Posted on: November 3, 2010 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 225

Sumpah Pemuda dan Jiwa Kepahlawan di Era Multitasking yang Beretika

Senang sekali saya hari itu. Tepatnya, 28 Oktober 2010. Selain banyak teman yang mengucapkan selamat ulang tahun kepada saya, banyak pula peserta didik saya yang mengucapkan “selamat ultah”. Belum lagi yang mengucapkan ultah di facebook dan twitter. Jumlahnya sampai ratusan. Kebetulan hari itu adalah hari ulang tahun saya yang bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda. Tentu saya sangat berbahagia pada hari itu. Saya pun hampir terlupa kalau hari itu harus mengikuti kegiatan sumpah pemuda 2.0.

Para Peserta Talkshow Sumpah Pemuda 2.0.
Para Peserta Talkshow Sumpah Pemuda 2.0.

Tiba-tiba ponsel saya berdering, dan diingatkan oleh ketua Komunitas Blogger Bekasi (be-Blog). Mas Aris mengingatkan saya untuk segera datang ke acara XL yang digelar melalui program CSR Indonesia Berprestasi Award. Untunglah jarak sekolah dan tempat acara tidak terlalu jauh. saya pun bis alangsung tancap gas menuju tempat acara.

Acara dimulai pukul 13.00 – 19.00 WIB. Bertempat di Moesioem Kebangkitan Nasional, Jl. Dr. Abdul Rahman Saleh No. 26 Jakarta Pusat, atau yang lebih terkenal dengan nama Gedung STOVIA. Di tempat inilah akan diadakan sumpah pemuda 2.0 di era digital.

Para Pembicara Talkshow Sumpah Pemuda 2.0.
Para Pembicara Talkshow Sumpah Pemuda 2.0.
Sambil dengerin pembicara ngomong, jempol tetap eksis di twitter dan facebook
Sambil dengerin pembicara taklshow ngomong, jempol tetap eksis di twitter dan facebook

Saya datang agak terlambat sedikit, dan saya lihat temen-teman peserta sedang asyik menikmati acara sambil jempolnya “towel-towel keyped” di ponselnya masing-masing. Inilah generasi multitasking, sambil dengerin materi tetap asyik dengan netizennya. Tetap beretika, dan tidak mengganggu peserta lainnya. Luar Biasa!

Ketua be-blog Mas Aris dan Peserta dari Ambon asyik ngobrol
Ketua be-blog Mas Aris dan Peserta dari Ambon asyik ngobrol

Saya langsung mendatangi ketua be-blog mas Aris yang lagi asyik ngobrol dengan teman barunya dari Ambon. Saya pun berkenalan dengannya. Namun saya lupa lagi namanya. Maklumlah sudah melupa dan menua, hehehehehe.

Teman-teman Kompasiana.com Menyambut Kehadiran saya
Teman-teman Kompasiana.com Menyambut Kehadiran saya

Mas Aris dan teman-teman yang melihat saya langsung mengucapkan selamat ulang tahun kepada saya. Alhamdulillah, inilah resiko dari selebritis dunia maya, hehehehe. Banyak ucapan selamat ulang tahun di mana-mana. Dari mulai dunia nyata sampai dunia maya.

Tanpa saya sadari, kita pun sebenarnya telah berada dalam etika cyberspace, dan generasi multitasking, generasi dimana mereka bisa mengerjakan sekaligus beberapa pekerjaan dalam waktu hampir bersamaan. Kayak sistem operasi windows begitu. Bisa buka program word, excel, power point dan lain-lain secara bersamaan.

saya melihat ke kana dan ke kiri. Di sela-sela talkshow masih bisa cipika cipiki. Tetap santun dan tidak menganggu acara. Bahkan masih bisa bernarsis ria seperti Kang hadi dan Mbak Yunika (sebelah kiri), hahahahahaa.

Mas Imam bicara tentang generasi multitasking, dan pak Anhar bicara tentang etika
Mas Imam bicara tentang generasi multitasking, dan pak Anhar bicara tentang etika

Sebenarnya, istilah etika dan generasi mutitasking baru saja saya dengar dari acara talkshow Sumpah Pemuda 2.0 di Museum Kebangkitan Nasional siang ini. Acara yang dimoderatori mas Jaya Suprana ini menghadirkan pembicara keren seperti Pak Anhar Gonggong, Mas Imam B Prasodjo, Mas Adrie Subono, Mas Sudiyanto, dan mas Iman Brotoseno. Kelima pembicara itulah yang mengilhami saya untuk membuat postingan ini.

