Posted on: March 31, 2011 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 3

Cara Baru Menulis Efektif (New Version)

Cara Baru Menulis Efektif Ala Omjay
Cara Baru Menulis Efektif Ala Omjay

Banyak orang bingung untuk menulis, khususnya menulis yang efektif. Bagi saya yang sudah menjadi seorang blogger, menulis efektif itu ada caranya. Caranya sangat berbeda dari kebanyakan orang. Saya menyebutnya cara baru menulis efektif. Mau tahu caranya?

Aha, caranya mudah saja. Buka langsung postingan dasboard kamu, lalu segera saja menulis apa yang anda lihat atau apa yang ada di pikiran. Tuliskan tanpa beban dengan tujuan yang sudah anda siapkan. Bila menulis tanpa beban, maka kamu akan dengan sendirinya menulis apa yang dilihat, dan apa yang didapat. Didapat dari membaca atau didapat dari melihat kondisi sekitar. Banyak hal di sekitar yang bisa dituliskan.

Cara baru menulis efektif (new Version) ini belum banyak diterapkan di sekolah-sekolah kita. Guru bahasa Indonesia masih terbentur dengan peraturan ilmu menulis. Akhirnya, banyak guru yang hanya bisa menyuruh peserta didiknya menulis, tetapi dia sendiri tak bisa menulis. Ibarat guru berenang, tetapi dia sendiri gak bisa berenang. Wah gawat deh!  Bisa kelelep dong?

Tips cara menulis efektif yang biasa saya lakukan sebagai seorang blogger adalah:

  1. Tuliskan saja apa yang ada di depan mata.
  2. Tentukan tujuan untuk apa kamu menulis.
  3. Siapa yang kamu tuju untuk pembaca tulisanmu itu?
  4. Pesan apa yang ingin kamu sampaikan kepada pembaca?
  5. Biarkan jari jemarimu menari menyelesaikan irama nada dalam otakmu
  6. Simpan dulu, jangan langsung diposting. Berpikirlah sebelum memposting.
  7. Buka kembali tulisanmu, baca kembali perlahan-lahan.
  8. Tambahkan beberapa kata atau kalimat efekif yang membuat pesanmu sampai
  9. Simpan kembali, dan jangan dulu di publish. Cek kembali apa pesanmu sudah sampai ke pembaca.
  10. Buka kembali, dan baca dengan hati-hati sekali lagi tulisanmu, lalu bila sudah yakin pesanmu sampai, maka klik posting atau publish.

Itulah cara baru menulis efektif (new Version), dan tambahkan gambar atau foto untuk mendukung tulisanmu itu. Bila pesanmu ditujukan untuk kaum muda, maka sedikitlah merubah gaya bahasamu dalam bahasa gaul anak muda jaman sekarang. Dengan begitu, pesanmu akan nyambung kepada mereka.

Salam Bloger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

3 People reacted on this

  1. Salam Om Jay
    Perkenalkan saya yang tadi sbg peserta Workshop bertempat di ST INTEN Bandung, paparan Om dengan Pa Dedi alhamdulillah saling melengkapi dan sangat inspiratif.
    Saya ingin mengikuti jejak Om yang sering menulis dan meraih berbagai penghargaan (walaupun tujuan saya bukan juara, yang terpenting enjoy dan bisa menularkan/ menyebarkan pengetahuan) masalahnya saya sangat kesulitan memperoleh kata/ kalimat yang afdol/ pas sehingga diuatu kesempatan tidak tuntas menulis suatu artikel. Apa saran Om Jay
    Sekian lain kesempatan di sambung lagi, mohon pencerahannya Om Bye Bravo semoga tambah sukses
    Wassalam

    1. kuncinya banyak membaca mas, dan berlatih menulis. Buang semua teori menulis, dan baca tulisan orang lain, maka kesulitan kata itu akan hilang dengan sendirinya. Tentu semua berproses dari kemauan kita sendiri dalam belajar menulis.

      salam
      Omjay

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.