Tugas Kelas 7 SMP Labschool Jakarta

https://buku.kemdikbud.go.id/katalog/buku-panduan-guru-informatika-untuk-smp-kelas-vii

https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/Informatika-BS-KLS-VII.pdf

Silahkan diunduh link di atas, dan kerjakan soal essay di bawah ini!

  1. Apa pendapat kalian tentang algoritma pemrograman?
  2. Apa yang kalian rasakan ketika mencoba Scratch pertama kali?
  3. Selama mencoba Scratch, menurut kalian fungsi/method apa yang paling
    mudah dan yang paling sulit untuk digunakan/dimengerti? Ceritakan
    dengan bahasa kalian!
  4. Setelah menyelesaikan semua LKS, bagaimana perasaan kalian terkait
    Scratch dan pemrograman visual ini?
  5. Bagaimana pengalaman kalian mencoba permainan robot manual?

Kirimkan jawabanmu di bagian komentar di bawah ini!

Jangan lupa tuliskan nama lengkap dan kelasnya.

 

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

51 thoughts on “Tugas Kelas 7 SMP Labschool Jakarta

  1. Alisha

    1.tidak terlalu tertarik
    2.susah tapi menyenangkan
    3.yang paling mudah adalah motion karena gampang dimengerti sementara yang paling susah adalah event karena aku gatau mau diapain
    4. Biasa aja
    5.biasa aja
    Alisha Kalila W. 7B

  2. Qizza Aisa Finelya

    1. Langkah-langkah yang ditulis secara berurutan untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer
    2. Menyenangkan dan dapat mudah dipahami dengan kode-kode dalam program ini
    3. Method yang paling mudah digunakan adalah motion dan events sedangkan yang paling sulit digunakan/dimengerti adalah operators dan sensing
    4. Seru
    5. Sangat menyenangkan karena dapat mencoba hal baru

  3. 1. Bermanfaat untuk teknlogi dan dapat membetulkan masalah
    2. Bingung, soal nya pas nge buat buat game coding nya harus nyari dan mikir ekspetasi hasil akhir
    3. Menurut aku yang paling gampang pas masuk scratch adalah memainkan game, tapi kalo yang susah itu nge buat game nya. Jadi sya jika melihat game scratch tau bahwa nge buat game harus sabar
    4. Melihat scratch seperti pembuat game pas fase awal, juga coding harus mengerti hasil
    5. Bingung, Mindahin chart nya agak bingung gitu, mungkin gampang tapi sya kalo gitu mungkin mikir lama banget

  4. Naren

    1.) Bagus karena mengasah otak
    2.) Bagus karena bisa membuat game dengan mudah dan mudah dipelajari
    3.) Paling mudah itu rotate character dan menggerakan character.
    Paling susah itu mengatur huitbox advance dari karakter
    4.) Senang karena tugasnya sudah selesai semua dan mendapatkan apresiasi dari omjay
    5.) Sangat menyenangkan dan lumayan menantang

  5. Faith

    Faith Kafeel Gumilang 7B
    1. sedikit sulit tapi menyenangkan dan senang ketika berhasil memrogramkan sesuatu
    2. seru dan menantang untuk membuat game
    3. yang paling mudah adalah blok yang ada di Motion karena disitu bloknya simpel dan jelas sedangkan yang paling sulit ada di poerator sampai sekarang saya masih kesulitan dengan blok itu dan tidak mengerti cara mengunakannya
    4. senang dean ingin mencoba lagi membuat beberapa game yang unik unik dari imajinasi ku
    5. seru sekali dan saya sampai ketagihan

  6. 1. algoritma pemrograman sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari hari karena dapat memudahkan hal-hal yang bersifat alogaritma dan pemograman, mantap keren sekali.

    2. susah, namun ketika sudah training rasanya lumayan asik, apalagi saat berhasil membuat suatu game yang menarik.

    3. yang paling mudah saat menjalankan scratch adalah memberi sound dan memindahkan balok (motion), yang susah adalah saat mencari rumus coding nya.

    4. lumayan menguji ingatan saya terhadap pelajaran TIK dan algoritma pemrograman.

    5. aku pernah mencoba nya satu kali, itu membuat ketertarikan ku terhadap robot meningkat, apalagi saat ada pelajaran TIK yg berhubungan dengan robot-robot.

