Posted on: July 14, 2020 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 298

Sekolah Online dan Kelas Maya

Sekolah Online dan Kelas Maya.

Pimpinan SMP Labschool Jakarta

Senen, 13 Juli 2020 adalah hari pertama masuk sekolah. Bukan sekolah biasa. Tapi sekolah online dan kelas maya. Guru dan siswa bertemu secara virtual di kelas maya. Belajar dari rumah adalah pilihan tepat di zona merah.

Pandemi covid19 membuat kita semua belajar kebiasaan baru. Tak pernah terbayangkan sebelumnya kalau kita akan belajar di sekolah online dan kelas maya. Biasanya kita langsung bertatap muka.

Guru tidak sendiri lagi mengelola pembelajaran seperti di sekolah, demikian juga orang tua tidak lagi dapat menyerahkan seluruh aktivitas belajar anak kepada guru, namun orang tua dan guru bekerja sama untuk mendampingi siswa dalam kegiatan belajarnya. Perubahan ini dirasakan oleh siswa, guru dan juga orangtua, sehingga dibutuhkan strategi untuk
efektivitas komunikasinya.

Pertemuan orang tua siswa

Guru dipaksa merancang pembelajaran jarak jauh yang efektif dari rumah. Pembelajaran yang menyenangkan harus tetap terjadi di kelas maya. Guru senang, siswapun senang. Orang tua tenang dan kita sama-sama senang. Ikut bernyanyi membuat diri ini lapang. Di sekolah senang, di rumah senang. Dimana-mana hatiku senang dan riang.

Pukul 06.30 wib saya dan kawan kawan sudah ikut rapat guru melalui aplikasi zoom yang irit kuota ini. Kita saling berkoordinasi tentang kegiatan hari ini. Hari pertama masuk sekolah harus berkesan di hati. Tetap diikuti dengan wajah berseri. Sang mentari pagi sudah terlihat meninggi.

Pukul 07.00 wib rapat sudah selesai lega rasanya. Masing masing guru masuk ke kelas maya. Saya dan bu Nisa masuk di kelas 8B SMP Labschool Jakarta. Kita menyapa siswa dan memperkenalkan diri sebagai wali kelasnya yang baru dan bersahaja. Sungguh bahagia rasanya.

Siswa menyambutnya dengan berpakaian seragam sekolah seperti biasa. Bedanya, kita biasa bertemu langsung di kelas nyata. Kini kita hanya bisa bertemu secara virtual di kelas maya. Padahal sudah kangen luar biasa.

Kami saling berinteraksi dan memilih pengurus kelas kita. Saling berkenalan dan menyapa itu pastinya. Alhamdulillah telah terpilih pengurus kelas kita. Cahya menjadi ketua kelasnya. Fathur menjadi wakilnya. Aura menjadi sekertarisnya. Lalu Dania menjadi bendaharanya. Sedangkan pengurus seksi saya lupa lagi nama-namanya.

Tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 08.30 wib. Kami pamit sebagai wali kelasnya yang baru. Pak Gilang guru bahasa Indonesia sudah siap mengajar bahasa Indonesia pukul 09.00 wib. Para siswa beristirahat sejenak. Harus ada jeda waktu antar mata pelajaran. Supaya siswa menggerakkan badan.

Saya langsung pindah link untuk masuk ke kelas lainnya. Ada kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah atau mpls secara virtual untuk siswa baru kelas 7. Saya langung bergabung di dalamnya. Wah sudah ramai rupanya.

Bapak Asdi Wiharto, kepala sekolah kami sedang presentasi menjelaskan tentang berbagai kegiatan di SMP Labschool Jakarta. Siswa kelas 7 terlihat senang sekali. Mereka banyak bertanya tentang sekolahnya yang baru ini.

Sekolah online dan kelas maya sudah terjadi di tahun ajaran baru ini. Sebagian guru ada yang bekerja dari rumah. Namun ada juga yang berada di sekolah. Terutama buat mereka yang mengalami kesulitan akses internet di rumahnya. Pagi hari seperti biasa mereka sudah berada di sekolah. Ikut menyambut kehadiran siswa di kelas maya.

Pukul 10.00 wib Prof. Arief Rachman menyampaikan materi aku bangga menjadi siswa Labschool Jakarta. Bagus sekali penyampaiannya. Pakar pendidikan yang sudah berusia 78 tahun ini masih tetap enerjik seperti biasa. Anak baru sangat senang bertemu Prof. Arief Rachman walaupun hanya secara virtual di kelas maya.

Sambil mendengarkan ceramah Prof. Arief Rachman, saya mengontrol kelas 8B. Pak Gilang guru bahasa Indonesia dan bu Alpiah guru bahasa Inggris mengajar di kelas maya. Saya menyimaknya lewat HP. Laptop untuk menonton Prof. Arief di acara Mpls dan HP untuk menyimak pembelajaran bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris di kelas 8B. Dua kegiatan bisa diikuti secara bersamaan. Guru melakukan multitasking. Guru dapat melakukan kegiatan yang berbeda di waktu bersamaan. Berbeda bila kita mengajar di kelas nyata. Kita harus mengawasi siswa belajar TIK.

Belajar TIK di SMP Labschool Jakarta

Sekolah online dan kelas maya memudahkan hal itu. Guru dan siswa bisa melakukan multitasking. Tapi sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan. Supaya kita fokus dalam melaksanakan kegiatannya. Kalau menjadi peserta pasif bisa, tapi kalau menjadi narasumber tentu sulit melakukannya.

Hari pertama masuk sekolah begitu berkesan bagi saya. Dalam sejarah menjadi guru, tak pernah terbayangkan akan mengajar di kelas maya. Teknologi memudahkan semuanya. Belajar hal yang baru harus dilakukan guru luar biasa. Apakah anda juga merasakannya?

Pukul 13.00 wib ada rapat evaluasi mpls siang ini. Kami mengevaluasi kegiatan hari ini. Guru SMP Labschool Jakarta harus siap melayani. Semoga besok bisa lebih baik lagi. Aamiin.

Sekolah online dan kelas maya hanya sampai pukul 12.00 wib. Biasanya kita belajar sampai pukul 15.00 wib. Banyak jam pelajaran yang terpaksa dipotong durasinya. Sehari hanya 3 mata pelajaran saja. Corona membuat guru melakukan kurikulum darurat dan tak memaksa siswa. Kecakapan hidup tentu menjadi salah satu tujuannya.

Saya merasa lelah. Terutama mata yang terus menerus melihat layar laptop dan HP. Tidur siang sebentar jadi pilihan. Para siswa pasti mengalami hal yang sama. Istirahat yang cukup adalah obatnya.

Sore hari saya siapkan poster narasumber untuk wa group belajar menulis. Minggu ini ada 3 narasumber hebat saya hubungi. Mereka semua sudah siap berbagi ilmu dan pengalamannya. Siaran live di youtube saya lakukan. Tidak lama hanya 5 menit saja. Hasilnya bisa dilihat siaran ulangnya di http://youtube.com/wijayalabs.

Semua narsum sudah saya posting biodatanya di http://wijayalabsdotcom. Saya berharap semua peserta belajar menulis sudah tahu dan kenal narasumbernya.

Pukul 19.00 wib kelas dimulai. Bu Kanjeng menjadi moderatornya dan bu Aam bertugas menyebarkan materinya ke wa group sebelah. Kami ada 2 group. Gelombang 13 dan 14. Pak Jumanto menjadi narasumbernya.

Sambil menyimak kelas di wa group, saya membuka youtube. Ada Prof. Eko Indrajit menyampaikan materi tentang bagaimana merancang pembelajaran jarak jauh yang baik. Saya sangat terkesan dengan penyampaiannya. Anda bisa lihat rekamannya di
Ekoji chanel https://www.youtube.com/watch?v=SljRnN3OhZY

Begitulah kegiatan sekolah online dan kelas maya yang saya ikuti dari pagi hingga malam hari. Semoga anda mengalami hal yang sama dengan saya. Mari kita belajar dari wabah Corona yang semakin merajalela di Jakarta. Jumlahnya semakin meningkat saja. Ayo jaga diri dan anak-anak kita agar tak ikut terpapar corona. Sekolah online dan kelas maya menjadi salah satu solusinya.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay
Guru blogger Indonesia
Blog http://wijayalabs.wordpress.com

Categories:

298 People reacted on this

  1. bagus pak bener bener mencerminkan perilaku kita bangun pagi terus belajar 1 mapel terus guru dan mapel lalu istirahat sebentar begitu terus hingga 3 kali.terus pas lagi pemilihan ketua kelas dll pada gak mau jadi akhirnya voting bareng walas .terus pas udah selesai sekolah online langsung tidur terus bangun sore pas ashar. lalu saat di bagian pak arief rachman saya jadi keinget MPLS dulu.kumpul di theater kecil, dengerin topik yg dibawakan pak arief rachman. terus dengerin penampilan temen seangkatan dan kakak kelas.saling berkenalan dll. pak numpang nanya itu yg ada narasumbernya buat umum atau khusus?.dah segitu saja dari saya.sekali lagi bagus sekali pak artikelnya benar benar mencerminkan kegiatan siswa saat ini

      1. menurut saya blog ini sangat bermanfaat dan sangat rinci. di waktu saat pandemi covid-19 kita belajar dari online yang menurut saya lumayan efektif karena bisa belajar dengan biasa dan menjaga jarak ya mungkin waktunya terbatas tetapi masih lumayan efektif. saya menghargai bapak guru SMP Labschool Yang Bisa memberi materi saat waktu seperti ini.kita baru masuk tahun pelajaran 2020/2021
        hari yang saya belajar online ini sangat efektif bagi saya karena saya bisa mengerti materi dengan cepat.aku berterima kasih kepada guru guru yang Bisa Memberi materi Dengan Cepat dan mudah dipahami terima kasih sekali om jay dan para para guru yang bekerja keras
        wasalamualikum wr.wb

      2. Halo nama saya, Aulia Salsabilla Widodo
        Kelas: 8E
        Absen No: 9
        Pendapat saya adalah ini sangat bagus. Walaupun cuman sampai jam 12:00 masih tetap seru dan menyenangkan. Saya setuju banget dengan adanya istirahat, karena kita melihat layar terus.
        Belajar di rumah itu hal yang baru bagi kita, tapi belajarnya sama seperti di sekolah. Tetntunya kita perlu beradaptasi terlebih dahulu agar bisa mengikuti semua pelajarannya. Semoga pandemi ini berakhir agar bisa kembali seperti semula, belajar lewat onlini masih tetap menyenangkan, tapi saya lebih memilih belajar di sekolah karena, terkadang ada siswa yang jaringannya kurang, tapi dengan ini kita bisa belajar seperti biasa walaupun lewat virtual. Makasih…………

        1. Hallo omjay nama saya Fakhri Alfitra Priyanto dari kelas 7F

          Menurut saya blog ini sangat bagus dan saya sangat setuju dengan apa yg omjay tulis di sini

      3. Halo Nama saya Muhammad Azzaro Syahmalik
        Kelas: 8E
        Absen:15
        Pendapat saya terhadap blog ini: saya suka sekali walaupun untuk membuat blog ini susah. Walaupun kondisi seperti ini PJJ ini sangat bermanfaat bagi kita untuk tidak bermalas2an dan bisa pertemuan Zoom untuk temu kangen saya sangat bangga dengan guru2 menghadapi wabah covid ini seperti harus ke sekolah untuk ngezoom atau menilai assignments kita. Untuk ini saya suka sekali website.
        Terima kasih omjay

      4. Hai nama saya Pijar Aura Bumi
        Kelas 8A
        Absen 24
        Pendapat saya tentang blog ini adalah blog ini sangat menarik, terutama bagi kita yang juga mengalami kondisi ini. Disini kita dituntut untuk melakukan hal yang hampir sama dengan saat dimana kita bertatap muka langsung. Seperti bangun pagi, tadarus, kemudian belajar melalui aplikasi zoom, google classroom, dan elabscloud. Walaupun ada beberapa mata pelajaran yang durasinya di potong / di kurangi. Mungkin saat kita belajar dari virtual, ada beberapa dari kita yang kurang konsentrasi saat jam pembelajaran di mulai. Contohnya membuka website, chat teman, dan lain sebagainya. Blog ini juga berisi tentang kegiatan PJJ dan MPLS melalui virtual. Dilengkapi dengan gambar dan video yang menarik, membuat saya ingin terus membaca blog ini. Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada salah kata. Terimakasih atas segala usaha guru dan orangtua dalam mewujudkan virtual learning ini. Semoga labschool semakin maju dan berkembang, terimakasih…

      5. Assalamualaikum wr.wb
        Hai nama saya Pijar Aura Bumi, kelas 8A, absen 24. Pendapat saya tentang blog ini adalah blog ini sangat menarik, terutama bagi kita yang juga mengalami kondisi ini. Disini kita dituntut untuk melakukan hal yang hampir sama dengan saat dimana kita bertatap muka langsung. Seperti bangun pagi, tadarus, kemudian belajar melalui aplikasi zoom, google classroom, dan elabscloud. Walaupun ada beberapa mata pelajaran yang durasinya di potong / di kurangi. Mungkin saat kita belajar dari virtual, ada beberapa dari kita yang kurang konsentrasi saat jam pembelajaran di mulai. Contohnya membuka website, chat teman, dan lain sebagainya. Blog ini juga berisi tentang kegiatan PJJ dan MPLS melalui virtual. Dilengkapi dengan gambar dan video yang menarik, membuat saya ingin terus membaca blog ini. Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada salah kata. Terimakasih atas segala usaha guru dan orangtua dalam mewujudkan virtual learning ini. Semoga labschool semakin maju dan berkembang, terimakasih…

      6. halo pak nama saya darryll aufa ibnu w. dari kelas 7F absen 13
        saya sangat setuju dengan blog ini karena sangat mencerminkan perasaan siswa smp labschool.seperti dihari pertama walaupun masih virtual semua siswa tetap merasa senang dan semangat.dan hari seterusnya siswa tetap senang

    1. saya alunadaita ilyas dari kelas 8G absen 3, pendapat saya tentang blog ini sangat bermanfaat bagi sekolah sekolah yang ingin tetap aktif dan untuk murid agar tetap produktif di rumah. PJJ secara virtual melalui zoom, google class room dan share screen merupakan cara yang sangat efektif untuk belajar jarak jauh. menurut pendapat pribadi saya pasti sangat lelah badan maupun otak jika terus melihat ke arah layar. dan kecerdasan tiap anak pasti berbeda maupun cara belajarnya. di virtual ini mungkin agak sulit untuk sebagian anak yang lebih senang melihat papan tulis dan dijelaskan langsung sambil di tulis terlebih lagi keadaan badan yang letih. tapi karena pandemi diharuskan menyesuaikan keadaan. blognya sangat membantu mau murid SMP Labschool jakarta, anak yang mengincar di Labschool, maupun anak SMP lain. SMP Labschool Jakarta telah berkerja sangat keras membuat pembelajaran jarak jauh menyenangkan dan tidak membuat anak bosan dengan monoton yang dilakukan setiap hari kerja. Blog ini merinci dan detail dengan hal hal yang dilakukan atau interaksi antara murid dan guru. Blog ini sangat mencerminkan kerja keras guru. Untuk itu saya sangat berterima kasih kepada guru guru yang telah berkerja keras. dengan itu saya akan belajar lebih keras. terima kasih.

      1. Saya Quincy dari kelas 8A absen 25, pendapat saya tentang blog ini adalah blog yang menarik… Belajar online lewat zoom maupun web itu tidak biasa memang. Biasanya kita tatap muka dan bercanda tawa di sekolah. Blog ini menjelaskan semuaya secara terperinci dan santai. Blog ini juga sangat inspiratif dan sangat bermanfaat bagi saya. Semoga saja pandemi ini juga cepat berlalu dan kita bisa kembali beraktifitas seperti biasanya…

        Stay at home semuanya 🙂

    2. Iya pak saya sangat setuju dengan apa yg anda katakan memang keinginan kita adalah masuk sekolah trs lgsg bertatap muka kepada guru namun pandemi covid19 ini memaksa kita utk bersekolah di sekolah maya

    3. Dengan adanya covid 19, kita sebagai guru dituntut mempunyai keahlian dlam bidang TIK, karna sekolah inginkan Pjj online…

  2. Halo nama saya Lulu Aulia Shafira, absen 17 kelas 8F. Saya disini ingin memberikan pendapat tentang pembelajaran di rumah atau online. Pada hari Senin, 13 Juli 2020 adalah hari pertama masuk sekolah.Tentunya saya senang dapat menimba ilmu tapi berbeda dari tahun sebelumnya, sekarang kita harus serba online untuk mencegah corona virus atau covid19. Pandemi covid19 membuat kita semua belajar kebiasaan baru.

    Karena belajar dirumah merupakan hal yang baru bagi kami semua, tentunya kita juga harus beradaptasi, agar bisa mengikuti tiap pelajarannya. Saya harap saya bisa enjoy selama pembelajaran dirumah. Saya harap pembelajaran di rumah bisa menyenangkan, semoga keadaan bisa seperti semula, makasihhh………

      1. Saya, Yohana M.A. Bana , berpendapat bahwa dengan adanya covid kita dituntut untuk berubah. Waktu lalu kutikulum berubah siswa dan guru masih dantsi dalam belajar. Yang berjuang untuk mengikuti perubahan hanya sebagian orang setelaj itu semua copy paste.Tetapi sekarang semuanya harus bergerak menuju perubahan. Guru dan siswa sama-sama berubah.

      2. Halo nama saya Nuhammad Rayhan Ambadar absen 19 kelas 8G. Menurut saya blog ini bagus dan informatif. Karena memang rinci, lengkap, dan rapih. Karena adanya blog ini saya menjadi bangga sekolah di labschool, karena gurunya yang hebat hebat dan membuat saya makin menghormati guru guru di smp labschool. Di blog ini juga menjelaskan tentang kegiatan pjj di smp labschool, yang bisa membantu siswa dan siswi baru di kelas 7. Saya sangat suka dengan blog ini karena bisa memberitahukan informasi untuk siswa siswi yang lain juga, bukan cuma untuk siswa siswi baru. memang sekolah pada saat pandemi membuat rasa menjadi berbeda tapi karena guru guru yang hebat kami bisa merasakan pjj yang efektif dan bagus.

      3. Motivasi dan membuat suasana senang memang harus di lakukan. Karena itu salah satu cara kita bersyukur kepada Nya. Tapi berdoa dan terus berkarya untuk menunjukkan eksis kita

      4. Membaca informasi yang ada di lingkup SMP lab scholl rasanya ada satu kepuasan tersendiri. Di saat pandemi seperti ini kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik.masing masing person memiliki tugas dan tanggung jawab sendiri-sendiri. Semua karena telah tersedianya sarana dan prasarana, tak ketinggalan juga karena adanya SDM yang hebat dan handal.
        Berbahagialah bagi para pahlawan tanpa tanda jasa yang mampu mengabdikan seluruh tenaga dan pikiran buat nusa bangsa tercinta.
        Fasilitas yang memadai dipegang oleh tenaga handal dan ilmu yang hebat akan tersalurkan kepada siswanya juga baik dan bermanfaat.
        Andai saya masih muda dan mampu berkarya berpikir jauh ke depan demi kemajuan anak didik, aku pasti bahagia.
        Ilmu yang bermanfaat yang hanya bisa disampaikan oleh seorang guru untuk saku kelak jika sudah kembali menghadap Yang Esa.
        Sukses untuk Omjay… dan SMP Labscholl .

  3. Menurut saya Blog ini sangat bermanfaat dan banyak informasi yang dapat dibaca dan informasi yang ada pun lumayan rinci, saya sendiri adalah siswa jadi saya tidak tahu berapa capeknya seorang guru, sekolah online juga sebenarnya tidak sebegitu capek dengan sekolah biasa tetapi saya lebih suka sekolah secara langsung, karena kalau online tidak ada yang masuk pelajarannya jadi sekolah secara langsung lebih enak saja bagi saya dan sekolah biasa lebih banyak jam pelajarannya dan mata pelajarannya. namun lebih senang saja karena bisa bermain dengan teman-teman secara langsung. tetapi karena adanya covid-19 kita tidak bisa berkontak secara langsung karena covid-19 penyakit yang gampang tertular ke orang didekat orang yang sudah positif, kalau sekolah online sebenarnya bagus karena tidak ada yang berkontak sosial, tetapi lebih bosan dibanding sekolah biasa dan tidak ada rasa yang sama jika kita di sekolah karena rasanya sekolah di rumah sama saja dengan libur. jadi kita serasa lagi libur dan tidak fokus belajar karena itu tidak ada pelajaran yang masuk, tetapi setiap pilihan ada plus minus masing-masing dan sekolah biasalah yang menurut saya lebih dirugikan disini makanya kita sekolah dirumah,itulah komentar saya di blog ini. Terima kasih omjay.

    1. saya qaia dari 8C, menurut saya blog ini sangat bagus dan informatif. dimasa pandemi ini covid-19 tidak menhalangi murid murid untuk sekolah,sekarang murid murid sekolah melalui daring. tapi memang sekolah melalui daring tidak seseru dan seefektif sekolah tatap muka karena di sekolah banyak teman jadi bisa mengobrol dan bermain dengan teman dan juga penjelasan dari guru akan lebih jelas jika sekolah tatap muka, tapi belajar melalui daring juga ada enak nya, karena kita belajar jadi lebih santai dan fokus karena tidak berisik dan tidak bercanda dengan teman trimakasih bapak dan ibu guru smp labschool jakarta

  4. Terimakasih pak, penjelasnnya bagus. Memang benar apa yang barusan dijelaskan bahwa belajar dari rumah adalah pilihan yang tepat ditahun ajaran baru ini sambil berada di zona merah. Kami sebagai pelajar tentu khawatir bagaimana kita dapat belajar sambil berada di tengah pandemik. Dengan adanya teknologi sekarang tentu sangat membantu memudahkan pelajar ditahun 2020. Bisa dengan aplikasi zoom, google classroom, dan website-website lainnya. Sekarang kita sudah mulai tahun ajaran baru 2020/2021. Beberapa daaerah sekarang semanjak adanya “New Normal” sudah membuka kembali sekolah offline. Hal itu sebenarnya belum dianjurkan oleh pemerintah karena tentu saja dapat menambah kasus corona. Untuk pendapat pribadi saya pembelajaran jarak jauh atau disebut juga PJJ kurang efektif untuk materi suatu mata pelajaran dapat dimengerti oleh para siswa. Dengan banyaknya gangguan dan godaan (distraction) maupun mental atau fisik

    1. Good job, kokaborasi dg ank2 kita, sambil melatih literasi, bljr mngungkapkn pndapat so good…mnginspirasi

  5. Assalamualaikum. walau belajar online sangat diperlukan karena Covid-19 saya sebagai siswa di SMP Labschool Jakarta merasa kalau belajar secara online atau tidak tatap muka itu kurang efektif. Selain karena beberapa siswa sering mengalami gangguan sinyal maupun kehabisan kuota. saya merupakan salah satu dari mereka. mungkin bila sekolah memberikan dana untuk membeli kuota atau wifi itu tidak akan menjadi masalah. selain hal itu menurut saya sudah tepat. menurut saya blog ini sangat bermanfaat karena berisi banyak informasi yang kita perlukan pada masa Covid-19.

  6. Halo Pak Jay, nama saya Ardhi Menurut saya blog ini sangatlah bermanfaat untuk kita semua dalam masa pandemi ini, dan saya sangat setuju dengan opini Pak Jay dengan seberapa lelahnya mata kita dengan menatap ke laptop. Keadaan seperti ini akan justru membuat kami para siswa kangen kepada lingkungan sekolah. Sekolah online sangat diperlukan dalam masa pandemi Covid-19. Belajar pun menjadi efektif walaupun kita harus tetap di rumah dan menjaga jarak. Walaupun bertemu secara virtual, setidaknya kami para murid dapat belajar mengenai hal hal yang baru setiap harinya. Kesimpulan yang saya dapatkan dari blog ini adalah tentang Pak Wijaya yang menjalani hari harinya sebagai guru di SMP Labschool Jakarta. Menurut Pak Jay Pembelajaran Jarak Jauh ini sangat berkesan baginya, dimulai dari beliau mengikuti rapat guru lalu menjadi wali kelas 8B dan hadir dalam acara MPLS angkatan 29. Pengalaman saya pribadi dalam tahun ajaran baru ini adalah dengan teman teman yang sama dari kelas tujuh, akan tetapi wali kelasnya berbeda. Di Kelas 8F ini, sebelum hari senin kita mengadakan zoom dengan teman teman di hari minggu untuk perkenalan dengan Bu Sijo dan Pak Warisno. Dan hari Seninnya kita mulai pelajaran secara virtual.

  7. Assalamualaikum. walau belajar online sangat diperlukan karena Covid-19 saya sebagai siswa di SMP Labschool Jakarta merasa kalau belajar secara online atau tidak tatap muka itu kurang efektif. Selain karena beberapa siswa sering mengalami gangguan sinyal maupun kehabisan kuota. saya merupakan salah satu dari mereka. mungkin bila sekolah memberikan dana untuk membeli kuota atau wifi itu tidak akan menjadi masalah. selain hal itu menurut saya sudah tepat. belajar online mencegah kita melakukan kontak fisik kepada siswa dan siswi yang lan. tapi belajar online mengakibatkan ilmu yang saya dapat susah untuk diserap dan itu menyebabkan saya agak kesulitan saat ulangan. Terima kasih, menurut saya blog ini sangat bermanfaat karena berisi banyak informasi yang kita perlukan pada masa Covid-19. Wassalamualaikum.

  8. Hal yang sama juga dilakukan di kelas 8F, izinkan saya bercerita sedikit tentang apa yang dilakukan 8F. Pada hari Minggu, 12 Juli kemarin kami kelas 8F melakukan uji coba zoom. Hanya sebentar, Bu Sijo dan Pak Warisno sedikit memperkenalkan diri dan memberikan arahan kepada kami untuk hari esoknya. Pada hari Senin, 13 Juli kami memulai zoom pada kurang lebih jam 06.50. Pada saat itu, kami melakukan sesi perkenalan dimana setiap dari kami memberitahukan nama panjang dan nama panggilan. Bu Sijo dan Pak Warisno memberitahu tentang kegiatan yang akan dilakukan di kelas 8 ini. Lalu, pada jam 9 tepat kami melakukan pembelajaran dengan Ibu Ropingah. Dilanjut pada jam 10.40 oleh Ibu Siti Johariah. Pembelajaran selesai pada jam 12.00, kami pun meninggalkan zoom meeting. Begitulah kegiatan yang dilakukan kelas 8F pada hari Senin kemarin. Saya berharap sekolah online ini dapat dilakukan secara efektif dan menyenangkan. Kita sama-sama berdoa semoga pandemi ini cepat berakhir dan bisa melakukan kegiatan pembelajaran tatap muka dengan keadaan sehat.

  9. Sekolah online sangat membantu pendidikan murid-murid dan mempermudah guru untuk menyampaikan ilmunya. pandemi covid19 memanglah menyusahkan tapi karena teknologi kita dapat melakukan segalanya dengan mudah. Saya merasa hari pertama sekolah memanglah menyenangkan karena kita dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan guru dan teman-teman kita tapi saya jauh lebih suka sekolah biasa karena dapat berinteraksi dengan sesama lebih nyaman dan santai dan saat di zoom kita tidak bisa ngobrol sama teman secara diam-diam . Saya merasa sangat senang bisa sekolah lagi tapi saya sangat tidak suka bangun pagi bukankah 6.30 terlalu pagi untuk PJJ? Saat pertama kali masuk kelas saya bertemu teman-teman dari kelas 7a yang dulu dan sekarang menjadi 8f yang wali kelasnya adalah bu sijo dan pak warisno, kita berkenalan dan membahas tentang agenda yang akan kita lakukan pada kelas 8. Sekolah berakhir pada jam 12.00 saya sangat senang dengan hal itu karena jauh lebih cepat daripada sekolah biasa dan itu juga merupakan pilihan yang paling tepat karena dapat mengurangi stress siswa dan bisa banyak istirahat dan relax. seperti yang bapak katakan pasti mata merasa lelah apalagi saya senang bermain game, setelah zoom biasanya saya langsung bermain game dan pada akhirnya mata saya merasa lelah saat malamnya. Saya berdoa semoga covid19 cepat berakhir amiiin, agar kita bisa berinteraksi bersama teman. saya merasa ada kekurangan saat kelas online yaitu adalah kita harus sangat fokus untuk memahami mata pelajaran tertentu dan fokus saat pjj adalah sesuatu yang sulit dilakukan bagi saya. cukup sekian komentar dari saya. terima kasih pak atas informasi dan pengalamannya saya juga merasakan sebagian hal yang sama.

