Posted on: April 14, 2009 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 5

Pemanfaatan Laboratorium Virtual di SMA

Senin, 13 April 2009 diadakan sebuah kegiatan yang bernama Forum Group Discussion (FGD) dengan tema: “Pemanfaatan Laboratorium Virtual untuk SMA”.

Peserta FGD Pemanfaatan Laboratorium Virtual di SMA

Peserta FGD Pemanfaatan Laboratorium Virtual di SMA

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Staf Ahli Menteri Pendidikan Nasional bidang IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) yang di pimpin oleh Dra. Harlina Yuhetti, M.Pd

Penutupan Acara FGD di Depdiknas Senayan Jakarta

Penutupan Acara FGD di Depdiknas Senayan Jakarta

Pesrta yang diundang dalam acara FGD ini adalah guru-guru dari SMA favorit di Jakarta. Ada 18 Sekolah Favorit yang diundang dalam acara ini.

Pembukaan Acara FGD oleh Prof. Dr. Yusufhadi Miarso

Pembukaan Acara FGD oleh Prof. Dr. Yusufhadi Miarso. M.Sc

Acara ini dibuka oleh Prof. Dr. Yusufhadi Miarso, M.Sc (Ketua Tim Kajian Virtual Labs) dan didampingi oleh Wijaya Kusumah, Dr. Soekardjo, dan Dr. Laksmi sebagai fasilitator FGD Depdiknas.

acara rehat coffe FGD

acara rehat coffe FGD di Depdiknas

Kami banyak mendapatkan masukan dari teman-teman guru tentang pengelolaan laboratorium IPA di SMA.

acara rehat coffe FGD di depdiknas

acara rehat coffe FGD di depdiknas

Ternyata untuk membuat laboratorium IPA yang ideal dibutuhkan biaya sekitar 500 juta rupiah, dan ini bisa disiasati dengan adanya laboratorium virtual yang memanfaatkan ICT sebagai multimedia pembelajarannya.

Pada kegiatan FGD ini kami saling berbagi informasi di sekolah masing-masing. Semoga dengan adanya kegiatan ini akan membuat para guru lebih memahami pemanfaatan laboratorium virtual di sekolah.

Categories:

5 People reacted on this

  1. SAya seoarang guru fisika yang sedang menempuh study s2 dan akan melakukan penelitian tentang lab virtuil. adakah sampel contoh lab virtuil yang telah jadi?bolehkah dipinjam or di copi untuk penelitian.
    terimakasih

  2. saya seorang mahasiswa teknik elektro,mau tanya. punya software yang bisa dijalanin diweb secara online gk?kalo ada tolong kirim ke email saya ya berikut caranya.thanks

  3. Assalamu’alaikum. Wah senangnya menemukan situs ini. Waktu kuliah dulu, saking penginnya cepat penelitian Kami membentuk klub “Peneliti Muda” yang kegiatan intinya adalh membantu Kaka kelas yang sedang penelitian beneran. Saat pelatihan Guru Cerdas Istimewa tgl 22 September 2006 di Hatel Setia Kawan Solo, Kami juga sangat terinspirasi untuk menjadi Guru Kaya Kretifitas separti Pa Winaswan Gora. Menurut teman Kami Bpk Ugi Tugino anggota pokja CI/BI Banten ternyata siwa SMA Akselerasi seperti SMA IIBS Lippo Cikarang sangat gemarsekali untuk melakukan penelitian. Selamat dan sukses untuk yang terlibat langsung dalam pengembangan Laboratorium Virtual.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.