Posted on: July 20, 2016 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 56

TIK Disayang, TIK Dibuang

TIK sebagai mata pelajaran harus didukung oleh semua
TIK sebagai mata pelajaran harus didukung oleh semua

TIK disayang, TIK dibuang itulah judul yang cocok dari diskusi kami para guru TIK di negeri ini. Di satu sisi tak ada orang yang bisa menolak TIK itu penting dalam mendukung pembelajaran. Namun, di sisi lain, TIK dibuang sebagai mata pelajaran. Hal ini dikarenakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) hanya dipahami sebagai alat bantu, bukan sebagai ilmu. Akibatnya mereka beranggapan TIK bisa dipelajari sendiri secara otodidak. Tak perlu lagi belajar TIK karena dianggap bisa belajar secara mandiri. Kalau pikiran anda seperti itu, bagaimana kalau dibalik? Tak perlu belajar mata pelajaran lain, karena semuanya bisa dipelajari secara mandiri. Tak perlu guru, dan tak perlu sekolah. Belajar aja TIK pasti anda bisa mempelajarinya sendiri. Anda bisa mencari informasi di internet dan menciptakannya. Cukup belajar literasi TIK saja! Anda bisa belajar lewat elearning. Tak perlu tatap muka. Anda bisa belajar kepada siapa saja.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/wijayalabs/tik-disayang-tik-dibuang_578ed586d793737213826a26

Categories:

56 People reacted on this

  1. Blog ini bagus. Buatlah karya karya seperti ini lebih banyak agar murid indonesia lebih mengerti tentang pelajaran TIK.Goodjob OmJay.Semoga saya bisa membuat blog sebagus ini

  2. wah ternyata Belajar tik juga mempengaruhi proses pembelajaran lain dan juga dengan belajar tik proses belajar mengajar menjadi lebih mudah dan saya berharap mata pelajaran TIK tidak dihapus.

  3. seharusnya orang orang harus lebih perduli terhadap TIK, karena generasi indonesia membutuhkan teknologi/TIK untuk mencapai kesuksesannya.

  4. TIK menurut saya itu juga perlu untuk dipelajari di sekolah, dan bukan secara otodidak dan saya sependapat dengan omjay. jika kita mempelajari TIK secara otodidak belum tentu kita bisa mengerti dengan semua maksud dan fungsi dari isi komputer.

  5. Saya berharap TIK tidak dibuang di sekolah manapun, karena TIK sudah membantu saya untuk belajar.Karena banyak sekali pelajaran yang harus dicari di internet…. Karena itu saya ingin TIK di sekolah manapun harus disayang bukan dibunag… bagaimana jika banyak murid yang harus mencari sebuah makna dan arti saat pelajaran TIK?? Dan TIK itu membuat saya mudah belajar.

  6. menurut saya TIK memang harus tetap ada , karena ini bertentangan dengan teknologi , sekarang teknologi semakin canggih dan maju , anak2 akan mengerti teknologi jika ada pelajaran TIK , jika tidak ada pelajaran TIK , bagaimana anak2 akan mengerti teknologi?, pelajaran TIK juga akan berguna bila mereka ingin mencetuskan suatu ide tentang teknologi nantinya , mereka akan mengerti apa dasar2 jika ingin membuatnya

  7. Saya ikut sedih untuk guru guru yang telah latihan untuk menjadi guru tik. Kemampuan dan bakat yg ada tidak bisa disalurkan ke orang lain. Padahal, negara kita bisa lebih maju dengan teknologi. Selain itu kita juga bisa dapat pahala. Semoga TIK dapat kembali bersama pelajaran yang lain 🙂 Semangat untuk guru guru TIK yang seharusnya bisa memberi ilmunya kepada orang lain:)

  8. lebih baik diadakan agar siswa lebih mengerti lagi soal tentang tik dngan diajarkan bersama guru/pendamping . jika ada fasilitas nya

  9. menurut saya apa yang dikatakan oleh Om jay itu benar, karena ada beberapa anak yang ber-homeschooling. mereka tidak bisa belajar bersama teman-temannya yang seharusnya mereka temukan disekolah. namun, melalui mapel TIK mereka bisa belajar dan mencari materi -materi yang umumnya ada di sekolah. dan seharusnya mapel TIK tidak boleh dihilangkan.agar anak anak lain bisa merasakan apa itu pelajaran TIK.

  10. menurut saya,artikel ini adalah sebuah motivasi agar mapel TIK lebih akan dipelajari lebih dalam.karena,pelajaran ini bisa membantu hampir semua pekerjan dan pelajaran.seperti mencari artikel-artikel,berita,refrensi,dll.

    sebuah artikel yang bagus

  11. artikel ini bagus saya sgt menyukainya. artikel ini menginspirasi anak anak bangsa untuk terus belajar teknologi
    teeknologi atau tik itu baik dan bagus untuk masa depan.

