Posted on: October 4, 2010 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 4

Setiap Manusia Memiliki Potensi Luar Biasa

Malam ini saya menyaksikan di global tv beberapa orang yang penuh percaya diri di acara Rossy . Mereka adalah orang-orang yang memiliki kekurangan dari sisi fisik (difable), tetapi mempunyai potensi yang luar biasa.

Saya terharu melihat mereka, apalagi setelah mendengar perjuangan mereka sampai seperti ini. Terus terang, sebagai seorang pendidik, saya bangga kepada mereka. Sebab di tengah-tengah kekurangan fisik mereka yang lemah, ada sebuah kekuatan dahsyat dari potensi unik yang mereka miliki.

Indonesia sangat memerlukan orang-orang seperti habibie, pak Limin, Indy, alin, dan pak yosepyang menginspirasi. Di tengah-tengah kekurangan fisik yang dialami dirinya, mereka mampu memotivasi orang lain. Mereka mampu menjadikan hidup ini bermakna. Tubuh yang abnormal membuat mereka menjadi kuat menghadapi tekanan hidup. Merekapun akhirnya memiliki potensi yang luar biasa.

Setiap manusia memiliki lebih dari satu potensi itu pasti. Berbagai penelitian sudah banyak mengungkapkannya. Tinggal kita cari saja nama-nama para peneliti itu di internet. Terkadang orang normal itu selalu sibuk dengan hal-hal yang sifatnya teknis. Terlalu takut dengan dirinya, dan tak berani mencoba. Hingga pada akhirnya, potensi yang luar biasa pada dirinya tak keluar ke permukaan.

Bagi mereka yang pengecut, masalah tidak dianggap sebagai sebuah proses, tetapi justru menjadikan mereka manusia yang pengeluh. Selalu mengeluh dengan kekurangan dirinya.

Bila kita memiliki kekurangan. Baik itu kekurangan fisik atau hal lainnya, anggap saja itu sebuah proses dalam menuju pintu kesuksesan. Kita tak perlu sekolah bila kita tak mampu mengembangkan diri kita sendiri dalam menemukan potensi diri. Sebab sekolah semestinya mampu mengembangka potensi unik para peserta didiknya. Sekolah harus menjadi tempat menyenangkan, sehingga setiap peserta didik meresa betah berada di rumah keduanya. Potensi yang luar basapun akhirnya muncul, karena para pendidik sanggup menjadi motivator bagi mereka. Guru pun sanggup menjadi seorang Socrates.

Setiap manusia itu memiliki potensi yang luar biasa. Begitulah para ahli psikologi bicara. Kini, saya lihat dengan mata kepala saya sendiri, bahwa mereka-mereka yang dianggap lemah oleh masyarakat kebanyakan, justru menjadi manusia super yang luar biasa. Menjadi manusia profesional di bidangnya dengan potensi unik yang dimikinya. saya pun kagum dengan kemampua mereka.

Saya perhatikan ketika habbie bicara dari bangku kursi rodanya. habibie adalah salah satu kompasianer yang saya temui dalam ulang tahun pertama kompasiana. Sudah banyak buku yang dibuat habibie dari hasil ngeblog di internet. Ibunya pun selalu mendampingi dengan penuh kasih sayang kemana habibie pergi. Ikut menjadi nara sumber dan memberi inspirasi kepada ibu-ibu lainnya agar tak putus asa mendapatkan anak yang abnormal.

Lalu saya perhatikan juga bagaimana seorang gadis cantik yang bernama indy. Tubuhnya tidak simetris seperti orang kebanyakan. Badannya yang ringkik membuatnya harus memakai penyangga tubuh. Tetapi siapa sangka, Indy adalah salah seorang model cantik yang terkenal, dan namanya dikenal dan terukir indah dalam dunia modeling Indonesia.

