Posted on: August 24, 2011 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 39

Lomba Karya Tulis Ilmiah 2011 bagi Guru Indonesia

Majalah Guruku kembali mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah 2011 bagi guru Indonesia dengan tema “Peran Guru dalam Memberantas Korupsi, Kemiskinan, dan Kekerasan Pelajar di Indonesia” Lomba karya tulis ini berbasis pengalaman empirik dan kajian, tentang pengajaran dan pembelajaran yang bertujuan untuk memaksimalkan peran guru dalam mencegah korupsi, mengentaskan kemiskinan, dan menghilangkan kekerasan di kalangan pelajar.

Syarat-syarat Lomba:

  1. Peserta adalah Guru Sekolah/Madrasah Negeri maupun Swasta.
  2. Karya tulis atau hasil karya harus murni buatan sendiri bukan saduran atau terjemahan atau duplikasi dari naskah atau hasil karya orang lain. Kutipan harus dituliskan sumbernya.
  3. Naskah atau hasil karya belum pernah dipublikasikan di media massa manapun dan belum pernah dilombakan.
  4. Satu naskah dikirim lewat pos dialamatkan ke Redaksi Majalah Guruku Jl l. Kalibata Tengah No.35D, Kalibata, Jakarta, Kode Pos: 12740, tuliskan di kiri atas amplop: LKTI 3K. atau diantar langsung ke alamat tersebut selambatnya tanggal 31 Oktober 2011. Seluruh naskah yang dikirim menjadi milik panitia dan setiap pengirim naskah akan mendapatkan piagam penghargaan. Ketetapan dan keputusan Panitia tidak dapat diganggu gugat.
  5. Naskah lomba minimal terdiri dari 20 halaman, diketik komputer 1 spasi, kertas kuarto, disertai biodata penulis dan surat pengantar dari Kepala Sekolah (berstempel).
  6. Naskah berbentuk esai/narasi dengan tema ”Peran Guru dalam Memberantas Korupsi, Kemiskinan, dan Kekerasan Pelajar Indonesia” berdasarkan pengetahuan empirik masing-masing guru.
  7. Naskah berupa file (softcopy) dipresentasikan dalam bentuk MS Word dan materi (naskah) diizinkan dan akan dipakai untuk diterbitkan dalam edisi Majalah Guruku.
  8. Kriteria penilaian naskah: kesesuaian judul, isi, dan maksud tulisan, nilai manfaat karya tulis, dan dapat diaplikasikan.
  9. Hanya naskah terbaik dan memenuhi standar kualitas panitia dan Majalah Guruku yang akan mengikuti penilaian.
  10. Naskah yang masuk final akan dipresentasikan oleh penulis dihadapan dewan juri.

TOTAL HADIAH 50 JUTA RUPIAH dan HADIAH HIBURAN LAINNYA.

Sumber:

Majalah Guruku

Categories:

39 People reacted on this

  1. Insya Allah saya juga mau ikutan tapi tolong untuk hadiah lebih diperinci juara 1,2,3, dan harapan 1,2,3 berapa dan mendapat apa saja. agar lebih transparan lagi, afwan.

  2. LOMBA CIPTA PUISI NASIONAL DALAM RANGKA PERINGATAN BULAN BAHASA & MILAD KE-62
    SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

    KETENTUAN:
    1. Peserta lomba adalah peserta didik SMP/MTs. , dibuktikan dengan Surat Keterangan Kepala Sekolah.
    2. Setiap peserta hanya berhak mengirimkan 2 (dua) buah puisi.
    3. Naskah puisi ditulis dengan jenis huruf Garamon, Font 11; spasi 1,5 ; margin kiri 3 cm, margin kanan 2,5 cm, atas dan bawah 2,5 cm
    4. Tema puisi bebas, tetapi isinya santun, tidak mengandung unsur pornografi, dan SARA.
    5. Naskah puisi harus orisinil, bukan saduran/terjemahan/jiplakan karya orang lain, belum pernah dimuat dalam media cetak, belum pernah diterbitkan, dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba.
    6. Setiap naskah puisi yang dikirim disertai Surat Pernyataan Keaslian Karya Penulis. Segala bentuk keberatan/gugatan terhadap puisi yang disertakan dalam lomba menjadi tanggung jawab peserta lomba.
    7. Peserta mengirimkan Data Diri secara lengkap disertai Pas poto 3 x 4 cm bersamaan dengan Surat Keterangan Kepala Sekolah dan Naskah Puisi.
    8. Naskah puisi dikirimkan kepada Panitia Lomba Cipta Puisi SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta paling lambat tanggal 22 Oktober 2011 melalui salah satu alamat E-mail berikut:
    a. Drs. Sarno R. Sudibyo, M.Pd. : vina_nf_08@yahoo.com
    b. Dra. Retno R. Widowati : retnowidowati@yahoo.co.id
    c. Nita Apriyani, S.S : nitaapriyanita@gmail.com
    d. SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta : info@smumuhi-yog.sch.id
    9. Pengumuman pemenang dapat diakses melalui website SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dengan alamat: http://www.smumuhi-yog.sich.id tanggal 5 November 2011.
    10. Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat. Panitia tidak melayani surat-menyurat berkaitan dengan hasil lomba.
    11. Puisi yang disertakan dalam lomba, hak penerbitannya menjadi milik SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

