Tugas Kelas 8 SMP Labschool Jakarta

https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/Informatika-BS-KLS-VIII.pdf

https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/Informatika-BG-KLS-VIII.pdf

Silahkan diunduh kedua link di atas!

Jawablah soal essay di bawah ini!

  1. Apa pendapat kalian tentang algoritma pemrograman?
  2. Apa yang kalian rasakan ketika mencoba Blockly pertama kali?
  3. Selama mencoba Blockly, menurut kalian fungsi/method apa yang paling
    mudah dan yang paling sulit untuk digunakan/dimengerti? Ceritakan
    dengan bahasa kalian.
  4. Setelah menyelesaikan semua LKS, bagaimana perasaan kalian terkait
    Blockly dan pemrograman visual ini?
  5. Bagaimana pengalamanmu mencoba permainan robot manual?

Jawablah kelima pertanyaan di atas dengan baik di bagian komentar!

Jangan lupa tuliskan nama lengkap dan kelas kalian kalian di bagian komentar.

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

20 thoughts on “Tugas Kelas 8 SMP Labschool Jakarta

  1. 1. Algoritma pemrograman adalah langkah-langkah sistematis untuk menyelesaikan masalah dalam pemrograman.
    2. Saat mencoba Blockly pertama kali, saya merasa itu adalah alat yang intuitif untuk memahami konsep pemrograman visual.
    3. Fungsi/method yang paling mudah untuk digunakan mungkin yang berhubungan dengan manipulasi string atau angka, sementara yang paling sulit adalah yang melibatkan logika kompleks atau pengulangan yang rumit.
    4. Setelah menyelesaikan semua LKS, saya merasa lebih percaya diri dan memahami konsep dasar pemrograman lebih baik.
    5. Pengalaman mencoba permainan robot manual memberikan kesempatan untuk menerapkan konsep pemrograman dalam konteks yang nyata dan interaktif.

  2. 1. Menurut saya, algoritma pemrograman adalah langkah-langkah yang harus diikuti untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas secara efisien dengan bahasa pemrograman
    2. Saya merasa bahwa blockly memudahkan melakukan pemrograman
    3. Menurut saya fungsi paling mudah adalah “bergerak” dan yang paling sulit kode “if then”
    4. Saya merasa terbantu dan menambah ilmu terkait pemrograman
    5. Pengalamannya sangat menyenangkan apabila memainkan robot yang manual

  3. 1. Menurut saya, algoritma pemograman adalah sekumpulan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas secara efisien dengan menggunakan bahasa pemrograman. Algoritma pemrograman merupakan proses menyelesaikan masalah dengan cara memecah masalah tersebut menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan dapat dipecahkan dengan lebih mudah menggunakan bahasa pemrograman.

    2. Saya nyaman menggunakan Blockly, karena Blockly memudahkan saya dalam pemrograman, karena bentuk visual simpel berupa blok.

    3. Fungsi paling mudah menurut saya adalah bergerak, dan menurut saya fungsi paling susah adalah if/then.

    4. Menurut saya ini dapat menambah ilmu dan kecerdikan kita dalam bidang pemrograman dengan visual yang mudah untuk dipahami.

    5. Pengalamannya sangat menyenangkan saat memainkan robot manual karena seru dan membantu dalam memecahi masalah.

  4. Raisha Luthfya (28) 8F

    1. Menurut saya, algoritma pemrograman adalah serangkaian langkah logis yang dirancang dengan tujuan untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas tertentu secara efisien, menggunakan bahasa pemrograman sebagai media implementasinya.

    2. Di awal eksplorasi saya dengan Scratch, saya menghadapi tantangan dalam memahami kode yang digunakan dalam aplikasi ini. Namun, seiring waktu berjalan, saya menyadari bahwa Scratch dapat dipelajari dengan mudah karena kompleksitas kode yang lebih rendah dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya.

    3. Dalam perjalanan eksplorasi saya dengan Scratch, saya menemukan bahwa fungsi atau metode yang paling mudah dipahami adalah “gerakan”. Fitur ini memberikan pendekatan yang relatif sederhana dalam merancang pergerakan karakter dalam lingkungan Scratch. Sebaliknya, menurut penilaian subjektif saya, fungsi yang lebih kompleks adalah “penyiaran”. Mengapa? Karena fitur ini memerlukan pemahaman yang lebih mendalam tentang cara mengirim dan menerima pesan antar karakter di dalam platform Scratch. Namun, dengan latihan yang konsisten, kompleksitas fungsi “penyiaran” dapat diatasi, sehingga membuatnya lebih mudah dipahami dan dikuasai.

