miina minamoto gets a huge cock to smash her hairy twat. xvideos india

Menjadi Penulis Buku Best Seller

SEMUA ORANG BISA MENJADI PENULIS BUKU BEST SELLER

Oleh: Wijaya Kusumah (Omjay)

buku Omjay

Pagi ini saya membaca kembali buku “7 Jurus Jitu menulis buku best seller” karya Eni Setiati yang diterbitkan penerbit Andi Yogyakarta. Dalam kata pengantarnya, penulis buku menuliskan bahwa semua orang bisa menjadi penulis best seller.

Banyak orang memimpikan buku yang ditulisnya menjadi best seller dan dibeli oleh orang banyak. Bukunya terpajang di toko-toko buku ternama dan dapat dengan mudah dibeli secara online. Itulah impian yang semoga menjadi kenyataan bila kita memulainya dari sekarang.

Saya menjadi teringat ketika buku-buku saya terpajang di toko buku Gramedia Matraman Jakarta. Senang rasanya tulisan yang saya posting di blog dapat terajut menjadi buku. Bahkan yang membuat saya bangga, buku yang saya tulis itu berjejer atau bersanding dengan buku para penulis terkenal.

Supaya lebih menyemangati, saya membeli buku saya sendiri di toko buku tersebut, dan kemudian saya kirimkan ke berbagai  sekolah yang membutuhkan buku yang saya tulis. Tak lupa saya menitipkan pesan untuk membuat resensi bukunya.

Alhamdulillah buku saya menjadi banyak dikenal karena para resensi buku ini. Mereka benar-benar membaca dan memberikan pengalamannya melumat habis buku yang saya tulis. Kekurangan dan kelebihan buku diungkap habis oleh mereka.

Setiap orang sebenarnya punya kesempatan untuk menjadi penulis buku best selller. Bukunya laku di manca negara. Asalkan isi bukunya menarik perhatian pembaca dan menginspirasi semua pembacanya untuk mengambil pelajaran penting dari buku tersebut.

Ada 7 langkah yang harus anda tempuh untuk menjadi penulis buku best seller versi Eni Setiati yaitu:

  1. Ingin Menjadi Penulis Buku
  2. Tekun Berlatih
  3. Mulailah menulis!
  4. Motivasi diri untuk Menulis
  5. Pahami teknik penulisan buku
  6. Kenali bahasa Penulisan Buku
  7. Lakukan Riset menyeluruh

Menjadi penulis buku pada awalnya bukan cita-cita saya. Sebab saat itu saya mengira, pekerja menjadi penulis buku tidak menjadikan kita kaya. Ternyata saya keliru. Justru menjadi penulis itu membuat kita kaya akan kreativitas dan imajinasi.  Dua hal itulah yang saya rasakan ketika terjun langsung dalam dunia kepenulisan yang begitu luas.

Saat teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat saat ini, setiap orang dapat dengan mudah menerbitkan sendiri bukunya. Mereka dapat dengan mudah memilih sendiri penerbit buku. Asalkan ada modal uang, buku bisa segera diterbitkan.

Antara penulis dan penerbit tidak perlu saling bertemu. Cukup berkomunikasi lewat internet, draft naskah buku dapat dikirimkan ke email penerbit. Setelah proses editing dan disain cover selesai, pihak penerbit akan menghubungi penulisnya.

Bila mereka saling sepakat, maka perjaian pun dibuat, dan penulis akan menikmati royalty buku dari penerbit mayor. Bila anda berhubungan dengan penerbit indie, kita sendiri yang harus kerja keras dan kerja cerdas memasarkan bukunya. Di sanalah jiwa enterpreneur atau jiwa kewirausahaan seorang penulis teruji. Perlu strategi jitu dalam memasarkan buku.

