37 People reacted on this

  1. Sistem Operasi adalah kumpulan software yang memberikan layanan bagi komputer. termasuk peranan penting dalam suatu perangkat lunak dalam sebuah komputer. Contoh sistem operasi adalah Android, IOS, Microsoft Windows, dan yang lain lain. sebuah aplikasi tidak akan bisa dibuka tanpa ada sistem operasi tersebut. Ada beberapa tipe system operasi yaitu real time, multi user, multi tasking vs single tasking, system terdistribusi, system embedded.
    Awalnya komputer dibuat untuk single task seperti kalkulator. System operasi mulai terkenal karena adanya PC pada tahun 1980. Contoh system operasi Antara lain system operasi unix, bsd dan turunannya, linux, google chrominum, Microsoft windows, dan lain lain. Komponen system operasi Antara lain kernel, eksekusi program, interupsi, mode, dan lain lain.

  2. Sebuah sistem operasi adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer. Sistem Operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuah computer. Program aplikasi biasanya membutuhkan sistem operasi untuk bisa berfungsi. Setiap komputer tujuan umum harus memiliki sebuah sistem operasi untuk menjalankan program lainnya. Sistem operasi melakukan tugas-tugas dasar, seperti mengenali input dari keyboard, mengirimkan output ke layar, melacak file dan direktori pada disk, dan mengendalikan perangkat periferal seperti disk drive dan printer. Untuk fungsi hardware seperti input dan output dan alokasi memory, sistem operasi berfungsi sebagai perantara antara program dengan komputer hardware. Sistem operasi dapat di temukan di hampir semua alat yang mempunyai fungsi komputer mulai dari handphone, video game hingga super komputer dan web server.

  3. Kesimpulan
    Sebuah sistem operasi adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan merupakan komponen penting dari system software dalam komputer. Sistem operasi time sharing menjadwal tugas agar dapat secara effisien menggunakan system, termasuk menghitung alokasi biaya dari waktu processor, harddisk, printing dan berbagai sumber daya lainnya. Fungsi hardware seperti input dan output dan alokasi memory, sistem operasi berfungsi untuk perantara antara program dengan komputer hardware. Sistem call ke fungsi di OS/ di interupsi oleh OS tersebut. Sistem operasi dapat di temukan di semua alat yang mempunyai fungsi computer seperti handphone, video game hingga web server.Contoh sistem operasi modern adalah Android, iOS, , dan Microsoft Windows.
    Tipe system operasi adalah real-time, Multi-user, system terdistribusi, dan system embedded. Sistem operasi belum menampakan diri sampai awal 1960, tetapi dasar fiturnya sudah dari 1950. Komponen system computer seperti kernel, eksekusi program, interupsi, mode, manajemen memory, memory virtual, multitasking, akses disk dan file system, dll.

  4. Sistem operasi
    Sebuah sistem operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware dan memberikan layanan bagi program komputer. Sistem Operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuah komputer.
    Tipe system operasi
    Real time,Multi-user,Multi-tasking,Sistem Terdistribusi,Sistem Embedded.

  5. Program yang paling penting yang berjalan pada komputer. Setiap komputer tujuan umum harus memiliki sebuah sistem operasi untuk menjalankan program lainnya. Sistem operasi melakukan tugas-tugas dasar, seperti mengenali input dari keyboard, mengirimkan output ke layar, melacak file dan direktori pada disk, dan mengendalikan perangkat periferal seperti disk drive dan printer. Untuk sistem besar, sistem operasi memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan kekuasaan. Hal ini seperti polisi lalu lintas – itu akan memastikan bahwa program yang berbeda dan pengguna berjalan pada saat yang sama tidak saling mengganggu. Sistem operasi ini juga bertanggung jawab atas keamanan, memastikan bahwa pengguna tidak sah mengakses sistem.

  6. Program yang paling penting yang berjalan pada komputer. Setiap komputer tujuan umum harus memiliki sebuah sistem operasi untuk menjalankan program lainnya. Sistem operasi melakukan tugas-tugas dasar, seperti mengenali input dari keyboard, mengirimkan output ke layar, melacak file dan direktori pada disk, dan mengendalikan perangkat periferal seperti disk drive dan printer.
    Untuk sistem besar, sistem operasi memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan kekuasaan. Hal ini seperti polisi lalu lintas – itu akan memastikan bahwa program yang berbeda dan pengguna berjalan pada saat yang sama tidak saling mengganggu. Sistem operasi ini juga bertanggung jawab atas keamanan, memastikan bahwa pengguna tidak sah mengakses sistem.
    Sistem operasi dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
    # User-multi: Memungkinkan dua atau lebih pengguna untuk menjalankan program pada saat yang sama. Beberapa sistem operasi mengizinkan ratusan atau bahkan ribuan pengguna bersamaan.
    # Multiprocessing: Mendukung menjalankan program pada lebih dari satu CPU.
    # Multitasking: Memungkinkan lebih dari satu program untuk menjalankan secara bersamaan.
    # Multithreading: Memungkinkan bagian yang berbeda dari satu program untuk menjalankan secara bersamaan.
    # Real time: Tanggapan ke input langsung. sistem operasi tujuan umum, seperti DOS dan UNIX, tidak real-time.
    Sistem operasi menyediakan platform software di atas yang program lain, yang disebut program aplikasi, dapat berjalan. Program aplikasi harus ditulis untuk berjalan di atas sistem operasi tertentu. Pilihan Anda dari sistem operasi, oleh karena itu, menentukan untuk sebagian besar aplikasi yang dapat berjalan. Untuk PC, sistem operasi yang paling populer adalah DOS, OS / 2, dan Windows, tetapi yang lain yang tersedia, seperti Linux.
    Sebagai pengguna, Anda biasanya berinteraksi dengan sistem operasi melalui serangkaian perintah. Sebagai contoh, sistem operasi DOS berisi perintah seperti COPY dan RENAME untuk menyalin file dan mengubah nama file, masing-masing. Perintah diterima dan dilaksanakan oleh suatu bagian dari sistem operasi yang disebut prosesor atau interpreter perintah baris perintah. antarmuka pengguna grafis memungkinkan Anda untuk memasukkan perintah dengan menunjuk dan mengklik pada objek yang muncul di layar.
    Sebuah proses adalah sebuah peristiwa adanya sebuah proses yang dapat dieksekusi. Sebagai sebuah eksekusi proses, maka hal tersebut membutuhkan perubahan keadaan. Keadaan dari sebuah proses dapat didefinisikan oleh aktivitas proses tertentu tersebut. Setiap proses mungkin menjadi satu dari beberapa state berikut, antara lain : new, ready, running, waiting, atau terminated. Setiap proses direpresentasikan ada sistem operasi berdasarkan proses-control-block (PCB)-nya. Pengeksekusian proses – proses pada operating system mungkin dapat digolongkan menjadi proses independent dan kooperasi. Proses kooperasi harus memiliki beberapa alat untuk mendukung komunikasi antara satu dengan yang lainnya. Prinsipnya adalah ada dua rencana komplementer komunikasi : pembagian memori dan sistem pesan. Metode pembagian memori menyediakan proses komunikasi untuk berbagi beberapa variabel. Proses – proses tersebut diharapkan dapat saling melakukan tukar – menukar informasi seputar pengguna variabel yang terbagi ini. Pada sistem pembagian memori, tanggung jawab bagi penyedia komunikasi terjadi dengan programmer aplikasi; sistem operasi harus menyediakan hanya pembagian memori saja. Metode sistem pesan mengijinkan proses – proses untuk tukar – menukar pesan. Tanggung jawab bagi penyedia komunikasi ini terjadi dengan sistem operasi tersebut.

