Posted on: September 30, 2012 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 0

Workshop pemanfaatan teknologi virtualisasi di lingkungan pendidikan

Sabtu-Minggu, 29-30 September 2012, diadakan kegiatan workshop 2 hari tentang pemanfaatan teknologi virtualisasi di lingungan pendidikan. Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 29-30 September 2012 di ruang TRRC SMA Labschool Jakarta. Workshop dibuka oleh Wakil Kepala SMA Labschool Jakarta bidang akademik Pak Suparno. Sedangkan, yang menjadi pembicara adalah pak Sukari, M.Pd, Pak Nanang, Pak Budi, dan lain-lain.

 

13489708601077594201
Workshop Teknologi Virtualisasi di SMA Labschool Jakarta

Workshop ini adalah workshop lanjutan dengan tema Integrasi PAS dengan CMS Balitbang. Sekitar 30 orang guru hadir dalam workshop nasional ini. Ada peserta dari lampung, rembang,  yogya,dan lain-lain yang mengikuti kegiatan ini, dan mereka menginap di wisma UNJ yang bersebelahan dengan sekolah Labschool Jakarta.

 

1348971868597459947
Workshop Pemanfaatan Teknologi Virtualisasi untuk Pendidikan di SMA Labschool Jakarta

Setelah Sambutan dari pihak sekolah, materi pertama adalah penyampaian presentasi latar belakang akan kegiatan workshop, Mengapa Menggunakan Teknologi virtualisasi dan keuntungan kerugian menggunnakan teknologi virtualisasi. Materi dibawakan langsung oleh Pak Sukari, M.Pd dari Gresik. Pak Sukari bercerita banyak mengapa dunia pendidikan perlu memanfaatkan teknologi virtualisasi. Penulis akan melaporkannya dalam tulisan yang berbeda.

Setelah pemaran materi dari Pak Sukari, M.Pd yang sangat menarik, acara mulai dilanjukan dengan instalasi teknologi virtualisasi dilingkup Dekstop dan setelah itu sesi istirahat dilanjutkan dengan instalasi teknologi virtualisasi untuk server.

Mas NanangArif Setiawan ST dari tenaga ahli direktorat jenderal pendidikan menengah memaparkan tentang CMS yang langsung dipraktekkan oleh para guru TIK di lingkungan SMA. Menarik sekali apa yang beliau sampaikan. Intinya, kita bisa membuat sendiri website sekolah yang terintegrasi dengan Program Administrasi Sekolah (PAS) yang dikembangkan oleh Balitbang Kemendikbud.

Demikianlah sekilas laporan Workshop Pemanfaatan Teknologi Virtualisasi di lingkungan pendidikan yang foto-foto kegiatannya dapat dilihat di facebook Omjay di sini. Acara masih berlangsung ketika berita ini dituliskan.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.