Saya sudah merasakan menerbitkan buku di penerbit besar dan penerbit kecil. Penerbit mayor dan penerbit indie sama sama punya peluang untuk menerbitkan buku best seller. Semua pilihan ada di tangan penulis.  vSebab hidup ini adalah pilihan. Pilihlah penerbit yang bisa anda percaya.

Kepercayaan itu mahal di era disrupsi saat ini. Terkadang ada saja oknum penerbit dan penulis yang nakal. Kepercayaan itu akan tumbuh, kalau kita saling percaya dan saling membantu agar buku yang ditulis laku.

Penulis dan penerbit harus berkolaborasi dalam memasarkan buku agar menjadi buku best seller. Kita juga harus membantu para penulis lain agar bukunya laku. Kalau sudah begitu, maka kerjasama saling menguntungkan akan berlaku. Penulis dan penerbit sama-sama untung melulu. Mereka saling tersenyum bahagia dan berjabat tangan dalam menerbitkan buku selanjutnya yang sulit ditiru.

Semua orang bisa menulis dan semua orang bisa eksis bila dia tahu persis akan kemampuan dirinya. Semua itu akan terjadi bila mau berlatih menulis setiap hari. Seperti tulisan peserta belajar menulis bersama omjay dan kawan kawan berikut ini:

PISANG COKLAT

Jajanan yang satu ini diproduksi dari industri-industri rumahan atau orang Inggris bilang: Homemade/home industry. Tapi jangan remehkan tampilan ataupun rasanya karena sekalipun berasal dari industri rumahan, ia bisa “melenggang dan melanglang buana” hingga ke mancanegara. Banyak yang di eksport ke luar negeri. Jajanan itu adalah Pisang Coklat Rowosari dengan nama produk komersialnya, ROBANNA sebagai akronim dari Rowosari Banana. Anda bisa memesannya secara online.

Robana terbuat dari pisang sebagai bahan utama digoreng dengan balutan adonan tepung terigu, kemudian diberi aksen coklat sebagai perupa dan peletup rasa. Ada banyak rasa yang disediakan selain coklat, seperti: rasa keju, coklat keju, pedas, dan lain-lain. Anda dapat dipastikan bahwa semua rasa yang ditawarkan mendatangkan efek yang sama yaitu KETAGIHAN.

Gimana mendapatkannya? Tak perlu risau. Tanya saja ke Mr. Google alamat dan nomor teleponnya. Dia akan memberitahukan secara lengkap semua informasi yang Anda butuhkan sehubungan dengan Robanna, kudapan berdaya adiksi yang sangat kuat. Setelah dapat keterangan lengkap, bilang saja ke pelaku jasa pengiriman makanan atau orang biasa bilang go-food. Maka hanya dalam hitungan menit Robanna sudah “pasrah” di depan Anda.

Kemudian dengan sigap tapi sopan Anda tinggalkan Robanna sebentar untuk menyeduh teh atau kopi, boleh tubruk boleh instan. Robanna, teh atau kopi menjadi teman bersantai di rumah sambil mengerjakan “proyek” tantangan menulis tentang PISANG COKLAT yang diminta oleh sang motivator yang  juga inspirator guru Indonesia, Mr. Wijaya Kusumah alias Omjay.

Yolis Djami

Tilong-Kupang, 11 April 2020 (pukul 20.00 wita)

158 Responses to “Menjadi Penulis Buku Best Seller”

    1. Agus Purwadi says:

      Bagus dan memotivasi

      1. Tuty - Makassar says:

        Keren, inspiratif, dan sangat memotivasi, terutama bagi newbie kayak aku, Pak.

      2. Suatu Motivasi yang bagus .sambil menulis juga mengiklan produk👍👍👍

    2. Bernad Kalua says:

      Sangat menolong membuka wawasan berpikir dan rasanya semakin dekat dgn dunia menulis.

