Posted on: April 11, 2014 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 4

Mengapa Matpel TIK dan KKPI sangat Dibutuhkan Peserta Didik Kita Saat ini?

slide-9-728Saya ingin memberikan buku GRATIS kepada 10 orang guru yang dapat menjawab pertanyaan berikut ini. “Mengapa mata pelajaran TIK dan KKPI sangat dibutuhkan peserta didik kita saat ini?”

  • Azhar Juliant Genggamlah Dunia dengan Teknologi…
    5 jam · Batal Suka · 3
  • Yulius Kinta kalau SMK bisa menambah skill yang dimiliki.
    5 jam · Batal Suka · 1
  • Rinasari Rahayu untuk menjawab, saya balik tanya aja, adakah di jaman sekarang dunia kerja tanpa komputer? sedangkan tujuan pokok smk adalah menyediakan tenaga kerja tingkat madya. Jadi TIK/KKPI harus ada di dunia sekolah
    5 jam · Batal Suka · 3
  • Yohan Adi S Kuasai imptek maka negara akan maju.
    5 jam · Batal Suka · 1
  • Smp Muha Semarang saat ini, yang dibutuhkan bangsa dan negara kita bukan hanya tentara serta persenjataan saja yang kuat tetapi juga penguasaan teknologi informasi dan komunikasi yang hebat agar negara kita bisa melindungi kepentingan negara kita dari akses ilegal negara lain, jadi pelajaran TIK/KKPI masih dibutuhkan dunia pendidikan kita
    5 jam · Batal Suka · 1
  • Edi Yulianto Menguasai INFORMASI, maka akan menguasai DUNIA.
    4 jam · Batal Suka · 1
  • Ione Arka Karena sudah terlanjur banyak guru yang piring nasi mereka dari TIK/KKPI dan mereka juga sudah terlanjur suka dan cinta teknologi… jika tidak ada tempat untuk menyalurkan maka sungguh sangat memprihatinkan,sia2 ilmu yg kita miliki.. walaupun katanya tetap akan diberdayakan tapi jelas itu bukan tujuan dan harapan kita…
  • Catur Nursiddiq Dengan mempelajari TIK/KKPI diharapkan para siswa/i : 1. mengetahui seluk beluk dan perkembangan dunia teknologi informasi, 2. memahami segala perangkat yang berhubungan dengan teknologi informasi , 2. Terampil dalam penguasaan Teknologi informasi…
  • Catur Nursiddiq diantos bukuna….hehehehe
    4 jam · Batal Suka · 2
  • Mego Ah t i k ada untuk membentuk manusia yang unggul dalam imtaq dan iptek jika tidak ada TIK/KKPI maka membentuk manusia unggul dalam imtaq saja tidak akan sempurna….
    4 jam · Batal Suka · 2
  • Slamet Hidayat karena TIK/KKPI tidak bisa di pelajari sendiri, di sekolah lah tempat yang efektif dan efisien mereka belajar pengetahuan melakukan latihan/ praktik dan berkarya, siswa bisa belajar dengan optimal semua pelajarannya kalau di dukung dengan TIK/KKPI / “siswa pede”
    4 jam · Batal Suka · 1
  • Jojo Branded Kurikulum 2013 tanpa pelajaran TIK terasa hambar, seperti sayur tanpa garam. Pemerintah menginginkan TIK diintegrasikan dalam semua mata pelajaran. Namun, sebagaimana kita ketahui, masih banyak guru yang belum melek TIK dan masih banyak guru yang gagap teknologi. Itu dengan mudah kita temui di kota dan di desa dengan kasat mata. Masih banyak guru yang belum bisa mengoperasikan komputer dan melek internet.

