UJian Terbuka Doktor Wijaya Kusumah di Kampus UNJ Rawamangun

Semalam, anak pertama Omjay, membantu membuatkan flyer untuk ujian terbuka doktor pendidikan UNJ.

Intan dengan sabar membuat disain flyer ayahnya yang akan sidang ujian terbuka doktor pendidikan PPS UNJ pada hari Selasa tanggal 7 Juni 2022.

Ujian Terbuka doktor pendidikan UNJ akan dilaksanakan mulai pukul 10.30 sampai 12.00 WIB. Nanti nonton ya di zoom!

Pascasarjana UNJ is inviting you to a scheduled Zoom meeting.

Topic: Ujian Terbuka Prodi Teknologi Pendidikan
Time: Jun 7, 2022 10:30 AM Jakarta

Join Zoom Meeting
https://us06web.zoom.us/j/82600706814?pwd=RzROdHpSNHVISGE0ZTY4OHNDTExKdz09

Meeting ID: 826 0070 6814
Passcode: PASCAUNJ

Ujian terbuka di semester 116 PPS kampus UNJ Rawamangun Jakarta Timur, dilaksanakan secara luring dan daring. Hanya sedikit orang yang diminta datang langsung ke kampus UNJ.

Omjay diminta hadir langsung ke kampus UNJ Rawamangun Jakarta Timur beserta keluarga. Sedangkan kawan-kawan bisa menontonnya secara daring dari tempat masing-masing.

Link zoom akan disampaikan pada hari Selasa, 7 Juni 2022 pukul 10.00 WIB. Nanti akan omjay bagikan link zoomnya.

Ujian terbuka dilaksanakan setelah Omjay dinyatakan lulus ujian tertutup. Ujian dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom.

Alhamdulillah omjay bisa menjawab semua pertanyaan dosen penguji dengan baik. Sehingga dipromosikan untuk mendapatkan gelar doktor pendidikan.

Inilah sedikit kisah Omjay dengan mantra ajaibnya. Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi.

Mohon doa dari pembaca agar semua urusannya dilancarkan dan Omjay dapat menjawab semua pertanyaan dengan baik dan benar dalam ujian terbuka nanti.

Salam blogger persahabatan

Omjay

Guru blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

5 thoughts on “UJian Terbuka Doktor Wijaya Kusumah di Kampus UNJ Rawamangun

  1. 1) Informatika (Inggris: Informatics) mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Sedangkan bidang ilmu yang termasuk dalam informatika meliputi beberapa macam, termasuk di dalamnya: ilmu komputer, ilmu informasi, sistem informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Aspek dari informatika sebenarnya lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis komputer saja, karena masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer, yang dapat dimasukkan di dalam aspek dari informatika ini. Informatika mempunyai konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika.

    Menurut para ahli, Informatika merupakan salah satu cabang keilmuan yang cukup luas karena hampir mencakup dan terkait dengan berbagai hal tentang kehidupan ini, dimana kumpulan disiplin informatika ini meliputi sains maupun teknik yang secara spesifik mengolah data menjadi informasi dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi informasi atau komputer. Dalam bahasa Indonesia, istilah Informatika diturunkan dari bahasa Perancis informatique, yang dalam bahasa Jerman disebut Informatik. Sebenarnya, kata ini identik dengan istilah computer science di Amerika Serikat dan computing science di Inggris. Dalam pendefenisian istilah informatika, menurut Philippe Dreyfus (1962) dan l`Academie Francaise (1967) yang mendefenisikan informatika tersebut sebagai berikut Kumpulan Disiplin Ilmu (scientific discipline) dan Disiplin Teknik (engineering discipline) yang secara spesifik menyangkut transformasi / pengolahan dari “Fakta Simbolik” (data / informasi), yang terutama menggunakan fasilitas mesin-mesin otomatis/komputer Dalam bahasa Inggris memiliki makna yang sedikit berbeda, yaitu lebih menekankan pada aspek pengolahan informasi secara sistematis dan rasional. Jika dilihat secara menyeluruh dari pengertian informatika di atas, pendekatan logika dan sistematika merupakan ciri yang cukup dominan dari Informatika ini, mengingat pendekatan tersebut merupakan kunci dalam hal mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah Pada prinsipnya keilmuan ini lebih menekankan bagaimana suatu data dan informasi dapat diolah sedemikian dengan berbantuan teknologi yang terotomatisasi.
    Teknologi yang terautomatisasi tersebut tidak hanya dalam satu mesin, namun bisa melibatkan beberapa mesin. Mesin ini lebih umum disebut dengan komputer. Komputer sebagai bahan utama dalam bidang keilmuan ini memiliki peranan yang sangat tinggi, sehingga informatika secara sederhana mengupas mulai dari bagaimana mesin tersebut bisa bekerja, bagaimana suatu data diolah dengan cara yang dimengerti oleh mesin sedangkan informasinya dimengerti juga oleh manusia, sampai bagaimana mesin tersebut mampu berkomunikasi dengan mesin lainnya.