  10. Assalamualaikum Wrb
    Setelah membaca blog bapak menurut saya blog ini sangat bermanfaat untuk saya/siswa lain yang membaca blog ini. Sama seperti di kelas bapak, di kelas saya juga melaksanakan voting untuk memilih para pengurus kelas melalui zoom dikarenakan pandemi Covid-19. Rasanya senang sekali bisa bertemu dengan teman-teman dan guru-guru baru yang mengajar di 8F, guru baru tersebut adalah Bu Sijo dan Pak Warisno. Saya kenal Pak Warisno dari kelas 7 karena waktu itu saya adalah MPK di Labsschool, sedangkan Bu Sijo saya baru kenal di kelas 8 ini, Saya harap di kelas 8 ini bisa mengenal lebih dalam satu sama lain maupun guru atau teman dan bisa mendapatkan nilai pelajaran yang lebih bagus dari kelas 7. Walaupun sedang pandemi Covid-19 kita harus tetap memiliki semangat belajar yang tinggi agar tercapai cita-cita yang kalian inginkan. Wassalamualaikum Wrb

  11. Assalamualikum wr.wb
    Nama saya Muhammad Arash Ishak Kelas 8F nomor absen 21, menurut saya ceritanya cukup menarik tentang menjelaskan apa yang sedang dilakukan oleh siswa-siswi dan guru-guru SMP Labschool Jakarta , terutama kelas 7 yang baru memasuki sekolah baru, dan saya pun melakukan yang sama, tetapi saya kelas 8F yang dulunya kelas 7A. Reaksi pertama kali saya saat memasuki kelas baru sekarang yang pastinya senang walaupun tidak dapat menemui temam-teman dan guru-guru secara langsung tetapi dengan adanya teknologi zoom dan aplikasi lainnya kita dapat melakukan pembelajaran secara daring dan walaupun pembelajarannya sebentar dan waktunya pendek saya tetap merasa produktif walaupun masih di rumah.
    wasalamualikum wr. wb

  12. Dari apa yang ku baca blog ini sangat bermanfaat untuk mengetahui keuntungan dan kerugian sekolah online. Kegiatan 8B tidak jauh beda, kita sama-sama mendapat ilmu dan memilih pengurus kelas (ketuanya Fathan) dan dari kedua ini kita tahu bahwa sekolah online itu sama bagus dengan sekolah biasa. Sekolah online mungkin mengurangi pengetahuan dan membosankan tapi waktu belajarnya dikurangi dan belajarnya dirumah membuat siswa yang sakit bisa belajar tanpa harus izin. Mata pelajaran yang membuat guru dan siswa tidak stress. Tapi pembelajaran tatap muka lebih bagus karena bisa melihat langsung dan dengan guru barunya dan lebib mudah berkenalan, juga muridnya bisa kabur kalau kameranya dimatiin. Walaupun ada banyak masalah dengan sekolah online, sekolah online masih cara bagus mengganti sekolah biasa dalam waktu corona ini

  13. Halo nama saya Kalila Bea Devinya kelas 8F. Hari ini saya ingin menceritakan keseharian saya. Senen 13 juli, hari itu adalah hari pertama saya belajar dengan menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh. Kelas ini mulai dari jam 6.50. Pada jam itu kami saling memperkenalkan diri masing masing agar kami bisa lebih dekat lagi dengan satu sama lain dan juga dengan guru-gurunya yaitu Bu Sijo dan Pak Warisno. Juga kita membicarakan tentang nama kelas dan juga pengurus kelas. Setelah itu kita semua para siswa lanjut belajar dengan kelas online tersebut dan selesai pada jam 12.00. Setelah itu saya istirahat sebentar dan lanjut mengerjakan tugas dari pak Murdha. Saya sebagai pelajar juga merasakan suka dan duka selama belajar dengan kelas online ini. Sukanya adalah saya tetap bisa belajar tanpa khawatir akan terkena virus corona tersebut walaupun sebenarnya materi pelajaran menjadi kurang masuk, juga dukanya adalah kita jadi tidak bisa bermain dengan teman seperti biasanya, kita hanya bisa bertatap muka saja. Padahal salah satu keseruan dari sekolah adalah bermain dengan teman. Dan saya salut kepada guru guru yang sudah berusaha keras mengajar dengan sangat baik pada saat pandemi ini. Semoga kita semua senantiasa terlindungi dari semua penyakit khususnya virus corona ini. Aamiin…

  14. Saya Ramadan Putera Kadarsan
    Saya sebagai pelajar merasa blog ini sangat sesuai dengan realita saya sebagai pelajar . Sekolah di dunia maya ini tidak terlalu efektif tetapi ya mau bagaimana lagi ini adalah bencana nasional covid 19. Untungnya di jaman sekarang ini teknologinya sudah sangat maju jadi kita bisa menggunakan aplikasi seperti zoom , google meets dan sebagainya . Karena Pembelajaran Jarak Jauh ini kita bisa mendapatkan sisi positif dan negatifnya sisi positif yang saya ambil adalah kita jadi lebih mandiri untuk belajar sendiri sisi negatifnya adalah kita jadi lebih sering untuk bermain game di rumah . Itu adalah komentar dari saya sekian terima kasih

  15. Terimakasih pak, penjelasanya sangat bermanfaat dan dari sini saya dapat menyimpulkan Sekolah Online dan Kelas Maya memiliki positif dan negatifnya masing – masing. Menurut saya dari yang saya baca diatas, negatifnya adalah menatap laptop dan hp terus menerus sehingga menyebabkan mata sakit dan kelelahan. Sekolah Online dan kelas maya berlangsung lebih cepat dari biasanya sehingga membuat guru melakukan kurikulum darurat dan cepat. Sedangkan positifnya, guru dan siswa dapat melakukan multitasking dan juga memudahkan untuk belajar tanpa harus bertemu secara langsung dikarenakan pandemi yang sedang terjadi di Indonesia saat ini.

  16. Saya Ariz Abisali S kelas 8F absen 6 , menurut saya belajar secara virtual memang pilihan paling tepat untuk kondisi saat ini, untuk bertujuan menekan angka penularan covid, apalagi di zona merah seperti zona sekolah kita. Pembelajaran virtual juga sebaiknya diterapkan juga di daerah yang berzona kuning atau Saya Ariz Abisali kelas 8F absen 6 , menurut saya belajar secara virtual memang pilihan paling tepat untuk kondisi saat ini, untuk bertujuan menekan angka penularan covid, apalagi di zona merah seperti zona sekolah kita. Pembelajaran virtual juga sebaiknya diterapkan juga di daerah yang berzona kuning atau hijau, walaupun kasus covid di daerah tersebut tidak banyak tapi sebaiknya dilakukan pembelajaran virtual agar mengurangi resiko tertular virus corona. Sebagai siswa menurut saya pembelajaran virtual ini sudah bagus hanya komunikasi saja yang perlu ditingkatkan agar komunikasi guru dan siswa bisa lancar tanpa ada salah paham. Jika komunikasi antara guru dan siwa sudah bagus, menurut saya pembelajaran virtual ini bisa sangat efektif dan mampu mengembangkan potensi siswa dan menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Sekian komentar saya, terimakasih.

  17. Saya fatimah menurut saya tulisan ini sangat bagus karena memberi tahu tentang pembelajaran jarak jauh dari sudut pandang orang lain. Menurut saya terkadang pembelajaran jarak jauh bisa sulit dan terkadang lebih mudah. Saya lumayan suka dengan pembelajaran jarak jauh namun saya tidak terlalu ingat dengan pelajarannya. Terutama kelas 7 karena guru hanya memberi tugas pada saat itu dan jarang sekali memberi penjelasan tentang materi sekolah yang ada di tugas. Sekarang kelas 8 sudah lebih baik metodenya. Sekarang guru juga lebih banyak memberi penjelasan tentang tugas dan materi. Saya berharap di kelas 8 semuanya akan menjadi jauh lebih baik dan semoga segera masuk sekolah seperti biasa. Dan semoga covid 19 segera berakhir dan karantina selesai.

  18. Menurut saya blog ini sangat membantu karena saya jadi bisa tahu kerja keras bapak ibu guru kita semua untuk kegiatan belajar kita seperti membuat kan soal dan tugas tugas yang lain nya. Pembelajaran jarak jauh juga pilihan yang tepat untuk kondisi saat ini untuk mengurangi orang-orang yang terkena covid-19. Jam sekolah kita juga lebih pendek daripada biasanya dan menurut saya pembelajaran seperti ini juga seru namun karena waktu pembelajaran kita singkat tidak banyak pelajaran yang kita mengerti karena penjelasan yang kurang jelas dari guru dan penugasan buat kita siswa-siswa yang kurang jelas kita dirumah saja juga merasa bosan dan sangat ingin bertemu teman teman disekolah.

  19. Sebagai siswa SMP Labschool Jakarta, saya merasa kelas maya atau sekolah online cukup efektif. Meskipun,belajar di rumah tidak terlalu membuat saya fokus,ditambah keluarga yang suka berisik. Mesikupun begitu, menurut saya sekolah online ini adalah solusi yang tepat untuk pandemi Covid19. Karena, dengan sekolahonline, kita bisa mendengarkan penjelasan guru dan bertatap muka meskipun secara virtual. Ditambah dengan aplikasi dan websiteseperti PowerPoint, Elabschool.net, Elabscloud, Classroom, dan lain-lain. Dengan aplikasi dan website tersebut, kita masih bisa mengerti denganpelajaran. Namun ada kekurangannya seperti yang bapak bilang, mata menjadi cepat lelah karena seharian melihat laptop. Sekian komentar saya.

  20. Halo, nama saya Daniya dari kelas 8F. Blog ini saya akui sangat tepat dan saya sebagai murid bisa merasakan sendiri bagaimana rasanya kelas online. Saya akui juga masuk sekolah seperti biasa lebih menyenangkan dari pada kelas online yang dilakukan saat pandemi ini. Namun Saya juga sangat salut dengan guru-guru saya di SMP labschool yang berusaha membuat pembelajaran kelas online ini menjadi menarik, menyenangkan dan membuat mata pelajaran di sekolah semakin mudah dipahami. Kelas online merupakan sistem sekolah yang memanfaatkan akses internet sebagai media pembelajaran yang dirancang dan ditampilkan dalam bentuk slide, rekaman video, zoom dan lain-lain. Di pandemi COVID 19 ini membuat kita semua belajar melakukan kebiasaan baru. Kelas online juga mempunyai manfaat yaitu mudah didokumentasi, praktis dan fleksibel dan hemat waktu & biaya.Kekurangannya seperti yang bapak katakan mata saya terkadang menjadi lelah karena selalu didepan komputer. Sekian dari saya. Semoga saja pandemi yang sedang menjadi permasalahan saat ini bisa segera hilang dan pembelajaran bisa dilakukan kembali seperti biasanya, karena saya rindu dengan suasana sekolah. Terima kasih Pak Wijaya atas blognya yang sangat bermanfaat ini.

  21. Menurutku, blog ini sangat berinformatif. Sekarang, saya tahu betapa susah usahanya seorang guru dalam pandemi ini. Pandemi ini memang sangat mengkhawatirkan. dan saya menghargai upaya guru-guru agar siswa-siswi masih dapat belajar. Walaupun sangat susah untuk bangun pagi karena sudah terbiasa tidur malam-malam. Sekarang, kita memulai tahun ajaran baru. Awal-awalnya, aku tidak terlalu bersemangat untuk sekolah karena menurutku sekolah sangat membosankan. tapi sekarang aku sadar ini tidak terlalu buruk. Tetapi, saya masih lebih suka belajar di sekolah walaupun pulangnya jam 16:00. Karena saya rindu dengan Teman-teman saya. Sekian dari komenku. Semoga pandemi ini segara berakhir.

  22. saya arvito tristan kurniawan kelas 8f absen 07
    terimakasih pak atas penjelasan di atas blog ini memperluas pengetahuan bagi yang tidak pjj. blog di atas ini memperjelaskan bahwa ceramah Prof. Arief Rachman memberikan ceramah dengan penyampain yang bagus berarti pjj bisa bagus. multitasking ini merupakan skill yang penting buat pjj ini karena kita harus bersiap multitasking seperti internet down. aplikasi-aplikasi seperti zoom dan google clasroom harus kita manfaatkan seperti yang di bilang bapak di atas. sebagai siswa pjj online saya berharao bahwa nanti pjj online akan enjadi seru dan materi nya mudah di pahami. terimakasih atas perhatian mohon maaf jika ada kesalahan menulis

  23. Menurutku, blog ini sangat berinformatif. Sekarang, saya tahu betapa susah usahanya seorang guru dalam pandemi ini. Pandemi ini memang sangat mengkhawatirkan. dan saya menghargai upaya guru-guru agar siswa-siswi masih dapat belajar. Walaupun sangat susah untuk bangun pagi karena sudah terbiasa tidur malam-malam. Sekarang, kita memulai tahun ajaran baru. Awal-awalnya, aku tidak terlalu bersemangat untuk sekolah karena menurutku sekolah sangat membosankan. tapi sekarang aku sadar ini tidak terlalu buruk. Tetapi, saya masih lebih suka belajar di sekolah walaupun pulangnya jam 16:00. Karena saya rindu dengan Teman-teman saya. Sekian dari komenku. Semoga pandemi ini segara berakhir.

  24. Karena Corona kita semua harus melakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah, saya tidak terlalu suka sekolah online karena kita harus duduk di depan komputer untuk beberapa jam dan itu tidak terlalu menyenangkan menurut saya karena kita sebagai siswa tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan teman-teman di sekolah, tetapi kita tetap harus melakukannya untuk mecegah corona terus menyebar. Pasti melelahkan untuk para guru karena harus melakukan multi tasking seperti yang omjay bilang. Oleh karena itu saya ingin berterimakasih untuk para guru yang masih semangat mengajar siswa siswa SMP Labschool. Saya berharap agar pandemi ini cepat berakhir agar kita bisa bersekolah secara langsung.

    1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
      Pendapat saya tentang cerita diatas sangat menarik untuk dibaca dan sangat berhubungan seperti yang saya alami selama PJJ ini, sebagai murid baru smp Labschool saya sangat bersyukur untuk bisa masuk labschool walaupun masih PJJ, guru guru dan murid disini sangat baik dan ramah. Walaupun menyenangkan tapi saya yakin tidak akan semenyenangkan kalau belajar secara tatap muka, karena kalau selama PJJ kami hanya memandang 1 laptop atau handphone selama berjam-jam untungnys di Labschool diberi istirahat dan diberi jeda sebelum masuk pelajaran lain. Semoga pandemi ini cepat berlalu, lalu jumlah korban pandemi berkurang aamiin dan semoga kita semua tetap sehat dan dapat belajar seperti biasa.
      Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh O

  25. Halo pak, nama saya Agung Panji Permana menurut saya blog ini sangat bermanfaat karena bisa melatih kita social distancing dengan belajar online. Dengan belajar online ini kita bisa melatih social distancing dan juga dengan aplikasi kita bisa mentampilkan layar ke kita. Adanya masa pandemi covid-19 ini kita harus memanfaatkan teknologi yang sudah modern ini yaitu dengan belajar online. Dengan belajar online ini pasti sudah dijadwalkan pelajaran-pelajaranya agar siswa tetap melalukan pembelajaran dengan tertib dan disiplin. Dengan belajar online ini pembelajaran tidak sampai sore karena jika sampai sore bisa berbahaya untuk mata kita karena hampir seharian melihat layar monitor. Dengan pembelajaran online ini kita bisa mencegah tertularnya covid-19.

  26. pandemi COVID-19 menyebabkan sekolah dan fasilitas pendidikan lain tutup, dan kegiatan belajar-mengajar harus melalui via internet, maupun zoom atau website sekolah.

    walaupun hanya bertemu secara virtual, para siswa dan guru masih dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik. contohnya seperti pada hari pertama, dimana para siswa mengintroduksikan dirinya kepada kelas dan gurunya. ada yang senang, biasa-biasa saja, atau bahkan bosan.

    secara personal, saya ingin tahu apa yang akan terjadi seiring berjalanannya tahun. saya harap semuanya dapat berteman dengan baik dan melaksanakan tahun pelajaran ini dengan baik. saya senang terhadap sekolah dan kelas ini, kelas 8F.

    untuk tahun ini, saya berasa optimis. walaupun kelas virtual berarti lebih sedikit posibilitas interaksi, saya masih lihat teman-teman saya bergaul dengan gembira. bahkan sebuah layar tidak akan menghentikan kita semua dari berteman yang baik.

  27. Assalamualaikum. wr. wb. Perkenalkan namaa saya Addia Lubna Humairaa Mulyawan biasa dipanggil Addia dari kelas 8F. Saya saluutt sekali dengan guru-guru di luar sana khususnya guru-guru di smp labschool jakarta yang sudah berusaha keras di situasi pandemi seperti ini.. Ini bukanlah hal yang mudah untuk guru-guru juga siswa-siswi yang berada di zona merah khususnya karena tidak bisa bertemu secara langsung atau bertatap muka secara langsung seperti biasanya. Kitapun tidak tahu kapan pandemi ini berakhir agar kita bisa kembali merasakan sekolah bertatap muka secara langsung. PJJ ini memiliki dampak negatif dan juga dampak positifnya, negatifnya adalah sama dengan yang Omjay katakan, kita terus-terusan menatap layar HP dan juga Laptop yang dapat membuat mata lelah. Lalu dampak positifnya, guru dan siswa/i dapat melakukan multitasking. Kemudian Saya pun ikut setuju dengan komentar Rania tadi, yaitu sebenarnya pembelajaran jarak jauh ini kurang efektif untuk materi suatu mata pelajaran dapat dimengerti oleh para siswa-siswi. Walaupun PJJ ini kurang efektif untuk menyerap beberapa materi suatu pelajaran, kita tetap harus beradaptasi dengan pembelajaran jarak jauh atau sekolah online ini. Dan yang terakhir, Menurut saya blog Omjay ini sudah bagus dan terdapat banyak informasi di dalamnya. Selain itu dari bacaan diatas, kita bisa mengapresiasi para guru yang bertugas secara baik dalam kegiatan sekolah online dan kelas maya. Terimakasih Omjay dan juga guru-guru smp labschool jakarta 🙂 Semoga Pandemi Covid-19 ini segera berakhir agar kita dapat berinteraksi secara langsung kembali.. Aamiin..

  28. Menurut saya blog ini sangat menarik dan bermanfaat, terima kasih pak. saya ingin memberikan pendapat saya sendiri terhadap pembelajaran jarak jauh atau singkatnya, PJJ. Walaupun pembelajaran jarak jauh yang berbasis online memang pilihan terbaik selama pandemi, tapi menurut saya kurang efektif. Saya sendiri adalah tipe orang yang hanya bisa belajar dengan suasana ramai, seperti di ruangan kelas sekolah. Jika suasananya tidak mendukung dan sepi, saya akan lebih malas untuk mendengarkan penjelasan guru dan mengerjakan tugas. Tapi karena kembali lagi ke fakta kalau pembelajaran jarak jauh adalah piihan yang paling tepat di masa pandemi sekarang, saya berusaha beradaptasi. Karena jam sekolah yang dipotong jadi hanya 4 jam, setidaknya stress saya berkurang. Yang biasanya pulang sekolah selalu kelelahan, sekarang bisa jadi lebih santai dan tidak menghabiskan banyak energi. Semoga saya bisa lebih enjoy dengan PJJ.

  29. Terima kasih atas artikelnya, pak. Kerja keras seorang guru memang patut dihormati, terutama saat pandemi covid19. Dimulai dari membuat sekolah online, mengurangi durasi pembelajaran, dan memastikan siswa-siswanya memperhatikan penjelasan sang guru. Acara MPLS hari Senin, 13 Juli, 2020 benar mengingatkan saya saat MPLS tahun lalu. Pada hari Senin, 13 Juli, 2020, saya bertemu dengan teman-teman di kelas saya kembali, tapi kali ini kami berada di kelas 8. Setelah bertemu dengan wali kelas kita, kami mengadakan perkenalan, penjelasan kegiatan kelas 8, dan memilih pengurus kelas. Tentu saja pembelajaran sekolah online memiliki kelebihan dan kekurangannya, tapi artikel ini memotivasi saya untuk belajar semaksimal mungkin dan mendapatkan nilai-nilai yang memuaskan.

  30. menurut saya blog bapak sangat sangat bagus dan saya setuju dengan bapak. di masa pandemi covid 19 kita harus belajar, berbelanja, bertemu secara online atau daring tapi saya lebih senag jika pembelajarannya di kelas seperti biasa. terkadang mata saya Lelah untuk terus melihat ke layer monitor atau laptop selain itu jam pembelajarannya juga di kurangi yang biasanya kita pulang jam 15.00 sekarang pembelajaran di sudahi pukul 12.00. adapun masalah lainnya seperti jaringan wifi kuota internet baterai laptop/hp nya mati dll pada hari senin tanggal, 13-7-2020 pembelajaran jarak jauh SMP Labschool Jakarta sudah mulai kembali sekolah daring di tahun ajaran 2020-2021 siswa siswi kelas 7 juga sudah melakukan pra MPLS dan minggu ini juga masih perkenalan dengan guru-guru atau walikelas baru. terima kasih atas perhatiannya wassalamualaikum WR.WB

  31. Selamat menunaikan tugas mulia, mencerdaskan anak bangsa walau hanya daring. Anak2 telah merindukan pembelajaran konvensional tapi situasi belum memungkinkan. Semoga dalam waktu dekat itu terwujud. Gb!

  32. Teks narasi yang sangat bersifat informatif. Setelah saya membaca, saya jadi tahu betapa besarnya perjuangan dan pengorbanan guru demi melakukan proses pembelajaran jarak jauh. Di samping itu, bapak mengkemas cerita ini dengan sangat menarik dan tidak membosankan, para pembaca dibuat untuk terus ingin mengetahui cerita selanjutnya, apalagi dengan kata-kata yang mudah dan tidak sulit untuk dimengerti. Ada juga video yang dicantumkan tentang kegiatannya, menurut saya itu langkah yang bagus agar para pembaca bisa mendapatkan pengetahuannya lebih luas melalui visual. Di samping kanan terdapat berita-berita lainnya, itu sangat bagus untuk menarik para pembaca dan terus mengikuti blog ini. Dan pastinya ada segmen berkomentar agar bisa melihat pandangan yang lebih luas. Good job Omjay!

  33. menurut saya,blog ini sangat bagus dan menarik. dimasa pandemi ini,kita harus bisa mengesuaikan diri dengan keadaan sekarang,salah satunya,belajar/ sekolah online. menurut saya,pembelajaran ini kurang nyaman karena kita tidak bisa bertatap muka secara lansung, padahal kita ingin bertemu dengan guru atau teman teman baru.tapi menurut saya belajar dirumah ini lebih nyaman karena kita bisa memposisikan diri senyaman mungkin dan dirumah ini lebih sunyi dan tenang suaasananya,jadi kita bisa lebih fokus belajarnya,tapi kalau ingin mencatat sesuatu atau pelajaran, ini agak sedikit ribet atu susah karean harus cepat dan mengejar yang lainnya.

  34. menurut saya artikel bapak ini sangat bermanfaat, meskipun di masa pandemi ini, para guru masih tetap berjuang demi siswa nya agar mendapat pembelajaran yang nyaman meskipun harus berhadapan langsung dengang covid-19. Tidak bisa ditutupi kelelahan saya mengikuti pembelajaran online Karena mata ini harus tetap fokus menghadap layar laptop namun ini sudah mengurangi waktu pembelajaran normal dari yang biasanya sampai jam 15:00 sekarang hanya sampai jam 12:00. Berbagai kendala pun saya temui, mulai dari melambat nya wifi, mati nya handphone dan bahkan error nya laptop namun tetap masih bisa diperbaiki dengan bantuan bapak ibu guru. Tentang MPLS ini mengingatkan saya tentang MPLS tahun 2019 namun perbedaannya MPLS tahun ini berjalan secara daring/online, namun hal ini tidak menutupi semangat di acara tersebut. MANTAP OmJay

  35. Menurut saya blog ini sangat menarik dan bermanfaat. Saya ingin menuliskan pendapat saya tentang pjj yang sudah berlangsung dari bulan maret. Menurut saya kerja keras seorang guru selama pandemi covid ini patut diapresiasi karna meskipun ada pandemi para guru tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk semua muridnya. Tapi menurut saya Pembelajaran Online ini kurang Efektif karena penjelasannya juga tidak sejelas di sekolah dan saya juga kurang paham, semua orang pasti mengharapkan agar pandemi cepat berlalu agar keadaan bisa kembali seperti semula, Para Pelajar seperti saya juga sangat mengharapkan agar kami bisa belajar disekolah kembali bersama teman teman seperti sebelum pandemi covid, Tapi kami para pelajar juga sangat bersyukur karna adanya Pembelajaran Online Ini karna kami tetap bisa melanjutkan pelajaran walaupun hanya bisa secara online.

  36. Blog ini memiliki makna tersendiri tentang pendidikan masa kini, COVID-19 merubah kegiatan kita. Kita sebagai pelajar tentu ingin memiliki pendidikan yang terbaik dari guru.Walaupun kita harus belajar melalui internet, Meskipun PJJ ,guru guru telah melakukan hal yang terbaik bagi murid-muridnya agar mendapatkan pendidikan yang terbaik. Ini patut di puji bagaimana guru tetap melanjutkan untuk memberikan pendidikan kepada muridnya. Blog di atas juga di kemas dengan baik sehingga saya sendiri tertarik untuk membacanya. Saya kasih nilai 8/10 ,

  37. menurut saya blog ini sangat bagus dan menarik. di masa pandemi covid 19 kita semua harus belajar, bekerja, bertemu secara online atau daring tetatapi menurut saya relajar secara offline lebih efektif jika pembelajarannya di kelas seperti biasa. Ini bukanlah hal yang mudah dilakukan untuk guru-guru juga siswa-siswi yang berada di zona merah lebih khusus karena tidak bisa bertatap muka secara langsung seperti biasanya. Kitapun tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir dan kapan kita bisa sekolah secara bertatap muka langsung. kita harus bisa memanfaatkan teknologi yang ada sebaik mungkin. ada beberapa dampak negatif dan positif seperti yang bapak katakan seperti dapat membuat mata rusak, kendala kendala dengan jaringan internet dan lainnya, dan positifnya dapat guru dan siswa dapat melakukan multitasking. walaupun susah untuk beradaptasi dengan sekolah daring dan lain lain tapi kita harus tetap mencoba sebaik mungkin dan selalu belajar agar lebih baik, dan walaupun mata lelah saya harus tetap semangat dan fokus. . om jay membuat blog ini sangat bagus karna point point pentingnya tertera jelas.

  38. Terima kasih telah berbagi pengalaman yang bapak rasakan pada saat pandemi ini. cerita dan pengalaman bapak mengajar selama pandemi covid-19 ini sangat menarik untuk dibaca. dalam keadaan seperti ini, memang mau tidak mau perlu dilakukannya pembelajaran jarak jauh seperti pada saat sekarang ini, demi terjaganya keamanan dan kesehatan seluruh masyarakat. Tetapi, dengan adanya pembelajarn jarak jauh ini, tentu saja ada kekurangannya seperti kita tidak bisa bertemu langsung dengan teman-teman dan guru. Walaupun begitu, guru-guru SMP Labschool Jakarta membuat pembelajaran jarak jauh yang dilakukan agar bisa menyenangkan dan seru bagi siswa-siswi SMP Labschool Jakarta.
    Terima Kasih bapak dan ibu guru SMP Labschool Jakarta, saya harap pandemi ini bisa segera cepat berakhir dan kita semua bisa melakukan kegiatan seperti biasa.

    1. Halo nama saya Muhammad Ikhsan Novprandi kelas 8F Dan saya ingin menyampaikan tentang Belajar secara virtual yang bapak jelaskan tadi. Pendapat saya adalah belajar secara virtual sangat membantu dalam proses belajar mengajar pada saat pandemi covid 19 dan paling efektif saat belajar di rumah. Tetapi murid murid di labschool belajarnya tidak semaksimal seperti tahun kemarin karena jadwal pelajarannya sedikit dan belajar virtualnya cuma 5 jam setiap hari. Tapi saya sangat senang melakukan belajar secara virtual dan semoga covid 19 sudah tidak ada lagi agar murid murid di labschool belajarnya menjadi maksimal untuk mencapai cita citanya amiin. Itu saja pendapat saya tentang belajar secara virtual semoga bermanfaat.

  39. Pembahasan di blog “Sekolah Online dan Kelas Maya” sangat menarik, Om Jay membahas dampak dari Pandemik COVID – 19 terhadap dunia pendidikan dan kegiatan di hari pertama sekolah. tentunya dengan balutan bahasa yang tidak membosankan dan menarik. Adanya pandemik ini di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia memaksa sekolah dan kantor untuk bekerja dari rumah. Om Jay menjelaskan betapa pentingnya kehadiran teknologi pada masa pandemik ini yang membantu para guru dan sekolah untuk tetap dapat menjalankan pembelajaran jarak jauh lewat dunia maya. dengan adanya blog ini, pembaca menjadi paham dengan dampak dari pandemi ini dari sudut pandang seorang guru yang berusaha untuk mengadaptasi pembelajaran yang sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka menjadi online. meskipun begitu, acara sekolah seperti MPLS tetap dilaksanakan secara antusias oleh adik adik juga dengan siswa kelas 8 dan 9. semoga keadaan cepat berangsur membaik dan kita dapat menjalankan rutinitas seperti biasa tanpa lewat online.

  40. Assalamu’alaikum wr. wb. Menurut saya, blog ini sangat menceritakan hidup pola guru selama masa pandemik ini. Di blog ini, bisa kelihatan bahwa guru masih semangat mengajar siswa” nya lewat online. Saya saja, sebagai siswa kalah semangat kepada kalian, para guru. Belajar lewat online juga lumayan ribet karena harus jaga koneksi internet dan bisa saja laptop atau handphone bermasalah tapi guru selalu ketemu solusi untuk bisa mengajar siswa” nya. Dan juga guru harus mengikuti rapat sebelum mengajar dr jam 7 – jam 12, menurut saya itu keren banget karena guru pasti bakal terasa capek tapi setiap kali para guru” mulai mengajar, mereka terlihat energetik. Semangat kepada guru” Labschool!!

  41. Assalamualaikum Wr Wb Perkenalkan nama saya Nabiel Danisywar , menurut saya blog anda sangat menarik. karena Sekolah itu tetap wajib walau dengan adanya pandemi virus korona sehingga kita tetap harus beradaptasi dengan keadaan seperti ini. Sekolah dan berkegiatan di rumah pasti memiliki kelebihan dan kekuranganya, menurut saya sekolah dan berkegiatan di rumah sangat membosankan karena tidak bisa berinteraksi secara langsung dan mata merasa sangat lelah .tetapi sekolah di rumah juga memiliki kelebihanya seperti saat jam sekolah yang diperpendek dan saat jam istirahat bisa nonton tv dan main hp . dan waktu bersama keluarga bisa lebih hangat. semoga pandemi virus korona cepat berakhir , amiin

  42. Nama saya Muhammad Ichsan sofiandi kelas 8C absen 22. Menurut saya blog ini itu sangat bagus karena di dalam blog ini ada banyak kenyataan yg terjadi. Walaupun pada masa pandemi ini kita terjebak dirumah, namun guru guru kami masih berusaha untuk mengajarkan kami dengan cara apapun untuk kita dapat belajar lagi seperti lewat zoom, google classroom, dan masih banyak lagi. Tapi saya masih lebih suka belajar di sekolah karena kita dapat langsung berinteraksi dengan guru kami dan teman kami dan tidak lewat layar laptop. Tapi saya masih sanggup belajar dirumah, walaupun bukan seperti belajar di sekolah tapi yang penting kami masih mendapatkan pelajaranya. Semoga saja pandemi ini akan cepat berlalu dan kita akan balik belajar seperti biasa lagi Amin.

  43. saya ingin memberikan komentar tentang tulisan di atas. Menurut saya blog bapak ini sangat bagus untuk memberitahu kita tentang perjalanan om jay pada hari pertama memulai pembelajaran saat tanggal 13 juli lalu. Perjuangan guru guru sekalian untuk tetap masuk ke sekolah dalam masa pandemi ini agar bisa tetap menjalankan mpls 2020 untuk angkatan yang mendatang. Om jay mengikuti acara mpls 2020 dan masih sempat untuk memberikan waktunya untuk kelas 8B. Kisah om jay ini sangat menginspirasi buat saya agar pantang menyerah dalam menjalankan sesuatu seperti om jay dan guru guru lain untuk berpindah pindah zoom agar tetap bisa mengajar walaupun tidak melalui kontak fisik. Dan dalam pjj ini menurut saya ada plus dan minus nya , kalau plus nya murid murid tetap bisa belajar menggunakan handphone /laptop,dan kalau minus nya kebanyakan anak anak nilainya menurun karena pjj ini. sekian dari saya.

  44. Menurut saya, blog ini sangat bermanfaat apalagi di saat pandemi seperti ini. Kita dapat mengetahui betapa susahnya belajar lewat online dibandingkan dengan bertatapan langsung. Namun, belajar secara online atau lewat zoom kurang efektif walaupun ini adalah satu-satunya cara agar bisa terhindar dari virus corona. Dengan belajar online, bisa membuat kita lebih lelah baik siswa walaupun guru. Para guru di tuntut agar bisa menyampaikan materi dengan jelas agar bisa dimengerti oleh para siswa. Ditambah dengan adanya MPLS 2020, para guru juga harus mengikuti acara MPLS 2020 dan juga menyampaikan materi pembelajaran. Saya kagum kepada kepada guru yang harus bekerja 2 kali lipat dari biasa. Semoga pandemi ini segera selesai agar kita bisa bertemu di sekolah seperti biasa lagi.