Lebih tersulut lagi ketika saya menyaksikan pak Liman yang tak memiliki kaki dan tangan yang sempurna. Beliau mampu melucu, dan memimpin sebuah tim topeng betawi. Beliau menjadi pemain sekaligus merangkap pemimpinnya. Sungguh sebuah hal yang sangat luar biasa. Apalagi setelah melihat bagaimana pakLimim melucu, dan menggerakkan tubuhnya yang tanpa kaki.

Begitu pun dengan alin dan pak yosep. Alin yang mungil dan kecil, mampu menjadi seorang event organiser yang handal, dan pak yosep yang lumpuh mampu menjadi seorang guru musik yang pandai memainkan berbagai alat musik.

Bagi saya mereka adalah para guru yang telah memberikan kepada saya tentang pelajaran hidup. Sebuah pelajaran yang tak saya dapatkan dibangku sekolah maupun kuliah. Sebab tak ada kurikulumnya.

Mereka begitu sangat menginspirasi sehingga rasanya malu hati ini bila tak berprestasi. Mereka-mereka saja yang abnormal mampu mengeluarkan potensi yang dimilikinya, mengapa kita yang memiliki tubuh normal tak bisa lebih baik dari mereka?

Pertanyaan itulah yang membuat saya merasakan betapa Allah, Tuhan yang maha pengasih, dan penyayang telah memberikan saya tubuh yang sempurna. Malu rasanya kepada Allah, Tuhan pemilik langit dan bumi bila saya tak berprestasi, dan memiliki potensi yang luar biasa.

Teaman-teman kompasiana yang saya banggakan. Malam ini saya benar-benar belajar dari mereka penyandang difable yang luar biasa. Semoga Allah, Tuhan yang Maha pemberi rezeki merahmati kalian selalu dengan berbagai kesuksesan. Sukses di dunia, dan juga sukses di akhirat kelak. Kini saatnya, saya memberikan apresiasi tinggi kepada mereka. Teruslah berjuang saudaraku. Allah boten sare.

Akhirnya, sambil meneteskan air mata saya akhiri tulisan saya ini. Semoga Allah selalu melindungi kalian dalam suka maupun duka. Ingatlah selalu bahwa manusia itu memiliki potensi luar biasa, dan kalian telah membuktikan itu. Selamat Berkarya!

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http;//wijayalabs.com

Categories:

4 People reacted on this

  1. oya, kepada pak jay yang terhormat, aku ucapkan terima kasih sudah share kisah kami disini. aku minta izin untuk share link bapak di FB aku, ya. terima kasih dan GBU.

    (indi)

  2. Trima kasih Om Jay berkenan menulis pesan dan kesan tentang sahabat Rossy, yang penuh semangat untuk meraih kebidupan lebih baik. Dengan bermacam kendala, baik keterbatasan fisik maupun fianansial serta fasilitas lingkungan yg sering tidak bersahabat.

    Keluh kesah memang tak ada gunanya, mencari solusi itu lebih manfaat. Salut pada Om Jay sebagai pendidik profesional yang sangat peduli pada lingkunan. Mari kita sama-sama menebar semangat membangun pribadi-2 yang kuat dalam mengatasi berbagai masalah berat dan ringan yg harus kita temui agar tetap berprestasi dan sukses. Tidak mudah menyerah dan putus asa. Mari kita bangun negeri menuju Indonesia nan jaya dari generasi muda dan generasi tua silahkan berikan tauladan dan karya nyata. Saya share di FB Om.

    Orang biasa yg ingin ikut bangun bangsa.
    Yang berjuang meraih sukses tanpa gelar.

    Salam Kompasiana,
    Habibie & Ibu.

    1. terima kasih bunda atas tanggapannya. saya salut sama habibie bunda. Bolehkah saya minta no.hp habibie atau bunda. bila pimpinan di sekolah saya setuju, saya akan mengundang bunda dan habibie ke labschool untuk memberikan semangat kepada para siswa labschool.

      salam
      Omjay

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.