Suasana Acara talkshow sumpah pemuda 2.0. dari Belakang
Suasana Acara talkshow sumpah pemuda 2.0. dari Belakang

Banyak hal menarik yang dibicarakan dalam talkshow itu, namun karena riuhnya suasana saya tak berhasil menangkap semua materi yang disampaikan.

Hanya saja, pak Anhar Gonggong sempat melontarkan sebuah pernyataan, “apapun teknologinya, etika akan tetap terjaga”.

Mas Imam Prasodjo pun menambahkan bahwa,  ”kita hidup dalam era generasi mutitasking”. Jadi jangan heran kalau banyak blogger, facebooker, dan tweeps yang datang hari itu telinganya mendengar, tetapi mata dan tangannya asyik bermain facebook dan twitter.

Sambil dengerin, Kang Hadi sibuk dengan ponsel mungilnya, Mas Aris asyik BB-an.
Sambil dengerin, Kang Hadi sibuk dengan ponsel mungilnya, Mas Aris asyik BB-an, mbak Yunika tetep aja narsis, dan temen dari ambon serius.

Itulah sebenarnya hal yang menarik dari acara talkshow itu dalam pandangan saya. Generasi muda kita saat ini memang berbeda pada saat sumpah pemuda 1928 diucapkan. Jiwa kepahlawanan benar-benar terasa pada saat itu. Mereka ingin bersatu dan membentuk negara sendiri yang bernama Indonesia. Mereka tak takut dengan penjajah Belanda. Bagi mereka kemerdekaan adalah sebuah pencapaian yang harus diwujudkan. Sumpah pemuda adalah langkah awal untuk mencapai Indonesia merdeka.

Mas Amril, penasehat be-blog sempat bernarsis diri
Mas Amril, penasehat be-blog sempat bernarsis diri
Omjay dan teman-teman Kompasiana.com
Omjay dan teman-teman Kompasiana.com

Sumpah pemuda yang diucapkan saat ini tentu berbeda dengan saat itu. Gayanyapun akan mengikuti era digital dimana telah menjadi sumpah pemuda 2.0. Seolah-olah mengikuti jejak teknologi baru web.2.0. Dimana semua orang bisa saling terhubung dengan mudah dan cepat. Kita pun bisa menjadi orang besar seperti mas Amril dan Omjay, hahahahhaha. Coba perhatikan perut mereka…besar khan????, hehehehehe

Tetap mendengarkan Acara talksow dengan Khidmat
Tetap mendengarkan Acara talksow dengan Khidmat

Aapa yang dikatakan mas Imam Prasodjo ada benarnya. Hidup jaman sekarang memang benar dalam era multitasking. Kita sering tidak fokus pada satu masalah saja, tetapi banyak masalah yang dihadapi.

Disinilah diperlukan etika dalam menuntaskan masalah demi masalah. Bukan produk yang kita kejar, tetapi proseslah yang harus kita lalui dengan benar. Bila proses yang kita lalui benar, maka di dalam Indonesia merdeka tidak akan ada kemiskinan. Jiwa kepahlawan selalu ada di hati, dimana lebih mementingkan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.

Demikianlah sedikit benang merah yang saya simpulkan dari paparan pak Anhar Gonggong yang lebih mengedepankan etika apaun teknologinya.  Mas Imam parsodjo pun menambahkan untuk menghadapi era multitasking kita harus memiliki bekal sosiologi yang matang dalam mengembangkan kemanusian.

Tetap Serius mendengarkan acara Takshow
Tetap Serius mendengarkan acara Takshow

Lain mas Imam, lain pula mas adrie Subono. Seorang pengusaha yang banyak menghadirkan artis dunia, dan menduniakan Indonesia. Baginya, mendatangkan artis kelas dunia merupakan tantangan tersendiri. Melalui dunianya ia ingin mengenalkan Indonesia kepada masyarakat dunia. Oleh karenanya peranan teknologi informasi sangat penting dikuasainya. Beliau cukup ngetweet dan menggunakan facebook untuk mempublikasikan kegiatannya di dunia maya. Acara yang akan diselenggarakannya pun tersebar dengan cepat tanpa harus publikasi di media masa.

Mas Andrie Memanfaatkan TI untuk memasarkan Kegiatannya
Mas Andrie Memanfaatkan TI untuk memasarkan Kegiatannya

Sementara itu pembicara muda yang hadir dalam acara talkshow, mas Iman Brotoseno lebih menyoroti catatan-catatan seorang blogger yang memerlukan etika ngeblog di dalamnya.

