Hari Ketigabelas Belajar di Negara China


Jumt, 15 Maret 2019 adalah hari ketigabelas kami belajar di negara china. Tepatya di China University of Mining and Technology (CUMT). Kali ini kami berangkat ke tempat acara agak siang. Pukul 08.30 kami meluncur ke tempat pembuatan robot. Namanya Xuzhou oxopnt robot technology. Di sana kami belajar bagaimana robot bekerja. Sebelum kami ke sana, kami terlebih dahulu mengunjungi danau atau waduk yang ada di pusat kota Xuzhou.

Danaunya luas banget dan airnya dalam. Jangan coba-coba berenang karena anda bisa tenggelam bila tak pandai berenang. Di tengah danau dibuat aquarium kaca sehingga kita bisa melihat ikan-ikan yang berada di dalam danau tersebut. Pokoknya indah banget!

Kami sempat foto-foto di sana, saking asyiknya motret, kami terpisah dari rombongan besar. Panitia menelepon untuk meminta kami kembali ke bus. Kedatangan kami sudah ditunggu di International Universitas Innovation Alliance. Sebuah perusahaan swasta yang memproduksi robot dan pelatihan trainer robotic. Bahkan perusahaan ini sudah banyak menggandeng universitas terkenal di dunia untuk mengadakan lomba robotik berskala dunia.

Sampai di dalam ruangan, kami dijelaskan cara kerja robot. Saya membaca tulisan di papan dinding perusahaan. The vision of international universities innovation alience is improve worldwide healthl, environmental protection and civilization through sustainable development via an entrepreneurship and innovation platform for global students and entrepreneur yang artinya visi universitas-universitas internasional  alience inovasi adalah meningkatkan healthl di seluruh dunia, perlindungan lingkungan dan peradaban melalui pembangunan berkelanjutan melalui platform kewirausahaan dan inovasi global mahasiswa dan pengusaha.

Di dalam ruangan, nara sumber memberikan penjelasan tentang cara kerja robot dan bagaimana proses pembuatannya. Di meja pameran saya melihat ada beberapa robot, buku programmer dan engineer. Lalu ada robot yang menyambut kedatangan kami. Lucu banget bentuk robotnya. Banyak kawan-kawan guru yang selfi dengan robot tersebut. Inilah aplikasi dari penerapan Pendidikan STEM (Science, Teachnology, Engineering and Math). Di negara china, murid-muridnya sudah diajarkan coding di semua jenjang.

Kunjungan kami ke tempat pembuatan robot ini tidak sia-sia. Kami mendapatkan ilmu baru tentang bagaimana sebuah robot bekerja. Lalu setelah itu kami diajak berkeliling ruangan dan mendapatkan materi presentasi dari direktur program perusahaan robot tersebut. Saya sempat memotret bentuk robotnya, dan dipamerkan oleh mereka dua robot yang sedang bertarung tinju. Wow keren banget!

Setelah kami puas berkeliling dan tanya jawab, panitia meminta saya memberikan cinderamata kepada pembicara. Robot mainan tradisional buatan Indonesia yang berbentuk ondel-ondel saya berikan. Saya katakana kepada pak direkturnya. This is my robot from Betawi. hehehe. Info tentang robot buatan china, dapat anda temukan di.sini.

Di akhir acara, kami sempat foto bersama dan ada tambahan cinderamata dari pak Sarno yang mewakili guru dari kota Madiun. Sebenarnya ingin sekali mencoba robot buatan china. Kepengen belajar progamernya sekalian sehingga implementasi STEM dapat dipraktikkan secara langsung. Terutama saat praktik menggunakan program coding di internet. Sayangnya, waktunya terbatas.

Waktu makan siang telah tiba. Kami kembali ke penginapan untuk makan siang. Setelah makan, sholat dan istirahat, pukul 14.00 kami diminta untuk siap berangkat ke pusat budaya china di tengah kota Xuzhou. Di sana kami melihat bangunan kuno china dan mengunjungi rumah tokoh china yang usianya sudah ratusan tahun. Kalau di Jakarta, suasananya mirip kota tua atau pasar baru. Orang china masih melestarikan budaya mereka meskipun bangunan modern dibangun, mereka tetap menjaga arsitektur bangunan lama. Beberapa teman membeli aroma therapy di tempat ini.

Begitulah sedikit cerita hari ketigabelas kami belajar di negara china, lain waktu saya lanjutkan lagi.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Blog http://wijayalabs.com


Tentang Omjay

Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd,

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs.

Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya.

Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com

Hubungi via SMS : 0815 915 5515 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

Wijaya Kusumah

Buat Lencana Anda


Jumlah Pengunjung

Flag Counter
free counters


Artikel Terkini


Tulisan Wijaya per bulan


Blog Pendidikan Terkeren di Dunia Maya

Blog ini didedikasikan untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia. Blog ini mengajak anda untuk dapat kreatif dalam menulis.

Ciptakan tulisan-tulisan anda yang bermutu dan kirimkan kepada kami untuk ditayangkan di blog ini.

Kirimkan ke wijayalabs@gmail.com atau sms ke 08159155515. Dengan senang hati akan ditampilkan di blog pendidikan ini.

Selamat Membaca!


Jadwal Kegiatan Omjay

Jadwal Kegiatan Omjay: dapat dilihat di Biodata Omjay. Omjay baru bisa mengiasi kegiatan seminar & Workshop hari Sabtu dan Minggu. Hari kerja setelah pukul 16.00 WIB. Kirim ke wa 08159155515


Internet Sehat & Facebook Omjay


Jadwal Kegiatan dapat dilihat di blog http://wijayalabs.com

March 2019
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031




Komentar blog


komentar blog



Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi