Posted on: October 13, 2011 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 6

Dibalik Suksesnya Amprokan Blogger 2011

Foto by Dian Kelana
Foto by Dian Kelana

Teman-teman pembaca yang berbahagia. Buat anda yang mengikuti kegiatan amprokan blogger di bekasi, pada 17-18 September 2011 lalu, pasti tahu kalau acara AB2011 berjalan sukses dan lancar. Padahal ketua panitianya dirawat di rumah sakit, karena terkena demam berdarah. Ketua panitia itu adalah saya sendiri. Alhamdulillah, amprokan blogger terus berjalan dengan baik, walaupun ketua panitianya terbaring di rumah sakit.

Menkominfo, Pak Tifatul Sembiring
Menkominfo, Pak Tifatul Sembiring (foto by Dian Kelana)

Saya buatkan sedikit catatan kecil untuk teman-teman komunitas blogger bekasi (beblog) yang sangat luar biasa. Semoga menjadi pembelajaran penting buat komunitas blogger lainnya dalam mempersiapkan acara. Kebersamaan itu indah, dan alangkah indahnya bila kita melakukan sebuah kolaborasi.

Para Pembicara Amprokan Blogger 2011 (Pak Nukman, Pak Onno, dan Pak Anggara) Foto by Dian Kelana
Para Pembicara Amprokan Blogger 2011 (Pak Nukman, Pak Onno, dan Pak Anggara) Foto by Dian Kelana

Berikut tulisan saya untuk mereka teman-teman beblog di milis panitia.

Teman-teman beblog yang Omjay sayangi, dan banggakan.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.


Alhamdulillah AB2011 yang diselenggarakan tanggal
17-18 September 2011 berjalan dengan sukses dan lancar. Tentu sebagai penyempurnaannya kita harus membuat laporan dan liputannya agar menjadi gambaran nyata untuk amprokan blogger tahun 2012.

Oleh karena itu, kini saatnya kita menyelesaikan laporan kegiatannya. Terutama yang ada hubungannya dengan masalah keuangan. Sebab kita akan melaporkannya kepada pihak sponsor agar mereka mau menjadi sponsor lagi di Amprokan Blogger tahun 2012 yang akan datang. Kita akan mengundang kembali teman-teman blogger dari seluruh Indonesia.

Foto Bersama Teman-teman Blogger di Jababeka Cikarang
Foto Bersama Teman-teman Blogger di Jababeka Cikarang

Meskipun saya terbaring di rumah sakit karena demam berdarah, ab2011 tetap berjalan dan dipimpin oleh pak Rawi (Wakil Ketua). Terus terang saya bangga, dan merasa senang dengan kerjasama tim temen-teman beblog yang bahu membahu dalam mensukseskan acara ab2011. Teman-teman beblog tetap bekerjasama dalam mensukseskan acara meskipun ketuanya terbaring lemah di rumah sakit mitra keluarga bekasi barat. Bahkan saya baca postingan bang

Dian Kelana, Amprokan blogger jalan terus, meski Omjay sakit.
Spesial terima kasih kepada ketua beblog mas Aris Heru Utomo. di sela-sela tugas di beijing China masih terus memberikan saya semangat utk memberikan motivasi agar AB2011 dapat berjalan dengan baik. Bahkan ketika saya mengajukan pengunduran diri karena alasan kesehatan, mas Aris langsung terus memberikan saya semangat, dan mengantar saya pulang ke rumah setelah rapat persiapan ab2011 di BCP. Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada mas Aris atas kepercayaannya. Saya pun serasa menjadi blogger yang naik kelas, karena ab2011 ini.Terima kasih pula saya ucapkan kepada mas eko S HP, wakil ketua beblog yang telah memberikan dana talangan ketika dana dari sponsor belum cair. Saya sempat stress juga di rumah sakit ketika mendengar kabar dari pak Rawi bahwa dana sponsor dari indosat keluar bertahap, dan tidak langsung cair 50 juta. Alhamdulillah berkat dukungan mas eko, kekhawatiran masalah dana dapat kita tanggulangi bersama. Hal yang lebih spesial dari mas eko adalah liputan amprokan blogger yang selesai lebih dulu dari temen-teman beblog lainnya. Setidaknya ketika saya berada di rumah sakit dapat membaca liputan ab2011 lengkap dengan foto dan videonya. Sungguh luar biasa! walaupun saya tak menyaksikan secara langsung, saya serasa ada di sana.