    Padahal saat ini kita membutuhkan banyak pemandu di bidang ilmu TIK. Dasar-dasar TIK harus diajarkan dan bukan hanya sekedar menguasai sistem operasi windows dan program aplikasi microsoft office. Memang harus diakui, mata pelajaran TIK masih sangat diperlukan dan dibutuhkan untuk diajarkan di semua sekolah di Indonesia. Intinya matapelajaran TIK/KKPI harus tetap berada di struktur K13 itu adalah harga mati dan tidak bisa ditawar-tawar lagi, mari kita berjuang bersama-sama agar TIK/KKPI selalu ada di kurikulum dengan wadah AGTIKKNAS……….SALAM AGTIKKNAS…#SAVETIK/KKPI
    4 jam · Batal Suka · 4
  • Eman Sulaeman Pae Karena 3 Kata = “Urgensi, Globalisasi, Integrasi”
  • Mimi Ai Tik/kkpi merupakan jendela dunia yang berisi berbagai macam ilmu pengetahuan, bagai 2 sisi mata pisau baik n buruk untuk itu harus ada pengarahan dalam etika pemanfaatannya.
    4 jam · Batal Suka · 2
  • Agus AsWan Setiawan Jika TIK tidak diajarkan sebagai mata pelajaran mandiri, anak/siswa tidak akan mempunyai pengetahuan bagaimana menggunakan atau memanfaatkan TIK secara baik dan benar,, sudah banyak anak2 yang bisa menggunakan aplikasi, namun mereka masih belum mengetahui secara jelas manfaat dan sisi negatif TIK..
    4 jam · Batal Suka · 2
  • Prajna Bhadra Darmastuti Teknologi adalah alat yg digunakan untuk kemajuan dunia. tanpa menguasai alat kita akan tergantung pada orang lain. maka menguasai teknologi dengan dasar TIK akan menjadi langkah penting menuju kemandirian bangsa dan selanjutnya berefek ke semakin majunya suatu negara
  • Smp Muha Semarang sebuah ilmu diberikan tanpa guru pendampingnya maka apapun bisa terjadi seperti halnya memberikan pisau kepada anak kita, bila tahu penggunaannya tidak akan melukai tetapi bila tidak tahu penggunaannya maka bisa melukai diri sendiri bahkan orang lain…
    4 jam · Batal Suka · 4
  • Catur Nursiddiq janteun saha atuh nu kenging buku teh…?
    4 jam · Batal Suka · 1
  • Agus AsWan Setiawan kalau gak diajarin, anak2 cuman tau Facebook,, twitter,, game online dan chattingan..
    4 jam · Batal Suka · 2
  • FX. Eko Budi Kristanto Perkembangan dunia yang semakin mengglobal dipengaruhi oleh perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Globalisasi dan perdagangan bebas menjadikan dunia semakin penuh dengan kompetisi dan networking. Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi menjadi sangat krusial untuk mampu bertahan dan bersaing. Pendidikan di Indonesia sejak 2004 telah dengan cepat merespon perkembangan dengan memasukkan materi Teknologi Informasi dan Komunikasi ke dalam kurikulum. Pendidikan untuk membangun kehidupan masa kini dan masa depan yang lebih baik dari masa lalu dengan berbagai kemampuan intelektual, kemampuan berkomunikasi, sikap sosial, kepedulian, dan berpartisipasi untuk membangun kehidupan masyarakat dan bangsa yang lebih baik. Penerapan aplikasi Teknologi Informasi yang tepat dalam sekolah dan dunia pendidikan merupakan salah satu faktor kunci penting untuk mengejar ketertinggalan dunia pendidikan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Penyempurnaan kompetensi dasar mata pelajaran TIK-lah yang seharusnya dilakukan sebagai respon terhadap tuntutan perkembangan informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, tuntutan desentralisasi, hak asasi manusia, dan standar kompetensi lulusan satuan pendidikan.
    4 jam · Batal Suka · 1
  • Rinasari Rahayu Salut…seluruh komen bagus dan berisi semua. Wow yg rencana kasih buku bingung nich
    4 jam · Batal Suka · 1
  • Jojo Branded bingung dech stock bukunya kurang ya om…….hehehhehe….piss om jay
    4 jam · Batal Suka · 1
  • FX. Eko Budi Kristanto saya ijin menambahkan 1 buku untuk menambah stok buku pak Wijaya Kusumah, jadi stok jadi 11
    4 jam · Batal Suka · 3
  • Catur Nursiddiq yah… sesuai urutan aja….
    4 jam · Batal Suka · 3
  • Kang Redian kalau menurut saya..tidak hanya dibutuhkan saja, tetapi sangat..amat dibutuhkan banget.. alasannya : 1. sangat dibutuhkan, terutama di daerah yang jauh dari kota, untuk mengenal komputer saja anak2 hanya tau dr skul..trus apa jd nya kl pelajaran tik di hapus? 2. amat di butuhkan, kl boleh kt jujur dan tanya pada siswa, utk pelajaran yg di sukai..pst jawabnya simpel..”TIK”, alasanya tik adalah pelajaran yang mengajarkan teori dan keahlian..jd anak2 sangat membutuhkan tik utk meneruskan skul ke jenjang berikutnya ato bisa untuk bekal mencari kerja..serta tik disukai anak cz bs melepas kejenuhan anak saat menerima pelajaran di kelas. 3. tik di butuhkan banget, cz di era globalisasi yg serba komputerisasi keberadaan tik sangat urgen bagi siswa dan dunia kerja.. cb kt liat lowongan kerja pst syarat utama adl bs mengoperasikan komputer..mgp demikian? kenapa tidak disebutkan mahir mtk, bahasa, ato sosial?kl menurut saya..ternyt anak yg mahir komputer pst pintar dlm pelajaran saint (mtk + fisika) disitu trlihat jelas sekali kl anak lemah dlm pljaran saint pst pelajaran tik nya jg lambat.
    3 jam · Batal Suka · 2
  • Kang Redian maaf tulisannya belepotan cz pake hp..hehehe…
    3 jam · Batal Suka · 1
  • Pak Arie Nyank Cakep mata pelajaran TIK dan KKPI sangat dibutuhkan peserta didik kita saat ini karena mata pelajaran ini sebagai dasar pengetahuan teknologi informasi, dengan demikian generasi masa depan dapat mengikuti derap perkembangan global. KKPI dan TIK sebagai upaya agar setiap insan anak bangsa “melek teknologi dan melek informasi”. CMIIW
    3 jam · Batal Suka · 3
  • Gufrial Sofyan Agar kelak kalau jadi pejabat jangan cuma taunya office, jadi tidak mrnganggap TIK itu cuma windows sama microsoft office
    3 jam · Batal Suka · 3
  • Ristanto Renaldy TIK adalah disiplin ilmu, jadi yg paling tepat TIK diajarkan di sekolah agar manfaat dan tujuan TIK ini tercapai dengan benar karena dengan pembelajaran di sekolah anak-anak bisa mengerti, memahami dan mengembangkan materi TIK dengan terarah, tepat dan…Lihat Selengkapnya
    3 jam · Batal Suka · 2
  • Gufrial Sofyan Agar kelal dari bali ada bli gede , dari solo ada stepen jow dan dari papua ada markus zukenbeh yg mengharumkan nama bangsa karena kejeniusannya dalam bidang ICT
    3 jam · Suka · 1
  • Azis Nursaid ICT bukan lah segalanya ….. tapi di tangan yang salah, tidak bermoral, beretika.. maka ini akan menjadi senjata yang menghancurkan. baik dari informasinya atau dari aplikasi dan hardwarenya.
    2 jam · Batal Suka · 2
  • Jojo Branded OM Jay Jangan Bingung ya……..hahahahahaaaa
    1 jam · Batal Suka · 1
  • Sudarmadji Darmaji 1. Mayoritas siswa belum paham dan terampil prog. office (olah kata, olah angka dan slide). Permasalahannya tanggung jawab siapa yang membekali siswa untuk mahir prog office tersebut? 2. Mayoritas guru mapel belum mahir benar prog office (olah kata, olah ankga dan slide), Permasalahannya Jika guru belum mahir prog. office, apakah bisa maksimal mengajar berdasar krkulum 13 yang konon berbasis TIK?
  • Serlian Sinaga karena TIK adalah mata pelajaran yang membawa peserta didik serius tapi santai dan sekaligus membawa anak-anak terjun langsun dengan kebenaran pelajaran tersebut ya ngak pak…
  • Murniaty dngn ada ny mapel TIK mka siswa akn tau seluk beluk teknologi infrmsi n kmuniksi modern yg ntiny kn sllu brubh sesuai dg prkmbngn zman
  • Kamal Comp Manusia tdk bsa digantikan dngn teknologi scnggih apapun.. Tetapi manusia y tdk menguasai teknologi bakal digantikan oleh manusia y menguasai teknologi. Ini alasan pntingnya tik.
  • Wiwin Indriani selain office ada HAKI dan Netiket diajarkan pada mapel kkpi /tik.bagaimana jadiya walaupun orang pinter tapi tanpa etika…pertahankan tik/kkpi demi keberadaban bangsa!
  • Saifi Hadir Karena Sekarang adalah zaman modern yang tidak akan lepas dari teknologi (TIK) dengan teknologi (TIK) pekerjaan kita cepat selesai dengan Praktis,maka para peserta didik adalah penerus bangsa yang dalam kehidupannya jangan sampai tidak tahu dalam penggunaan teknologi (TIK) ,kalo tidak tahu maka akan jadi generasi primitif di Zaman Modern.
  • Titi Endri Astuti krn kurikulum tanpa tik/kkpi…siswa hanya sehat raganya (penjas 3 jam) dan menjadi sejarah (sejarah 3 jam) bahwa indikator kemajuan suatu bangsa ditentukan teknologinya…
  • Dëni Pradanä IMHO
    ada 3 bidang di dunia yg memiliki teknologi informasi dg tuntutan pemutakhiran infrastruktur IT dg tingkat kebutuhan tertinggi secara sistematis dan sistemik. urutannya adalah; militer, perbankan, oil & gas. 