  7. – Sebuah sistem operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer.
    – Program aplikasi biasanya membutuhkan sistem operasi untuk bisa berfungsi.
    – Sistem operasi time sharing menjadwal tugas agar dapat secara effisien menggunakan system
    – Sistem operasi real-time adalah sebuah sistem operasi multitasking yang ditujukan untuk menjalankan aplikasi real-time
    – Tujuan utama sebuah sistem operasi real-time adalah respons yang cepat dan dapat di prediksi untuk berbagai kejadian
    – Sistem operasi multi-user memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses sistem komputer pada saat yang sama
    – Sebuah sistem operasi terdistribusi mengatur sebuah kelompok dari komputer yang independen dan membuat mereka tampak seperti satu buah komputer
    – komputasi terdistribusi dilakukan oleh lebih dari satu mesin
    – Sistem operasi embedded di rancang untuk digunakan di sistem komputer embedded
    – Sistem operasi embedded di operasikan di system kecil seperti PDA (personal data assistance)

  8. Sebuah sistem operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer. Sistem Operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuah komputer. Program aplikasi biasanya membutuhkan sistem operasi untuk bisa berfungsi.
    Tipe system operasi :
    —- Sistem operasi real-time adalah sebuah sistem operasi multitasking yang ditujukan untuk menjalankan aplikasi real-time.
    —- Sistem operasi multi-user memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses sistem komputer pada saat yang sama.
    —- Sebuah sistem operasi multi-tasking memungkinkan lebih dari satu program untuk berjalan pada satu saat, dilihat dari skala waktu manusia.
    —- Sebuah sistem operasi terdistribusi mengatur sebuah kelompok dari komputer yang independen dan membuat mereka tampak seperti satu buah komputer.
    —- Sistem operasi embedded di rancang untuk digunakan di sistem komputer embedded. Sistem operasi embedded di operasikan di mesin kecil seperti PDA.
    Contoh system operasi :
    —- Sistem Unix-like berjalan di berbagai arsitektur komputer. Mereka banyak digunakan di server untuk usaha / bisnis, juga di workstation untuk lingkungan akademik dan engineering. Varian UNIX yang free, seperti Linux dan BSD, sangat populer di wilayah ini.
    —- Subgroup dari keluarga Unix adalah keluarga Berkeley Software Distribution (BSD), termasuk FreeBSD, NetBSD, dan OpenBSD. Sistem operasi ini biasanya di temukan di web server, walaupun mereka juga dapat ditemukan di PC.
    —- OS X (sebelumnya “Mac OS X”) adalah sistem operasi open core grafis yang dikembangkan dipasarkan dan dijual oleh Apple Inc., belakangan di install pada semua komputer Macintosh saat pengiriman. OS X adalah penerus MacOS original, yang menjadi sistem operasi utama Apple sejak tahun 1984.
    —- Linux (atau GNU / Linux) adalah sistem operasi Unix-like yang dikembangkan tanpa kode Unix asli Unix-like , seperti BSD dan variannya.
    —- Chromium adalah sistem operasi berbasis kernel Linux dan didesain oleh Google. Karena Chromium OS ditujukan untuk pengguna komputer yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di Internet, dia banyak mengandalkan web browser dan tidak memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi lokal.
    —- Microsoft Windows adalah keluarga sistem operasi proprietary yang dirancang oleh Microsoft Corporation dan terutama ditargetkan untuk komputer berbasis arsitektur Intel, dengan estimasi pangsa 88,9 persen dari total komputer yang terhubung web.
    —- Ada banyak sistem operasi yang signifikan pada zaman mereka tetapi tak lagi begitu sekarang, seperti AmigaOS, OS / 2 dari IBM dan Microsoft, MacOS pendahulu non-Unix untuk Apple Mac OS X, BeOS, XTS300; RISC OS, MorphOS dan FreeMint.

  9. Sebuah sistem operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer. Sistem Operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuahkomputer. Program aplikasi biasanya membutuhkan sistem operasi untuk bisa berfungsi.
    Untuk fungsi hardware seperti input dan output dan alokasi memory, sistem operasi berfungsi sebagai perantara antara program dengan komputer hardware. Meskipun demikian aplikasi dijalankan secara langsung oleh hardware dan biasanya akan melakukan sistem call ke fungsi di OS atau di interupsi oleh OS tersebut. Sistem operasi dapat di temukan di hampir semua alat yang mempunyai fungsi komputer mulai dari handphone, video game hingga super komputer dan web server.

    Pada awalnya komputer dibuat untuk menjalankan single task, seperti calculator. Sistem operasi belum menampakan diri sampai 1960. Dasar fitur sistem operasi mulai dikembangkan tahun 1950, seperti fungsi monitor yang dapat secara automatis menjalankan program yang berbeda dalam rangka mempercepat processing.
    Sesudah komputer aplikasi umum yang programmable dibuat, bahasa mesin (terdiri dari digit 0 dan 1 di kartu punch card) di perkenalkan untuk mempercepat proses programming. OS/360 digunakan pada sebagian besar komputer mainframe IBM di awal tahun 1966, termasuk komputer yang menolong NASA untuk menerbangkan manusia ke bulan.
    Belakangan mesin-mesin ini dilengkapi dengan program library, yang di sambungkan (di link) di program user untuk membantu operasi tertentu, seperti, input, output, dan membuat kode komputer yang dapat dibaca manusia. Ini merupakan asal muasal sistem operasi modern. Akan tetapi, mesin masih menjalankan single job pada satu waktu.