  12. Saya juga tidak setuju jika tik dihapus jadi menurut saya artikel ini cukup memotivasi karena dengan ini kita dapat memberitahu bahwa di negara indonesia ini dapat membuat informasi kita bukan Cuma mengetik dan melihat berita lagi dengan artikel ini juga kita dapat menyalurkan aspirasi bahwa kita jangan menghapus tik dari kurikulum 2013. Banyak orang yang sangat menyayangkan jika tik dihapus dan saya merasa kasihan terhadap guru yang sudah bersusah payah untuk mendapatkan gelar dan bersiap untuk mengajar tik dan saya sendiri berharap agar tik dikembalikan agar para anak anak di indonesia dapat bersiap menghadapi era teknologi dan saya berharap agar tik dikembalikan di kurikulum

  13. menurut saya,artikel ini adalah sebuah motivasi agar mapel TIK lebih akan dipelajari lebih dalam.karena,pelajaran ini bisa membantu hampir semua pekerjaan dan pelajaran.seperti mencari artikel-artikel,berita,refrensi,dll.sebuah artikel yang bagus. lebih baik diadakan agar siswa lebih mengerti lagi soal tentang tik dngan diajarkan bersama guru/pendamping . jika ada fasilitas nya. mereka bisa belajar bersama teman-temannya yang seharusnya mereka temukan disekolah. melalui mapel TIK mereka bisa belajar dan mencari materi -materi yang umumnya ada di sekolah. dan seharusnya mapel TIK tidak boleh dihilangkan.agar anak anak lain bisa merasakan apa itu pelajaran TIK. Saya berharap TIK tidak dibuang di sekolah manapun, karena TIK sudah membantu saya untuk belajar.Karena banyak sekali pelajaran yang harus dicari di internet.

  14. Saya tidak setuju TIK dibuang karena TIK itu sangat penting bagi kehidupan, banyak juga yang memikir mereka bisa belajar TIK sendiri karena mereka mengunakan teknologi setiap hari, tetapi yang mereka belajar hanya mencari sesuatu di internet tetapi di dalam TIK yang dipelajari lebih banyak dari mencari sesuatu di internet. Banyak juga yang mengatakan tik itu penting dan saya setuju dengan perkataan mereka karena TIK dapat membantu banyak hal di dunia dan banyak pelajaran TIK yang tidak dapat dipelajari sendiri mungkin bisa tetapi butuh waktu yang lama, maka itulah kita perlu belajar tik karena pelajaraan TIK tidak dapat dipelajari sendiri dalam waktu yang singkat

  15. menurut saya TIK memang harus tetap ada,karena tik sangat bermanfaat bagi kita,negara kita bisa lebih maju dengan teknologi.artikel nya om jay bagus.

  16. Artikel yang sangat bagus. Sebuah artikel yang dapat membuat orang orang berpikir untuk membuat pelajaran TIK berguna. Sebuah artikel masterpiece dari om jay untuk membuat orang orang berpikir 2 kali untuk membuang pelajaran tik. Tanpa pelajaran tik, bagaimana orang yang ingin masuk ke universitas teknik komputer? Pasti sangat kesusahan karena tidak tahu sejarah tik. Sekali lagi pelajaran tik sangat berguna untuk mereka, dan sangat membantu pastinya. Pelajaran tik juga sangat seru, kita bisa main komputer, bekerja dengan komputer, dengerin musik dari komputer dan lain lainnya. Pokoknya seru dah! Daripada dibuang sayang, lebih baik dijaga.
    Sebuah artikel yang bagus dan keren.

  17. Saya tidak ingin tik dihapus karena Belajar tik juga mempengaruhi proses pembelajaran lain dan juga dengan belajar tik proses belajar mengajar menjadi lebih mudah dan saya berharap mata pelajaran TIK tidak dihapus. karena ini bertentangan dengan teknologi , sekarang teknologi semakin canggih dan maju , anak2 akan mengerti teknologi jika ada pelajaran TIK , jika tidak ada pelajaran TIK , bagaimana anak2 akan mengerti teknologi?, pelajaran TIK juga akan berguna bila mereka ingin mencetuskan suatu ide tentang teknologi nantinya , mereka akan mengerti apa dasar2 jika ingin membuatnya,itulah alasan saya ingin tik tetap ada di kurikulum ini walaupun memang banyak yang menentangnya

  18. menurut saya artikel yang berjudul “tik disayang tik dibuang” karya om jay ini memuat hal yang sangat positif yang bertujuan mendukung adanya pelajaran tik di dalam kurikulum pendidikan indonesia agar generasi zaman sekarang yang kebanyakan informasi berbasis teknologi ini dapat didapatkan oleh semua orang.sehingga tidak ada lagi kesenjangan.pelajaran tik ini seharismya diajarkan kembali untuk kemajuan indonesia.