    4. Pada tahap awal, Blockly dan pemrograman visual menarik perhatian bagi pemula, terutama pelajar SMP, karena kemudahan dalam menjalankan program-programnya.

    5. Sebelum memainkannya, robot manual memberikan kesenangan tersendiri, terutama karena kemampuan langsung mengendalikannya menggunakan remote control dan perangkat lainnya. Selain itu, dalam pengoperasiannya, robot manual membutuhkan kerjasama tim yang kompak agar dapat beroperasi dengan sempurna.

  5. 1. Menurut saya, algoritma pemrograman adalah langkah-langkah secara berurutan yang harus diikuti dengan menggunakan bahasa pemrograman komputer sehingga memudahkan kita untuk melakukan perhitungan atau operasi pemecahan masalah.

    2. Sangat menyenangkan dan menarik untuk mencoba membuat game dari hasil kreatifitas kita.

    3. Menurut saya, fungsi/method yang paling mudah untuk digunakan yaitu looks dan sound, karena dua ikon tersebut merupakan ikon yang paling mudah dimengerti untuk digunakan tanpa harus berfikir lama/panjang. Sedangkan fungsi/method yang paling sulit digunakan yaitu control dan numbers, karena kita harus berfikir lama/panjang untuk menentukan hasil yang tepat.

    4. Sangat menarik untuk mengisi waktu senggang supaya kita bisa melatih/membuat suatu permainan.

    5. Robot manual lebih menyenangkan dimainkan daripada digital karena ketika kita memainkan robot manual, kita bisa secara langsung mengendalikan, memegang dan melihat bentuknya secara langsung saat dimainkan.

  6. 1. Menurut saya, algoritma pemrograman adalah langkah-langkah yang harus diikuti untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas secara efisien dengan bahasa pemrograman
    2. Saya merasa bahwa blockly memudahkan melakukan pemrograman
    3. Menurut saya fungsi paling mudah adalah “bergerak” dan yang paling sulit kode “if then”
    4. Saya merasa terbantu dan menambah ilmu terkait pemrograman
    5. Pengalamannya sangat menyenangkan apabila memainkan robot yang manual

  7. 1. Menurut saya algortima dan pemograman itu penting
    2. Pertama kali saya menggunakan blocky agak sulit, tapi lama2 pas saya coba lagu jadi mudah
    3. Yang mudah dari blockly adalah fungsi gerakan atau bergerak dan menurut saya yang lain agak susah
    4. Setelah LKS blockly dan pemograman visual menurut saya seru dan membuat pemograman menjadi lebih gampang
    5. Main robot manual seru karena kita bisa lebih pinter teknologi

  8. Azka Arlivian Al Bone

    1. Algoritma pemrograman adalah langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah dalam pemrograman.

    2. Ketika mencoba Blockly pertama kali, saya merasa penasaran dan antusias untuk mencoba fitur-fiturnya.

    3. Fungsi/method yang paling mudah untuk saya adalah fungsi penjumlahan, sedangkan yang paling sulit adalah fungsi pengulangan (loop).

    4. Setelah menyelesaikan semua LKS, saya merasa lebih percaya diri dalam menggunakan Blockly dan pemrograman visual.

    5. Mencoba permainan robot manual memberikan pengalaman yang menyenangkan dan mendidik dalam memahami konsep pemrograman secara praktis.

  9. Rajbian Dermawan

    1. Algoritma Pemrograman: Langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah dalam pemrograman.

    2. Pengalaman dengan Blockly: Kesenangan dan tantangan saat mencoba Blockly; membuat kode dengan blok-blok grafis.

    3. Fungsi/Method dalam Blockly: Fungsi sederhana mudah dimengerti, yang kompleks sulit dipahami.

    4. Setelah Menyelesaikan LKS: Lebih percaya diri dalam pemrograman visual setelah menyelesaikan LKS.

    5. Mencoba Permainan Robot Manual: Pengalaman menyenangkan dan mendidik menerapkan konsep pemrograman dalam konteks nyata.

  10. 1. Algoritma pemograman dapat membantu manusia menyelesaikan berbagai persoalan, komputer yang harus diprogram terlebih dahulu.

    2. saya merasa mudah dengan memakai blockly. awal saya liat blockly, saya merasa kalau ini akan susah. tetapi setelah main sebentar, blockly ternyata bukan sesulit yang saya berpikirkan.

    3. Fungsi termudah yang saya mengerti adalah blok-blok yang hanya drag and drop dan fungsi tersusah yang saya tidak menegrti adalah blok-blok yang di gabung untuk menjadi 1 blok.