  10. SISTEM OPERSAI
    Sebuah sistem operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer. Sistem Operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuah komputer. Program aplikasi biasanya membutuhkan sistem operasi untuk bisa berfungsi.
    sistem operasi berfungsi sebagai perantara antara program dengan komputer hardware. Sistem operasi dapat di temukan di hampir semua alat yang mempunyai fungsi komputer mulai dari handphone, video game hingga super komputer dan web server. Contoh sistem operasi modern termasuk Android, BSD, iOS, Linux, Mac OS X, Microsoft Windows, and IBM z/OS. Semuanya, kecuali Windows dan z/OS, mempunyai akar yang sama yaitu Unix.

  11. System operasi adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer . Sistem Operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuahkomputer. Program aplikasi biasanya membutuhkan sistem operasi untuk bisa berfungsi.
    sistem operasi berfungsi sebagai perantara antara program dengan komputer hardware.
    Contoh sistem operasi modern termasuk Android, BSD, iOS, Linux, Mac OS X, Microsoft Windows, and IBM z/OS. Semuanya, kecuali Windows dan z/OS, mempunyai akar yang sama yaitu Unix
    Real-time : sebuah sistem operasi multitasking yang ditujukan untuk menjalankan aplikasi real-time
    Multi-user : Sistem operasi multi-user memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses sistem komputer pada saat yang sama.

    Davito Lazuardi
    Labschool Rawamangun 7C

  12. Sebuah sistem operasi (OS) adalah kumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware computer dan memberikan layanan bagi program komputer.Sistem operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuah komputer.Progam aplikasi biasanya membutuhkan sistem operasi untuk bisa berfungsi.
    Sistem operasi time sharing menjadwal tugas agar dapat secara effisien menggunakan sistem. Hal ini termasuk menghitung alokasi biaya dari waktu processor, harddisk, printing dan berbagai sumber daya lainnya.
    Untuk fungsi hardware seperti input dan output dan alokasi memory, sistem operasi berfungsi sebagai perantara antara program dengan komputer hardware. Meskipun demikian aplikasi dijalankan secara langsung oleh hardware dan biasanya akan melakukan sistem call ke fungsi di OS atau di interupsi oleh OS tersebut. Sistem operasi dapat di temukan di hampir semua alat yang mempunyai fungsi komputer mulai dari handphone, video game hingga super komputer dan web server.
    Contoh sistem operasi modern termasuk Android, BSD, iOS, Linux, Mac OS X, Microsoft Windows, and IBM z/OS. Semuanya, kecuali Windows dan z/OS, mempunyai akar yang sama yaitu Unix.

  13. Sistem operasi adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware computer dan memberikan layanan pada program computer. Hal ini termasuk menghitung alokasi biaya dari waktu processor, hard disk, printing, dan sumber daya lainnya. Sistem operasi real-time adalah system operasi sebuah multitasking yang ditujukan untuk menjalankan aplikasi real-time. Sistem operasi single user hanya satu pengguna tapi dapat menjalankan multiple program pada saat yang sama. Sebuah sistem single-tasking hanya dapat menjalankan satu program. Ada dua tipe Multi-tasking, yaitu: (1) pre-emptive dan (2) co-operative. Di pre-emptive multitasking, sistem operasi akan membagi CPU time dan mendedikasikan satu slot untuk setiap program. Sebuah sistem operasi terdistribusi mengatur sebuah kelompok dari komputer yang independen dan membuat mereka tampak seperti satu buah komputer. Dengan perkembangan jaringan komputer memungkinkan sambungan dan komunikasi satu sama lain untuk membangun distributed computing. Komputasi terdistribusi dilaPada awalnya komputer dibuat untuk menjalankan sekumpulan single task, seperti calculator.kukan oleh lebih dari satu mesin. Di tahun 1940-an, sistem elektronik digital awal tidak mempunyai sistem operasi. Di awal tahun 1950, sebuah komputer hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu. Belakangan mesin-mesin ini dilengkapi dengan program library, yang di sambungkan (di link) di program user untuk membantu operasi tertentu, seperti, input, output, dan membuat kode komputer yang dapat dibaca manusia. Ini merupakan asal muasal sistem operasi modern. Akan tetapi, mesin masih menjalankan single job pada satu waktu. Sebuah sistem operasi real-time RTOS adalah sistem operasi multitasking yang ditujukan untuk aplikasi dengan tenggat waktu tetap (komputasi real-time). Aplikasi ini mencakup beberapa sistem embedded kecil, pengendal mesin mobil , robot industri, pesawat ruang angkasa, kontrol industri, dan beberapa sistem Dalam beberapa kasus, pengembangan sistem operasi hobi untuk mendukung perangkat komputasi “homebrew” , misalnya, satu board komputersederhana menggunakan mikroprosesor 6502. Atau, pengembangan untuk arsitektur yang mungkin sudah digunakan secara luas. komputasi berskala besar. Aplikasi perangkat lunak umumnya ditulis untuk digunakan pada sistem operasi tertentu, dan kadang-kadang bahkan untuk hardware tertentu

  14. Sejarah system operasi

    Sebuah sistem operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer. Sistem Operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuah komputer. Program aplikasi biasanya membutuhkan sistem operasi untuk bisa berfungsi.
    Sistem operasi time sharing menjadwal tugas agar dapat secara effisien menggunakan sistem. Hal ini termasuk menghitung alokasi biaya dari waktu processor, harddisk, printing dan berbagai sumber daya lainnya.
    Untuk fungsi hardware seperti input dan output dan alokasi memory, sistem operasi berfungsi sebagai perantara antara program dengan komputer hardware. Meskipun demikian aplikasi dijalankan secara langsung oleh hardware dan biasanya akan melakukan sistem call ke fungsi di OS atau di interupsi oleh OS tersebut. Sistem operasi dapat di temukan di hampir semua alat yang mempunyai fungsi komputer mulai dari handphone, video game hingga super komputer dan web server.
    Sejarah.
    Computer awalnya dibuat untuk calculator.dasar fitur dikembangkan pada tahun 1950.