    terlepas dari tinggi rendahnya tingkat kebutuhan IT, kini (seiring waktu & revolusi industri) seluruh bidang mengimplementasikan sistem informasi di berbagai lini manajerial (struktural atau fungsional). 

    korelasinya, memberikan dasar teknologi informasi dan bahasa inggris pada anak didik sejak dini adalah hal yg krusial. metode pembelajaran yg selalu dinamis, inovatif & kreatif berbasis digital menjadi tuntutan konkrit bagi semua tenaga pendidik dan peserta didik dalam menciptakan proses “belajar yang menyenangkan”. 

    esensinya, akan tercipta pertumbuhan yang kompetitif di antara keduanya dg dampak yg langsung bersinergi pada setiap materi pendidikan dan multi jaringan kehidupan.

    # mohon maaf kalo puzzle nya ngawur, hehee.. 
    #SAVE_TIK_KKPI
    6 menit · Batal Suka · 1
  • Deri Gustira jika TIK dan KKPI dihapus maka percayalah generasi muda kita akan “dijajah” dalam berbagai bidang pada saatnya nanti, tapi jika TIK dan KKPI dimaksimalkan maka generasi muda akan menjadi “macan-macan Asia”, yang akan mengangkat harkat dan martabat bangsa ini. percayalah!
    2 menit · Batal Suka · 1
  • Erlin Indriani Krn untuk menanamkan secara dini etika berICT utk memfilter pengaruh 90% keburukan ber ICT, hingga yg diambil hanya manfaat sebesar besarnya
    2 menit · Batal Suka · 1
    • Agus Oloan Karena TIK dan KKPI adalah Mata Pelajaran yang mampu menjadi Identitas Bangsa Indonesia adalah bangsa yang mengikuti Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. TIK dan KKPI adalah wadah dan menjadi mata pelajaran yang bisa menjadi sumber pembelajaran bagi generasi muda bangsa kita dalam menghadapi perkembangan era globalisasi. TIK dan KKPI seharusnya menjadi insipirasi mata pelajaran bagi peserta didik kita dalam belajar menggunakan perangkat IT dengan baik dan benar. Saya sendiri mengalami betapa pentingnya belajar TIK dan KKPI dengan baik dan benar. Semoga Pemerintah khususnya Kmendikbud tidak buta akan hal ini.
      7 jam · Batal Suka · 1
    • Johan Arifin karena TIK dan KKPI merupakan mata pelajaran yang memberikan pengetahuan dan ketrampilan di bidang teknologi dari mencipta, mengolah sampai menghasilkan informasi. bukan hanya sekedar facebook, twitter saja yang hanya untuk media komunikasi. TIK itu sangat detail dan membekali anak untuk menghadapi tantangan perkembangan teknologi di masa yang akan datang dan juga memberikan pengetahuan bagaimana mempelajari dampak positif dan negatif TIK
      7 jam · Batal Suka · 1
    • Raden Mas Antawirya berdasar pengamatan …
      1. secara finansial sebagian besar siswa di pelosok negeri belum mampu untuk membeli
      2. Belum mampu menterjemahkan bahasa mesin, sehingga belum mampu menggunakan sesuai norma, etika dan estetika tekhnologi.
      3. Belum mengerti cara menggunakan alat tekhnologi sesuai manfaat dan tujuannya
      7 jam · Batal Suka · 1
    • Jojo Branded Besok lagi kalo buat sayambara hadiahnya jgn buku lagi om sekali-kali Ipad, Tab, BB dan Android pasti yang komentar sampe 1 juta…..yakin dech……hahahahaaaa
      6 jam · Batal Suka · 1
    • Wijaya Kusumah rencananya setelah ini omjay akan siapkan 10 ipad, cuma pertanyaannya jauh lebih sulit dari yg ini. Misalnya, Dimana bisa ditemukan org seunik dan senyentrik Jojo Branded? hehehe
    • Jojo Branded wakakaka……malah bubar ikut sayambara…om……….hahahaaaaa
      6 jam · Batal Suka · 1
    • Erlin Indriani Bukan masalah hadiahnya bagi kami, tp bagaimana memberi masukan bahwa TIK itu harus ada, saat orang berfikir utk back to the past, kita harus maju memberi solusi, hadiahnya boleh juga sih hehe
      6 jam · Batal Suka · 1
    • Ksatria Dermayoe karena anak didik kita hars mengetahui manfaat(positif dan negatifny) dr teknologi…
      cause sekarang dr anak TK udah mempunyai HP Android dan Blackberry….
      Jadi orang tua harus bisa membatasinya 
      cause dengan teknologi anak bisa mendapatkan berita negatif…seperti 17+ dll
      5 jam · Batal Suka · 1
    • Ksatria Dermayoe knp harus bubar….
      diplosok sana baru mendapatkan 5 komputer saja sudah sangat senang sekali…..
      untuk mempelajari TIK/KKPI
      kenapa Kur 2013 di tiadakan 
      jd mereka patah semangat….
      5 jam · Batal Suka · 1
    • Alfred Berlin Kedoh Mata Pelajaran KKPI/TIK 1 .memberikan landasan dan konsep yang kuat dan luas kepada peserta didik agar mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan IPTEK, sekaligus melandasi kompetensi kerja. 2 Sebagai katalisator percepatan penguasaan TIK siswa agar bisa beradaptasi dengan kompetensi kerjanya kelak.
      5 jam · Batal Suka · 3
    • Toto Widhi Tau ak om, jawabanya dalam bentuk laporan saja ya, Ins ntar tgl 26 kita ketemu
      4 jam · Batal Suka · 1
    • Dino Arianto Krn tik itu dibutuhkan d brgagai disiplin ilmu lainnya jga…maknya hrus jdi bekal setiap siswa…
      2 jam · Batal Suka · 1

    Saya ingin memberikan buku GRATIS kepada 10 orang guru yang dapat menjawab pertanyaan berikut ini. “Mengapa mata pelajaran TIK dan KKPI sangat dibutuhkan peserta didik kita saat ini?”

