indonesia BAHASA KITA SNEDIRI!!nilainya lebih bagus bahasa ingggris

  56. Iya betul pak walaupun saya gabisa bahasa sunda atau bahasa daerah lainnya tapi saya tetep mau mempelajarinya dan melestarikannya.

  57. Saya setuju dengan bapak ! kita seharusnya bisa berbicara bahasa daerah kita. kalau kita tidak memakainya bisa-bisa bahasa daerah kita dicuri oleh negeri tetangga. lama-lama HABISLAH budaya kita ini jika tidak dilestarikan dan mengakibatkan DIKLAIM oleh negara lain setiap hari!!!

  58. saya setuju, karena bahasa daerah termasuk keragaman buday di Indonesia. oleh karena itu, kita harus melestarikan bahasa daerah agar tidak kalah dengan bahasa asing 🙂

  59. saya setuju dengan, bapak, walaupun saya tidak bisa bahasa daerah, kita harus menjaga dan melestarikannya apabila tidak, bisa saja bahasa kita di klaim oleh negara asing

  60. Saya setuju dengan bapak !Banyak orang yang minder karena kurang paham berbahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Walaupun kita harus belajar bahasa asing(bahasa inggris) yg merupakan bahasa internasional kita juga tetap harus mempelajari bahasa daerah dan menjaga kelestariannya agar tidak punah!

  61. Saya setuju sekali dengan artikel bapak yang ini. Belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris itu penting agar kita bisa ke luar negeri tetapi belajar Bahasa Indonesia dan daerah juga penting. Saya orang Jawa tapi saya hanya bisa menghitung dan berbicara sedikit sekali. Jujur, saya malu dan merasa tidak cinta Indonesia. Bahasa2 daerah dan bahasa Indonesia ini juga mulai punah. Iya, kita harus melestarikannya dan jangan sampai di klaim oleh negara-negara lain!

  62. saya setuju,bahwa kita harus mempelajari bahasa daerah disamping mempelajari bahasa inggris atau pun indonesia. karena kita sebagai bangsa indonesia harus melestarikan budayanya dan mempraktekannya sebab jika kita tidak melestarikan budaya kita, maka bahasa atau budaya tersebut akan hilang atau punah di indonesia

  63. Sebgai bangsa Indonesia kita harus bangga terhadap bahasa kita sendiri. Tetapi bahasa asing juga penting untuk menjalin hubungan dengan negara lain. Seperti bahasa ingris itu adalah bahasa yg umum digunakan di dunia, lalu bahasa mandarin paling tidak ada 1 miliar orang menggunakan bahasa ini. Selain itu bahasa asing juga bisa mempermudah hubungan dengan negara lain. Seperi hubungan kerja, dll.

  64. Sebagai Bangsa Indonesia Kita Harus bangga dengan bahasa sendiri.Tetapi kita juga harus belajar bahasa asing seperta bahasa Inggris karena itu bahasa international tetapi kita juga tidak boleh melupakan bahasa daerah kita.

  65. iya pak saya setuju banget sama artikel bapak ini. kita memang seharusnya lebih baik melestarikan bahasa kita sendiri, tetapi lebih banyak dari kita lebih memilih bahasa inggris, belanda, mandarin, dll. tetapi kita juga boleh belajar dan bisa bahasa asing, tetapi kita seharusnya lebih bangga kepada bahasa kita dan baik juga kita menggunakannya dengan benar tetapi tetap memertahankan bahasa asing juga

  66. sebaiknya di Labschool ini di buat satu pelajaran atau ekskul khusus, yaitu bahasa daerah, siapa tahu dapat membantu pelestarian bahasa daerah yang hampir punah. Dan bisa ditambah menggunakan sejenis Native dari suatu daerah untuk mengajar di Labschool ini.

  67. mungkin sebagai orang indonesia yang baik kita minimal harus menguasai 3 bahasa, yaitu bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan, bahasa inggris sebagai bahasa internasional, dan bahasa daerah asal kita atau garis keturunan kita.