  15. Sebuah sistem operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer. Sistem Operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuah komputer. Program aplikasi biasanya membutuhkan sistem operasi untuk bisa berfungsi.
    Pada awalnya komputer dibuat untuk menjalankan sekumpulan single task, seperti calculator. Sistem operasi belum menampakan diri sampai awal 1960. Dasar fitur sistem operasi mulai dikembangkan tahun 1950, seperti fungsi monitor yang dapat secara automatis menjalankan program yang berbeda.
    Di tahun 1940-an, sistem elektronik digital awal tidak mempunyai sistem operasi.Sistem elektronik pada masa itu di program menggunakan sekumpulan switch mekanik atau dengan kabel jumper di papan board.
    Di awal tahun 1950, sebuah komputer hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu. Setiap pengguna menggunakan sendiri komputer untuk waktu yang terbatas sesuai dengan jadwal waktu, dengan program dan data yang ada di punch card atau punch tape.
    Belakangan mesin-mesin ini dilengkapi dengan program library, yang di sambungkan (di link) di program user untuk membantu operasi tertentu, seperti, input, output, dan membuat kode komputer yang dapat dibaca manusia. Ini merupakan asal muasal sistem operasi modern. Akan tetapi, mesin masih menjalankan single job pada satu waktu.

  16. Sebuah sistem operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer. Sistem Operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuah komputer. Aplikasi biasanya membutuhkan sistem operasi untuk berfungsi. Sistem operasi time sharing menjadwal tugas agar dapat secara efisien menggunakan sistem. Untuk fungsi hardware, sistem operasi berfungsi sebagai perantara antara program dengan komputer hardware. Sistem operasi dapat di temukan di hampir semua alat yang mempunyai fungsi komputer mulai dari handphone, video game hingga super komputer dan web server. Contoh sistem operasi modern termasuk Android, BSD, iOS, Linux, Mac OS X, Microsoft Windows, and IBM z/OS. Semuanya, kecuali Windows dan z/OS, mempunyai akar yang sama yaitu Unix.
    Sistem Operasi ada 5, yaitu Real-time, Multi-user, Multi-tasking vs. single-tasking, sistem terdistribusi, sistem Embedded. Sistem operasi real-time adalah sebuah sistem operasi multitasking yang ditujukan untuk menjalankan aplikasi real-time. Sistem operasi multi-user memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses sistem komputer pada saat yang sama. Sebuah sistem operasi multi-tasking memungkinkan lebih dari satu program untuk berjalan pada satu saat, sedangkan sistem single-tasking hanya dapat menjalankan satu program. Sebuah sistem operasi terdistribusi mengatur sebuah kelompok dari komputer yang independen dan membuat mereka tampak seperti satu buah komputer, dan Sistem operasi embedded di rancang untuk digunakan di sistem komputer embedded.

  17. Sebuah sistem operasi adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer. Sistem operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuah komputer. Program aplikasi biasanya membutuhkan sistem operasi untuk bisa berfungsi. Sejarah awalnya yaitu, komputer dibuat untuk menjalankan singletask. Sistem operasi belum menampakkan diri pada tahun 1960-an lalu dikembangkan dan menjadi popular pada tahun 1980. sistem operasi yang dibuat untuk PC secara konsep sama dengan yang digunakan di komputer yang besar. Di tahun 1940, sistem elektronik digital awal tidak mempunyai sistem operasi. Di awal tahun 1966 komputer membantu NASA untuk menerbangkan manusia ke bulan.

  18. Sebuah sistem operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer. Sistem Operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuah komputer. Program aplikasi biasanya membutuhkan sistem operasi untuk bisa berfungsi.
    Sistem operasi time sharing menjadwal tugas agar dapat secara effisien menggunakan sistem. Hal ini termasuk menghitung alokasi biaya dari waktu processor, harddisk, printing dan berbagai sumber daya lainnya.
    sistem operasi berfungsi sebagai perantara antara program dengan komputer hardware
    meskipun itu aplikasi yang dijalankan secara langsung oleh hardware dan biasanya akan melakukan sistem call ke fungsi di OS atau di interupsi oleh OS tersebut
    contoh operasi modern yaitu, android, ios, bsd, linucx, mac os, dan semuanya kecuali, Windows dan z/OS, mempunyai akar yang sama yaitu Unix
    TIPE SISTEM OPERASI:
    A. REAL TIME
    B. MULTI-USER
    C. MULTI-TASKING VS SINGLE-TASKING
    D. SISTEM TERDISTRIBUSI
    E. SISTEM EMBEDDED
    Sistem operasi belum menampakan diri sampai awal 1960, Dasar fitur sistem operasi mulai dikembangkan tahun 1950

  19. Sistem operasi atau OS adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya hardware komputer dan memberikan layanan untuk program komputer. Sistem operasi atau OS adalah perangkat lunak yang ada di dalam komputer. Program-program aplikasi itu biasanya membutuhkan sistem operasi. Sistem operasi time sharing menjadwalkan tugas agar lebih efisien. System operasi juga menghitung alokasi dari waktu processor,harddisk, printing dan hal lainnya.sistem operasi berfungsi sebagai program anatara hardwear dan komputer.jadi sistem operasi itu digunakan untuk mengoperasikan program-program aplikasi. contoh sistem operasi modern, android, IOS, Linux, BSD,MAC O SX, microsoft windows.

  20. Sistem operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer. Sistem Operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuah komputer. Sistem operasi time sharing menjadwal tugas agar dapat secara effisien menggunakan sistem.
    Fungsi hardware seperti input dan output dan alokasi memory, sistem operasi berfungsi sebagai perantara antara program dengan komputer hardware. Meskipun demikian aplikasi dijalankan secara langsung oleh hardware dan biasanya akan melakukan sistem call ke fungsi di OS atau di interupsi oleh OS tersebut. Sistem operasi dapat di temukan di hampir semua alat yang mempunyai fungsi komputer.
    Sistem operasi belum ada sampai tahun 1960. Dasar fitur sistem operasi mulai dikembangkan tahun 1950, seperti fungsi monitor yang dapat secara automatis menjalankan program yang berbeda dalam rangka mempercepat processing. Fitur hardware di tambahkan untuk membuka kemungkinan untuk menggunakan runtime library, interrupsi, dan parallel processing.

