Posted on: October 13, 2011 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 369

Kenapa Kita Tak Bangga Dengan Bahasa Indonesia?

Kenapa Kita Tak Bangga dengan Bahasa Indonesia?
Kenapa Kita Tak Bangga dengan Bahasa Indonesia?

Bahasa menunjukkan bangsa. Setiap bangsa pasti memiliki bahasanya sendiri, dan merasa bangga dengan bahasa mereka. Bahkan mereka berusaha keras untuk memperkenalkan bahasa bangsanya ke forum-forum international. Meskipun merekaΒ  tahu bahwa bahasa Inggris telah menjadi bahasa Internasional yang banyak dipakai oleh masyarakat dunia dalam berkomunikasi. Kebanggaan itu akan terlihat ketika mereka bernarsis diri dalam blog mereka seperti para peserta didik saya yang sangat bangga dengan sekolahnya. Lihatlah wajah-wajah mereka dalam foto di atas!

Saya tertegun sesaat, ketika salah satu sahabat saya bercerita tentang kunjungannya ke beberapa negara di Eropa. Orang Perancis sangat bangga dengan bahasa nasionalnya. Setiap turis asing yang melancong ke negerinya akan diarahkan untuk mengenal, dan mengerti bahasa Perancis. Begitupun dengan orang Jerman, dan Swiss. Berbeda sekali dengan negeri yang kita cintai ini. Kita justru lebih suka berbahasa Inggris daripada bahasa sendiri. Para turis asing yang berwisata ke negeri ini tidak kita arahkan untuk mengenal, dan mengerti bahasa Indonesia. Jarang sekali saya temui, ada turis asing dari manca negara yang langsung diajarkan bahasa Indonesia oleh guide atau pemandu wisata di negeri ini. Misalnya dengan kata-kata, “Hai apa kabar?” atau “Selamat datang di negeri impian dan negeri surgawi Indonesia”.

Hal yang lebih menyakitkan lagi, para guruΒ  di sekolah RSBI diminta menyampaikan materi pelajarannya dalam dua bahasa (Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia), dan kalau bisa bahasa Inggrisnya lebih ditonjolkan ketimbang bahasa Indonesia, karena sekolah sudah diharuskan untuk bertaraf internasional dengan menguasai bahasa Inggris. Padahal tidak seperti itu seharusnya penerapan bilingual dalam pembelajaran di sekolah.

Bahasa hanya sebagai sarana saja menyampaikan pesan. Jadi, bila seorang guru ingin pesannya sampai kepada para peserta didik, gunakanlah bahasa Indonesia dalam menyampaikan materinya, dan bukan memakai bahasa Inggris yang terlihat keren didengar, tetapi tidak dipahami pesannya oleh peserta didiknya. Oleh karenanya, penerapan dua bahasa (bilingual) di sekolah-sekolah kita, terutama sekolah RSBI/SBI harus dievaluasi segera agar supaya generasi penerus bangsa ini bangga dengan bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia harus terus dipakai dalam dunia pendidikan kita. Posisinya tak boleh tergantikan dengan bahasa internasional. Bahasa Indonesia harus terus berkembang, dan dikembangkan oleh para guru di sekolah agar kesusastraan terus bermetamorforsis mencapai keindahannya. Bahasa Indonesia harus menjadi bahasa resmi di negeri sendiri dalam hal berkomunikasi. Dia harus menjadi tuan rumah di negerinya sendiri.

Sebagai sarana komunikasi, bahasa juga mampu membangun keterampilan berkomunikasi, keterampilan menyampaikan pendapat, gagasan, dan pandangan dalam menyikapi suatu persoalan yang dihadapi dalam kehidupan pada era global ini. Keterampilan seperti itu tentu sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan zaman.Tak Terkecuali, para blogger yang telah memiliki blog sendiri di internet, dan mengelolanya secara mandiri.

Kenapa kita tak bangga dengan bahasa Indonesia?

Dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saat ini, blog berhasil merebut perhatian masyarakat dan menjadi trend yang sangat digemari, terutama di kalangan pengguna internet. Atas dasar itu, banyak lembaga menyelenggarakan lomba blog dengan maksud untuk memberikan penghargaan kepada pembuat blog yang bernilai unggul, baik dari sisi artistik, informatika, maupun kemanfaatan isi yang termuat di dalam blog tersebut.

Lomba itu diadakan untuk membiasakan diri para blogger agar mampu menulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dengan begitu seorang blogger akan memiliki peran tersendiri dalam mempublikasikan khasanah ilmu, dan kesusastraan Indonesia di ranah maya.

Para pengelola blog atau blogger seharusnya bangga dengan bahasa kita. Kebanggaannya itu harus dipublikasikannya dalam bentuk tulisan atau postingan di blog yang senantiasa mencerminkan kebanggaan dan kecintaan kepada bahasanya sendiri. Berusaha untuk menyuguhkan informasi yang dapat dipahami dan dimengerti dengan bahasa Indonesia yang mudah dicerna oleh siapa saja para pengguna inernet (netter) yang membaca blognya itu.

Kenapa kita tak bangga dengan bahasa Indonesia? Jawabnya, karena kita tidak membiasakan diri menulis dan membaca dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Oleh karena itu, peran guru TIK sangat penting agar mampu mengarahkan para peserta didiknya untuk mampu menulis dalam blog mereka dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Sebagai seorang pengajar mata pelajaran TIK di SMP, halΒ  di atas itulah yang saya lakukan. Saya pun mengumpulkan alamat link blog peserta didik dalam sebuah blog di http://materi-tik-smp.blogspot.com/. Dengan begitu, saya bisa memantau tulisan-tulisan mereka, dan mengambil tulisan terbaik untuk diterbitkan dalam majalah sekolah yang bernama GEMA SMP Labschool Jakarta. Mari bangga berbahasa Indonesia.

Artikel ini juga saya publikasikan di sini.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

369 People reacted on this

  1. klo menurut saya sih sekolah RSBI bener karena memang dituntut melakukan pembelajaran . yg jadi masalah jika di luar mata pelajaran masih berbicara bahasa inggris

  2. menurut saya, walaupun kita bersekolah di RSBI dan dituntut untuk berbahasa Inggris, tapi kita juga harus mencintai bahasa Indinesia, bahasa kita. Padahal, bahsa Indonesia kan juga akan dijadikan menjadi bahasa resmi di Asia Tenggara

  3. Saya setuju dengan artikel bapak ini, harusnya kita sebagai orang indonesia lebih mempelajari bahasa indonesia ketimbang bahasa inggris. kalau untuk pelajaran ya sedikit sedikit tidak apa apa kita menggunakan bahasa inggris. tetapi kita harus ingat, bahwa kita tinggal di Indonesia. jadi kita harus lebih mementingkan bahasa kita B-)

  4. saya setuju dengan blog bapak, tidak seharusnya kita tidak bangga dengan bahasa Indonesia. mestinya kita bangga dengan bahasa tanah air kita sendiri, yang sudah biasa kita gunakan sebagai bahasa sehari-hari

  5. Laras Shintya Putri kelas 7A Absen 22
    benar sekali paak, kita harus bangga dengan bahasa indonesia. memang, bahasa inggris juga penting karena bahasa inggris adalah bahasa internasional. tetapi kita tetap harus menjadikan bahasa indonesia bahasa prioritas kita.

  6. saya setuju dengan om jay , saya bangga dengan bahasa indonesia . Bahasa itu menunjukkan bangsa dan kita harus bangga dengan bahasa Indonesia

  7. Saya sangat setuju dengan OmJay.. TIK membantu kita untuk menulis dalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.. Kita kan orang Indonesia, pasti kita dapat berbicara, maupun menulis Bahasa Indonesia..

  8. saya setuju pak.. menurut saya walaupun kita bersekolah di sekolah RSBI ataupun Internasional Bahasa Indonesia harus tetap diterapkan, dan yang lebih penting lagi kita harus bangga dengan BAHASA INDONESIA πŸ˜€

  9. Saya sangat setuju dengan artikel ini karena sebagai orang indonesia kita harus mencintaib bahasa kita sendiri.Serta kita harus menjadikan bahasa indonesia sebagai bahasa kesatuan.Orang luar negeri saja banyak yang ingin belajar bahasa indonesia

  10. karena Bahasa Indonesia harus terus dipakai dalam dunia pendidikan kita dan kita harus bangga dengan bahasa indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa……

  11. Menurut saya..Kita sebagai anak bangsa harus menggunakan bahasa Indonesia dibanding bahasa negara lain..Karena kita tinggal di Indonesia bukan di negara tersebut…Hehehe*sok bijak

  12. Saya setuju pak walaupun kita harus bisa bahasa inggris yang bahasa internatioanal kita tidak boleh lupa dengan bahasa kita sendiri yaitu bahasa indonesia. walaupun pelajaran bahasa indonesia adalah pelajaran yangpaling membosankan dari semua pelaharan tapi kita harus mencintai bahasa kita walaupun pelajaranya membosan kan
    Akmal 7A

  13. kita harus bangga terhadap bahasa kita kita sendiri dan kita sering memakainya dalam kehidupan sehari-hari,tapi,mengapa kita tidak mencintai bahasa kita sendiri?karena bahasa kita tidak merupakan bahsaa internasional tetapi walaupun bahasa Indonesia bukan meupakan bahasa internasional kita tetap harus memakainya dalam kehidupan sehari hari

  14. bahasa indonesia padahal gampang lho..tp sayang orang indonesia sendiri mala memakai bahasa asing,mungkin karena dia ingin sok eksis,sok kece,bahasa indonesia harus jadi bahasa internasional juga,supaya orang asing yang ngikutin bahasa kita,bukan kita yang ngikutin bahasa mereka yang susah dimengerti,hehe.’

  15. Setuju pak Kita harus bangga dengan Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia itu mencerminkan Bangsa Indonesia. Namun Bahasa Indonesia itu penting, begitu pula dengan bahasa asing itupun juga perlu. Orang asing sulit untuk mengucapkan Bahasa Indonesia namun kita dapat berbicara bahasa asing

  16. Saya setuju kalau kita harus berbahasa Indonesia tetapi juda tak ada salahnya kalau berbahasa asing kan untuk go internasional. berbahasa asing juga mendukung kiya untuk maju.

  17. Memang betul pak, semestinya kita, rakyat Indonesia bangga dengan Bahasa Indonesia yang merupakan bahasa tanah air dan juga bahasa yang kita gunakan sehari-hari untuk berkomunikasi di kehidupan sosial di Indonesia.

  18. bener tuh pak,kita sebagai warga negara yang baik harus menggunakan bahasa indonesia juga dengan baik pula,di australia saya pernah dengar ada pelajaran bahasa indonesia di sekolah-sekolah negeri itu,seharusnya kita sebagai warga indonesia harus bangga menggunakan bahasa indonesia,obama aja suka ngomong bahasa indonesia,masa kita tidak???

  19. Anca & Adinda

    Di era globalisasi ini, Bahasa Inggris dinilai lebih keren dan lebih friendly. Bahasa Indonesianya sendiri dinilai agak lebih kaku. Tapi sebagai warga negara Indonesia dan sebagai penerus bangsa kita seharusnya lebih bangga akan bahasa sendiri! Ini dari perspektif kami. ^-^

  20. saya setuju dengan blog bapak, kita harus bangga dengan bahasa indonesia karena kita lahir di indonesia,kita juga harus mempelajari bahasa luar agar kita mengerti jika keluar negri, tapi kita harus mengutamakan bahasa sendiri.

  21. ya pak saya setuju sekarang siswa kurang mengerti apa yang di ajarkan guru karena bahasa yang digunakan bukan bahasa yang di gunakan setiap hari dan say apun kadang kadang kurang mengerti apa yang diajarkan oleh guru ketika mengajarkan saya dengan bahasa inggris

  22. seharusnya kita bangga akan bahasa indonesia, meskipun di sekolah-sekolah sudah banyak yang RSBI dengan menggunakan bahasa inggris tapi kita tidak boleh menyepelekan bahasa indonesia, karna berasal dari negeri kita sendiri, didalam kehidupan sehari-hari juga kita menggunakan bahasa indonesia,kebanyakan juga orang luar negri belajar bahasa indonesia
    kenapa kita tidak bangga dengan bahasa indonesia?

  23. Indonesia seperti itu mungkin karena sudah tidak PD dengan negaranya pak, hehehe…. seperti remaja jaman sekarang yang lebih suka lagu korea dari pada musik tradisional, hehe… mungkin karena itu banyak anak yang nilai bahasa Indonesianya jelek pak.

  24. betul pak, saya setuju. kita, warga negara Indonesia harus menjunjung tinggi bahasa persatuan kita yaitu Bahasa Indonesia seperti yang terdapat pada Sumpah Pemuda. sebenarnya jangan hanya menjunjung tinggi, tapi kita juga harus bangga dengan Bahasa Indonesia. kita tidak boleh kalah dengan negara-negara lain seperti yang ada di artikel ini.

  25. saya setuju pak, warga negara Indonesia harus menjunjung tinggi bahasa persatuan kita yaitu Bahasa Indonesia seperti yang terdapat pada Sumpah Pemuda.

  26. hahaha… kalau saya sih bangga dengan bahasa saya pak! Menurut saya bahasa Indonesia itu bahasa yang paling unik! Bahasa indonesia inilah yang menyebabkan mempererat hubungan bangsa. πŸ˜€

  27. saya bangga dengan bahasa indonesia, tetapi bukan berarti saya tidak ingin menguasai bahasa lain. karena jika kita memiliki beragam bahasa kita akan pintar bahasa. misal nya kita bertemu orang korea, kita sudah mempelajari bahsa korea, ketika itu orang korea tidak bisa berbahasa inggris dan indonesia, jadi kita mengobrol dengannya menggunakan bahasa korea. jadi ilmu bahsa lain bahasa itu berguna bagi kita.

