Posted on: November 30, 2012 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 2

Buat Apa Hadiah Uang Tunai dari Kompasiana?

Sewaktu terpilih menjadi nominator guru paling ngeblog versi kompasiana, saya sudah berniat dalam hati untuk memanfaatkan hadiahnya dalam kegiatan pelatihan guru menulis bila saya menang. Alhamdulillah, doa saya diijabah oleh Allah. Kini saatnya saya memenuhi janji saya untuk mengadakan pelatihan guru menulis dengan modal uang tunai hadiah dari kompasiana.

Pelatihan Guru Menulis IGI
Pelatihan Guru Menulis IGI

Pada hari Minggu, 25 November 2012, berkat rahmat dari Allah acara pelatihan guru menulis dapat terwujud. Kami berkumpul di Aula Wisma UNJ Lantai 2 dalam kegiatan pelatihan Guru Menulis. Semua peserta tidak dipungut biaya. Sekitar 100 guru ikut pelatihan menulis Gratis, dan beberapa teman guru saya minta menjadi panitianya.

Kegiatan pelatihan guru menulis ini juga didukung oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI), Acer, penerbit indeks, dan juga penulis buku “Guru Juga manusia” pak Ukim Komarudin. Berkat support dari beliau, dan nara sumber lainnya, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Para Juara guru era baru(GURARU) Acer Award, pak Agus Sampurno dan Pak Dedi Dwitagama bersedia menjadi nara sumbernya. Tak lupa pula salah satu pembina IGI yaitu Pak Gatot ikut hadir memberikan materi pengenalan edmodo.

Sewaktu hendak melunasi pembayaran sewa Aula Wisma UNJ di kampus A Rawamangun, saya mendapatkan dukungan dari pimpinan pengelola wisma. Mereka memberikan harga khusus buat kegiatan guru berikutnya yang ingin meningkatkan kualitas pembelajarannya dengan membuat buku ajar, dan buku fiksi. Tentu dukungan ini tidak saya sia-siakan. Saya mencoba merespon  kegiatan berikutnya dari angket peserta pelatihan guru menulis.

Hasil evaluasi kegiatan dan diskusi dengan tim panitia, mas Yulef mengusulkan agar kegiatan berikutnya diberi nama Teacher Writing Camp. Sebuah kegiatan yang diperuntukkan para guru untuk belajar membuat dan menyusun buku. Baik buku fiksi maupun non fiksi. Saya meminta para nara sumber yang baik hati untuk mendukung acara ini. Alhamdulilah mereka bersedia, dan siap berbagi ilmu pengetahuan, dan pengalaman mereka.

Target peserta tidak muluk-muluk. Kami mentargetkan ada sekitar 60 orang guru mengikuti pelatihan Teacher Writing Camp ini. Dengan dukungan para sponsor, saya berharap biaya yang dikeluarkan tidaklah terlalu mahal. Uang tunai yang merupakan hadiah dari kompasiana sebagai guru paling ngeblog semoga dapat dijadikan modal untuk kegiatan pelatihan guru menulis berikutnya.

Saya terus berdoa kepada Allah agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, dan dimudahkan dari segala kesulitan. Sayapun berharap target peserta terpenuhi sebelum acara berlangsung.

Terima kasih kepada semua pihak yang turut mendukung kegiatan positif ini. Semoga Allah meridhoi kegiatan yang saling membahagiakan ini. Indahnya bila kita saling berbagi, dan tak hanya mementingkan diri sendiri. Banyak memberi akan banyak menerima. Itulah falsafah hidup yang harus dipegang diri.

Teacher Wriring Camp di Wisma UNJ Kampus A Rawamangun, 8-9 Desember 2012
Teacher Wriring Camp di Wisma UNJ Kampus A Rawamangun, 8-9 Desember 2012

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

2 People reacted on this

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.