Era multitasking membuat seorang blogger tak hanya bermain di situs jejaring facebook saja tetapi juga twitter yang terus berkembang dan diminati anak muda jaman sekarang.

Sedangkan peraih Indonesia Berprestasi award, mas Sudiyanto lebih menitik beratkan kerja keras dan ketekunan dalam dunia teknologi yang terus berkembang. Baginya kerja keras harus ada dalam diri pemuda Indonesia.

Mbak ajeng (berkerudung Hijau) Asyik dengan Catatan Bloggernya
Mbak ajeng (berkerudung Hijau) Asyik dengan Catatan Bloggernya

Bagi saya secara pribadi, talkshow ini bagus sekali namun sayangnya dibatasi oleh waktu. Acara ini pun membawa semangat satu negeri di era digital yang beretika dan mutitasking. Mari kita berpikir optimis!

Jiwa kepahlawanan jelas harus ada dalam diri kita agar semangat sumpah pemuda terus berada di dalam dada. Jangan biarkan negeri ini dijajah oleh bangsa lainnya dalam bentuk apapun.

Semangat sumpah pemuda dan jiwa kepahlawanan di era Multitasking yang bertika harus terus dilestarikan menjadi budaya bangsa. Kita harus belajar dari sejarah agar bangsa ini tahu perjuangan generasi sebelumnya. Setelah acara Talkshow, para pembicara mendapatkan cinderamata dari XL, dan saya pun mendokumentasikannya dengan cepat peristiwa yang bersejarah ini.

Sebuah peristiwa yang tak akan pernah terlupakan dalam sejarah hidup saya. Sumpah pemuda dan Jiwa kepahlawanan di era multitasking yang beretika telah membuka mata hati saya untuk terus ngeblog demi kemajuan negeri. Berbagi dan saling memberi dalam keragaman yang akan dirayakan dalam pesta blogger 2010.

para pembicara Talkshow diapit oleh Ibu Dian
para pembicara Talkshow diapit oleh Ibu Dian

XL memang Hebat euy!
XL memang Hebat euy!

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Baca Juga:

https://www.wijayalabs.com/2010/11/03/selamat-datang-generasi-multitasking-yang-beretika/

Categories:

225 People reacted on this

  1. memang semangat pemuda harus tetap ada di jiwa generasi baru kita,talkshownya pasti sangat bermanfaat,keep going om jay!

  2. Bagus pak, semangat soempah pemuda dan jiwa kepahlawanan harus tetap kita lestarikan. Kita harus banyak belajar dan kita tidak boleh melupakan sejarah generasi sebelumnya.

  3. semangat pemuda di generasi ini memang harus tetap ada pak.karena semangat pemuda sangat penting di saat ini,keren pak

  4. subhanallah, artikel ttg Sumpah Pemudanya bagus sekali. Tetap lanjutkan membuat artikel yang bagus, pak SEMANGAT!!!

  5. bagus baget pak sangat membagkitkan semangat pemuda saya dan semangat ini memang harus di pertahankan atau di kembangkan

  6. omjaayyy!! mending omjaybikin novel aja. kayak raditya dika gtu. bikin novel, dari kerajinannya cerita2 di blognya gtu. ntar saya beli deh bukunya omjay.wkwkwk. terima kasih

  7. Bagus pak. Bahasa yang bapak gunakan enak untuk dibaca jadi tidak membuat bosan. Saya jadi tidak melupakan apa yang dinamakan “semangat sumpah pemuda”

  8. Menurut saya semangat pemuda di era multitasking cukup baik dam postingan bapak sangat bagus. Mungkin dapat menyemangati pemuda-pemuda jaman sekarang. Dan Happy Birthday Pak Wijaya semoga tetap eksis di dunia maya dan semakin sukses serta panjang umur!

  9. saya sangat senang dengan artikel bapak, baguus sekali untuk dibaca, karena semangat sumpah pemuda harus terus dilestarikan sammpai generasi sekarang
    🙂

  10. bagus pak, bener, semangat pemuda harus terus ada di remaja-remaja saat ini, acaranya juga bagus pak, terus buat tulisan-tulisan lagi tentang remaja-remaja ya pak 🙂

  11. Memang saat ini sudah sering seperti itu, orang lain berbicara, kita asik sendiri. Tetapi kita juga harus mendengarkannya, pasti sangat banyak informasi yang bermanfaat.

