Tugas Kelas 7 SMP Labschool Jakarta

https://buku.kemdikbud.go.id/katalog/buku-panduan-guru-informatika-untuk-smp-kelas-vii

https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/Informatika-BS-KLS-VII.pdf

Silahkan diunduh link di atas, dan kerjakan soal essay di bawah ini!

  1. Apa pendapat kalian tentang algoritma pemrograman?
  2. Apa yang kalian rasakan ketika mencoba Scratch pertama kali?
  3. Selama mencoba Scratch, menurut kalian fungsi/method apa yang paling
    mudah dan yang paling sulit untuk digunakan/dimengerti? Ceritakan
    dengan bahasa kalian!
  4. Setelah menyelesaikan semua LKS, bagaimana perasaan kalian terkait
    Scratch dan pemrograman visual ini?
  5. Bagaimana pengalaman kalian mencoba permainan robot manual?

Kirimkan jawabanmu di bagian komentar di bawah ini!

Jangan lupa tuliskan nama lengkap dan kelasnya.

 

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

13 thoughts on “Tugas Kelas 7 SMP Labschool Jakarta

  1. 1. Bagi saya, Algoritma pemrogaman adalah step-step logis yang harus di ikuti untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas secara efisien dengan menggunakan bahasa formal.

    2. Saat pertama kali mencoba scratch, saya kesulitan memahami kode dalam aplikasi ini. Tetapi, scratch dapat saya pelajari dengan mudah karena kode dalam program ini mudah dan tidak ribet dibandingkan aplikasi lain.

    3. Fungsi yang sulit dimengerti adalah “penyiar” karena memerlukan pemahaman lebih untuk mengirim dan menerima pesan antar karakter di scratch. tapi dengan latihan, semuanya akan menjadi mudah dipahami.

    4. Menurut saya, scratch sangat berfungsi mudah untuk membuat game, juga membantu pelajar untuk memahami mengenai pemrogaman.

    5. Pengalaman saya mencoba robot manual adalah robot manual sangat berfungsi dan dapat dimanfaatkan. tidak hanya begitu tetapi juga sangat menyenangkan bagi pelajar.

  2. 1. Menurut saya, algoritma pemrograman adalah langkah langkah logis yang harus diikuti untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas secara efisien dengan menggunakan bahasa pemrograman.

    2. Saat saya mencoba scarth untuk pertama kali, saya sulit untuk memahami kode dalam aplikasi tersebut, tetapi setelah saya mempelajari lebih dalam tentang scratch, saya pelajari dengan mudah karena kode dalam program ini mudah dan tidak terlalu susah.

    3. Selama mencoba scratch, menurut saya fungsi yang paling mudah adalah “pergerakan” karena penggunaannya sederhana, dan menurut saya fungsi yang sulit adalah “penyiaran” karena memerlukan pemahaman lebih untuk mengirim dan menerima pesan antar karakter di scratch.

    4. Menurut saya scratch sangat berfungsi dan seru khususnya buat pelajar agar kita bisa belajar dan praktek tentang pemrograman.

    5. Pengalaman memainkan robot manual saya adalah robot manual sangat menyenangkan dan sangat seru saat merancang robot manual tersebut.

  3. 1. Menurut saya, mempelajari ilmu algoritma pemrograman sangat manfaat untuk kita karena ilmu ini ditemu sehari hari dan bisa dipakai untuk masa depan nanti.

    2. Menurut saya, mencoba menggunakan scratch sangat seru dan menyenangkan karena saya mecoba hal baru yaitu membuat game untuk pertama kalinya.

    3. Menurut saya, fungsi yang paling mudah digunakan itu adalah motion karena menurut saya fungsi itu sangat mudah di pahami dan praktis. Dan menurut saya fungsi yang tersulit untuk digunakan itu variables karena menurut saya fungsi itu sulit dipahami dan di mengerti.

    4. Menurut saya, scratch adalah website pemrograman yang baik, gampang dipahami dan bagus untuk pemula yang baru saja mulai pemrograman

    5. Menurut saya, robot manual sangat keren karena robot manual bisa dipakai untuk banyak hal di masa depan

  4. 1. Menurut saya, algoritma pemrograman sangat penting dalam dunia pemrograman karena mereka adalah langkah-langkah sistematis untuk menyelesaikan masalah-masalah dan merupakan langkah-langkah logis yang harus diikuti untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas secara efisien dengan menggunakan bahasa pemrograman.

    2. Saya merasa tertarik dan antusias saat pertama kali mencoba Scratch, selain itu saya juga merasa sedikit tertantang atau bingung pada awalnya karena konsep pemrograman blok yang baru untuk saya. Tetapi, saya dapat mempelajari Scratch dengan mudah karena kode dalam pemrogram ini mudah dan tidak rumit dibandingkan yang lainnya.

    3. Selama mencoba Scratch menurut saya, dalam Scratch fungsi yang paling mudah untuk digunakan mungkin adalah fungsi untuk menggerakan sprite atau objek, seperti “move” atau “go to x: y” karena fungsi ini relatif sederhana. Sedangkan, fungsi yang mungkin sulit untuk dipahami adalah fungsi-fungsi yang konsepnya lebih kompleks, seperti penggunaan variabel, kontrol alur program, atau custom blocks.

    4. Saya merasa bangga telah berhasil mempelajari Scratch dan pemrograman visual. Menurut saya, setelah menyelesaikan semua LKS, saya mampu mengembangkan kreativitas, berkolaborasi dan berbagi, mengembangkan skill problem solving, dan Scratch telah memperkenalkan konsep pemrograman kepada saya.

    5. Setelah mencoba permainan robot manual, saya mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan mendidik. Dan menurut saya ini bisa menjadi kesempatan untuk mengenal lebih dekat tentang robotika, pemrograman, dan teknologi. Saya juga bisa memahami lebih baik tentang bagaimana robot manual bekerja.