    Batal Suka ·  · Bagikan
    • Anda, Bambang SusetyantoMulyati Rahman, dan 5 orang lainnya menyukai ini.
    • Mulyati Rahman bukunya Omjay ya… udah telanjur beli semua…. ada buku yang lain gak?
      5 jam · Batal Suka · 1
    • Wijaya Kusumah buku ini karya teman-teman guru dari IGI
      5 jam · Batal Suka · 2
    • Fais Qibtiyya Simple aja…biar anak didik qt g gaptek
      5 jam · Batal Suka · 1
    • Mirna Tobing Pastinya sangat penting. Dimana yang akan datang ilmu tersebut sangat diperlukan. Persaingan dan globalisasi makin ketat. Yg ga bisa jadi terbelakang.
      5 jam · Batal Suka · 1
    • Anggi Rizka Pustika Pernah dapat curhatan dr teman yg punya warnet sekaligus rental di depan sekolah bahwa anak2 sma skrg hanya bisa main fb saja masa mereka dapat tugas yg referensi nya harus dicari lewat Internet saja tidak bisa, sudah dapat referensi nya mau mengunduh pun tidak bisa eh masih juga tidak bisa menyimpannya ke fd. Bukan itu saja banyaj jg yg langsung bilang ke operator warnetnya mas donlodkan lap ya ini nama sm nis dan kelas saya huaaa…. kalo tanoa ada tik mau jadi apa mereka nanti?
      5 jam · Batal Suka · 1
    • Indra Restu Fauzi guru TIK diperlukan bukan skdar mengajarkan menggunakan komputer dan internet. Tp jg mengajarkan etika menggunakan tknlogi. fakta di lingkungan sya, bnyak anak yg kcanduan intrnet dan menyalahgunakan software. Sperti photoshop yg dgunakan hal yg ga baik. Guru TIK pnya peran penting untk mengontrol itu.
      5 jam · Batal Suka · 2
    • Sagung Wibowo karena peserta didik menganggap bahwa bisa menggunakan komputer dan memanfaatkan teknologi merupakan suatu keharusan di jaman yang serba digital ini. Mereka sudah mempunyai pandangan harus bisa menggunakan komputer karena banyak pekerjaan yang menggunakan komputer. Pelajaran TIK bukan sekedar gengsi atau sekedar mengikuti kemajuan teknologi biar tidak dibilang gaptek tapi pelajaran TIK adalah pondasi bagi para siswa untuk belajar tentang ilmu komputer yang nantinya bermanfaat bagi mereka.
      5 jam · Batal Suka · 1
    • Boedi Soediarso Supaya guru-guru TIK /KKPI bisa mengajar mapel TIK…bukan mapel PRAKARYA… iyaa toow?
      5 jam · Batal Suka · 1
    • Bersama Bangkit karena kita butuh mapel itu,….
      5 jam · Batal Suka · 1
    • Bobby Chaerudin Kita mengetahui bahwa TIK itu memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia di berbagai bidang, oleh karena itu sangatlah penting peningkatan Sumber Daya Manusia TIK mulai dari pengetahuan, perencanaan, pengoperasian, perawatan dan pengawasan serta peningkatan kemampuan TIK di berbagai lembaga. Sehingga akan menghasilkan output yang beramnfaaat baik bagi kehiduan manusia itu sendiri maupun berbagai sector kehidupan..TIK memiliki peranan yang sangat penting dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Sebagaimana kita ketahui bahwa di era globalisasi ini, peran TIK sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tidak terlepas dari aktivitas manusia yang sering ditunjang dengan TI itu sendiri yang mampu menjawab dan menyelesaikan tuntutan pekerjaan yang lebih efektif dan efisien.
      5 jam · Batal Suka · 1
    • M Iman Wahyudi Kl menurut ane, ane menurut sajalah…. TIK itu selalu berkembang dan perkembangannya perdetik, varian softwre hardware bahkan virus selalu update. Kalo tidak diajarkan maka siswa akan out of date dong. Apalagi kejhatan maya sekarang sudah sangat banyak terjadi. Taanpa dibekali dengan pngetahuan yng baik (dlam hal ini pendidikan dikelas) maka calon2 crackers brmunculan khususnya dr negeri ini.
      5 jam · Batal Suka · 1
    • Dominikus Ndruru karena TIK atau KKPI merupakan Hidup kita……..
      4 jam · Batal Suka · 2
    • Muh Zainuri Yang jelas tanpa tik siswa kita akan menjadi konsumen teknologi dan agar bangsa ini gak pernah maju, serta mudah disetir/ dijajah bangsa lain.
      4 jam · Batal Suka · 1
    • Yati Kurniawati Yap 1. Supaya siswa tidak malah tersesat ke sisi gelap internet tatkala siswa harus berjuang sendiri untuk memahami ICT secara autodidak.
      4 jam · Batal Suka · 1
    • Yati Kurniawati Yap 2. Memberi peluang pada siswa yg tidak mampu secara ekonomi untuk dapat belajar ICT tanpa mengeluarkan biaya sendiri.
      4 jam · Batal Suka · 1
    • Mas Mamiek Kamami Om…dengan pelajaran TIK siswa akan mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan TI secara berjenjang dan sesuai dengan kebutuhan (misalnya MS-Office) yang sangat membantu mereka dalam mengerjakan tugas-tugas belajanya. Kalau siswa tahu TI secara otodidak mungkin hanya sesuai keinginannya saja (yang belum tentu merupakan kebutuhannya), sehingga kalau ada tugas \tugas tertentu mereka belum tentu terbantu secara memadai.
      4 jam · Batal Suka · 1
    • Ahmadi Zam-zam Setahu saya sangat perlu sekali degan catatan yang mengajar TIK/KKPI benar-benar kompeten dan sarana pembelajaran memadai. Dengan TIK/KKPI anak diajarkan bagaimana menggunakan komputer yang baik, benar, efektif dan efisien. Masih banyak siswa yang bingung komputer mati hanya krn stavolt blm di nyalakan. Masih banyak anak yang bingung hanya untuk menginstal software pemutar lagu. Masih banyak anak yang salah cara mengetik yang benar. Masih banyak anak yang belum bisa mencetak dengan benar bahkan bingung ketika driver printer belum terinstal. Masih banyak anak bingung cara mengkompress file dan membackup ke alat tertentu semisal CD. Masih banyak anak yang ketika browsing mengetikan alamat website tidak di URL yang tersedia tetapi malah di isian google sehingga boros proses. Beberapa contoh diatas adalah materi-materi yang banyak dilewatkan saat mengajar KKPI/TIK. Yang kita kenal selama ini TIK/KKPI adalah word, excel, powerpoint dan acces plus internet. Hanya karena keterbatasan waktu dan sarana bnyak materi TIK/KKPI tidak sempat diajarkan ke siswa dengan benar
      4 jam · Batal Suka · 2
    • Wijaya Kusumah sip lanjut!
      3 jam · Batal Suka · 1
    • Khanif Ahnaf Karena TIK-KKPI itu ilmu yang jelak akan menguasai “dunia”
      3 jam · Batal Suka · 1
    • Azzahra Khairani Jaman e wes serba canggih .. menuju era tekhnologi …
      3 jam · Batal Suka · 1
    • Watini Alfu Manusia butuh informasi,hal ini diperlukan komunikasi. sedangkan komunikasi berkembang pesat seiring perkembangan teknologi. Untuk itu siswa harus diajari TIK agar dapat memperluas ilmunya.
      2 jam · Batal Suka · 1
    • Bambang Susetyanto karena dasarnya menuju IT yang lebih tinggi mulai dari SD SMP SMA SMK dll tampa dasar pengenalan IT tik dan kkpi akan merusak mental bangsa ini, mau dikemanakan anak bangsa ini
      1 jam · Batal Suka · 1
    • Sri Rahayu teknologi informasi ‘berkeliaran’ secara ‘liar’ di mana-mana. Maka anak/siswa membutuhkan ‘pencerahan’ untuk menggunakan IT secara sehat. Maka atas dasar itulah dibutuhkan pelajaran IT/TIK di sekolah. Agar siswa tidak salah arah.
      7 menit · Batal Suka · 1
      Saya ingin memberikan buku GRATIS kepada 10 orang guru yang dapat menjawab pertanyaan berikut ini. “Mengapa mata pelajaran TIK dan KKPI sangat dibutuhkan peserta didik kita saat ini?”