  68. saya setuju dengan pak karena sebagai warga negara yang baik kita harus membantu melestarikan hal hal yang menjadi ciri ciri khusus bangsa kita dan supaya wawasan kita bertambah luas karena membaca blog ini jadi sekarang saya ingin mempelajari bahasa daerah saya lebih jauh semoga sukses terus pak

  69. iya pak saya sangat setuju dengan bapak pada hal ini. walaupun bahasa-bahasa asing bagus untuk memperluas wawasan berbahasa pada bangsa indonesia,dan juga akan berguna jika kita sedang berada di luar negeri, tetapi kita tidak boleh melupakan bahasa indonesia yang mana bahasa bangsa kita sendiri.

  70. Sebenarnya memang bahasa daerah belum tentu di kuasai oleh yang lahir di tempat tersebut. tetapi memang harus di lestarikan agar negara lain tidak berani untuk mengikuti gaya bahasa daerah Indonesia.

  71. benar pak kita sebagai orang indonesia harus melestarikan bahasa daerah walaupun ada bahasa persatuan kita minimal bisa memahami bahasa daerah

  72. benar pak, di negara kita ini banyak kursus bahasa inggris, bahasa jepang dll. tetapi tidak ada kursus bahasa jawa, bahasa sunda dll. dan generasi muda indonesia sudah menganggap bahasa asing itu lebih keren dibandingkan bahasa daerah. sekian dari saya, wass. 😀

  73. Setuju pak, kita sebagai warga negara Indonesia harus tetap melestarikan bahasa aslinya. Supaya tidak punah dan Bahasa Indonesia bisa masuk kedalam 5 bahasa dunia yang harus dipelajari!. Walaupun sekolah-sekolah sekarang lebih mementingkan bahasa asing ketimbang bahasanya sendiri. 🙂

  74. Betul pak, seharusnya kita sebagai warga negara Indonesia tetap melestarikan bahasa persatuan kita yaitu bahasa Indonesia. Juga bahasa-bahasa daerah agar tidak terancam punah. Semoga warga negara Indonesia punya kesadaran untuk menjaga bahasa daerahnya masing-masing dan tidak selalu mengutamakan bahasa asing.

  75. Melestarikan bahasa daerah memang harus dimulai sejak usia dini,agar kita tidak terlalu terbiasa dengan berbahasa inggris.jika generasi muda selanjutnya menganggap bahasa daerah tidak pentig,itu akan membahayakan bahasa daerah tersebut dapat diambil oleh negara lain.oleh karena itu,kita juga harus membiasakan diri belajar berbahasa daerah.

  76. saya setuju dengan bapak karena bahasa daerah bahasa kita juga jadi kita harus melestarikan bahasa daerah juga agar tidak punah dan diklaim oleh negara asing

  77. Saya setuju pak, karena walaupun kita jarang berbicara dalam bahasa daerah tetap saja itu merupakan salah satu bahasa persatuan jadi jangan meninggalkan bahasa daerah. Jangan tinggalkan bahasa daerah hanya karena bahasa barat lebih keren dari bahasa daerah kita sendiri, boleh saja kita lancar berbahasa barat tapi kita juga harus menyeimbangkannya dengan bahasa indonesia dan bahasa daerah:)

  78. Pa menurut saya bahasa daerah perlu dilestarikan dengan baik.Karena bahasa daerah merupakan warisan dari nenek moyang di Indonesia.Tetapi pemakaian nya perlu dibatasi karena Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki suku dan bahasa yang beragam.

  79. benar pak, kita harus melestarikan bahasa daerah. kita jangan terlalu terbiasa dengan bahasa inggris kalau terlalu terbiasa dengan bahasa inggris bahasa daerah lama-kelamaan akan punah.