  5. 1. algoritma adalah urutan langkah untuk mengerjakan tugas
    2. seru dan asyik
    3. fungsi yang paling mudah adalah sound dan yang paling susah motion
    4. perasaan saya senang ada web untuk membuat game yang tidak terlalu sulit
    5. sangat seru dan hebat

  6. 1. Sangat dianjurkan untuk mempelajari algoritma dan pemrograman karena dapat membuat program rumit menjadi sederhana, efektif dan efisien

    2. Buat pertama kali agak susah tetapi sesudah saya mengertia apa arti semua blok nya sangat seru karena saya dapat membikin game/ animasi dan lain sebagainya

    3. Paling mudah kata saya Variable karena cara untuk menggantinya mudah di mengerti, singkat dan tidak rumit, paling susah kata saya Motion karena cara untuk meng orientasikan direksi gerak agak susah

    4. Saya merasa bahwa scratch itu sangat unik karena scratch adalah salah satu program yang menggunakan blok untuk membuat sebuah system

    5. Saya merasa bahwa sangat terdidik dan menyenagkan

  7. 1. menurut saya algoritma adalah sebuah langkah-langkah yang digunakan saat merogramkan sesuatu dan algoritma sangat penting karena semua pemrograman menggunakan nya

    2. sanggat bingung karena tidak pernah memprogram

    3. semua nya susa untuk dimengerti tetapi ada yang gampang seperti bagian motion

    4. menambah kepintaran dan pemahaan di dalam memprogram

    5. seru saat mencoba nya karena pertama kali

  8. 1.sangat menarik
    2.sangat tertarik
    3.yang paling mudah control karna hanya mengatur saja dan yang paling susah motion karna harus mengatur letak atau tempatnya
    4.scratch sangat berguna dan pemrograman sangat menarik
    5.sangat menyenangkan dan menarik

  9. 1. Algoritma pemrograman yang baik harus mudah dipahami, mudah diimplementasikan, dan memiliki kinerja yang baik

    2. sanggat bingung karena tidak pernah memprogram

    3. semua nya susa untuk dimengerti tetapi ada yang gampang seperti bagian motion

    4. menambah kepintaran dan pemahaan di dalam memprogram

    5. seru saat mencoba nya karena pertama kali

  10. 1.sangat menarik
    2.sangat tertarik
    3.yang paling mudah control karna hanya mengatur saja dan yang paling susah motion karna harus mengatur letak atau tempatnya
    4.scratch sangat berguna dan pemrograman sangat menarik
    5.sangat menyenangkan dan menarik
    Kelas:7A

  11. Mohamad Kaylif Zavier Kusadrianto

    1. menurut saya sangat bermanfaat karena dapat menyelesaikan masalah di komputer secara berurutan
    2. awalnya saat saya mengenal scratch saya kira akan susah tapi setelah belajar di youtube saya sudah mulai terbiasa
    3.yang paling mudah adalah membuat sprite/karakter dan yang paling susah adalah kontrol karena saya masih bingung saat mengerjakannya
    4. menurut saya sangat seru dan sangat bermanfaat karena mangajarkan siswa koding secara seru
    5. sangat seru dan bermanfaat

  12. 1. pendapat saya tentang algoritma dan pemrograman adalah mereka adalah hal yang sangat penting untuk dipelajari. apalagi di dunia kita yang semakin hari semakin banyak tempat kerja berbasis koding dan semakin hari dunianya semakin berbasis komputer.
    2. saya merasakan bahwa scratch merupakan salah satu aplikasi coding yang paling gampang untuk dipelajari. tapi walaupun seperti itu membikin kode sendiri masih cukup susah untuk pemula dan butuh waktu yang lama untuk di kuasai.
    3. menurut saya fungsi di scratch semuanya tidak teralalu susah untuk dimengerti, jika saya harus pilih yang paling susah saya akan pilih sensing karena ada beberapa kode yang belum saya mengerti, dan yang paling gampang menurut saya adalah sound karena kodenya dikit dan biasanya kodenya cukup jelas.
    4. menurut saya scratch adalah aplikasi pemrograman visual yang bisa sangat berguna. walau mungkin scratch bukan aplikasi pemrograman yang paling rumit dan biasanya aplikasi/game/video yang dibikin di scratch bukan yang paling bagus, tetapi bisa menjadi landasan untuk anak-anak yang mulai belajar koding.
    5. saya saat awal mencoba agak susah dimengerti, tetapi setelah merenung dan menanya beberapa pertanyaan saya dapat mengerti cara memainkan robot manual yang ada di buku.

  13. Mysha Sydney Dharmawan

    Mysha Sydney Dharmawan kelas 7A absen 24
    1. Menurut saya, Algoritma adalah suatu langkah atau metode yang sudah dibuat berurutan dan tersusun rapi, serta sering digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan memberikan petunjuk tindakan. Algoritma sangat bermanfaat bagi kita karena algortima membantu kita untuk memecahkan masalah masalah besar menjadi lebih kecil.
    2. Pertama kali saya mencoba Scratch, saya merasa bingung karena saya tidak tahu cara menggunakan kode-kode dan sprite, namun, setelah saya menonton tutorial cara menggunakan scratch di YouTube, saya jadi lebih mengerti cara menggunakan scratch.
    3. bagi saya, fungsi yang paling mudah adalah backround/sprite, dan fungsi yang paling susah adalah Motion/bergerak.
    4. Setelah mengerjakan LKS, saya merasa terinspirasi untuk belajar tentang scratch dan pemograman visual, serta mencoba membuat game sendiri.
    5. Pengalaman saya menggunakan scratch sangat seru dan saya sangat teredukasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.