  12. saya sebagai generasi muda juga harus mempunyai semangat seperti pemuda pemudi jaman dahulu, saya setuju dengan omjay! keep moving forward ooomjaaay!!

  13. saya sangat setuju bahwa semangat sumpah pemuda dan jiwa kepahlawanan di era Multitasking yang bertika harus terus dilestarikan menjadi budaya bangsa. mau jadi apa bila negeri kita tidak mempunyai jiwa kepahlawanan?

  14. bagus pak artikelnnya , kita memang harus menjaga semangat itu , dan semoga saya juga mampu meneruskan semangat para pemuda , terus berjuang !

  15. Hari Sumpah Pemuda memang salah satu hari yang penting. Acara seperti itu juga harus di banyakin tuh pak.. Heheeeeee~ Artikelnya juga bagus pak. *applause~*

  16. saya sangat setuju dengan tulisan ini,saya rasa bila tidak ada kepahlawanan di negara ini,mungkin indonesia akan hancur kembali ._..

  17. artikel tentang sumpah pemudanya sangat bagus dan harus dilestarikan serta diajarkan kepada anak cucu kita. terus berjuang om jay!

  18. bagus pak, acaranya juga menarik, terus tulisan-tulisan yang bapak buat juga menarik, bahasanya gampang dimengerti 🙂
    memang sekarang semua kegiatan bisa menjadi sangat fleksibel di era multitasking ini 😀

  19. bagus paak..semoga menang pak lombanya,brarti kalo kita lagi dikasih materi sama narasumber kita boleh sambil main hp kan pak ? yang penting bisa dengerin

  20. Sebelumnya saya ucapkan Selamat Ulang Tahun buat Omjaay… 🙂 maaf telat Omjay heheee.
    Acaranya bagus bgt, memotivasi banyak orang khususnya para pemuda yang sedang ada di dalam era multitasking.
    Saya kasih dua jempol pak hehee..

  21. Menurut saya, tulisan bapak mengenai sumpah pemuda sudah cukup bagus. namun, bagi saya bapak terlalu banyak memasukan foto dalam acara tersebut sedangkan tulisan bapak menurut saya biasa saja. mungkin bapak bisa menulisnya dengan lebih menarik dan lebih kreatif kembali.

  22. omjay, artikel bertema sumpah pemuda ini sangat membangun generasi muda untuk tetap mempertahankan dan tetap mengobarkan semangat sumpah pemuda! tetap sukses omjay 🙂

  23. tulisan bapak bagus, tapi saya gak ngerti apa yang bapak tulis ehehe ya intinya sumpah pemuda harus ditanam kan didiri generasi muda

  24. semangat sumpah pemuda memang harus di tanam oleh generasi muda seumuran sama gini pak hoho. mungkin terlalu banyak foto ya pak tapi artikelnya bagus kok

  25. pak karena saya sendiri bukan tipe blogger yang baik, jadi menurut saya tulisan bapak sudah cukup bagus. ditambah lagi banyak foto-foto yang membuat saya tau bagaimana gambaran saat acara berlangsung. tapi bener deh pak, skrg emang era multitasking. dulu orang kalo bosen ya belajar atau baca buku, sekarang update twitter/facebook. saya sendiri kalo bosen pasti mulai sibuk sendiri dengan bb saya. atau buka blog saya dan mulai menulis. terkadang pula mereblog gambar di tumblr.

  26. saya sangat setuju bahwa semangat sumpah pemuda dan jiwa kepahlawanan di era Multitasking yang bertika harus terus dilestarikan menjadi budaya bangsa. mau jadi apa bila negeri kita tidak mempunyai jiwa kepahlawanan?
    omjay, artikel bertema sumpah pemuda ini sangat membangun generasi muda untuk tetap mempertahankan dan tetap mengobarkan semangat sumpah pemuda! tetap sukses omjay

  27. tulisan bapak bagus, tapi saya gak ngerti apa yang bapak tulis ehehe ya intinya sumpah pemuda harus ditanam kan didiri generasi muda. maaf pak tadi saya salah nulis nama

  28. omjay, artikel-artikelnya bagus banget, ada sumpah pemuda, multitasking,dll. kok pak wijaya ga membuat artikel tentang bencana alam di wasior, mentawai,sama di jogja?

  29. acaranya sangat bagus, dan artikelnya juga menarik. kita juga jadi termotivasi untuk lebih peduli terhadap sumpah pemuda. tetapi bahasa Omjay kurang saya mengerti, mungkin lain kali bisa diperjelas dan lebih menarik.