    Lovita afifah kelas 7b

  7. 1. Bermanfaat untuk menyelesaikan pemasalahan dengan cepat dan dapat mengerti kode kode komputer dengan efektif, efisien.
    2. Mengejutkan
    3. Menurut aku yang mudah adalah testing dan mengerti kode kode tersebut, dan yang menurut saya yang susah adalah mengerti cara mengabungkan kode kode tersebut.
    4. Senang
    5. Susah tapi menyenangkan

  8. Naren

    1.) menyenangkan karena mengasah otak
    2.) menjadikan tempat belajar untuk pemula karena bisa membuat game dengan mudah dan mudah dipelajari
    3.) Paling mudah itu rotate character dan menggerakan character.
    Paling susah itu mengatur huitbox advance dari karakter
    4.) Senang karena tugasnya sudah selesai semua dan mendapatkan apresiasi dari omjay
    5.) Sangat seru dan lumayan menantang

  9. 1. Algoritma pemrograman dapat memudahkan kita untuk memecahkan masalah dengan solusi yang kreatif.
    2. Sangat tertarik karena karakternya yang lucu, background yang menarik dan fitur blok yang keren!
    3. Yang paling mudah adalah motion. Karena saya cukup menguasai cara yang digunakan untuk menggerakkan objek. Yang paling sulit adalah sensing. Karena saya kurang memahami cara agar objek berbenturan dengan sesuatu
    4. Saya sangat senang bisa belajar menggunakan scratch karena aplikasi itu cukup bermanfaat sebagai hiburan dan pembelajaran
    5. Alhamdulillah saya berhasil menggunakan scratch untuk membuat sebuah game kucing. Saya bahagia bisa belajar membuat game yang menarik. Saya berharap kelak bisa membuat game yang disukai dan diminati banyak orang

  10. Armida Elina Zahra Mulyawan

    Armida Elina Zahra Mulyawan 7B (absen 10)
    1. Algoritma adalah langkah-langkah logis yang digunakan untuk menyelesaikan masalah mencapai tujuan tertentu dalam pemrograman komputer.
    2. Sangat senang, karena dalam membuat scratch sangat seru dan bisa melatih kreativitas.
    3. Bagian sprite, karena kita bisa sesuaikan sendiri sesuka kita.
    4. Sangat seru, dan sangat bermanfaat untuk kita.
    5. Sangat asik, dan seru.

  11. 1. Algoritma pemrograman dapat memudahkan kita untuk memecahkan masalah dengan solusi yang kreatif.
    2. Sangat tertarik karena karakter-karakternya yang lucu, background yang menarik, dan fitur-fitur blok yang keren!
    3. Menurut saya yang paling mudah adalah motion, karena saya cukup menguasai cara yang digunakan motion untuk menggerakan objek. Sedangkan yang paling susah adalah sensing karena tiap perintahnya menggunakan bahasa yang rumit.
    4. Saya sangat senang bisa belajar menggunakan scratch karena aplikasi itu cukup bermanfaat sebagai hiburan dan pembelajaran.
    5. Berdasarkan pengalaman saya bermain robot manual pada awalnya rumit, namun ketika sudah berhasil seru untuk memainkannya.

  12. 1. Keren. Algoritma pemrograman sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. 😀
    2. Seru. 😼
    3. Yang paling mudah adalah motion-nya. Yang paling susah adalah yang lain 🙁
    4. Scratch seru. Would recommend 😁👍
    5. Apa itu permainan robot manual 😥

  13. Nawaby Dasha Dewantara

    Jawaban Soal Essay
    1. Algoritma pemrograman merupakan bagian penting dari dunia pemrograman komputer dan menjadi fondasi bagi pengembangan software. Dengan menggunakan algoritma yang tepat, Developer dapat menciptakan solusi software yang efisien dan sesuai kebutuhan user/pengguna

    2. Ketika pertama kali mencoba Scratch, saya tidak begitu kesulitan. Karena saya masuk kursus programming yang belajar tentang Kitten (yang dimana mirip dengan scratch tetapi lebih modern), Turtle, Python, dan Blockly

    3. Menurut saya tidak ada yang sulit untuk bagian fungsi/method pada scratch. Jika belajar bersungguh-sungguh, maka semuanya akan menjadi mudah

    4. Meskipun memiliki kekurangan, Pemrograman Visual seperti Scratch tetap berguna dalam pendidikan. Menurut saya, Scratch adalah adalah titik awal yang baik untuk memahami konsep dasar pemrograman sebelum memperdalam pemahaman mereka tentang pemrograman

    5. Saya belum ada pengalaman tentang Robotik, tetapi saya tertarik untuk belajar hal yang baru

  14. MAYA SOPHIA VIDRADEVI NO. 26 7B
    1. Algoritma pemrograman adalah langkah-langkah logis yang digunakan untuk menyelesaikan masalah atau mencapai tujuan tertentu dalam pemrograman komputer. Algoritma yang baik dapat membantu programmer mengembangkan solusi yang efisien dan efektif. Algoritma ini penting dalam pengembangan perangkat lunak karena membantu dalam merancang logika program yang tepat.

    2. Saya merasakan kesenangan dalam menyalurkan kreativitas saya saat membuat game di Scratch

    3. Variabel

    4. Menurut saya, Scratch adalah media yang bagus untuk mendorong siswa siswi agar menggunakan imajinasinya. Saya juga merasa senang saat membuat game di Scratch.