      Saya ingin memberikan buku GRATIS kepada 10 orang guru yang dapat menjawab pertanyaan berikut ini. “Mengapa mata pelajaran TIK dan KKPI sangat dibutuhkan peserta didik kita saat ini?”
      Batal Suka ·  · Promosikan · Bagikan
      • Syahrir Amin · 2 mutual friends

        TIK dan KKPI adalah modal Dasar Peserta didik untuk dapat tertarik dengan teknologi (menumbuhkan MInat Mereka), mengetahui cara penggunaan/pemanfaatan TIK ,dan yang lebih utama lagi yaitu Etika penggunaan TIK dalam kehidupan sehari-hari…
      • Muhamad Fajri Firdaus · 3 mutual friends

        simpel aja om jawabannya seperti apa yang pernah saya nonton di die hard, kalau semua sudah menuju sistem IT, di atur melalui IT, kalau misalkan seseorang gabisa IT sudah di pastikan akan sulit hidupnya. contohnya adalah penggunaan internet, hampir semuanya sekarang pakai internet yang jelas anak dair IT

        jadi kesimpulannya adalah = IT adalah bagaiman perkembangan hidup dan budaya manusia
      • Hari Murni Setiyawati Ketika abad 21 berubah jadi jaman batu…tanpa TIK tanpa keberhasilan..
      • Bambang Pudjo · Friends with Yayuk Rahayuningsih

        TIK/KKPI adalah sebagai password untuk melakukan banyak hal, tanpa tahu passwordnya dijamin tidak bisa melakukan berbagai hal
      • Iskandar Adinata · Friends with Firman Oktora

        TIK : Tak Ingin Kulepaskan
      • Palupi Indah Simpel sj jwbnya om :TIK diperlukan disemua bidang / pekerjaan.semua pasti membthkan Tik.
      • Bhayu MH Om Jay, saran saja dari saya yg bukan guru dalam konteks formal, tapi guru dalam arti luas (krn sy trainer & coach). Mungkin bisa mengajak rekan2 lain agar ikut membantu memperjuangkan andaikata memang mata pelajaran ini benar2 penting. Mungkin bisa di-share kondisi sebelum dan sesudah adanya mata pelajaran ini. Apakah misalnya siswa jadi lebih taat, santun atau bagaimana? Apakah sudah ada penelitian mengenai manfaatnya?
      • Iwan Sumantri Gimana anak kita mau jadi generasi emas kalau anak kita tidak menguasai TIK dengan cerdas,positif dan produktif. Untuk itu anak2 kita perlu diajarkan TIK , dan tempatnya adalah di sekolah-sekolah, bukan belajar secara liar !
      • Alam Bintang Cahaya Putra Saya bukan guru TIK. Hanya saja pernah mengajar TIK. Mengajar di sekolah pelosok desa. Ruang kelas cuma dua padahal rombel ada tiga. Boleh tanya pada murid saya siapa yang punya tv di rumah? Pasti yang menunjuk hanya 1 atau 2 saja. Tanyalah siapa yang punya komputer di rumah? Pasti mereka garuk-garuk kepala seraya bertanya-tanya komputer itu apa ya? Nah, Kurikulum 2013 menghilangkan TIK dengan asumsi TIK akan diintegrasikan dalam mata pelajaran. Jadi setiap guru harus mengajar dengan menggunakan media TIK. Lalu bagaimana sekolah kami akan mengajar pakai TIK kalau siswa komputer saja tak punya? Untung2 sekolah kami sudah ada listrik walau gak ada colokannya. Kalau sekolah bonafide dg fasilitas lengkap dan oke mungkin bisa menerapkan TIK dalam pembelajaran. Tetapi perlu diingat! Diintegrasikannya TIK dalam pembelajaran paling2 hanya mampu memberikan kemampuan terbatas berupa mengetik di word, mengolah angka di excell, atau sekedar search di internet. Pemerintah lupa! TIK lebih dari sekedar word, excell, atau internet. TIK harus diajarkan secara tersendiri terpisah dari mata pelajaran lain karena TIK mengajarkan pengetahuan yang tak terbatas yang tak dapat diperoleh siswa hanya dengan integrasi pada mata pelajaran. Toh, kalau mau membuat siswa tahu tentang sejarah dan perkembangan komputer atau internet, atau ingin membuat siswa tahu apa saja komponen komputer, apa gunanya, dan apa keuntungan dan kerugiannya tentu harus diajarkan dan dijelaskan oleh guru. Dan tentunya, guru matematika atau bahasa, atau IPA yg mengintegrasikan TIK dalam pembelajarannya mana mungkin punya waktu berceramah tentang itu semua. Bukan hanya karena sang guru tak punya waktu karena sibuk mengejar materi matematika atau IPA nya tetapi juga karena sang guru tak mumpuni di bidang TIK.
      • Wijaya Kusumah bukankah tik dan kkpi cukup diintegrasikan saja ke dalam semua mata pelajaran?
      • Muhamad Fajri Firdaus · 3 mutual friends

        iya bisa om jay, tapi pada dasarnya anak2 harus punya basic yang kuat dulu sebelum bisa mengintegrasikan kesemuanya… gimana mau mengintegrasi kalau misalkan tidak bisa? gitu~

        kaya orang masak, ada telor, tepung, ayam misalkan. kalau A basicnya kuat pasti bisa pakai semua bersamaan ( integrasi ) tapi kalau misal B hanya bisa masak telor dadar? tentu ayamny ga pake..