  21. Sebuah sistem operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagiprogram komputer. Sistem Operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuah komputer. Program aplikasi biasanya membutuhkan sistem operasi untuk bisa berfungsi.
    Sistem operasi time sharing menjadwal tugas agar dapat secara effisien menggunakan sistem. Hal ini termasuk menghitung alokasi biaya dari waktu processor, harddisk, printing dan berbagai sumber daya lainnya.
    Untuk fungsi hardware seperti input dan output dan alokasi memory, sistem operasi berfungsi sebagai perantara antara program dengankomputer hardware. Meskipun demikian aplikasi dijalankan secara langsung oleh hardware dan biasanya akan melakukan sistem call ke fungsi di OS atau di interupsi oleh OS tersebut. Sistem operasi dapat di temukan di hampir semua alat yang mempunyai fungsi komputer mulai darihandphone, video game hingga super komputer dan web server.
    Real-time
    Sistem operasi real-time adalah sebuah sistem operasi multitasking yang ditujukan untuk menjalankan aplikasi real-time. Sistem Operasi real-time biasanya menspesialisasikan pada algoritma scheduling (penjadwalan) sehingga mereka dapat mencapai perilaku yang deterministik. Tujuan utama sebuah sistem operasi real-time adalah respons yang cepat dan dapat di prediksi untuk berbagai kejadian.
    Multi-user
    Sistem operasi multi-user memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses sistem komputer pada saat yang sama. Sistem time-sharing dan server di Internet dapat dikategorikan sebagai sistem multi-user karena mereka memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses komputer dengan cara berbagai waktu (sharing time).
    Sistem Terdistribusi
    Sebuah sistem operasi terdistribusi mengatur sebuah kelompok dari komputer yang independen dan membuat mereka tampak seperti satu buah komputer. Dengan perkembangan jaringan komputer memungkinkan sambungan dan komunikasi satu sama lain untuk membangun distributed computing. Komputasi terdistribusi dilakukan oleh lebih dari satu mesin.
    Sistem Terdistribusi
    Sebuah sistem operasi terdistribusi mengatur sebuah kelompok dari komputer yang independen dan membuat mereka tampak seperti satu buah komputer. Dengan perkembangan jaringan komputer memungkinkan sambungan dan komunikasi satu sama lain untuk membangun distributed computing. Komputasi terdistribusi dilakukan oleh lebih dari satu mesin.

  22. Sistem operasi adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya hardware komputer dan memberi layanan bagi komputer. Sistem operasi real time, multitasking yang ditujukkan untuk menjalankan aplikasi real-time. Sistem operasi multi-user memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses sistem komputer pada saat yang sama. Sebuah sistem operasi multi-tasking memungkinkan lebih dari satu program untuk berjalan pada satu saat, dilihat dari skala waktu manusia. Sebuah sistem operasi distribusi mengatur kelompok komputer yang independen dan membuat mereka tampak seperti satu buah komputer. Sistem operasi embedded di rancang untuk digunakan di sistem komputer embedded.

  23. Sistem Operasi (OS) adalah sekumpulan Software yang mengatur suber daya dan memberikan layanan bagi program computer.sistem operasi adalh komponen penting dari sitem perangkat lunak dalam sebuah computer.program aplikasi biasanya membutuhkan system operasi untuk bisa berfungsi.
    Sejarah computer pada awalnya hanya buat menghitung/calculator.sistem operasi belum menampakan diri pada tahun 1960,dasar system operasi mulai dekembangkan sejak 1950.seperti fungsi monitor yang dapat secara otomatis menjalankan program yang berbeda dalam rangka mempercepat processing.Fitur hardware ditambahkan untuk membuka kemungkinan untuk menggunakan runtime library, interrupsi, dan parallel processing. Pada saat PC menjadi popular pada tahun 1980-an.sistem operasi yang dibuat untuk PC secara konsep sama dengan menggunakan computer besar.
    Di tahun 1940-an, sistem elektronik digital awal tidak mempunyai sistem operasi.Sistem elektronik pada masa itu di program menggunakan sekumpulan switch mekanik atau dengan kabel jumper di papan board. Sistem ini merupakan sistem special-purpose, sebagai contoh, untuk membuat tabel balistik untuk militer atau mengatur pencetakan slip gaji dari data di punch card. Sesudah komputer aplikasi umum yang programmable dibuat, bahasa mesin (terdiri dari kalimat yang terdiri dari digit 0 dan 1 di kartu punch card) di perkenalkan untuk mempercepat proses programming. OS/360 digunakan pada sebagian besar komputer mainframe IBM di awal tahun 1966, termasuk komputer yang menolong NASA untuk menerbangkan manusia ke bulan.

  24. Sistem operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer. Sistem Operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuah komputer. Untuk fungsi hardware seperti input dan output dan alokasi memory, sistem operasi berfungsi sebagai perantara antara program dengan komputer hardware. Meskipun demikian aplikasi dijalankan secara langsung oleh hardware dan biasanya akan melakukan sistem call ke fungsi di OS atau di interupsi oleh OS tersebut.
    Tipe Sistem Operasi
    Real time-> Sistem operasi real-time adalah sebuah sistem operasi multitasking yang ditujukan untuk menjalankan aplikasi real-time. Tujuan utamanya adalah respons yang cepat dan dapat di prediksi untuk berbagai kejadian.
    Multi-user ->Sistem time-sharing dan server di Internet dapat dikategorikan sebagai sistem multi-user karena mereka memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses komputer dengan cara berbagai waktu (sharing time).
    Multi-tasking vs single-tasking -> memungkinkan lebih dari satu program untuk berjalan pada satu saat, dilihat dari skala waktu manusia. Sebuah sistem single-tasking hanya dapat menjalankan satu program. Ada dua tipe Multi-tasking, yaitu pre-emptive dan co-operative.
    Sistem terdistribusi ->mengatur sebuah kelompok dari komputer yang independen dan membuat mereka tampak seperti satu buah komputer. Dengan perkembangan jaringan komputer memungkinkan sambungan dan komunikasi satu sama lain untuk membangun distributed computing.
    Sistem embedded ->di rancang untuk digunakan di sistem komputer embedded. Sistem operasi embedded di operasikan di mesin kecil seperti PDA. Sistem operasi ini dapat beroperasi dengan sumber daya yang sangat terbatas. Sistem operasi ini di rancang agar sangat kecil dan sangat effisien