  28. iya pak bahasa indonesia kan bahasa persatuan yang paling keren udah keren unik lagi apalagi bahasa jawa emh! paling keren deh,saya gak setuju pak sama bahasa gaul yang melenceng dari bahasa indonesia gaseru itu kerenan bahasa saya pak “poyo_poyo!!!” semangat pake bahasa indonesia πŸ˜€

  29. Zharfan Adib Ardhana VII C (40)

    saya setuju pak!!! Walaupun kita bersekolah di luar negeri di mana saja kita harus tetap mengingat Bahasa Indonesia agar kita semua lebih kuat, dalam mempertahankan negara kita, dan lebih kuat dalam menjaga Tali ikatan silaturahmi agar negara Indonesia tidak terpecah belah lagi pak seperti dulu !!! mau tidak mau kita harus teteap cinta kepada Negara Indonesia!!! πŸ˜€

  30. setuju pak, sebagai warga negara indonesia kita harus menjunjung tinggi bahasa persatuan. yaitu Bahasa Indonesia..

  31. betul pak, kita harus bangga dengan bahasa negara kita ini yang sudah kita pelajari dari kecil. Untuk mempersatu bahasa bangsa, selain itu juga harus kita lestarikan~ bahasa inggris pun harus kita pelajari juga untuk masa depan;)

  32. MENGPA ORG INDONESI GX bangga dgn bahasa indonesi karna org indonesia lebih byk menggunakan bahasa inggri …….

  33. saya setuju pak, karena bagi saya bahasa indonesia yang harus di utamakan . walaupun sekarang banyak sekolah RSBI yang menggunakan bahasa inggris, tetapi walaupun menggunakan bahasa inggris ya tetap dong bahasa indonesia harus di utamakan karena kita warga Indonesia πŸ™‚

  34. saya setuju pak dengan artikel ini. kita harus lebih menjunjung tinggi bahasa Indonesia karena dipakai sehari-hari dan dari kecil kita diajarkan bahasa Indonesia. walaupun beberapa pelajaran memakai bahasa inggris tapi tetap harus mempelajari bahasa Indoneisa

  35. kita sebagai warga negara yang baik.. kita harus menjunjung tinggi bahasa persatuan kita yaitu bahasa indonesia
    ! bahasa inggris juga penting bagi kita, tetapi kita harus lebih mengutamakan bahasa persatuan kita,BAHASA INDONESIA. bahasa inggris di pergunakkan jika kita sedang pergi ke negaralain, dengan menggunakkan bahsa inggris kita dapat berkomunikasi dengan orang lain di negara itu.! saya pun bangga dengan bahasa persatuan kita yaitu bahasa indonesia.. karena dapat mempererat hubungan antar orang indonesia.. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

  36. saya sangat setuju dengan bapak,menurut saya,bahasa inggris yang telah mendunia ini membuat orang-orang indonesia lebih menyukai bahasa inggris.menurut orang-orang indonesia bahasa inggris itu lebih “gaul”.tetapi bahasa inggris itu juga perlu agar kita dapat mengerti bahasa yang digunakkan orang luar negeri serta dapat menjadi lebih baik dari orang luar negeri.

  37. setuju,karena bahasa adalah salah satu faktor perekat bangsa dan penghindar dari disintegrasi. jadi kita harus bangga jadi anak indonesia karena Indonesia negara kita.

  38. Medina Azahara 7C

    Saya setuju pak, kita harus bangga dengan Bahasa Indonesia, bahasa persatuan kita. Walaupun sekolah sudah banyak yang menggunakan 2 bahasa (RSBI), tetapi Bahasa Indonesia tetap harus kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari.

  39. kalau saya bangga dengan bahasa indonesia, karena indonesia adalah daerah asl kelahiran kita yg harus patut di banggakan

  40. kita emang harus bangga dengan bahasa indonesia. tetapi kita juga harus mempelajari bahasa-bahasa lain juga. dengan mempelajari bahasa lain, bukannya kita tidak bangga tapi hanya ingin mempelajari bahasa lain.

  41. iya pak..Bahasa Indonesia kan bahasa yang kita gunakan sehari-hari.harusnya kita bangga dengan Bahasa Indonesia πŸ™‚ πŸ™‚

  42. Saya juga berpikir begitu! kenapa kita nggak bangga sama bahasa Indonesia?! Padahal bahasa Indonesiakan bahasa resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semoga saja orang indonesia sadar kalau kita harus bangga pada negara dan bahasa kita sendiri! Sekian πŸ™‚

  43. Saya setuju dengan artikel bapak ini. karena terkadang orang yang berbicara dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar suka dikatain. Dan kalau ulangan Bahasa Indonesia, murid-murid suka tidak belajar karena dianggap mudah.

  44. saya setuju pak kita harus melestarikan budaya bahasa indonesia karena kita orang indonesia jangan melestarikan bahasa asing

  45. kita harus bangga dengan bahasa indonesia.memang bahasa internasional itu bahasa inggris tapi kita kan orang indonesia jadi kita harus bangga dengan bahasa indonesia yang kita pakai sehari-hari untuk berkomunikasi dengan orang lain

  46. betul pak, harusnya Bahasa Indonesia lebih dicintai. tapi mungkin karena Bhs Inggris lebih dipahami secara International jadi lebih banyak digunakan sebagai trend.

  47. saya setuju pak, karena kalau kita tidak bangga dengan bahasa indonesia negara kita pasti tidak akan pesnah maju

  48. saya setuju,karena orang orang lebih bangga bicara dengan bahasa luar negeri dan seharusnya kita bangga agar negara kita maju

  49. Saya setuju dengan artikel bapak yang satu ini!.. Banyak orang indonesia yang MEMANG tidak pernah bangga terhadap bahasa Indonesia.. Mungkin karena bahasa Indonesia itu sederhana…….. Bagi saya, bahasa indonesia merupakan bahasa yang lebih SULIT dari pada bahasa lain.

    Lagipula dengan kita bangga terhadap Bahasa Indonesia, maka kita akan memajukan Bahasa Indonesia dan memperkenalkan Bahasa Indonesia terhadap warga negara lain di seluruh dunia…..

  50. Saya sangat amat setuju dengan Bapak. Memang, B. Inggris (bahasa internasional) itu penting. Namun, jika sekolah menggunakan bahasa inggris namun anak didiknya tidak ada yang mengerti, untuk apa?. Saat pelajaran native saja, banyak murid-murid yang hanya diam dan bengong karena tidak mengerti apa yang sedang diajarkan oleh native tersebut.

  51. saya setuju dengan Bapak karena kalau tidak bangga dengan B. Indonesia Bukan Termasuk Warga Yang Berbakti kepada Negara

  52. Saya setuju pak, kita harus bangga dengan Bahasa Indonesia walaupun bahaasa internasional di indonesia ini b.inggris bukan bahasa indonesia

  53. saja setuju pak,mungkin kita di sini dituntut fasih berbahasa inggris tetapi kita harus teteap bangga terhadap bahasa kita sendiri yaitu bahasa indonesiadan mungkin bahasa indonesia cukup terkenal di kawasan asia

  54. Setuju sekali pak, kita memang harus bangga dengan bahasa kita. karena bahasa indonesia adalah bahasa utama di negara kita

  55. setuju, waktu saya SD saya memakai bahasa Inggris tetapi saya lebih menyukai bahasa Indonesia karena lebih gampang dimengerti. jadi kita harus lebih bangga menjadi warga Indonesia karena mempunyai bahasa yang gampang dimengerti

  56. saya stuju sekali dengan artikel blog bapak yang ini. Karena setiap masyarakat harus mencintai semua kekayaan yang dimiliki oleh bangsanya,,,contohnya khusus bagi masyarakat Indonesia terutama harus bangga dan melestarikan bahasanya. Setiap hari kita patut berbicara dengan bahasa indonesia. Pokoknya apa yang dimiliki negara Indonesia saya sangat bangga deh pak! MAJU TERUS INDONESIA..!!! *_*

  57. Saya juga bingung mengapa Indonesia ini tidak bangga dengan bahasa sendiri,walaupun bahasa kita bukan bahasa international tetap saja kita harus bangga dengan bahasa kita…
    mudah mudahan di tahun yang akan datang Indonesia bisa lebih bangga dengan BAHASA INDONESIA! πŸ˜€

  58. Saya setuju pak, kita harus bangga dengan Bahasa Indonesia.karena kita tidak akan pernah maju kalau kita tidak menghargai bahasa kita sendiri

  59. Saya juga setuju pak dengan artikel ini, kita harus bangga dengan bahasa dan bangsa kita ini agar negara kita maju terus πŸ˜€

  60. Olga Aanisa Putri 30 – 7E

    Saya setuju dengan artikel ini . Kita harus bangga dengan negara kita , Bagaimana negara kita mau maju jika masyarakat dalam negrinya saja tidak bangga dengan negara sendiri . Jadi kita harus menjunjung tinggi bangsa kita ini

  61. saya seujubanget tu pak seharusnya di negara kita itu setiap turis dateng harus bisa berbahasa indonesia ,bisa berbahasa selain bahasa indonesia memang bagus karena itu iilmu untuk menambah wawsan kita meskipun bahasa inggris terdengar keren di dengar ya…. kalo gk ngerti ya percuma ya gk? jadi harus mencintai bahsa sendiri biar indonesia maju

  62. saya setuju sekali pak.karna sebagai warga indonesia kita harus bangga dengan bahasa indonesia dan menjunjung tinggi bahasa indonesia.tpi walaupun banyak warga indonesia yang telah memakai bahasa selain indonesia,tetapi saya tetap bangga dengan indonesia.

  63. menurut saya kita harus bangga dengan bahasa indonesia,karena bahasa indonesia adalah salah satu pelajaran pokok yang di seluruh indonesia HARUS belajar bahasa indonesia,dan bahasa indonesia membuat warganya mempunyai bahasa yang benar dan sopan. πŸ™‚

  64. saya setuju dangan pernyataan “mengapa kita tak bangga dengan Bahasa Indonesia”. Jika di lihat sekarang, anak- anak muda sudah menjadikan Bahasa Indonesia yang baik dan benar menjadi bahasa gaul yang kurang baik. Oleh karena itu marilah kita junjung banggakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

  65. Betul pak kita harus bangga dengan negara kita sendiri.Kita di lahirkan di Indonesia,tapi kenapa kita tak bangga dengan negara sendiri?Maka kita harus bangga dengan Indonesia

  66. wah menurut saya itu masalah yang cukup seriosa pak saya sudah pernah ke bali 3 kali dan setiap sampai saya mengamati tidak ada satupun turis internasional kenal dengan bahasa indonesia wajar sih tapi lama lama bahasa indonesia bisa dilupakan gawat ituhhhh

  67. VII E ( 9 )
    Bahasa Indonesia memang harus terus dipakai dalam dunia pendidikan kita dan p0osisinya tak boleh tergantikan dengan bahasa internasional. Bahasa Indonesia harus terus berkembang. Sebagai warga negara Indonesia kita harus melestarikan Bahasa kita sendiri…

  68. setuju! sekarang ini, banyak sekali orang yg menyeting gadget2 nya dengan bahasa inggris dan bukan bahasa indonesia *termasuk saya* -_- tapi saya tetap bangga dengan bahasa indonesia!!! πŸ˜€

  69. saya sangat setuju sekali pak, kalau kita memiliki bahasa sendiri, menagapa kita menggunakan bahasa lain? kna kita tidak mengerti. saya jadi harus membuka alfa link untuk mengetahui arti yang ada di buku paket

  70. Saya setuju banget pak. orang indonesia harus bangga sama bahasa yang kita pakai tiap hari. Kalau kita gak bangga sama indonesia, gimana Indonesia bisa maju?