  80. saya sangat setuju dengan artikel bapak. memang jaman sekarang banyak orang-orang daerah yang tidak bisa bahasa daerahnya sendiri. menurut saya melestarikan bahasa daerah adalah sesuatu yang sangat penting karena itu juga merupakan aset berharga tanah air. Maju terus OmJay!!! 🙂

  81. Ya, saya setuju dengan bapak. Memang benar bahasa daerah kita bahkan bahasa nasional kita terancam. Tapi, untuk pribadi, saya mulai suka dengan bahasa luar terutama bahasa inggris daripada bahasa indonesia ataupun daerah. Tapi mungkin suatu saat bahasa kita akan kembali berjaya untuk selamanyan dan bertahan. Amin. Sukses selalu ya, pak!

  82. Saya setuju pak. Menurut saya, kita sah-sah saja berbahasa inggris karena bahasa inggris adalah bahasa universal. Kita juga sah-sah saja berbahasa indonesia, karena bahasa persatuan negara kita. Tapi harus kita seimbangkan dengan turut berbahasa daerah untuk melestarikan budaya negara kita. Kita tidak berbahasa daerah tapi jika bahasa kita diakui negara lain, kita marah. Seharusnya kita lestarikan bahasa kita agar tetap ada, tidak punah, dan tidak diakui negara lain. Caiyo paaak 🙂

  83. Betul banget pak emang kita harus belajar bahasa daerah selain kita lancar berbahasa inggris dan indonesia kita tidak boleh meremehkan bahasa daerah karena kalau kita bisa bercakap bahasa daerah kita berarti kita telah peduli terhadap budaya indonesia yang sangat beragam

  84. Memang miris sebenarnya, saya pun sebenarnya tidak bisa berbicara dengan bahasa asal saya (lampung & jawa)kalau jawa sih saya bisa sedikit-sedikit, itupun diajari pembantu saya-_- padahal ayah saya yang org jawa, tp pernah juga sih meskipun sedikit-sedikit. kalau b.lampung mama saya memang kurang menegrti b.lampung. hanya sekedar mengerti tdk bisa mengucapkannya. kalau di zaman ini saja sudah banyak b.daerah yg punah, apalagi zaman cucu saya nanti? 😀 solusi yg tepat memang menyertakan b.daerah dalam metode pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. lestarilah bahasa daerah m/

  85. bahasa daerah memang harus di lestarikan, agar bertahun-tahun lagi masih ada dan masih digunakan oleh generasi muda. kita juga harus mempelajari bahasa daerah juga, disamping mempelajari bahasa inggris dan indonesia. kita juga harus menjaganya supaya tidak direbut oleh negara lain.

  86. bahasa daerah memang harus dilestarikan. apalagi dengan melihat situsi yang seperti bapak ceritakan. disini sekolah sekolah dan gurunya ditunutut untuk lebih mengajarkan bahasa inggris dibanding bahasa daerah. mungkin untuk melestarikan bahasa daerah dapat dengan cara membiasakan mamakai bahasa daerah dilingkungan keluarga. dan bila bahasa daerah sudah berkembang baik, maka bangsa lain tidak dapat merebut bahasa kita dan menganggap itu milik mereka.

  87. Setuju pak. Selain menguasai bahasa asing bahasa daerah juga perlu dikuasai. Bahasa daerah sangat harus dilestarikan, agar para generasi-generasi selanjutnya dapat mengetahui bahasa tersebut karena bahasa daerah merupakan salah satu ciri khas Indonesia dan daerah itu sendiri.

  88. saya setuju dengan pendapat bapak. jaman sekarang sudah banyak orang yang yang lupa atau bahkan tidak tahu akan bahasanya sendiri. maka dari itu bahasa daerah harus dilestarikan agar tidak punah.

  89. betul sekali pak, saya sangat setuju dengan apa yang dimaksud bapak. kita juga harus belajar bahasa daerah karena kalau tidak di perkembangkan bahasa daerang bisa punah. nice inpoh pak sukses terus

  90. Saya setuju dengan bapak, memang benar bahasa daerah terancam tetapi kita tidak harus melupakan nya walaupun saya jarang menggunakan bahasa daerah tetapi kita harus tetap melestarikan bahasa daerah kita karena bahasa daerah merupakan salah satu bahsa kita, saya setuju sekali dengan bapak.