  25. Sebuah sistem operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer. Sistem Operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuah komputer. Program aplikasi biasanya membutuhkan sistem operasi untuk bisa berfungsi. Untuk fungsi hardware seperti input dan output dan alokasi memory, sistem operasi berfungsi sebagai perantara antara program dengan komputer hardware. Contoh: Android, BSD, iOS, Linux, Mac OS X, Microsoft Windows, and IBM z/OS.
    Real time
    Real time adalah sebuah sistem operasi multitasking yang ditujukan untuk menjalankan aplikasi real-time. Tujuan utama sebuah sistem operasi real-time adalah respons yang cepat dan dapat di prediksi untuk berbagai kejadian
    Multi user
    Sistem operasi multi-user memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses sistem komputer pada saat yang sama. Sistem time-sharing dan server di Internet dapat dikategorikan sebagai sistem multi-user karena mereka memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses komputer dengan cara berbagai waktu (sharing time).
    Multi-tasking vs. single-tasking
    Sebuah sistem operasi multi-tasking memungkinkan lebih dari satu program untuk berjalan pada satu saat, dilihat dari skala waktu manusia. Sebuah sistem single-tasking hanya dapat menjalankan satu program. Ada dua tipe Multi-tasking, yaitu: (1) pre-emptive dan (2) co-operative. Di pre-emptive multitasking, sistem operasi akan membagi CPU time dan mendedikasikan satu slot untuk setiap program.
    Sistem Terdistribusi
    Sebuah sistem operasi terdistribusi mengatur sebuah kelompok dari komputer yang independen dan membuat mereka tampak seperti satu buah komputer. Dengan perkembangan jaringan komputer memungkinkan sambungan dan komunikasi satu sama lain untuk membangun distributed computing.

  26. Sistem operasi adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer. Sistem Operasi adalah komponen penting dalam sebuah perangkat computer. Program aplikasi biasanya membutuhkan system operasi agar dapat berfungsi.
    Pada awalnya komputer dibuat untuk menjalankan sekumpulan single task, seperti calculator. Sistem operasi belum menampakan diri sampai awal 1960. Dasar fitur sistem operasi mulai dikembangkan tahun 1950, seperti fungsi monitor yang dapat secara automatis menjalankan program yang berbeda dalam rangka mempercepat processing. Fitur hardware di tambahkan untuk membuka kemungkinan untuk menggunakan runtime library, interrupsi, dan parallel processing. Pada saat PC menjadi populer di tahun 1980-an, sistem operasi yang dibuat untuk PC secara konsep sama dengan yang digunakan di komputer yang besar. Di tahun 1940-an, sistem elektronik digital awal tidak mempunyai sistem operasi.Sistem elektronik pada masa itu di program menggunakan sekumpulan switch mekanik atau dengan kabel jumper di papan board. Pada tahun 1950, sebuah komputer hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu.

  27. komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuahkomputer. Program aplikasi biasanya Sebuah sistem operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya membutuhkan sistem operasi untuk bisa berfungsi. Untuk fungsi hardware seperti input dan output dan alokasi memory, sistem operasi berfungsi sebagai perantara antara program dengan di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer. Sistem Operasi adalah komputer hardware. Meskipun demikian aplikasi dijalankan secara langsung oleh hardware dan biasanya akan melakukan sistem call ke fungsi di OS atau di interupsi oleh OS tersebut. Sistem operasi dapat di temukan di hampir semua alat yang mempunyai fungsi komputer mulai dari handphone, video game hingga super komputer dan web server.
    Contoh sistem operasi modern termasuk Android, BSD, iOS, Linux, Mac OS X, Microsoft Windows, and IBM z/OS. Semuanya, kecuali Windows dan z/OS, mempunyai akar yang sama yaitu Unix.

    Tipe sistem operasi
    • Real time = sebuah sistem operasi multitasking yang ditujukan untuk menjalankan aplikasi real-time.
    • Multi-user = Sistem time-sharing dan server di Internet dapat dikategorikan sebagai sistem multi-user karena mereka memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses komputer dengan cara berbagai waktu (sharing time).
    • Multi tasking vs single tasking = Sebuah sistem operasi multi-tasking memungkinkan lebih dari satu program untuk berjalan pada satu saat
    • Sistem Terdistribusi = Sebuah sistem operasi terdistribusi mengatur sebuah kelompok dari komputer yang independen dan membuat mereka tampak seperti satu buah komputer.
    • Sistem embedded = Sistem operasi embedded di operasikan di mesin kecil seperti PDA.

  28. Sebuah sistem operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer. System operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuah komputer. Program aplikasi biasanya membutuhkan sistem operasi untuk bisa berfungsi.
    Tipe Sistem Operasi
    -Real Time = Sebuah system operasi multitasking yang ditunjukan untuk mejalankan aplikasi real time.
    -Multi User = Memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses system komputer pada saat yang sama.
    -Sistem Terdistribusi = Mengatur sebuah kelompok dari komputer yang independen dan membuat mereka tampak seperti satu buah komputer.
    -Sistem Embedded = Di rancang untuk digunakan di system komputer embedded dan dioperasikan di mesin kecil seperti PDA
    Contoh system operasi:
    -Sistem operasi UNIX dan UNIX-like
    -BSD dan turunannya
    -OSX
    -Linux dan GNU
    -Google chromium OS
    -Microsoft Windows

  29. Sistem Operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware. SIStem Operasi adalah perangkat penting dari sistem lunak dalam sebuah komputer. Aplikasi memerlukan OS untuk bisa berfungsi. Sistem Operasi time sharing menjadwal tugas agar lebih effisien dalam menggunakan system. Hal ini termasuk menghitung alokasi biaya dan waktu dari berbagai sumber daya.
    Pada awalnya komputewr dibuat untuk menngerjakan single task seperti kalkulator. Sistem Operasi belum ada sampai tahun 1960. Dasar fitur Sistem Operasi mulai dikembangkan tahun 1950. Fitur fiturnya adalah seperti, monitor yang dapat memproses dan menjalankan berbagai aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Saat PC mulai popular, Sistem Operasi yang digunakan untuk PC digunakan untuk computer besar. Pada awalnya elektronik digital tidak menggunakan OS, tapi menggunakan sekumpulan switch. Dulu komputer hanya bisa membuka 1 program dalam 1 waktu dan setiap penggunaan program hanya bisa dipakai dalam jangka waktu tertentu.

  30. Sistem Operasi
    sebuah sistem operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer. Sistem Operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuah komputer. Program aplikasi biasanya membutuhkan sistem operasi untuk bisa berfungsi.
    Sistem operasi time sharing menjadwal tugas agar dapat secara effisien menggunakan sistem. Hal ini termasuk menghitung alokasi biaya dari waktu processor, harddisk, printing dan berbagai sumber daya lainnya.
    Untuk fungsi hardware seperti input dan output dan alokasi memory, sistem operasi berfungsi sebagai perantara antara program dengan komputer hardware. Meskipun demikian aplikasi dijalankan secara langsung oleh hardware dan biasanya akan melakukan sistem call ke fungsi di OS atau di interupsi oleh OS tersebut. Sistem operasi dapat di temukan di hampir semua alat yang mempunyai fungsi komputer mulai dari handphone, video game hingga super komputer dan web server.