    -Isma Zahira Suhaima 7E 18-

  71. Saya Setuju dengan artikel bapak,Kita harus Bangga dengan bahasa kita sendiri yaitu Bahasa Indoesia.Karena Bahasa adalah alat pemersatu bangsa.dan kita harus melestarikan budaya bahasa Indonesia sendiri.walaupun berbeda beda bahasa antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya kita tetap harus menjunjung Bahasa Indonesia.Walaupun sudah banyak bahasa-bahasa asing yang sering kita pelajari juga antara lain bahasa inggris,bahasa perancis,dan bahasa yang lainnya kita harus tetap bisa membuidayakan bahasa Indonesa.Jangan terpengaruh anak-anak brandal zaman sekarang yang menuturkan bahasa-bahasa kasar.Kita harus mencontoh orang yang berbahasa Indonesia Sopan,pokoknya saya bangga deh pak jadi anak Indonesia,semoga saya bisa menjadi anak Indonesia yang membudidayakan Bahasa Indonesia dengan baik πŸ˜€

    Nadhira Tsaradhia Diliamar 7E/29

  72. Saya setuju atas postingan ini. Karena, kita harus bangga dengan bahasa kita yakni bahasa Indonesia, karena Bahasa Indonesia itu adalah bahasa kebangsaan kita sekaligus alat komunikasi kita. Dan, jika kita bangga, kita juga dapat lo memajukan Bangsa Indonesiaa πŸ˜€

  73. saya sangat setuju dengan bapak. karena bahasa Indonesia memang patut dibanggakan dan dilestarikan. Bahasa Indonesia harus berkembang dengan baik sehingga nantinya diakui oleh dunia Internasional. Karena warga negara yang hebat adalah warga yang menghargai bangsanya B-)

  74. Bener tu pak,bahasa indonesia itu penting banget.Harus dilestarikan juga.Jangan cuma belajar inggris doang.B-)

  75. Saya setuju banget sama blog bapak. jaman sekarang anak-anak malah lebih bangga kalau menggunakan bahsa lain padahal kita harusnya lebih bangga sama bahasa indonesia kita kan tinggalnya di indonesia bukan di luar negri. πŸ™‚

  76. Benar pak. Anak-anak jaman sekarang lebih tertarik dengan bahasa asing. Seharusnya anak-anak jaman sekarang bangga dan melestarikan bahasa Indonesia agar bahasa indonesia tak tergantikan oleh bahasa internasional

  77. hhhmm… saya setuju gengan blog bpk. jika materi pelajaran diteragkan menggunakan bahasa inggris, belom tentu smua murid mengerti apa yang diucapkan. otomatis materi pelajaran tersebut tidak dpt dimengerti oleh murid tertentu

  78. iya pak betul, itu juga merupakan pertanyaan di jaman sekarang. Orang yang mengaku sebagai warga Indonesia pun tidak bangga terhadap bahasanya sendiri mengapa bisa begitu? Hayoo, mungkin karena banyaknya orang luar negri yang datanag ke Indonesia dan membawa pengaruh dari bahasa luar. Tetapi jangan salahkan orang luar negri dulu bisa juga di sebabkan dengan bahasa Indonesia bukanlah bahasa internasional dan kurangnya kesadaran orang – orang terhadap penggunaan bahasa Indonesia tersebut.

  79. setuju banget, bahasa indonesia harus dilestarikan, orang luar aja pengen bisa berbahasa indonesia bangsa indonesia lebih lagi dong……….

  80. Saya setuju sekali. Kita mesti bangga pada bahasa negara kita. Walaupun ada sekolah RSBI/SBI memakai bahasa bilingual, kita harus tetap berpegang teguh pada bahasa negara kita, bahasa Indonesia. Seperti negara lain yang mencintai bahasa negara mereka masing-masing. Kita juga harus seperti itu. So, keep love bahasa Indonesia no matter what… πŸ˜‰

  81. Wah, Betul Sekali pak!! Agar Bisa lebih terkenal ke kalangan International, kita harus membanggakan bahasa sendiri, dengan itu berarti kita menjunjung bahasa persatuan, BAHASA INDONESIA!!! πŸ˜€

  82. memang kita harus bangga terhadap bahasa kita yaitu bahasa Indonesia agar komunikasi di masyarakat dapat berjalan lancar. Sebab itu kita harus bangga dan mempelajari Bahasa Indonesia.

  83. saya bangga dengan artikel bapak yang bisa membuat anak anak di Indonesia sadar akan budayanya masing masingg (: jadi, anak anak di Indonesia bisa menggunkan bahasa Indonesia yang baik, jangan bahasa asing terus yang di pelajari

  84. saya setuju pak. bahasa indonesia memang harus di nomor satukan. kadang saja bahasa indonesia yang kita gunakan belum yang baik dan benar. namun menggunakan bahasa inggris juga perlu karena itu adalah bahasa international. tapi tetap bahasa indonesia yang utama. banggalah menjadi bangsa Indonesia!

  85. Kalau di bilang Bangga kepada bahasa indonesia ya pasti saya bangga dan yang lain pasti bangga. Kalau Bahasa indonesia yang tidak baku sangat sering di gunakan dalam sehari-hari. Tapi kalau bahasa indonesia yang baku tentu jarang dapat di pakai, contohnya β€œHai apa kabar?” atau β€œSelamat datang di negeri impian dan negeri surgawi Indonesia”.
    kalau “Hai apa kabar?” masih sering saya dengar.
    tapi jika “Selamat datang di negeri impian dan nergeri surgawi Indonesia” Kurang enak di dengar dalam kegiatan dan sosialisasi sehari2 dan terlalu bertele-tele istilahnya.

  86. Saya setuju pak,kita harus bangga dan melestarikan bahasa Indonesia. Karena kalau bukan masyarakat Indonesia, siapa lagi yang akan bangga dengan bahasa Indonesia.

  87. Kita harus bangga dengan Bahasa Indonesia.Seperti orang perancis yang sangat bangga dengan bahasa perancis sampai-sampai Setiap turis asing yang melancong ke negerinya akan diarahkan untuk mengenal, dan mengerti bahasa Perancis.Tapi apakah bangsa kita seperti itu?Maka dari itu kita pun harus banggas dengan bahasa indonesia

  88. omjay bener, seharusnya memang kita lebih menjiwai diri kita terhadap kecintaan kita ke bangsa indonesia, tetapi apa salahnya jika kita ingin menambah wawasan pengetahuan kita dengan belajar bahasa asing. peranan sekolah rsbi memang menginginkan siswanya menguasai bahasa asing, tetapi juga tidak menyuruh siswanya untuk melupakan ciri khas indonesia terutama bahasanya. jadi, menurut saya berbahasa indonesia tetap tidak akan dilupakan oleh siswanya dan juga siswa tersebut sapat menambah ilmu mereka dengan belajar bahasa asing.

  89. Harusnya kita memang lebih menghargai budaya Indonesia dan di artikel ini khususnya Bahasa Indonesia. Saat ini, globalisasi terlalu mempengaruhi sampai lupa budaya sendiri. Sebaiknya, kita tetap mengutamakan Bahasa Indonesia namun tetap belajar Bahasa Inggris untuk kepentingan internasional.

  90. saya sendiri lebih mendukung menggunakan bahasa indonesia dalam kegiatan ajar-mengajar namun kita sendiri juga harus mengerti bahasa inggris yang biasa digunakan dlm kegiatan internasional

  91. saya sangat bangga dengan b.indonesia!!! tapi sayangnya b.inggris yang menjadi bahhasa international sehingga banyak orang di indonesia yang berbicara pakai b.inggris seharusnya mereka memakain b.indo

  92. saya sangat bangga dengan b.indonesia!!!! tapi sayangnya b.inggris yang menjadi bahhasa international sehingga banyak orang di indonesia yang berbicara pakai b.inggris seharusnya mereka memakain b.indo

  93. Ralat :saya sangat bangga dengan b.indonesia!!!! tapi sayangnya b.inggris yang menjadi bahhasa international sehingga banyak orang di indonesia yang berbicara pakai b.inggris seharusnya mereka memakain b.indo

  94. sebagai warga negara indonesia harusnya kita bangga dengan bahasa indonesia karena bahasa merupakan identitas bangsa , namun karena dalam kehidupan sehari hari seperti akan melanjutkan sekolah ke luar negri atau sekedar ikut pertukaran pelajar,kita harus mampu berbahasa asing (inggris),makanya orang lebih merasa lebih bergengsi (pintar) jika mereka bisa berbahasa asing (inggris) akhirnya perasaan gengsi itu menjadi kebanggaan dia dan melupakan bahasa sendiri

  95. Saya setuju sekali dengan tema yang bapak tuliskan kali ini. Saya malah baru ngeh, kalau ternyata penempatan terlalu dominannya bahasa asing juga kurang baik bagi kita. Akan tetapi lebih baik seandainya tamu-tamu asing yang berwisata di Indonesia, selain diajari berbicara bahasa baku, juga diajari kalimat-kalimat percakapan tidak baku yang biasa kita dengar. Karena kalimat yang terlalu baku juga tidak terlalu akrab di telinga banyak orang, dan akan susah seandainya tamu-tamu asing itu menggunakan Bahasa Indonesia baku untuk bercakap-cakap dengan orang Indonesia yang sehari-harinya jarang berbicara baku.

  96. Saya sangat setuju dengan artikel ini pak. Seharusnya, kita sebagai warga negara yang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya harus menggunakan bahasa persatuan, yaitu Bahasa Indonesia. Kita juga harus turut mencintai bahasa kita itu. Kita harus buktikan bahwa kita mencintai dan bangga dengan Bahasa Indonesia, dengan cara berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia sehari-hari. Cinta Indonesia;>

  97. sepertinya omjay bener, jika saya perhatikan ternyata banyak sekolah yang lebih banyak menggunakan bahasa inggris daripada bahasa indonesia, memakai bahasa internasional itu bagus tapi jangan sampai tidak bangga pada bahasa sendiri

  98. seharusnya kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga akan karya, budaya, dll tentang Indonesia. kita boleh mengikuti budaya dari negara lain namun jangan sampai kita melupakan budaya kita sendiri. kita tidak bangga dengan bangsa kita sendiri karena budaya kita itu kurang maju dengan budaya negara tetangga, bahkan sampai ada negara yang mengambil budaya kita karena kita lalai dan jarang anak muda jaman sekarang melestarikan budaya kita sendiri.

  99. saya setuju dengan omjay, soalnya bahasa indonesia itu harus dipublikasikan ke internasional. agar bahasa indonesia layak di internasional. sekarang lebih banyak menggunakan bahasa inggris. agar turis yang melancong ke negri kita harus, ajarkan bahsa indo.. karena bangsa yang baik adalah bangsa yang menghargai bahasanya

  100. mungkin ini karena adanya globalisasi, jadi warga indonesia lebih memilih bahasa asing daripada bahasa indonesia

  101. saya setuju om karena beberapa turis belajar bahasa indonesia masa kita tidak bangga dengan bahasa indonesia πŸ™‚

  102. seharusnya bangsa indonesia itu bangga dengan bahasanya sendiri. kita kan tinggal di indonesia, kita harus bangga dong sama bahasa kita. indonesia kan kaya budaya, jadi banyak turis datang ke indonesia. harusnya turis itu diajarkan bahasa indonesia, kan lumayan sesampai di rumahnya dia bisa mengenalkan bahasa indonesia kekeluarganya atau temannya.

  103. Saya setuju dengan bapak! Kita memang harusnya bangga terhadap bahasa negeri sendiri karena negara kita mempunyai banyak hal yang patut dibanggakan, misalnya tariannya, sumber daya alamnya, dll. Maka itu, jangan sampai di masa depan warga indonesia tidak mengenal bahasanya sendiri.

  104. Sebenarnya sih kita harus bangga dengan bahasa kita tetapi karena bahasa internasional bahasa inggris, jadi kita juga harus belajar bahasa inggris. tapi mnau gimana pun saya tetap bangga sama bahasa indonesia πŸ˜‰

  105. saya sangat setuju omjay! kita juga harus melestarikan budaya kita yang sangat tradisional. itu memang menyakitkan jika masyarakat indonesia lebih suka memakai bahasa inggris ketimbang bahasa nya sendiri.

  106. kita harus bangga dengan bahasa indonesia karena bahasa indonesia cuma ada di negara indonesia, oleh karena itu kita wajib berbahasa indonesia. sedangkan bahasa asing perlu kita pelajari…. πŸ˜‰

  107. Saya setuju dengan pak wijaya,bahwa seharusnya kita bangga dengan Bahasa Indonesia dan membawanya masuk ke Bahasa Internasional. Seperti negara China yang berhasil membawa bahasa mandarin masuk ke dalam bahasa pemersatu dunia. Sudah selayaknya kita bangga dengan bahasa kita sendiri.

  108. Saya setuju dengan pak wijaya,bahwa seharusnya kita bangga dengan Bahasa Indonesia dan membawanya masuk ke Bahasa Internasional. Seperti negara China yang berhasil membawa bahasa mandarin masuk ke dalam bahasa pemersatu dunia. Sudah selayaknya kita bangga dengan bahasa kita sendiri.

    kelas 7f absen 5

  109. Saya setuju dengan omjay , kita harus bangga dengan bahasa kita sendiri . jika kita menghargai bahasa kita sendiri , orang lain juga akan menghargai .

  110. saya setuju dengan pendapat bapak bahwa kita harus bangga dengan bahasa kita sendiri. walaupun kita belajar bahasa bahasa lainnya, seperti bahasa inggris, kita harus lebih menonjolkan bahasa indonesia dalam kehidupan sehari hari. kita harus bangga dengan BAHASA INDONESIA πŸ™‚

  111. Bahasa Indonesia itu gampang dan gak ribet-ribet seperti bahasa lain. menurut saya bahasa Indonesia banyak yang suka. Coba kalo bahasa indonesia menjadi bahasa Universal, pasti nggak ribet-ribet seperti sekarang.

  112. saya setuju banget pak. kita harus bangga dengan bahasa indonesia sebagai bahasa nasional kita, jangan bahasa inggris aja yang diutamakan. dan kalo ke luar negri kita juga harus bisa mengajarkan bahasa indonesia ke negeri tsb. maksih pak

  113. saya setuju dengan bapak, seharusnya kita bangga dengan bahasa indonesia. Bahasa Indonesia mempunyai keunikannya sendiri. Selain itu, sebaiknya kita mengajari turis-turis bahasa Indonesia agar bahasa Indonesia lebih dikenal secara Internasional.

  114. saya setuju dengan omjay.Kita harus bangga dengan bahasa indonesia.Apalagin anak2 jaman sekarang itu tidak bisa berbahasa indonesia dengan baik.Sekarang banyak orang orang yang menggunakan bahasa inggris.Memang tidak apa2 sih belajar bahasa asing.Tapi kan,kita harus bangga dengan bahasa kita sendiri.Heheh:D πŸ˜€

  115. setuju pak kita harus bangga dengan bahasa indonesia.tapi,kita juga harus belajar bahasa inggris karena bahasa inggris adalah bahasa internasiional dan paling banyak di gunakan di dunia.