  91. Setuju pak! Saya memang orang jawa yang tidak bisa bahasa jawa karena orang tua saya tidakbiasa berbicara dengan bahasa jawa tapi terbiasa berbicara bahasa indonesia dan bahasa asing tapi orangtua saya mulai mengajari saya bahasa jawa. Semoga artikel bapak bermanfaat. Sukses OmJay!

  92. Saya setuju sama bapak. Bahasa daerah memang harus dilestarikan, dan digunakan untuk berbicara sehari-hari. Memang bahasa inggris perlu dipelajari, tetapi kita harus mendahulukan bahasa daerah. Jika tidak, lama-lama bahasa daerah akan punah.

  93. benar pak, kita memang harus melestarikan bahasa daerah, karena bahasa daerah adalah bahasa nenek moyang kita, sedangkan bahasa indonesia bahasa nasional dan bahasa inggris bahasa international. kita harus lebih memperhatikan bahasa nenek moyang kita agar tidak punah dan bisa berawal dari kita kecil, membiasakan berbahasa daerah dan bisa juga dengan mengikuti les. jadi kita harus melestarikan bahasa daerah agar tidak punah sejak dini.

  94. saya setuju dengan bapak, karena memang banyak orang yang lebih bangga menggunakan bahasa inggris dari pada bahasa daerahnya masing-masing. Oleh karena itu, kita harus berlatih berbicara menggunakan bahasa-bahasa daerah di indonesia agar bahasa tersebut tidak punah.

  95. Setuju pak, bahasa daerah memang tidak kalah penting dengan bahasa Indonesia, karena jika kita semua sibuk menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa asing sedangkan bahasa daerah tidak maka bahasa daerah bisa punah. Banyak orang yang tidak bisa bahasa daerahnya sendiri, sehingga perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar tidak punah dan terlupakan.

  96. Saya setuju pak, bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan negeri kita Indonesia, walaupun begitu kita tidak ada salahnya belajar bahasa daerah, selain menambah pengetahuan, kita juga bisa melestarikan budaya daerah kita

  97. saya setuju pak. saat ini memang bahasa asing sedang berkembang di Indonesia. Namun bukan berarti kita melupakan bahasa Indonesia, dan bahasa daerah kita masing masing. karena jika kita tidak melestarikan bahasa daerah, maka banyak orang yang tidak menggunakan bahasa daerah padahal bahasa daerah adalah bahasa warisan dari nenek moyang kita. maka dari itu kita harus melestarikan bahasa indonesia termaksud bahasa daerah:)

  98. Setuju banget Pak, sekarang orang-orang lebih banyak menggunakan bahasa asing daripada bahasa daerah sendiri. Padahal seharusnya kita melestarikan budaya Indonesia.

  99. setuju pak selain belajar bahasa inggris dan bahasa indonesia kita juga harus belajar bahasa daerah kita masing-masing dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari agar tidak hilang atau punah.

  100. Saya setuju pak. Selain bahasa Indonesia, bahasa daerah juga penting karena itu merupakan salah satu ciri khusus Indonesia. Kalau kita semakin sering menggunakan bahasa asing, lama kelamaan bahasa daerah semakin hilang dan punah. Bahasa daerah sebenarnya bermanfaat bagi kita untuk berkomunikasi dengan orang-orang di wilayah pedalaman yang kurang mengerti bahasa Indonesia. Jadi, selain untuk menambah ilmu, bahasa daerah juga dapat digunakan untuk mempererat persaudaraan.

  101. Assalamualaikum, wrb.
    Benar pak, kita harus melestarikan bahasa daerah. kita jangan terlalu terbiasa dengan bahasa inggris kalau terlalu terbiasa dengan bahasa inggris bahasa daerah lama-kelamaan akan punah.
    Wassalamualaikum, wrb.