  45. Menggunakan metode Pembelajaran Jarak Jauh ( PPJ ) saat pandemi ini adalah satu satunya cara yang aman dan paling mudah diguanakan. Bulan Juli adalah awal tahun pelajaran baru banyak yang harus dilakukan saat ini melalui daring online. Banyak sekolah yang menggunakan Zoom untuk pembelajaran dan MPLS walaupun terlihat membosankan dan terlihat lebih sulit karena tidak bisa bertemu langsung tetapi Om Jay dan Guru guru lainya memanfaatkan situasi ini dengan baik. Susunan acaranya tertata rapi dan terlaksana dengan lancar, apalagi kali ini Om Jay membuat blog yang sangat baik. Apa saja yang dicurahkan Om Jay di blog ini bisa terasa suasanya oleh para pembaca. Mantap Om Jay

  46. Assalamu’alaikum nama saya Davinayra Callista kelas 8C absen 7,
    menurut saya blog bapak ini sangat menginspirasi, kita jadi tau bagaimana guru mengatur kegiatan kelas maya ini. Kita juga bisa melihat seberapa sulit nya guru melakukan kegiatan zoom meeting ini di kelas online. Dan blog ini dikemas sangat baik sehingga kita tidak bosan membaca nya, justru ingin terus membaca sampai habis karena bikin penasaran. Sesuai dengan yang ditulis disini saya sangat setuju sebagai siswa kami merasa lebih lelah ketika sekolah online karena selalu melihat laptop atau hp, tapi karena waktu belajar dikurangi dari jam 7 pagi sampai 3 sore menjadi sampai jam 12 saja sehingga kita menjadi tidak terlalu lelah dan bisa tidur siang. Kalau menurut saya diambil dari sisi positif belajar di rumah kita bisa menentukan tempat belajar yang nyaman dan keadaannya hening tidak berisik, tetapi kalau diambil dari sisi negatif nya seperti yang bapak bilang di blog ini mata kita bisa rusak karena terlalu sering melihat layar laptop dan hp.

  47. Perkenalkan nama saya adalah Muhammad Fachri Rayhan absen nomor 21 dan saya dari kelas 8c. Pada saat saya membaca blog bapak, blog bapak itu sangat bagus dan saya baru sadar betapa kerja kerasnya bapak ibu guru walaupun kita dimasa pandemi COVID-19. Kekurangan saya rasakan selama PJJ (pembelajaran jarak jauh) adalah kurangnya kefektifan dalam belajar dan kita haru melihat konputer atau hp dengan durasi yang sangat lama sehingga mata kita bisa sakit dan juga sekolah sampai mengurangi durasi pembelajaran dari jam 15:00 menjadi 12:00. saya harap pandemi ini bisa berakhir supaya kita semua bisa balik lagi ke SMP Labschool jakarta.

  48. menurut saya sebagai pelajar ini sangat sesuai dengan realita kita saat ini. Sekolah di dunia maya ini memang tidak terlalu efektif tetapi karena ada Covid-19 kita tidak bisa berbuat apa-apa. Untungnya di jaman sekarang ada teknologi yang sangat maju dibandingkan dengan jaman dahulu. Karena ada teknologi kita bisa melakukan pembejalaran jarak jauh menggunakan berbagai macam aplikasi seperti zoom, google meet, Microsoft teams dan sebagainya. Karena ada pembelajaran jarak jauh kita bisa mendapatkan sisi positif dan sisi negatifnya, sisi positifnya kita bisa belajar sendiri dan sisi negatifnya adalah banyak orang yang menjadi malas dan banyak yang main game. Itu adalah komentar dari saya sekian terimakasih

  49. Terima kasih pak, menurut saya bloq ini sangat berguna dan bermanfaat dalam masa pandemi ini. dengan membaca blog ini saya tau betapa capeknya menjadi seorang guru. dengan adanya teknologi memudahkan kita untuk belajar online, kita biasa memakai aplikasi google classroom, zoom, dan website-website. belajar online ada kekurangan dan kelebihannya sendiri, kekurangannya adalah kita tidak bisa bertatap langsung dengan teman & guru, karen belajar online lebih banyak menggunakan laptop dan bisa merusak mata kita, kelebihannya adalah kita bisa mempelajari hal-hal baru yang tidak ada sebelum covid-19.

  50. Menurut saya blog ini sangat informatif dan bermanfaat . Sesuai yang disampaikan pada blog ini ,dengan adanya pandemi ini kita para murid diharuskan untuk melakukan kegiatan belajar dirumah. Tidak hanya kami sebagai murid, para guru pun diharuskan mengajar dari rumah. Mulai dari menjalankan MPLS untuk kelas 7, mengajarkan murid lainnya ,membuktikan bahwa guru juga melakukan tugasnya di rumah. Kerja keras para guru patut dihargai karena dengan lamanya harus bertahan di depan layar laptop untuk memantau para murid, dan pulang pergi dari sekolah kerumah di pandemi ini sangat menyulitkan para guru. Tetapi dari semua itu kita juga harus ambil sisi positifnya seperti, kita bisa lebih nyaman untuk belajar dirumah, para murid dan guru juga lebih aman untuk berada dirumah.

  51. Nama saya Destin Rizqiya Matantya dari kelas 8C, absen nomer 9. Menurut saya blog ini sangat baik dan bermanfaat, untuk siswa maupun guru. Menurut saya, cara kita melakukan sekolah online sangat praktis dan baik. Tetapi, ada juga beberapa kekurangannya yaitu, membuat mata sakit dan memerah juga berair. Semenjak hari pertama kita belajar online, kita di harapkan untuk belajar mandiri dengan baik.

    Dikarenakan kondisi di jakarta sudah di zona merah, kita jadi tidak bisa bertatap muka dengan langsung seperti kondisi sebelum adanya virus covid ini. Meski pemerintah sudah memberlakukan adanya ‘new normal’, sekolah tetap tidak bisa di jalankan seperti biasanya. Karena hal tersebut sangat di khawatirkan akan membuat resiko semakin parahnya penyebaran virus covid19 di Indonesia ini. Meski dengan kondisi seperti ini, kita tetap harus belajar dengan rajin.
    Jadi, semangat belajar semuanya!

  52. Covid 19 ini memang membuat sekolah harus melakukan pembelajaran secara online, bukan sekolah saja tapi wilayah yang terkena zona merah atau lebih diperintahkan untuk tidak boleh keluar rumah, Sekolah secara online memang tidak terlalu baik untuk mata karena harus fokus memperhatikan layar laptop. Tetapi hal positifnya adalah kita sebagai siswa dapat bertemu dengan teman – teman dan juga bapak/ibu guru walaupun hanya di layar laptop. Kita juga harus menghargai kerja keras bapak dan ibu guru agar muridnya tetap senang belajar. Artikel ini memang sangat baik karena mencerminkan kehidupan sekarang. semoga pandemi ini cepat berakhir dan kita dapat bertemu di sekolah lagi.

  53. Menurut saya blog ini sangat bagus dan inspiratif. Di blog ini kita dapat mengetahui kerja keras para guru menyiapkan PJJ online. Blog ini juga dikemas secara baik sehingga pembaca dapat mengetahui kerja keras para guru menyiapkan proses pembelajaran online ini. Sebagai seorang pelajar saya dapat melihat bahwa pembelajaran jarak jauh ini memiliki kekurangan seperti harus duduk berjam jam melihat layar gadget, tidak bisa bertemu dengan teman teman dan guru, masalah koneksi internet, dll. Jam pelajaran pun harus dipotong dari pukul 15:00 menjadi pukul 12:00. Sebagai pelajar saya selalu mengira bahwa sekolah itu membosankan. Tapi setelah libur panjang 3 bulan+ untuk pertama kalinya seumur hidup saya berpikir bahwa sekolah mungkin tidak terlalu buruk. Meskipun dengan keadaan seperti ini kita bisa melihat bahwa para guru SMP Labschool Jakarta bekerja keras agar dapat menghadirkan pembelajaran online yang nyaman dan lancar. meskipun hanya daring online, pembelajaran pun dapat tersampaikan ke murid murid. Saya tidak tau semua ini sampai Om Jay membuat blog ini. Terima kasih Om Jay, blognya saya beri 8/10. Semangat dan sukses terus ya Om Jay

  54. Saya Ahmad Raafi Nugroho
    Menurut saya, artikel ini sangatlah menarik dan bermanfaat untuk dibaca. Di masa pandemi ini tentunya kita sebagai para siswa tidak bisa bertemu secara langsung dengan teman ataupun guru, namun kita bisa melakukan pembelajaran jarak jauh melalui zoom meeting. Tentu ini bukanlah hal yang mudah untuk kita jalani, tapi kita harus ikhlas menerimanya. Untunglah teknologi sekarang sudah sangat maju sehingga kita bisa melakukan pembelajaran lewat kelas maya/daring. Adapun kelebihan dan kekurangan dari kelas maya ini, adalah sebagai berikut; Untuk kelebihannya kita dapat melakukan multitasking tanpa harus bertemuan secara langsung dikarenakan pandemi covid19 yang sedang melanda ini dan kita menjadi lebih mandiri dalam belajar. Untuk kekurangannya kita jadi lebih sering melihat HP dan laptop yang menyebabkan mata menjadi lelah dan iritasi, dan juga kita menjadi lupa waktu karena terlalu sering bermain hp/laptop.
    Sekian komentar dari saya.
    Terima kasih Wassalamualaikum wr. wb.

  55. Menurut saya apa yang disampaikan di blog ini sangat benar dan sesuai dengan apa yang saya rasakan blog ini juga menggunakan bahasa yang mudah di mengerti yang membuat saya tidak bosan membacanya. Di masa pandemi ini kita harus belajar, berbelanja, dan bertatap muka secara online. Belajar online menurut saya lebih melelahkan dari pada belajar di sekolah karena kita harus duduk dan menatap layar monitor dengan waktu yang cukup lama.

  56. Menurut saya blog ini sangat bermanfaat dan menarik. Dengan ini saya tau betapa usaha dan kerja keras seorang guru di masa pandemi ini. saya sangat mengapreasi dan menghargai usaha guru-guru agar siswa-siswi masih dapat belajar. Sekarang, kita sudah memulai tahun ajaran baru. Di hari pertama saya belum bisa beradaptasi karena pola tidur yang berantakan dan lelah saat bangun pagi, tentunya saya harus bisa beradaptasi dengan PJJ ini, menurut saya PJJ tidak terlalu efektif dan memiliki beberapa kendala seperti sinyal dan wifi yang buruk, mata yang lelah karena memandang layar terlalu lama, selain itu kita juga tidak dapat bertemu tatap muka dengan guru guru dan teman teman kita. Walaupun begitu guru guru telah berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk kami. Terima kasih guru-guru SMP Labschool Jakarta. Sekian dari tanggapan saya dan semoga pandemi ini segara berakhir.

    1. saya zahra ramadhanti 8B absen 34, menurut saya blog ini sangatlah bagus karena isinya informatif dan menarik untuk dibaca. blog ini memberitahu informasi selama pjj melalui prespektif guru yang mengajar. blog ini memberitahu bahwa guru tidak hanya menggunakan zoom untuk mengajar pjj tetapi bisa dengan media lain, seperti youtube, google classroom, dan lain lain. blog ini juga menggunakan bahasa yang mudah dimengerti sehingga tidak bosan membacanya. di masa pandemi ini kita harus belajar online. setelah membaca blog ini saya tahu bahwa guru juga bekerja keras untuk mengajar online. terima kasih atas kerja kerasnya.

  57. Halo nama saya Muhammad Ikhsan Novprandi kelas 8F Dan saya ingin menyampaikan tentang Belajar secara virtual yang bapak jelaskan tadi. Pendapat saya adalah belajar secara virtual sangat membantu dalam proses belajar mengajar pada saat pandemi covid 19 dan paling efektif saat belajar di rumah. Tetapi murid murid di labschool belajarnya tidak semaksimal seperti tahun kemarin karena jadwal pelajarannya sedikit dan belajar virtualnya cuma 5 jam setiap hari. Tapi saya sangat senang melakukan belajar secara virtual dan semoga covid 19 sudah tidak ada lagi agar murid murid di labschool belajarnya menjadi maksimal untuk mencapai cita citanya amiin. Itu saja pendapat saya tentang belajar secara virtual semoga bermanfaat.

  58. Menurut saya blog ini sangat bagus karenan sesuai dengan apa yang saya rasakan dan blog ini menggunakan bahasa yang mudah dimengerti yang membuat saya tidak bosan membacanya. Pandemi covid 19 ini membuat kita harus belajar, berbelanja, dan bertatap muka secara online, belajar online menurut saya lebih melelahkan dari pada sekolah yang biasanya karena kita harus duduk dan menatap layar monitor dengan waktu yang cukup lama.

  59. Blog bapak sangat menarik dan bagus. Benar apa yang dikatakan bapak diatas, walaupun saat pandemi covid19, kegiatan sekolah tetap berlangsung tetapi secara online di rumah. Saya kagum terhadap guru guru yang begitu semangat mengajar murid muridnya lewat zoom. Guru dan murid terus terusan menatap layar di laptop atau handphone, agar mata tidak terlalu lelah maka sekolah online ini hanya berlangsung dari jam 7 sampai jam 12 saja. Tentu saja saat online class banyak yang memiliki gangguan, terkadang gangguan koneksi, laptop error atau baterai habis, itu sering terjadi, tapi tidak perlu khawatir karena guru atau orangtua bisa membantu. Saat kelas online berlangsung, kita hanya bisa duduk yang menurut saya itu melelahkan, tapi tentu saja ada waktu untuk istirahat. Walaupun pembelajaran kali ini terasa berbeda, kita belajar selayaknya di sekolah.

  60. Setelah apa yang saya baca di blog bapak ini sangat menarik dan saya akui sangat benar apa yang sedang dirasakan oleh siswa dan guru.Walaupun di suasana pandemik ini kita harus tetap belajar agar tidak ada yang tertinggal satu pun ,saya sangat salut kepada bapak dan ibu guru yang sudah berkerja keras demi murid murid nya sungguh sangat hebat.Untuk pendapat saya tentang sekolah online ada kekurangan dan kelebihan nya,kekurangan nya yaitu belajar menjadi kurang efektif karena kita tidak bertatap muka dengan guru guru dan juga tidak baik untuk mata karena kita harus bertatap terus dengan laptop ataupun handphone.Kelebihan nya adalah dengan adanya sekolah online kita bisa belajar mandiri,tetap bisa berkomunikasi dengan guru -guru maupun teman -teman dan melatih kesabaran mental.Meski dalam situasi seperti ini kita harus semangat belajar karena sekolah online dan kelas maya menjadi salah satu solusi nya ,Untuk semua nya semangat dan sukses terus ya

  61. Menurut saya blog bapak ini sudah bagus dan terdapat banyak informasi di dalamnya. Selain itu dari bacaan diatas kita semua bisa mengapresiasi para guru yang bertugas dengan baik dalam kegiatan sekolah online dan kelas maya.

    Bagi saya dimasa pandemi covid-19 melakukan kegiatan sekolah online adalah satu satunya cara belajar yang dapat kita lakukan. Kita harus beradaptasi dengan cara tersebut, berusaha merubah pola pikir dan menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada.

    Kalau boleh memilih, tentu saja saya lebih memilih sekolah offline, karena kita dapat berinteraksi langsung dengan guru dan teman.
    Meskipun demikian, dengan dengan segala kekurangan kelas online (mata lelah menatap laptop, bosan, banyak gangguan) kita harus menerimanya.

    Pandemi ini mengajarkan kita untuk menjadi manusia yang tangguh dan tahan banting serta memiliki pola pikir yang selalu dapat beradaptasi dengan kondisi apapun.

    Tetap Semangat

  62. Di masa pandemi sekarang ini, guru memang sangat dituntut menguasai IT, mengingat pembelajaran yang dilakukan harus terpisahkan oleh jarak, demi menjaga keselamatan bersama agar terhindar dari mba Korona dan Om Covid yang sedang merajalela memporak porandakan tatanan kehidupan sosial ekonomi hampir di seluruh negeri.
    Keren abis Om Jay paparannya…
    Terimakasih atas semua pencerahan dan ilmunya…

    1. Halo Om jay…
      Perkenalkan nama saya Dania Latifa Jasril dari kelas 8b absen 7. Saya akan memberi pendapat mengenai blog ini. Saya telah membaca isi dari blog ini, dan dari pertama saya membacanya saya sangat merasa blog ini menyenangkan serta bermamfaat. Apalagi kata-kata yang digunakan sangat mudah dicerna dan sangat cocok untuk situasi saat ini.

      Dari awal om jay sudah menjelaskan mengenai mpls yang dilakukan melalui online. Tentu itu menjadi hal baru yang menantang, tetapi dengan kemajuan teknologi serta kerja keras dari guru dan orang tua murid ditambah lagi dukungan dari murid-murid,mpls melalui daring ini berjalan dengan lancar.

      Terima kasih!

  63. merasakan, ya. Tapi tidak bisa mewujudkan. Beda locus dan konteks. Tapi artikel ini memberi motivasi. Tiap lokus dan konteks mesti di sana ada yang memulai sesuatu pembeda yang menginspirasi untuk maju bersama dalam dunia pendidikan, khususnya dalam hal real pembelajaran di kelas sekalipun maya. Terima kasih telah membagikannya.

  64. Keren Pak, kalau memang semua memungkinkan, kalau di sekolah saya sisesuaikan dengan kondisi siswa jadi belajar pakai jalur daring kombinasi. Mantap Om

  65. Halo omjay, menurut saya blog omjay di atas sangat bagus dan banyak informasi di dalamnya. Menurut saya, dalam masa karantina covid19 seperti ini memang banyak hal yang dibutuhkan supaya PJJ dapat berjalan dengan lancar, seperti internet dan device yang memadai. Namun sayangnya banyak siswa dan guru yang masih belum bagus jaringan internetnya sehingga sulit melakukan aktivitas PJJ. Oleh karena itu saya pribadi lebih senang sekolah seperti biasa dibandingkan dengan sekolah online. Karena lebih efektif pembelajaran di sekolah langsung, guru dan murid-pun juga senang.
    Di masa wabah covid19 ini, orang-orang harus tetap sehat agar imunitas tubuh tetap terjaga, Omjay benar juga tadi untuk beristirahat sejenak agar tubuh tidak terlalu cape, seperti diantara mata pelajaran dan tidur siang sehabis waktu PJJ.

  66. Halo nama saya Malik Alfarizi, biasa dipanggil Malik dari kelas 8E absen nomor 24. Bagi saya video ini sangat menginspirasi guru-guru dan murid-murid untuk tetap semangat melakukan pembelajaran jarak jauh. Pada masa pandemi seperti ini material penyemangat sangat penting untuk tetap melanjutkan pembelajaran jarak jauh ini.

    Sebagai murid saya juga merasakan capeknya menatap layar laptop untuk berjam-jam. Saya tidak bisa membayangkan apa rasanya menjadi guru yang luar biasa. Guru-guru di sekolah sibuk merancang sarana pembelajaran yang efektif agar murid-murid mendapat ilmu. Blog bapak sangat menginpirasi bagi saya agar tetap semangat belajar dan juga untuk menjadi penyemangat guru untuk mengajar. Terima kasih atas ilmu dan penyemangatnya

  67. Hai om Jay, menurut saya blog nya om Jay ini sudah terlihat kece dan professional dimana isi blog ini sangat informatif tentang keadaan Indonesia atau bahkan dunia saat ini. Kondisi dunia sekarang yang sedang dihebohkan oleh virus yang bernama coronavirus membuat seluruh ekonomi dunia tidak bergerak, oleh karena itu perlu dilakukan cara cara alternatif atau cara yang lebih maju untuk membuat ekonomi Indonesia tetap bergerak. Salah satunya ya dengan melakukan Sekolah Online ini, dikarenakan jika tetap sekolah normal yaitu di gedung sekolah, meskipun melakukan protokol kesehatan tetap saja kemungkinan terpapar coronavirus ini tidak 0%. Memang betul rasanya aneh apalagi saat hari pertama melakukan sekolah online ini karena biasanya bertatap muka, apalagi sekolah online ini bisa terganggu hanya dengan wifi yang lemah serta mata yang capek karena menatap layar hp atau laptop, meskipun begitu siswa dan siswi harus bisa beradaptasi dan memaklumi semua kekurangan itu karena kita menjadi dirumah saja dan tidak berinteraksi dengan orang luar sehingga kemungkinan terpapar coronavirus sangat kecil atau bahkan nihil (0%), keren om Jay saya salut sama bapak.

  68. Saya Kenan Shabri Arsyandi kelas 8E absen 19
    Setelah membaca blog ini, saya pikir blog ini sangat berguna sekali bagi para siswa-siswi yang telah membaca blog ini. Blog ini berisi dengan banyak informasi yang berguna. Dari blog ini saya bisa mengetahui kerja keras yang dilakukan oleh guru-guru dan orangtua SMP (Sekolah Menengah Pertama) Lab school Jakarta. Dari blog ini saya lebih mengapresiasi dan menghargai kerja kerasnya yang telah diberikan oleh guru-guru dan orangtua murid. Menurut saya, pembelajaran jarak jauh SMP labschool Jakarta sangat bagus dan baik. Dengan demikian komen saya mengenai blog ini. terimakasih telah membaca komenku.

  69. Assalamualaikum wrb., saya hanya ingin memberi pendapat saya tentang blog ini. menurut saya, blog ini sangat bermanfaat dan menginformasikan siswa-siswi dan orang tua mengenai proses PJJ ini, karena walaupun sebagian banyak sudah yakin pada guru-guru, pasti ada yang masih was-was atau ingin tau lebih. Blog ini juga lebih mudah dimengerti karena tertulis dalam sudut pandang salah satu guru SMP Labschool sendiri (Pak Wijaya/OmJay) dan menggunakan bahasa relatif ringan.

    Setelah baca ini saya juga merasa bersyukur mempunyai guru-guru yang bekerja keras setiap hari agar kita dapat belajar dengan nyaman. Terutama, kegiatan MPLS, saya masih ingat MPLS tahun lalu dan saya tidak bisa kebayang bagaimana cara diterapkan online, oleh karena itu saya merasa lebih berterima kasih lagi pada guru-guru di SMP Labschool. Semoga kita semua dapat menjaga kesehatan dalam pandemi covid ini dan saya berharap bisa bertemu dengan teman2 dalam janga waktu singkat.

  70. Halo Omjay. Nama saya Rajendra Ramadhiansyah dari kelas 8E Absen 28. Menurut saya blog milik Omjay ini sangat bagus, dari penggunaan bahasa nya sangat mudah dimengerti. Informasi nya pun menarik untuk dibaca. Dengan membaca blog ini, saya jadi mengetahui apa yang dilakukan guru-guru SMP Labschool Jakarta selama PJJ dan MPLS ini. Ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Walaupun pembelajaran dilakukan secara virtual, pembelajaran tetap terasa menyenangkan. Menurut saya pembelajaran jarak jauh saat ini lebih baik dari tahun ajaran yang lalu, karena pembelajaran jarak jauh saat ini sudah terjadwal dengan jelas, tidak seperti tahun lalu yang hanya diberi tugas setiap hari. Tetap semangat para guru-guru SMP Labschool Jakarta.

  71. Saya Sabrina Fauziyyah ibrahim dari kelas 8E.

    Menurut saya blog ini sangat bermanfaat. Dari blog diatas kita bisa belajar bahwa guru berusaha sangat keras untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman untuk siswa dan siswi di SMP labschool walaupun dimasa pandemi seperti sekarang.

    Kita semua belajar untuk beradaptasi bersekolah lewat online bersama-sama. Bukan hanya murid saja yang merasa sulit untuk mengerjakan tugas-tugas online namun guru juga bersusah payah untuk tetap melanjutkan pembelajaran.

    Bapak juga benar kalau kita harus beristirahat karena biasanya siswa mudah bosan dan jadi tidak fokus pada pelajaran yang disampaikan oleh bapak/ibu guru.

    Dan dimasa pandemi seperti ini kita harus tetap semangat bukan hanya belajar saja tapi juga untuk mejaga imunitas tubuh kita, dan kita tak mudah terkena penyakit. Saya harap kita semua bisa tetap sehat selalu aminn…

    Terima kasih omjay atas blognya…

  72. Halo nama saya Rajendra Akmal dari kelas 8E. Setelah saya baca blog ini, menurut saya blog ini sangat menarik dan bermanfaat. kita memang harus belajar di rumah saja karena virus yang sudah menyebar di Dunia, yaitu Virus Covid 19 atau biasa juga disebut Corona. Namun tidak asik rasanya jika kita tidak belajar offline seperti biasanya. Tapi kita tetap harus menerima takdir ini dan jangan mengeluh walaupun mata kita jadi sering melihat layar. Dan jangan meremehkan jasa guru walaupun kita tidak berinteraksi secara langsung karena mereka sudah memberikan yang terbaik agar kita tetap bisa belajar walaupun di rumah saja. Terkadang kita memiliki gangguan koneksi, laptop error atau baterai habis, itu sering terjadi, tapi kita jangan khawatir karena guru akan membantu kita. Saya sangat bangga dengan Om Jay dan guru guru lainnya karena mereka bisa memanfaatkan teknologi dengan situasi darurat seperti ini. Jadi kita tidak boleh mengeluh dalam pembelajaran PJJ ini, karena menurut saya SMP Labschool Jakarta sudah sangat bagus dalam melakukan pembelajaran secara online.
    Terima kasih Om Jay atas jasanya dan saya sangat salut dengan anda dan guru lainnya…Kereeen.

  73. Menurut saya blog ini sangat bagus dan informatif dan mencantumkan hal-hal yang dirasakan para guru dan siswa. Bahasa yang digunakan juga mudah untuk dimengerti. Blog ini juga memotivasikan kita untuk tetap semangat dan fokus walaupun dalam masa pandemi dan terpaksa belajar secara online dan kelas maya. Menurut saya belajar secara online kurang efektif daripada belajar di sekolah karena waktunya kurang panjang dan prosesnya juga melelakan. Saya juga merasakan lelahnya harus duduk di tempat yang sama untuk berjam-jam sambil melihat layar hp/monitor. Zoom juga sangat memakan kuota saya dan kadang wifi saya lemah. Saya sangat menghormati para bapak dan ibu guru yang bekerja keras supaya kita dapat melaksanakan sekolah online. Terimakasih bapak telah menulis blog informatif ini.

  74. Assalamaulaikum wr wb’
    Saya Hazzel Athaya Khayru Adriyansyah atau dipanggil Hazzel dari kelas 8E. Opini saya adalah, Blognya sudah bagus dan banyak informasi yang menarik, saya juga sangat berterima kasih kepada guru-guru yang yang sudah berkerja, mengajarkan, dan membuat siswa dan siswi SMP labschool Jakarta menjadi lebih pintar dan lebih optimal.

    Bagi saya pandemi Covid-19 itu menyebakan perasaan sedih dan kecewa, Karena adanya pembatasan sosial. ini kan termasuk larangan untuk berpegian kalau enggak perlu. Nah ini yang juga menutup beberapa kegiatan yang menghimpun banyak orang. Salah satunya yaitu melaksanakan pembelajaran sekolah bertatap muka secara langsung. karena kita dilarang bertatap muka langsung kita jadii menggunakan Aplikasi seperti zoom dll. Tapi,pendapat saya kalau saya disuruh milih lebih sekolah offline atau online.
    Saya yang pasti memilih pembeljaran secara oflline karena, saya lebih senang berinteraksi tatap muka secara langsung.
    itu saja pendapat dari saya yang saya bisa sampaikan,
    Tetap berjuang semuanya!
    wassalmuailaikum wr wb.

  75. Assallamualaikum WR.WB
    Nama saya Indra Arif Darmawan biasa dipanggil Indra dari kelas 8E absen nomor 17, menurut saya blog bapak ini sudah benar semua tentang apa yang terjadi di sekolah kita ini. Dan semoga virus Corona / COVID-19 ini segera selesai agar kita bisa bertemu kembali di kelas yang berisik dan lucu dan semoga kita semua sehat selalu.
    Pandemi COVID-19 membuat kita semua belajar di rumah dan terkadang website sekolah kita ini bisa saja rusak dan terkadang suka nge freze, jadi menurut saya lebih baik kita sekolah disekolah saja dan tidak di rumah agar kita bisa bertemu kembali di sekolah kebanggaan kita ini, terima kasih….
    Wasallamualaikum WR.WB

  76. halo nama saya Muhammad Fazliansyah Faidhulhaq dari kelas 8E. Menurut saya blog om jay ini sudah cukup menarik dan bagus dan juga sangat menginspirasi. Saya bisa menerima banyak informassi dan wawasan bagaimana caranya atau mekanisme berjalannya kelas online atau kelas maya.

    Dan menurut saya kelas online ini sangat penting dalam menggantikan kelas seperti biasanya. Kelas online ini juga sangat efektif untuk kegiatan belajar dan mengajar di masa pandemic ini. keelemahan dalam belajar mengajar ini adalah dimaana ada beberaopa guru dan siswa siswnya yang jaringan internet nya belum begitu lancar. Kesimpulannya blog ini sangat bermanfaat dan juga sangat efektif.

    waalaikumsalam wr wb

  77. setelah membaca blog ini saya setuju dengan apa yang dikatakan bapak diatas karena sangat benar apa yang dirasakan murid murid dan guru di tengah tengah pandemi covid-19. saya kagum dengan guru guru yang masih mau mengajar kami semua di tengah wabah covid-19 ini. pendapat saya tentang sekolah online ini sangat membantu murid murid dalam belajar di tengah covid-19 selain itu juga dapat mengisi kekosongan waktu selama dirumah. bagaimanapun juga saya lebih suka belajar di sekolah daripada sekolah online, sekolah online dapat membuat mata kita sakit karena terlalu lama menatap layar handphone dan laptop selain itu terkadang juga ada gangguan koneksi dll.