  116. saya setuju pak, tapi walaupun bahasa inggris adalah bahasa internasional, kita perlu juga untuk mementingkan bahasa indonesia karena itu adalah bahasa kita. Dan ttg sekolah RSBI, mungkin bukan maksud mereka dalam menomor 2 kan bahasa indonesia di pendidikannya, tapi mungkin sudah tujuan mereka agar siswa2 tsb dapat meneruskan pendidikan di luar negri (sekolah internasional) dan makianya mereka sedikit lbh menonjolkan bahsa internasional tsb, tp bukan berarti mereka membelakangkan bhs indonesia,pak:)

  117. wah betul sekali, kita seharusnya lebih mementingkan Bahasa Indonesia daripada Bahasa inggris , namun kita tetap harus belajar Bahasa inggris karena itu adalah bahasa international

  118. sebenarnya kita harus bangga dengan bahasa indonesia. akan tetapi karena bahas inggris yang menjadi baha internasional mewajibkan kita untuk bisa berbahasa inggris agar bisa berkomunikasi dengan masyarakat di dunia ini. Tetapi sya setuju kok kalo bapak menulis artikel ini karena bangsa indonesia banyak yang minta dianggap orang modern yang bisa berbahasa inggris akan tetapi kita juga mempunyai bahsa resmi negara kita BAHASA INDONESIA. Saya bangga kok jadi bangsa indonesia yang meliki banyak budaya dan bahasa.

  119. Bahasa Indonesia harus dibanggakan terutama untuk kita dan kemajuan bangsa kita, kita juga boleh mempelajari bahasa asing tapi jangan terlalu membanggakan, Mereka sudah maju, tinggal bangsa Indonesia yang perlu kita dukung dengan membanggakan bahasa, budaya, dll.

  120. bahasa Indonesia itu sangat penting untuk dipelajari,terutama anak-anak Indonesia generasi sekarang. mungkin banyak orang yang lebih bangga bisa berbahasa asing,tapi tidak bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. nilai bahasa Indonesia saja jarang mendapat nilai 100.atau mungkin belum pernah. jadi,banggalah terhadap bahasa kita!

  121. Saya sangat setuju dengan bapak, seharusnya kita bangga dengan bahasa kita, bahasa Indonesia. Memang sih kita harus belajar bahasa inggris atau bahasa lainnya (bahasa Internasional). Tetapi utamakanlah bahasa negara kita,bahasa Indonesia.

    Aisyah Khoirunnisa 7F 01

  122. Menurut saya, kita tidak terlalu mengarah ke bahasa Indonesia melainkan bahasa Inggris, karena bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional dan banyak website ataupun sejenisnya memakai bahasa Inggris. Sehingga kita juga harus mempelajari bahasa Inggris. Banyak sekolah juga mempelajari RSBI karena faktor tersebut.
    Tapi sebenarnya kita juga tidak boleh tidak mementingkan pelajaran bahasa Indonesia, karena itu adalah bahasa kita, Bahasa Indonesia, dan juga kita harus bersyukur karena negara kita adalah negara yg kaya juga budayanya.
    Zzz~

    Aldwin Nouvalrifqi Ismail
    Absen 002
    Kelas 7F

  123. Waah, saya setuju dengan blog bapak. Seharusnya kita bangga dengan bahasa Indonesia yang telah menjadi bahasa sehari-hari dan kita juga lahir di Indonesia. Saya bangga kok sama bahasa Indonesia, karena banyak juga bule-bule yang ingin belajar bahasa indonesia πŸ˜€ hehee

  124. saya setuju dengan pendapat bapak! seharusnya kita bangga dengan bahasa Indonesia. di sumpah pemuda saja ada “kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa satu bahasa Indonesia”

  125. Bener bgtbgt pak, harusnya kita emg bangga sama bahasa indonesia. dan terimakasih. wassalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh~

  126. setuju bgt pak, walaupun kita tdk bangga, tapi kita sebagai bangsa indonesia kita harus bangga terhadap bahasa kita, walupun kita terpisah kan oleh daerah, bahasa kita tetap satu yaitu bahasa indonesia !!!!!

  127. saya setuju banget pak kita kan bangsa Indonesia tapi kenapa kita ga bisa bangga dengan bahasa sendiri

  128. Saya setuju dengan bapak. Bahasa inggris memang menjadi bahasa internasional, tapi kita harus tetap melestarikan bahasa kita sendiri. Yaitu bahasa Indonesia.

  129. Bukannya tidak bangga dengan bahasa Indonesia. Tetapi bahasa Indonesia belum terlalu dikenal di dunia. Sehingga kita harus berusaha untuk mengenalkannya kepada dunia, dengan cara mengenalkan kepada turis yg berkunjung di indonesia. Tetapi walaupun bahasa Indonesia tidak terkenal di dunia saya tetap bangga dengan bahasa Indonesia.

  130. Saya setuju pak, walaupun di sekolah RSBI lebih mengutamakan bahasa inggris karena bahasa internasional, kita juga tetap menggunakan bahasa indonesia dalam pelajaran tersebut. Seharusnya, utamakanlah bahasa indonesia. Kita harus bangga dengan bahasa kita sendiri.

  131. saya setuju pak,walaupun sudah banyak sekolah-sekolah RSBI yang cenderung menggunakan bahasa inggris,bahasa indonesia harus tetap dipakai sebagai bahasa negara indonesia.dan bahasa indonesia juga dapat dijadikan bahasa internasional yang dipakai juga oleh negara-negara,seperti bahasa inggris. kita harus bangga menggunakan bahasa indonesia.

  132. Saya setuju pak dengan tanggapan bapapk tentang mengapa negara kita tidak mengajarkan atau mengenal bahasa indonesia kepada turis asing yang datang ke tanqah air yang kita cintai ini. semoga aja pak salah satu agent tavel melihat ini dan menerapkan pendapat bapak untuk mengajarkan turis bahasa indonesia, melestarikannya dan bangga terhadap bahasa indonesia.

  133. setuju, pak. memang sekarang masyarakat indonesia lebih sering menggunakan bahasa inggris hanya untuk terlihat keren dan menggunakan bahasa indonesia yang tidak baku. sebagai warga indonesia harusnya kita lebih baik menggunakan bahasa indonesia dengan baik benar dan bangga terhadap bahasa kita. kita juga harus mulai memperkenalkan bahasa indonesia kepada turis-turis asing agar bahasa indonesia yang sudah sepatutnya kita banggakan mulai dikenal banyak orang di dunia.

  134. Saya setuju dengan pernyataan bapaks bahwa memang bahasa itu sebagai lambang persatuan dan sebagai khas bangsa yang memilikinya dan memang sebagai murid saya juga sebenarnya kurang bangga dengan bahasa indonesia tapi setelah saya lihat blog bapak ini saya jadi sadar bahwa memang bahasa Indonesia patut dibanggakan seperti yang dicantumkan dalam sumpah pemuda bahwa bangsa indonesia mempunyai bahasa persatuan bahasa Indonesia sekian dari saya pak semoga komentar saya ini bermanfaat

  135. bahasa indonesia seharusnya memang harus dibanggakan, mengapa kita tidak membanggakan dan menghargai bahasa indonesia. semoga kita bisa membangga kan bahasa indonesia

  136. saya sangat setuju dengan bapak, karena seharusnya kita bangga menggunakan bahasa sendiri ketimbang dengan bahasa negara lain. Namun yang membuat saya bingung adalah sekarang kebanyakan siswa maupun siswi lebih “tertarik” untuk belajar bahasa inggris ketimbang belajar bahasa indonesia. Karena bagi mereka bahasa inggris terlihat lebih mudah untuk dipelajari daripada bahasa indonesia sendiri.mengapa demikian? Di Jakarta, sudah banyak sekali sekolah yang bertaraf SBI (sekolah bertaraf Internasional) jadi seluruh pelajarannya berbasis inggris dan semakin lama pasti Indonesia akan semakin maju. Lalu bagaimana nasib keum muda masa depan? masihkah mereka ingat akan bahasa “mereka” sendiri? Semoga dengan bapak menulis artikel ini, pemerintah sebaiknya memikirkan kembali dengan penerapan bahasa inggris yang lebih didahulukan ketimbang bahasa indonesia sendiri.

  137. Saya sangat setuju dengan bapak. Karena bahasa indonesia adalah identitas bahasa negara kita sendiri, jadi kita harus melesatrikannya walaupun bahasa indonesia bukanlah bahasa internasional. Kita bisa mulai melestarikannya dengan hal yang mudah seperti mengajarkan kepada turis-turis asing bahasa indonesia agar orang luar negeri pun mengenal bahasa indonesia.

  138. kita memang harus bisa berbahasa indonesia dulu karena merupakan bahasa kebangsaan kita. Baru kita belajar bahasa inggris yg dipakai secara umum di dunia.

  139. memang benar pak, hanya saja Indonesia belum terlalu dikenal oleh negara lain, dan juga Inggris adalah bahasa nasional jadi dari guru RSBI diajarkan dalam bahasa Inggris. tetapi memang indonesia didahulukan, juga karena Indonesia sudah terlihat mudah oleh WNI jadi karena itu mereka ingin tahu bahasa asing

  140. saya setuju pak.sebagai warga negara indonesia kita harus turut bangga dengan bahasa kita. meskipun sekarang banyak sekolah yang mengutamakan bahasa asing kita harus bangga karna warga asing banyak yg berlomba lomba belajar bahasa kita.

  141. Saya sangat setuju dengan bapak. Karena bahasa indonesia adalah identitas bahasa negara kita sendiri,Namun yang membuat saya bingung adalah sekarang kebanyakan siswa maupun siswi lebih β€œtertarik” untuk belajar bahasa inggris ketimbang belajar bahasa indonesia.

  142. ya pak, kita harus bangga dengan apa yang kita punya di negri kita indonesia. karena jika bukan kita generasi muda indonesia siapa lagi yang akan melestarikan bahasa indonesia. indonesia mempunyai banyak provinsi maka dari itu muncul lah bahasa yang berbeda beda, dan hanya bahasa indonesia lah yang mempersatukan bangsa indonesia. terimakasih pak atas info yang bapak salurkan kepada kami πŸ™‚

  143. setuju pak, kita memang patut bangga dengan bahasa indonesia. walaupun sekarang banyak yang lebih senang dengan menggunakan bahasa inggris, tapi kita tetap harus mengutamakan bahasa indonesia. bagaimana pun bahasa indonesia adalah identitas negara kita

  144. Ya,setuju pak! karena bahasa indonesia adalah bahssa persatuan bagi bangsa indonesia.bahkan di salah satu di universitas australia terdapat mata kuliayh bahasa indonesia.sekian comment kurang lebihnya saya mohon maaf karena kesempurnaan hanya milik allah dan kekurangan ada di saya. terima kasih pak atas infonya.

  145. setju banget, soalnya anak jaman sekarang udah terpengaruh budayaluar, seperti “sori ya” “thanks”, dan sudah jarang kita mendengar anak indonesia bicara “maaf ya” “terimakasih”. jadi kita harus mulai menghargai dan memakai bahasa indonesia. karena bahasa indonesia merupakan bahasa persatuan.

  146. saya setuju dengan tanggapan bapak. bahasa merupakan identitas kita, penunjuk diri kita sebagai bangsa indonesia. oleh karena itu kita harus menghargainya. karena tanpa adanya suatu bahasa maka kita tidak mempunyi identitas. maaf jika ada salah kata, terimakasih pak. tetap melanjutkan dan menjadi penulis profesional ya pak:-)

  147. saya setuju dengan bapak. sebagai warga negara indonesia, kita harus bangga dengan bahasa pemersatu kita yaitu bahasa indonesia. karena terdapat banyak bangsa di negara kita yg memiliki bahasa daerah mereka masing-masing, maka kita harus melestarikan bahasa indonesia sebagai bahasa pemersatu di negara kita. walaupun sekarang sekolah kita telah menjadi rsbi, tapi kita harus tetap melestarikan dan menjaga kemurnian bahasa indonesia

  148. Saya sangat setuju. memang sekarang masyarakat indonesia lebih sering menggunakan bahasa inggris dan menggunakan bahasa indonesia yang tidak baku. Memang boleh belajar bahasa asing tapi kita harus tetap bangga dengan bahasa sendiri! Teruskan profesinya ya pak!

  149. Saya setuju dengan pendapat bapak. Bahasa Indonesia memang seharusnya dilestarikan oleh masyarakat nya sendiri agar menjadi salah satu pemersatu dan identitas bangsa. Jaman sekarang, lebih banyak orang yang memakai bahasa inggris karena terkesan lebih simple dan singkat, seperti maaf ya menjadi sorry ya. Lebih baik di sekolah RSBI bahasa indonesia dengan bahasa inggris dalam pembelajaran di seimbangi saja, agar tidak mengurangi minat anak bangsa sendiri dalam mengenal dan mempelajari bahasanya. Sekian, terima kasih πŸ™‚

  150. saya sangat setuju dengan artikel yang Om jay tulis. Kita memang harus mempertahankan budaya berbahasa Indonesia dan melestarikannya diantara kemajuan era globalisasi sekarang. Dengan cara mengambil artikel-artikel dari blog murid-murid mungkin adalah ide yang sangat inovatif. Semoga bahasa Indonesia tetap jaya dan menjadi bagian dari budaya keseharian kita. πŸ˜‰

  151. Setuju bapak, seharusnya bahasa Indonesia lebih digunakan di generasi sekarang, hanya karena adanya internet (yang memudahkan mencari informasi terkini. Kita sudah jarang mendengar anak anak jaman sekarang yang mau berbicara Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Memang benar bahwa sekarang banyak anak yang sudah tidak biasa untuk menulis dan berbicara, tetapi tidak berarti bahwa mereka harus melupakan Bahasa negara mereka sendiri, dan Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu Indonesia. Terima kasih bapak atas Post yang sangat berguna ini, tetap lanjutin ya pak!

  152. Saya setuju pak, karena walaupun sekarang zaman sudah maju dan kita selalu dituntut untuk bisa berbahasa inggris bukan berarti kita harus meninggalkan bahasa indonesia, bahasa indonesia kan identitas negara dan juga peninggalan dari leluhur jadi tugas kita untuk melestarikannya,jadi ya jangan karena sekolah kita rsbi trus belajarnya pake bahasa inggris melulu kan kasian juga kalo gaada yg ngerti pak. Artikel bapak kali ini bagus sekali karena artikel ini bisa menyadarkan orang2 agar mencintai dan tidak meninggalkan bahasa indonesia:)

  153. Waaah….. Bapak! Bapak sangat benar dengan artikel di atas. memang benar sebagian dari rakyat kita sudah mulai dipengaruhi pengaruh budaya barat, terutama di bidang komunikasi. tapi pak, saya sendiri pula sudah mulai ikut terpengaruh budaya barat. saya pun sudah hmmm….. mulai lebih banyak berbicara bahasa inggris dan mungkin saya lebih sering berbahasa indonesia, tapi itu bahasa indonesia yang gaul. jadi, biasanya saya sendiri mengalami kesulitan apalagi saat tes bahasa indonesia.

    tapi, sebenarnya saya sangatlah setuju dalam belajar dan memahami betapa pentingnya bahasa indonesia itu. mari kita lestarikan bahasa dan bangsa kita. amin.

  154. saya sangat setuju sekali pak, banyak sekali orang indonesia yang memilih untuk berbahasa inggris daripada berbahasa indonesia. contohnya banyak nilai-nilai bahasa inggris yang lebih bagus daripada nilai bahasa indonesia. karena bermunculannya internet, memaksa kita untuk mengetahui bahasa inggris. hal ini disebabkan juga, orang-orang merasa keren jika bisa berbicara dengan bahasa inggris dengan lancar. kita harusnya bangga dengan bahsa nasional kita dan terus melestarikannya.

  155. Saya setuju dengan tanggapan bapak. Banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih menggunakan bahasa inggris dibanding bahasa Indonesia, sedangkan banyak masyarakat asing yang tertarik untuk belajar bahasa Indonesia. Sekarang juga banyak orang yang berbicara menggunakan bahasa Indonesia dicampur dengan bahasa asing. Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan dan juga sebagai identitas bangsa kita, oleh karena itu kita harus bangga dengan bahasa kita sendiri dan terus melestarikannya.

  156. Iya pak memang bahasa adalah citra bangsa, jadi bangsa indonesia harus bangga dan ikut melestarikan bahasa kita yaitu bahasa indonesia. tetapi kalau untuk sekolah RSBI atau SBI ya memakai bahasa inggris karena kita juga harus mengetahui dan mempelajari bahasa asing agar bisa berinteraksi terhadap orang luar negeri. Jadi kesimpulannya kita harus menggunakan bahasa indonesia tetapi jangan juga tidak mempelajari bahasa asing.

  157. waah saya setuju dengan bapak. sekarang banyak orang yang lebih suka memakai bahasa inggris. banyak juga sekolah sekolah yang memakai bahasa inggris. tetapi kita tetap harus bangga pada bahasa indonesia karena itu adalah identitas bangsa kita dan juga pemersatu bangsa kita. tetap semangat menulis ya pak!

  158. benar pa seharusnya kita menjunjung tinggi bahasa persatuan kita yaitu bahasa indonesia. tapi memang banyak warga indonesia (WNI) yang lebih bangga menggunakan bahasa lain seperti bahasa inggris.walaupun bahasa inggris merupakan bahasa internasional tetapi kita harus tetap menjunjung tinggi bahasa indonesia.

  159. setuju saya pak,sekarang banyak orang yang berbicara bahasa inggris.tidak pernah orang indonesia berbicara kepada orang asing dengan menggunakan bahasa indonesia.dan para guru menggunakan RSBI sebagai bahasa mereka pada saat belajar

  160. saya setuju dengan bapak. saat ini memang banyak sekolah yang lebih menonjolkan bahasa asing dibandingkan bahasa indoensia sendiri. saat ini jaman sudah makin maju, bahasa asing sangatlah dibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari. menurut saya bahasa indonesia, itulah yang menunjukan identitas kita dan harus lebih diseimbangakan agar posisinya tidak tergeserkan dengan bahasa asing. terus ber-posting ria pak.

  161. Saya setuju bahwa sudah seharusnya bangsa indonesia mencintai dan menggunakan bahasa indonesia dalam kehidupan sehari-hari.Karena bahasa nasional suatu bangsa dapat dijadikan identitas diri.Selain itu di era globalisasi ini banyak warga indonesia yang menggunakan bahasa asing karena trend.Oleh karena itu kita harus dapat mencontoh beberapa negara yang mencintai bahasa nasioanalnya sendiri.

  162. benar pak,kita memang harus bangga terhadap bahasa Indonesia.namun banyak orang yang lebih senang menggunakan bahasa Inggris atau bahasa asing dibandingkan menggunakan bahasa indonesia.kita harus menghargai bahasa indonesia sebagai identitas bangsa Indonesia.terimakasih infonya pak!

  163. saya sangat setuju sekali pak, banyak sekali orang indonesia yang memilih untuk berbahasa inggris daripada berbahasa indonesia. contohnya banyak nilai-nilai bahasa inggris yang lebih bagus daripada nilai bahasa indonesia. karena bermunculannya internet, memaksa kita untuk mengetahui bahasa inggris. hal ini disebabkan juga, orang-orang merasa keren jika bisa berbicara dengan bahasa inggris dengan lancar. kita harusnya bangga dengan bahsa nasional kita dan terus melestarikannya. πŸ™‚

  164. betul pak, bahasa memang sebagai penunjuk bangsa dan juga bahasa sebagai alat pemersatu bagi warga Indonesia. memang banyak warga indonesia, terutama para remaja yang lebih bangga menggunakan bahasa Inggris ketimbang bahasa tanah air sendiri di akun yang dimilikinya dan ditambah lagi banyak sekolah yang cara penyampaian pengajarannya lebih banyak menggunakan bahasa inggris

  165. benar pak,kita memang harus bangga terhadap bahasa Indonesia.namun banyak orang yang lebih senang menggunakan bahasa Inggris atau bahasa asing dibandingkan menggunakan bahasa indonesia.kita harus menghargai bahasa indonesia sebagai identitas bangsa Indonesia.terimakasih ya infonya pak!

  166. Saya sangat setuju pak! bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan yang harus dilestarikan dan identitas negara kita, Tanpa ada bahasa Indonesia maka rakyat indonesia kurang bisa bersatu karena bahasa dengan budaya masing-masing tetapi dengan bahasa Indonesia seluruh rakyat indonesia bersatu. maka mari lestarikan bahasa indonesia, Semoga dengan adanya artikel bapak ini,banyak yang menyadari pentingnya bahasa Indonesia.

  167. Saya sangat setuju dengan bapak. Bahasa Indonesia memang seharusnya dilestarikan dan digunakan sebagai pemersatu bangsa. Penggunaan Bahasa Inggris pada sekolah-sekolah RSBI/SBI memang baik tetapi semestinya tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa yang dominan. Semestinya Bahasa Indonesia tetap digunakan sebagai bahasa yg dominan agar para siswa-siswi dapat lebih mengenal dan bangga kepada bahasa tanah airnya sendiri.

  168. saya setuju dengan bapak. Harus dari sekarang Indonesia harus lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia. walaupun bahasa Inggris bahasa Internasional, kita tetap harus menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari. semoga dengan bapak menulis ini, warga Indonesia akan lebih mencintai bahasa Indonesia.

  169. saya setuju sekali dengan bapak, karena kita harus bngga dengan bahasa indonesia, karna bahasa indonesia adalah bahasa kita

  170. seharusnya kita bangga dengan bahasa Indonesia karena itu adalah bahasa pemersatu bangsa kita sayangnya orang-orang indonesia tidak bangga dengan bahasa indonesia. bahkan sekolah-sekolah menerapkan sistem RSBI sehingga murid-murid lebih banyak menggunakan bahasa inggris dibandingkan bahasa indonesia hal itu dapat secara pelan-pelan bangsa indonesia melupakan bahasanya sendiri

  171. saya setuju dengan tanggapan bapak, karena jika bahasa indonesia tidak ada berati bangsa indonesia juga tidak ada
    makanya kita harus melestarikan hingga sampai menjadi bahasa internasional

  172. Saya setuju dengan bapak, karena bahasa indonesia merupakan pemersatu negara. Kita memang perlu belajar bahasa Inggris, karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, tetapi jika terlalu banyak berbahasa Inggris, bahasa indonesia jadi kurang dikenal oleh negara asing, dan negara indonesia tidak akan maju.

  173. Saya sangat setuju dengan bapak, banyak orang indonesia yang lebih menyukai berbicara dengan bahasa inggris karena terdengar lebih “keren”. Mudah-mudahan informasi yang bapak berikan di atas dapat membuat kita terbiasa dengan bahasa indonesia dan bangga terhadapnya.

  174. Betul pak, Bahasa merupakan identitas suatu bangsa, tanpa adanya suatu identitas, kita tak akan dikenal. Maka banggalah kita dengan bahasa kita sendiri, yakni Bahasa Indonesia.
    Terimakasih, wass, sekian

  175. bahasa indonesia emg bahasa yg lumayan terkenal pak..dan juga salah satu bahasa tersulit yg dipelajari..tapi katanya bahasa indonesia peringkat 3 di situs-situs terkenal kayak wordpress.com dan disebut sebagai national of twitter karena banyak ttww berasal dari indonesia..artinya banyak netter bearasal dari indonesia

  176. Menurut saya, kita yang hidup di indonesia harap bangga dengan bahasa kita sendiri. Saya yakin beberapa anak di indonesia sering menggunakan bahasa asing, dan itupun juga pasti berguna untuk dewasa kita nanti. Tetapi sebagai anak indonesia, kita harap menggunakan bahasa kita sendiri. Karena bahasa kita adalah identitas kita.

  177. bahasa Indonesia adalah salah satu bukti bahwa Indonesia adalah negara yang satu. semua rakyatnya berbeda tapi tetap satu dengan satu bahasa. masalahnya banyak rakyat yang tidak bangga dengan bahasa Indonesia. bahasa Indonesia sebaiknya tetap digunakan sebagai bahasa sehari-hari. supaya rakyatnya bangga dengan bahasa sendiri bukan bahasa negara lain

  178. Saya setuju dengan bapak kalo kita harus bangga dan melestarikan Bahasa Indonesia kepada turis-turis yang datang kesini. Tetapi saya kurang setuju kalau program RSBI itu menyedihkan. Karena, saat ini bahasa yang paling dikuasai dunia adalah Bahasa Inggris. Dan kalau kita tidak belajar dari sekarang, kita akan kesusahan dilain waktu.itu pendapat saya loh pak.hehe

  179. Betul banget Pak, harusnya kita bangga sama bahasa sendiri dan membantu menyebarkan bahasa sendiri juga lebih sering memakai bahasa sendiri daripada memakai bahasa asing walaupun bahasa asing juga perlu. Sekolah – sekolah RSBI/SBI harusnya juga lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia karena kita tetap harus melestarikan bahasa sendiri.

  180. Saya sangat setuju pak. Kita harus bangga dengan bahasa Indonesia, karena Bahasa Indonesia adalah bahasa kita sendiri. Kita boleh saja mempelajari bahasa asing untuk menambah ilmu pengetahuan kita, tetapi kita tentunya harus menguasai bahasa kita sendiri terlebih dahulu. Walaupun sekarang sekolah-sekolah banyak yang menerapkan sistem RSBI&SBI, kita sebagai warna negara Indonesia sudah seharusnya bangga dengan negara kita sendiri.

  181. saya setuju dengan tanggapan bapak. Menurut saya bahasa Indonesia merupakan identitas kita dan harus dilestarikan sebagai pemersatu bangsa. walaupun kita memang perlu belajar bahasa inggris sebagai bahasa Internasional tetapi jika kita terlalu sering berbahasa inggris, bahasa indonesia menjadi kurang dikenal oleh negara asing. karena itu kita perlu bangga dengan bahasa kita sendiri yaitu bahasa Indonesia.

  182. saya setuju dengan bapak kita harus bangga dengan bahasa indonesia karena itu adalah bahasa kita seperti di sumpah pemuda”berbahasa satu bahasa indonesia”

  183. saya sangat setuju dengan bapak belakangan ini memang banyak sekali warga negara indonesia yang kurang bangga dengan bahasa indonesia dan malah lebih menggunakan bahasa asing memang bahasa asing itu sangat penting untuk masa depan tetapi bukan berarti bahasa indonesia tidak penting jadi kita tetap harus menyamai pentingnya bahasa indonesia dengan bahasa asing jugaa

  184. Saya setuju dengan bapak, walaupun sistem RSBI itu bagus, tetapi kita tetap harus bangga terhadap bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia merupakan bahasa kesatuan negara kita Indonesia

  185. saya sangat setuju bapak memang betul orang indonesia lebih sering berbicara pakai bahasa asing. seharusnya tidak boleh karena kita rakyat indonesia harus berbicara dengan bahasa kita sendiri. kalau ingin berbicara pakai bahasa asing boleh saja tapi pada saat tertentu saja tidak harus selalu.