    Real-time
    Sistem operasi real-time adalah sebuah sistem operasi multitasking yang ditujukan untuk menjalankan aplikasi real-time. Sistem Operasi real-time biasanya menspesialisasikan pada algoritma scheduling (penjadwalan) sehingga mereka dapat mencapai perilaku yang deterministik. Tujuan utama sebuah sistem operasi real-time adalah respons yang cepat dan dapat di prediksi untuk berbagai kejadian.

    Multi-user
    Sistem operasi multi-user memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses sistem komputer pada saat yang sama. Sistem time-sharing dan server di Internet dapat dikategorikan sebagai sistem multi-user karena mereka memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses komputer dengan cara berbagai waktu (sharing time). Sistem operasi single user hanya satu pengguna tapi dapat menjalankan multiple program pada saat yang sama.

    Multi-tasking vs. single-tasking
    Sebuah sistem operasi multi-tasking memungkinkan lebih dari 1 program untuk berjalan pada satu saat, dilihat dari skala waktu manusia. Sebuah sistem single-tasking hanya dapat menjalankan satu program. Ada dua tipe Multi-tasking, yaitu: (1) pre-emptive dan (2) co-operative. Di pre-emptive multitasking, sistem operasi akan membagi CPU time dan mendedikasikan satu slot untuk setiap program. Di sistem operasi Unix-like, seperti, Solaris dan Linux, biasanya mendukung pre-emptive multitasking, seperti juga AmigaOS.

    Sistem Terdistribusi
    Sebuah sistem operasi terdistribusi mengatur sebuah kelompok dari komputer yang independen dan membuat mereka tampak seperti satu buah komputer. Dengan perkembangan jaringan komputer memungkinkan sambungan dan komunikasi satu sama lain untuk membangun distributed computing. Komputasi terdistribusi dilakukan oleh lebih dari satu mesin. Jika komputer dalam satu group bekerjasama, maka mereka akan membangun sebuah distributed system / sistem terdistribusi.

    Sistem Embedded
    Sistem operasi embedded di rancang untuk digunakan di sistem komputer embedded. Sistem operasi embedded di operasikan di mesin kecil seperti PDA. Sistem operasi ini dapat beroperasi dengan sumber daya yang sangat terbatas. Sistem operasi ini di rancang agar sangat kecil dan sangat effisien.

    Sejarah
    Pada awalnya komputer dibuat untuk menjalankan sekumpulan single task, seperti calculator. Sistem operasi belum menampakan diri sampai awal 1960. Dasar fitur sistem operasi mulai dikembangkan tahun 1950, seperti fungsi monitor yang dapat secara automatis menjalankan program yang berbeda dalam rangka mempercepat processing. sistem operasi yang dibuat untuk PC secara konsep sama dengan yang digunakan di komputer yang besar.
    Di tahun 1940-an, sistem elektronik digital awal tidak mempunyai sistem operasi.Sistem elektronik pada masa itu di program menggunakan sekumpulan switch mekanik atau dengan kabel jumper di papan board. Sistem ini merupakan sistem special-purpose. esudah komputer aplikasi umum yang programmable dibuat, bahasa mesin (terdiri dari kalimat yang terdiri dari digit 0 dan 1 di kartu punch card) di perkenalkan untuk mempercepat proses programming.
    Di awal tahun 1950, sebuah komputer hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu. Setiap pengguna menggunakan computer sendiri untuk waktu yang terbatas sesuai dengan jadwal waktu, dengan program dan data yang ada di punch card atau punch tape.
    Belakangan mesin-mesin ini dilengkapi dengan program library, yang di sambungkan (di link) di program user untuk membantu operasi tertentu, seperti, input, output, dan membuat kode komputer yang dapat dibaca manusia. Ini merupakan asal muasal sistem operasi modern. Akan tetapi, mesin masih menjalankan single job pada satu waktu.

  31. Sistem Operasi

    Sebuah sistem operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer. Sistem Operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuah komputer. Sistem operasi berfungsi sebagai perantara antara program dengan komputer hardware. Sistem operasi dapat di temukan di hampir semua alat yang mempunyai fungsi komputer mulai dari handphone, video game hingga super komputer dan web server.

    Tipe sistem operasi ada Real-time, Multi-user, Multi-tasking vs. single-tasking, Sistem Terdistribusi, Sistem Embedded.

    Pada awalnya komputer dibuat untuk menjalankan sekumpulan single task, seperti calculator. Dasar fitur sistem operasi mulai dikembangkan tahun 1950, seperti fungsi monitor yang dapat secara automatis menjalankan program yang berbeda dalam rangka mempercepat processing. Di tahun 1940-an, sistem elektronik digital awal tidak mempunyai sistem operasi.Sistem elektronik pada masa itu di program menggunakan sekumpulan switch mekanik atau dengan kabel jumper di papan board.

    Contoh sistem operasi ada Sistem Operasi UNIX dan UNIX-like, BSD dan turunannya, OS X, Linux and GNU, Google Chromium OS, Microsoft Windows.

  32. Sebuah sistem operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer. Sistem Operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuahkomputer. Program aplikasi biasanya membutuhkan sistem operasi untuk bisa berfungsi.
    Sistem operasi time sharing menjadwal tugas agar dapat secara effisien menggunakan sistem. Hal ini termasuk menghitung alokasi biaya dari waktu processor, harddisk, printing dan berbagai sumber daya lainnya.
    Untuk fungsi hardware seperti input dan output dan alokasi memory, sistem operasi berfungsi sebagai perantara antara program dengan komputer hardware. Meskipun demikian aplikasi dijalankan secara langsung oleh hardware dan biasanya akan melakukan sistem call ke fungsi di OS atau di interupsi oleh OS tersebut. Sistem operasi dapat di temukan di hampir semua alat yang mempunyai fungsi komputer mulai dari handphone, video game hingga super komputer dan web server

  33. Kesimpulan:

    Sistem operasi (OS) adalah software yang mengatur sumber daya pada hardware computer dan menyediakan layanan bagi program computer. Sistem Operasi adalah komponen yang sangat penting dari system perangkat lunak. Program-program computer membutuhkan system operasi (OS) untuk berfungsi.