    5. Seru

  15. 1. Alogaritma pemograman merupakan urutan logis pengambilan suatu keputusan untuk memecahkan suatu masalah.kata-kata yang harus logis dalam memecahkan masalah yaitu langkah-langkah yang tidak benar akan membarikan hasil yang salah
    2. sangat susah untuk mengingat fungsi fungsi dari code code yg tersedia, tetapi hal itu menantang untuk mengeksplor hal hal baru.
    3. When bendera hijau clicked karena itu adalah saslah satu code yang wajib digunakan jika ingin menggerakkan sprite.
    4. sangat bangga
    5.sangat susah tapi menantang
    5.

  16. 1. Algoritma pemrograman dapat memudahkan kita untuk menyelesaikan masalah dengan solusi yang kreatif dan inovatif
    2. Sangat tertarik karena karakter yang lucu, background yang menarik dan fitur blok yang keren!
    3. Yang cukup mudah adalah motion. Krena saya cukup menguasai cara menggerakkan objek. Yang cukup sulit adalah sensing. Karena saya tidak terlalu menguasai cara membenturkan objek terkena sesuatu
    4. Saya sangat senang bisa belajar cara menggunakan scratch, karena aplikasi itu bisa bermanfaat sebagai hiburan maupun pembelajaran
    5. Setelah berusaha mencari cara untuk membuat game, akhirnya saya berhasil membuat game kucing. Saya bahagia bisa belajar membuat game yang menarik. Saya berharap, kelak bisa menciptakan game yang lebih seru sehingga diminati banyak orang

  17. 1.Algoritma pemrograman dapat memudahkan kita jika ingin mengerjakan scratch
    2.Lumayan sulit, tapi ketika sudah berlatih dan di ajar oleh Om Jay menjadi tidak terlalu sulit
    3.Mudah=Motion:Mudah untuk mengontrol
    Susah=Numbers:Bingung untuk menaruh angka
    4.Cukup menantang ingatan saya dan membuat saya lebih tertarik dengan algoritma
    5.Seru dan tidak terlalu susah

  18. 1.Algoritma pemrograman dapat memudahkan kita jika ingin mengerjakan scratch

    2.Lumayan sulit, tapi ketika sudah berlatih dan di ajar oleh Om Jay menjadi tidak terlalu sulit

    3.Mudah=Motion:Mudah untuk mengontrol

    Susah=Numbers:Bingung untuk menaruh angka

    4.Cukup menantang ingatan saya dan membuat saya lebih tertarik dengan algoritma

    5.Seru dan tidak terlalu susah

  19. 1.algoritma pemrograman adalah langkah-langkah logis yang harus diikuti untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas secara efisien dengan menggunakan bahasa pemrograman
    2.Scratch merupakan website untuk membuat games, menurut saya itu website yang keren dan dapat membuat kita menjadi creative
    3.Menurut saya mekanismenya cukup simple, tapi untuk membuat game yang bagus itu cukup repot tapi menurut saya membuat game itu tetap seru
    4.scratch dan pemograman visual merupakan kegiatan yang sangat seru untuk dilakukan
    5.menurut saya robot manual sangat berguna karena bisa membantu kegiatan sehari hari kita

  20. jawaban
    1. menurut saya algoritma pemrograman adalah langkah- langkah yang ditulis secara berurutan untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.
    2. saya bisa mengeksploitasi kemampuan saya dalam membuat game atau sebuah platform dan mengasah kreativitas saya.
    3. fungsi paling mudah dalam scratch menurut saya adalah start dan fungsi paling sulit adalah myblocks
    4. scratch dan pemrograman menurut saya sangat seru dan menyenangkan
    5. menurut saya sangat bermanfaat karena robot manual bisa melakukan kegiatan sehari hari yang sudah di program

  21. 1. Baik, Karena dapat meningkatkan keterampilan yang berguna untuk bidang-bidang lainnya
    2.Seru dan dapat melatih kreativitas kita dalam bidang membuat game sederhana
    3.a.Yang paling mudah adalah motion karena hanya menjelaskan tentang pergerakan karakter dalam game tersebut
    b.Yang paling susah adalah operator karena terdapat 2 fungsi didalamnya, yaitu pertambahan, pengurangan,
    perkalian, pembagian, kurang dari, lebih dari, sama dengan, dan mod
    4.Bagus, dan dapat melatih kreativitas
    5.Cukup sulit diawal tetapi setelah beberapa kali latihan saya sudah terbiasa dengan permainan robot manual

  22. alvaro akhtarriza hermawan

    alvaro akhtarriza hermawan
    7A 6
    1. menurut saya algoritma adalah langkah langkah menyelesaikan masalah komputer secara berurutan
    2. saya bisa mendapatkan kemampuan dan ilmu membuat game atau platform
    3. menurut saya, fungsi paling mudah dalam scratch adalah kontrol, karena bisa mengontrol pergerakan sprite
    4. scratch menurut saya adalah program yang seru dan menyenang kan
    5. menurut saya sangat bermaanfaat karena bisa membantu kita
    sekian terimakasih wassalamualaikum wrb

  23. alvaro akhtarriza hermawan

    alvaro akhtarriza hermawan
    7A 6
    1. menurut saya algoritma adalah langkah langkah menyelesaikan masalah komputer secara berurutan
    2. saya bisa mendapatkan kemampuan dan ilmu membuat game atau platform dan menjadi pintar
    3. menurut saya, fungsi paling mudah dalam scratch adalah kontrol, karena bisa mengontrol pergerakan sprite dengan mudah
    4. scratch menurut saya adalah program yang seru dan menyenang kan dan bermanfaat
    5. menurut saya sangat bermaanfaat karena bisa membantu kita di kehidupan sehari hari
    sekian terimakasih wassalamualaikum wrb

  24. 1. Menurut saya mempelajari tentang algoritma dan pemrograman sangatlah bermanfaat bagi kita karena 2 hal ini bisa kita temui saat kehidupan sehari-hari. Belajar pemrograman akan sangat membantu di masa depan di mana banyak sekali lapangan kerja membutuhkan kemampuan programming.
    2. Scratch sangatlah menyenangkan dan mudah untuk digunakan. Kita bisa melakukan programming hanya dengan memindahkan blok saja. Scratch saya rasa sangatlah menarik dan memiliki banyak fitur keren.
    3. Menurut saya fngsi paling mudah scratch adalah kita bisa menggabungkan balok kode dengan mudah dan kita tidak harus menulis kodenya. Sedangkan yang paling susah adalah mencari tau angka dan koordinat yang saya ingin sprite saya pergi.
    4. Scratch dengan fitur baloknya yang mudah, memainkan dan membagikan game yang kita sudah buat, dan banyak manfaatnya seperti mengasah kemampuan berpikir kreatif, berkolaborasi serta memberikan alasan yang sistematis sangatlah menarik dan menyenangkan untuk dibuat.
    5. Pengalaman saya sangatlah menarik karena saya merasa bahwa kita bisa melakukan “pemrograman” di luar komputer sangatlah keren.,

  25. 1. Menurut saya algoritma pemrograman adalah langkah-langkah logis yang harus diikuti untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas secara efisien dengan menggunakan bahasa pemrograman.

    2. Saat pertama kali mencoba scratch saya sulit untuk memahami kode dalam apk tsb. tetapi, scratch dapat saya pelajari dengan mudah karena kode dalam program ini mudah dan tidak rumit dibandingkan dengan python lainya.

    3. Selama mencoba scratch, menurut saya fungsi/method yang paling mudah “gerakan” karena penggunaanya sederhana. sementara fungsi yang sulit adalah “penyiaran” karena memerlukan pemahaman lebih untuk mengirim dan menerima pesan antar karakter di scaratch.

    4. Scartch sebenrnya tidak susah jika kita seudah terbiasa memakai scaratch dan memahaminya.. aplikasi ini sudah banyak membantu saya untuk menambah pengalaman baru.

    5. Sangat menyenangkan apabila robot manual di mainkan.

  26. Amelie-Naia-R-Kelas Tujuh A

    1. Algoritma dan pemograman itu sangat bermanfaat, tidak hanya didalam TIK, bahkan berguna di bidang lain, seperti memasak, bisnis, dan lain2

    2. Saya mencoba scratch pertama kali hampir 4 tahun yang lalu. Kemudian, saya jadi terinspirasi menjadi programmer/game developer. Saya pernah membuat beberapa game dengan scratch, dan sebetulnya asik juga.

    3. Yang paling sulit menurutku adalah balok “make a custom block” tetapi semuanya mudah dimengerti sih..

    4. Saya merasa seperti saat pertama kali dikenalkan dengan ‘coding’, tetapi saya sudah memiliki pengetahuanya.

    5.??? Aku tidak mencobanya tetapi rasanya menarik

  27. 1. Menurut saya algoritma pemrograman adalah langkah-langkah logis yang harus diikuti untuk menyelesaikan suatu masalah pemrograman komputer.
    2. Saat pertama kali mencoba scratch saya merasa kebingungan tapi setelah saya belajar tentang scratch saya memulai untuk memahami scratch sedikit demi sedikit.
    3. Menurut saya fungsi paling gampang adalah Looks dan paling susah adalah sensing.
    4. Perasaan saya terkait scratch adalah kagum karena bisa membuat game untuk orang-orang yang baru memulai untuk membuat game.
    5. Pengalaman saya mencoba robot manual sangat seru karena saya bisa mengendalikan robot dari jauh.

  28. 1. Menurut saya, algoritma pemrogaman sangat bermanfaat seperti tujuannya yaitu menyelesaikan permasalahan suatu program yang melibatkan perhitungan tinggi
    2. Saya rasa scratch adalah penemuan yang inovatif dan sangat berguna untuk mempelajari pelajaran dengan seru
    3. Menurut saya yang paling mudah adalah Looks dan Sound, karena hanya menambahkan suara dan mengedit. Dan yang paling rumit adalah Motion dan Blocks karena harus dikerjakan dengan teliti.
    4. Menurut saya, scratch dan permrogaman visual sangat berguna bagi saya dan akan sangat terpakai di masa depan nanti.
    5. Sangat berguna untuk masa depan dan menambah llmu pengetahuan dalam dunia teknologi.