  186. saya setuju dengan bapak. karena dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, dapat menumbuhkan semangat nasionalisme yang lebih tinggi seperti yang kita ketahui selama ini bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu bangsa. sejarah pun membuktikan hal ini, seperti dalam perumusan naskah Pancasila yang menggunakan bahasa Indonesia walaupun para perumus naskah Pancasila berasal dari daerah yang berbeda-beda. selain itu juga pada Sumpah Pemuda yang berbunyi “Kami Putra Putri Indonesia berbahasa satu, bahasa Indonesia”. maka dari itu, agar bangsa kita tidak terpecah, seharusnya kita harus lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa kesatuan dan harus ada kebanggaan dalam diri kita untuk memakainya dalam kehidupan. karena, jika hanya dipakai dalam kehidupan sehari-hari, namun tidak ada rasa kebanggaan dalam diri kita, maka sia-sialah usaha kita untuk terus melestarikan bahasa Indonesia.

  187. emang tuh orang Indonesia lebih memilih berbicara bahasa gaul seperti Bahasa Inggris harusya sebagai warga negara Indonesia harus berbicara bahasa Indonesia agar negara Indonesia maju dan dikenal oleh bangsa lain

  188. Setuju, Pak. Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan. Dengan bahasa Indonesia, kita bisa bercakap-cakap dengan warga NKRI dengan mudahnya. Namun terkadang, bahasa Indonesia disalah artikan sehingga menjadi buruk.
    Di samping itu, mempelajari bahasa Inggris tidak salah juga. Karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan untuk berbicara dengan warga asing dan juga untuk menambah pengetahuan.

  189. Bukannya tidak bangga dengan bahasa Indonesia. Tetapi bahasa Indonesia belum terlalu dikenal di dunia. Sehingga kita harus berusaha untuk mengenalkannya kepada dunia, dengan cara mengenalkan kepada turis yg berkunjung di indonesia.

  190. Saya setuju dengan bapak, menurut saya masyarakat Indonesia saat ini tidak bangga dengan bahasanya sendiri. Ditambah lagi dengan program RSBI, padahal Indonesia belum siap dengan program itu, terlebih SDM yang belum terbiasa dengan bahasa asing. Lebih baik jika belajar berbahasa daerah agar tidak punah.

  191. Assalamualaikum, Wrb.
    Saya stuju sekali dengan artikel om jay yang satu ini. Memang sudah seharusnya kita bangga karena bisa mengusai bahasa Indonesia. Tetapi, masih banyak masyarakat yang sangat tidak bangga dengan bahasanya. Mengapa kita tidak bisa bangga dengan bahasa Indonesia?

    Kita harus bangga dengan Bahasa Indonesia. Seperti orang perancis yang sangat bangga dengan bahasa perancis sampai-sampai Setiap turis asing yang melancong ke negerinya akan diarahkan untuk mengenal, dan mengerti bahasa Perancis. Tapi apakah bangsa kita seperti itu? Maka dari itu kita pun harus banggas dengan bahasa indonesia

    Tanggapan saya mungkin karena banyak masyarakat yang mengikuti trend ataupun gengsi yang besar. Namun saya tetap setuju dengan sekolah yang bertaraf Internasional atau RSBI. mungkin karena Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa yang digunakan oleh banyak orang. Dan yang menjadi bahasa utama bila ada suatu rapat ataupun perkumpulan yang dilakukan oleh beberapa negara. Salut deh sama Om Jay yang udah bahasin ginian (y)
    Wassalamualaikum, Wrb.

  192. Ya,setuju pak! soalnya bahasa indonesia itu harus dipublikasikan ke internasional. agar bahasa indonesia layak di internasional. sekarang lebih banyak menggunakan bahasa inggris. agar turis yang melancong ke negri kita harus, ajarkan bahsa indo.. karena bangsa yang baik adalah bangsa yang menghargai bahasanya

  193. saya setuju dengan apa yang bapak tulis. kita memang sudah seharusnya bangga dengan bahasa Indonesia karena dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dapat memperkokoh negara kita. bahasa asing memang diperlukan, tapi ada saatnya kita sebagai rakyat Indonesia yang baik menggunakan bahasa Indonesia dengan baik. bahkan disekolah pun ada beberapa anak yang mendapatkan nilai yang lebih tinggi pada pelajaran bahasa Inggris dibandingkan dengan bahasa Indonesia. terlebih lagi dengan adanya sistem RSBI dibeberapa sekolah. dengan adanya sistem RSBI sendiri itu mengajarkan kita untuk terbiasa berbicara bahasa Inggris. seperti yang sudah saya katakan bahwa bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya memang perlu untuk kita kuasai hanya saja apa salahnya kalau kita sebagai rakyat Indonesia menggunakan bahasa Indonesia. dan malah dengan adanya sistem RSBI itu malah ada beberapa pelajar yang tidak mengerti pelajaran yang diajarkan.

    saya harap rakyat Indonesia bisa lebih bangga dengan bahasa Indonesia.

  194. Saya setuju pak! Bahasa Indonesia memang penting dan harus kita banggakan karena itu bahasa negara kita. Bahasa Inggris juga penting, tapi kita juga harus menonjolkan bahasa indonesia juga. Para remaja jaman sekarang juga harus mengrurangi penulisan dengan bahasa gaul dan alay yang membuat mereka kurang baik menulis dalam bahsa indonesia yang baik dan benar.

  195. Saya setuju dengan om Jay karena bahasa itu sangat penting, bahsalah yang memepersatu bangsa dan bahasa lah yang membiarkan kita bisa berkomunikasi satu sama lain, tanpa bahasa, sama saja tak ada negara, dan karena itu bahasa sangat penting

  196. Saya setuju dengan bapak, karena bahasa indonesia merupakan pemersatu jadi kita harus selalu menggunakan bahasa indonesia bukannya malah lebih senang menggunakan bahasa asing.Menggunakan bahasa Indonesia adalah bentuk kecil kita mecintai Indonesia yang sangat bermanfaat sekali bagi negara memang kita juga perlu belajar bahasa inggris karena bahasa inggris adalah bahasa internasional tetapi kita harus lebih menjunjung dan harus lebih sering memakai bahasa indonesia.

  197. Iya saya setuju pak, kita harus bangga dengan bahasa Indonesia. Walaupun sekarang anak-anak Indonesia biasanya diharuskan belajar B.Inggri karena bahasa.Inggris sebagai bahasa internasional

  198. Saya setuju bahwa sekarang kebanyakan orang indonesia yang banyak menggunakan inggris(termasuk saya :3) Seharusnya sebagai bangsa Indonesia kita harus bangga terhadap bahasa sendiri.Dan juga dikembangkan di dunia internasional :3 ya….mungkin g terlalu ‘big’ tp ya….lumayanlah~

  199. Betul pak, menurut saya bahasa indonesia harus lebih diutamakan. Memang bahasa asing seperti bahasa inggris juga penting, tetapi bahasa indonesia jauh lebih penting karena merupakan bahasa sehari-hari dan bahasa persatuan negara indonesia. Dan kita harus bangga terhadap bahasa indonesia.

  200. Artikel bapak ini memang pantas untuk didukung dan disetujui.selain mengenalkan bahasa Indonesia kepada warga asing kita juga harus melestarikannya dengan cara tetap menggunakan bahasa Indonesia dalam setiap kegiatan pembelajaran baik di sekolah negeri ataupun sekolah RSBI dan sekolah bertaraf internasional.saya juga setuju dengan Arvin Hanggara dan Yusuf Rabiultsani pak.

  201. Setuju sekali pak, kita memang harusnya bangga dengan bahasa Indonesia, mungkin di sekolah-sekolah RSBI dan SBI yang lebih diutamakan bahasa Inggris karena itu adalah bahasa Internasional, tapi kita juga perlu untuk menggunakan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Menurut saya harusnya penggunaan bahasa Indonesia lebih diutamakan dibanding bahasa asing. Kita sebagai warga Indonesia harus bangga dengan bahasa kita sendiri.

  202. Saya setuju dengan pendapat Om Jay mengenai rasa bangga masyarakat Indonesia dengan bahasa Indonesia. Padahal, bahasa Indonesia adalah bahasa yang digunakan sebagai bahasa pemersatu bangsa. Sudah semestinya kita bangga dengan bahasa kita ini. Padahal, dibanding dengan bahasa lain, Bahasa Indonesia adalah bahasa yang mudah untuk dipelajari.

  203. Saya setuju dengan bapa. Bahasa indonesia merupakan alat pemersatu bangsa, tanpa bahasa indonesia kita akan sulit untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang berbahasa daerah. Untuk itu kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga dengan bahasa Indonesia itu sendiri. Akan tetapi kita juga harus tetap mempelajari bahasa inggris karena bahasa inggris merupakan bahasa Internasional yang banyak digunakan di negara-negara lain. Ataupun bahasa-bahasa negara lainnya untuk menambah ilmu pengetahuan.

  204. memang menyedihkan karena seringkali orang indonesia sendiri tidak memakai bahasa indonesia untuk percakapan sehari-hari, dan saat ini banyak sekolah-sekolah yang menggunakan bahasa inggris sebagai sarana pembelajaran, maka kita harus melestarikan bahasa kita dan bangga terhadap bahasa kita

  205. setuju pak, banyak bangsa indonesia saat ini yang sudah banyak meninggalkan/ sudah tidak mencintai bahasa persatuan kita ini. jadi dengan artikel bapak ini mudah-mudahan banyak bangsa kita ini yang lebih mencintai bahasa indonesia. dengan menerapkan nya secara baik.

  206. saya setuju pak,artikel bapak ini memang pantes untuk didukung. selain mengenalkan bahasa indonesia kepada warga asing kita juga harus melestarikannya dengan cara menggunakan bahasa indonesia di sekolah maupun di luar sekolah. dan kita juga tidak boleh malu kepada orang asing

  207. saya sangat setuju.karna bahasa suatu negara akan menggambarkan negara tersebut. sebagai negara indonesia seharusnya kita bangga karna bahasa kita berbeda dengan bahasa bahasa internasional yang kebanyakan menggunakan bahasa inggris.

  208. Saya setuju dengan usul bapak ..Sayapun mendengar kabar dari teman saya di jakarta pusat bahwa di sekolahnya jika upacara bendera merah putih tidak menggunakan bahasa.indonesia ataupun bilingual tetapi menggunakan bahasa.inggris sepenuhnya ..Saya menilai dan seharusnya harus di gantikan dengan bahasa.Indonesia agar warga negara kita bisa membawa bahasa.Indonesia maju dan lebih unggul dari bahasa.Inggris

  209. saya setuju pak. bukan hanya di daerah eropa saja, negara-negara di Asia juga banyak yang berusaha mengenalkan budaya mereka. tak bisa dipungkiri bahwa sekarang, bahasa inggris memang sangat dibutuhkan. akan tetapi, kita tetap harus bangga dengan bahasa indonesia. semoga semua warga indonesia juga berpikiran seperti ini, agar kita bisa bersama-sama berusaha mengenalkan budaya indonesia ke dunia international

  210. saya sangat setuju pak, sangat mengecewakan kita, sebagai warga negara Indonesia tidak bangga dengan bahasanya sendiri. Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang termasuk bahasa yang jarang dipelajari. Bagaimana mau dipelajari kalau warga nya saja tidak bangga dengan bahasa negara nya sendiri? dengan itu saya sangat setuju dengan artikel ini. sangat bermanfaat!

  211. saya sangat setuju dengan tanggapan bapak tentang artikel ini. Banyak sekali orang Indonesia yang mengaku bahwa dirinya mencintai negara Indonesia termasuk bahasa Indonesia. tetapi pada kenyataannya orang-orang yang mengaku bahwa dirinya mencintai bahasa indonesia tetap saja memilih bahasa inggris sebagai alat komunikasinya. walaupun bahasa inggris adalah bahasa internasional, bukan berarti kita harus meninggalkan bahasa indonesia. selain itu, saat ini banyak sekali orang indonesia termasuk remaja menggunakan bahasa indonesia yang tidak baik. di bidang pariwisata pun para pemandu wisata kebanyakan menggunakan bahasa inggris untuk memandu wisata para turis asing. seharusnya kita tetap menggunakan bahasa indonesia yang baik untuk kehidupan sehari-hari supaya kita bisa bangga terhadap negara indonesia. πŸ™‚

  212. Setuju pak, menurut saya kita harus bangga terhadap bahasa Indonesia. Kita juga harus mengenalkan bahsa Indonesia kepada bangsa asing. Kebanyakan sekolah RSBI menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Seharusnya kita lebih mengutamakan bahasa indonesia dalam proses belajar.