    3. Sangat menggugah, gambaran proses yg luar biasa…Finally, happy ending ktika buku kita bs dinikmati oleh org bnyk…brhrp bs sprti beliau

  1. Mikaeel Altiva R.D says:

    membantu sekali OmJay untuk para penulis yang mencari cara agar dapat menghasilkan keuntungan dari karya mereka

    1. Kreatif dan inovatif

      1. Yanwar Sudartono says:

        Om Jay ini sangat mengianpirasi, semoga bisa tertular ke kami-kami ini. Aamiin

        1. Nur Najmah says:

          Luar biasa artikelnya. Menambah semangat dan motivasi menulis.

      2. Sukijah.S.Pd says:

        saya masih minder.Om mau ikutan nilis dan vomen blm ada rasa PD

  2. Yessavilia says:

    Keren om

  3. Daffa Alamin says:

    Keren om artikelnya sangat menginspirasi untuk melakukan sesuatu yang lebih.

    1. Luar biasa Om Jay, sangat menginspirasi..

  4. Chiara Aulia F. says:

    keren om 👍🏻, ceritanya sangat menginspirasi.

  5. Sahabat cergas says:

    Keren Om Jay. Sangat menginspirasi

  6. Jay says:

    terbaikk

  7. Eni setyowati says:

    Luar biasa omjay….rangkaian kata tertata dengan sempurna menghasilkan makna yang tiada tara….dalam indahnya alur wacana

  8. Indradewi says:

    Luar biasa Om Jay sangat menginspirasi, semoga bisa mengikuti jejak nya

  9. Endang Kusyani says:

    Terimakasih om telah memberi semangat & menginspirasi saya

    1. TRIATMINI says:

      Sangat menginspirasi tulisan ini, keren…

  10. Umi Etikoh, S. Pd says:

    Bagus dan sangat mengispirasi

  11. Saras says:

    Sangat menginspirasii sekali , smg bisa seperti bapak suatu saat nanti

  12. Husaini says:

    Sangat menginspirasi bagi kami para guru pemula.. semoga omjay sehat selalu terus berkarya

  13. Ika siswati says:

    Inspiratif sekali…..

    1. Ok..banget aa kayaknya banyak literasi di sini

  14. Purwahyanti says:

    Luar biasa sanget menginspirasi saya sebagai pemula

  15. Iya oom
    Menginspirasi untuk membuat buku

  16. Suhaimi says:

    Membuta semangat , dan berkeinginan menjadi penulis.
    Semoga dengan adanya bimbingan Om Jay insyaallah tercapai.

  17. Nurul Hikmah says:

    Keren im…pingin ngikutin jejak om

  18. Sri emdang P says:

    Keren dan luar biasa!

  19. Ika siswati says:

    Inspiratif sekali….semoga aku bisa!

  20. Muhibbuddin, M.Pd.I says:

    Trimakasih om jay sangat menginspirasi
    Semoga saya dapat mencontoh dan bisa menjadi penuis buku

  21. Eti Haryati says:

    Mantap

  22. Mr.BamS says:

    Semoga tahun ini bisa meluncurkan buku sendiri

    1. NAMIYATI,S.Pd says:

      stlh sy baca menginspirasi skli ad hal menarik yaitu saling membantu ,kerjasama dgn para penulis lain agar bukux laku patut dtiru

  23. Ngurah putra mahardika says:

    Kereen, tulisan yang sangat menginspirasi banyak hal👍🏼

  24. Sri Indyani says:

    inspiratif banget omjay

  25. Sri emdang P says:

    Keren dan luar biada…..

    1. Desi Yarni says:

      Semoga bisa mengikuti jejak penulis senior ni

  26. Lusia Wijiatun says:

    Trimakasih motivasinya,semoga mskin tergerak untuk menulis.