    4. saya merasa baik-baik sajah, Mungkin untuk pemula blockly itu sedikit sulit untuk dipahami tetapi saat sudah lama, blockly sebenarnya tidak sesusah yang dipikirkan.

    5. Saya saat main robot manual agak susah karena banyak fungsi-fungsi yang susah untuk di kontrol, ada manual yang kurang mengerti tetapi masiih seru karena saya bisa melihat robot itu didepan mata saya dan bukan seperti di layar.

  11. Muhammad Azka Keandra

    1. Algoritma sangat membantu saat menjalankan program, ini juga dasar dan penting untuk bisa memahami cara kerja komputer
    2. Antusias dan penasaran dengan konsep blok yang mengganti kode kode
    3. Yang paling gampang mungkin seperti mengubah warna/ukuran sementara yang paling susah itu jika sudah lebih kompleks
    4. Sangat mempermudah pemrograman dan juga membantu memahami dasar dasar
    5. Menyenangkan karena secara langsung melihat instruksi yang diberikan mengontrol serta memberi pemahaman yng lebih dalam tentang pemrograman

  12. Muhammad Azka Keandra

    1. Algoritma sangat membantu saat menjalankan program, ini juga dasar dan penting untuk bisa memahami cara kerja komputer
    2. Antusias dan penasaran dengan konsep blok yang mengganti kode kode
    3. Yang paling gampang mungkin seperti mengubah warna/ukuran sementara yang paling susah itu jika sudah lebih kompleks
    4. Sangat mempermudah pemrograman dan juga membantu memahami dasar dasar
    5. Menyenangkan karena secara langsung melihat instruksi yang diberikan mengontrol serta memberi pemahaman yang lebih dalam tentang pemrograman komputer

  13. 1. Pendapat tentang algoritma pemrograman:
    Algoritma pemrograman adalah serangkaian langkah atau instruksi yang dirancang untuk menyelesaikan masalah atau melakukan tugas tertentu dalam pemrograman komputer. Pendapat saya tentang algoritma pemrograman sangat positif karena merupakan fondasi dari pengembangan perangkat lunak yang efektif dan efisien. Algoritma yang baik dapat membantu programmer memecahkan masalah dengan lebih sistematis dan cepat, serta menghasilkan kode yang lebih mudah dimengerti dan dikelola.

    2. Pengalaman pertama menggunakan Blockly:
    Ketika mencoba Blockly untuk pertama kalinya, saya merasa tertarik dan penasaran dengan pendekatan visualnya dalam pemrograman. Rasanya seperti memecahkan teka-teki yang menyenangkan. Meskipun ada sedikit kebingungan awal tentang bagaimana blok-blok pemrograman saling berinteraksi, namun dengan cepat saya mulai memahami logika di baliknya.

    3. Fungsi/method paling mudah dan sulit dalam Blockly:
    Fungsi atau method yang paling mudah untuk saya mengerti dalam Blockly mungkin adalah yang melibatkan operasi dasar seperti penjumlahan atau pengurangan. Blok-blok ini memiliki tujuan yang jelas dan sederhana. Namun, blok-blok yang melibatkan konsep pengulangan (loop) atau pengkondisian (if-else) mungkin terasa lebih sulit pada awalnya. Memahami bagaimana logika aliran program berjalan dalam kasus-kasus seperti itu membutuhkan waktu dan latihan lebih banyak.

    4. Perasaan setelah menyelesaikan semua LKS Blockly:
    Setelah menyelesaikan semua LKS Blockly, saya merasa puas dan percaya diri dengan kemampuan pemrograman visual saya. Saya menyadari nilai dari pendekatan visual dalam memperkenalkan konsep-konsep dasar pemrograman, terutama bagi pemula. Saya juga merasa lebih siap untuk melangkah ke level pemrograman yang lebih lanjut.

    5. Pengalaman mencoba permainan robot manual:
    Mencoba permainan robot manual adalah pengalaman yang menyenangkan dan mendidik. Saya merasa terlibat secara langsung dalam menerapkan konsep-konsep pemrograman yang telah saya pelajari dalam situasi nyata. Saya merasa tertantang untuk memikirkan cara terbaik untuk mengatur pergerakan robot dan menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Ini adalah cara yang bagus untuk mengasah keterampilan pemrograman dan memperdalam pemahaman saya tentang bagaimana program komputer berinteraksi dengan dunia nyata.

    nama= Alfath Alisyahbani
    kelas= 8C

  14. Alfath Alisyahbani

    1. Algoritma pemrograman adalah langkah-langkah sistematis atau urutan instruksi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam pemrograman komputer. Pendekatan ini sangat penting karena membantu programmer dalam merencanakan dan menjalankan solusi untuk berbagai masalah, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. Algoritma membantu dalam meningkatkan efisiensi dan keandalan program, serta mempermudah pengembangan dan pemeliharaan kode.