  213. saya sangat setuju pak. karena supaya lebih terkenal, kita harus memperkenalkan bahasa kita (bahasa indonesia) kepada setiap turis asing yang datang ke indonesia. jadi negara kita bisa jadi terkenal di dunia

  214. Assalamu ‘Alaikum Wr. Wb.
    Pada masa kini, memang banyak orang Indonesia yang menggunakan Bahasa Indonesia yang kurang baku, terutama dalam percakapan. Tetapi ada saatnya kita harus memakai Bahasa Indonesia yang benar – benar baku dalam percakapan, terutama dalam percakapan dengan orang asing yang sudah cukup menguasai Bahasa Indonesia. Ketika saya baca di surat kabar “Kompas”, salah satu artis Indonesia, berbicara dengan orang Australia. Orang tersebut berkata ‘workshop”, tetapi justru orang Australia yang berbicara bersamanya tidak mengerti, mereka taunya, lokakarya. Itu menandakan saya sangat setuju dengan pendapat Om Jay.
    Wassalamu ‘Alaikum Wr. Wb.

  215. Saya setuju dengan bapak, walaupun bahasa inggris merupakan Bahasa Internasional, kita harus tetap bangga dengan Bahasa Indonesia, karena merupakan bahasa kita sendiri. Seperti negara Prancis yang memang bangga akan bahasa nya sendiri, sampai turis yang datang pun diarahkan untuk bisa mengenal, dan mengerti bahasa Perancis.

  216. seharusnya kita memang bangga terhadap bahasa kita ‘bahasa Indonesia’ bahasa yang mempersatukan warga indonesia dalam berbagai daerah. belum tentu suatu negara memiliki satu bahasa. mempelajari bahasa negara lain memang bagus tapi bahasa Indonesia tidak boleh terlupakan. semoga di masa yang akan datang negara Indonesia jauh lebih baik.

  217. saya setuju dengan bapak karena akhir akhir ini banyak anak Indonesia tidak bangga menggunakan bahasa indonesia padahal mereka adalah anak indonesia dan harusnya walaupun sekolah bertaraf internasional sekalipun tetap harus menekankan bahasa indonesia ketimbang bahasa inggris

  218. menurut saya kita harus bangga dengan bahasa indonesia,karena bahasa indonesia adalah bahasa nasional kita.seharusnya kita mengikuti negara-negara eropa seperti perancis,karena mereka bangga dengan bahasa nasional mereka.dan saya harap indonesia bisa seperti negara perancis yang bangga dengan bahasa nasional nya.

  219. saya setuju pak! walaupun sekolah kita RSBI, kita harus tetap membanggakan dan mempelajari bahasa indonesia. mungkin saja orang orang bilang kita pintar jika bisa berbicara bahasa asing, memang betul, tapi kita tidak boleh mengabaikan bahasa kita sendiri! πŸ˜€

  220. Sangat mengecewakan sekaligus menyedihkan bahwa bahasa Indonesia dianggap tidak sekeren bahasa asing lainnya. Padahal, bahasa Indonesia itu sendiri merupakan bahasa pemersatu bangsa dan bahasa negeri kita. Kalaupun bahasa Indonesia itu sendiri dianggap terlalu baku dan tidak seluwes bahasa asing lainnya, berarti bahasa Indonesia haruslah lebih dimengerti. Jika bahasa Indonesia telah dimengerti dan dipahami, kita bisa membawanya menjadi bahasa Internasional selain bahasa Inggris. Karena itu, banggalah pada bahasamu sendiri ^^

  221. Saya sangat setuju dengan bapak mengenai kebanggaan kita terhadap bahasa Indonesia. Terkadang, orang lebih memilih menggunakan bahasa asing untuk terlihat lebih keren. Padahal, belum tentu dia berbahasa asing dengan benar. Bahasa asing seperti bahasa Inggris memang digunakan untuk membantu kita saat pergi ke luar negeri agar dapat bertanya tentang jalan, karena jika menggunakan bahasa Indonesia pasti orang-orang itu tidak akan mengerti. Tetapi saat berada di negeri sendiri mengapa tidak untuk menggunakan bahasa Indonesia.
    Bahasa Indonesia juga bukan sekedar untuk bahasa sehari-hari tetapi juga untuk pemersatu bangsa jika pergi ke daerah-daerah terpencil yang menggunakan bahasa daerah mereka. Kita memang harus berbahasa indonesia dan bangga terhadap itu.

  222. Artikel ini sangat bagus, pak. Bahasa Indonesia sebenarnya tidak terlalu susah untuk dipelajari, apalagi jika bangsanya bangga dengan bahasa ini, pasti lebih semangat lagi untuk mempelajarinya. Bangsa Indonesia zaman sekarang lebih suka ngobrol dengan bahasa inggris ketimbang bahasa Indonesia karena mereka menganggap, bahasa inggris lebih gaul dari pada bahasa Indonesia.

  223. Saya sangat setuju pak dengan artikel ini,karena kita harus bangga dengan bahasa indonesia.sebagai warga negara indonesia sebaiknya kita menggunakan bahasa indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

  224. saya setuju pak, meskipun bahasa inggris memang penting tetapi tidak ada salahnya untuk cinta dan bangga memakai bahasa indonesia. tetapi saya juga setuju dengan adanya sekolah RSBI karena, belajar dan menggasah bahasa inggris sangatlah penting untuk cita2 umuran seperti kami yang biasanya tinggi

  225. Betul sekali itu pak! Sebagai Warga Indonesia kita seharusnya bangga terhadap Bahasa Indonesia. Saya setuju dengan pemikiran bapak dalam artikel ini. Mungkin orang-orang berfikir kalau bahasa orang lain lebih keren dari bahasa Indonesia, lebih bagus dan menarik. Maka dari itu, kita harus terus mengembangkan Bahasa Indonesia, yang tidak kalah menarik, seperti yang bapak bilang tadi. B-)

  226. kita harus lebih menghargai bahasa Indonesia dengan lebih sering berbahasa Indonesia dan membantu orang luar berbahsa indonesia. RSBI menurut saya hanya harus dikurangi karena dengan program tersebut kita meninggalkan bahasa indonesia, tapi bila dihapuskan akan mengurangi kebiasaan berbahasa inggris dan lebih susah untuk mecari pekerjaan.

  227. saya setuju pak, bahasa indonesia harus dilestarikan. kita harus bangga dengan bahasa sendiri. Memang bahasa inggris juga penting, tetapi bahasa indonesia lebih penting karena merupakan bahasa sehari-hari dan bahasa persatuan negara indonesia.

  228. saya setuju pak, sebagai warga indonesia yang baik kita seharusnya bangga dengan semua yang dimiliki indonesia. bahasa, budaya, dll. walaupun kita bisa bahasa negara lain, tapi kita harus tetap menghargai dan mengembangkan bahasa indonesia. ;D B-)

  229. Iya, saya setuju sama Omjay. Banyak orang-orang Indonesia yang sudah menggunakan bahasa inggris di kehidupan sehari-hari. Tapi alangkah baiknya kita tetap memprioritaskan bahasa indonesia. Di jaman sekarang banyak orang yang lebih memprioritaskan bahasa inggris dan bahasa indonesia dianggap sepele. Di jejaring sosial pun hampir orang-orang sudah fasih menggunakan bahasa inggris. Memang sih susah karena sudah banyak siaran tv dari luar yang sudah banyak disiarkan di indonesia. Maka dari itu, walaupun sudah banyak bahasa-bahasa asing yang datang ke indonesia kita tetap harus memprioritaskan bahasa indonesia! <3

  230. Saya setuju pak. Bahasa Indonesia sbg bahasa pemersatu bangsa maka dari itu kita harus melestarikannya dan tetap bangga terhadap bahasa kita sendiri. Walaupun sekarang orang-orang lebih banyak yg berminat memakai bahasa Inggris tetepai kita sbg warga Indonesia harus tetap melestarikan bahasa Indonesia dan lebih mengutamakannya dlm berbicara, proses belajar dll. Karena bahasa Inggris hanya sbg bahasa Internasional.

  231. ya benar pak bahasa indonesia harus lebih di prioritaskan lagi oleh warga negara indonesia. tetapi bukan berarti harus menghapus bahasa inggris di indonesia juga karena bahasa internasional tersebut juga berperan penting di kehidupan kita

  232. iya juga ya pak…tapi harusnya kita bangga dong!
    ya memang seharusnya kita mulai dari diri sendiri…
    kita harus mencintai dan menghargai bahasa umum seluruh nusantara ini.budaya kita saja disukai dunia..kenapa bahasa tidak dibanggakan?ayo kita mulai berbahasa indonesia dengan baik dan benar!!maju Indonesia!!!!

  233. Kita malu pake bahsa Indonesia apalagi bahasa daerah ya…..

    Pak,kalau di India bahasa pengantar untuk tingkat sd dan smp kelas 1 s.d 10 pake bahasa daerah masing-masing negara bagian. Kalau pre university kelas 11 dan 12 belas pake bahasa inggeris dan bahasa daerah, bahkan di universitas bahasa daerah masih di pake juga…. Bahkan bahasa kantor pemerintahaan pun pake bahsa daerah dan bahasa Hindi. English juga dipake secara umum…

    Jawab:

    Seharusnya kita meniru india ya pak yosep. Gimana kuliahnya? Semoga cepat selesai ya menmba ilmu di negeri mahatma gandhi

    Salm
    Omjay

  234. Kenapa orang harus malu pake bahasa indonesia ya…

    saya juga bingung pak, saya sering kok pake bahasa indonesia walaupun bahasa indonesia yang tidak baku, kalau kita malu memakai bahasa indonesia, gimana bahasa indonesia jadi bahasa dunia?

    kita tidak boleh malu memakai bahasa indonesia dong… kan itu bahasa kita sendiri… kalau mau bahasa indonesia jadi bahasa dunia, kita tidak boleh malu.. kan senang kalau bahasa indonesia jadi bahasa dunia… I Love Indonesia foREVer….

  235. Saya setuju pak ,kita harus berbangga dengan bahasa kita.Namun kita juga harus menguasai bahasa inggris sebagai bahasa internasional , sehingga kita bisa go international.

    Pak , ini alamat blog saya Hanif-revano.blogspot

  236. iya benar pak bahasa indonesia harus lebih di prioritaskan lagi oleh warga negara indonesia. tetapi bukan berarti harus menghapus bahasa inggris di indonesia juga karena bahasa internasional tersebut juga berperan penting di kehidupan kita. tapi dengan adanya program RSBI bahasa indonesia menjadi seperti dihapuskan oleh bahasa inggris. oke keep posting pak

  237. Menurut saya, benar apa yang telah bapak tuliskan itu. Zaman sekarangf ini generasi muda bangasa Indonesia memang lebih senang menggunakan bahasa Inggris / asing ketimbang menggunakan Bahasa Indonesia. Memang banyak yang tidak berfikir sejauh itu. Menurut saya tulisan ini sangat bermanfaat jika dibaca olegh seluruh masyarakat. Hal ini dapat menimbulkan kesadaran pada masyarakat Indonesia untuk memperkenalkan Bahasa Indonesia ke era Internasional. Bahwa tidfak hanya tempat wisata seperti Bali, seni seperti batik, angklung dan tari saman. Dan tak hanya Rendang dan Nasi Goreng yang dikenal masyarakat Internasional. Tapi juga bahasa tercinta kuta ini. Bahasa Indonesia. Seperti juga Isi sumpah Pemuda, Bahsa yang satu bahasa Indonesia πŸ™‚

  238. saya setuju dengan bapak. kita harus cinta dengan bahasa indonesia karena bahasa indonesia merupakan bahasa persatuan negara indonesia.sistem RSBI yang digunakan di sekolah kurang tepat karena lebih mengutamakan bahasa inggris dibanding bahasa indonesia. siapa tahu bahasa indonesia dapat mendunia dan dikenal oleh bangsa lain seperti bahasa inggris.

  239. Wah saya setuju sekali pak. Menurut saya kita sebagai warga negara Indonesia seharusnya bangga dengan bahasa kita, bahasa Indonesia. Tetapi kita juga harus menguasai bahasa Inggris juga karena itu bahasa internasional yang suatu saat akan berguna bagi kita

  240. Saya sangat setuju pak, walaupun sekolah RSBI
    bahasa Indonesia harus tetap dibanggakan dan diutamakan
    tetapi juga bahasa internasional tidak harus dihapus.

  241. Saya sangat setuju dengan bapak, karena kebanyakan anak anak di Indonesia kurang bangga dengan bangsa dan bahasa mereka sendiri, sehingga menggunakan bahasa internasional… Untuk membuat mereka bangga dengan bahasa Indonesia, kita perlu memperkenalkannya ke dunia Internasional, dengan langkah awal yaitu melestarikan Bahasa Indonesia

  242. iya benar pak, seharusnya kita lebih cinta berbahasa indonesia seperti yang bapak bilang. sekarang kebanyakan pada lebih giat belajar bahasa baru dibanding belajar bahasa indonesia. padahal bahasa indonesia itu adalah bahasa utama negara kita. dengan adanya program RSBI, membuat kita lebih berbahasa inggris dibandingkan berbahasa indonesia. program RSBI membuat anak lebih banyak mempelajari pelajaran dengan bahasa inggris dibandingkan dengan bahasa indonesia.

  243. artikel ini sangat bagus pak, bahasa indonesia memang harus dikembangkan.
    saya juga setuju kalau pembelajaran lebih menonjolkan bahasa indonesia dari pada bahsa inggris.