  78. Saya Sabrina Fauziyyah ibrahim dari kelas 8E.

    Menurut saya blog ini sangat bermanfaat. Dari blog diatas kita bisa belajar bahwa guru berusaha sangat keras untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman untuk siswa dan siswi di SMP labschool walaupun dimasa pandemi seperti.Kita semua belajar untuk beradaptasi bersekolah lewat online bersama-sama. Bukan hanya murid saja yang merasa sulit untuk mengerjakan tugas-tugas online namun guru juga bersusah payah untuk tetap melanjutkan pembelajaran. Bapak juga benar kalau kita harus beristirahat karena biasanya siswa mudah bosan dan jadi tidak fokus pada pelajaran yang disampaikan oleh bapak/ibu guru.Dan dimasa pandemi seperti ini kita harus tetap semangat bukan hanya belajar saja tapi juga untuk mejaga imunitas tubuh kita, dan kita tak mudah terkena penyakit. Saya harap kita semua bisa tetap sehat selalu aminn…

    Terima kasih omjay atas blognya…

  79. Assalamualaikum wr wb.
    Perkenalkan, Saya Dzihni dari kelas 8E.
    Subhanallah, bagus sekali omjay, blognya… Bagi saya blog ini Sangat memotivasi dan bermanfaat sekali bagi para pembacanya.. Walaupun sedang ada ujian berupa pandemi Covid-19, para guru tetap semangat untuk menjalani kegiatan belajar mengajar bersama para murid. Begitu juga para murid, tetap antusias mengikuti kegiatan belajar mengajar walaupun cara belajar kali ini agak berbeda dari sebelumnya, yaitu kita berada di rumah masing-masing, bertatap muka menggunakan alat elektronik seperti laptop dan Handphone. Para orang tua juga Alhamdulillah ikut mendukung kegiatan PJJ selama ini. Apalagi bagi para murid-murid baru angkatan 29 yang sekarang sedang mengikuti kegiatan MPLS (Masa pengenalan lingkungan sekolah). Mereka pastinya sangat senang telah masuk sekolah barunya, SMP Labschool Jakarta. Memang, bagi beberapa murid ada yang kurang suka dengan cara belajar daring ini. Mungkin karena jaringan yang kurang memadai, server yang mungkin sering error, dan lainnya. Namun, In syaa Allah tidak akan menghentikan semangat dalam belajar. Pandemi ini mungkin agak mengganggu kegiatan kita yang sehari-hari kita lakukan. Bahkan, mengganggu perekonomian negara. Namun, mari kita ambil sisi positifnya saja, yaitu kita bisa semakin dekat dengan Allah SWT, bisa semakin dekat dengan keluarga dan kita bisa menjaga kesehatan dan memberi kita waktu istirahat setelah selama ini berkegiatan sehari-hari. Mudah-mudahan Allah SWT menjaga kita dan keluarga kita dari paparan Covid-19 dan mengangkat pandemi ini sehingga kita bisa bertemu dan berkegiatan lagi seperti biasa.
    Sekian dari saya,
    Wassalamualaikum wr wb.

  80. menurut saya blog di atas sangat menarik dan informatif. pendapat saya tentang belajar secara virtual adalah, menurut saya kita harus beradaptasi dengan kegiatan seperti ini. karena kemungkinan kebanyakan dari kami tidak terlalu terbiasa untuk belajar dengan cara virtual, melainkan lebih senang dan gampang dengan cara langsung bertemu di sekolah. tetapi karena adanya pandemi sekarang, kita diwajibkan untuk belajar dengan virtual dan juga beradaptasi. juga karena untuk mencegah covid 19. saya harap pembelajaran lebih menyenangkan. juga saya harap pembelajaran lebih asik. terima kasih omjay.

  81. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Pekenalkan nama saya Kesya Zahira dari kelas 8E absen 20. dengan membaca blog dari bapak, saya bisa merasakan suka dan duka siswa-siswi serta guru-guru dalam pembelajaran jarak jauh ini. menurut saya, pembelajaran secara online lumayan seru dan sedikit memberi tantangan baru karena jarak yang terpisah. dengan adanya pembelajran jarak jauh ini, saya dapat mengontrol kembali pola tidur saya. menurut saya, kegiatan ini dapat membuat para guru lebih efektif dalam mengajar dan juga para siswa dalam belajar. dengan blog yang dibuat Om Jay, saya menjadi lebih bersemangat dalam melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh. semoga blog ini dapat menumbuhkan semangat para siswa dalam kegiatan PJJ ini. Terima kasih buat Om Jay dan semua guru yang sudah berjuang dalam kegiatan PJJ ini. Sekian terima kasih. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

  82. Halo Om Jay! Blog bapak ini sangat bagus dan menarik. ini sangat mencerminkan kegiatan yang sedang kita lakukan pada saat pembelajaran jarak jauh, disebut PJJ. saya salut sekali kepada guru-guru yang bekerja keras selama pandemi covid ini. mereka bisa mengajar walaupun komunikasi kita terbatas. saya jadi lebih bersemangat untuk mengikuti kelas online karena para guru-guru telah bekerja keras agar tetap bisa mengajar murid-muridnya. Saya juga ingin memberi pendapat sendiri mengenai PJJ saya di kelas 8 sejauh ini. Tiga hari yang lalu, saya memulai PJJ sebagai murid di kelas 8E. Suasana di kelas zoom sangat menyenangkan, dan saya senang bisa belajar bersama teman-teman sekelas saya lagi walaupun via zoom. Ada banyak guru baru di kelas 8 ini yang tidak saya kenal. tapi mereka ramah sekali sehingga saya langsung bisa enjoy kelas mereka. Ada juga guru yang sama seperti kelas 7, dan rasanya menyenangkan sekali bisa diajar oleh mereka lagi. minggu ini belum ada banyak materi yang diajarkan, karena para guru baru memulai pengenalan materi. Sejauh ini, Alhamdulillah pembelajaran jarak jauh saya lancarr sekali, mungkin ada sedikit masalah dengan wifi, tapi selain itu semuanya lancar. terima kasih guru-guru labschool!

  83. Jadi pak menurut saya informasi didalam blog ini sangat baik, bermanfaat dan juga memberi saya dan teman teman lebih banyak informasi tentang bagaimana keadaan kelas maya atau juga kegiatan pembelajaran dari jarak jauh. Karena virus corona yang tersebar ini maka kita terpaksa untuk melakukan sekolah dari jarak jauh. Dari blog tersebut memang benar kegiatan pembelajaran kita terpaksa harus dipotong waktu belajarnya. Karena hal tersebut maka pembelajaran murid murid di SMP labschool Jakarta tidak semaksimal seperti belajar disekolah. Hal tersebut juga berdampak pada siswa siswi baru di SMP labschool Jakarta yaitu para adik kelas 7 terpaksa harus memulai sekolah melalui kelas maya atau belajar jarak jauh. Tentu suasana belajar di rumah berbeda dengan suasana kita belajar disekolah. Menurut saya suasana di rumah tidak seseru belajar disekolah, karena hal yang bisa kita lakukan adalah menatap layar HP, atau laptop kita dan belajar. Tapi suasana kita belajar disekolah jauh berbeda dimana ada teman teman maka kita dapat melakukan interaksi sosial. Kelas maya memiliki kelebihan dan kekurangan. Contoh kekurangannya adalah tidak semua murid di sekolah SMP labschool Jakarta memiliki fasilitas yang baik untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Berkurangnya interaksi sosial dengan teman teman ataupun guru guru disekolah juga merupakan contoh kekurangannya, menatap layar HP dan laptop juga tidak baik untuk kesehatan mata.Tetapi hal seperti ini juga memiliki kelebihan yaitu, mencegah siswa dan siswi untuk terpapar oleh virus Covid19, dan tentu para murid masih bisa mendapatkan ilmu yang baik walaupun melalui sekolah online. Tetapi tidak selalu terjamin kefokusan para murid ketika sedang belajar. Saya juga ingin berterima kasih pada teman teman dan guru guru yang mau berkerjasama dalam keadaan seperti ini.

  84. Menurut saya artikel ini sangat bagus dan menarik untuk dibaca murid maupun guru. di artikel ini dijelaskan belajar mengajar melalui online. kita harus menghargai dan mengapresiasi guru yang sudah berjuang untuk mengajar murid muridnya. Di masa pandemi covid 19 ini saya sangat kelelahan karena harus melihat laptop secara terus menurus, oleh karena itu kita harus menjaga imunitas tubuh agar selalu sehat dan tidak kelelahan. artikel ini juga memberi motivasi kita untuk tetap semangat belajar walaupun melalui online. Belajar melalui online ini juga lumayan efektif. Kita harus beradaptasi dengan belajar online ini, berusaha untuk menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada. Terima kasih bapak dan ibu guru atas ilmunya walaupun melalui online

  85. Halo Omjay,menurut saya blog in sangat bagus.banyak kata kata yang menarik dan mudah dimengerti.Di masa pandemi ini salah satu cara agar bisa bersekolah hanya belajar lewat online.walaupun mata akan lelah karena melihat laptop terus selama kurang lebih 5 jam tetapi belajar online adalah salah satu cara untuk bisa bersekolah.om jay juga benar kita harus tetap beristirahat sejenak agar tidak cape.Walau pembelajaran online sangat berbeda dari pada biasanya,tetapi kita harus beradaptasi dan belajar selayaknya di sekolah karena itu salah satu cara untuk kita belajar.

  86. Saya Danur dari 8E. Menurut saya blog yang dibuat Bapak ini sangat bermanfaat dan mengandung banyak informasi. Blog ini menceritakan tentang sekolah online dari perspektif guru. Blog ini juga menggunakan bahasa yang mudah dipahaami oleh pembaca. Dengan adanya blog ini saya tahu bahwa, guru-guru tetap bekerja keras walaupun ada satu hal yang membuat perbedaan yang sungguh besar. (Kelas lewat jalur online) Saya sangat salut dengan apa yang guru lakukan untuk siswa-siswinya agar tetap bisa belajar pada masa karantina COVID-19 ini. Belajar lewat online memang agak ribet dikarenakan butuhnya internet atau kuota yang merupakan kebutuhan inti atau yang paling penting. Menurut saya belajar lewat online kurang efektif dikarenakan adanya banyak gangguan..
    Terus semangat untuk guru-guru dan murid yang sedang melakukan sekolah lewat online.

  87. Saya Ahmad Rafi Ramadhan (2) 8G, menurut saya blog ini sangat bagus, maaf pak komentar saya pendek dan akan saya perbaiki

  88. isi blog yang bapak tuliskan ini sangat tepat dan benar benar mencerminkan apa yang kita lakukan selama pembelajaran jarak jauh ini. penjelasan mengenai hari pertama pembelajaran jarak jauh yang sangat baru bagi kita dan sangat mengesankan. juga penjelasan mengapa dilaksanakannya pembelajaran jarak jauh ini juga sangat jelas. menurut saya, blog ini sangat bermanfaat dan membantu.

    sebagai murid saya juga merasakan lelahnya menatap layar selama berjam-jam. saya tidak bisa membayangkan rasanya menjadi guru yang harus setiap saat berganti ganti kelas bahkan harus menghadiri dua kelas / lebih secara bersamaan. terimakasih om jay, sudah membuat blog yang sangat bermanfaat dan menginspirasi.

  89. Assalamualaikum wr. wb. Nama saya Amanda Puti Aurelia kelas 8G absen 4. Menurut saya, blog ini sangat bermanfaat bagi siswa dan siswi SMP Labschool Jakarta. Blog ini juga bermanfaat bagi siswa baru yang ingin tahu lebih banyak tentang PJJ SMP Labschool Jakarta. Blog ini memberikan banyak info info tentang SMP Labschooll Jakarta. Karena blog ini, saya bisa lebih mengapresiasi kerja keras dan rintangan yang dihadapi guru guru dan orangtua siswa SMP Labschool Jakarta. Blog ini juga terlihat profesional. Penampilan blognya sederhana jadi mudah membaca blognya. Blog ini memberikan saya semangat untuk belajar jauh lebih keras di masa masa PJJ SMP Labschool Jakarta dan seterusnya. Blognya keren banget om jay, saya berterimakasih atas ilmu yang sudah diberikan.

  90. haai omjay setelah saya baca blog ini menurut saya blog ini sangat informatif karena dari sudut pandang saya yang sebagai siswa saya tak tahu bahwa kerja keras yang dilakukan guru seperti ini padahal sedang ada di masa masa pandemi. dan dari blog ini saya sebagai siswa sangat menghargai dan mengapresiasi perjuangan guru-guru labschool. dan menurut saya pembelajaran jarak jauh (PJJ) di labschool ini berlangsung dengan lancar dan baik. mungkin segitu saja komentar saya terimakasih yang sudah membaca

  91. Saya Athikana Karina Hamid dari Kelas 8G absen 5
    Setelah saya membaca blog yang bapak tuliskan, menurut saya blog ini sangat berguna bagi para siswa maupun siswi yang telah membaca blog ini. Blog ini memuat informasi yang banyak dan berguna. Dari blog ini saya dapat mengetahui kerja keras dan usaha para guru-guru serta orangtua SMP (Sekolah Menengah Pertama) Labschool Jakarta. Dan dari blog ini juga saya lebih mengapresiasi kepada guru-guru dan juga orangtua siswa. Menurut saya, pembelajaran jarak jauh (PJJ) SMP Labschool Jakarta sangat baik. Sekian komentar dari saya tentang blog ini, Terima kasih.

  92. Halo nama saya Muhammad Rassya Riyadi kelas 8G Absen 18
    Blog ini lumayan tapi mungkin perlu ditambah lagi, Dan mungkin diperbaiki menjadi kata efektif.
    Saya juga sedang kelas online. Hampir seluruh Indonesia sedang menjalankan kelas online, untuk MPLS ini sudah bagus. Dan Mungkin ini perubahan bagus dari semester kemarin. Dan juga ini mencerminkan bagaimana kisah guru dalam semester baru. Banyak orang mungkin berpikir bahwa ini gampang tapi sebenarnya susah. Banyak guru pusing harus mempersiapkan mpls dan juga murid murid ikut melaksanakannya

    Di masa pademi ini mungkin ada kekurangan dalam ekonomi beberapa orang / keluarga. Untuk siswa baru juga pasti sudah tau gimana rasanya PJJ untuk ini jadi untuk guru-guru dan murid kalian harus semangat!

  93. Assalamualaikum Pak, saya Azka Rajendra Putra, biasa dipanggil Azka, dari kelas 8G. Saya sudah membaca blognya Pak Jay. Menurut saya blog Pak Jay sangatlah bagus. Blog dan websitenya sudah dibuat rapi dan isi blognya informatif. Bapak telah menjelaskan bahwa tidak langsung mudah untuk menerapkan belajar online. Perlu persiapan dan diskusi terlebih dahulu. Tidak hanya diskusi antar guru Labschool, namun juga mencari sumber-sumber lain. Namun, bapak juga percaya bahwa teknologi mempermudah semua hal. Memang benar bahwa dahulu tidak terpikirkan untuk belajar secara online secara luas. Saya sangat setuju dengan Bapak, dan walaupun PJJ ini hanya sementara namun ini tetap pengalaman yang menarik.

    Saya mengerti bahwa Bapak dan guru-guru Labschool Jakarta yang lain bekerja keras untuk mempersiapkan program PJJ yang sukses. Saya sangat menghargai itu. Demikian komentar saya. Terimakasih Pak, semoga sukses dan sehat selalu. Wassalamualaikum.

  94. Saya Syaikha Faiza Arifin kelas 8G absen 31
    Menurut saya blog ini sangat seru, saya yakin sudah banyak siswa yang membaca blog ini. Blog ini sangat bermanfaat terutama bagi siswa yang saat ini sedang berpartisipasi dalam MPLS Labschool Jakarta. Setelah membaca blog ini saya tau bagaimana sensasi belajar virtual yang dirasakan oleh guru dan siswa. Walaupun hanya belajar virtual guru tetap memberikan interaksi seperti belajar di sekolah, orang tua murid SMP (Sekolah Menengah Pertama) Labschool Jakarta tentunya ikut berperan dalam belajar virtual ini. Dan saya sangat berterima kasih atas kerja keras guru, orang tua dan semua orang yang berpartisipasi dalam belajar virtual saat ini. Demikian komentar saya mengenai blog ini. Terima kasih…

  95. Assalamualaikum, Saya Bryan Sultana Bagaspati dari 8G absen 8
    Blog ini sangat bermanfaat bagi siswa siswi, dan menginspirasinya. Setelah membaca blog ini, Kondisi dunia sekarang sedang didatangkan pandemi Covid 19 yang membuat perkembangan ekonomi menjadi tidak berkembang, dan semua orang wajib mengerjakan semua aktivitas dirumah. Akibatnya, para siswa harus sekolah online dirumah menggunakan laptop atau handphone.

    Saya sebagai siswa, merasakan capeknya melihat laptop/handphone berjam jam untuk melaksanakan sekolah online. Terkadang, saya pun tidak bisa melaksakan sekolah online karena jaringan tidak memadai. Demikian komenku terhadap blog ini. keren om jay saya sangat berterimakasih sama bapak.

  96. saya zuha azzahra kelas 8G ,
    Menurut saya blognya keren bangett, dari sini kta jadi tahu bagaimana guru-guru dan siswa melakukan kegiatan selama masa pandemi covid19 ini. Blog ini sangat bermanfaat bagi saya pribadi.
    Bacanya tidak membosankan, bahasanya juga mudah dimengerti . Di masa pandemi memang kita harus tetap menjaga kesehatan seperti kata om jay. Istirahat diantara pergantian mata pelajaran juga sangat bermanfaat,guru-guru dan juga siswa bisa mengistirahatkan mata untuk sementara sebeum melanjutkan ke matpel selanjutnya. Blog ini jg membuat saya lebih mengapresiasi guru-guru. Segitu saja komentar saya untuk blog ini. keren.

  97. Assalamualakum Nama saya Panji Mahadika J.P 8G Absen 24.
    Menurut saya blog ini sangan informative dan menarik, Blog ini memberi informasi tentang pandemi yang terjadi dan walau, siswa/siswi harus beradaptasi ke sekolah online guru guru kita malah lebih berat kerjanya dengan mengajar kelas kelas online dan melihat layar laptop ber jam jam tanpa istirahat, jadi dengan blog ini saya mengerti bahwa tidak cuman murid saja yang beradaptasi,Dan karena blog ini saya jadi lebih menghargai Guru-guru dan karena itu saya menjadi lebih semangat belajar online,jadi menurut saya blog ini sangat penting untuk siswa-siswi yang males-males belajar karena ada di rumah. Terimaksih om Jay atas menulis blog yang sangat informative.

  98. assalamualaikum, saya Keiza Talitha ahtadira absen 13 dari kelas 8G. Menurut saya blog bapak ini sangat informatif, rinci dan tepat apa yg kita pata siswa rasakan. Dengan blog bapak ini kita juga tau seberapa lelahnya guru yang harus mengajar kita sambil melihat layar laptop dan hp terus2an. Saya ingin mengungkapkan pendapat saya tentang PJJ ini. Sangat menyenangkan bs mengobrol lagi dengan teman2. Tapi ini tidak terasa sama karena kita tidak saling menatap muka. Tapi ini juga sudh prosedur dari pemerintah jadi kita harus mematuhinya. Terimakasih

  99. Saya Renoctoviana Ramadhiani Said dari Kelas 8G absen 27
    Setelah membaca blog ini,blog nya sangat menginspirasi sekali karena mengungkapkan hal sangat inspiratif,memang saat pandemi covid-19 ini,kita semua harus tetap menjaga jarak walau sudah masuk ke era new normal,apalagi jika daerah tersebut masih memasuki zona merah.Dengan blog ini saya mengetahui betapa kerja kerasnya guru-guru disekolah saat pandemi ini,mereka rela untuk tetap mengajar untuk siswa-siswa sampai sore atau bisa sampai malam secara online.Kami sebagai siswa-siswa juga terkadang merasa lelah dikarenakan menatap layar,apalagi guru-guru yang mempunyai kelas lebih dari satu,saya sangat menyukai blognya dikarenakan blog ini sangat mudah untuk dimengerti apalagi dengan siswa-siswa yang baru masuk sekolah yang sedang MPLS disaat ini

    Terima Kasih Om Jay sudah memberikan blog yang sangat inspritafi ini

  100. Halo nama saya Razi Nararya Kiandra bisa dipanggil Razi Kelas 8G (26)
    Hai om Jay,setelah saya membaca blog ini menurut saya sangat informatif dan saya juga baru tahu perspektif pjj (Pemblajaran Jarak Jauh) Dari Guru,Terus saya baru tahu juga berapa susahnya untuk guru labschool saat masa pandemi ini,saya sih salut kepada guru-guru di labschool dan saya setuju sih dengan omongan om Jay.Kalo dari perspektif saya sebagai mahasiswa di labschool mengerjakan PJJ (Pemblajaran Jarak Jauh) juga lumayan susah sih tapi kalo di bandingkan dengan guru sih jauh,menurut saya sih lebih gampang dari sekolah biasa karena sudah dirumah dan hanya sampai jam 12an Tetapi kalau koneksinya tidak memuaskan bisa tidak belajar sama sekali dan bagus sih ada PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) untuk mencegah dan mengurangi persebaran covid 19 ini.Terima Kasih om Jay Telah membuat blog ini

  101. assalumualaikum
    saya adalah Fikri gemilang asri dari kelas 8G
    Artikelnya menarik dengan menceritakan prespektif guru yang mengajar PJJ. Dan juga terlihat profesional, lalu menarik sekali dengan mengintegrasikan gambar dan video youtube, dan saya juga menyukai bahwa blog ini menceritakan bahwa waktu berjalan sangat cepat dan seperti kemarin saya ada di kelas dan sekarang saya ada di rumah dan belajar melalui laptop. lalu saya menyadari bahwa teknologi sudah mulai membantu kita dengan kegiatan sehari-hari

  102. Assalamualaikum Om Jay Saya Biandra Rafazada Gibran dari kelas 8G absen 7 setelah saya membaca blog ini, menurut saya isi blog ini cukup menarik karena berisikan pengalaman guru selama 2 hari pembelajaran online dan berisi informasi mengenai pembelajaran jarak jauh dan sangat berguna bagi para siswa dan guru yang ingin lebih tau tentang pembelajaran online. Dari blog ini saya mengetahui banyak masalah yang terjadi selama pembelajaran online tetapi guru guru tetap berusaha semaksimal mungkin karena ini pertama kali bagi para guru dan saya sangat mengapresiasi dan menghargai usaha guru guru.menurut saya pembelajaran online di SMP Labschool Jakarta sudah cukup baik.demikian komen dari saya terimakasih.

  103. assalamualaikum wr.wb nama saya Revan Anggoro dari 8G menurut saya blog ini sangat bagus karenan sesuai dengan apa terjadi sekarang blog ini menggunakan bahasa yang gampang dimengerti yang membuat saya tidak bosan membacanya karena saya jarang suka baca blog dan menerut saya blog ini gak bikin saya gampang bosan,menenurut saya covid ini membuat kita harus belajar, berbelanja, dan bertatap muka secara online, belajar online menurut saya lebih melelahkan dari pada sekolah yang biasanya karena kita harus duduk dan menatap layar monitor dengan waktu yang cukup lama dan membuat mata agak sedikit sakit,semoga om jay sehat selalu dan selalu semangat ya pak ngajarnya,semoga selalu di limpahkan rejeki nya,aminn…

  104. halo omjay, Setelah membaca ini menurut saya blog ini sangat menarik dan bermanfaat untuk di baca siapapun yang ingin tau tentang apa yang terjadi di Sekolah SMP Labschool Jakarta, karena blog ini akan memberikan kabar tentang apa yang terjadi di sekolah saat ini atau yang lalu. Dengan blog ini saya bisa tau bahwa guru guru akan berkerja keras untuk memberikan yang terbaik untuk para siswanya dengan seperti itu saya sangat salut dan sangat berterimakasih kepada guru. Dan disini kita bisa tau kalau kita tidak bisa melakukan kelas seperti biasanya dengan tatap mata dengan guru, tapi dengan adanya teknologi yang sangat maju sekarang, kita bisa melakukan kelas dengan cara online, dan melakukan kelas seperti biasanya. Dan itu sangat membantu sekali untuk melakukan pembelajaran.

  105. Assalamualaikum saya Kayra dari 8G. Blog yang omjay tulis ini benar benar mencerminkan pada apa yang terjadi pada kami para siswa yang sedang belajar dengan metode pembelajaran jarak jauh ini. Pjj secara virtual ini memanglah sangan unik, biasanya kita bisa bertemu dan belajar di dalam kelas, sekarang kita harus melakukannya di rumah masing masing dengan bantuan beberapa aplikasi yang telah disediakan. Memang dengan metode belajar seperti ini mata terasa sangat lelah, tapi setelah membaca blog omjay ini dan membayangkan kerja keras bapak dan inu guru ini saya menjadi lebih semangat untuk belajar dari rumah ini. Terimakasih omjay telah menulis blog ini, karena dengan blog ini saya sebagai siswa jadi mengetahui kerja keras guru untuk menjalankan metode pjj ini, saya harap bapak dan ibu selalu diberi kesehatan dalam menjalankan pjj ini. Terimakasih….

  106. Assalamualaikum Wr Wb
    saya adrian dari 8g ingin memberikan opini saya.
    Menurut saya blog ini sangat berguna sekali bagi semua siswa-siswi yang sudah membaca blog ini. blog ini sangat informatif tentang keadaan yang sekarang kita sedang hadapi, yaitu virus korona membuat pekerjaan terhenti, pengangguran dan bidang-bidang ekonomi tidak bergerak. karena itu solusi yang harus kita lakukan sebagai siswa-siswi adalah tetap melakukan belajar via online lewat zoom, youtube dan lain-lain. kita harus tetap melakukan pembelajaran agar pengetahuan kita bertambah dan tidak hilang. walaupun kita belajar selama 4 jam bertatap muka dengan laptop kita juga harus tetap bristirahat dari layar komputer dan jangan terlalu lama menatap layar komputer karena berbahaya untuk mata kita yang bisa menyebabkan radiasi. saya sangat mengapresiasi blog ini karena telah membantu bukan hanya saya tetapi murid murid yang lain dan membuat kita termotivasi untuk lebih giat belajar online. sekian komentar dari saya sekali lagi terima kasih. Wassalamu alaikum wr wb

  107. saya Naila Dewi Utami dari kelas 8G. menurut saya blog ini sangat bagus dan bermanfaat bagi siswa-siswi yang membaca blog ini. pada masa pandemi ini, menurut saya blog ini sangat menginspirasi siswa dan guru-guru untuk tetap semangat. karena, walaupun saat pandemi covid19 seperti ini, kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung walau secara online. saya kagum dan salut dengan guru-guru yang tetap semangat mengajar murid-muridnya walaupun lewat zoom. sebagai siswi, saya merasakan lelahnya menatap layar laptop berjam-jam. tidak dapat di bayangkan betapa lelahnya guru-guru yang harus berpindah kelas zoom berkali-kali dan harus mengajar banyak siswa. dari blog ini, saya jadi lebih mengapresiasi dan menghargai kerja keras para guru dan orang tua murid. serina tanggapan dari saya, semoga pandemi ini cepat berakhir.

  108. Saya Naila Alifia Hermana (8G/20)
    Blog ini menjelaskan tentang pengaruh PJJ terhadap guru, dan saya sebagai siswa sangat mengapresasi hal itu. Memang, pembelajaran menjadi lebih sulit dari biasanya, namun seperti yang tadi bapak tulis di sini, teknologi memudahkan semuanya. Saya rasa itulah mengapa teknologi penting untuk dipelajari. Dari blog ini, saya mengetahui bahwa tidak hanya siswa yang merasa kesulitan, namun juga ada kendala bagi para guru dikarenakan pandemi covid-19 ini, Menurut saya, pengalaman saya di hari pertama PJJ ini lumayan mengesankan, dan PJJ SMP Labschool Jakarta juga bisa dikatakan cukup baik. Dan blog ini juga sangat inspiratif. Banyak hal-hal baru yang saya ketahui dari sini, seperti bagaimana perasaan guru di hari pertama PJJ, dan juga kegiatan guru sehari-harinya di tengah-tengah pandemi ini yang menurut saya cukup menarik. Demikian komentar saya, terimakasih,

  109. blog ini berisi hal yang hampir sama dengan kegiatan sehari-hari saat pjj. blog ini menceritakan pjj dalam perspektif guru dan melihatkan bahwa tidak hanya siswa yang bekerja keras dalam masa pembelajaran online namun juga guru-guru yang mengajar. sebagai siswa, saya juga merasakan bahwa sangat lelah untuk menatap layar berjam-jam. tidak hanya untuk mata namun juga untuk badan dan otak. namun, kita harus beradaptasi dengan keadaan ini. semoga pandemi ini selesai hingga lebih memudahkan untuk bersekolah. menurut saya, blog ini disampaikan dengan cara yang menarik dan rinci sehingga tidak membosankan untuk dibaca. blog ini juga sangat bermanfaat. terima kasih bapak sudah menulis blog ini. mungkin sudah selesai untuk komentar saya ini, semoga semua dapat tetap sehat dan semangat dalam pembelajaran online ini.

  110. Halo bapak, Saya Sylvia Riezha Tiara Riqqhie kelas 8G absen 33
    Dari apa yang saya baca menurut saya blog bapak sangat bermanfaat. Video yang ada di blog tersebut sangat menginspirasikan guru-guru dan murid-murid untuk melaksanakan pembelajaran jauh dengan semangat. disaat pandemi ini kita harus jaga kesehatan agar bisa mneggikuti pembelajaran jauh dengan efrktif, karena kita harus menatap layar dengan lama, kadang-kadang kita sebagai murid merasa pusing jika melihat layar terlalu lama, guru-guru yang harus mengajari kelas yang bereda beda di waktu yang sama dan harus menyiapkan pelajaran untuk besok harinya membutuhkan waktu yang lama, guru-guru bisa lebih lama menatap layar untuk menyiapakan materi untuk pelajaran jauh ini. karna itu saya sangat menghargai dan mengapresiasi perjuangan guru-guru untuk melaksana kan Pelajaran jauh ini.
    Menurut saya pembelajaran Jarak jauh SMP Labschool sangat bagus dan bermanfaat.
    Terima Kasih Bapak yang Sudan menginspirasikan kita semua.

  111. Saya Maliha Husniyyah Aqila Rifda kelas 8G,
    Menurut saya blog ini sangatlah bagus untuk dibaca, mengapa? karena isinya informati, edukatif dan menarik juga dikalangan anak sekolah. blog ini menjelaskan tentang belajar mengajar dalam masa pandemi covid-19, dimana guru guru mengajar lewat daring tanpa bertatap muka secara langsung. pada hari pertama, wali kelas memperkenalkan diri pada siswa siswi dan membentuk struktur kelas. setelah itu barulah masuk guru guru mata pelajaran yang bersangkutan, pasti lelah guru guru yang sudah bekerja keras untuk membuat pjj ini menjadi maksimal, terlebih lagi guru guru yang mempersiapkan mpls untuk anak anak kelas 7 dan mengajar di kelas 8. saya sangat mengapresiasi guru guru SMP Labschool Jakarta yang sudah mengajari tanpa lelah demi berlangsungnya pjj di tengah pandemi, mungkin jika tak bertatap langsung materi yang disampaikan akan kurang jelas daripada materi yang disampaikan langsung. tetapi guru guru berusaha membuat pjj ini menjadi sama seperti sekolah biasa sehingga akan mengerti apa yang dijelaskan guru guru. terimakasih bapak ibu guru yang sudah bekerja keras dalam pjj ini, semoga pandemi ini cepat berakhir,

  112. Halo Om Jay! Saya Qiandra dari kelas 8G. Menurut saya, blog ini sangat berguna untuk para siswa-siswi Labschool. Blog ini sangat bagus karena isi dari blog tersebut sangat informatif dan menarik, terutama saat pandemi Covid-19 ini blog ini menarik perhatian kepada masyarakat.

    Pada hari Senin tanggal 13 Juli 2020, SMP Labschool Jakarta mengadakan MPLS secara online. Blog ini menceritakan bahwa belajar secara online akan menjadi kebiasaan yang baru karena, biasanya kita langsung bertatap muka. Para guru Labschool adalah guru yang hebat karena mereka bersedia untuk mengajar kita walaupun secara online. Saya sangat berterima kasih kepada guru-guru karena sudah bekerja keras. Walaupun tidak bisa bertemu teman dan guru secara langsung, pembelajaran jarak jauh ini tetap menyenangkan.

    Saya juga lihat melalui sosial media bahwa siswa-siswi kelas 7 sedang MPLS dan Om Jay telah menceritakan semua tentang MPLS tersebut pada blognya, sangat menarik ya! Om Jay juga menceritakan dan menjelaskan proses MPLS dan hari pertama sekolah di SMP Labschool Jakarta secara online. Blog ini juga bisa menarik perhatian kepada masyarakat untuk bisa masuk Labschool.

    Semoga Om Jay bisa menceritakan tentang Labschool di blog ini lagi. Saya sangat tertarik dan hormat kepada Bapak. Semangat Om Jay!

  113. Halo Om jay,Saya Muhammad Rafi Al Ghazali 8G absen 17
    setelah saya membaca blog ini,menurut saya blog ini blog pak jay ini sangatlah bagus dan informatif karena dari sudut pandang saya sebagai pelajar merasa blog ini sangat sesuai dengan realita saya sebagai pelajar.Saya juga merasakan lelahnya belajar,karena diharuskan duduk dan menatap layar selama 5 jam.Dan dari blog ini saya bisa mengetahui kerja keras yang dilakukan oleh guru-guru dan orang tua SMP Labschool Jakarta menurut saya,PJJ ada positif dan negatif.Positifnya ini adalah cara yang paling efektif di masa pandemi seperti ini,negatif nya bagi siswa yang cara belajarnya dengan cara mencatat dan harus melihat papan tulis.
    Makasih ya pak sudah membuat blog yang sangat keren,saya salut sama Om Jay.

  114. menurut saya teknologi memang sangat dibutuhkan dalam keadaan seperti ini. pembelajaran yang dilakukan selama pandemi ini memang tidak mudah untuk dilakukan karena kita butuh koneksi internet yang bagus, jika tidak memiliki koneksi internet yang baik kita tidak bisa mengikuti pembelajaran. Kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir apalagi setelah “New Normal” kasus positif covid 19 semakin bertambah. Selama pandemi ini kita mendapatkan dampak positif maupun negatif. Dampak positifnya seperti kita bisa lebih belajar tentang teknologi dan bisa lebih dekat dengan keluarga, dampak negatifnya seperti pembelajaran menjadi kurang efektif, terlalu lama menatap layar handphone ataupun laptop. Setelah membaca blog ini saya jadi tau kerja keras dan usaha bapak ibu guru dalam mengajar kita disaat seperti ini. Semoga pandemi ini bisa segera berakhir dan kita bisa melakukan kegiatan seperti biasanya. terima kasih om jay

  115. assalamualaikum nama saya andini rahma carissa dari kelas 8E menurut saya blog ini menurut saya blog ini sangat bagus dan informatif. dan dari bacaan diatas kita semua bisa menghargai para guru yang bertugas dengan baik dalam kegiatan sekolah online dan kelas di online.

    Sekolah Online dan Kelas online memiliki positif dan negatifnya masing masing. Menurut saya dari yang saya baca diatas negatifnya adalah menatap laptop dan hp terus menerus sehingga menyebabkan mata lelah dan kelelahan. Sekolah Online dan kelas maya berlangsung lebih cepat dari biasanya sehingga membuat guru melakukan kurikulum darurat dan cepat. Sedangkan positifnya, guru dan siswa dapat melakukan multitasking dan juga memudahkan untuk belajar tanpa harus bertemu secara langsung dikarenakan pandemi yang sedang terjadi di Indonesia saat ini.

  116. Halo Om Jay, Saya Daffa Dari kelas 8B absen 25
    saat saya membaca blog buatan Om Jay ini, saya merasa ini adalah blog yg sangat bagus dan bermanfaat. blog ini bisa menginspirasi orang dimana dalam kondisi apapun jika kita niat, tidak ada yang bisa menghalangi kita. selain itu, blog ini juga memberitahu kepada kami bahwa teknologi tidak hanya untuk bermain dan berbicara dengan orang lain, blog ini memberitahu kepada kami agar menggunakan teknologi untuk belajar dan mencari ilmu. blog ini juga bagus untuk orang tua bukan hanya kami para murid sehingga orang tua juga bisa memberikan pelajaran kepada kami dengan maksimal saat dirumah. blog ini menginspirasi saya agar lebih semangat meskipun keadaan sedang tidak mendukung. Terima kasih Om Jay untuk blog nya yang sangat bermanfaat ini. semoga Om Jay selalu sehat dan semakin semangat membuat blog – blog lainnya. Semangat Om Jay

  117. Halo Om Jay ! nama saya Eric dari kelas 8 B SMP Labschool Jakarta lebih tepatnya di rawamangun. Karena situasi pandemic Corona Virus atau COVID – 19 kita tidak bisa berpergian kemana – mana. Maka dari itu di buatlah pembelajaran dari rumah setiap siswa SMP Labschool Jakarta. Menurut saya pembelajaran di tahun ajaran baru ini lebih baik daripada PJJ tahun ajaran lalu. Siswa dapat mengerti dengan mudah. Blog ini benar – benar menunjukkan bahwa belajar online tidaklah buruk sama sekali. Anda bisa berdiskusi dengan mudah bersama teman tanpa menginterupsi para guru. Di blog ini kita juga diperlihatkan kerja keras para guru untuk membuat situasi belajar aman, nyaman, dan tentram. Terimakasih atas kerja kerasnya.

  118. Hallo Omjay. Saya Guntur Ahmad Prasetyo – VIIIB Absen 16
    Setelah saya membaca blog ini yang kamu post pikiran saya lebih positif dari pada tahun lalu untuk semangat saya dan jiwa. Mudah-mudahan tahun ini motivasi saya dan nilai saya meningkat setiap saya baca paragraf yang Omjay buat. Waktu saya setress dengan pelajaran labschool saya akan baca blog ini agar saya bisa berpikir lebih positif dengan guru-guru nya yang mau mengarahkan saya ke jalan yang sukses. saya juga kangan dengan sekolah labschool dan teman-teman saya, mudah-mudahan kasus COVID-19 selesai-nya secepat mungkin, Mudah-mudahan PJJ tahun ini lebih menyenangkan dari pada kelas 7 semester 2. Dengan sempatan lockdown juga saya bisa bertanya kepada orang tua saya juga agar saya lebih cerdas dan lebih banyak skill dari pada tahun lalu
    Terima kasih ya pak untuk memotivasi saya Omjay dari blog post ini.

  119. halo om jay ! aku aura dari kelas 8b absen 8. teknologi memanglah sangat dibutuhkan dalam keadaan seperti ini. terutama bagi para pelajar. pembelajaran yang dilakukan selama pandemi cukup rumit karna kita banyak membutuhkan alat bantu, seperti 2 alat komunikasi (handphone dan laptop) dan koneksi internet yang bagus, jika tidak punhya koneksi internet yang bagus kita akan kesulitan untuk mwngikuti kegiatan pembelajaran. Kita tidak tahu pasti kapan pandemi ini akan berakhir ataukah akan terus seperti ini. Saat pandemi ini kita dapat memperoleh dampak positif maupun negatif. Setelah aku membaca blog om jay, aku jadi taubetapa sulitnya dan kerja kerasnya bagi bapak/ibu guru untuk tetap mengajar di saat pandemi ini. Semoga pendemi cepat selesai dan kita bisa bertemu dan bertatap muka kembali. terima kasih om jay!

  120. Saya Kyoshi Radyanta Trenggono Kelas 8B absen 18
    Setelah membaca blog ini, pak Wijaya sudah menulis blog dengan sangat baik, Blognya sangat inspiratif dan informatif karna saya sebagai siswa dapat mengetahui apa yang dilakukan dan dirasakan dari sudut pandang guru. Blog yang ditulis sangat mudah dimengerti karna ditulis dengan sangat raoih dan detail. Dengan membaca blog ini saya juga merasakan hal yang sama walaupun saya sebagai guru. Blog yang ditulis oleh pak Wijaya juga sangat menarik. Kata katanya juga mudah dimengerti. Dengan membaca blog ini saya menjadi tahu keluh kesah yang dialami Pak Wijaya selama melakukan kelas online ini. Dengan membaca blog ini saya juga menjadi tahu sisi positif dan sisis negatif dari belajar melalui kelas online. Menurut saya blog ini ditulis dengan sangat baik. Terima kasih Bapak Wijaya sudah menulis blog yang sangat inspiratif ini, Semoga kita dapat bertemu dilain waktu walaupun melalui aplikasi online, Sukses terus Omjay !!!!

  121. Halo nama saya Razka Ananda Setiawan dari kelas 8B menurut saya blog ini sangat komplit dan sangat bermanfaat bagi pembaca , blog ini juga sangat menarik dan berkaitan dengan keadaan sekarang dan pjj adalah pilihan yang paling baik untuk keadaan saat ini tetapi kadang kadang juga sinyalnya suka buruk dan tidak bisa belajar. Belajar online juga sangat menarik tapi kadang kadang ingin bertemu secara langsung asli . Blog ini menjelaskan semua itu dan dengan sangat rinci blog ini juga menjelaskan usaha yang dilakukan oleh para guru labschool untuk mengajar muridnya walaupun dalam keadaan seperti ini. walaupun belajar hanya melalui layar dan tidak bisa belajar seperti biasa dalam kelas. belajar online sangat efektif dan berguna terima kasih guru guru Labschool dan Omjay Semangat!

  122. Halo, Om Jay, saya Melisya Yamakita dari kelas 8B
    Menurut saya, blog ini sangat baik dan bermanfaat. Murid-murid dapat melihat sistem PJJ dari perspektif guru dan dapat mengerti usaha guru untuk memberikan pelajaran terbaik pada murid-muridnya. Sebagai siswa, saya menghargai kerja keras guru. Blog ini juga menjelaskan aktivitas PJJ dengan akurat. Walaupun menatap layer untuk berjam-jam memang melelahkan, untungnya ada istirahat supaya bias menjaga kesehatan mata. Memang, situasi ini tak seperti biasanya, di mana pembelajaran di lakukan di sekolah. Tapi, karena sekarang sedang ada pandemi, kita harus beradaptasi. Semoga pandemi ini akan cepat berakhir.
    Terima kasih Om Jay, untuk blog yang inspiratif ini!

  123. halo om jay, saya Evan Yudho Bramastyo kelas 8B absen 12
    Menurut saya blog ini sangatlah informatif serta memiliki penataan website yang bagus, tentunya blog ini juga bermanfaat bagi siswa yang mencari tentang informasi PJJ atau sekolah online, tema yang dimiliki website ini juga bagus, simple namun elegan. disini juga menceritakan siswa kelas 7 yang sedang melakukan MPLS, sehingga sangat menarik bagi yang ingin mengetahui kegiatan MPLS kelas 7. Di blog ini juga menceritakan kerja kerasnya seorang guru sehingga siswa tau apa yang dilakukan oleh guru, blog ini juga menginspirasi siswa – siswa agar tetap semangat di saat pandemi, terima kasih om jay dan guru – guru lainnya yang sudah bekerja keras untuk kami.

  124. Halo om jay saya Tiara dari 7c,Menurut saya teknologi sangat dibutuhkan dalam keadaan seperti ini. pembelajaran yang dilakukan dengan online memang agak sulit karna membutuhkan koneksi internet yang bagus, jika tidak memiliki koneksi internet yang kurang bagus maka pembelajaran nya akan tersendat atau kita tdk dapat mengikuti pembelajaran online tersebut. Apa lagi kita tdk tau kapan virus corona ini akan berakhir, ditambah lag adanyai sistem New Normal kasus positif covid 19 semakin meningkat. selama pendemi ini menurut saya kita memiliki dampak psitif dan dampak negatif nya, dampak positif nya seperti kita bisa belajar tentang teknologi dan bisa lebih dekat dengan keluarga, dan dampak negatif nya prmbelajaran menjadi kurang bagus, karna jika mata kita terlalu lama menatap layar hp atau laptop mata kita akan sakit atau rusak dan kalau disaya pelajaran yg dijelaskan secara online kurang masuk di otak saya. semoga pendemi ini cepat berakhir dan kita dapat bertemu secepatnya.

  125. Assalamualaikum wr wb.
    Halo Om Jay! Saya Muhammad Rafi Anditama Dari 8B Absen 23!
    Setelah membaca blog bapak ini,menurut saya blog bapak ini sangat bagus dan Informatif.Saya juga sekarang tahu walaupun Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Guru tetap berusaha keras mengajari Murid-muridnya walaupun sedang di tengah tengah pandemi dengan cara melewati Zoom Class Atau Google Classroom.Saya juga senang bisa bertemu teman-teman walaupun melewati online class.Saya juga belajar walaupun di tengah tengah pandemi seperti ini,kita murid harus memanfaatkan technolgy sebaik-baiknya dengan menggunakan Zoom Class Ataupun Google Classroom.Saya juga tahu walaupun kita PJJ kita juga harus belajar di rumah agar pembelajarannya tidak terlambat.Terima Kasih Blog Yang Bermaanfaat ini Om Jay!
    Wallaikumusalam wr wb.

  126. Halo Om Jay, saya Oliva Najmi A. Sandjaja(26) dari 8B

    Setelah saya membaca isi blog bapak, saya dapat mengetahui pembelajaran jarak jauh tak hanya dari sisi para murid, melainkan juga dari sisi guru yang telah bekerja keras dalam menyiapkan kelas online ini.

    Adanya pandemi corona menghambat seluruh kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran secara tatap muka tak dpaat dilakukan karena dapat beresiko terpapar dan tertular penyakit ini. Dengan adanya kelas virtual ini, saya rasa guru-guru telah berhasil menemukan jalan keluar terbaik agar kegiatan belajar murid-muridnya tetap dapat terlaksana.

    Dengan membaca blog ini, saya dapat memahami situasi tak hanya dari perspektif saya sebagai seorang murid, melainkan juga dari sisi guru yang menyiapkan materi dan berusaha keras agar pembelajaran dapat dilaksanakan dengan lancar.

    Terimakasih bapak ibu guru yang sudah bekerja keras untuk mengajar kami.

  127. Halo Om Jay, Saya Dzaki Adnan Ghiffari 8B absen 9 dari SMP Labschool Jakarta (Rawamangun di Jalan Pemuda).

    Pendapat saya tentang blog ini sangatlah informatif dan menarik bagi orang – orang yang ingin masuk labschool ataupun khalayak ramai. Blog ini memperlihatkan bagaimana para guru sangat berkerja keras untuk membuat suasana yang nyaman, aman, dan tentram walaupun terkadang ada saja gangguan koneksi internet. Menurut saya kelas online juga efektif dengan proses waktu pembelajaran yang cepat dan tidak membosankan dan tidak melelahkan. Jadi kita harus bersyukur dalam pembelajaran online ini, Karena menurut saya SMP Labschool sudah cukup berhasil dalam melakukan pembelajaran online.

    Terima kasih atas jasanya Om Jay untuk membuat blog yang informatif ini.

  128. Assalamualaikum saya Nayra refananda 8B absen 24
    menurut saya membaca blog ini sangat berinformatif dan beredukatif. ada banyak detail yang menginformasikan tentang belajar di masa masa covid-19 dengan belajar online. bisa juga melihat bahwa lelah belajar lewat komputer karena harus melihat layar komputer dan menyiapkan koneksi agar tidak ada kendala. memang bisa lelah tetapi menurut saya melakukan PJJ bisa berbagai manfaat an sangat dibutuhkan oleh siswa siswi SMP labschool jakarta. di blog ini juga bisa mengerti lebih tentang MPLS . pembelajaran PJJ tahun ini lebih baik daripada tahun ajaran yang sebelumnya karena bisa berinterkasi dengan guru secara langsung. bisa tidak terbiasa dengan belajar dengan komputer tetapi haru tetap semangat. semua informasi yang disampaikan di blog in lengkap dan terdapat preseptik guru yang telah berkerja keras . terima kasih omjay telah membuat blog ini.

  129. halo omjay, saya krisna atha 8b absen 27.

    setelah saya membaca blog bapak, saya mulai tertarik untuk membaca blog karena sebelumnya saya kurang tertarik untuk membaca blog dan setelah saya lihat blog bapak juga sangat relate,menarik,informatif dan bermanfaat. menurut saya blog ini bisa membuat para murid tidak bosan di masa pandmi ini dan juga bisa membuat kami mengetahui bahwa teknologi juga bisa digunakan bukan hanya untuk bermain atau membuka sosmed, dan saya juga bisa mengetahui bagaimana perspektif guru di saat pjj atau di masa pandemi seperti ini,saya juga pun mulai optimis untuk belajar online atau pjj.

    sekian dari saya, semoga para guru dilimpahkan pahala dan rejeki oleh allah swt, terima kasih dan semangat para guru, tetap berkarya omjay !

    regards,

  130. Halo Om Jay, saya Kiandra Nararya dari kelas 8B absen 17.
    Menurut saya, blog ini sangat bagus dan edukatif karena berisi banyak informasi tentang pembelajaran jarak jauh yang sangat bermanfaat untuk kalangan anak sekolah. Saya yang merupakan pelajar sangat setuju dengan isi blog ini, karena isinya merupakan realita bagi para pelajar, seperti waktu pembelajaran yang dipotong sehingga setiap harinya hanya 3 sampai 4 mata pelajaran. Karena kalau jam pelajaran tidak dipotong, kita, para pelajar dan guru-guru juga akan lelah. Kalau terlalu lama duduk didepan layar laptop juga tidak sehat kan? mata bisa rusak, badan pegal, dll. Makanya di blog ini dijelaskan tentang itu. Di blog ini juga dijelaskan tentang kerja keras guru-guru dan para orangtua murid untuk memberikan sarana yang tepat untuk kami, para murid agar merasa nyaman dan aman. Bagi yang belum membaca blog ini, saya sarankan untuk dibaca yaa. Isinya menarik seperti yang telah saya ceritakan diatas, dan sangat nyambung dengan keadaan sekarang saat pandemi COVID19 ini. Semangat melanjutkan blog nya Om Jay!

  131. halo Om Jay. Saya Vanya Callula dari kelas 8B.
    Setelah saya membaca blog ini, blog ini sangat informatif dan bagus. Blog ini juga isinya merupakan realita bagi para siswa-siswi SMP Labschool Jakarta. Sebenarnya menjadi pelajar di masa pandemi ini agak susah karena harus menatap layar laptop selama 4 jam. Tidak seperti biasanya yg disekolah bertatap langsung dengan guru”. Tapi di PJJ ini ada sisi positifnya yaitu menghindari virus corona dengan tetap dirumah saja. Namun ada negatifnya juga yaitu duduk dan menatap laptop selama 4 jam karena menatap laptop selama itu membuat mata menjadi rusak. Setelah saya membaca blog ini, saya menjadi tau kerja keras dari guru”.
    Makasih pak, semangat melanjutkan blognya Om Jay!

  132. Assalamualaikum saya melati dari kelas 8B. Menurut saya blog ini sangat berguna bagi orang orang yang ingin tahu bagaimana pembelajaran jarak jauh maupun aktifitas antara guru dan murid di pandemi covid-19. Ternyata banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga pembelajaran sekolah tetap berjalan. Seperti pjj yang sudah di lakukan. Blog ini juga sangat inspiratif dan menarik dari berbagai sisi. Semoga pandemi segera berakhir dan kita dapat belajar dengan langsung di sekolah. Semangat selalu, ya, omjay, guru-guru, dan teman-teman.

  133. Halo Om Jay, Saya Balqis Azzahra Rahmadani kelas 8B, absen 4. Menurut saya blog ini sangatlah bermanfaat para pelajar yang sedang melakukan pembelajaran jarak jauh. Selain itu di blog ini saya sebagai pelajar juga merasakan lelahnya belajar secara online, karena kami akan menatap layar laptop selama berjam-jam. Tapi setelah membaca blog ini saya akhirnya mengetahui bahwa para guru sangat bekerja keras untuk bisa maksimal saat melakukan pembelajaran jarak jauh. Saya berharap virus corona cepat berakhir dan kita bisa belajar seperti biasa. Terima kasih Om Jay dan para guru SMP Labschool Jakarta yang sudah membantu kami dalam pembelajaran jarak jauh.

  134. Halo Om Jay! Saya Danessya Gea dari kelas 8B absen 06. Setelah saya membaca blog bapak, menurut saya blog ini sangat bagus karena isinya sangatlah inspiratif dan menarik. Terutama pada saat pandemi Covid-19 blog ini sangatlah menarik. Blog ini sesuai dengan realita yang sedang saya alami sekarang. Blog ini menceritakan tentang pembelajaran jarak jauh dalam pandangan para guru dan melihatkan bahwa bukan hanya siswa yang bekerja keras dalam masa pembelajaran online ini namun juga guru-guru yang mengajar. Saya sebagai siswa juga merasa lelah, karena bukan hanya otak yang bekerja namun juga mata yang harus menatap layar komputer dalam jangka waktu yang cukup lama. Blog ini juga sangat memberi semangat kepada para guru dan siswa yang belajar maupun mengajar. Mungkin segitu saja komentar yang bisa saya sampaikan, semangat terus Om Jay!

  135. Halo Om Jay, Saya Rafif Reswara kelas 8B
    setelah membaca blog ini, saya dapat menyimpulkan bahwa blog ini sangatlah menarik dan bermanfaat untuk dibaca, karena dari
    blog ini kita dapat mengetahui kegiatan pjj dari perspektif guru. Menurut saya pjj ini langkah yang bagus untuk mencegah penyebaran Virus Corona, selain itu di pjj ini kita menjadi lebih mudah memahami pelajaran karena tidak ada yang menganggu kita, tetapi ada beberapa gangguan seperti internet yang lemot, tetapi kita tetap bisa menggunakan koneksi yang lain,dan dari blog ini dan juga kita jadi mengetahui usaha para guru dan juga sisi bagus dan jeleknya dari pjj ini. Terimakasih untuk semua guru yang sudah berusaha untuk membuat pjj ini terasa nyaman, semoga secepatnya kita bisa bertemu di sekolah ketika virus ini sudah hilang.

  136. Assalamualaikum saya melati dari kelas 8B. Menurut saya blog ini sangat berguna bagi orang orang yang ingin tahu bagaimana pembelajaran jarak jauh maupun aktifitas antara guru dan murid di pandemi covid-19. Ternyata banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga pembelajaran sekolah tetap berjalan. Seperti pjj yang sudah di lakukan. Blog ini juga sangat inspiratif dari berbagai sisi. Semoga pandemi segera berakhir dan kita dapat belajar dengan langsung di sekolah. Semangat selalu, ya, omjay, guru-guru, dan teman-teman.

  137. Halo Om jay,Saya Cahya najmi muttaqi 8B absen 5
    setelah membaca blog ini saya merasa kalau blog Om jay sangatlah informatif dan menarik karena menceritakan dari perspektif yang jarang digunakan dan memberikan ringkasan hari pertama masuk sekolah mengunakan PJJ yang sangat bagus karena tidak terlalu panjang walau tetap meberikan ringkasan baik dan memberikan orangtua sebuah perspektif dalam PJJ menurut saya PJJ walau terburu-buru dan kurang efektif sangatlah bagus dalam menunjukan kooperasi antara guru dengan orang tua murid dan muridnya juga dengan itu marilah kita beradaptasi dalam melakukan PJJ dan semoga pandemi Covid-19 selesai kita bertemu lagi Om jay

  138. Halo om jay ! nama saya Eysel Muhammad Jibran bisa dipanggil Eysel dari kelas 8B absen 13. Setelah saya membaca blog om jay, menurut saya blog nya om jay ini sangat bagus, menarik, dan informatif. Menurut saya blog ini sangat sesuai dengan realita di kehidupan sekarang ini karena ada nya COVID-19 ini. Blog ini juga memperlihatkan kerja keras nya guru untuk membuat suasana aman, nyaman, dan tentram. Karena ada nya situasi seperti ini kita harus melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh atau bisa kita sebut PJJ. Saya juga sangat setuju dengan om jay karena melihat layar laptop atau HP terlalu lama sangat melelahkan. Terimakasih kepada guru guru dan om jay yang sudah bekerja keras untuk kita para murid.

  139. asalamualaikum nama saya alisha putri firman dari kelas 8B. menurut saya blog ini sangat bagus dan infomatif. karena ada pandemic ini yang membuat seluruh murid untuk belajar dirumah. tapi dengan belajar dirumah ada positif dan negatifnya. untuk sisi positifnya, para musrid dan para guru bisa menjadi orang yang bisa multitasking. di sisi negatifnya., para mürid haru selalu di depan laptop dan HP yang membuat mata sangat lelah. tapi dengan pembelajaran ini para guru harus rapat guru dari pukul 6.30 Sampaio 7.00. terima kasih om jay dan para guru atas kerja kerasnya. semoga pandemik ini cepat selasai, sehingga para murid dan para guru bisa kembali ke sekolah.

  140. Halo nama saya Agung Panca Sukmana kelas 8B absen 2.
    Menurut saya blog ini sangat bagus dan berguna sekali, karena sangat lengkap. Blog ini menjelaskan bagaimana kita tetap melakukan pembelajaran walaupun tidak bertemu langsung. Memang belajar jarak jauh sangat membosankan dan melelahkan karena kita hanya menatap komputer, laptop atau hand phone kita dan menyimak guru yang sedang berbicara sambil duduk selama beberaa jam tapi kita tetap harus semangat belajar karena guru – guru kita juga sudah melakukan yang terbaik untuk mengajar kita. Karena itu kita harus belajar sungguh – sungguh walaupun mungkin ada orang – orang yang belajar sambil main handphone atau main game. Semoga pandemi ini cepat selesai.

  141. Halo Om Jay ! Nama saya Elang Assyafa Farikhi , biasa di panggil Elang absen 10 dari kelas 8B SMP Labschool Jakarta Rawamangun . Menurut saya blog ini sangatlah informatif / bermanfaat . Sebagai seorang pelajar , saya beropini Pembelajaran Jarak Jauh ( P J J ) ini memiliki sisi positif dan sisi negatif . Sisi positifnya saya merasa pembelajaran lebih ringan karena waktu belajar hanya dari jam 7 – 12 (5 Jam ) . Sisi negatifnya adalah pembelajaran menjadi kurang efektif karena banyak siswa yang memiliki koneksi yang buruk. Itu adalah pendapat saya dari perspektif seorang murid. Namun karena blog ini saya jadi tahu perspektif seorang guru. Saya jadi tahu bahwa selama ini Om Jay bermultitasking yaitu sambil mengawasi kita ia juga sekaligus menonton MPLS. Sekian dari saya terima kasih semua guru selalu semangat !

  142. Hi Om Jay, saya baru selesai membaca blog ini, dan ternyata isinya sangat bagus. Blog ini sangat menarik dan berguna bagi siswa siswa Labschool. cara penyampaian blog ini sangat lengkap dan rinci. Walaupun rinci, blog ini sanat menarik sehingga tidak membosankan untuk dibaca. cara blog ini menggambarkan pengalaman murid murid Labschool juga sangat akurat. Menatap layar laptop dalam waktu lama memang melelahkan mata, agar mata kita terhindar dari kelelahan, kita pun harus mengurus waktu di depan laptop, dan menjaga jarak antara mata dan layar komputer. Blog ini juga sangat informatif, saya menjadi tau bagaimana cara guru guru di Labschool bekerja keras selama pandemi berlangsung. Saya juga menjadi paham dengan cara kerja mpls angkatan 29 tahun 2020 yang dilakukan secara daring berhubungan dengan pandemi covid-19. semoga kita semua akan terbiasa dengan sekolah online dan tidak ada kesusahan lagi. terimakasih om jay sudah menulis blog yg sangat inspiratif ini, sukses selalu omjay!

  143. halo omjay! saya adisty naysha dari kelas 8B absen 1. menurut saya blog ini sangat bagus dan menarik untuk dibaca. blog ini sangat bermanfaat dan juga inspiratif, terutama untuk para siswa dan guru agar mereka makin semangat melaksanakan pembelajaran jarak jauh. saya sebagai siswi juga merasakan belajar online ini yang tentu tidak gampang. harus bolak balik masuk zoom, dan juga menghadapi koneksi internet yang kadang tidak stabil. saya sangat salut dan berterima kasih kepada guru guru yang tetap semabgat dan sabar mengajar kami walaupun memakai zoom. dari blog ini saya jadi terinspirasi untuk lebih semangat lagi melaksanakan pembelajaran secara online ini. saya berharap kita bisa bertemu lagi di sekolah dan pandemi ini cepat berakhir. terima kasih omjay dan semangat!

  144. Nama saya Lutfia Afifa, absen 19 dari kelas 8B. Menurut saya blog ini sangat informatif dan menarik. Blog ini menunjukkan bahwa belajar online sangat dibutuhkan di keadaan seperti ini. Belajar online tidaklah mudah, dikarenakan banyak hal. Seperti membutuhkan internet yang bagus, memiliki teknologi yang sesuai, dan lain-lain.

    Sangatlah menarik untuk melihat banyaknya kerja yang ditaruh oleh guru-guru untuk melakukan pembelajaran online. Saya sendiri merasa lelah walaupun saya hanya murid. Walaupun pembelajaran online ini hanya dari jam 6.50 hingga 12.00., tetaplah sangat lelah untuk melihat layar terus menerus. Jugalah menarik untuk melihat MPLS yang dilaksanakan online.

    Saya harap pembelajaran online seperti ini tidak akan menghalangi pembelajaran.

  145. Menurut aku sih blog ini bermanfaat banget apalagi di saat pandemi seperti ini. walaupun belajar online lebih “susah” dari pembelajaran tatap muka. Namun, belajar secara online atau lewat zoom kurang efektif walaupun ini adalah satu-satunya cara agar bisa terhindar dari virus corona dan menjamin kesehatan. Dengan belajar online, bisa membuat kita lebih lelah karena menatap layar gadget. Para guru di tuntut agar bisa menyampaikan materi dengan jelas agar bisa dimengerti oleh para siswa. Ditambah dengan adanya MPLS 2020, para guru juga harus mengikuti acara MPLS 2020 dan juga menyampaikan materi pembelajaran. Saya kagum kepada kepada guru yang harus bekerja 2 kali lipat dari biasa. Semoga pandemi ini akan selesai sebelum tahun 2021 / lebih cepat.

  146. Saya Ahmad Rafi Ramadhan (2) 8G, menurut saya blog ini menggunakan bahasa yang sangat baik dan majas yang sangat indah. Blog ini sangat baik dalam menceritakan kerja keras guru dalam PJJ ini yang harus beradaptasi dengan keadaan baru ini. Dan saya sangat berterima kasih dengan guru-guru dan orang tua siswa Labschool yang telah lelah dan bekerja keras untuk membuat PJJ yang lancar, baik, dan efisien. Semoga PJJ akan terus lancar untuk guru, orang tua siswa, serta siswa-siswi sekolah ini. Dan semoga pandemi ini segera berakhir, sehingga kita dapat belajar bertatap muka secara langsung seperti sebelum pandemi. Terima kasih telah membaca komen saya.