    Sistem operasi time sharing dijadwal tugas agar dapat digunakan untuk system secara efisien.Hal ini untuk menghitung alokasi biaya dari waktu prosessor ,harddisk dan lain-lain.Sistem operasi sebagai perantara program dengan hardware computer.Sistem operasi hamper berada di semua alat seperti pada handphone,computer dan lain-lain,Dan biasanya digunakan untuk bermain video game. Sistem operasi Antara lain Microsoft Windows,Mac OSX, Linux, Android, IOS.
    Awalnya komputer dibuat untuk single task seperti kalkulator. System operasi mulai terkenal karena adanya PC pada tahun 1980.

  34. sistem operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware computer dan memberikan layanan bagi ptogram computer . sistem operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuah komputer.
    sistem operasi berfungsi sebagai perantara antara program dengan komputer hardware. Meskipun demikian aplikasi dijalankan secara langsung oleh hardware dan biasanya akan melakukan sistem call ke fungsi di OS atau di interupsi oleh OS tersebut. Sistem operasi dapat di temukan di hampir semua alat yang mempunyai fungsi computer.
    Sejarah
    Pada awalnya komputer dibuat untuk menjalankan sekumpulan single task, seperti calculator. Sistem operasi belum menampakan diri sampai awal 1960. Dasar fitur sistem operasi mulai dikembangkan tahun 1950, seperti fungsi monitor yang dapat secara automatis menjalankan program yang berbeda dalam rangka mempercepat processing. Pada saat PCmenjadi populer di tahun 1980-an, sistem operasi yang dibuat untuk PC secara konsep sama dengan yang digunakan di komputer yang besar. Di tahun 1940-an, sistem elektronik digital awal tidak mempunyai system operasi. Sistem elektronik pada masa itu di program menggunakan sekumpulan switch mekanik atau dengan kabel jumper di papan board. Sistem ini merupakan sistem special-purpose, sebagai contoh, untuk membuat tabel balistik untuk militer atau mengatur pencetakan slip gaji dari data di punch card. Sesudah komputer aplikasi umum yang programmable dibuat, bahasa mesin (terdiri dari kalimat yang terdiri dari digit 0 dan 1 di kartu punch card) di perkenalkan untuk mempercepat proses programming. OS/360 digunakan pada sebagian besar komputer mainframe IBM di awal tahun 1966, termasuk komputer yang menolong NASA untuk menerbangkan manusia ke bulan.
    Di awal tahun 1950, sebuah komputer hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu. Setiap pengguna menggunakan sendiri komputer untuk waktu yang terbatas sesuai dengan jadwal waktu, dengan program dan data yang ada di punch card atau punch tape. Program akan di load ke komputer, dan komputer akan bekerja sampai program selesai atau crash. Program biasanya di debug melalui panel di depan menggunakan switch dan lampu panel.
    Belakangan mesin-mesin ini dilengkapi dengan program library, yang di sambungkan (di link) di program user untuk membantu operasi tertentu, seperti, input, output, dan membuat kode komputer yang dapat dibaca manusia. Ini merupakan asal muasal sistem operasi modern. Akan tetapi, mesin masih menjalankan single job pada satu waktu.

  35. Sebuah sistem operasi adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer. Sistem Operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuah komputer. Program aplikasi biasanya membutuhkan sistem operasi untuk bisa berfungsi. Hal ini termasuk menghitung alokasi biaya dari waktu processor, hard disk, printing dan lain sebagainya. sistem operasi berfungsi sebagai perantara antara program dengan komputer hardware. Sistem operasi dapat di temukan di hampir semua alat yang mempunyai fungsi komputer mulai dari handphone contoh sistem operasi modern adalah Android, BSD, iOS, Linux, Mac OS X, Microsoft Windows, and IBM z/OS. Semuanya, kecuali Windows dan z/OS, mempunyai akar yang sama yaitu Unix. Sistem operasi belum menampakan diri sampai awal 1960. Awalnya komputer digunakan untuk menjalankan single task seperti calculator. Di tahun 1950 banyak fitur di pelopori di bidang system oprasi. PC-DOS adalah awal sistem operasi untuk personal komputer yang berupa command line interface (CLI). Mac OS dari Apple Computer menjadi sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface (GUI).

  36. Sistem operasi
    Sebuah sistem operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer. Sistem Operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuahProgram aplikasi biasanya membutuhkan sistem operasi untuk bisa berfungsi.
    Sistem operasi time sharing menjadwal tugas agar dapat secara effisien menggunakan sistem. Hal ini termasuk menghitung alokasi biaya dari waktu processor, harddisk, printing dan berbagai sumber daya lainnya.
    Untuk fungsi hardware seperti input dan output dan alokasi memory, sistem operasi berfungsi sebagai perantara antara program dengan komputer hardware. Meskipun demikian aplikasi dijalankan secara langsung oleh hardware dan biasanya akan melakukan sistem call ke fungsi di OS atau di interupsi oleh OS tersebut. Sistem operasi dapat di temukan di hampir semua alat yang mempunyai fungsi komputer mulai dari handphone, video game hingga super komputer dan web server.
    Contoh sistem operasi modern termasuk Android, BSD, iOS, Linux, Mac OS X, Microsoft Windows, and IBM z/OS. Semuanya, kecuali Windows dan z/OS, mempunyai akar yang sama yaitu Unix

    Tipe sistem operasi
    Real-time
    Sistem operasi real-time adalah sebuah sistem operasi multitasking yang ditujukan untuk menjalankan aplikasi real-time. Sistem Operasi real-time biasanya menspesialisasikan pada algoritma scheduling (penjadwalan) sehingga mereka dapat mencapai perilaku yang deterministik.
    Multi-user
    Sistem operasi multi-user memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses sistem komputer pada saat yang sama. Sistem time-sharing dan server di Internet dapat dikategorikan sebagai sistem multi-user karena mereka memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses komputer dengan cara berbagai waktu (sharing time).
    Multi-tasking vs. single-tasking
    Sebuah sistem operasi multi-tasking memungkinkan lebih dari satu program untuk berjalan pada satu saat, dilihat dari skala waktu manusia. Sebuah sistem single-tasking hanya dapat menjalankan satu program. Ada dua tipe Multi-tasking, yaitu: (1) pre-emptive dan (2) co-operative. Di pre-emptive multitasking, sistem operasi akan membagi CPU time dan mendedikasikan satu slot untuk setiap program. Di sistem operasi Unix-like, seperti, Solaris dan Linux, biasanya mendukung pre-emptive multitasking, seperti juga AmigaOS. Cooperative multitasking dapat dicapai dengan cara saling mengandalkan satu sama lain untuk memberikan waktu / slot time ke proses yang lain dengan aturan yang baku

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.