    2)
    – Mudah dalam komunikasi
    – Mudah mencari informasi
    – Mudah transaksi bisnis
    – Komunikasi tidak terbatas
    – Mudah bekerja jarak jauh

    3)
    1. Adanya pelanggaran hak cipta atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI)
    2. Rendahnya ketersediaan lapangan pekerjaan karena sumber daya manusia (SDM) telah digantikan oleh teknologi digital
    3. Munculnya informasi digital yang tidak sesuai dengan fakta (hoax)
    4. Adanya budaya malas gerak (mager) karena pengaruh penggunaan teknologi digital
    5. Adanya penipuan digital yang mengatasnamakan orang lain

    4)
    1. Cari ide
    2. Buat desainnya
    3. Mempelajari bahasa pemrograman
    4. Pelajari konsep dasar pemrograman dan bahasa pemograman
    5. Download text editor yang bagus
    6. Membuat prototype program

    5) Pengertian computational thinking adalah bentuk upaya menyelesaikan masalah dengan berpikir secara logis dan terstruktur melalui beberapa tahapan dalam konsep ilmu komputer. Computational thinking atau pemikiran komputasional merupakan bentuk pemikiran yang runtut dan bertahap sehingga sangat berguna dalam implementasi ilmu komputer seperti pengembangan aplikasi maupun sistem. Computational thinking juga berguna diluar bidang komputer seperti dalam kehidpan sehari-hari untuk menyelesaikan masalah secara lebih efektif. Proses computational thinking sendiri terbagi menjadi empat tahapan dimana yang pertama adalah dekomposisi. Decomposition/dekomposisi jika diterjemahkan adalah mengurai, tahapan ini merupakan tahap menguraikan masalah ke dalam bagian yang lebih kecil. Selanjutnya, dari masalah tersebut kita lihat hal apa saja yang memiliki pattern sama dalam kelompok masalah tersebut. Tahapan tersebut dikenal dengan pattern recognition. Kemudian, permasalahan yang ada dilihat secara lebih luas dan focus pada objek penting sehingga hal- hal yang kurang relevan dapat terabaikan. Hal inilah yang disebut dengan Abstraksi. Lalu, tahap akhir adalah menyusun Algoritma/Algorithm yang berisi langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah yang menjadi rambu-rambu untuk pemrogram dalam bidang komputer.

    6) Computational Thinking (CT) perlu diajarkan ke peserta didik sejak dini karena sebelum mampu menyelesaikan persoalan yang besar dan kompleks, seseorang perlu berlatih mulai dari persoalan kecil sederhana, kemudian secara bertahap berkembang kemampuannya untuk menyelesaikan persoalan yang besar dan kompleks
    7) 1. Jaga informasi yang bersifat privasi
    2. Jaga etika berkomunikasi
    3. Bijak memilih teman di medsos
    4. Jangan asal post
    5. Cari kebenaran dan cantumkan sumber konten ketika membagikan sesuatu
    6. Tetap waspada dan jangan mudah tergiur

    8) Hoax adalah informasi palsu, berita bohong, atau fakta yang diplintir atau direkayasa untuk tujuan lelucon hingga serius (politis)
    9) 1. Kunjungi “ Slideshare “
    2. Klik tombol Login yang terletak di kanan atas
    3. Setelah masuk ke SildeShare, klik tombol Upload yang terletak di kanan atas
    4. Klik tombol Select files to upload
    5. Copy link slideshere yang sudah diupload
    6. Paste link slideshere nya ke blog kalian

    10) Sangat Seruuu dan pasti sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.