  30. bagus juga ya pak diadakan acara ini karena pada saat ini kepedulian kita terhadap sumpah pemuda mulai berkurang dan dengan ini semoga kita semua akan sadar dan peduli

  31. o iya pak lupa, acaranya bagus pak saya juga tonton liputannya di tv
    jarang – jarang pak ada acara kayak gitu

  32. artikel bapak bagus pak tentang sumpah pemueda. soalnya, banyak anak muda zaman sekarang udah melupakan hari peringatan sumpah pemuda. acara yang bapak tulis juga bagus. apalagi membawa semangat satu negeri di era digital yang beretika dan mutitasking.

  33. Saya sangat setuju dengan acara memperingati HARI SUMPAH PEMUDA, karena hanya adengan itu kita dapat menghargai jasa para pahlawan pemuda kita yang ingin membangun negara sendiri

  34. artikel dan acaranya menarik pak. semoga di acara sumpah pemuda berikutnya bisa lebih menarik lagi dan dapat menumbuhkan rasa cinta para pemuda kepada Indonesia.

  35. Tulisannya menarik, membangkitkan semangat pemuda. Memang pemuda sekarang jauh berbeda dengan dulu. Tapi tetaplah maju mewujudkan indonesia yang damai bersatu !

  36. wah….posting yg sangat mengesankan,membuat semangat persatuan semakin ber api-api,memang saatnya lupakan perbedaan fokuskan persatuan
    ohiya,ini alamat blog saya om jay
    bagaspermana.wordpress.com

  37. WOW!!! bagus banget artikelnya om,wah wah sayan harus banyak belajar sama omjay,ngomong2 ini alamat blog saya:restubundo.blogspot.com

  38. WOW!!! bagus banget artikelnya om,wah wah saya
    harus banyak belajar sama omjay,ngomong2 ini alamat blog saya:restubundo.blogspot.com

  39. pendatang baru, plus pengomentar yang paling bawah, (eh paling bawah ga ya..?)
    seu banget acaranya pak..
    sumpah pemuda semoga ga cuma jadi sumpah pemuda era 45-an dahulu. tapi jadi sumpah pemuda abad ini, tnpa membedakan suku, bahasa dan agama. amin..

    salam kenal dari bintangair…

  40. acaranya bagus pak. supaya anak anak muda di Indonesia dapat lebih berjuang dalam menghargai para pelaku sumpah pemuda

  41. Artikelnya Bagus pak. Temanya Generasi multitasking. sepertinya pembicaranya juga dapat menyampaikan pembicaraannya dengan baik. dan juga semangat sumpah pemuda harus di pertahankan dalam generasi mutitasking saat ini.

  42. Wah.. blognya bagus, baik dari isi maupun gambarnya. Betul pak kita harus tetap memiliki jiwa kepemudaan walaupun kita tidak di masa penjajahan lagi. Bener banget kita harus tetep punya etika di dunia cyber di era multitasking ini… sekali good work pak..

  43. bagus sekali pak..arrtikelnya bagus..dapat membangkitkan semangat nasionalis..acara talkshownya juga menarik dan bagus..

  44. Temanya bagus pak, sepertinya pembicaranya juga dapat menyampaikan pembicaraannya dengan baik. tetapi yang terpenting itu menjaga semangat sumpah pemuda dalam geenerasi multitasking ini.

  45. Udah 100 lebih comments berbobot, perlu saya ‘idem’, Omjay? Hehehe. Memang ya, agak susah menumbuhkan semangat nasionalisme anak jaman sekarang –ya termasuk saya ini. Era multitasking dan teknologi bisa jadi rayuan pulau kelapa untuk anak jaman sekarang agar lebih nasionalis. Sukses pak!

  46. sebelumnya selamat ulang tahun ya pak..

    Artikelnya bagus banget. menumbuhkan kembali semangat generasi baru untuk membangun bangsa. acaranya juga kayaknya menarik untuk diikuti

  47. menurut saya acara yang diselenggarakan oleh xl ini sangat bagus karena bisa juga memberi semangat serta memberi rasa percaya diri pada Pemuda Indonesia

  48. Nice Posting pak! acara sm postingannya bagus pak, terus posting pak biar makin bagus. “JANGAN LUPAKAN DARAH DAN KERINGAT PEMUDA PEMUDI”

  49. pak tulisanya bagus, kata-katanya juga bagus, artikelnya mantep pak, mang bagus pak kalau ada acara seperti itu bagus, good

  50. Artikelnya bagus pak, menurut saya kegiatan seperti ini bagus untuk merayakan Sumpah Pemuda karena acaranya gak bikin bosen gak kayak acara2 lain. Dan juga menurut saya sah-sah aja pak kalo misalnya tangan dan mata di hp masing2 tapi telinga ke arah pembicara pak. Menurut saya pak harusnya itu juga diterapkan pak di labschool, jadi anak2nya boleh bawa hp berkamera, boleh mainan sambil dengerin guru pak, yg penting tetep dengerin, makanya pak, apus dong pak peraturan yg gak boleh bawa hp berkamera di sekolah pak.