Terima kasih pula saya ucapkan kepada penasehat beblog yang montok mas Amril. Lewat kerja kerasnya yang tiada henti, pak Munawar Fuad dapat ditaklukan eh didekati, dan mas Amril langsung dengan penuh cekatan mempersiapkan acara dan tempat di Jababeka Cikarang. Saya ucapkan terima kasih banyak sehingga kita bisa melihat kembali pohon yang ditanam oleh para blogger tahun lalu. Tulisan mas amril yang lengkap menjadi obat buat saya yang tak bisa hadir di saat acara. Sebenarnya di hari kedua saya sdh siap hadir, tetapi istri melarang dan memarahi saya, karena saya belum sehat bener dan harus kontrol ke dokter. Biaya rumah sakit sebesar 8 juta rupiah akan terbuang percuma kalau saya sakit lagi. Alhamdulillah, biaya sebesar itu sdh docover oleh asuransi manulife.

Spesial terima kasih tak lupa saya ucapkan kepada mbak Ajeng yang sudah menyusun acara ab2011 dengan sangat baik. Mampu mendatangkan pembicara atau nara sumber yang hebat dan dihadiri oleh pak menteri Tifatul Sembiring pula. Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada mbak ajeng yang pandai dalam menyusun acara seminar dan sarasehan sehingga dapat berjalan dengan lancar. Juga mampu bekerjasama dengan internet sehat sehingga kita dapat memperkecil biaya untuk transportasi teman-teman blogger dari daerah.

Terima kasih kepada mbak Mira yang penuh semangat menjenguk saya di rumah sakit. Mari kita selesaikan lpj keuangannya, dan semoga kita bisa memberikan honor untuk kepanitiaan ab2011 dengan adil. Lewat kecekatan ibu rumah tangga yang satu ini dan berani nyupir sendiri pula ke bandung saya ucapkan terima kasih banyak kepada mbak Mira. Liputannya di blog mbak Mira yang serba pink mengingatkan saya kepada anak kedua saya berlian yang suka sekali dengan warna pink. Dari lubuk hati yang terdalam saya ucapkan terima kasih kepada mbak Mira yang telah mengelola keuangan kepanitian ab2011 dengan sangat baik. jangan lupa usai kegiatan kita laporkan kepada bendahara beblog.

Terima kasih tak terhingga kepada mbak anggi dan mbak Indah Juli yang dengan bersusah payah mau menjadi sekretaris ab2011. Terima kasih atas kerjasamanya dan mari kita selesaikan lpj ab2011 ini dengan baik. Kita jilid rapi, dan serahkan kepada pemkot bekasi dan para sponsor yang sdh mendukung acara ini dengan baik. Terutama untuk pemkot bekasi agar mau menjadi sponsor kegiatan ab2012 yang akan kita laksanakan. Terima kasih banyak saya ucapkan kepada mbak anggi dan mbak Indah Juli. Mohon maaf kalau tugas sekretaris dalam hal surat menyurat terpaksa saya ambil langsung karena saya tahu kesibukan mbak anggi dan mbak indah Juli. Berkas-berkas surat dan proposal sdh tersimpan rapi di laptop saya. Mohon data peserta yang hadir di saat kegiatan ab2011 disimpan dan jangan sampai hilang. Sebab ini akan kita lampirkan dalam LPJ ab2011.

Spesial terima kasih pula saya ucapkan kepada 2 anak muda ganteng yang dengan setia menemani saya ke sponsor utama indosat dan pemkot bekasi. Mereka adalah ilham dan yuli yang dengan setia menemani saya malam-malam di ancol, dan kita pulang larut malam, lalu makan nasi uduk di kincan kali malang. Bahkan mereka berdua sahur dan menginap di rumah saya. Oleh karena itu saya ucapkan terima kasih kepada dua pasangan muda ini. Bila saya tak bisa pergi, ilham dan yuli menjadi dua kaki saya yang membuat persiapan acara ab2011 berjalan dengan lancar. Terutama di saat terakhir ilham datang ke rumah, dan menyerahkan lpj keuangan ab2010 yang harus disetorkan kepada ibu murni. Di tengah jalan saya terpaksa kembali ke rumah karena sudah mulai meriang. Ilham dengan penuh cekatan mengantarkan lpj itu ke pemkot bekasi, dan kembali lagi ke rumah saya untuk mendampingi pergi ke agency indosat yang ada di sudirman. Kita bertiga dengan pak rawi langsung berangkat siang itu juga dengan mobil panther pak rawi.

