Posted on: July 23, 2015 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 3

Review Buku Personal Branding Karya Amalia E Maulana

personal branding
Buku personal branding, membangun citra diri yang cemerlang karya Amalia E. Maulana Ph.D.

Senang sekali dapat buku bagus dari penulisnya langsung. Mbak Amalia E Maulana mengirimkannya ke sekolah Labschool pada 5 Juli 2015. Judul bukunya adalah Personal Branding Membangun Citra Diri yang Cemerlang. Sebuah buku baru yang dicetak pertama pada  bulan April 2015 dengan ISBN 978-602-19817-2-6.

Saya cukup lama membaca pelan-pelan buku karya mbak Amalia ini. Sampai-sampai buku ini saya ajak mudik ke Bandung dan Garut. Setiap ada kesempatan saya baca halaman demi halaman bukunya. Sambil saya share foto cover bukunya ke media sosial yang saya ikuti. Alhasil belum banyak orang yang tahu isi buku ini, dan banyak pula yang bertanya dimana bisa beli bukunya. Bahkan kawan kuliah S3 saya di Pascasarjana UNJ sempat bertanya di fb group kami, dimana bisa mendapatkan buku personal branding ini. Sebab sangat menarik sekali isinya. Terutama buat mereka yang ingin menjadi orang-orang yang terpilih dan cemerlang.

Ada 7 bagian penting dalam buku ini, yaitu:

  1. Menjadi Brand yang cemerlang
  2. Miskonsepsi seputar personal branding
  3. Personal branding adalah……….
  4. Personal Brand VS I-Brand
  5. Step By Step Personal Brand
  6. Personal Branding in Practice

Cemerlang tidaklah sama dengan sempurna. Mampu menjadikan diri seperti berlian yang menarik dengan sinarnya yang berpendar tetapi sekaligus elegan dan berkelas memang tidaklah mudah. Dengan personal branding menjadikan seseorang menjadi cemerlang. Tetapi personal branding bukan menjadikan seseorang itu menjadi sempurna. Itulah sedikit pesan dari penulisnya yang saya tangkap dari buku ini.

Menjadi orang yang bermanfaat buat orang banyak dan kehadirannya menjadi sangat bermakna di lingkungan keluarga, di lingkungan kerja, dan di lingkungan komunitasnya membuat anda cemerlang seperti berlian. Di situlah anda akan memiliki nilai tinggi di mata orang-orang yang ada di sekitarnya. Ketika anda tak ada, maka mereka akan berkata, “kagak ada elo kagak rame”.

Personal Brand yang cemerlang kehadirannya akan selalu dibutuhkan dimanapun anda berada. Setiap orang akan memiliki personal brand masing-masing. Setiap orang bisa berkontribusi dengan memberikan benefit yang berbeda beda. Tidak harus mempunyai personal brand yang sama dengan orang lain. Sebab setiap kita adalah unik, dan memiliki nilai tersendiri di mata orang lain. Tinggal asah kreativitas masing masing dan bangun inovasi unik dalam diri kita.

“Di antara berjuta bintang di langit hanya yang kemilau seperti berlian yang akan tampak. Saat dunia menyajikan banyak pilihan, hanya cemerlang yang akan diperhatikan.”

Kalimat di atas menjadi kalimat pembuka yang sangat nendang banget dalam buku tulisan mbak Amalia E. Maulana, konsultan branding dan ethnographer, yang berjudul “Personal Branding, Membangun Citra Diri yang Cemerlang.” Buku setebal 290 halaman ini layak anda baca isinya. Saya sangat merekomendasikannya.

Kehadiran buku ini salah satunya adalah untuk mengklarifikasi begitu banyak miskonsepi tentang Personal Branding concept. Masih banyak orang yang menghindari untuk membangun Brand diri sendiri karena dikira itu adalah pencitraan atau ingin terkenal, mereka tidak nyaman dengan itu semua. Sebagai pembicara yang sudah bertahun-tahun bicara di berbagai workshop, mbak Amalia paham betul dan berpikir apabila bisa dibukukan apa yang beliau kerjakan, maka tidak harus ada di dalam workshop, mereka sudah bisa mendapatkan pencerahannya setelah baca bukunya.

Kawan-kawan yang omjay sayangi dan banggakan. Buku ini memang belum tersedia di Toko buku manapun dan harus pesan langsung ke info@etnomark.com. Buat anda yang ingin lebih tahu tentang buku ini bisa membaca review buku ini dari berbagai blog di sini, dan di sana. Bisa juga kirimkan email ke amalia@etnomark.com bila ingin mengundangnya sebagai nara sumber personal branding.

personal branding
personal branding, membangun citra diri yang cemerlang

 

Buku ini memang layak anda baca. Membangun citra diri yang cemerlang melalui personal branding karya amalia e maulana ini membuka mata saya akan pentingnya personal brand. Personal brand menjelaskan siapa diri kita sebenarnya dan mengapa orang mau merekomendasikan anda kepada orang lain.

Personal branding bukan hanya untuk artis. Apalagi tokoh masyarakat. Siapa saja yang merasa ingin menjadi insan cemerlang di mata stakeholdernya omjay sarankan baca buku personal branding ini. Anda akan merasakan perubahan dahsyat dari dalam diri anda karena menjadi orang yang terpilih. Anda akan berkilau seperti berlian.

Buku yang ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dicerna tetapi sarat makna ini akan membantu anda membangun personal brand yang anda inginkan. Anda ingin memiliki bukunya? Buka saja situs www.etnomark.com dan www.amaliamaulana.com.

Salam Blogger Persahabatan
Omjay

 

 

Categories:

3 People reacted on this

  1. Dear Omjay,

    Keren sekali book reviewnya. Terimakasih setulusnya.
    Sangat menggigit dan masuk ke dalam pokok pembahasan yang berarti.

    Terus berkarya ya Omjay, semoga personal brandingnya semakin cemerlang, jadi bermanfaat buat stakeholdersnya.

    Salam Sukses.

    Amalia

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.