        moda beneran
      • Resmaleni saat ini merupakan zaman yang penuh teknologi informasi, apapun kegiatan tidak lepas dari TI. bagaimana mungkin anak-anak indonesia dapat meningkatkan kualitas hidup pada zamannya bahkan untuk bertahan hidup saja akan terasa sulit kalau anak-anak tidak dibekali ilmu TI dan KKPI.
      • Puji Rahayu · Berteman dengan Kahar Muzakkir dan 4 others

        perubahan zaman pasti diikuti semakin pesatnya perkembangan teknologi. di negara lain hampir semua orang berlomba-lomba ingin menguasai IT, anehnya justru di Indonesia malah menghambat generasinya menguasai teknologi.siapakan dibalik semua ini?kenapa generasi2 dihambat untuk bersaing dalam teknologi?apakah ini artinya upaya menjadikan generasi masa depan menjadi ‘bodoh’ sehingga dengan mudah barang2 import masuk Indonesia.dan Indonesia dikuasai asing..???.jika anak didik dianggap mampu belajar sendiri diluar bisa jadi lebih banyak mengarah ke hal-hal negatif. tapi jika diarahkan di sekolah inshaAllah dari sisi positif banyak didapatkan…. mohon perjuangkan terus mapel TIK disekolah, meski sy bukan guru TIK,sy jg merasakan dampaknya ketika materi disampaikan melalui IT, jika anak didik justru tidak menguasai IT seolah-olah materi yang disampaikan kurang nyambung..menjadi pekerjaan 2 kali untuk guru mapel lainnya..

        Saya ingin memberikan buku GRATIS kepada 10 orang guru yang dapat menjawab pertanyaan berikut ini. “Mengapa mata pelajaran TIK dan KKPI sangat dibutuhkan peserta didik kita saat ini?”

        Batal Suka ·  · Bagikan
        • Anda, Bambang SusetyantoRistanto Renaldy, dan Didi Supriatna menyukai ini.
        • Tiefa Achmad jawabannya menurut sy di era globalisasi seperti saat ini siswa/peserta didik harus dibekali dgn TIK /KKPI. .memang dgn blajar secara otodidak siswa mampu tp akan lbh baik jika diberikan pengarahan oleh guru yg berkompeten di bidang itu. .yah tau sendiri internet punya segudang informasi ada yg positif tp tdk sedikit yg negatif maka dari itu, mapel TIK sangat penting untuk diajarkan di sekolah
          3 jam · Batal Suka · 1
        • Anita Eunike sy coba jawab ya,om. dengan adanya pelajaran TIK saja, masih banyak yang gaptek alias merem teknologi, apalagi kalau TIK dihapus. masih banyak lho, peserta didik yang masih kaku memakai mouse. dengan adanya pelajaran TIK di sekolah juga membantu bagi y…Lihat Selengkapnya
          3 jam · Batal Suka · 1
        • Syam Valen Tino simple sekali, ane sbgai guru bk saja mnguasai TIK, alasan saya krena skrg zaman teknologi yg prkmbangannya sngat pesat, tdk dipungkuri bhwa aktifitas penunjang pembljran melalui TIK trutama IT. sebgai guru yg profesional kita wjib mnguasai TIK. kbrdaan guru TIK sngat dprlukan tuk mnnjang siswa dlam mnghdpi era teknologi ini
          3 jam · Batal Suka · 2
        • Didi Supriatna TIK sebagai ilmu bukan hanya sekedar keterampilan, yg perlu dipelajari dan di pahami oleh peserta didik
          3 jam · Batal Suka · 1
        • St Saroh Hari gini anak gk belajar TIK mereka akan menjadi anak yg gaptek dan negara ini akan tetap menjadi negara berkembang negara tertinggal oleh negara maju.karena hampir semua bidang pekerjaan butuh IT.Ayooh mau tetap berkembang atau maju
          1 jam · Batal Suka · 1
Categories:

4 People reacted on this

  1. Dgn tetap adanya TIK, diharapkan guru-guru dapat mengawal siswa untuk bisa menggunakan komputer dan jaringan internet dgn bijak. Jangan hanya bisa jadi pemakai dan korban teknologi saja. Internet sehat itu harus diajarkan loh, apalagi aplikasi macam2nya yg bisa menumbuhkan kreatifitas dan inovasi. Tidak sedikit TIK melahirkan technopreneur, makanya saya lebih setuju adanya perluasan materi di TIK ,bukan menghapuskannya.

  2. Berikut ini para guru yang beruntung mendapatkan 10 buku dari Omjay + 1 buku dari pak Fx Eko Budi Kristanto:
    Saya ingin memberikan buku GRATIS kepada 10 orang guru yang dapat menjawab pertanyaan berikut ini. “Mengapa mata pelajaran TIK dan KKPI sangat dibutuhkan peserta didik kita saat ini?
    1. Catur Nursiddiq Dengan mempelajari TIK/KKPI diharapkan para siswa/i : 1. mengetahui seluk beluk dan perkembangan dunia teknologi informasi, 2. memahami segala perangkat yang berhubungan dengan teknologi informasi , 2. Terampil dalam penguasaan Teknologi informasi.

    2. Agus AsWan Setiawan Jika TIK tidak diajarkan sebagai mata pelajaran mandiri, anak/siswa tidak akan mempunyai pengetahuan bagaimana menggunakan atau memanfaatkan TIK secara baik dan benar, Sudah banyak anak2 yang bisa menggunakan aplikasi, namun mereka masih belum mengetahui secara jelas manfaat dan sisi negatif TIK.