  147. Blog ini sangat bagus. Ya memang karena adanya pandemi Covid-19 kita semua terpaksa belajar secara daring. Semoga hal ini tidak menghambat semangat kita semua. Kalau menurut saya, sekolah offline lebih efektif dan bisa berinteraksi secara langsung. Namun dengan situasi seperti ini sangat berbahaya untuk sekolah offline, dan kelas maya adalah pilihan terbaik untuk tetap melanjutkan pelajaran agar tidak tertinggal. Sekolah online memang membuat mata lelah karena menatap layar, tapi apa boleh buat, walaupun saya ingin sekali masuk sekolah seperti biasa, namun kenyataannya Jakarta masih di zona merah dan pasien semakin bertambah. Terima kasih untuk semua guru yang tetap semangat dan pantang menyerah untuk mengajar di sekolah online ini.

  148. halo nama saya sheery deyanira,
    menurut saya blog yang bapak buat mengandung banyak informasi di dalamnya .Sangat menarik untuk di baca dan sangat benar adanya. Dengan adanya blog bapak ini saya jadi mengetahui kerja keras bapak dan ibu guru dalam kegiatan kelas online.

    Walaupun kita semua dalam kondisi pandemi Covid-19 ini kita harus melakukan pembelajaran agar tidak tertinggal pelajaran. Siswa dan guru harus beradaptasi dengan cara belajar jarak jauh melalui zoom meeting. Ini adalah cara yang sangat tepat, agar kita bisa mencegah penyebaran pandemi ini.

    Sebenarnya saya memilih belajar secara langsung di sekolah karena lebih efektif. Selain itu, juga jika pembelajaran jarak jauh mau tidak mau kita harus menatap laptop dengan waktu yg cukup lama yang tentu saja sangat membosankan.

    Pandemi ini banyak mengajarkan pengalaman hidup bagi kita, kita harus selalu bersabar, tidak mudah menyerah dan tetap bersemangat untuk belajar dalam kondisi apapun.

    Semoga wabah ini segera berakhir sehingga kita bisa hidup normal kembali, belajar bersama disekolah dengan guru dan teman – teman.

  149. Halo pak nama saya maheswary shabira gryselda dari kelas 8E. Menurut saya blog bapak sangat bagus dan menarik. Di pandemi covid 19 seperti ini kita tidak bisa bertatap muka langsung, secara pribadi saya kagum dan salut dengan bapak dan ibu guru yang sudah membuat pembelajaran online yang menurut saya ini lumayan efektif karena kita menngunakan zoom dari jam 7 pagi sampai jam12 siang. tapi kalau saya disuruh memilih, saya lebih suka sekolah offline daripada sekolah online karna internet kita bisa saja lagi kurang bagus dan ada beberapa guru yang masih gaptek tentang hal yang berbasis mengenai teknologi, disitulah saya lebih memilih sekolah offline karna efektif dan tidak ada hambatan. kita semua harus tetap semangat dan harus menerima apa adanya.

  150. Nama saya Khalishah Syakirah Prasetyo biasa dipanggil Icha absen 21 dari kelas 8E. Menurut saya blog ini sangat menarik dan bermanfaat, terdapat banyak informasi yang dapat diambil dari blog ini. Saat hari pertama kami masuk sekolah saya sangat senang karena saya dapat kembali bertemu dengan guru dan teman-teman sekelas walaupun cuma secara online tidak tatap muka langsung akibat pandemi covid 19 ini. Saya merasa Labschool sudah dengan baik menyiapkan sekolah secara online, mengingat sebelumnya juga kami sudah sering diberikan latihan atau kuis secara online. Jadi kami sudah terbiasa dan tidak kaget mengalami perubahan akibat pandemi ini. Saya harap Labschool bisa mempertahankan kualitasnya.

  151. Assalamualaikum wr.wb.. halo saya Fathimah Hasna Khairunnisa kelas 8G absen 09. Menurut saya blog ini sangatlah bagus dan bermanfaat. Isi dari blog ini sangatlah tepat dengan kegiatan saya dan teman teman selama masa pembelajaran jarak jauh. Blog ini memberikan banyak informasi tentang kegiatan selama PJJ alias pembelajaran jarak jauh. Blog ini juga sangat bermanfaat untuk adik-adik yang baru masuk di SMP Labschool yang penasaran dengan kegiatan selama PJJ. Blog ini sangat menarik untuk di baca apalagi terdapat cukup banyak foto dan video selama masa pembelajaran jarak jauh yang bisa mengobati rasa penasaran tentang apa saja yang di lakukan saat masa pembelajaran jarak jauh. Kata-katanya pun di susun dengan baik sehingga mudah di pahami oleh setiap orang. Setelah membaca blog ini saya menjadi lebih semangat untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Sekian komentar dari saya.. Wassalamualaikum wr.wb.

  152. Assalamualaikum wr.wb.. halo saya Fathimah Hasna Khairunnisa kelas 8G absen 09. Menurut saya blog ini sangatlah bagus dan bermanfaat. Isi dari blog ini sangatlah tepat dengan kegiatan saya dan teman teman selama masa pembelajaran jarak jauh. Blog ini memberikan banyak informasi tentang kegiatan selama PJJ alias pembelajaran jarak jauh. Blog ini sangat menarik untuk di baca apalagi terdapat cukup banyak foto dan video selama masa pembelajaran jarak jauh yang bisa mengobati rasa penasaran tentang apa saja yang di lakukan saat masa pembelajaran jarak jauh. Kata-katanya pun di susun dengan baik sehingga mudah di pahami oleh setiap orang. Setelah membaca blog ini saya menjadi lebih semangat untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Sekian komentar dari saya.. Wassalamualaikum wr.wb.

  153. Assalamualaikum wr.wb.. halo saya Fathimah Hasna Khairunnisa kelas 8G absen 09. Menurut saya blog ini sangat bagus, menarik dan bermanfaat di sini di jelaskan apa saja yang di lakukan mulai dari pukul 06.30 sampai 12.00. penjelasannya pun sangat rinci mengenai pelaksanaan pembelajaran jarak jauh sehingga kita jadi lebih tahu apa saja yang di lakukan selama PJJ terutama bagi adik kelas yang baru memasuki lingkungan SMP Labschool yang penasaran dengan kegiatan selama pembelajaran jarak jauh. Blog ini pun di sertai dengan video dan foto yang menambah pengetahuan kita tentang pembelajaran jarak jauh. Saya salut dengan bapak ibu guru yang sudah susah-susah mengajarkan kami di masa seperti ini apalagi bapak ibu guru harus memasuki berbagai kelas selama waktu pembelajaran jarak jauh di laksanakan.. terimakasih bapak dan ibu guru. Sekian komentar dari saya.. Wassalamualaikum wr.wb.

  154. Assalamualaikum wr.wb.. halo saya Fathimah Hasna Khairunnisa kelas 8G absen 09. Halo pak menurut saya blog ini sangat lah bagus, menarik dan bermanfaat di sini di jelaskan apa saja yang di lakukan mulai dari pukul 06.30 sampai 12.00. penjelasannya pun sangat rinci mengenai pelaksanaan pembelajaran jarak jauh sehingga kita jadi lebih tahu apa saja yang di lakukan selama PJJ terutama bagi adik kelas yang baru memasuki lingkungan SMP Labschool yang penasaran dengan kegiatan selama pembelajaran jarak jauh. Blog ini pun di sertai dengan video dan foto yang menambah pengetahuan kita tentang pembelajaran jarak jauh. Saya salut dengan bapak ibu guru yang sudah susah-susah mengajarkan kami di masa seperti ini apalagi bapak ibu guru harus memasuki berbagai kelas selama waktu pembelajaran jarak jauh di laksanakan.. terimakasih bapak dan ibu guru. Sekian komentar dari saya.. Wassalamualaikum wr.wb.

  155. Halo nama saya Rakha Hadi Prathama dari kelas 8B .Menurut saya blog ini sangat bermanfaat,informatif dan inspiratif.Blog ini dibuat untuk menceritakan pengalaman guru untuk menjelaskan bagaimana pengalaman mengajar guru dalam mengajar di masa pandemi virus COVID-19 yang sudah menyebar di negara kita.Dan juga Pandemi COVID-19 ini mengajarkan kita untuk beradaptasi dengan kehidupan baru dan teknologi digital.Blog ini membuat saya kagum bagaimana perjuangan OmJay dan kita semua menghadapi susahnya dimasa pandemi COVID-19 ini.Dan pembelajaran online yang kita lakukan saat ini menbuat saya lebih pintar,bijak,dan disiplin dalam menggunakan teknologi.Meskipun banyak kekurangannya dalam belajar online tapi juga ada kelebihanya dalam belajar online,tapi saya tetap semangat belajar.Semoga pandemi ini segera berakhir dan kehidupan kita dapat kembali normal dan bisa bertemu secara langsung.Terimakasih OmJay

  156. Nama saya Muhammad Dzaki Hidayatullah. menurut saya blog ini sangat menarik dan bagus. blog ini menceritakan kegiatan bapak beserta guru-guru yang lain dari pagi dengan sangat rinci. blog ini menjelaskan PJJ yang dilaksanakan dan apa yang dilakukan oleh siswa saat PJJ dilaksanakan. Blog ini juga menjelaskan kegiatan MPLS yang dilakukan oleh kelas 7, sehingga saya tahu bagaimana kegiatan MPLS dilakukan di masa pandemi. selain itu blog ini menggunakan beberapa video yang menarik. saya ingin berterima kasih kepada bapak dan ibu guru yang tetap semangat mengajar kami di masa pandemi ini. sekian komentar dari saya, mohon maaf jika ada kata – kata saya yang salah. wasalamualaikum wr. wb.

  157. Assalamu’alaikum Wr. Wb. Hai nama saya Abdullah Hafiz kelas 8A aben 01. Menurut saya blog ini sangat baik dan bermnfaat bagi kita semua, blog ini mencerminkan kehidupan guru – guru saat sedang ada wabah Covid-19 ini. Pandemi Covid 19 ini mengajarkan seluruh manusia untuk mulai beradaptasi dengan keadaan di seluruh dunia ini. Artikel yang ada di blog ini menyampaikan secara lengkap dan terstruktur kegiatan PJJ dan MPLS di SMP Labschool Jakarta dan mungkin banyak sekolah lain yang sama seperti ini dan dengan sangat menarik dan informatif memiliki banyak gambar dan video yang membuatnya menjadi lebih menarik untuk dilihat dan dibaca, saya sangat mengerti keadaan saat ini yang membuat banyak orang termasuk guru seperti om jay kelelahan karena di depan alat elektronik dari pagi hingga malam, tidak hanya guru bahkan banyak orang selain guru yang kelelahan karena wabah Covid 19 ini. Semoga wabah covid 19 ini segera berakhir dan kita semua bisa kembali ke sekolah lagi, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  158. Assalamualaikum Wr. Wb. Perkenalkan nama saya Dhiya Zahran Ramadhan, nama panggilan Dhiya. Saya dari kelas 8A absen 10, dan menurut saya blog yang bapak buat ini sangat bagus dan bermanfaat. Penjelasan tentang kegiatan apa saja yang dilakukan murid-murid selama belajar dengan guru melalui zoom meeting dari rumah masing-masing dari pukul 07:00 hingga pukul 12:00 sangat rinci dan jelas untuk dibaca. 58 Dari blog yang bapak bikin ini, kita murid-murid bisa lebih wawas dan lebih mengetahui dengan jelas apa saja yang perlu kami lakukan selama PJJ ini, terutama adik kelas juga yang baru masuk sekolah. Blog bapak juga menjelaskan apa saja yang dilakukan oleh guru-guru di Labschool untuk membantu anak-anak belajar secara lebih efektif meski dari jarak jauh. Terlihat jelas bahwa guru-guru di Labschool sudah berusaha sangat keras dan susah payah untuk membantu murid-murid Labschool belajar lebih efektif selama PJJ, maka saya ingin berterima kasih kepada Bapak dan Ibu guru di Labschool untuk membantu kita. Sekian komen dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan di komentar ini dan sekal lagi terima kasih, Wassalamualaikum Wr. Wb.

  159. Assalamu’alaikum wr wb. Nama Saya Rizky ahmad Rabbani dari kelas 8A. menurut saya, Blog ini cukup bagus karena menjelaskan kegiatan para guru yang dilakukan pada saat sedang terjadi wabah korona ini dari pagi hingga selesai. Blog ini juga cukup menarik untuk dibaca karena mengandung banyak informasi di dalamnya. Blog ini juga menggunakan Bahasa yang cukup mudah untuk dipahami sehingga lebih enak dibacanya. Blog ini juga menyampaikan kegiatan dengan cukup rinci. Karena sekarang sedang dilaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), guru bisa melakukan multitasking dengan cukup mudah. Juga karena pelajaran diadakan secara online, kita hanya belajar sampai jam 12:00 yang seharusnya belajar di sekolah sampaijam 15:00. Sekian dari saya, mohon maaf jika ada kata kata yang salah. Wassalamu’alaikum wr wb.

  160. Assalamualaikum. Nama saya Damar Indrajit Martosubroto. Saya adalah murid 8A. Ini komentar saya tentang post diatas. Menurut saya ini penting untuk dibaca karena anak anak akan mengerti sekolah online gimana. Mereka juga bisa tahu manfaatnya dan buat apa. Kita jadinya harus selalu tetap sekolah ketika lagi ada Pembatasan Sosial Berskala Besar. Post diatas yang ada di blog ini menjelaskan banyak tentang sekolah online atau kelas maya. Kita semua harus senang ketika lagi belajar online di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar. Kalau anak anak dan muris ajar dan mengajar dengan senang, pembelajaran akan menjadi terasa lebih mudah. Maaf kalau saya menggunakan kata kata yang tidak disukai banyak orang. Assalamualaikum

  161. Halo nama saya Afzal Herlambang dari kelas 8A. Menurut saya blog ini bermanfaat karena memberikan kita kondisi dan kemungkinan terbaik untuk belajar dalam pandemi corona ini, blog ini menjelaskan pengalaman-pengalaman guru dan murid-murid dalam belajar online atau daring lewat zoom. Mengingat karena kita harus belajar online kita juga agak kesulitan untuk menjalan aktivitas dan banyak juga yang di phk pekerjaannya agar corona tidak menyebar lebih luas. Dulu negara kita aman dari corona karena corona tidak bisa masuk ke indonesia karena udaranya terlalu panas untuk para virus, tapi seiring berjalannya waktu mereka berevolusi dan menjadi tahan akan panasnya di Indonesia dan inilah akibat dari mereka dan orang-orang yang bukannya dirumah malah keluar dan malah bikin corona makin luas. Walaupun itu kita tetap punya cara untuk menangani walaupun sementara tapi tetap efektif yaitu lewat daring zoom. Mereka juga memberikan PJJ agar bisa mengetes akankah murid tersebut paham yang dipelajarinya, walaupun hanya sampai jam 12.00. Tapi yang penting belajar lebih efektif dan saya juga berterimakasih pada guru-guru dan para developer aplikasi karena mereka kita bisa belajar dan terimakasih juga BRAINLY. Terimakasih OmJay.

  162. Saya Quincy dari kelas 8A absen 25, pendapat saya tentang blog ini adalah blog yang menarik… Belajar online lewat zoom maupun web itu tidak biasa memang. Biasanya kita tatap muka dan bercanda tawa di sekolah. Blog ini menjelaskan semuaya secara terperinci dan santai. Blog ini juga sangat inspiratif dan sangat bermanfaat bagi saya. Semoga saja pandemi ini juga cepat berlalu dan kita bisa kembali beraktifitas seperti biasanya…

    Stay at home semuanya 🙂

  163. Halo nama saya Nafisya Ulya dari kelas 8A. menurut saya blog ini sangat bagus karena isinya sangat menarik dan sangat membantu anak anak yang baru masuk ke SMP Labschool Jakarta. Ditambah video yang menarik sehingga blog ini semakin menarik untuk dikunjungi. Blog ini dibuat untuk melihat kegiatan pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 ini. Dengan adanya Covid ini juga kita semua harus beradaptasi dengan kelas baru terlebih lagi untuk adik adik yang baru masuk,Selama pandemi ini juga sangat berbeda waktu pembelajaraannya. Materi yang diberikan juga tidak sebanyak yang dijelaskan di sekolah. Sekian dari saya, mohon maaf bila ada kata kata yang salah, Terimakasih.

  164. Halo semuaa!! Panggilan saya Arya. Saya dari kelas 8A. Menurut saya, blog ini sangat bagus dan bersifat informatif. Saya suka dengan blog ini. Dengan adanya blog ini, kita bisa mengambil hikmah dari blog ini. Karena adanya virus covid ini, pembelajarn otomatis dilakukan secara online, dan pembelajaran dipotong waktunya sehingga kita harus lebih banyak belajar di rumah. Itu adalah salah satu hikmahnya. Saya suka dengan blok ini karena susunan waktunya ada dan itu membuat saya berpikir bahwa semua yang dilakukan itu harus terencana dan kalau ada satu waktu yang tidak sesuai dengan apa yang kita rencanakan, maka semua yang kita rencanakan akan tidak sesuai. Blog ini juga ada beberapa kata yang dipakai di sehari hari sehingga mudah untuk dipahami. Itu saja komentar dari saya, sekian.

  165. Halo nama saya Rafa Faizghaniy Ray dari kelas 8A absen 26. Menurut saya blog ini bagus sekali,informatif, dan sangat bermanfaat. Blog ini mencatat apa yang sudah dilakukan dari pagi sampai siang dan di ringkas dengan baik. Blog ini juga menjelaskan betapa pentingya berinteraksi maka itu kita memakai zoom agar tetap tatap muka dan online school agar tidak sulit di masa pandemik COVID 19.Blog ini memakai kata kata yang mudah untuk di mengerti dan ada video-video yang bisa di tonton Tidak banyak sekolah yang bisa mempunyai blog seperti ini karena itu blog ini sangat spesial. Mohon maaf jika ada salah perkataan Wassalamualaikum wr.wb.

  166. halo, nama saya Zalfa Malika A.K dari kelas 8A absen 33. Menurut saya blog ini sangat bagus dan menarik karena menjelaskan secara detail apa yang kita lakukan selama menjalankan kelas online ini dan juga menjelaskan apa saja masalah yang dialami para guru ketika mengajar di kelas online. Blog ini juga sangat bermanfaat untuk adik adik kelas yang baru masuk untuk mengetahui apa saja yang kita lakukan selama masa pandemi. Foto dan video yang ditampilkan juga sangat berguna untuk mengetahui situasi selama kelas online berlangsung. Selain itu disini kita juga bisa menemukan pembahasann tentang tantangan tantangan selama sekolah online ini berlangsung. Blog ini juga bermanfaat untuk kita mencari informasi dan pelajaran selama pandemi covid-19 ini dan juga tentang SMP Labschool Jakarta. Sekian komentar dari saya, Wassalamualaikum Wr. Wb.

  167. Assalamualaikum wr wb. saya Ekhi Ar Rafi Adhyaksa dan biasa di panggil Rafi dan saya dari 8A. menurut saya blog ini sangat berguna dan sangat bagus. Blog ini Mencermin kan bagaimana Guru – Guru Mengajar dengan kondisi pandemi atau new normal seperti ini. Guru – guru mengajar dengan melalui zoom dan membimbing murid – murid baru yang sedang MPLS. Dan ini menceritakan bagaimana perjuangan Guru -guru untuk mengajar dengan kondisi seperti ini, Karena mereka setiap hari melihat di depan layar komputer atau laptop sehingga mereka pasti lelah. Mari kita apresiasi kerja Guru – guru Labschool yang telah bekerja keras untuk mengajar murid – murid Labschool. sekian dari saya Itu saja yang ingin sampaikan sekali lagi saya mau mengucapkan terima kasih dan mohon maaf jika ada salah penyampaian Assalamu’alaikum wr wb.

  168. Halo! nama saya Kadiza Aisya, saya salah satu siswi dari kelas 8A absen 13 SMP Labschool Jakarta. Bagi saya blog ini sangat menarik dan bermanfaaat, kenapa? Karena blog ini berisi informasi tentang kegiatan bagaimana guru yang mengajar di SMP labschool Jakarta dengan metode pembelajaran jarak jauh dari rumah. Dengan blog ini saya menjadi tahu bagaimana perjuangan guru dalam mengajar sesuai arahan kemendikbud. Sekarang saya mengetahui kalau saya juga tetap harus belajar dengan giat sama saja seperti disekolah, hanya saja dengan keadaan covid 19 yang menyebar luas, kita harus belajar secara virtual dengan beberapa website yang disediakan dari labschool. Sekian, terimaksih.

  169. Halo Om Jay, Saya Kenzie dari 8A Absen 16. Menurut saya, blog ini sangat bermanfaat. Blog ini sangat berguna saat masa pandemik COVID-19, karna dapat menginspirasi dan memperlihatkan orang-orang bagaimana pembelajaran secara online karena diwajibkan memenuhi salah satu protokol kesehatan yaitu, menjauhi kerumunan, sedangkan saat di sekolah, kita tentu belajar beramai-ramai satu kelas atau bahkan lebih saat pertemuan angkatan atau upacara. Blog ini menjelaskan tentang terutama kegiatan guru-guru yang tetap mengajar di masa pandemik ini, dan para siswa yang mengikuti pembelajaran kelas online. Maka dari itu, kita wajib berterimakasih kepada para guru. Walaupun blog ini panjang, tetapi blog ini dapat membuat orang penasaran dan terinspirasi. Dengan adanya blog ini, kini orang-orang yang tadinya belum menggunakan video call untuk belajar online, sekarang jadi tahu, bahwa kita bisa menggunakan video call untuk belajar bersama-sama dengan banyak orang, jadi ruang video call di dunia maya diibaratkan sebagai ruang kelas di dunia nyata. Karena menggunakan, video call dalam belajar online sangat dibutuhkan, kalo hanya sekadar belajar online memberi tugas tanpa mengadakan video call, maka siswa cenderung bosan dan malas untuk mengerjakan tugas tersebut. Di blog ini juga terdapat MPLS online, dimana siswa yang baru masa pengenalan pun, tetap bisa mengikuti. Di blog ini juga terdapat cara-cara membuat PJJ yang baik agar tidak merugikan pihak siapapun. Mohon maaf jika ada kesalahan, terimakasih…………

  170. Assalamu’alaikum Wr. Wb. nama saya Razza Shagufta Alam dari kelas 8A absen 27. berkat adanya pandemi Covid-19 ini, kita diwajibkan untuk melaksanakan PJJ (pembelajaran jarak jauh), oleh sebab itu, tentunya aktivitas belajar-mengajar tidak bisa dilakukan secara fisik, jadi, sekolah kita (SMP Labschool Jakarta) terpaksa melakukan PJJ melalui berbagai platform, seperti, elabschool.net, elabscloud.xyz, zoom meeting, dan masih banyak lagi (malah agak terlalu banyak menurut saya). Tapi, mau bagaimana lagi ya? memang begitu keadaannya. Saya senang sekolah kita mampu menghadapi keadaan ini dengan Sangat Baik, seperti event-event penting yang terpaksa dirumahkan. Menurut saya, blog ini dapat menangkap semua tentang pjj smp labschool jkt, mulai dari MPLS, mulainya Tahun pelajaran baru, dan lain lain. Blog ini sangat menarik, bahkan, sampai dimasukkan link-link dari youtube yang berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan apa yang sedang dibicarakan sehingga pembaca bisa langsung melihat/menonton sendiri apa yang sedang dibicarakan. semoga Pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan pembelajaran bisa dilakukan dengan tatap muka, semoga SMP Labschool Jkt maju terus, dan yang terakhir, untuk adek-adek angkatan 29, semoga betah dan mengukir prestasi demi nama SMP Labschool Jkt. maaf kalau ada salah kata, typo, dkk. Itu saja ya, Terimakasih. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  171. Halo nama saya Saffanah Zahra Achmad dari kelas 8A. Menurut saya blog ini sangat bagus dan bermanfaat. Banyak informasi yang dapat kita ketahui dari blog ini. Blog ini menceritakan bagaimana Ibu dan Bapak guru dalam mengajar di masa-masa pandemi virus COVID-19 seperti ini. Penjelasannya tertulis dengan jelas dan sangat merinci, sehingga kita jadi lebih tau apa yang dilakukan dan dipersiapkan oleh para guru selama PJJ ini. Blog ini juga disertai gambar dan video yang membuat blog ini lebih menarik untuk dibaca. Saya salut dan kagum terhadap apa yang dilakukan oleh Bapak, Ibu guru untuk tetap mengajar di masa pandemi ini. Saya juga ingin berterima kasih kepada Bapak, ibu guru Labschool atas usahanya selama ini. Semoga pandemi ini segera berakhir sehingga kita bisa belajar secara normal lagi di sekolah. Sekian komentar dari saya. Terima kasih.

  172. Saya Siti Ghaitsa Zahra Azalia dari kelas 8A. Menurut saya blog ini sangat informatif dan bermanfaat. Karena menjelaskan apa yang dilakukan siswa selama PJJ dilaksanakan. Kegiatan MPLS kelas 7 juga dijelaskan di blog ini, sehingga kita juga tau apa yang dilakukan siswa kelas 7 selama pandemi. Blog ini juga di sertai dengan video dan foto yang menambah pengetahuan kita tentang pembelajaran jarak jauh. Walaupun saya juga tidak suka belajar online dari rumah seperti sekarang. karena dapat menggangu kesehatan mata kita. Tapi kita tetap harus bersyukur. Saya salut dengan bapak ibu guru yang dengan sudah payahnya mengajarkan kami di masa seperti ini terimakasih bapak dan ibu guru. Semoga pandemi ini segera berakhir. Sekian komentar dari saya.

  173. Halo nama saya Chiara Athaya Nirwasita ( Aya ) dari kelas 8A absen 6. Menurut saya, blog ini memiliki banyak manfaat karena terdapat banyak informasi – informasi tentang bagaimana kegiatan pada masa pandemi COVID – 19. Dengan adanya COVID – 19 inilah, yang menyebabkan kita semua tidak bisa melaksanakan belajar mengajar di sekolah. Meski kita tidak bisa belajar di sekolah, tetapi kita tetap memperbanyak ilmu pengetahuan dengan belajar online di rumah. Di Blog ini menjelaskan tentang pengalaman guru – guru pada saat mengajar, meeting lewat aplikasi, adaptasi sekolah baru, dan masih banyak lain. Segi positif nya dari pandemi COVID – 19 ini kita jadi lebih mengetahui teknologi masa kini, aplikasi-aplikasi terbaru, dan juga kita tetap bisa melihat wajah teman-teman meski melawat aplikasi.
    Blog ini juga di sertai Video-Video menarik, kreatif, dan banyak informasi . Kata-kata di Blog ini juga sangat mudah di pahami, singkat, dan jelas. Saya jadi tau banyak informasi yang ada di Blog ini. Maka itu, Saya ingin berterima kasih kepada guru-guru yang tetap mengajar apa pun keadaan nya. Saya juga menjadi lebih tau akan teknologi karena belajar online pada masa pandemi ini. Semoga kita bisa bertemu lagi dan masa pandemi COVID – 19 ini segera berakhir. Terima kasih…

  174. Hai nama saya Kendra Leilani dari kelas 8A. Menurut saya blog ini sangat menarik, bermanfaat, dan informatif. Blog ini menceritakan tentang kegiatan yang dilakukan oleh siswa siswi SMP Labschool JKT, dimana kita melakukan pembelajaran secara online lewat aplikasi-aplikasi seperti zoom dan google clasroom dikarenakan social distancing yang terjadi karena COVID19. Di blog ini juga menceritakan tentang betapa serunya adik-adik kelas 7 yang baru masuk SMP Labschool JKT melakukan kegiatan MPLS meskipun secara online lewat zoom. Guru-guru di SMP Labschool JKT juga harus merasakan perbedaan dengan kegiatan mengajar mereka lewat online. Meskipun kita belum terbiasa dengan cara belajar seperti ini, tetapi saya semangat untuk belajar. Semoga pandemi COVID19 ini cepat selesai dan kita bisa bertemu di sekolah. Terimakasih Omjay telah membuat blog yang sangat informatif.

  175. Assalamualaikum wr.wb, halo, saya Nayla Amabel Rasya dari kelas 8A – 22. Setelah saya membaca,menurut saya blog yang bapak buat ini sangat bermanfaat, inspiratif, informatif, menarik dan bagus untuk kita semua. Informasi yang tersedia juga sangat lengkap. Di keadaan pandemi covid19 sekarang ini kita tidak diperbolehkan belajar secara offline di sekolah, tetapi kita belajar secara online di zoom meeting hingga jam 12 siang. Dengan adanya situs ini, telah memudahkan kita. Seperti MPLS tahun ini untuk angkatan 29. Mereka mengikuti acara pengenalan lingkungan sekolah dengan hanya tatap mata di layar laptop.

  176. Assalamualaikum wr.wb. Halo Om Jay, Nama saya Daniya Zakira Putri kelas 8A absen 08. Setelah saya membaca blog ini, menurut saya blog ini sangatlah bagus dan bermanfaat, apalagi bagi kita yang belum terbiasa atau pertama kali menjalani sekolah online. Blog ini menerangkan tentang kegiatan sekolah online dan pengalaman guru dalam mengajar muridnya selama pandemi COVID -19 ini dengan jelas menggunakan bahasa yang santai. Blog ini juga menampilkan foto yang menarik, dan video yang menerangkan cara melakasanakan pjj dengan baik. Terimakasih Om Jay telah membuat blog ini. Saya menyarankan blog ini untuk ditunjukkan juga ke adik kelas kita agar mereka tahu bagaimana Labschool menjalankan sekolah online. Saya sangat berterima kasih sama semua guru yang berjuang keras mengajarkan kita di pandemi COVID-19 ini. Walaupun pandemi COVID-19 ini memisahkan kita dan kita hanya bisa bertatap muka melalui online, Kita tidak akan berhenti belajar dan mencari ilmu. Semoga pandemi ini segera berakhir agar kehidupan kita kembali seperti biasa lagi. Sekian komentar dari saya Wasalamualaikum wr. wb.