Terima kasih banyak saya ucapkan kepada pak rawi, wakil ketua panitia ab2011. Di saat saya meriang, dan sdh tak kuat lagi berdiri, bahkan untuk berwudhu pun saya hanya bisa tayamum. pak rawi di saat yang tepat mampu menggantikan posisi saya sebagai ketua panitia dengan sangat baik sehingga acara ab2011 dapat berjalan sesuai dengan harapan kita. Saya ucapkan terima kasih banyak kepada pak Rawi yang telah mengantarkan saya ke poliklinik Jatibening, dan mampu bersabar berjam-jam menunggu hasil laboratorium. Kalau saja pada saat itu saya tak diantar pak rawi, mungkin nyawa saya sudah lewat karena trombosit saya pada saat itu cuma 23.000. Besoknya ketika dibawa istri ke rumah sakit mitra keluarga, trombosit saya bahkan turun cuma 13,000. Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada mas rawi yang telah mengantarkan saya ke poliklinik di jatibening. Kini trombosit saya sdh normal 158.000 dan langsung terbang ke bali mengikuti kegiatan para ilmuwan di bidang pendidikan.

Tak kalah seru saya ucapkan kepada jawara beblog bang kokom. Saat-saat indah kita survei ke muara gembong dan menikmati ikan bakar masih ada di dalam memori otak saya. Semoga kita bisa pergi ke mangrove lagi dan melihat langsung ikan melompat sendiri dan tak perlu dipancing. Terus terang saya ingin sekali melihat suasana matahari terbenam, dan melihat burung-burung berkumpul di pohon mangrove. Sayang suasana itu belum kita dapatkan karena kita belum sempat menginap di muara gembong. Semoga kita bisa menyusun acara khusus untuk wisata mangrove ini.

Terima kasih kepada mas yulef yang dengan penuh ketelatenan membantu membongkar proposal ab2011, dan pergi ke indosat dengan sandal jepit. Namun berkat kehadiran mas yulef itulah mas srondol telepon saya, dan terus berkembang sampai kita mendapatkan dana 50 juta setelah di acc mas Kris. Jasa mas yulef juga luar biasa dalam pembuatan desain di seksi perlengkapan. Oleh karena itu saya ucapkan terima kasih banyak. Bahkan saya dengar kabar adik mas yulef meninggal di Tambun sehari sebelum acara ab211 karena demam berdarah. Saya pun menjadi teringat dengan teman di sebelah saya yang meninggal jam 4 subuh karena trombositnya yang semakin terus menurun dan tidak ada makanan atau minuman yang masuk ke tubuhnya. Untunglah istri saya tercinta selalu memaksa saya untuk banyak minum ketika terbaring di rumah sakit. saya ucapkan terima kasih banyak keada bang dian kelana yang telah memposting kondisi saya ketika berada di rumah sakit. Gak nyadar kalau di foto, hehehe.

Terima kasih banyak kepada mas ferdi dan yandi dari teman-teman ibote yang telah membantu pesiapan acara ini dengan baik. Kaosnya bagus, dan saya suka warnanya. Lain kali bila bikin kaos kita langsung belanja saja di pasar tanah abang, dan biayanya bisa lebih murah. Dulu saya pernah beli 300 kaos untuk kegiatan di sekolah labschool dan istri yang ikut menemani saya belanja kaos di pasar tanah abang. lalu setelah itu kita sablon sendiri ke tukang sablon yang ada di pondok gede. Sayang saya sakit, dan gak bisa mengerjakan pembuatan kaos sendiri. Oleh karena itu saya ucapkan terima kasih banyak atas segala upaya mempersiapkannya.

Terima kasih kepada mbak Umi kamilah dan mbak Irma susanti di seksi konsumsi. Alhamdulillah kita dapat bantuan makan siang dan malam dari pemkot bekasi sehingga kita dapat memperkecil pengeluaran di seksi konsumsi. Saya ucapkan terima kasih atas waktu yang diberikan. Gara-gara ngurusin konsumsi, anak-anak di rumah jadi korban ditinggalkan para mamanya untuk mengikuti acara ab2011. Saya baca status mbak irma di facebook yg minta maaf kepada buah hatinya. Oh sweet saya terharu membacanya.

Kepada mas inu dan pak dian kelana yang suka cari muka alias moto saya ucapkan terima kasih. Ditunggu dokumentasi foto-fotonya untuk ditampilkan di lpj ab2011. juga kepada dzi Mizwar yang mendokumentasikannya lewat video. ditunggu film ab2011nya. Jadi ingat ketika teman-teman ibote datang ke bandung malam-malam lalu mati listrik pula. Kita ngobrol di bandung cukup lama sambil menikmati gorengan bandung.