    3. FX. Eko Budi Kristanto Perkembangan dunia yang semakin mengglobal dipengaruhi oleh perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Globalisasi dan perdagangan bebas menjadikan dunia semakin penuh dengan kompetisi dan networking. Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi menjadi sangat krusial untuk mampu bertahan dan bersaing. Pendidikan di Indonesia sejak 2004 telah dengan cepat merespon perkembangan dengan memasukkan materi Teknologi Informasi dan Komunikasi ke dalam kurikulum. Pendidikan untuk membangun kehidupan masa kini dan masa depan yang lebih baik dari masa lalu dengan berbagai kemampuan intelektual, kemampuan berkomunikasi, sikap sosial, kepedulian, dan berpartisipasi untuk membangun kehidupan masyarakat dan bangsa yang lebih baik. Penerapan aplikasi Teknologi Informasi yang tepat dalam sekolah dan dunia pendidikan merupakan salah satu faktor kunci penting untuk mengejar ketertinggalan dunia pendidikan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Penyempurnaan kompetensi dasar mata pelajaran TIK-lah yang seharusnya dilakukan sebagai respon terhadap tuntutan perkembangan informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, tuntutan desentralisasi, hak asasi manusia, dan standar kompetensi lulusan satuan pendidikan.

    4. Pak Arie Nyank Cakep mata pelajaran TIK dan KKPI sangat dibutuhkan peserta didik kita saat ini karena mata pelajaran ini sebagai dasar pengetahuan teknologi informasi, dengan demikian generasi masa depan dapat mengikuti derap perkembangan global. KKPI dan TIK sebagai upaya agar setiap insan anak bangsa “melek teknologi dan melek informasi”. CMIIW

    5. Sudarmadji Darmaji 1. Mayoritas siswa belum paham dan terampil prog. office (olah kata, olah angka dan slide). Permasalahannya tanggung jawab siapa yang membekali siswa untuk mahir prog office tersebut? 2. Mayoritas guru mapel belum mahir benar prog office (olah kata, olah ankga dan slide), Permasalahannya Jika guru belum mahir prog. office, apakah bisa maksimal mengajar berdasar krkulum 13 yang konon berbasis TIK?

    6. Johan Arifin karena TIK dan KKPI merupakan mata pelajaran yang memberikan pengetahuan dan ketrampilan di bidang teknologi dari mencipta, mengolah sampai menghasilkan informasi. bukan hanya sekedar facebook, twitter saja yang hanya untuk media komunikasi. TIK itu sangat detail dan membekali anak untuk menghadapi tantangan perkembangan teknologi di masa yang akan datang dan juga memberikan pengetahuan bagaimana mempelajari dampak positif dan negatif TIK

    7. Alfred Berlin Kedoh Mata Pelajaran KKPI/TIK 1 .memberikan landasan dan konsep yang kuat dan luas kepada peserta didik agar mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan IPTEK, sekaligus melandasi kompetensi kerja. 2 Sebagai katalisator percepatan penguasaan TIK siswa agar bisa beradaptasi dengan kompetensi kerjanya kelak.

    8. Sagung Wibowo karena peserta didik menganggap bahwa bisa menggunakan komputer dan memanfaatkan teknologi merupakan suatu keharusan di jaman yang serba digital ini. Mereka sudah mempunyai pandangan harus bisa menggunakan komputer karena banyak pekerjaan yang menggunakan komputer. Pelajaran TIK bukan sekedar gengsi atau sekedar mengikuti kemajuan teknologi biar tidak dibilang gaptek tapi pelajaran TIK adalah pondasi bagi para siswa untuk belajar tentang ilmu komputer yang nantinya bermanfaat bagi mereka.

    9. Bobby Chaerudin Kita mengetahui bahwa TIK itu memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia di berbagai bidang, oleh karena itu sangatlah penting peningkatan Sumber Daya Manusia TIK mulai dari pengetahuan, perencanaan, pengoperasian, perawatan dan pengawasan serta peningkatan kemampuan TIK di berbagai lembaga. Sehingga akan menghasilkan output yang beramnfaaat baik bagi kehiduan manusia itu sendiri maupun berbagai sector kehidupan..TIK memiliki peranan yang sangat penting dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Sebagaimana kita ketahui bahwa di era globalisasi ini, peran TIK sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tidak terlepas dari aktivitas manusia yang sering ditunjang dengan TI itu sendiri yang mampu menjawab dan menyelesaikan tuntutan pekerjaan yang lebih efektif dan efisien.

    10. Ahmadi Zam-zam Setahu saya sangat perlu sekali degan catatan yang mengajar TIK/KKPI benar-benar kompeten dan sarana pembelajaran memadai. Dengan TIK/KKPI anak diajarkan bagaimana menggunakan komputer yang baik, benar, efektif dan efisien. Masih banyak siswa yang bingung komputer mati hanya krn stavolt blm di nyalakan. Masih banyak anak yang bingung hanya untuk menginstal software pemutar lagu. Masih banyak anak yang salah cara mengetik yang benar. Masih banyak anak yang belum bisa mencetak dengan benar bahkan bingung ketika driver printer belum terinstal. Masih banyak anak bingung cara mengkompress file dan membackup ke alat tertentu semisal CD. Masih banyak anak yang ketika browsing mengetikan alamat website tidak di URL yang tersedia tetapi malah di isian google sehingga boros proses. Beberapa contoh diatas adalah materi-materi yang banyak dilewatkan saat mengajar KKPI/TIK. Yang kita kenal selama ini TIK/KKPI adalah word, excel, powerpoint dan acces plus internet. Hanya karena keterbatasan waktu dan sarana bnyak materi TIK/KKPI tidak sempat diajarkan ke siswa dengan benar

    11. Sri Rahayu teknologi informasi ‘berkeliaran’ secara ‘liar’ di mana-mana. Maka anak/siswa membutuhkan ‘pencerahan’ untuk menggunakan IT secara sehat. Maka atas dasar itulah dibutuhkan pelajaran IT/TIK di sekolah. Agar siswa tidak salah arah.

Leave a Reply to Wijaya Kusumah Cancel reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.