Posted on: March 25, 2010 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 13

Blog, Alat Rekam Yang Ajaib

omjayKalau dulu orang sudah memiliki email dan nomor handphone rasanya bangga banget. Tetapi sekarang ini, bila anda tak memiliki blog pribadi di kartu nama anda, rasanya orang masih menganggap anda belum menjadi orang yang gaul. Gaul dalam dunia maya yang semakin mempesona. Membuat anda mempromosikan diri sendiri dan mau untuk berbagi. Menjadikan anda selebritis di belantara internet karena kenarsisannya.

Blog, dalam perjalanan sejarahnya memang menghebohkan. Orang menganggap bahwa blog akan mati seiring dengan semakin maraknya situs jejaring sosial facebook dan twitter. Namun ternyata, itu semua justru malah mendukung blog semakin hidup dan menjadi alat rekam yang ajaib. Penulis blog  disebut narablog. Pemilik blog pribadi disebut blogger.

Blog membuat anda menjadi penulis

Blog memang alat rekam yang ajaib. Anda bisa melihat kembali tulisan-tulisan anda yang telah lalu. Menyimpannya dengan baik, dan dapat anda baca ulang ketika anda membutuhkannya kembali. Terkadang penulis menjadi GR sendiri, memuji diri sendiri, tak menyangka kalau dapat menulis seperti itu. Sebab penulis bukanlah seorang penulis terkenal seperti mas Hernowo Hasim dengan buku mengikat maknanya atau mas Andrea Hirata dengan novel best seller laskar pelanginya yang terkenal itu.

Penulis hanyalah seorang guru yang hobi ngeblog. Menjadi seorang narablog yang sering disebut BLOGGER. Mensharingkan apa saja yang ada di kepala dan membagikannya kepada semua orang yang tertarik dengan tulisan yang telah dibuat. Tak pernah terpikirkan kalau blog yang penulis kelola menjadi pemenang pertama di tingkat nasional dari Pusat Bahasa Depdiknas yang dilaksanakan dalam lomba blog balai bahasa Bandung di tahun 2009 lalu.

Sesuatu yang sangat mengharukan hati adalah ketika hadiah lomba blog itu diberikan pada saat hari guru. Sungguh sebuah penghargaan yang tak terlupakan di hari guru, dimana semua guru di Indonesia selalu merayakannya setiap tahun pada setiap tanggal 25 November yang bertepatan dengan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Blog telah membuat mata dan hati penulis terbuka untuk menjadi seorang bloger handal di era global. Menggali informasi yang terkini dari dunia nyata ke dunia maya. Membuat penulis semakin percaya bahwa blog penuh dengan keajaiban dan rezeki yang akan mengiringinya. Sehingga tak salah bila penulis meramunya dalam sebuah buku pengayaan “Yuk Kita Ngeblog!” di tingkat SMP untuk seluruh siswa di Indonesia.

Buku Yuk Kita Ngeblog Karya Omjay
Buku Yuk Kita Ngeblog Karya Omjay

Blog dan Rezeki yang Mengiringinya

Alhamdulillah, lagi-lagi blog menunjukkan keajaibannya. Naskah yang penulis tulis tentang blog, ternyata mendapatkan juara pertama di tingkat nasional dalam bidang keterampilan menulis dari Pusat Perbukuan Depdiknas tahun 2009, dan penulis pun lagi-lagi mendapatkan rezeki dari blog. Setelah sebelumnya juga menjadi finalis Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (LKGDP) di tahun 2008 dari Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga kependidikan (PMPTK) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).

Tahun 2009 adalah tahun yang nyaris tiada hari tanpa menulis. Semua kegiatan yang menarik, langsung penulis tuliskan dalam blog keroyokan di http://kompasiana.com dan membuat penulis menjadi kompasianer teraktif. Menceritakan apa yang dialami, dikuasai, dan disukai atau disenangi. Mengajak orang lain untuk juga ikut ngeblog, karena blog sangat besar manfaatnya bagi kita untuk belajar dan berlatih menulis.