  27. Titi Suryansah says:

    Ada hal menarik dari apa yang Omjay lakukan. Membeli buku karya Omjay sendiri dan membagikannya untuk sekolah-sekolah. Ada hal positif yang diperoleh, yaitu Omjay bukunya akan bertambah laku dan sekolah sekolah mendapatkan kentungan karena memiliki tambahan koleksi buku. Sehat dan terus menebar kebaikan untuk sesama Omjay…

  28. Dyah says:

    Dari dulu pengen nulis tapi bingung mulai darimana, ide juga setengah2. Berharap ikut workshop dan dapat jalan untuk menulis

  29. agung era says:

    Intinya, 7 langkah tersebut terpenuhi maka anda akan jadi penulis buku bestseller

  30. sugiyatno says:

    jos gandos kotos kotos tulisan om jay selalu menarik dan memotivasi

    1. muh taufiq says:

      Keren deh…pokoknya tulisan omjay..hebat…
      sangat menginspirasi penulis pemula…

  31. Enny Rubiyanti Sutisna says:

    Terkadang begitu banyak ide di kepala, tetapi ketika ingin diungkapkan dalam sebuah tulisan, mengapa jadi terasa mentok ? Terima kasih atas inspirasi yang telah diberi … 👍🙏

  32. Yusra says:

    Alhamdulillah, menginspirasi, kita memulai membeli buku kita, dan kasih/ pinjamkan ke ol untuk dia bikin resumenya, lalu kumpulkan resumenya, dari resume pembaca InshaAllah dapat juga lahir buku baru…, trims Om J

    1. Erna Nuryani says:

      Hebat banget om jay kapan q bisa seperti om jay… Semoga dengan ikut diklat menulis om jay… Ilmunya nular keq hihi… Semangat terus berkarya om jay….. Dan bisa menginspirasi setiap orang…

  33. Riani Astuti says:

    Terima kasih Om Jay yang telah menularkan energi positif, ilmu dan semangat menulis bagi banyak orang, sehat selalu Om Jay..

  34. Mukaddis says:

    Luar biasa, cukup menginspirasi semoga dapat mengikuti dan mencontohnya

  35. MUKMININ says:

    Alhamduillah kere. Banget. Pingin nulis buku jd best seller. Mampir ke cakinin.blogspot.com

  36. Semoga bisa. Mencoba dan mencoba. Tulis dan tulis.

  37. Etik Nurinto says:

    Mantap omjay, sangat menginspirasi dan memotibasi untuk menerbitkan buku sendiri..

  38. Deasy Ariyati says:

    mantap… belajar dan ibadah.

  39. Ari Rumbini says:

    Sangat menginspirasi dan memotivasi , namun bagi orang yang masih sangat awam dlm menulis seperti saya, cukup bikin nervous. ditambah lagi kurangnya pemahaman ttg langkah2 menulis
    membuat hati makin ciut untuk mencoba melangkah. semoga dengan mengikuti pelatihan ini ada sedikit rasa percaya diri yang lebih untuk mencoba.

  40. Sri rahayu says:

    Beda suhu atau guru sama fatwanya menulislah tiap hari.menulislah dengan hati.tapi jujur memang om jay sangat menginspirasi

    1. Ni Made Ayu Parmita says:

      Waaah buku Om Jay ini sangat menginfirasi saya paragrafnya tertata sangat rapi,serta rangkaian kalimatnya sangat bagus. saya ingin bisa O Jay…

  41. Tere says:

    luar biasa, Om Jay. Semoga suatu saat sy juga bisa mengikuti jejak Om Jay utk menulis dan menerbitkan buku best seller.

  42. saendank says:

    amazing…

  43. yolis Djami says:

    Semoga dengan dukungan Omjay n para pemateri berkualitas dunia itu, Kami mampu mewujudkan mimpi sebagai penulis buku laris seperti yang Omjay gaungkan. Amin!

  44. Eva says:

    Penuh inspirasi…semoga tahun ini satu buku siap meluncur

  45. Wiwin Wintarsih says:

    Alhamdulillah. Terima kasih. Semoga bisa membuat buku Best seller. Aamiin.