    Generasi multitasking jaman sekarang emang udh berkembang pak. Makannya pak, jgn heran kalo misalnya saya main hp sambil dengerin bapak.

    Artikel bapak bagus pak! Bikin maju Indonesia pak. Sayangnya saya belom bisa bikin artikel sebagus artikal bapak

    Terus ngeblog pak!

    blog saya: http://divarajasa.blogspot.com/

  51. wahh pak bagus sekali acara talkshow nya,apalagi kalau semua anggota disitu sangat antusias dengan semangat pemudanya,lanjutkan om jay !!!

  52. pak keren postnya selamat ya pak semoga pemuda Indonesia makin maju yeeee !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! dan selamat ulang tahun ya pak semoga sukses

  53. bagus pak artikel&acaranya menarik dan bermanfaat. memang semangat sumpah pemuda dan jiwa kepahlawanan harus di pertahankan di era multitasking seperti ini pak, sukses omjay!

  54. bagus pak acara sumpah pemudanya, kita memang harus mempertahankan nilai-nilai sumpah pemuda. dan selamat ulang tahun ya pak semoga sukses.

  55. post nya bagus pak, topik yang dibahas juga bermanfaat bagi generasi muda yang perlu mengetahui etika dalam menuntaskan masalah

  56. Terima kasih Pak postingan nya, Bagus dan menginspirasi kita. Agar tetap memajukan indonesia dengan menyusuaikan dengan era globalisasi. 😀

  57. acara yg sangat mengesankan, bisa membuat kita kembali mengingat semangat para pemuda dulu, juga menularkan semangat mereka terdahulu untuk meneruskan bangsa.

  58. acaranya sepertinya menarik pak, acara seperti itu juga sangat diperlukan di era multitasking ini. Keep posting om !

  59. Bolehlah infonya! tetapi saya tidak terlalu mendapatkan apa yang bapak sampaikan. Semoga bapak menjadi blogger yang dikenal dunia (kalau sudah dikenal tolong ajari saya pak! biar masuk internet dan banyak di kenal orang). Pak saya ingin tahu juga bagaimana menjadi blogger yang baik dan terkenal sehingga saya juga nyempil sedikit di barisan blogger dunia.

    Usaha adalah tangga kejayaan! itu salah satu pesan saya untuk bapak.

  60. Bapak emang deh rajanya ngeblog.keren asli.acaranya pasti bagus babget dan bermanfaat.wah seharusnya labschool mengadakan acara sepert itu pak,supaya semangat anak labschool untuk meraih prestasi menjadi lebih berapi-api dan tidak surut.Seperti pemuda-pemudi kita dahulu yang memperjuangkan kemerdekaan indonesia dengan semangat yang berapi-api. 🙂

  61. artikelnya bagus pak. semangat sumpah pemuda memang dibutuhkan untuk generasi muda sekarang. acaranya juga bagus pak. event seperti ini memang dibutuhkan agar terus merasakan semangat sumpah pemuda.

  62. menurut saya posting sangat bangus dan acaranya menarik sekali. semangat sumpah pemudah harus dilestarikan terus pada masyarakat INDONESIA!!

  63. menurut saya artikelnya bagus sekali dan acaranya sangat menarik. semngat sumoah oemuda harus dilestarikan terus pada masyarakat INDONESIA !!!

  64. Mantap postingannya Om Jay, apalagi sepertinya yang banyak berkomentar adalah murid2 Om Jay semua ya? Wah..saya bakal numpang beken nih di postingan ini…hehehe Thanks ya Om Jay, mari kita mendoakan supaya sama2 menang kontesnya 🙂

    @Amril, Mari kita saling mendoakan mas Amril

    salam
    Omjay

  65. menurut saya talkshow dan artikelnya sangat bagus dan menarik, semangat sumpah pemuda harus tetap ada di kalangan masyarakat

Leave a Reply to Reyhan Akbar 8c Cancel reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.