  177. Assalammualaikum wr wb , halo nama saya Kayla Ayu Salsabila dari kelas 8A absen 14 . Menurut saya blog ini sangat bagus , menarik , informatif , sangat bermanfaat , dan sangat inspiratif untuk sekolah – sekolah yang mau mengikutinya. Isi dari blog ini menurut saya sangatlah tepat untuk belajar bersama dengan teman – teman saya . Blog ini menjelaskan kegiatan murid – murid dari jam 06.00pagi sampai 12.00siang dan menjelaskannya sangat rinci . Blog ini juga bermanfaat di karenakan lagi corona ini jadi bisa mengurangi korban – korban yang suda kena corona. Blog ini sangat menarik untuk di baca apalagi terdapat cukup banyak foto dan video selama masa pembelajaran jarak jauh yang bisa menimbulkan rasa penasaran tentang apa saja yang di lakukan saat masa pembelajaran jarak jauh. Blog ini juga sangat bagus dengan menyusun kata – kata. Terimakasi omjay , Sekian komentar dari saya. Wassalamualaikum wr wb

    1. Halo Omjay nama saya Dharma Aqiela dari kelas 8A. Menurut saya blog ini sangat bermanfaat,informatif dan inspiratif bagi para pembacanya. Dengan membaca blog ini kita juga bisa mengetahui kerja keras yang telah dilakukan oleh OmJay dan guru – guru lainnya untuk bisa membuat kita belajar secara virtual dan lain sebagainya. Kami sebagai murid juga merasakan belajar online ini yang tentu tidak mudah. harus bolak balik masuk zoom, menghadapi koneksi internet yang kadang tidak stabil, dan kendala lainnya. Tentu kita sebagai murid masih dalam masa beradaptasi dengan belajar secara virtual ini. Saya sebagai murid hanya bisa berterima kasih atas perhatian dan kerja – keras Omjay dan guru – guru lainnya supaya kita murid – murid bisa belajar. Saya juga berharap masa pandemi ini bisa cepat berakhir dan kita semua bisa belajar secara normal.

  178. Haii nama saya Maheswari Keynar Nimpuna dari Kelas 8A. Menurut saya blog ini sangat bermanfaaat dan seru untuk dibaca. Blog ini juga menceritakan tentang kerja kerasnya guru selama masa pandemi ini, menceritakan hari pertama mpls, dan blog ini juga menjelaskan kegiatan dari jam 06:30 sampai jam 12:00 secara rinci.Bagi saya belajar via online membuat saya lebih disiplin terhadap tugas, dengan belajar 4 jam per hari saya bisa memahami materi dengan jelas dan setelah selesai sekolah saya mempunyai waktu yang banyak untuk mengulang kembali pelajaran, tapi bagi saya pembelajaran via online ini kadang membuat mata lelah karena menatap layar selama 4 jam. Tapi saya berharap masa pandemi ini cepat selesai supaya kita bisa belajar ke sekolah seperti dulu.

  179. Assalamualaikum wr.wb.. halo nama saya Hanii Naufala dari kelas 8A absen 12. Menurut saya isi blog ini sangat bagus dan sangat bermanfaat untuk dibaca, serta kami yang membaca pun jadi mengetahui perjuangan para bapak ibu guru untuk tetap melakukan belajar mengajar walaupun tidak bisa bertatap muka. Karena kita sedang dalam masa pandemi virus COVID-19 melakukan belajar online adalah pilihan yang tepat walapun memang tidak terlalu efektif. Tetapi jika dilihat dari sisi positifnya saya menjadi lebih bijak dalam menggunakan teknologi. Akan tetapi saya pribadi lebih menyukai pembelajaran yang dilakukan secara offline, karena kita tidak perlu menatap layar laptop atau hp dengan waktu yang lama. Sekian komentar dari saya.. terima kasih omjay.. Wassalamualaikum wr.wb.

  180. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    halo! nama saya Almadira Adelia Putri T dari kelas 8A. Menurut saya blog yang bapak buat sangat menarik dan tentunya memiliki banyak informasi dan manfaat di dalamnya. Dengan blog ini saya dan teman-teman saya dapat mengetahui kerja keras yang bapak dan ibu guru lakukan agar PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) ini dapat berlangsung dengan lancar dan menyenangkan.

    Menurut saya dengan dilakukannya PJJ ini ada sisi negatif dan sisi positifnya. Sisi negatifnya adalah kita harus menatap layar laptop atau handphone secara terus menerus yang akan mengakibatkan mata lelah dan tidak semua pelajar memiliki interet yang lancar. Sisi positifnya adalah kami sebagai pelajar tetap bisa melanjutkan pembelajaran yang menyenangkan. Walaupun begitu PJJ adalah cara satu-satunya agar virus corona tidak menyebar kemana-mana dan pandemi ini segera berakhir. Saya sebagai pelajar sangat berterima kasih untuk semua guru-guru yang sudah bekerja keras agar PJJ ini tetap berlangsung. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan dijauhkan dari virus corona. Aamiin…

    Sekian dari saya,
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  181. Halo nama saya Naraya S.E Pasaribu, menurut saya benar apa yang disampaikan oleh om jay di blog ini, kita harus merubah kebiasaan belajar kita yang biasa nya kita bertatap muka secara langsung, sekarang lewat kelas maya, seperti yang dikatakan om jay di blog ini tidur siang merupakan cara untuk mengistarahatkan tubuh kita setelah menatap laptop dari pagi sampai siang.Blog ini memberikan informasi tentang apa yang dilakukan guru dan murid saat masa pembelajaran melalui kelas maya seperti saat ini, tapi menurut saya pribadi kelas maya seperti yang dilakukan saat ini membuat mata lelah dan terkadang bosan karena menatap layar hp dari siang sampai malam.Sekian komentar dari saya maaf bila ada kesalahan.

    1. Assalamu’alaikum omjay, nama saya Calya Annora Paramartha dari kelas 7E. Saya sudah membaca blog omjay tentang PJJ dan kelas online di hari pertama MPLS ini. Sebenarnya Saya kurang menyukai kelas online, karena saya juga tidak terbiasa menggunakan laptop dan tidak bisa bertemu langsung dengan omjay, para guru, dan teman-teman. Saya juga ingin sekali bersekolah secara langsung, menggunakan fasilitas disana dan mengikuti ekskul serta kegiatan di Labschool. Tetapi Saya sangat menghargai para guru yang mengajar walau secara virtual, dan Saya cukup menikmati PJJ ini. Saya berharap dapat bersekolah kembali seperti biasa nya, dapat belajar secara langsung, bertemu teman-teman serta para guru di SMP Labschool. Saya juga berharap covid19 segera berakhir. Sekian komentar dari Saya wassalamua’alaikum wr. wb

  182. Halo Omjay nama saya Dharma Aqiela dari kelas 8A. Menurut saya blog ini sangat bermanfaat,informatif dan inspiratif bagi para pembacanya. Dengan membaca blog ini kita juga bisa mengetahui kerja keras yang telah dilakukan oleh OmJay dan guru – guru lainnya untuk bisa membuat kita belajar secara virtual dan lain sebagainya. Kami sebagai murid juga merasakan belajar online ini yang tentu tidak mudah. harus bolak balik masuk zoom, menghadapi koneksi internet yang kadang tidak stabil, dan kendala lainnya. Tentu kita sebagai murid masih dalam masa beradaptasi dengan belajar secara virtual ini. Saya sebagai murid hanya bisa berterima kasih atas perhatian dan kerja – keras Omjay dan guru – guru lainnya supaya kita murid – murid bisa belajar. Saya juga berharap masa pandemi ini bisa cepat berakhir dan kita semua bisa belajar secara normal.

  183. assalamualaikum wr.wb. Halo nama saya Muhammad Irfan Farih dari kelas 8A absen 19. menurut saya blog ini sangat bagus dan bermanfaat. Blog ini memiliki informasi yang menarik. Dan blog ini berisi kegiatan-kegiatan SMP Labschool selama pandemi COVID-19. Seperti suasana awal masuk sekolah, persiapan dan proses kegiatan, dan Jadwal waktu yang penting. Blog ini membuat saya memahami hal yang dilakukan guru-guru SMP Labschool selama PJJ. Isi blognya pun cukup menarik, karena dilengkapi dengan video dan gambar-gambar. Karena itu, saya menjadi lebih rajin saat belajar online. sekian komen dari saya, dan semoga pandemi COVID-19 ini pun lebih cepat berakhir. Terima kasih OmJay.

  184. Assalamualaikum wr.wb. Halo nama saya Adisty Rizkia Chandrasasi dari kelas 8A absen 2. Menurut saya blog ini sangat bermanfaat dan juga menarik, karena diblog ini menjelaskan kegiatan yang dilakukan para siswa dan juga guru saat masa PJJ. Dan juga blog ini membahas kegiatan MPLS kelas 7 yang dilakukan secara online, serta karena blog ini memberi foto serta video yang bisa menambah pengetahuan kita tentang kegiatan yg dilakukan pada masa PJJ. Selain itu Blog ini juga memiliki manfaat lainnya yaitu bisa mengurangi adanya korban covid 19. Saya sangat berterima kasih terhadap bapak/Ibu guru atas usaha ataupun kerja keras yang dilakukan saat masa pandemi ini. Sekian komentar saya mohon maaf bila ada kesalahan atas penyampaiannya Assalamualaikum wr wb.

  185. Assalamualaikum wr.wb, halo Om Jay, nama saya Yasha Hadirat Burmeister dari kelas 8A absen 32, menurut saya blog yang bapak buat sangat menarik dan bermanfaat untuk dibaca karena banyaknya informasi yang bapak tulis secara jelas di blog ini, blog ini menjelaskan tentang kegiatan guru mengajar dan MPLS online yang disertakan dengan beberapa video yang menarik, dengan adanya blog ini saya dan siswa lainnya mengetahui kerja keras guru SMP Labschool yang mengajar siswa lewat online, buat saya blog ini menginspirasi murid-murid agar tetap semangat saat melakukan pembelajaran secara online, tapi kalau saya disuruh memilih, saya lebih suka belajar secara disekolah dibandingkan belajar online.

  186. Halo pak Jay!! Nama saya Shakira Raifa dari kelas 8G (30)

    Menurut saya sih blog bapak keren banget dan memang perlu adanya informasi tentang pembelajaran jarak jauh selama karantina ini. PJJ selama pandemic covid-19 ini ada plus / minus nya. Kalau menurut saya yang enak selama karantina adalah kita gak usah berangkat ke sekolah pagi pagi karna sudah bisa bertatap muka secara daring. Kalau minus nya menurut saya sih untuk memahami materi agak lebih “susah” karna diajarkan-nya tidak secara langsung namun pelaksanaan PJJ & PSBB ini untuk yang terbaik selama masa pandemic covid-19 ini. Terimakasih pak Jay sudah membuat blog yang sangat informatif.

  187. menurut saya info ini bagus untuk di beritahukan kepada kita semua di saat covid-19 ini. ya walaupun ada kekurangannya juga seperti, kita tidak bisa bertemu teman baru dan guru2 secara langsung tetapi dengan virtual. itu saja sih komentar dari saya.

  188. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Halo Pak Jay. Saya Pelangi Sekar Langit dari kelas 7F. Saya sebetulnya tidak terlalu tertarik mengenai isi blog yang membahas tentang PJJ. Menurut saya pembelajaran secara PJJ itu membosankan karena kita tidak dapat bertatap muka secara langsung dengan teman-teman di sekolah dan juga dengan para guru labschool. Apalagi saya sebagai siswa baru labschool sangat ingin sekali bersekolah secara langsung di labschool, menikmati berbagai fasilitas-fasilitas keren yang ada disana.
    Tetapi karena kondisi yang memaksa kita semua untuk belajar secara PJJ, mau tidak mau saya harus tetap melakukannya.
    Walaupun saya tidak menyukainya, tetapi tetap ada keuntungan yang didapat dari pembelajaran secara PJJ ini, yaitu saya jadi tahu bagaimana proses pembelajaran secara PJJ yang menggunakan berbagai aplikasi seperti zoom, google classroom, instagram, dll. Setelah melihat blog ini, saya jadi tertarik untuk mempunyai blog pribadi, tetapi saya tidak tahu bagaimana cara membuatnya, saya berharap bisa belajar membuat blog dari Pak Jay yaaa…..😇🙏🏻

  189. Pendapat saya info ini sangat informatif dan perlu dibertahukan kepada murid murid,walaupun memiliki kekurangan seperti tidak dapat bertemu langsung dengan teman dan guru.

  190. Saya Akram Dari kelas 7E Absen 20
    Menurut Saya, Blog ini Sangat menarik dan informartif.Dapat memotivasi kita meskipun kita Melakukan PJJ kita harus tetap semangat dalam menuntut ilmu

  191. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, halo Om Jay, saya Aleeka Nadia Salsabila siswa dari kelas 7E absen 03. Pendapat saya mengenai blog tentang PJJ ini sangat menarik untuk dibaca, informatif, dan rinci. Penjelasan bapak di blog ini sangat jelas dan kalimat yang bapak gunakan enak dibaca. Sejujurnya, saya sangat tidak suka dan tidak nyaman dengan PJJ ini. Saya harus selalu menatap layar laptop yang membuat mata saya kering dan tidak enak juga saya harus terus duduk yang membuat badan saya terasa pegal. Materi yang dijelaskan pun lebih susah untuk ditangkap karena kadang ada masalah dengan jaringan. Apalagi, saya dengar bahwa Labschool memiliki kegiatan, ekskul, dan fasilitas yang sayang untuk di lewatkan. Tapi karena kondisi tidak memungkinkan, kita harus belajar dirumah sementara. Semoga bulan bulan depan sudah membaik dan kita dapat belajar tatap muka. Sekian dari saya. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Sehat selalu semuanya 🙂

  192. Halo nama saya Riung dari kelas 7e absen 23Pendapat saya mengenai blog ini omjay sangat baik dalam mengekspresikan pendapat dan pandangan yg sangat detail dan lengkap hingga hal terkecil pun dibahas saya sangat mengapresiasi tulisan bapak

  193. Sangat bermanfaat dan menarik. disini menejelaskan bagaiamana kegiatan yang akan dilakukan guru dan siswa selama PJJ,, disertai Video yang bisa menambah pengetahuan tentang kegiatan yang dilakukan selama PJJ.semoga Pandemi COVID-19 segera berlalu dan kita bisa beraktifitas seperti sedia kala ( belajar di sekolah) .

  194. assalamualaikum saya muhammad nafis reskyandra triadi dari kelas 7E.omjay info nya bagus terus blog nya juga keren menarik kerenlah pokoknya .isinya juga sangat bermanfaat,membuat kita mengetahui perjuangan guru di masa pandemi covid 19 ini,blog ini juga memberi tahu tentang kegiatan pembelajaran jarak jauh secara rinci dari jam 06.50-12.00.Blog ini juga memberitahu secara rinci kegiatan mpls.Blog ini juga menjelaskan banyak hal termasuk pertemuan orang tua secara virtual.Blog ini juga memberi tahu video kegiatan mpls yang sangat menyenangkan walaupun secara virtual.itu saja dari saya semangat terus omjay membuat blog yang menarik dan informatif ini.

  195. Assalammualaiku Wr.Wb saya ingin berkomentar bahwa blog Omjay sangat bagus, bermanfaat, dan perlu diberitahu kepada orang orang lain saat masa pandemi ini. Menurut saya pembelajaran PJJ saat ini biasa saja karena saya bisa lebih santuyyyyyyyy dan PRnya sedikit. Walaupun sedikit membosankan seperti tidak bisa bertatap muka dengan guru-guru Labschool dan tidak bisa bertemu dengan teman teman Labschool. Saya ingin sekali merasakan fasilitas yang ada di Labschool seperti tempat membaca dan lain-lainnya. Tapi karena kondisinya seperti ini jadi kita harus tetap stay di rumah sampai Covid 19 ini berakhir, aminn ya Allah. Sebenarnya saya mau tau cara membuat blog seperti ini, semoga nanti jika pandemi ini sudah berakhir Omjay bisa mencontohkan cara membuat blog seperti ini di pembelajaran BTIK di sekolah SMP Labschool Jakarta. Sepertinya ini saja yang bisa saya sampaikan atau comment, semoga Omjay makin sukses dan buat lagi ya Omjay blognya Wassalammualaikum Wr.Wb.

  196. Halo Omjay, perkenalkan nama saya Zahra Ramizah Alya absen 32 dari kelas 7E. Saya disini ingin memberikan pendapat tentang masa online learning ini. Pastinya teman-teman angkatan 29 sangat senang keterima di Labschool, pasti banyak yang sudah berandai-andai betapa akan serunya MPLS bertemu secara langsung, tapi itu semua harus pupus akibat adanya covid-19 ini, pasti banyak yang mengeluh dan kecewa ,tetapi banyak dari kita lupa bahwa yang berjuang bukan hanya murid-murid saja , guru pun juga berjuang dari pagi sampe malam berdiskusi tentang bagaimana cara membuat masa online learning ini seru dan berkesan , bukan hanya untuk kelas 7 tetapi seluruh warga sekolah baik guru dan murid. Jadi alangkah baiknya kita saling menghargai perjuangan masing-masing individu dan tetap bersemangat dalam menjalani masa online learning.

  197. Halo OmJay! Saya Qyara Zalfa Syaularifa kelas 7E nomor absen 27. Menurut saya blog ini sangat bermanfaat,iformatif,dan sangat rinci.
    Karena di saat pandemi covid-19 ini kita belajar online dari berbagai aplikasi yang menurut saya sudah sangat efektif, walaupun tidak bisa bertemu secara langsung tetapi masih bisa ditolong oleh zoom meeting, google classroom, modle, dan masih banyak lagi. dan walaupun sekolah hanya bisa sampai jam 12 00 tidak seperti dulu tetapi masih menyenangkan.Jujur mata saya juga merasa pegal dan terkadang harus menggunakan kaca mata hehehe, terkadang saya juga kakinya kram (mungkin efek duduk di meja belajar dalam jangka yang cukup lama dan jarang melakukan perenggangan) tapi tak apalah.Semuanya berjalan dengan lancar walaupun terkadang banyak kendala. But overall itu udah bagus banget. Saya harap blog ini semakin maju lagi dan labschool semakin jaya amin…

  198. Assalamualaikum om jay saya panji dari kelas 7e
    Sebenarnya saya tidak suka membaca blog apapun, tetapi setelah saya membaca blog om jay saya merasa terkesan, saya tidak suka yang namanya sekolah online atau apapun itu karena sekolah online sangat membosankan karena tidak bisa bertemu teman guru dan yang lainnya lalu saya tidak suka karena bosan hanya bisa duduk selama kurang lebih 1 jam sambil
    Melihat laptop secara terus menerus, tetapi saya merasa saya menjadi tahu apa itu teknologi
    Seperti zoom atau classroom. saya ingin menulis blog seperti om jay tapi saya tidak punya bakat menulis, saya sangat teekesan dengan blog om jay. Saya harap pandemi ini cepat berlalu dan saya bisa merasakan bagaimana menjadi anak labschool yang sebenarnya
    Pastinya sangat senang dapat bertemu teman baru, bisa merasakan fasilitas yang ada di labschool, dan bertemu guru guru di labschool. Saya hanya bisa berdoa semoga pandemi ini cepat berlalu amin……

    Sekian komen dari saya kurang lebihnya mohon maaf wassalamualaikum wr wb🙏🙏🙏

  199. Masyaa Alloh luar biasa Omjay selain guru besar yang kreatif juga seorang penulis yang hebat, tentunya media ini dapat membantu kita semua agar mempermudah kita dalam kegiatan pembelajaran dan komunikasi untuk semua pihak baik, guru, orangtua dan siswa itu sendiri. semoga saya dapat mengikuti jejak sekolah omjay yang super keren dan melek IT ini

    1. Subhanallah, kisah yang mungkin tak akan terulang setahun atau berpuluh tahun kemudian. Kondisi yang semua orang tak pernah membayangkan akan terjadi. Pembelajaran jarak jauh yang akhirnya harus dialami, dan guru mengajar terpisah raga dengan siswa.
      Untuk sekolah di kota besar tak jadi halangan untuk menggunakan semua fasilitas online semisal zoom untuk pembelajaran. Membaca blog Om Jay tentang awal pembelajaran daring, duuuhhh… jadi sangat iri, iri karena bisa berbagi dengan siswa, meski tak bisa secara langsung, hehe… bisa melihat wajah siswa, meaki hanya sekotak kecil gambar di laptop. Tapi sedikit mengurangi rasa kerinduan melihat wajah-wajah siswa.
      Guru di daerah yang hp pun siswa masih banyak yang belum punya harus memutar otak agar pembelajaran tetap bisa berjalan.
      Ah.. semua disyukuri saja. Om Jay dengan segala kesibukan berbagi nya, mudah-mudahan Allah sehatkan selalu agar terus bisa berbagi, bukan hanya dengan siswa, tapi juga dengan guru-guru pengajar para siswa di seluruh Indonesia, pembentuk peradaban Indonesia ke depan. Amal sholeh yang akan beranak pinak hingga sampai ke akhirat.
      Makasih Om, sudah banyak berbagi…

  200. Assalamualaikum, Halo omjay. Perkenalkan saya Safa Alzena Riszy no absen 30, dari kelas 7E. Menurut saya blog ini memiliki banyak informasi yang tentunya sangat bermanfaat. dengan blog ini kita dapat mengetahui bahwa tugas guru tidaklah mudah untuk menyelenggarakan PJJ dengan lancar. Dan tentunya tugas murid juga tidak mudah, karena kita harus keluar masuk zoom apabila internetnya bermasalah. Tapi tentunya dibalik ini semua terdapat sisi positifnya juga, dengan PJJ seperti sekarang kita jadi lebih memahami bagaimana penggunaan aplikasi seperti zoom, google classroom, dan lain-lain. Semoga pandemi COVID-19 ini segera selesai, dan kita dapat melakukan aktivitas seperti normal. Aminnn…

  201. Saya lumayan terkesan dengan bapak Wijaya kusuma. Blognya begitu menarik dan inspiratif.Bapak Wijaya Kusuma mengajarkan kami tentang dampak dampak korona. Bapak Wijaya Kusuma menceritakan tentang hari hari awal masuk sekolah serta mpls.Dia juga menceritakan tentang pengalamannya dalam mengajarkan sekolah Online dan kelas maya.Beliau tetap mengajar walau mata lelah karena terus terusan melihat layar gadget,tapi itu bisa diringankan dengan istirahat atau tidur siang. Guru guru dipaksa merancang pembelajaran jarak jauh atau PJJ yang efektif. Pembelajaran yang seru bisa membuat para siswa lebih enjoy serta lebih senang.Siswa senang guru pun senang

  202. Assalamualaikum om jay, saya Aretha Aara Ayska dari 7E. Jujur saja saya kagum dengan bapak yang berprofesi sebagai guru dan seorang blogger, bapak bisa menginspirasi orang banyak dengan tulisan tulisan bapak. Saya setuju dengan bapak, bahwa kita memang harus belajar tentang kebiasaan baru. Kejadian covid19 yang tidak pernah terkira ini memang membuat kita tidak bisa bertemu secara tatap muka, tapi tentu saja itu tidak akan menghalangi para guru untuk mengajar murid murid baru. Dengan blog ini, saya bisa mengerti betapa guru guru berusaha agar kami tetap mendapat ilmu selama di tengah pandemi, insya allah kami para murid akan berusaha sebisa mungkin agar dapat membanggakan para guru guru yg sudah berjuang bagi kami. Baru seminggu lebih saya di Labschool, saya sudah mulai bisa beradaptasi dengan jadwal pelajaran labschool. Saya juga mulai berteman dengan teman teman sekelas saya. Saya senang di Labschool karena gurunya baik dan selalu membuat proses pembelajaran menjadi lebih seru. Walaupun sebenernya saya juga tidak terlalu suka PJJ, tapi saya harus beradaptasi dengan kebiasaan baru ini. Semoga masa pandemi covid19 ini cepat berlalu. Amin.

  203. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Nama saya Rania Khansanadhifa Janeeta, kelas 7E, absen no. 29.
    Saya ingin memberikan pendapat saya tentang pembelajaran online atau PJJ.
    Menurut saya pembelajaran online atau PJJ itu kurang seru karena tidak bisa bertemu dengan teman-teman secara langsung, karena kita hanya bisa bertatap muka secara online melalui zoom meeting.
    Pada hari Senin, 13 Juli 2020 – Jumat, 17 Juli 2020, saya mengikuti kegiatan MPLS secara virtual, tidak enak rasanya karena tidak bisa bertemu langsung dengan teman atau guru. Tetapi karena materi yang dibawakan pada saat MPLS sangat seru dan membuat semangat, saya menjadi semangat untuk mengikuti kegiatan MPLS.
    Pada hari Senin, 21 Juli 2020 – Jumat, 24 Juli 2020, saya mulai mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh atau PJJ, sebenarnya pembelajarannya sama seperti belajar seperti biasa, bedanya pada masa covid-19, kita mengikuti pembelajaran jarak jauh atau PJJ dengan menggunakan zoom meeting, sebenarnya lebih capek karena saya harus terus duduk dan menatap laptop selama berjam-jam, tetapi saya juga diberi waktu istirahat dan saya bisa mengisi waktu istirahat saya dengan melakukan kegiatan yang membuat badan saya bugar dan dapat menjalani aktivitas dengan semangat kembali.
    Harapan saya semoga pandemi covid-19 segera berakhir, agar kita bisa menjalani aktivitas secara normal seperti biasa kembali, aamiinn..

  204. Assalamualaikum dan salam sejahtera buat Om Jay yang jauh disana.. ( hahaha.. lebay)
    Perkenalkan nama Saya Pipin Amalia,dari Bondowoso Jawa Timur Indonesia. Nomer HP. 082232786328 (lengkap yaaak) Kali aja ada yang mau jalin silaturahmi nambah sodara gtu. Jujur awalnya saya tidak suka ikut kegiatan online semacam ini, tapi atas dukungan dan ajakan teman sejawat akhirnya saya terpaksa ikut juga. ternyata, setelah saya menjalaninya dengan rutin dan mengikuti kegiatan kelas, akhirnya malah ketagihan dan terus semangat untuk menulis. Niatnya bukan untuk mengalahkan Om Jay dalam menulis yaaak, karena saya yakin saya cuma blogger pemula yang belum punya nama. heheh . Cuma iseng aja meluapkan hobby menulis yang baru saya sadari sekarang. ternyata saya juga bisa menulis lo. Hebat kan akoh. (bukan ujub, tapi bangga pada diri sendiri). Malah sekarang berkat ikut webinar Belajar Menulis bersama Om Jay saya punya Blog sendiri. Alamat Blognya: https://catatanmamapipin.blogspot.com/
    Silakan buat kawan-kawan yang mau mampir. Saya gak akan marah atau emosi karena saya orang yang baik hati dan tidak sombong. Tolong tinggalkan jejak juga dikolom komentar dan alamat blog masing-masing biar saya juga bisa silaturahmi. sekian. Semoga kegiatan seperti ini akan berlanjut terus dan bermanfaat buat kita. Terima Kasih Om Jay. Salam Literasi. Wassalamualaikum Wr. Wb

  205. Assalammualaikum, Omjay saya Arkadira W. dari kelas 7E & No. absen 08. Menurut saya saat membaca blog ini saya terkesan dengan Omjay. Blognya begitu menarik dan dapat memperdalam ilmu. Omjay mengajarkan kami tentang dampak dari COVID-19. Omjay juga menceritakan tentang pengalamannya hari awal masuk sekolah online serta Mpls. Beliau tetap mengajar walau mata lelah dan pegal karena melihat layar gadget terus, tetapi Omjay tidak menyerah agar muridnya dapat memahami pelajaran yg diberikan oleh Omjay . Guru – guru dipaksa untuk merancang pembelajaran jarak jauh atau PJJ yang efektif dan mendalam. Sehingga pembelajaran jarak jauh bisa membuat para siswa – siswi lebih enjoy pelajaran serta relaxing karena tidak terburu – buru. Mudah mudahan guru – guru di Labschool semangat dalam mengajar murid – muridnya agar dapat memperdalam ilmu yang banyak dan mari berdoa agar kegiatan Pandemi COVID-19 ini segera selesai. Wassalammuallaikum 🙂

  206. Assalamualaikum, Perkenalkan saya Rita Rosidah yang ada dikelas Om Jay…Cerita Om Jay begitu ringan dan enak dibaca. Masa pandemi covid-19 ini dunia pendidikan banyak berubah. Pembelajaran yang digunakan yang tepat saat ini adalah pembelajaran jarak jauh. Hal ini untuk menghindari terpaparnya covid-19. Perubahan drastis ini pada awalnya ada keterpaksaan di dalamnya. Guru yang semula cuek dengan IT harus berlari mengejar ketinggalan. Peserta didik yang awalnya malas membaca harus digiring dilatih membiasakan diri membaca. Dari keterpaksaan menjadi hal yang biasa.Pembelajaran biasa dengan pembelajaran di dunia maya adalah hal yang sangat berbeda. Pembelajaran di dunia maya membutuhkan persiapan yang matang baik untuk gurunya juga peserta didiknya dalam hal IT. Betul kata Om Jay, dengan menggunakan IT kita bisa beraktivitas memberikan materi lebih dari satu kelas. Begitu mudahnya beraktivitas dengan perantaraan internet. Tentu saja kegiatan ini harus dilaksanakan dengan hati senang. Kalau hati senang maka pembelajaran akan mudah dicerna dan dipahami. Saya ikut senang dan bangga dengan sekolah Labschool Jakarta yang sudah sukses melaksanakan kegiatan PJJ ini dengan sarana yang lengkap. Semoga pandemi ini cepat berlalu, sehingga kita bisa belajar secara normal seperti biasanya. aamiin

  207. Assalamualaikum Omjay,saya adalah Arby Despian dari kelas 7E nomor absen 6.Bagi saya isi blog ini tidak terlalu menarik, tapi infromasi yang diberikan sangat berguna bagi saya. Blog ini menjelaskan bagaimana kita akan belajar selama pandemi vius corona. Dan bagi saya belajar secara online menyenangkan karena tidak harus berpegian ke sekolah , sehingga global warming menurun drastis karena kita tidak beraktifitas terlalu banyak .
    Sekian dari saya.
    Wassalamu’alaikum wr wb
    Arby

  208. Assalamualaikum ,saya adalah Pandji Gadjah Mada dari kelas 7F nomor absen 28.Bagi saya isi blog ini tidak terlalu menarik, tapi infromasi yang diberikan sangat berguna bagi saya. Blog ini menjelaskan bagaimana kita akan belajar selama pandemi virus corona. Dan bagi saya belajar secara online menyenangkan karena tidak harus berpegian ke sekolah , sehingga global warming menurun drastis karena kita tidak beraktifitas terlalu banyak .
    Sekian dari saya.
    Wassalamu’alaikum wr wb
    Pandji

  209. Menurut saya bacaan ini sangat mengedukasi siswa – siswi untuk semangat walaupun sekolah lewat online.

  210. Mantap pak blognya,menjelaskan tentang apa yang terjadi sekarang ini. Sekolah online memanglah tidak seru,cuman ini semua harus diterima seikhlasnya karena itu semua demi keamanan nyawa kita ditengah pandemi covid begini

  211. altamsyah danish dhiyaulhaq kelas 7f absen 03

    saya sangat setuju dengan blog ini blognya juga sangat menarik untuk di baca dan juga terdapat vidio vidio yang menarik

  212. Assalamualaikum , Saya Kemal Al Ghifari Dari Kelas 7F(20) : Menurutku blog ini sangat berguna karena blog ini menceritakan tentang bagaimana sekolah daring / sekolah yang tidak secara langsung bertatap muka pada saat masa pandemi virus Corona. Wassalamualaikum Wrb.