    2. Ketika mencoba Blockly untuk pertama kalinya, saya merasa penasaran dan sedikit ragu-ragu. Rasanya seperti memasuki dunia baru yang asing namun menarik. Pada awalnya, saya merasa agak kewalahan dengan banyaknya blok-blok yang tersedia dan bagaimana cara menyusunnya. Namun, seiring berjalannya waktu dan dengan eksperimen, saya mulai merasa lebih nyaman dan mulai memahami cara kerja Blockly dengan lebih baik.

    3. Selama mencoba Blockly, saya menemukan bahwa fungsi atau metode yang paling mudah untuk dimengerti adalah fungsi yang terkait dengan manipulasi string atau tampilan grafis, seperti mengubah warna atau mengatur ukuran objek. Fungsi-fungsi ini relatif sederhana dan intuitif untuk digunakan.

    Di sisi lain, fungsi atau metode yang paling sulit untuk dimengerti adalah yang berkaitan dengan konsep yang lebih abstrak atau kompleks, seperti penggunaan variabel dalam pengulangan atau pemisahan kode menjadi blok-blok yang berbeda. Konsep-konsep ini membutuhkan pemahaman yang lebih mendalam tentang logika pemrograman dan mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk dipahami secara menyeluruh.

    4. Setelah menyelesaikan semua Lembar Kerja Siswa (LKS), saya merasa lebih percaya diri dalam kemampuan saya untuk memahami dan menggunakan Blockly serta pemrograman visual secara umum. Saya menyadari betapa pentingnya alat ini dalam mempermudah pemahaman konsep-konsep dasar pemrograman bagi pemula. Perasaan pencapaian dan keberhasilan juga muncul karena telah berhasil menyelesaikan berbagai tugas yang diberikan.

    5. Pengalaman mencoba permainan robot manual adalah pengalaman yang sangat menarik dan mendidik. Melalui permainan ini, saya dapat menerapkan langsung konsep-konsep pemrograman yang telah dipelajari dalam situasi dunia nyata. Mengontrol robot secara manual memungkinkan saya untuk melihat dampak langsung dari kode yang saya tulis, sehingga membantu memperjelas pemahaman saya tentang bagaimana pemrograman memengaruhi perilaku fisik suatu objek. Ini juga merupakan pengalaman yang menyenangkan karena memberikan kesempatan untuk berkreasi dan menghadapi tantangan yang menarik dalam mengatur pergerakan dan tindakan robot.

    Nama= Alfath Alisyahbani Kelas=8C

  15. Muhammad Alfatih

    berikut jawaban Muhammad Alfatih 8D/22

    1. Algoritma pemrograman adalah serangkaian instruksi untuk menyelesaikan tugas atau masalah.
    2. Ketika mencoba Blockly pertama kali, saya merasa terkesan dengan visual yang menarik dan mudah digunakan.
    3. Blok-blok dasar seperti pernyataan kondisional dan perulangan mudah digunakan, sedangkan konsep abstrak seperti pemrograman berorientasi objek sulit dimengerti.
    4. Setelah menyelesaikan semua LKS, perasaan saya terkait Blockly dan pemrograman visual menjadi lebih positif.
    5. Pengalaman mencoba permainan robot manual saya cukup menarik dan memperkuat pemahaman saya tentang pemrograman.

  16. Disya Aisah

    1. Algoritma pemrograman adalah langkah2 yang ditulis secara berurutan untuk menyelesaikan masalah pemrograman di komputer, biasanya ditulis dalam bentuk pseudocode atau flowchart, yang akan diubah menjadi kode pemrograman yang sebenarnya oleh programmer.
    2. Saat pertama kali mencoba blockly saya sulit untuk memahami kode dalam aplikasi ini. Tetapi, blockly dapat saya pelajari dengan mudah karena kode dalam program ini mudah dan tidak rumit
    3. Menurut saya fungsi/method yang paling mudah adalah “gerakan” karena penggunaannya yang gampang Sementara fungsi yang sulit adalah “penyiaran” karena memerlukan pemahaman lebih untuk mengirim dan menerima pesan antar karakter.
    4. Awalnya saya tidak tetarik untuk mencoba blockly, tetapi karena saya belakangan ini sedang belajar tentang algoritma pemrogaman jadi blocky cukup menghibur saya.
    5. Pengalaman saya mencoba permainan robot manual sangat menyenangkan dan mendidik.