  46. Luar biasa Om Jay. Semoga menginsprasi sy jg.

  47. Arifiani says:

    Luar biasa om jay

  48. semua anak kelas 8 says:

    Oke saya sudah komentar

  49. Agus Yuwono says:

    Smoga Om Jay slalu sehat dan dalam lindungan-Nya. Aamiin …

  50. Beny says:

    Tulisan yg menginspirasi

  51. Dewi Yanti says:

    Sangat luarbiasa…

  52. Agus Purwadi says:

    Bagus dan sangat memotivasi

  53. Endah win says:

    Mantab Om Jay. Inspiratif

  54. Tri Atmaji says:

    Terima kasih….

  55. Sukirman says:

    Sangat menginspirasi… Luar biasa Om jay

  56. Titin Mulia Ati says:

    Keren sangat menginspirasi

  57. Desi Yarni says:

    Semoga bisa mengikuti.

  58. Nadiah Hanan Amin says:

    Keren om sangat menginspirasi

  59. Yuyun Dwi says:

    Pas baca yang bagian ROBBANA kok ya jadi kepengen mesen online ya.

    Keren Om Jay

  60. Erna Nuryani says:

    Hebat banget om jay kapan q bisa seperti om jay… Semoga dengan ikut diklat menulis om jay… Ilmunya nular keq hihi… Semangat terus berkarya om jay….. Dan bisa menginspirasi setiap orang…

  61. Luar biasa, Om Jay. Semoga menginspirasi saya juga..

  62. Wakhidah Setiani says:

    Inspiratif sekali om, sudah punya 2 buku karya om jay tentang menulis. Semoga semangat menulis menular ke saya.

  63. Desi Yarni says:

    Mudah mudahan bisa mengikuti jejak jejak penulis senior ni

  64. Ripai says:

    Mudah mudahan tahun ini buku saya siap cetak

    1. Abdul Azis says:

      Keren…patut ditiru..inspiratif

  65. Siti Karomah says:

    Luar biasa Omjay,sangat inspiratif,semoga saya bisa

  66. Buah manggis buah mengkudu
    Tulisanya menarik mudah di mengerti ..

    Penyemagat dalam menulis …

  67. Mugi Lestari says:

    Sangat memotivasi saya utk terus belajar menulis dan menghasilkan karya yg bermanfaat…salut om jay…

  68. inspiratif OmJay..tulisannya ringan dibaca…pesan moral yang dipetik dari tulisan ini adalah dengan menulis sebagai perantara berbagi dengan sesama

  69. Dewi Rokhimah says:

    Resep dan semangat yang luar biasa. Untuk para pemula spt saya. Terimakasih

  70. Alhamdulillah, menggugah motivasi untuk terus berkarya dengan menuangkan ide-ide menjadi tulisan.
    Terimakasih om Jay.

  71. Eni Indarwati says:

    Sangat inspiratif Om Jay
    Segera tinggalkan zona nyaman, tuk segera mengawali, meski masih tertatih tatih

  72. Musiin says:

    Terima kasih Om Jay telah menginspirasi penulis penulis pemula untuk selalu menjaga mood, semangat untuk menulis. Dan terima kasih atas keiklasannya berbagi ilmu. Sepuluh tahun yang lalu saya suka menulis dan akhirnya mati suri, dan jiwa itu bangkit kembali salah satu triggernya karena dorongan Om Jay. Matur Suwun. Saya juga bermimpi mempunyai buku yang best seller supaya kita hidup 1000 tahun lagi(mengutip pernyataan Prof Eko). !000 tahun hidup melalui karya kita yang bisa dibaca generasi sesudah kita.Aamiin

  73. Yati Unayah says:

    materi ini bagus buat kita yg baru
    semoga bisa ikut seperti OM JAY
    trimkasih ilmunya

  74. heru says:

    Semangat terus om jay, mantap, mudah2an saya bisa menerbitkan buku

  75. Ummu Hasanah says:

    Tulisan Om Jay selalu memberikan inspirasi kepada pembacanya…hebat Om….