  244. Saya sangat setuju dengan Om Jay. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih tentu juga berpengaruh pada kehidupan sosial suatu bangsa. Hal positif dari globalisasi adalah kita dapat memperkenalkan budaya kita, termasuk bahasa Indonesia kepada dunia internasional sehingga tentu dapat menarik turis untuk berkunjung ke Indonesia. Namun disaat bersamaan, justru bahasa kita sendiri mulai dilupakan, karena pemerintah menganggap bahwa generasi muda harus menguasai bahasa internasional agar lebih maju, yang berakibat bahasa Indonesia dikesampingkan.
    good posting pak:D

  245. artikel ini sangat bagus pak, bahasa indonesia memang harus dikembangkan.
    saya juga setuju kalau pembelajaran lebih menonjolkan bahasa indonesia dari pada bahsa inggris.

    ini blog saya pak, saffanahsn.blogspot.com

  246. Saya setuju pak, karena masih banyak orang indonesia yang kurang atau bahkan sama sekali tidak bangga dengan bahasa sendiri. Tidak kurang juga orang indonesia yang masih belum bisa berbicara bahasa indonesia, karena terbiasa dengan bahasa daerahnya sehingga menganggapnya kurang penting. Meskipun hal ini termasuk permasalahan yang harus diperhatikan, tetapi tidak ada salahnya juga jika kita fokus ke bahasa inggris, karena bahasa inggris adalah bahasa yg dapat diterima internasional.

  247. saya sangat setuju dengan bapak karena sebagai warga negara indonesia kita seharusnya bangga pada bahasa indonesia karena bahasa indonesia merupakan bahasa persatuan negara kita.tapi kita juga harus bisa berbahasa inggris karena itu bahasa internasional yang akan digunakan oleh kita suatu saat nanti.

  248. Saya setuju pak. Sebagai warga indonesia kita harus bangga dengan bahasa kita sendiri. Saya sendiri bingung kenapa banyak orang yang tidak bangga bahkan malu memakai bahasa indonesia. Seharusnya sekolah RSBI/SBI pemakaian bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia harus seimbang agar kita tetap bahasa Indonesia tetap terjaga

  249. artikel ini sangat bagus pak, sebenarnya bahasa indonesia memeng susah tapi kalau sudah dipelajari menjadi tidak susah. apalagi jika bangsa ini bangga terhadap bahasanya sendiri. pasti pelajaran bahasa indonesia tidak menjadi susah

  250. Benar pak, seharusnya bahasa Indonesia lebih diterapkan dipembelajaran sehari-hari, meskipun budaya serta globalisasi yang membuat siswa dituntut agar mahir dengan bahasa Inggris agar dapat bersaing dengan negara lain, tetapi kita tetap tidak boleh meninggalkan Bahasa kita, bahasa negara kita yang kita cintai!

  251. saya setuju dengan postingan bapak, sebagai warga negara indonesia kita semestinya mendukung bahasa kita sendiri supaya bisa lebih dikenal oleh bangsa lain dan mungkin bisa go international. tetapi belajar bahasa lain juga bukan berarti kita tidak bangga terhadap bahasa indonesia.

  252. Setuju sekali pak! Kita seharusnya bangga dengan bahasa indonesia. Bahasa kita itu termasuk simple dan gampang untuk dipahami. Saya bangga dengan bahasa Indonesia. Bahasa ini yang mempersatukan bangsa ini. Tapi bahasa international juga harus di latih untuk bersosialisasi dengan warga negara lain

  253. saya setuju pak, kita sebagai warga negara indonesia harus bangga dengan bahasa indonesia karena bahasa indonesia juga bagian dari budaya bangsa indonesia kita juga harus mendukung bahasa indonesia agar dikenal oleh negara lain di dunia. artikel yang bagus pak, dukung terus bahasa indonesia

  254. ya benar pak, seharusnya kita lebih cinta berbahasa indonesia seperti yang bapak bilang. sekarang kebanyakan pada lebih giat belajar bahasa baru dibanding belajar bahasa indonesia. padahal bahasa indonesia itu adalah bahasa utama negara kita. dengan adanya program RSBI, membuat kita lebih berbahasa inggris dibandingkan berbahasa indonesia. program RSBI membuat anak lebih banyak mempelajari pelajaran dengan bahasa inggris dibandingkan dengan bahasa indonesia.

  255. saya setuju dengan bapak. kita harus cinta dengan bahasa indonesia karena bahasa indonesia merupakan bahasa persatuan negara indonesia.karena dengan bahasa indonesia,indonesia bisa bersatu dan mudah untuk berkomunikasi

  256. memang benar pak, bahasa indonesia memang harus dilestarikan karena jika tidak bisa – bisa kita tidak memakai bahasa persatuan lagi (bahasa indonesia). Lagipula bahasa indonesia adalah bahasa persatuan. jadi, kita harus melestarikannya untuk bangsa

  257. saya setuju dengan post mengenai bahasa indonesia ini. karena,bagaimanapun juga kita sebagai warga negara indonesia harus membuiasakan menggunakan bahasa indonesia dengan baik. Dengan kebiasaan itu, bahasa indonesia bisa sepopuler bahasa inggris bukan?

  258. setuju sekali dengan artikel ini. apalagi mengenai sekolah rsbi. selain menyebabkan ketidakbanggaan kita terhadap bahasa kita, itu juga menyebabkan terhambatnya penerimaan informasi dalam kegiatan belajar mengajar. belajar dengan bahasa inggris memang bagus, tp seharusnya tidak mengenyampingkan bahasa indonesia.

    Disalah satu sekolah di jakarta, anak-anaknya diwajibkan berbahasa inggris sehari-hari dan tidak diperbolehkan berbahasa indonesia. malah di hukum jika ketahuan berbahasa indonesia. walaupun mungkin maksud sekolah ini agar murid-muridnya mahir berbahasa inggris, tetapi murid bisa-bisa menyimpulkan bahwa berbahasa indonesia itu tidak patut dibanggakan. hal ini menyebabkan anak-anak generasi indonesia malu jika menggunakan bahasa indonesia. apa yang akan terjadi dengan bahasa indonesia jika generasi sejak dini ditanamkan akan ketidakbanggaan terhadap bahasanya sendiri? mungkin di masa depan orang-orang yang berbahasa indonesia dianggap orang-orang rendahan. sekali lagi, saya sangat setuju dengan bapak. Lestarikan bahasa indonesia!

  259. saya setuju pak ! karena walau kita bersekolah di luar negri atau tinggal di luar negri padahal kita adalah bangsa indonesia kita tetap harus bangga menggunakan bahasa indonesia karena bahasa indonesia sangat khas dan jarang di gunakan oleh bangsa lain!!

  260. betul tuh pak! kita harus terus melestarikan bahasa nasional kita. jangan biarkan bahasa luar mengalahkan bahasa kita sendiri walaupun kita harus belajar bahasa asing agar dapat bersosialisasi dengan orang dari negara lain.

  261. saya setuju pak. kita harus bangga dengan bahasa Indonesia. walaupun penggunaan bahasa Inggris juga penting, kita tidak bisa menomerduakan bahasa Indonesia. saya juga setuju dengan pengenalan bahasa Indonesia kepada turis-turis asing agar bahasa kita bisa dikenal di seluruh dunia.

  262. Saya setuju pak mengapa kita harus tidak bangga kepada bahasa negara kita sendiri yaitu bahasa Indonesia walaupun sekolah taraf Internasional perlu memakai bahasa inggris artinya itu bukan kita tidak cinta bahasa indonesia seharusnya kita tambah mencintai negeri kita dan mencoba membawa “Bahasa Indonesia” ke dunia internasional

  263. yo…. bener pak seharusnya kita lebih menonjolkan bahasa indonesia dibanding bahasa inggris pak…. kita harus menghargai bahasa indonesia yang sudah dibuat oleh pahlawan-pahlawan bangsa ini yang telah gugur di medan perang

  264. setuju banget pak. kita memang harus bangga terhadap bahasa kita sendiri. lagipula indonesia kaya akan bahasa daerahnya. sebagai generasi penerus, kita harus melestarikan bahasa indonesia ini. πŸ˜€

  265. Menurut saya, itu betul banget pak! Banyak juga orang sekarang yang menggunakan bahasa inggris dan tidak mengakui alias tidak bangga dengan bahasa indonesia. Yaa mungkin maksudnya untuk belajar berbahasa inggris tapi bahasa indonesia jangan dilupakan. Mungkin faktor budaya luar yang sedang deras-derasnya masuk ke Indonesia menjadi faktor utama dilupakannya bahasa Indonesia. Seharusnya, boleh saja berbahasa inggris, tapi gunakanlah bahasa indonesia dengan baik dan benar dalam berkomunikasi sehari-hari, cara itu dapat melestarikan bahasa indonesia. Malu dong sama negara lain yang menjunjung tinggi bahasa di negaranya sendiri πŸ˜‰

  266. Saya setuju dengan artikel ini karena zaman sekarang, sudah banyak sekolah-sekolah dan orang Jakarta yang sering mengutamakan bahasa inggris daripada bahasa indonesia. Banyak sekali orang yang mengikuti kursus bahasa inggris tetapi sedikit sekali orang yang ingin mendalami bahasa indonesia dengan mengikuti kursus. Memang pada zaman globalisasi ini, kita harus dapat menguasai bahasa inggris. Tetapi, kita tidak boleh melupakan bahasa indonesia dan harus tetap bangga dengan bahasa indonesia.

  267. Saya setuju pak! Karena kita harus terus melestarikan bahasa kita. Apalagi, Bahasa Indonesia harus kita gunakan dengan baik. Sedangkan bahasa asing, itu boleh saja dipakai, karena bahasa asing itu perlu dan dapat menambah ilmu pengetahuan.

  268. Saya setuju sekali pak, memang harusnya kita bangga terhadap bahasa kita sendiri, Bahasa Indonesia. Bukannya malah menggunakan bahasa Inggris lebih banyak ketimbang bahasa Indonesia. Bila kita seniri tidak mau melestarikan bahasa kita, siapa lagi?
    -Maulidia in Bening, 7D, 23-

  269. Bahasa inggris memang bagus untuk berkomunikasi antar negara internasional namun kita juga harus mencintai bahasa indonesia… Selain itu, saya juga mau kalau disuruh memperkenalkan bahasa indonesia kepada dunia karena bahasa indonesia nggak kalah kerennya dari bahasa-bahasa lain yang ada di dunia πŸ™‚

  270. betul pak, nggak cuma bahasa aja, malah banyak rakyat Indonesia yang kerja untuk negara lain. blog bapak menyadarkan banyak orang. terus bikin blog bermanfaat pak!

  271. saya setuju pak.. sekarang banyak sekolah yang mengembangkan rsbi.. meski begitu bahasa indonesia tidak boleh di lupakan..

  272. betul omjay,kita harus bangga pada negara kita dan ada juga yang tidak mau mengakui kalau dia orang indonesia.padahal indonesia kaya akan bahasa loh..Jadi kita harus melestarikan indonesia maupun bahasa atau bangsa πŸ˜€

  273. Menurut saya,memang boleh berbahasa inggris,tetapi kita juga harus bangga dengan bahasa kita sendiri,bukannya malah lebih mencintai bahasa asing,dan bahkan benci atau tidak suka dengan bahasa kita sehari-hari.Selain itu,dengan lebih mencintai bahasa asing bisa juga lebih mencintai negara lain dan benci negara sendiri. Walaupun memang negara kita sedang banyak masalah dan semakin dipenuhi masalah. Tapi walaupun begitu bukan berarti tinggal sedikit orang-orang di negeri kita ini yang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi,masih banyak yang berdiri tegak demi indonesia.

  274. yap!! kita harus bangga sama bahasa indonesia!! tapi kalo sekolah RSBI ya emang harus bahasa inggrisnya yang lebih menonjol-_- pokoknya kita harus bangga sama bahasa indonesia!! huehuehue~

  275. Bahasa asing itu dibutuhkan pak, tetapi, Bahasa Indonesia harus tetap kita lestarikan dan kita gunakan dengan baik.

  276. saya setuju dengan blog bapak. sehrusnya kita lebih mencintai bahasa kita sehari – hari (bahasa indonesia) ketimbang bahasa orang asing (bahasa inggris )

  277. saya setuju dengan bapak. mustinya kita harus cinta dengan bahasa indonesia karena bahasa indonesia merupakan bahasa persatuan. sistem RSBI di sekolah kurang tepat karena mengutamakan bahasa inggris dibanding bahasa indonesia. siapa tahu bahasa indonesia dapat mendunia dan dikenal bangsa lain seperti bahasa inggris

  278. Saya setuju sekali pak! Seharusnya bahasa yang ditonjolkan adalah bahasa indonesia, agar kita bangga dengan bahasa kita sendiri. Tetapi kita juga harus mempelajari bahasa internasional, sebagai sarana komunikasi dengan warga negara lain.

  279. Kita harus bangga dengan bahasa Indonesia. Setiap bangsa punya bahasa. Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki bahasanya sendiri. Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki bahasa nasionalnya sendiri.Karna itu setiap warga negaranya harus bangga terhadap bahasanya.

  280. Saya sangat setuju dengan artikel bapak ini πŸ˜€ memang bahasa indonesia itu penting dan harus dilestarikan, kita harus lebih mencintai bahasa dan budaya negeri sendiri dibandingkan negara lain, negara lain membutuhkan kekayaan alam indonesia! Menurut saya Indonesia ini memiliki beragam bahasa sehingga patut mendapat jempol dari negara lain πŸ˜€ ayoo omjayy terus nge blog!:D

    Salam buat, Omjay B-)

  281. Saya setuju jika indonesia menjadi negara yang bisa menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa yang wajib digunakan di indonesia disamping bahasa resmi atau bahasa pemersatu yaitu bahasa Indonesia

    GO BILINGUAL???

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.