Terima kasih saya ucapkan kepada mas lanang yg sudah menemani di survei pertama ke muara gembong yang jauh. Juga menemani ngomong dengan mas kris di indosat. peran mas lanang juga gak kalah seru. Lebih seru lagi mas uda irfan yang selalu hadir di saat tepat di milis beblog dan juga bbm. Meskipun uda irfan belum sempat tampil secara langsung di dunia nyata (saya bahkan belum lebaran sama mas irfan, hehehe), tapi ide cerdasnya sangat membantu saya dalam berbagi pekerjaan kepanitiaan.

Juga kepada kang harun yang selalu cool menemani kami. Terima kasih sdh bisa siaran di radio dakta, dan mengantarkan kami buka puasa di samikuring utk bertemu pak munawar fuad. Jasa dan budi baik kang harun semoga dibalas oleh Allah. Juga mas bene yang diam-diam menghanyutkan. Gak banyak ngomong dalam mencari tranportasi bus untuk para peserta ab2011. Terima kasih mas bene.

Juga tak kalah seru buat mas vavai dan mas yulyanto. Meskipun jarang nongol di dunia nyata, namun selalu online ada di dunia maya memberikan semangat dan solusi ketika panitia mengalami problem. Juga buat mas Breadley yang sudah membantu pembuatan form pendaftaran secara online di temublogger.com saya ucapkan terima kasih.

Pak Ipul, mas haryadi, pak dahli, pak munif, ibu juli, ibu betti, dan ibu siti aisyah dari igi bekasi yang datang kemudian memperkuat kepanitiaan saya ucapkan terima kasih.

Kepada teman-teman beblog dan ibote yang mungkin belum tersebutkan khususnya mbak ratu, mbak devi, dan mbak ady yang masih sibuk sehingga belum sempat bergabung di acara ab2011. Semoga tahun depan bisa bersama lagi.

Bila nanti lpj keuangan, dan laporan kegiatan selesai dilaporkan, rencananya saya ingin membubarkan kepanitian di restoran sami kuring cikarang. Kenapa tempat ini saya ambil? Biasa supaya dapat harga khusus dari mas wisnu sehingga duit beblog gak kepake terlalu banyak, karena masih ada kegiatan yang akan kita lakukan seperti wisata mangrove dan pelatihan blog.

Saya berharap di bulan oktober hari Sabtu tanggal 30 oktober 2011 kita bisa bisa melaksanakan pelatihan blog untuk para guru di bekasi. Mas yulef sdh siap menjadi POnya, dan pak dahli ahmad dari IGI Bekasi sdh siap dengan pasukannya. Rencananya ada 50 orang guru yg siap dilatih oleh trainer dari beblog di Islamic Center Bekasi atau tempat sekolah lainnya. Kita masih mencari tempat yg cocok dan strategis agar mudah dihadiri oleh para guru yg ikut pelatihan.

Teman-teman panitia AB2011
Teman-teman panitia AB2011

Saya juga berharap akan ada pelatihan blog untuk mahasiswa yang dipegang oleh ilham dan yuli sebagai POnya. Semoga ibote siap menjadi panitianya. Insya Allah indosat siap menjadi sponsor. Apalagi bila ibu-ibu rumah tangga sanggup mengadakan pelatihan ngeblog untuk ibu rumah tangga. Saya sih berharap mbak mira dan mbak Irma siap jadi POnya. istri saya langsung saya daftarkan agar juga bisa ngeblog seperti saya. Sayapun akan menghubungi ibu Murni dan Ibu Sri agar dapat melaksanakan pelatihan blog untuk para pegawai pemkot di ruang serba guna pemkot bekasi. Saya sendiri siap jadi POnya.

Akhirnya, saya harus mengucapkan terima kasih banyak kepada teman-teman beblog yang dengan penuh semangat tinggi mensukseskan acara amprokan blogger 2011. Semoga Allah membalas jasa baik anda semua. i love you all, dan semoga kita dapat terus bekerjasama dalam suka maupun duka di komunitas blogger bekasi yang akan terus menembus tapal batas.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Salam Blogger Persahabatan
Omjay
https://wijayalabs.com

Categories:

6 People reacted on this

  1. saya yang sedih om jay… ga bisa hadir di kegiatan tersebut padahal sudah jauhh2 hari pasang badan.. sayangnya, mendekati tanggal tersebut bungsu saya (26 bulan) panasnya tinggi… saya juga siaga 1, cemas DBD.. Alhamdulillah, tidak sampai begitu…
    besar harapan saya pada AB yang akan datang saya bisa terlibat…

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.