  76. Siip Om…..ceritanya sangat menginspirasi

  77. Saya ingin mengikuti jejak Om Jay menjadi penulis sukses dan membuat banyak buku

  78. Sumarjiyati says:

    Tetimakasih om jay..smg kmi peserta guru mnulis ini jg bs menerbitkn buku yg bs mmbri mnfaat pd orang lain…om jay sll membri smngat pd kni..om jay smg sll d bri kshtan dan berlimpah berkah.sll bs bntu kmi yg Pmula ini..

  79. Sumiyati says:

    Terima kasih Om Jay,,,,sebenarnya saya masih bingung,,dan terbirit – birit mengikuti kelasnya,,,tapi akan saya coba dan terus coba.
    Bismillah

  80. Sumali says:

    Jazakallah semoga berberkah utk inspirasi masa depan sebagai calon penulis

  81. Moch. Zahli says:

    Sangat keren Dan sangat memotivasi untuk belajar menulis

  82. Terimakasih pak,sangat menginspirasi semoga saya yang masih amatir bisa lebih bersemangat mencoba menulis dan bisa menjadi influencer dan bermanfaat tentunya buat masyarakat.

  83. nia says:

    Belajar dengan Om Jay tidak pernah bosannnn…selalu ada hal baru dan tantangan baru…keren Om jay…..

  84. Alisya Mutiara Arsyisi says:

    Keren om… Tulisan nya inovatif
    Makasih ilmunya om 👍

  85. Belva n.s says:

    Keren om sukses terus

  86. Halimah says:

    Sebagai pemula, saya bermimpi kapan tulisan saya bisa sebagus itu

  87. Grefer Pollo says:

    Tulisan yang menarik dan memberi inspirasi untuk menulis. Bahasa sederhana dengan alur yang mudah dicerna

  88. bunga cinta andyra dewanto 8C says:

    artikelnya sangat inspiratif dan sangat menarik om, ternyata menulis dapat dijadikan pekerjaan juga, tak hanya sebuah hobi

  89. Sangat menginspirasi untuk tetap bersemangat dalam menulis dan tidak melupakan tekad, meluruskan niat. Karena semua berawal dari niat, dan kemudian eksekusi. Sukses selalu bapak dan semoga menular kepada para pemula ini.

  90. Hamdani says:

    Terima kasih, Om Jay. Sudah mengarahkan ke bog ini. Ke 7 jurus itu sudah saya mengerti dan sekarang lagi berbenah. Ingin cepat punya buku best seller.

  91. Haddy Priady says:

    Sangat inspiratif. Mantab

  92. Oka Mahendra says:

    Terima kasih atas ilmunya

  93. Wawa Arjaya (PUTU EKA JULIANA JAYA) says:

    What a wonderful achievement!
    Lagi-lagi Om Jay menorehkan sejarah dan prestasi hebat melalui peluncuran buku; “CATATAN HARIAN SEORANG GURU BLOGGER”.

    Langkah hebat yang menginspirasi dan patut ditiru:
    * Ingin Menjadi Penulis Buku
    * Tekun Berlatih
    * Mulailah menulis!
    * Motivasi diri untuk Menulis
    * Pahami teknik penulisan buku
    * Kenali bahasa Penulisan Buku
    * Lakukan Riset menyeluruh

    Selamat…!!!

    Wawa Arjaya
    Bali

  94. Ulul azmi says:

    Sangat termotivasi

  95. Yuni Riyanti says:

    Tetap mengispirasi ya om.. terima kasih atas ilmu yang diberikan hingga saat ini

  96. Dewi karlina says:

    Inspiratif sekali ,mudah dipahami bisa memberikan semangat bagi yg baru belajar seperti saya ,terima kasih

  97. Keren jadi terinspirasi dan termotivasi untuk selalu menulis agar bisa memiliki buku karya sendiri

  98. Tj_Ekaputra says:

    baru sekali baca bukunya Om, moga kl diulang makin paham

  99. Noryam says:

    Sangat bermanfaat

  100. Unih says:

    Menginsfirasi, mau ikutan nulis…..

