Posted on: January 15, 2010 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 3

Rahasia Seorang Blogger Handal

Rahasia Seorang Blogger
Rahasia Seorang Blogger

Maukah kawan kukabarkan sebuah rahasia? Sebuah rahasia yang akan membuat kawan berbeda dengan para blogger lainnya? Bila kau ingin mengetahui rahasia itu, bacalah terus tulisan ini wahai kawanku.

Aku akan bercerita singkat kepada teman-temanku, sahabat baikku yang mau membaca tulisan ini tanpa hati yang terpaksa, sebab bila engkau terpaksa atau sungkan kepadaku, maka tulisanku akan tak bernyawa dan tak akan kau temukan rahasia seorang blogger. Seorang blogger handal di era global. Mampu bersaing dengan para blogger lainnya, baik di tingkat nasional maupun internasional. Mampu bergaul dalam dunia maya maupun dunia nyata. Tidak sombong dan selalu mempererat tali persahabatan.

Sssst….. Tahukah kawan apa rahasianya? Rahasia itu terletak pada content atau isi blognya yang unik karena ketajaman pikirannya membuat tulisan itu serasa bernyawa dan menarik untuk dibaca. Tulisannya keluar dari hatinya yang bersih dan tak menyimpan iri dan dengki. Baginya blog adalah media untuk berbagi, oleh karenanya dia selalu fokus dengan apa yang dibagikannya dan kepada siapa tulisannya dibuat. Mengabarkan kepada dunia bahwa ada seorang blogger yang terus menerus menulis dengan konsisten setiap hari, dan menjadikannya menjadi terampil menulis. Dari terampil itulah lahir dari dalam dirinya sebuah kreativitas untuk menulis dan menggali informasi dari apa yang dia rasakan, dan bukan mengikuti irama koran. Surat kabar yang terbit setiap hari memberikan informasi hari ini.

Bagi seorang blogger handal,  informasi yang dilihatnya jauh lebih penting daripada berita di koran. Baginya, menggali informasi sendiri membuatnya menjadi orang yang merdeka dan terbebas dari editan tim redaksi koran yang kadang menyakitkan. Tahukah kamu apa yang menyakitkan itu? Tulisanmu tak pernah dimuat dan lalu dikembalikan kepadamu dengan berbagai alasan.

Rahasia seorang blogger handal sebenarnya sederhana kawan. Engkau gali informasi sebanyak-banyaknya dari apa yang ada di matamu, dan yakinkan diri hanya kamu yang menuliskannya dengan gaya bahasa menulismu sendiri. Dengan tata bahasamu sendiri yang mampu mengikat makna. Mengikat makna dengan rangkaian kata-kata yang menunjukkan kecerdasan dan karakter penulisnya.

Dalam blog pribadimu, ter-publish jelas apa yang kamu tuliskan dan berbeda dengan media arus utama. Kalau kamu konsisten, maka akan banyak orang yang menjadi pembaca setiamu. Selalu menunggu informasi apa yang akan kau sampaikan dan membuat mereka akhirnya berkomunikasi denganmu melalui tanggapan yang mereka ketikkan setelah mereka membaca tulisanmu yang mengagumkan itu.

Kau jadi raja atau ratu dalam blogmu sendiri, dan kau serasa jadi pimpinan redaksi blogmu sendiri. Tak kalah gengsi dengan pemred koran yang terkenal itu. Kau gaji dirimu sendiri dengan beritamu, dan kau dapatkan dolar dan rupiah dari perusahaan yang suka dengan tampilan blogmu yang ramai itu. Dengan pernak-pernik blog yang sederhana, tapi lengkap. Oleh karena itu kawan, biasakanlah menulis dengan penuh konsistensi dan komitmen yang tinggi. Mampu memberikan contoh dan keteladanan.

Kabarkan pada dunia apa yang kamu lihat!
Kabarkan pada dunia apa yang kamu lihat!

Jadikanlah blog pribadimu menjadi magnet kuat yang memiliki gelombang tarikan yang maha dahsyat sehingga mampu menyeret para blogger lainnya untuk  membaca informasi yang kau tuliskan, dan membuat mereka terpuaskan dengan tulisanmu itu yang setajam pedang.

Rahasia seorang blogger handal sebenarnya mudah saja kau lihat dan tiru. Tapi sayangnya, minatmu tak cukup tinggi untuk mengembangkan blog pribadimu menjadi sebuah blog yang menjadi sumber mata air bagi blogger lain yang haus akan informasi. Karena itu kawan, mari kita gali informasi sebanyak-banyaknya di dunia nyata dan kamu postingkan dalam dunia maya dengan gaya bahasa yang berbeda dari koran.

Koran ya koran. Dia akan tetap ada karena dikerjakan oleh orang profesional dan digaji. Sedangkan blogger harus tetap eksis untuk menyeimbangkan informasi yang berimbang dari informasi yang ada di koran.

Hanya blogger handal yang mampu melakukannya kawan dan semoga saja engkaulah yang menjadi blogger itu, mampu memberikan informasi yang berimbang dari tulisanmu yang memikat hati.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Categories:

3 People reacted on this

  1. Informasi yang saya butuhkan ada disini. kebetulan saya sedang coba tulas-tulis sesuatu di blog saya. Alhamdulillah ketemu guru blog yaitu Om Jay. Mudah-mudahan bisa membantu saya dalam menyemarakkan blog saya yang msh ‘bayi’ itu.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.