  29. Alice Nolan Al Maryam 7A
    1. Algoritma pemrograman sangatlah bermanfaat untuk membuat program menjadi lebih sederhana dan efisien.
    2. Rumit dan juga seru karna, kita harus memperhatikan apa yang kita buat satu satu dan mencobanya untuk melihat itu berhasil atau tidak.
    3. yang paling gampang adalah menu sound karna, kita hanya perlu menambahkan nya. Yang paling rumit adalah menu motion dan control karna, kita harus memperhatikan nya satu-satu dan memastikan tidak ada yang salah.
    4. Scratch sebenarnya tidak terlalu susah jika kita sudah memahami nya dan pemrograman visual ini juga membantu saya untuk menyadarinya.
    5. Sangat seru dan bermanfaat untuk membantu bantu

  30. 1. Algoritma pemrograman adalah langkah sederhana untuk membuat suatu program. Memahami algoritma pemrograman dengan baik tentunya bisa membantu kita dalam pemrograman, atau bahkan kehidupan sehari – hari. Jadi belajar algoritma pemrograman sangat baik untuk kita gunakan.
    2. Scratch adalah suatu aplikasi pemrograman yang dimana kodenya berbentuk menyerupai balok. Menurut saya scratch ini adalah bahasa pemrograman yang mudah untuk dipahami, sehingga saat pertama kali saya menggunakan scratch saya bisa membuat game dengan mudah sehingga saya merasa nyaman dan puas dengan aplikasi scratch.
    3. Fungsi yang paling mudah menurut saya adalah di bagian events karena hanya mengatur tentang kapan terjadinya sesuatu, dan yang paling sulit adalah di bagian variables karena harus mengatur suatu nilai yang menentukan sesuatu, tetapi dengan variables ini bisa membuat berbagai hal seperti gravitasi dan skor.
    4. Scratch adalah aplikasi pemrograman yang paling mudah dipahami karena menggunakan balok sebagai kode. Tidak seperti bahasa pemrograman lainnya yang menggunakan tulisan scratch terbilang mudah. Intinya scratch adalah aplikasi pemrograman yang mudah dipahami dan seru untuk dipelajari.
    5. Robot manual adalah alternatif dari scratch. Seperti scratch menggunakan kertas sebagai kode adalah hal yang cukup menyenangkan. Konsepnya yang saya pakai sama dengan scratch, tetapi karena butuh sedikit lebih usaha dalam membuat robot manual, itulah yang membuat pengalaman membuat robort manual menjadi lebih seru lagi, terlebih kita tidak bisa melihat hasil kode langsung kita seperti di scratch, kita harus mencari tahu kegunaan kode itu sendiri dan apa yang akan terjadi kepada robot manual. Intinya, membuat robot manual lebihmenyenangkan tetapi lebih sulit dan menantang dari pada scratch.

  31. Fakhira Athaya Azzahra 7A
    1. Menurut saya, algoritma pemrogaman sangat bermanfaat seperti tujuannya yaitu menyelesaikan permasalahan suatu program yang melibatkan perhitungan tinggi
    2. Saya rasa scratch adalah penemuan yang inovatif dan sangat berguna untuk mempelajari pelajaran dengan seru
    3. Menurut saya yang paling mudah adalah Looks dan Sound, karena hanya menambahkan suara dan mengedit. Dan yang paling rumit adalah Motion dan Blocks karena harus dikerjakan dengan teliti.
    4. Menurut saya, scratch dan permrogaman visual sangat berguna bagi saya dan akan sangat terpakai di masa depan nanti.
    5. Sangat berguna untuk masa depan dan menambah llmu pengetahuan dalam dunia teknologi.

    Your comment is awaiting moderation.

  32. Alice Nolan Al Maryam 7A
    1. Algoritma pemrograman bermanfaat untuk menjadikan sesuatu lebih sederhana
    2. Rumit dan juga seru karna, kita harus memperhatikan apa yang kita buat satu satu dan mencobanya untuk melihat itu berhasil atau tidak.
    3. yang paling gampang adalah menu sound karna, kita hanya perlu menambahkan nya. Yang paling rumit adalah menu motion dan control karna, kita harus memperhatikan nya satu-satu dan memastikan tidak ada yang salah.
    4. Scratch sebenarnya tidak terlalu susah jika kita sudah memahami nya dan pemrograman visual ini juga membantu saya untuk menyadarinya.
    5. Sangat seru dan bermanfaat untuk membantu bantu

  33. Sofhie 7a absen 31

    1. Menurut saya algoritma pemrograman adalah langkah-langkah logis yang harus diikuti untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas secara efisien dengan menggunakan bahasa pemrograman.

    2. Saat pertama kali mencoba scratch saya sulit untuk memahami kode dalam apk tsb. tetapi, scratch dapat saya pelajari dengan mudah karena kode dalam program ini mudah dan tidak rumit dibandingkan dengan python lainya.

    3. Selama mencoba scratch, menurut saya fungsi/method yang paling mudah “gerakan” karena penggunaanya sederhana. sementara fungsi yang sulit adalah “penyiaran” karena memerlukan pemahaman lebih untuk mengirim dan menerima pesan antar karakter di scaratch.

    4. Scartch sebenrnya tidak susah jika kita seudah terbiasa memakai scaratch dan memahaminya.. aplikasi ini sudah banyak membantu saya untuk menambah pengalaman baru.

    5. Sangat menyenangkan apabila robot manual di mainkan.

  34. Rania Azizah Sulistyardi 7A

    1. Apa pendapat kalian tentang algoritma pemrograman?
    -pendapat saya mengenai algoritma adalah, algoritma bisa membuat hidup menjadi lebih mudah seperti contohnya Algoritma dan pemrograman yang
    mengatur jalannya sistem komputer, membawa masyarakat berkomunikasi
    dengan cara yang baru dan membantu menyelesaikan beberapa masalah
    lainnya. Proses untuk membuat program yang efisien dan efektif memerlukan
    pemilihan informasi yang tepat untuk digunakan, bagaimana memproses
    dan menyimpannya, menyelesaikan permasalahan besar menjadi kasus yang
    lebih kecil, mengombinasikan solusi-solusi yang sudah ada sebelumnya, dan
    mencoba analisis solusi baru lainnya.

    2. Apa yang kalian rasakan ketika mencoba Scratch pertama kali?
    – Saya merasa bersemangat karena saya bisa membuat game atau men-coding menggunakan kode” yang sudah di sediakan di scratch yang membuat men-coding lebih mudah.

    3. Selama mencoba Scratch, menurut kalian fungsi/method apa yang paling
    mudah dan yang paling sulit untuk digunakan/dimengerti? Ceritakan
    dengan bahasa kalian!
    -untuk saya yang paling gampang adalah menambahkan suara/ sound karena bloknya tinggal di drag dan di ganti suaranya dengan suara yang kita mau.
    -untuk yang paling susah adalah blok bergerak/ motion karena kita harus mengganti arah dengan manual dan saya masih sering bingung antara kode x dan kode y

    4. Setelah menyelesaikan semua LKS, bagaimana perasaan kalian terkait
    Scratch dan pemrograman visual ini?
    -untuk bab kali ini sangatlah seru karena ada bagian membuat pemrograman yang membuat bab ini lebih interaktif

    5. Bagaimana pengalaman kalian mencoba permainan robot manual?
    -seru karena bisa membuat permainan baru tapi menurut saya agak ribet aja sih buatnya..

  35. 1. Menurut saya, Algoritma pemrogaman adalah langkah-langkah logis yang harus di ikuti untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas secara efisien dengan menggunakan bahasa formal.

    2. Saat pertama kali mencoba scratch, saya kesulitan memahami kode dalam aplikasi ini. Tetapi, scratch dapat saya pelajari dengan mudah karena kode dalam program ini mudah dan tidak ribet dibandingkan aplikasi lain.

    3. Fungsi yang sulit dimengerti adalah “penyiar” karena memerlukan pemahaman lebih untuk mengirim dan menerima pesan antar karakter di scratch. tapi dengan latihan, semuanya akan menjadi mudah dipahami.

    4. Menurut saya, scratch sangat berfungsi mudah untuk membuat game, juga membantu pelajar untuk memahami mengenai pemrogaman.

    5. Pengalaman saya mencoba robot manual adalah robot manual sangat berfungsi dan dapat dimanfaatkan. tidak hanya begitu tetapi juga sangat menyenangkan bagi pelajar.

  36. 1. Menurut saya, algoritma pemrograman adalah langkah langkah logis yang harus diikuti untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas secara efisien dengan menggunakan bahasa pemrograman.

    2. Saat saya mencoba scarth untuk pertama kali, saya sulit untuk memahami kode dalam aplikasi tersebut, tetapi setelah saya mempelajari lebih dalam tentang scratch, saya pelajari dengan mudah karena kode dalam program ini mudah dan tidak terlalu rumit.

    3. Selama mencoba scratch, menurut saya fungsi yang paling mudah adalah “pergerakan” karena penggunaannya sederhana, dan menurut saya fungsi yang sulit adalah “penyiaran” karena memerlukan pemahaman lebih untuk mengirim dan menerima pesan antar karakter di scratch.

    4. Menurut saya scratch sangat berfungsi dan seru khususnya buat pelajar agar kita bisa belajar dan praktek tentang pemrograman.

    5. Pengalaman memainkan robot manual saya adalah robot manual sangat menyenangkan dan sangat seru saat merancang robot manual tersebut.

  37. 1. Bagi saya, Algoritma pemrogaman adalah step-step logis yang harus di ikuti untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas secara efisien dengan menggunakan bahasa formal.

    2. Saat pertama kali mencoba scratch, saya kesulitan memahami kode dalam aplikasi ini. Tetapi, scratch dapat saya pelajari dengan mudah karena kode dalam program ini mudah dan tidak ribet dibandingkan aplikasi lain.

