Sayangilah Jantung Anda!

HARI Jum’at pagi saya mengikuti penyuluhan kesehatan di sekolah. Temanya tentang Penyakit Jantung. Motto kegiatan ini adalah Jantung yang sehat membuat hidup berkualitas. Pembicaranya dr. Karel Doerman HS,MD. Seorang dokter ahli jantung yang sudah banyak dikenal oleh mereka yang sudah menderita penyakit Jantung. Apalagi bagi pasien Jantung yang pernah dirawat di RS. Harapan Kita Jakarta pasti dech kenal dengan beliau. Orangnya ramah dan setiap pertanyaan dijawabnya dengan tuntas.

Lewat ceramahnya itu, saya jadi takut kalau-kalau saya terkena penyakit jantung. Jantung adalah organ tubuh yang paling vital. Kalau sudah terkena akan fatal akibatnya. Dia datang dan menyerang tiba-tiba. Banyak orang meninggal karena penyakit jantung. Karena itu dr. karel menghimbau kepada kita yang hadir untuk melakukan pencegahan. Sekali lagi pencegahan.J angan sampai ada di antara kita yang terkena penyakit Jantung yang berbahaya ini. Bila anda sudah terkena, maka pengobatannya membutuhkan biaya yang tinggi, bisa seharga mobil kijang avanza baru.

Mulai sekarang sayangilah jantung anda. Rawatlah ia dengan baik. Jangan biarkan darah tak mengalir ke jantung anda dikarenakan anda mengalami pola hidup yang salah. Pola hidup orang modern yang semuanya serba remote control dan membuat orang menjadi malas bergerak. Termasuk saya. Kemajuan teknologi membuat saya kurang melakukan aktivitas fisik. Tak terasa berat badan pun bertambah dan tak ideal lagi. Mungkin ini akibat dari seringnya saya berlama-lama di depan komputer. Apalagi bila asyik baca kompas.com dan kompasiana.com. Bisa lupa kalau kita juga perlu olah raga.

Disamping itu jangan lupa pola makan. Banyak di antara kita yang tak memperhatikan pola makan. Semua makanan disantap dengan lahapnya tanpa memperhatikan apakah baik atau tidak untuk kesehatan.

Menurut dokter Karel, agar kita terhindar dari penyakit jantung kita harus:

  1. Tidak merokok, karena merokok dapat menyebabkan penyakit jantung
  2. Banyak makan sayur-sayuran berwarna hijau dan buah-buahan yang berwarna. Beliau menyarankan agar rajin makan gado-gado atau pecel dan Rujak bila mau sehat.(itu cara yang paling mudah)
  3. Kontrol kadar Kolesterol dan gua darah dengan sering memeriksakan ke dokter
  4. Berjalan kaki 3km selama 30 menit atau biasakan berjalan kaki setiap hari sejauh 3km, agar jantung kita beraktivitas dengan baik. Syukur kalau di rumah sudah punya peralatan olah raga.
  5. Hindari Obesitas dan lakukan diet alami, sehingga tubuh sehat secara alami. Sebaiknya makan kentang atau singkong dan kurangi makan nasi. Apalagi bagi mereka yang terkena diabetes.
  6. Jangan membeli sembarang obat. Perhatikan petunjuk dokter dan berkonsultasilah.

Itulah beberapa himbauan yang masih saya ingat dari dokter karel, seorang dokter ahli jantung Indonesia. Bila anda mengetahui hal yang lainnya tentang jantung mohon ditambahkan dalam kolom komentar.

Mulai saat ini Sayangilah Jantung Anda melalui pola hidup dan pola makan yang seimbang. Semoga kita dapat mempraktekkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.