Posted on: August 3, 2011 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 0

Dahsyatnya Pesantren Ramadhan di Sekolahku

Setiap tahun pasti sekolahku mengadakan acara pesantren Ramadhan. Namun kali ini, pesantren Ramadhan tahun ini beda banget. Sekolahku di SMP Labschool Jakarta bergabung dengan SMP Labschool Cibubur. Sekolah baru yang dimiliki oleh yayasan pembina Universitas Negeri Jakarta (UNJ).Sudah pasti, sekolahku menjadi ramai karena dua sekolah menjadi satu. Pokoknya dahsyat banget deh! Apalagi bila melihat susunan acaranya di sini.

1312366911734400360

Pesantren Ramadhan di Sekolah Labschool

Selama 3 hari ini, dari Rabu sampai dengan Jum’at, tanggal 3 sampai 5 Agustus 2011, sekolah Labschool menyelenggarakan pesantren Ramadhan yang diberi nama SALAM. SALAM adalah singkatan dari Studi dan Amaliah di Bulan Ramadhan. Tahun 2011 ini, anak-anak SMP Labschool diarahkan untuk menanamkan nilai-nilai ketertiban, dan kedisiplinan (melalui wudhu pelaksanaan wudhu, sholat, dan puasa). Juga melaksanakan ibadah yang mudah dan menyenangkan. Tak salah kalau kami memberi tema dalam bahasa keren:

“With The Spirit of Ramadhan We Train Ourselves to be Care and Discipline”

Setelah acara pembukaan, anak-anak diberikan materi dengan berpuasa kita berprestasi, dan pengenalan asmaul husna dari kakak-kakak mentor yang berasal dari HIRO. Sebuah lembaga pelatihan yang selalu bekerjasama dengan Labschool dalam kegiatan pesantren SALAM.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah :

  1. Menambah pemahaman Ilmu Agama Islam
  2. Memberikan pengalaman dalam sikap (attitude) dan perilaku (behaviour) yang Islami.
  3. Memperkuat persaudaraan sesama muslim (Ukhuwah Islamiyah)
  4. Menanamkan nilai-nilai kejujuran
  5. Melatih disiplin, kemandirian, dan rasa tanggung jawab.
  6. Memberikan pola pikir dan konsep yang jelas tentang Islam sehingga dapat berperilaku yang positif dalam kehidupan sehari-hari.

Usai sholat Dzhuhur, kami diberikan materi belajar disiplin dan peduli terhadap sesama dari Rasulullah. Materi ini dibawakan langsung oleh ustadz Ismeidas. Wah asyik banget tuh! Beliau kocak dan lucu. Anak-anak senang sekali mendengarkan ceramahnya. Tidak ada satupun siswa yang mengantuk. Kemampuan retorika Ustadz Meidas sungguh luar biasa. Pokoknya gak kalah sama almarhum KH. Zainuddin MZ.

Pesantrean Ramadhan di sekolahku memang dahsyat. Kedahsyatannya akan kuceritakan dalam tulisanku berikutnya. Apalagi nanti malam. Kami akan mendapatkan materi Penciptaan Manusia oleh Mas Aris Ahmad Jaya. Seorang Motivator nasional terkenal yang sudah sering memberikan training ke pelosok nusantara.

Untuk informasi kegiatan pesantren SALAM dapat menghubungi: Wijaya Kusumah di nomor Hp. 0815 915 5515

Foto-foto kegiatan lengkap SALAM ada di sini.


Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.