  101. Wayan Kary says:

    Terinspirasi dengan tulisan diatas, terbukti semua orang bisa menulis 😀 Mari mulai menulis

  102. Jamila Baderan says:

    Tulisan Omjay selalu menginspirasi saya untuk lebih sering menulis.

  103. Waryanto says:

    Mantap om Jay, lika liku jadi penulis panjang ya…

  104. Daryanto says:

    Saya belajar menulis tapi tidak rutin praktik. Tulisan ini seperti jiwa yang merasuk kedalam mood menulis saya. Mengencangkan kembali nafsu praktik menulis yang mulai kendur.

    Terima kasih untuk inspirasi yang hebat ini.

  105. Harits Ali Hikmat says:

    Bagus om hebat!!

  106. Meidawati says:

    Semoga saya jd penulis hebat seperti omjay

  107. Yetty Artasari says:

    Tulisan Om Jay sangat menginspirasi dan memotivasi saya tuk lebih baik lagi dalam mengasah diri untuk menulis. Terima kasih Om Jay

  108. Hasfianora M.Pd says:

    Sangat menyemangati omjay… semoga bisa tertular kepada saya ..

  109. Budi Artopo says:

    Jadi best seller?
    Kayaknya impian itu sudah dekat.
    Terimakasih OmJay sudah menjadi katalis yang luar biasa.

  110. Erna says:

    Semangat terus menginspirasi dan memotivasi omjay …

  111. Irene says:

    Mantap

  112. Dwi Sumarno says:

    Sangat menginspirasi untuk bersemangat menulis kembali

  113. Ni Ketut Sutiarsih says:

    Saya sangat terinspirasi dengan tulisan-tulisan Om Jay….saya ingin bisa menjadi penulis seperti Om Jay….tolong bimbing saya Om

  114. Waw mantap yg komen banyak skli kerennn

  115. Sangat luar biasa. Berawal dari ingin tau, menjelajahi dan mempraktikkan akhirnya bisa menjadi penulis terkenal, guru blogger Indonesia yang sangat menginspirasi kita semua. Selamat ya omjay♥️ semoga kami tertular virus literasi omjay. Aamiin

  116. Kreatif banget OmJay kerennnn

  117. Sangat menginspirasi om Jay, buat sy yg masih benar-awam Sepertinya apapun yg ada dihadapan om Jay dan ada dibenak om Jay kalau dituangkan dalam bentuk tulisan akan langsung bisa menjadi karya. The best

  118. Emi Indra says:

    Tulisan yang sangat menginspirasi

  119. Engly says:

    Karen Dan sangat inspiratif 🙏

  120. Semangat Omjay untuk menebar kebaikan sungguh menginspirasi. Terima kasih Omjay.

  121. Sangat menginsfirasi

  122. Ariyani says:

    Bagus dan menginspirasi untuk membuat buku

  123. Fendiv Tobing says:

    ternyata sederhana dalam menulis itu tergantung sudut pandangnya

  124. Keren… Artikelnya bagus..

  125. Winarsih Handayani says:

    Bagus

  126. Ari Yunanda says:

    Terimakasih omjay

  127. Trimaksih om Jay ilmunya..moga barokah sll🙏

  128. Ni Made Wik Pradani, Spd says:

    it so great you are bapak, fr motivation

  129. Sangat menginspirasi, Om. Semoga saya juga segera bisa memiliki buku tunggal karya sendiri

  130. Calista Nayla Rahma Chika says:

    Keren dan inspiratif sekali om Jay!

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi