Belajar dari Film Sang Murobbi dan Laskar Pelangi (1)

ust-rahmat-2
ust-rahmat-2

Hari ini saya begitu bahagia sekali karena mendapatkan pelajaran yang sangat berharga dari pemutaran film Sang Murobbi dan Laskar Pelangi. Mengapa?

Air mata saya tak terasa mengalir deras ketika menyaksikan kedua film itu. Kisahnya sangat menyentuh hati dan layak untuk ditonton oleh para guru, orang tua dan juga peserta didik (siswa). Sangat menyulut diri ini untuk lebih mengabdi kepada negeri.

Setelah sholat subuh berjamaah, panitia I’Tikaf Masjid Baitul Ilmi Labschool menjanjikan akan memutarkan film Sang Murobbi tepat pukul 09.00 WIB. Hati saya sudah tak sabar menunggu diputarnya film itu. Kata orang film ini sangat bagus dan menyentuh karena merupakan kisah nyata dari seorang dai (guru teladan) yang berjuang di jalan dakwah dengan sepenuh hati dan jiwanya. Beliau bernama Alm. KH. Rachmat Abdullah yang telah meninggalkan kita di bulan Juni 2005.

Apa yang menarik dari film ini? Film ini menceritakan tentang perjalanan dakwah seorang guru mengaji yang tak kenal lelah untuk memikirkan pendidikan umat. Cerita dimulai ketika ustadz Rachmat Abdullah masih muda yang hanya bercita-cita untuk menjadi guru. Dia tak memilih profesi lainnya, meskipun tawaran dari saudaranya ada yang menjanjikan agar beliau menjadi pegawai pemda DKI , tetapi kemudian ditolaknya.

Beliau lebih senang mengajar ngaji walaupun banyak tantangan yang beliau hadapi. Tantangan terbesar adalah ketika pengajian beliau difitnah sebagai aliran sesat. namun berkat kasih sayang dan sifat kelemahlembutaannya beliau dapat meleati masa sulit itu dengan baik. Bahkan anggota jamaah pengajiannya membelikan beliau sepeda motor agar beliau lebih mudah dalam berdakwah.

Alhamdulillah… semoga semangat dakwah terus membara dan menggelora di hati para murid-murid Beliau…. Smg Allah melapangkan Beliau dalam kuburnya merahmatinya dengan kasih sayang-Nya karena Ust. Rahmat Abdullah telah mencetak ribuan kader yg setia dan penuh semangat ,menyebarkan dakwah Islam ke seluruh polosok negeri termasuk dilembaga2 pemerintahan.. membawa ruh baru yang berjuang memperbaiki umat sesuai syariat Allah…

Film ini sungguh sangat bagus untuk ditonton, mari kita lihat cuplikannya di alamat url ini.

http://www.youtube.com/watch?v=eVod-ukVhv8

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

One thought on “Belajar dari Film Sang Murobbi dan Laskar Pelangi (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.