    HADIAH BAGI PEMENANG:
    Juara I : Trophy, Piagam, dan Uang pembinaan Rp 1.500.000,00
    Juara II : Trophy, Piagam, dan Uang pembinaan Rp 1.000.000,00
    Juara III : Trophy, Piagam, dan Uang pembinaan Rp 750.000,00
    Juara Harapan I,II,III : Piagam, Uang pembinaan @ Rp 350.000,00
    50 (lima puluh) puisi terbaik diterbitkan dalam bentuk buku antologi puisi dikolaborasikan dengan karya siswa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
    Seluruh pemenang dan peserta yang karya puisinya dimuat dalam antologi akan diundang untuk hadir dalam acara Launching Buku Antologi Puisi pada tanggal 22 November 2011 di Kampus SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Jalan Gotong-royong II Petinggen, Karangwaru, Tegalrejo, Yogyakarta, Telp. (0274) 563739

  3. Saya salah satu peserta lomba LKTI 3, yang mengirimkan tepat pada tanggal 31 oktber 11. berharap karya kami dapat diterima menginggat dikirim via, baru sampai pada tgl 1 Nov’11. Demikian harap maklum. Dan kapan pengumuman pemenangnya, terima kasih.

  4. saya ngajar di sekolah islam swasta di kota kecil di jawa timur…
    saya bin gung nih…. mau sekolah S2 ….
    sementara dulu S1 Saya nON pENDIDIKAN . SEMENTARA INI saya ngajar IPA tp titel saya S.Si Bukan SPd.NUPTK saja sy baru keluar…menurut Om Jay saya perlU KULIAH LAGI GAK?

  5. seneng rasanya langsung dapat respon dari guruku…
    om jay saya sdh kirim email…mohon segera di bales…sy inginnya lebih intens lagi contact dengan panjenengan…coba kalo bisa lewat sms lebih gampang lagi kali ya…
    om jay//… sy juga ikut lomba esai yang dari MAJALAH GURUKU…kenapa yaa pengumumannya lama banget…????

  6. Ass. Panitia Lomba Karya Ilmiah untuk Guru yang kami hormati.
    kami ingin tanya a.n Darul aman, Sulfahanum (guru SMA Negeri 1 Takengon) telah mengirim berkas karya tulis ilmiah Guru pada pertenghan Oktober 2011 lalu, akan tetapi sampai hari ini kami belum menerima hasil kompetesi tersebut. Kiranya mohon panitia memberi tahu apakah kami termasuk yang ada dalam nominasi atau minimal kami mendapat sertifikat dari panitia. Ini alamat kami di SMA N 1 Takengon Jalan Lebe Kader No 13 Takengon Aceh Tengah Prop. Aceh.
    Demikian kami sampaikan dan atas perhatian panitia kami ucapkan terimakasih

  7. asslamualaikum. om jay yang kami hormati beserta panitia lomba,,kapan info untuk pemenang lomba dikeluarkan..sampe bulan februari 2012 belum ada kejelasan

  8. bu/Bapak Guruku yang baik hatinya.. Setelah berkutat dengan ratusan naskah karya tulis para guru yang dari Sabang sampai Merauke, dari Aceh hingga Ambon manise, dan yang membahagiakan bahwa semua tulisan mempunyai ide yang sangat baik yang mencerminkan semangat untuk perbaikan negeri. Namun karena harus menetapkan hanya 10 saja, maka berikut adalah nama-nama yang menjadi terbaik saat ini.
    1. Azi…z, S.Si, SMK N 1 Malili, Luwu Timur, Sulsel Judul: Meretas Jalan Menuju Generasi Berkarakter dari Tetesan Keringat Seorang Guru
    2. Yuli Mardianti, S.Pd., SMP Negeri 1 Sukamulia,Kabupaten Lombok Timur, Prov. Nusa Tenggara Barat. Judul: Guru dalam Pendidikan Berkarakter
    3. Unik Agus Iryati, S.E, SMP Negeri 3 Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Judul: Peran Guru dalam Memberantas Korupsi, Kemiskinan dan Kekerasan Pelajar di Indonesia.

    untuk 7 terbaik lainnya.. tunggu setelah pesan-pesan berikut ini 🙂

    be right back.
    sumber:
    http://www.facebook.com/#!/profile.php?id=100000222726051

  9. Trims ya om Jay mau ngebales comment saya, and kabar-kabar selanjutnya saya tunggu lho… Cuma saya lagi bingung nih omjay, saya kan Alhamdulillah masuk 10 besar LKTI Guruku, bingungnya mengenai tempat presentasi lkti nantinya kita-kita yang berasal dari luar pulau Jawa nih bagaimana ya? tolong tanyain ke panitianya om. Trims.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.