Jakarta Open Data Meetup bersama ICT Watch

Rabu, 4 September 2013, Pukul 18.30 -21.30 wib,ICT Watch bekerjasama dengan SEATTI (Southeast Asia Technology and Transparency Initiative) bersama denganOpen Knowledge Foundation mengundang teman-teman blogger dalam acara”Jakarta Open Data Meetup.”

 

 

https://pbs.twimg.com/media/BTUYup5CIAAWsih.jpg
https://pbs.twimg.com/media/BTUYup5CIAAWsih.jpg

 

Kegiatan ini diadakan dalam rangka pertemuan informal untuk individu yang tertarik pada open data (data terbuka) dan open knowledge (pengetahuan terbuka) untuk datang dan mendengar kabar terbaru tentang Open Data dan Knowledge di kantor ICT Watch, Jl Tebet Barat 10E No. 10, Jakarta Selatan(disamping Masjid Al-Muhajirin).

Ketika saya hadir ke lokasi acara, pertemuan baru saja dibuka oleh mas Dony BU, dan saya bertemu dengan Mas Matahari Timur, dan teman-teman blogger lainnya. Sekitar 40 orang blogger dan penggiat IT hadir di acara ini.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Rufus Pollock, Pendiri dan CEO dari Open Knowledge Foundation, dan Perwakilan SEATTI.

 

https://pbs.twimg.com/media/BTUZoNaIgAA-E_K.jpg
https://pbs.twimg.com/media/BTUZoNaIgAA-E_K.jpg

 

Open data itu benar-benar terbuka, dan berbeda dengan sistem operasi linux. Begitulah sedikit pengantar dari nara sumber yang hadir dalam pertemuan yang guyup ini. Salah satu contoh infonya ada di sini dan di sana.

 

https://pbs.twimg.com/media/BTUg0pSIIAAlhmS.jpg
https://pbs.twimg.com/media/BTUg0pSIIAAlhmS.jpg

 

Sebagai negara yang berkembang, Indonesia sudah mulai menjadi perhatian dunia internasional. Terutama tentang sumber keuangan finansial, dan HAM.

Masalah yang ditemukan di open data tidak hanya akses legal, tapi juga kemudahan akses oleh mesin. Masalah harus dilihat dari mana yang informasi publik dan mana yang tidak? Di Indonesia hal ini masih belum jelas. Diskusi masih berlangsung ketika tulisan ini dipublish.

 

Diskusi Open Data di Markas ICT Watch
Diskusi Open Data di Markas ICT Watch

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

2 thoughts on “Jakarta Open Data Meetup bersama ICT Watch

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.