  213. nama: alvietta salsabila tanjung
    kelas: 7F
    pengalaman paling berkesan: saat mpls karena kita bisa kenlan dan bikin temen =>

  214. Assalamualaikum,
    saya Athayeris Salsabila Indarsso, Kelas 7F, no absen 8,
    Menurut saya belajar online saat pandemi dapat membantu karena dapat mengurangi penyebaran covid-19. Blog nya bagus dan kreatif dalam mendeskripsikan kegiatan pembelajaran online. Kegiatan MPLS 2020 memang dilaksanakan online namun kegiatan tetap berlangsung efektif, berjalan lancar, dan narasumber memberikan informasi yang menarik dan bermanfaat.
    Wasssalamualaikum,
    Athayeris Salsabila Indarso

  215. assalammualaikum omjay , saya andrea aqueena malika dari kelas 7F no absen 06 , menurut saya blog ini sangat menarik , kreatif dan informatif . karena blog ini menjelaskan cara kita melakukan pembelajaran jarak jauh pada saat pandemi covid 19 jadi blog ini sangat menarik untuk di baca pada saat pandemi ini . wassalamualaikum wr wb.

  216. Menurut saya sekolah di pandemi memamg memaksakan siswa – siswinya belajar maya / online. Tapi blog ini dapat menceritakan keadaan selama sekolah maya / online. Blog ini menjelaskan bagai mana cara sekolah online yang baik dan benar

  217. Selamat pagi Omjay,saya adalah Satrio Wibisono Prasetyo dari kelas 7F, nomor absen 32. Menurut saya blog ini bagus. Blog ini menjelaskan cara kita belajar dirumah selama masa virus corona. bagi saya belajar secara online tidak terlalu seru karena saya tidak bisa bertemu dengan teman-teman dan bapak ibu guru secara langsung.
    Sekian dari saya, Terima kasih.

    -Satrio Wibisono Prasetyo

  218. Saya sangat setuju dengan blog ini. COVID-19 sangat berpengaruh ke hidup kita. Biasanya kita selalu belajar bertatap muka, namun sekarang kita belajar online di rumah. Walau kita belajar di rumah, ada hal yang positif juga, seperti guru dan murid bisa multitasking. Blog ini juga sangat berguna untuk saya karena blog ini bisa menyeritakan tentang pengalaman guru-guru dan siswa-siswi. Menurut saya, belajar di rumah sangat bagus karena kita bisa lebih santai, namun banyak juga hal negatif jika kita belajar di rumah, seperti kita susah fokus, dan lain-lain.
    Sekian dari saya
    Andra 7F/30

  219. altamsyah danish dhiyaulhaq kelas 7f absen 03

    asalammualaikum omjay saya altamsyah danish dhiyaulhaq , saya sangat setuju dengan blog ini blognya juga sangat menarik untuk di baca dan juga terdapat vidio vidio yang menarik ,blog ini menjelaskan tentang belajar daring dari rumah saat pandemic, bagi saya tidak menyenangkan belajar dari rumah karna tidak dapat bertemu teman baru

    sekian dari saya
    wasalamualaikum wr wb

  220. assalamualaikum nama saya Fauzi Putra menurut saya tentang blog ini menarik cuman saya kurang suka PJJ karena kurang efektif tapi gampang dipahami jika belajar.

  221. Assalamualaikum, saya Shareefa Khadeeja dari kelas 7F absen 33, menurut saya blog ini cukup menarik. Kita bisa mengetahui apa yang dilakukan saat masa perkenalan linkungan sekolah, pembelajaran jarak jauh guru gurunya sangat mengetahui cara mengatasi pembelajaran yang tidak tatap muka langsung karena ada pandemi covid-19
    sekian, wassalamualaikum wr.wb

  222. Assalamualaikum Omjay, saya adalah Fakhrizan Rashadiya Harri dari kelas 7F nomor absen 15.
    Menurut saya blog ini informasi nya sangat berguna untuk saya.
    Karena blog ini menjelaskan bagaimana kita belajar saat pandemi.
    Semoga Covid-19 berhenti secepat mungkin.

  223. Assalamualaikum..saya Azita Faizah Azhar dari kelas 7F nomor absen 10. Menurut saya blog ini tidak terlalu menarik, tapi informasi yang diberikan sangat berguna untuk saya. Di blog ini menjelaskan bagaimana kita belajar selama pandemi ini.Bagi saya belajar online lumayan seru karena kita tidak perlu pergi ke sekolah,tetapi kadang membosankan karena kita tidak dapat bertemu dengan teman dan guru-guru nya.Dan karena selama pandemi virus corona ini kita tidak sering bepergian kemana-mana sehingga asap polusinya berkurang.
    Itu saja dari saya,terimakasih
    Wassalamu’alaikum…
    -Azita-

  224. Assalamualaikum saya Muhammad Raidauzan Tsaqif dari kelas 7F absen 22. Menurut saya isi blog ini sangat bagus. isinya sangat menarik.
    isinya tentang jangan menyerah karena sedang pandemi ini dan cara belajar agar tidak bosan.

  225. assalamualaikum nama saya adalah navia nariswary dari kekas 7F absen 26 menurut saya blog ini sangat bagus dan menarik.Karena yang dibahas tentang bagaimana belajar online itu.Walaupun kita tidak bisa bertemu secara langsung.Kita menjadi lebih pintar dalam menggunakan elektronik canggih seperti laptop yang biasa kita gunakan untuk zoom dan mengerjakan serta mengirim tugas.Menurut saya hal itu sangatlah menyenangkan.Dengan belajar online saat pandemi ini juga dapat mengurangi kemcetan dijalan karena tidak ada yang berangkat kesekolah sehingga dapat mengurangi pencemaran udara karena asap kendaraan
    sekian dari saya wassalamualaikum wr wb
    navia

  226. Assalammualaikum Wr Wb
    Nama saya Naura Zuri Humaira kelas 7F absen 25.
    Menurut saya pembelajaran jarak jauh atau PJJ itu membosankan karena saya tidak bisa bertemu dengan guru-guru dan teman-teman disekolah, tetapi menurut saya blog ini sungguh menarik karena informasi-informasi yang terdapat dalam blog ini menyimpulkan kegiatan kegiatan yang dilakukan oleh siswa-siswi Labschool pada masa pandemi ini dari pagi sampai selesai.
    Wassalammualaikum Wr Wb

  227. Nama saya Indira Aisyah Putri dari kelas 7F absen 18. Selama masa pandemi ini, kegiatan belajarpun menjadi berubah,sehingga kita hanya bisa melakukan kegiatan belajar hanya dengan aplikasi-aplikasi. Menurut saya blog ini menarik karena menjelaskan mengenai kegiatan PJJ selama masa pandemi ini, walaupun sebenarnya kita tidak bisa bertemu secara langsung hanya melalui aplikasi seperti zoom tapi kegiatan PJJ tetap terasa menyenangkan. Melalui aplikasi kita dipermudahkan untuk melakukan kegitan sekolah ini, sehingga kita bisa bertatap muka walaupun hanya dari layar komputer maupun leptop

  228. assalamualaikum, nama saya Alifa Rizqia dari kelas 7F absen 2. Menurut saya isi blog ini lumayan menarik karena informasi dari blog ini tentunya bermanfaat. menceritakan cerita yang kita semua rasakan yaitu belajar dari rumah, walaupun tidak semenyenangkan sekolah secara langsung, namun memang karena pandemi Covid 19 memang PJJ adalah cara terbaik untuk tetap belajar. Cerita diblog ini sangat related dengan kehidupan kebanyakan siswa yaitu hanya dirumah dirumah dan dirumah. Lalu saya juga menjadi tahu bahwa tidak mudah bagi guru untuk menyelenggarakan PJJ ini. Tentu ada saja perasaan sedih karena tidak bisa sekolah langsung, karena sebagai siswa baru saya sangat senang diterima di Labschool namun karena pandemi mengharuskan kita tetap dirumah. Semoga Covid 19 ini cepat berlalu dan kita semua dapat beraktivitas seperti biasa, semoga kita semua tetap sehat. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

  229. Nama saya Nyoman Agastya Ray P. dari kelas 7F dengan nomor absen 27. Bagi saya membaca blog ini membuat saya sangat terkesan walaupun saya tidak terlalu suka membaca blog, blog ini sangat menarik bagi saya, penjelasan bapak di blog ini sangat jelas dan kalimat yang bapak gunakan enak dibaca. blog ini menjalaskan bagaimana kita akan belajar selama terdapat virus korona ini dengan PJJ. Sejujurnya, saya sangat tidak suka dan tidak nyaman dengan PJJ ini, saya harus menatap layar dalam waktu yang lama. Tetapi saya setuju dengan Om Jay bahwa kita perlu membiasakan belajar dengan PJJ ini, dan dari blog ini saya sebagai siswa sangat menghargai dan mengapresiasi perjuangan guru-guru labschool. Blog ini juga sangat memberi semangat kepada para guru dan siswa yang belajar maupun mengajar. Semoga pandemi COVID-19 ini segera selesai. itu saja dari saya semangat terus omjay membuat blog yang menarik dan informatif ini!!

  230. Assalamualaikum perkenalkan nama saya Aqilla putri kineisha dari kelas 7F, menurut saya blog ini memiliki cerita yang ringan sehingga sangat mudah untuk dipahami tetapi di dalam blog ini juga sangat inspiratif. Blog ini menceritakan apa yang kita lakukan selama menjalankan kelas online ini dan juga menjelaskan apa saja masalah yang dialami para guru ketika mengajar di kelas online. Blog ini juga sangat rinci untuk di baca apalagi terdapat cukup banyak foto dan video selama masa pembelajaran jarak jauh. Wassalamualaikum WR. WB

  231. Assalamualaikum. Saya Aisyah Nur Zahiyah ,dari kelas 7F ,absen 1. Menurut saya blog ini mempunyai informasi yang menarik, karena blog ini menjelaskan dampak covid-19. Dan karena pandemi ini, kita harus belajar dari rumah. Menurut saya belajar dari rumah itu kurang seru karena tidak bisa bertemu dengan teman-teman dan guru baru di sekolah. Tapi dari pandemi ini juga ada dampak positif seperti berkurangnya polusi di udara. Memang balajar dari rumah itu membosankan tetapi, kita harus sabar melakukanya dan dengan senang hati. Semoga pandemi ini cepat berlalu, sehingga kita bisa bertemu dan belajar langsung di sekolah.
    Sekian dari saya.
    Wassalamualaikum wr wb.

  232. Assalamualaikum,nama saya Muhammad Nabil Rachman ,kelas 8F,absen 23,menurut saya blog ini sangat bermanfaat untuk semua siswa SMP Labschool ,karena bahasa yang digunakan sangat mudah dimengerti,walaupun dimasa pandemi virus corona ini ,belajar tetap dilaksanakan melalui Zoom,google classroom,dll. dan menurut saya Pembelajaran Jarak Jauh/Online ini adalah pengalaman yang baru saya rasakan selama sekolah ,sebenarnya saya lebih suka Pembelajaran melalui tatap muka langsung, karena ketika guru sedang menjelaskan materi ,semua siswa dapat mudah dipahami ,kalau pembelajaran jarak jauh ini,yang saya alami adalah ketika zoom/guru sedang menerangkan materi,saya kurang memahami materi yang disampaikan secara online dan juga tidak konsentrasi/tidak fokus.
    tapi saya harus bisa adaptasi dengan situasi seperti ini,sekian komentar dari saya,wassalamualaikum wr.wb.

  233. Hi om jay!, saya Adhifa dwiarifin absen 1 dari kelas 7E. blog ini sangat menarik dan informatif sekali. Dan disini Saya ingin menyampaikan pendapat saya, menurut saya masa online leraning sedikit melelahkan karna harus melihat gadget setiap saat. namun rasa lelah sedikit hilang saat brtemu dan berkenalan dengan teman baru. Pagi pagi kami yang biasanya rapi-rapi langsung berangkat ke sekolah namun pada masa online learning ini berbeda habis rapi-rapi kamu langsung membuka laptop dan masuk ke kelas online. Kelas online ini membuat pengalaman belajar menjadi lebih menarik karna pertama kali kita melakukan pembelajaran online melalui virtual karna biasanya kita melakukan pembelajaran secara tatap muka.

  234. Assalamualaikum Wr. Wb., hallo Omjay, perkenalkan nama saya Fayla Rivadisha, absen 14, kelas 7E. Saya disini ingin memberikan pendapat untuk blog ini. Menurut saya blog ini sangat menarik dan bermanfaat karena isi dari blog ini sangat informatif, terutama saat pandemi covid-19 ini. Blog ini juga sangat membantu saya dalam pelaksanaan PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh seperti yang kita alami saat ini. Selain menarik dan bermanfaat saya juga sangat kagum dengan tokoh Omjay ini yang berkerja menjadi guru dan juga menjadi seorang blogger. Saya sangat terispirasi dengan tulisan tulisan Omjay yang sangat terstruktur rapi. Sekian dari saya kurang lebihnya mohon dimaafkan Wassalamualaikum Wr. Wb.

  235. Assalamualaikum pak jay, nama saya mairysya absen 21 dari kelas 7F.Menurut saya isi blog ini lumayan menarik.Karena kita bisa mengetahui bagaimana situasi saat MPLS secara online walaupun sebenarnya saya tidak terlalu suka belajar secara online.Karena kita tidak bisa belajar secara tatap muka serta tidak bisa bertemu dengan teman-teman dan guru.Tapi walaupun kurang efektif dan tidak menyenangkan kita harus tetap belajar secara online karna covid-19 ini.

  236. Untung rugi, dua kata ini hampir selalu beriringan. Ibarat dua sisi mata uang. Dalam sebuah peristiwa hal itu bisa dipastikan ada. Takarannya tidaklah selalu sama. Dan setiap orang dapat melihat dengan sudut pandang berbeda.

    Peristiwa pandemik wabah Corona yang sedang melanda saat ini, dapat dimaknai berbeda oleh setiap orang. Kita dapat melihat hal tersebut dari dua sisi dengan kacamata berbeda. Dari cara melihat, kita dapat menentukan apakah peristiwa itu menguntungkan atau merugikan.

    Pandemik Covid-19 mengubah kehidupan masyarakat Indonesia. Pemerintah menerapkan berbagai kebijakan yang bertujuan memutus rantai penyebaran Covid – 19.

    Kebijakan pembatasan interaksi sosial berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Kebijakan social distancing dan physical distancing menyebabkan guru dan siswa harus tetap tinggal di rumah. Sekolah-sekolah diliburkan. Fakta di lapangan meskipun sekolah diliburkan, pembelajaran tetap harus diselenggarakan. Guru dan siswa dituntut untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh, bagaimanapun situasi dan kondisinya.
    Guru harus tetap dapat menyajikan pembelajaran yang menyenangkan. Semoga dengan pembelajaran yang menyenangkan dapat memberikan kebahagiaan kepada semuanya.

    Kebahagiaan salah satu hal yang dapat meningkatkan imun tubuh. Sehingga kita dapat tetap sehat dan semangat dalam menjalani BDR.

  237. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    perkenalkan nama saya Alifa prameswari Hermawan dari kelas 7E no absen 04.
    Kehadiran saya disini, adalah untuk memberikan pendapat saya terhadap bolg / artikel yang di buat oleh omjay yang berjudul “Sekolah online dan kelas maya”. menurut saya, blog ini sudah menjelaskan dengan lengkap dan terperinci tentang proses belajar mengajar di kelas maya. Dengan membaca blog ini kita jadi tau apa saja suka duka belajar online, kegiatan – kegiatan yang dilakukan selama sekolah online dan juga pengorbanan guru – guru untuk tetap mengajarkan murid nya walaupun sedang di tengah tengah pandemi corona. Saya sendiri sebagai murid baru kelas 7 smp labschool jakarta merasakan sudah manis dan pahitnya belajar secara online. Artikel ini telah menjelaskan kegiatan belajar mengajar online dengan bahasa yang simple dan mudah dimengerti sehingga, saya sebagai pembaca tidak mudah bosan ketika membaca artikel ini. Artikel ini juga mudah di dapat hanya dengan beberapa ketikan jari. Kesimpulanya, menurut saya artikel ini sangat bagus dan juga telah menjelaskan dengan detail, jelas, dan terperinci sehingga pembaca dapat mengerti dengan baik kandungan yang ada di dalam artikel ini,
    Semoga bapak terus termotifasi untuk membuat artikel yang lebih baik dan lebih seru lagi untuk dibaca. Semoga bapak sehat selalu. sekian komentar dari saya terimakasih
    Wassalamualaikm warohmatullahi wabarokatu.

  238. Kondisi saat ini memberi bukti bahwa meski manusia makhluk paling sempurna namun di dunia ini bukan manusua satu-satunya yang memegang kendali. Makhluk yang lebih kecil dari bakteri pun mampu memberi arti. Hanya dengan kemampuan paling sempurna yang diberikan Allah SWT., kita harus mampu beradaptasi dengan beragam kondisi.

    Yang dilakukan Om Jay adalah bukti kemampuan yang seharusnya kita miliki. Tulisan Om Jay memberi celah bagi kita untuk menduplikasi cara dengan warna dan rasa yang berbeda. Adalah fakta bahwa setiap satuan pendidikan memiliki aksebilitas dan kapabilitas dalam menerapkan format daring maupun luring. kembali ke poin awal, disitu letak perbedaan kita manusia. kesulitan seharusnya memaksa kita untuk lebih kreatif lagi. Akan selalu ada celah dari tiap pintu yang terturtup.

    kemudian yang lebih penting dari itu semua, Om jay memberi visual bagaimana seharusnya seorang guru mencintai profesinya. Guru itu jangan dianggap pekerjaan namun pengabdian. Pengabdian pada Tuhan dan juga pada negara. Anda pasti tahu dimana letak apresiasi untuk sebuah pengabdian. Biula kita sudah menjadi seperi itu, tinggal menanti apresiasi yang akan Tuhan beri.

  239. Halo OmJay nama saya Dharma Aqiela dari kelas 8A. Menurut saya blogger yang bapak buat sangat bagus, informatif, dan bermanfaat bagi pembacanya. Blog ini menceritakan tentang kerja keras bapak dan merperlihatkan bahwa bukan murid saja yang bekerja keras dalam pembelajaran online ini secara virtual. Walaupun hanya belajar lewat virtual, setidaknya kami masih bisa menerima ilmu baru setiap harinya. Tentunya ada kekurangan belajar secara virtual seperti; internet yang lagi tidak bagus, bolak balik buka tutup website, keluar masuk room meeting zoom, dan lain sebagainya. Tentunya harapan saya itu supaya kita bisa belajar seperti biasanya di sekolah dan saya berterima kasih atas kerja keras bapak ibu guru untuk supaya kita bisa belajar dari rumah.

  240. menurut saya sekolah online ini menyenangkan karena guru mengajar tiidak terlalu serius.Sekolah online juga menambah waktu main saya dan waktu berkumpul dengan keluarga lebih lama.Tapi belajar online itu melelahkan karena dari jam 7 smpai jam 12 kita melihat layar

  241. nama: shaquilla maghfira
    kelas: 7D
    halo pak, menurut saya blog ini sangat bagus. saya jadi tau kegiatan para guru dibalik layar. kagum banget sama guru-guru yang multitasking, seperti zoom dengan dua device, atau mengajar sambil menilai dan lain-lain. saya juga jadi tau kegiatan pak wijaya dibalik layar seperti apa. semoga semua guru sehat selalu.

  242. Nama saya Nashabelle Adya (25) 7D

    Menurut saya blog ini bagus ,guru guru sudah memberi yang terbaik untuk mengajar siswa siswi labschool.Guru guru memberi effort yang luar biasa sampai harus multi tasking . Blog ini memberi tahu tentang pengalaman PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh walaupun susah tapi harus tetap berjalan.

  243. Halo nama saya Calista Zahira Daru R. Saya dari kelas 7D absen nomor 11. Menurut saya artikel ini sangat bagus, informatif, dan menarik pembacanya. Blog ini menjelaskan bagaimana kegiatan kita saat pembelajaran secara virtual. Blog ini juga menjelaskan kegiatan MPLS. Saya sangat tertarik pada artikel ini karena selain menceritakan kegiatan MPLS, artikel ini juga menjelaskan kerja keras para guru untuk mempersiapkan online class dan MPLS tersebut. Artikel ini juga sangat bermanfaat jika orang-orang ingin mengetahui kegiatan MPLS dari SMP Labschool Jakarta. Semoga kita bisa bertemu langsung di sekolah dan pandemi ini cepat selesai. Terima Kasih

  244. Nama saya Ayla Rizqia dari kelas 7D. Blog nya sangat informatif dan bermanfaat bagi yang membaca. Kita jadi tau enak dan tidak enak nya pembelajaran online dan jadi bisa lebih menghargai guru guru. Saya sendiri tidak suka belajar online, tapi karena corona kita semua terpaksa berdiam diri dirumah. Terima kasih para guru guru yang sudah membimbing selama pjj ini. Semoga pandemi ini dapat segera selesai, agar kita semua dapat beraktivitas seperti biasa.

  245. Nama saya Maryam Calista Mumtaz dari kelas 7D, absen 20.
    Menurut saya. artikel ini sudah sangat detail dan gampang di mengerti. Saya sendiri merasakan enak- tidaknya belajar maya. Tentunya banyak kekurangan belajar jarak jauh, tetapi saya bersyukur tetap bisa memperoleh ilmu walaupun secara virtual. Saya lebih memilih belajar seperti biasa, tapi sudah cukup puas dengan PJJ. Terima kasih atas kerja keras staf sekolah selama PJJ, semoga sehat selalu.

  246. Halo Om Jay. Menurut saya ini membuktikan bahwa manusia tidak dapat dilepaskan dari kemajuan teknologi. Bersyukur karena berkat kemajuan teknologi pembelajaran masih bisa dilakukan dan juga menunjukkan kerja keras para guru untuk memberikan yang terbaik kepada para muridnya.Tentunya dalam pembelajaran jarak jauh ini masih banyak terdapat kekurangan/kendala yang berada diluar kendali kita. Walaupun masih banyak hal posititf yang bisa kita petik dari pembelajaran jarak jauh ini, contohnya Multitasking. Namun, saya berterima kasih kepada para guru karena sudah bekerja semaksimal mungkin supaya pembelajaran bisa tetap terlaksana. Karena tanpa bantuan guru, seorang murid tidak bisa berbuat apa-apa.
    Nama: Havel Muhammad Hanif
    Kelas: 7D
    Alamat email: havelmuhammad@labschool.xyz

  247. Muhammad Kaysan Alfatih 7D absen

    Menurut saya bagus ada pembelajaran online. Meskipun cuma sampai jam 12 masih tetep seru. Saya sangat setuju dengan adanya istirahat karena kita liatin layer dari pagi sampai siang.Belajar dirumah memang hal yang baru tapi kita harus beradaptasi dengan rutinitas baru ini,tetapi belajar nya masih cukup sama di sekolah. semoga pandemi ini cepat berlalu agar kita bias bertemu langsung di sekolah. Saya lebih suka belajar secara langsung karena kadang ada masalah dengan koneksi saya. Tapi dengan adanya pembelajaran secara virtual kita bisa tetap belajar meski lewat virtual sekian dari saya terima kasih…

  248. assalamualaikum om jay nama saya aline Inara absen 3 dari kelas 7D.Menurut saya blog ini sangat menarik Karena dari sini kita bisa tahu bagaimana kegiatan pembelajaran ajaran baru secara online.Kita bisa tau kalau ternyata guru-guru labschool juga sibuk sekali dalam pembelajaran jarak jauh ini.Kalau dari pendapat saya tentang pembelajaran jarak jauh ini lumayan capek karena kita harus ada di depan layar laptop terus-terusan dan kita juga tidak bisa ketemu teman-teman dan guru-guru secara langsung.Semoga teman-teman dan guru-guru selalu sehat i dan semoga pandemi ini cepat selesai agar kita bisa melakukan kegiatan seperti biasa. Wassalamualikum Wr.Wb

  249. Artikel ini bagus, jelas dan informasinya bermanfaat sekali saya membacanya puas sekali,dan menurut saya sekolah pandemi itu akan merusak mata siswa karena siswa-siswa kebanyakan melihat screen laptop- Siswa belajar maya/ online opsi saya kalau kita zoom dan butuh search di google kita harus bolak balik dan buka tutup tab

  250. Hi omjay nama saya Tariq Yanuar Ardine dari 7D menurut saya blog yang bapak buat sangat bagus dan menarik untuk dibaca karena blog Omjay informatif dan bermanfaat bagi yang membaca. Blog in juga menceritakan kerja keras bapak dalam mengajar anak murid Bapak dan di blog ini juga memperlihatkan betapa rindunya guru dengan murid murid nya.Setidaknya kami masih bisa bertemu via online dan kami masih bisa menerima ilmu dari para guru via online. Tentunya dalam pembelajaran via online ada kekurangan tertentu seprti jaringan sinyal yang kadang kadang jelek dan materi kurang masuk dan lain sebagainya. Dan harapan saya pandemi ini cepat selesai supaya kami para murid bisa berjupa langsung di sekolah seperti biasa

  251. Perkenalkan nama saya Raffadhika Ryant M. dari kelas 7D, Absen 28, saya disini untuk memberikan pendapat saya tentang blog ini. Halo Om Jay, menurut saya blog ini sangat bagus dan penuh dengan informasi yang bermanfaat. saya sekarang tau apa yang dilakukan guru -guru sebelum kita memulai mpls. belajar virtual lewat zoom susah karena suka ada banyak masalah seperti Koneksi buruk, komputer ngefreeze dan lain lainnya, tetapi kami juga masih mendapat ilmu-ilmu yang bermanfaat dari bapak dan ibu guru. semoga pandemi covid-19 ini bisa berakhir sehingga kita bisa belajar secara tatap muka kembali seperti biasa.

  252. nama : muhammad yasin thalib santoso
    kelas : 7D
    assalamualaikum wr. wb.
    halo om jay saya M.Yasin Thalib santoso menurut saya blog ini sangat berguna saat keadaan sepert ini (pandemik corona) . saat pandemik semua orang dapat belajar di rumah secara online dan belajar bersama keluarga.selain belajar , polusi udara dan air mulai berkurang. mugkin kita senang belajar di rumah tetapi ada beberapa yg tidak menyenangkan seperti kita harus keluar dan masuk zoom saat pergantian kelas,mungkin saat zoom internet akan jelek atau ngelek , dan terutama tidak bisa bertemu dengan langsung bertatapan. walaupun kita dirumah tapi kita masih menambah ilmu , menjadi lebih disiplin ,dan lebih siap belajar. semoga blog om jay berguna untuk siswa/siswi dan guru guru menjadi belajar online. sekian dari saya wasalamualaikum wr wb

  253. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Ini dari Rafa Arfanandito 7D / 27
    Saya bilang blog ini bagus informatif dan sangat bagus. Blog ini menceritakan tentang kerja keras bapak, walapun belajar online kita dapat menerima ilmu , tetapi masih ada kekurangan seperti wifi lagi tdk bagus keluar masuk zoom meeting harapan saya pandemi ini cepat berlalu dan kita dapat balik ke normal dan masuk ke sekolah dan tidak belajar lewat online.
    Wassalamualaikm warohmatullahi wabarokatu.

  254. Assalamu alaikum wr wb. Hai Omjay. Nama saya Humaira dari kelas 7D, absen 17. Menurut saya blog ini cukup menarik sebagai informasi bagi pembacanya tentang pengalaman belajar selama pandemi. Walau waktu yang digunakan untuk sekolah lebih sedikit dibanding sekolah tatap muka biasa, kita masih dapat melakukan kegiatan belajar-mengajar dengan baik. Tentunya tetap ada beberapa kendala yang dialami saat menggunakan zoom atau aplikasi lainnya. Maka tentunya saya berharap pandemi covid ini dapat cepat selesai sehingga kita dapat belajar seperti biasa lagi 🙂

  255. halo Om Jay Saya Fatih Alexander DIldar kelas 7D absen 15 komentar saya tentang apa yang Om Jay sampaikan di BLOG ini sangat berhungan dengan kehidupan sekarang. Masa pandemi seperti ini memang susah untuk berkomunikasi karena terkadang sinyal yang jelek, tiba-tiba terputus dari zoom dan masalah-masalah lainnya . Tapi ini adalah cara belajar yang terbaik harus yang diambil untuk memutus rantai virus corona. Walaupun belajar hanya sampai jam 12 dan setiap jam pelajarannya dikurangi tapi lelahnya sangat terasa karena kita duduk berjam-jam dan terus menatap layar komputer, laptop atauoun HP. Saat pagi jam 6:30 kita sudah harus siap untuk belajar. Membuka laptop dan masuk ke ruang zoom total dari jam 6:30 sampai jam 12:00 kita sudah menatap layar selama 4 jam 15 menit dengan istirahat 45 menit tapi itu cukup melahkan. Dan setelah belajar biasanya saya tidur siang untuk mengistirahatkan mata sejenak

  256. halo Om Jay Saya Fatih Alexander DIldar kelas 7D absen 15 komentar saya tentang apa yang Om Jay sampaikan di BLOG ini sangat berhungan dengan kehidupan sekarang. Masa pandemi seperti ini memang susah untuk berkomunikasi karena terkadang sinyal yang jelek, tiba-tiba terputus dari zoom dan masalah-masalah lainnya . Tapi ini adalah cara belajar yang terbaik harus yang diambil untuk memutus rantai virus corona. Walaupun belajar hanya sampai jam 12 dan setiap jam pelajarannya dikurangi tapi lelahnya sangat terasa karena kita duduk berjam-jam dan terus menatap layar komputer, laptop atauoun HP. Saat pagi jam 6:30 kita sudah harus siap untuk belajar. Membuka laptop dan masuk ke ruang zoom total dari jam 6:30 sampai jam 12:00 kita sudah menatap layar selama 4 jam 15 menit dengan istirahat 45 menit tapi itu cukup melahkan. Dan setelah belajar biasanya saya tidur siang untuk mengistirahatkan mata sejenak. Lalu di sore hari saya berolahraga agar badan tidak lelah sehabis belajar dan tidur.

  257. Assalamualaikum OmJay saya Athar Nararya Kusuma dari kelas 7D menurut saya ini bagus, informatif, dan bermanfaat bagi pembacanya

  258. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Saya Athalla Daffa Wardhana dari kelas 7D absen 5
    menurut saya blog ini bagus dan sangat menarik.saya bisa tau banyak informasi disini seperti perjuangan guru-guru,kerja keras bapak,keluh kesah dari guru karena belajar online kadang kadang koneksinya buruk,ngeleg.saya harap pandemi covid 19 ini bisa cepat berakhir agar saya bisa belajar dengan lebih semangat

  259. nama saya Afzal (7D)
    blog ini penting karena kita bisa melihat perbedaan sekolah offline dan online dan saya sebenarnya mau sekolah offline biar bisa ngeexperience labschool dengan baik dan sebenarnya saya jika belajar online kadang kadang ngak masuk ke otak tapi jika kita sekolah offline kita bisa medengerin gurunya tanpa suara suara ngak jelas

  260. Assalamualaikum Wr Wb, Nama saya Nasywa Aliyah dari kelas 7F absen 24. Menurut saya blog ini bagus untuk dilihat dan dibaca karena banyak manfaat-manfaat yang bisa kita dapat dari blog ini. Dan juga kita bisa mengetahui perjuangan guru-guru pada saat pandemi ini.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.