    3. Fungsi yang sulit dimengerti adalah “penyiar” karena memerlukan pemahaman lebih untuk mengirim dan menerima pesan antar karakter di scratch. tapi dengan latihan, semuanya akan menjadi mudah dipahami.

    4. Menurut saya, scratch sangat berfungsi mudah untuk membuat game, juga membantu pelajar untuk memahami mengenai pemrogaman.

    5. Pengalaman saya mencoba robot manual adalah robot manual sangat berfungsi dan dapat dimanfaatkan. tidak hanya begitu tetapi juga sangat menyenangkan bagi pelajar.

  38. 1. Menurut saya, algoritma pemrograman adalah langkah langkah logis yang harus diikuti untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas secara efisien dengan menggunakan bahasa pemrograman.

    2. Saat saya mencoba scarth untuk pertama kali, saya sulit untuk memahami kode dalam aplikasi tersebut, tetapi setelah saya mempelajari lebih dalam tentang scratch, saya pelajari dengan mudah karena kode dalam program ini mudah dan tidak terlalu susah.

    3. Selama mencoba scratch, menurut saya fungsi yang paling mudah adalah “pergerakan” karena penggunaannya sederhana, dan menurut saya fungsi yang sulit adalah “penyiaran” karena memerlukan pemahaman lebih untuk mengirim dan menerima pesan antar karakter di scratch.

    4. Menurut saya scratch sangat berfungsi dan seru khususnya buat pelajar agar kita bisa belajar dan praktek tentang pemrograman.

    5. Pengalaman memainkan robot manual saya adalah robot manual sangat menyenangkan dan sangat seru saat merancang robot manual tersebut.

  39. 1. Menurut saya, mempelajari ilmu algoritma pemrograman sangat manfaat untuk kita karena ilmu ini ditemu sehari hari dan bisa dipakai untuk masa depan nanti.

    2. Menurut saya, mencoba menggunakan scratch sangat seru dan menyenangkan karena saya mecoba hal baru yaitu membuat game untuk pertama kalinya.

    3. Menurut saya, fungsi yang paling mudah digunakan itu adalah motion karena menurut saya fungsi itu sangat mudah di pahami dan praktis. Dan menurut saya fungsi yang tersulit untuk digunakan itu variables karena menurut saya fungsi itu sulit dipahami dan di mengerti.

    4. Menurut saya, scratch adalah website pemrograman yang baik, gampang dipahami dan bagus untuk pemula yang baru saja mulai pemrograman

    5. Menurut saya, robot manual sangat keren karena robot manual bisa dipakai untuk banyak hal di masa depan

  40. 1. Menurut saya, algoritma pemrograman sangat penting dalam dunia pemrograman karena mereka adalah langkah-langkah sistematis untuk menyelesaikan masalah-masalah dan merupakan langkah-langkah logis yang harus diikuti untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas secara efisien dengan menggunakan bahasa pemrograman.

    2. Saya merasa tertarik dan antusias saat pertama kali mencoba Scratch, selain itu saya juga merasa sedikit tertantang atau bingung pada awalnya karena konsep pemrograman blok yang baru untuk saya. Tetapi, saya dapat mempelajari Scratch dengan mudah karena kode dalam pemrogram ini mudah dan tidak rumit dibandingkan yang lainnya.

    3. Selama mencoba Scratch menurut saya, dalam Scratch fungsi yang paling mudah untuk digunakan mungkin adalah fungsi untuk menggerakan sprite atau objek, seperti “move” atau “go to x: y” karena fungsi ini relatif sederhana. Sedangkan, fungsi yang mungkin sulit untuk dipahami adalah fungsi-fungsi yang konsepnya lebih kompleks, seperti penggunaan variabel, kontrol alur program, atau custom blocks.

    4. Saya merasa bangga telah berhasil mempelajari Scratch dan pemrograman visual. Menurut saya, setelah menyelesaikan semua LKS, saya mampu mengembangkan kreativitas, berkolaborasi dan berbagi, mengembangkan skill problem solving, dan Scratch telah memperkenalkan konsep pemrograman kepada saya.

    5. Setelah mencoba permainan robot manual, saya mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan mendidik. Dan menurut saya ini bisa menjadi kesempatan untuk mengenal lebih dekat tentang robotika, pemrograman, dan teknologi. Saya juga bisa memahami lebih baik tentang bagaimana robot manual bekerja.