  17. 1. Algoritma pemograman membawa keuntungan serta fungsi penting dalam aktivitas menyelesaikan suatu masalah
    2. Blockly keren karena membantu untuk memahami konsep dasar pemrograman
    3. Fungsi/method yang mudah bagi saya adalah maze karena cuma hanya perlu menggerakan sprite sampai tujuan. Fungsi/method yang sulit untuk digunakan bagi saya adalah pond tutor, karena harus mengetik jawabannya dalam format kode javascript.
    4. Setelah menyelesaikan LKS, bisa lebih mampu untuk melanjutkan pemrograman dengan scratch dan mengenal tools baru yang sejenis dengan scratch yang disebut blockly
    5. Pengalamanku menyenangkan saat main robot manual karena bagus dan canggih

  18. 1. Menurut saya, Algoritma dan pemrograman penting bagi kehidupan. Sebab dengan algoritma dan pemrograman, kita bisa belajar membuat program dengan blok visual untuk menghasilkan karya yang kreatif. Dan juga, kita tidak bisa menyelesaikan berbagai persoalan di komputer tanpa mengetahui algoritma dan cara pemrogramannya. Sehingga, algoritma dan pemrograman penting bagi menjalankan program dengan tersusun dan rapi.

    2. Ketika mencoba Blockly, sedikit susah karena pertama kali mengenali pemrograman visual dengan Blockly. Namun, setelah terus berlatih menjadi kenal dengan blok-blok dalam Blockly. Blockly memang sangat bermanfaat bagi pemula yang ingin mempelajari algoritma dan pemrograman, karena dapat membantu membuat program sederhana.

    3. Fungsi/method yang paling mudah digunakan bagi saya adalah Music, karena dalam permainan ini dapat membuat musik sederhana berdasarkan not balok yang diberikan, serta membantu mengenali pola pada not balok/suara yang dikeluarkan. Sedangkan fungsi/method yang menurut saya paling susah adalah Pond, yaitu stage terakhir pada permainan Blockly games. Pond harus menggunakan blok kode JavaScript dengan menyelesaikan 3 lawan, yang membuatnya lebih kompleks.

    4. Setelah menyelesaikan semua LKS, saya menjadi tahu lanjutan pemrograman dari kelas 7 dan dapat mengenal tools baru yang sejenis dengan Scratch yaitu Blockly, dan mengetahui beberapa bahasa pemrograman seperti JavaScript.

    5. Pengalaman mencoba robot manual adalah senang karena menjadi lebih tahu tentang algoritma dan pemrograman, serta menambah pengalaman baru yaitu mencoba robot.

  19. Puan Batrisyia Aimee

    1. Algoritma Pemograman adalah langkah langkah yang ditulis secara berurutan untuk menyelesaikan masalahh pemograman computer. Siswa dapat mengasah kemampuan pemograman computer. Ini sangat bagus untuk bekal masa depan.
    2. Blockly adalah suatu tools yang dapat membantu membuat program sederhana dengan menggunakan blok-blok. Dengan tampilan Blockly yang menarik dan program yang menyenangkan, sangat bagus untuk pemula karena menghibur.
    3. Menurut saya, yang tersulit adalah blok “if” karena harus beberapa kali mencoba untuk bias melakukan program dengan benar.
    4. Visualnya sangat bagus, membuat saya lebih mudah memahami koding dan terhibur.
    5. Permainan robot manual sangat menyenangkan dan seru

  20. Mahira F. H.

    1. Dengan menggunakan algoritma pemrograman, segala hal yang kita kerjakan akan menjadi lebih ringkas dan mudah

    2. Setelah mencoba berbagai fungsi/method blockly, ternyata fungsi/method blockly terdapat yang sulit dan mudah. Itulah yang menjadikan saya tertarik dan tertantang dalam mencoba blockly.

    3. Fungsi/method yang paling mudah adalah puzzle, karena cara perangkaiannnya tidak bertele-tele dan simple. puzzle adalah permainan menyambung/mencocokkan foto hewan dengan deskripsiannya. Dengan permainan ini, kita bisa menemukan kosakata baru dalam bahasa inggris serta informasi terkai hewan.

    sedangkan fungsi/method yang paling sulit adalah pond, karena untuk menyelesaikan permainan ni kita menggunkan blok kode atau kode langsung dalam javascript. Pada permainan ini, sprite pemain memiliki
    3 lawan.

    4. Ternyata untuk memahami blockly dan pemrograman visual tidak begitu sulit serta untuk pengaplikasian blockly dan pemrograman visual juga mudah.

    5. Dengan membaca penggunaan permainan robot manual di buku informatika kelas VIII, saya tidak menyangka bahwa ada teknologi secanggih, sepintar dan sekeren ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.