  102. betul pak bahwa bahasa asing telah mengancam bahasa kita (indonesia) dan kita sebagai warga indonesia juga pasti kecewa dengan semua ini. tetapi ada untungnya juga jika bahasa asing ada di sekitar kita, jika kita ingin melanjutkan sekolah di luar negeri, kita tidak perlu lagi bingung untuk berbicara dengan orang yang ada di luar negeri. Tetapi tetap saja kita sebagai warga indonesia mesti tetap bangga sekaligus memakai bahasa kita sendiri di tiap hari.

  103. saya setuju dengan apa yang bapak tulis, seperti apa yang sudah dikatakan bahwa bahasa asing membuat rakyat Indonesia menjadi lebih bangga dibanding dengan bahasa daerah. memang kita juga perlu untuk menguasai bahasa asing namun bagaimana jadinya kalau semua anak Indonesia hanya bisa bahasa asing dan tidak bisa berbahasa daerah? itu akan menghancurkan bahasa daerah. pada dasarnya kita seharusnya bangga dengan Indonesia yang sangat kaya akan budaya dan bahasa namun bagaimana jika kita yang seharusnya menjadi penerus malah tidak menguasainya dengan baik. jika kita sendiri sebagai pemilik budaya itu bahkan seperti tidak menghargainya lalu siapa lagi yang akan menghargainya, siapa lagi yang akan mempelajarinya maka semua budaya yang sudah ada yang seharusnya kita banggakan akan hilang dan tidak dianggap lagi, padahal itu bisa menjadi ciri khas suatu daerah atau bahkan ciri negara kita, Indonesia.

  104. Saya setuju dengan pendapat bapak bahwa Indonesia saat ini mengalami krisis budaya karena tidak ada penerus yang menggunakan bahasa itu. Semoga masih ada yang peduli dengan bahasa-bahasa daerah yang hampir punah.

  105. Betul pak, bahasa asing telah mengantikan bahasa kita, bahasa indonesia. seharusnya kita sebagai warga negara indonesia harus lebih mempelajari bahasa indonesia. namun jika kita tidak mempelajari bahasa asing kita akan susah berkomunikasi dengan orang-orang di luar negeri.

  106. Saya setuju dengan om jay ini karena bahasa asing telah menduani sekarang, orang lebih memilih belajar bahasa asing daripada belajar bahasa sendiri dan lamak elamaan pun tingkat budaya kita menurun dan mungkin bsia musnah

  107. saya setuju pak kita harus melestarikan bahasa daerah walaupun sekarang era modern tetapi bukan berarti kita harus meninggalkan bahasa daerah karena bila kita tinggalkan bahasa kita pun dapat punah atau malah dapat diambil orang lain

  108. saya sangat setuju dengan bapak kita tidak boleh terlalu sering berbicara pakai bahasa asing kita harus melestarikan bahasa daerah kita sendiri kalau ingin berbicara pakai bahasa asing hanya pada saat tertentu kalau terlalu sering nanti kita akan lupa dengan bahasa daerah kita.

  109. maaf pak saya baru nge-comment sekarang karena saya baru tahu pas pulang sekolah kalau harus nge-comment blog bapak terus saya ada biopro jadinya gk bisa pulang cepat. maaf ya pak.

    saya setuju banget pak, selain belajar bahasa asing kita juga harus belajar bahasa indonesia. selain itu kita juga harus melestarikan bahasa daerah masing – masing. agar dapat melestarikan bahasa daerah selain bertanya kepada yang bisa berbahasa bahasa tersebut, saya menganjurkan untuk di labschool diajarkan bahasa daerah.

    makasih pak.

  110. sangat setuju dg bapak,kalau bahasa asing terus yang dipakai malah lama-kelamaan lupa dg bahasanya sendiri yang termasuk harta negeri ini… juga nanti bahasa dan budaya kita akan ‘dirampas’ oleh negara lain

    omjay,saya usul di labs ada belajar bahasa daerahnya, seperti bahasa sunda/betawi,

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.