Posted on: November 3, 2010 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 31

Selamat Datang Generasi MultiTasking yang Beretika!

Setelah mengikuti acara talkshow di Museum Kebangkitan Nasional pada acara sumpah pemuda 2.0. yang baru lalu, saya merasakan telah berada di era baru. sebuah era dimana para penduduk dunia saling berkomunikasi dan memberi informasi dengan sangat mudahnya. batas negera seolah tiada lagi. saya pun harus mengucapkan, “Selamat datang Generasi Multitasking yang beretika!”

Mbak rara (ketua PB2010) dengan BB-nya dan juga Teman Ngeblognya.
Mbak Rara (ketua PB2010) dengan BB-nya dan juga Teman Ngeblognya.

Bagi saya yang seorang guru, berada dalam era multitasking sekarang ini membuat saya menjadi guru baru di era baru. Saya berjumpa dengan anak-anak digital native (penduduk asli dunia digital), ย dan saya pun dipaksa untuk menjadi seorang digital immigrants (penduduk baru di dunia digital). Mereka adalah para generasi baru yang membuat saya harus merubah cara mengajar saya yang berbasis multimedia.

Penyerahan Cinderamata dari XK kepada Para pembicara Talkshow Sumpah Pemuda 2.0
Penyerahan Cinderamata dari XL kepada Para pembicara Talkshow Sumpah Pemuda 2.0 di Gedung Museum Kebangkitan Nasional, 28-10-2010

Apalagi setelah saya mengikuti acara talkshow sumpah pemuda 2.0 yang diselenggarakan oleh XL melalui program CSRย Indonesia Berprestasi Award, yang mengundang masyarakat digital (Blogger, Facebooker dan Tweeps) untuk lebih mengenal perjuangan pemuda Indonesia di masa awal abad 20 tersebut yang akhirnya berbuah โ€˜Soempah Pemoedaโ€™. Bersama-sama mengulang janji Sumpah Pemuda: Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Indonesia.

14 komunitas blogger dari seluruh Indonesia, diantaranya Medan, Padang, Palembang, Bandung, Semarang, Jakarta, Bodetabek, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Manado, Makassar, Kalimantan, hingga Ambon, bersama-sama mengucapkan ikrar sumpah pemuda.
Sebanyak 14 komunitas blogger dari seluruh Indonesia, diantaranya Medan, Padang, Palembang, Bandung, Semarang, Jakarta, Bodetabek, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Manado, Makassar, Kalimantan, hingga Ambon, bersama-sama mengucapkan ikrar sumpah pemuda.

bagi saya acara ini sungguh luar biasa dan pantas untuk mendapatkan rekor MURI yang diserahkan langsung oleh mas Jaya Suprana. Saya pun bangga bisa berada di antara mereka dan menyaksikan peristiwa yang sangat bersejarah ini. Sekaligus napak tilas perjalanan sumpah pemuda dari masa ke masa. Saya pun menjadi lebih tahu peran para pemuda di masa lalu.

Pembagian Kelompok Peserta di halaman Museum Kebangkitan Bangsa
Pembagian Kelompok Peserta di halaman Museum Kebangkitan Bangsa

Usai acara sumpah pemuad 2.0, para peserta berkumpul di halaman gedung museum dan dibagi kedalam beberapa kelompok. Saya bergabung dalam kelompok Orange, dan kita bermain games sebentar yang dipimpin oleh panitia. Setelah itu kami diajak berkunjung ke Museum Sumpah Pemuda.

Kelompok Orange yang Imut-imut dan Amit-amit, hehhehehe
Kelompok Orange yang Imut-imut dan Amit-amit, hehhehehe

Tentu semakin seru acara ini, karena generasi multitasking akan segera meluncur ke gedung museum sumpah pemuda. Apa saja yang mereka kerjakan di sana? Nantikan postingan saya berikutnya. Sampai nanti ya!…….

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Penting untuk dibaca:

https://www.wijayalabs.com/2010/11/03/sumpah-pemuda-dan-jiwa-kepahlawan-di-era-multitasking-yang-beretika/

Categories:

31 People reacted on this

  1. […] https://www.wijayalabs.com/2010/11/03/selamat-datang-generasi-multitasking-yang-beretika/ Posted by wijayalabs on Wednesday, November 3, 2010, at 2:26 pm. Filed under Pendidikan. Tagged etika, indonesia berprestasi, multitasking, sumpah pemuda, xl. Follow any responses to this post with its comments RSS feed. You can post a comment or trackback from your blog. […]

  2. Baguss banget pak. Pada zaman ini penduduk di dunia dapat bertukar informasi. Era pada saat ini adalah era yang sangat menyenangkan.

  3. paakkk kerenn nih!!! acaranya bagus!! ide bapak kreatif!! bapak mantaplaahhh!! tapi kata2 bapak agak kaku gitu pak.hehehe

  4. Wah acaranya sepertinya seru ya pak. Sesama blogger jadi dapat berkumpul bersama untuk merayakan sumpah pemuda. keren pak keren ๐Ÿ˜€

  5. Postingan bapak bagus, dan menurut saya guru-guru seharusnya juga memasuki era MultiTasking agar tidak ketinggalan jaman. Kritikan saya seharusnya postingan bapak digabung jadi tidak terlalu susah untuk membacanya.

  6. Memang bagus sekali acara ini meriah sekali. Posting ini bagus, pak saya pengen kasih kritik tapi kayaknya udah bagus jadi no comment

  7. Jaman sekarang kita harus multitasking kalo gak, pekerjaan susah selesai. Walaupun kadang repot tapi daripada ngerjain satu-satu, gak selesai-selesai.. Multitasking harus di biasakan..
    Pak fotonya banyakin pak~

  8. acaranya keliatan seru pak.jaman sekarang harus multitasking harus kembangkan. tidak ada kritikan dari saya pak

  9. acaranya bagus bgt ya pakk…kereeen.. ๐Ÿ™‚ tp saya lihat masih ada kata yang salah ketik. misalnya, kata pemuda. Di atas diketiknya pemuad. Walaupun cuma satu, tp tetap harus diperbaiki pak. Secara keseluruhan sih emang udah bagus bangett.. ๐Ÿ˜€

  10. bagus pak tulisannya,kayaknya acaranya menarik , tapi coba deh pak, bapak buat tulisan-tulisan tentang film-film yang mau keluar sekarang ini biar lebih menarik lagi pak, ๐Ÿ™‚

  11. kayaknya acaranya seru ya pak ? waah berarti bapak berhasil meyakinkan pembaca seperti saya untuk interests dalam tulisan bapak. Dan itu berarti Bagus pak ! oh ya, nama saya kok disebut-sebut ya pak ? hehehe

  12. terlihat seru acara yang disenggelarakan. menghepaskan kepenatan sehari-hari dengan acara tersebut sangat membantu. salut buat omjay, tetap maju om! salam sukses ๐Ÿ˜€

  13. tulisannya bagus pak. dari bacaan bapak saya juga bisa ngerti bagaimana berpengaruh sumpah pemuda dalam era baru ini. Keep posting omjay!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.