Posted on: April 29, 2010 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 2

Duduk Termenung Di Pascasarjana

Hari-hari terakhir ini adalah hari-hari dimana aku telah menuntaskan studi S2  di program studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ. Alhamdulillah dihadapan dewan penguji aku telah dinyatakan lulus dengan nilai cumlaude. Aku pun dipromosikan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S3 untuk menjadi Doktor Pendidikan.

Bingung. itu yang ada dalam diriku saat ini. Aku duduk termenung di lobby pascasarjana UNJ. Tiba-tiba ada kakak kelas ku di pasca datang menghampiri. Beliau menanyakan kepadaku kenapa seperti orang bengong.

“Hahahahaha, rupanya kamu ketahuan lagi bengong”, begitu pikirku dalam hati.

Aku  ceritakan masalah yang ku alami pada kakak kelas ku itu yang sekarang sedang mengambil program S3.

Beliau tersenyum dan memberikan aku semangat, dan entah kenapa aku merasakan semangat yang luar biasa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Berusaha keras menggali ilmu Allah lebih dalam lagi dan mengamalkannya untuk kemajuan dunia pendidikan.

Perkataan beliau masih kuingat, bahwa di dalam kesulitan itu pasti ada jalan, dan Allah pasti mendengar dan mengabulkan doa-doa hambaNya yang bertakwa. Niatkan sekolah untuk ibadah dan bukan mencari gelar. Insya Allah, Tuhan yang Maha Memberi ilmu pengetahuan akan mengangkatmu masuk ke deretan orang-orang yang berilmu dan berpengetahuan luas di dalam al-Quran.

Duduk termenung di pascasarjana membuat aku melakukan refleksi diri bahwa hidup ini  adalah sebuah tantangan.  Hidup hanya satu kali. Kita tak boleh pasrah dengan keadaan dan niatkan semua aktivitas kita untuk mendapatkan ridho Ilahi.

Terima kasih ya Allah, Engkau telah memberikan aku kesempatan untuk bisa kuliah di perguruan tinggi. Semua itu kulalui dengan bea siswa dari pemerintah. Kini saatnya aku mengabdikan diriku pada negeri yang aku cintai ini. Memajukan dunia pendidikan sesuai dengan ilmu yang aku dalami dan kuasai.

Mohon doa dari pembaca, semoga aku bisa mengatasi segala rintangan ini dengan baik.

Aku pun harus memberikan contoh pada manusia yang lain bahwa semakin tinggi latar belakang pendidikan seseorang, semestinya semakin tinggi pulalah ketakwaanya kepada Allah SWT. Memegang teguh kejujuran dan mampu berperilaku sederhana dan mengutamakan kerendahan hati.

Ya Allah, Tuhan yang Maha Pengasih dan penyayang. Jadikanlah aku makhluk yang pandai bersyukur.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Categories:

2 People reacted on this

  1. Selamat ya Om Jay! Saya juga ingin sekali bisa sekolah S2 lalu S3. Smoga niat baik Om Jay bisa terlaksana. Amin. Oya mohon bagi2 ilmunya mgenai materi kuliah Pascasarjana di TEknologi Pendidikan UNJ,thanks,

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.