Melalui teknologi web 2.0, blog menjadi lebih interaktif yang membuat kita saling terkoneksi antara blog kita dengan blog orang lain. Membuat kita menjadi lebih saling berbagi pengalaman dan pengetahuan. Pengalaman yang diperoleh secara alamiah, dan pengetahuan yang diperoleh melalui cara-cara ilmiah. Menyemarakkan khasanah ilmu pengetahuan baru yang inovatif di bidang pendidikan. Khususnya bagi para guru yang kesulitan dalam menuliskan karya ilmiahnya. Membuat guru menjadi terbiasa menulis.

Rasanya blog memang menyenangkan. Selain keterampilan menulis kita semakin terasah, kreativitas menulis kita pun ikut muncul. Kita bisa menciptakan segudang informasi penting yang sangat diperlukan oleh orang lain. Tanpa kita sadari kita telah menjadi produsen pengetahuan. Berbagi pengalaman yang bermanfaat untuk orang lain. Saling memotivasi agar kita menjadi pribadi yang super, sebuah pribadi yang selalu mementingkan kepentingan umum, dan hajat hidup orang banyak.

Iseng Ngeblog jadi buku

Blog memang alat rekam yang ajaib. Setidaknya beberapa bulan belakangan ini, penulis telah membaca kembali tulisan-tulisan penulis selama setahun lalu. Dari bulan Januari 2009 sampai dengan Februari 2010. Melakukan kaleidoskop diri dalam blog pribadi dan melakukan refleksi diri melalui blog yang dikelola secara mandiri dan bertanggungjawab. Dari refleksi itulah lahir  2 buah naskah buku baru yang berjudul, “Menjadi Blogger Handal di Era Global” dan “Guruku Menggapai Bintang” yang penulis dedikasikan untuk para siswa di SMA atau sederajat dan khalayak ramai. Dalam rangka mencurahkan apa yang ada di kepala untuk membangun manusia Indonesia yang religius, cerdas, bermartabat, mandiri, dan kompetitif di era global. Mengajarkan kepada semua orang bagaimana etika ngeblog. Mencoba menghimpun yang berserak dari kumpulan tulisan di blog keroyokan kompasiana.com dan mencoba menerbitkan buku seperti blogger senior, pak Chappy Hakim dengan buku “Cat Rambut Orang Yahudi”, dan Pak Prayitno Ramelan dengan buku “Intelijen Bertawaf”. Buku-buku yang telah diterbitkan dari hasil ngeblog yang mengasyikkan di blog kompasiana.com. Membuat penulis pun berguru pada dua Jenderal purnawirawan itu.

Akhirnya blog adalah guru yang tak pernah marah dan menjadi teman setia dalam suka maupun duka. Menjadi teman setia untuk mengumpulkan ide-ide dalam kepala. Membuat penulis perlu berguru pada Mas Romi Satria Wahono dengan 20 gaya ngeblognya dan Mas Radityadika si Kambing jantan, seleb blog kocak yang bukunya sudah difilmkan itu.

Blog memang alat rekam yang ajaib. Selamat menulis, dan mulailah isi blog pribadi anda dengan tulisan-tulisan yang bermutu. Siapa tahu ada penerbit yang terkesan, dan menerbitkan tulisan-tulisan kreatif anda. Bila sudah begitu, tanpa anda sadari blog telah memberikan anda rezeki yang tidak diduga sebelumnya. Oleh karenanya, menulislah terus setiap hari dan buktikan apa yang terjadi.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Categories:

13 People reacted on this

  1. mantap omjay… pak guru yang satu ini memang inspiratif, salut salut. Mudah2an saya juga bisa seperti omjay, proses masih berjalan..doakan ya om…

  2. Betul Pak, blog membuat kita serasa punya majalah sendiri, ditulisi, diedit, dihias, dibaca lagi oh nikmat… Apalagi kalau ada yang memberi tanggapan …berbunga-bunga hati ini.
    Om Jay kritik ya tulisan 25 Nopember yang betul 25 November, terima kasih. Terus berkarya salam guru mari kita didik anak-anak Indonesia dengan penuh semangat!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.