  41. 1. algoritma adalah urutan langkah untuk mengerjakan tugas
    2. seru dan asyik
    3. fungsi yang paling mudah adalah sound dan yang paling susah motion
    4. perasaan saya senang ada web untuk membuat game yang tidak terlalu sulit
    5. sangat seru dan hebat

  42. 1. Sangat dianjurkan untuk mempelajari algoritma dan pemrograman karena dapat membuat program rumit menjadi sederhana, efektif dan efisien

    2. Buat pertama kali agak susah tetapi sesudah saya mengertia apa arti semua blok nya sangat seru karena saya dapat membikin game/ animasi dan lain sebagainya

    3. Paling mudah kata saya Variable karena cara untuk menggantinya mudah di mengerti, singkat dan tidak rumit, paling susah kata saya Motion karena cara untuk meng orientasikan direksi gerak agak susah

    4. Saya merasa bahwa scratch itu sangat unik karena scratch adalah salah satu program yang menggunakan blok untuk membuat sebuah system

    5. Saya merasa bahwa sangat terdidik dan menyenagkan

  43. 1. menurut saya algoritma adalah sebuah langkah-langkah yang digunakan saat merogramkan sesuatu dan algoritma sangat penting karena semua pemrograman menggunakan nya

    2. sanggat bingung karena tidak pernah memprogram

    3. semua nya susa untuk dimengerti tetapi ada yang gampang seperti bagian motion

    4. menambah kepintaran dan pemahaan di dalam memprogram

    5. seru saat mencoba nya karena pertama kali

  44. 1.sangat menarik
    2.sangat tertarik
    3.yang paling mudah control karna hanya mengatur saja dan yang paling susah motion karna harus mengatur letak atau tempatnya
    4.scratch sangat berguna dan pemrograman sangat menarik
    5.sangat menyenangkan dan menarik

  45. 1. Algoritma pemrograman yang baik harus mudah dipahami, mudah diimplementasikan, dan memiliki kinerja yang baik

    2. sanggat bingung karena tidak pernah memprogram

    3. semua nya susa untuk dimengerti tetapi ada yang gampang seperti bagian motion

    4. menambah kepintaran dan pemahaan di dalam memprogram

    5. seru saat mencoba nya karena pertama kali

  46. 1.sangat menarik
    2.sangat tertarik
    3.yang paling mudah control karna hanya mengatur saja dan yang paling susah motion karna harus mengatur letak atau tempatnya
    4.scratch sangat berguna dan pemrograman sangat menarik
    5.sangat menyenangkan dan menarik
    Kelas:7A

  47. Mohamad Kaylif Zavier Kusadrianto

    1. menurut saya sangat bermanfaat karena dapat menyelesaikan masalah di komputer secara berurutan
    2. awalnya saat saya mengenal scratch saya kira akan susah tapi setelah belajar di youtube saya sudah mulai terbiasa
    3.yang paling mudah adalah membuat sprite/karakter dan yang paling susah adalah kontrol karena saya masih bingung saat mengerjakannya
    4. menurut saya sangat seru dan sangat bermanfaat karena mangajarkan siswa koding secara seru
    5. sangat seru dan bermanfaat

  48. 1. pendapat saya tentang algoritma dan pemrograman adalah mereka adalah hal yang sangat penting untuk dipelajari. apalagi di dunia kita yang semakin hari semakin banyak tempat kerja berbasis koding dan semakin hari dunianya semakin berbasis komputer.
    2. saya merasakan bahwa scratch merupakan salah satu aplikasi coding yang paling gampang untuk dipelajari. tapi walaupun seperti itu membikin kode sendiri masih cukup susah untuk pemula dan butuh waktu yang lama untuk di kuasai.
    3. menurut saya fungsi di scratch semuanya tidak teralalu susah untuk dimengerti, jika saya harus pilih yang paling susah saya akan pilih sensing karena ada beberapa kode yang belum saya mengerti, dan yang paling gampang menurut saya adalah sound karena kodenya dikit dan biasanya kodenya cukup jelas.
    4. menurut saya scratch adalah aplikasi pemrograman visual yang bisa sangat berguna. walau mungkin scratch bukan aplikasi pemrograman yang paling rumit dan biasanya aplikasi/game/video yang dibikin di scratch bukan yang paling bagus, tetapi bisa menjadi landasan untuk anak-anak yang mulai belajar koding.
    5. saya saat awal mencoba agak susah dimengerti, tetapi setelah merenung dan menanya beberapa pertanyaan saya dapat mengerti cara memainkan robot manual yang ada di buku.

  49. Mysha Sydney Dharmawan

    Mysha Sydney Dharmawan kelas 7A absen 24
    1. Menurut saya, Algoritma adalah suatu langkah atau metode yang sudah dibuat berurutan dan tersusun rapi, serta sering digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan memberikan petunjuk tindakan. Algoritma sangat bermanfaat bagi kita karena algortima membantu kita untuk memecahkan masalah masalah besar menjadi lebih kecil.
    2. Pertama kali saya mencoba Scratch, saya merasa bingung karena saya tidak tahu cara menggunakan kode-kode dan sprite, namun, setelah saya menonton tutorial cara menggunakan scratch di YouTube, saya jadi lebih mengerti cara menggunakan scratch.
    3. bagi saya, fungsi yang paling mudah adalah backround/sprite, dan fungsi yang paling susah adalah Motion/bergerak.
    4. Setelah mengerjakan LKS, saya merasa terinspirasi untuk belajar tentang scratch dan pemograman visual, serta mencoba membuat game sendiri.
    5. Pengalaman saya menggunakan scratch sangat seru dan saya sangat teredukasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.