  19. Sebenarnya saya tidak setuju dengan TIK yang dihapus oleh pemerintah di kurikulum 13 ini karena untuk pendidikan indonesia ini tik sangat penting dan harus dipelajari dan dijadikan mata pelajaran. Parahnya banyak orang disini yang salah dalam menggunakan TIK karena banyak juga cheater, spammer, cracker yang bertebaran disini dan murid murid juga hanya bisa memanfaatkan TIK untuk bermain game atau parahnya mereka menggunakan TIK untuk mencari hal hal vulgar atau kekerasan yang harusnya itu kita ajarkan dengan baik agar mereka dapat memanfaatkan pelajaran TIK sebaik baiknya lewat pelajaran TIK. Saya berharap agar pelajaran TIK dapat kembali ke pelajaran di sekolahan. Save TIK.

  20. saya sangat setuju dengan om jay, pendidikan tik akan sangat berguna untuk mempersiapkan anak didik dalam menghadapi kemajuan teknologi ini.

  21. Bagi saya pelajaran TIK ini harus ada karena di jaman yang modern seperti ini memang TIK sangat dibutuhkan karena agar menghindari penggunaan negative. Saya bertanya Tanya kepada bapak mentri kenapa TIK harus dihapuskan karena bagi saya TIK sangat mendukung di jaman ini. Saya tahu TIK memang bisa dipelajari secara otodidak tetapi tetap saja masih saja tetap membutuhkan bimbingan dari seorang guru karena anak anak bisa saja membuka sesuatu yang berbau negative dari TIK jadi saya mendukung TIK tetap menjadi suatu mata pelajaran.saya harap TIK masih menjadi mata pelajaran, saya juga berpesan kepada sekolah sekolah agar menerima TIK. Omjay top deh

  22. Bagi saya sih artikelnya setuju dan tidak setuju. kalau misalnya mata pelajaran TIK dibuang kita bisa saja dirugikan karena saat ini Indonesia memerlukan generasi TIK untuk mempercepat teknologi kita. Kalau misalnya TIK dibuang, banyak sekali guru TIK yang disuruh mengajar pelajaran yang bukan jurusannya. Tetapi, kalau kita hanya belajar TIK, mau dikemanakan guru matematika, IPA dll? Apakah mereka dipaksa mengajar TIK? Memang sih mengajar TIK hanya memberikan informasi, dan lain-lain. Cuman, kalau misalkan para guru mengajar TIK salah-salah, bayangkan apa yang terjadi di masa depan kalau kita tidak bisa menggunakan TIK dengan benar. Menurut saya, TIK tetap diajarkan kepada siswa tetapi lebih serius. Kita belajar TIK bukan karena kita bisa membuka youtube. Guru juga harus lebih serius mengajarkan TIK, bukan hanya mengajarkan cara membuat presentasi, tetapi siswa mulai diajarkan cara membuat blog, dll.

  23. Saya sangat setuju dengan artikel ini setelah membacanya, menurut saya TIK sangat penting karena seiring perubahan jaman teknologi semakin maju sehingga indonesia dapat tertinggal jika tidak belajar TIK, belajar TIK tidak akan merugikan anak-anak namun menambah pengetahuan. TIK juga berguna dalam kehidupan sehari-hari, seperti menambah ilmu yang tidak ketahui dari internet, berkomunikasi satu sama lain dan lain-lainnya.

  24. artikel ini bagus, saya sangat setuju. pelajaran TIK telah membantu banyak pelajar untuk belajar agar lebih mudah. belum tentu semua orang bisa belajar pelajaran TIK dengan cara autodidak. pelajaran TIK bagus untuk dipelajari karena bisa mempermudah siswa untuk belajar.

  25. Saya tidak setuju jika pelajaran tik dibuang karena saat ini adalah saat saat dimana teknologi internet berkembang pesat. Jika sudah berkembang pesat bagaimana dengan orang yang tidak mengerti sama sekali tentang tik? Apakah mereka akan menggunakan nya dengan baik? Secara otodidak? Saya tidak yakin jika otodidak dapat menggunakan tik secara baik karena masa masa remaja keinginan untuk tahu nya tinggi. Bagaimana jika mereka yang belajar otodidak salah menggunakannya? Lebih baik tik ini diadakan kembali daripada sesuatu yang buruk terjadi. Save tik. Terima kasih sudah membaca mohon maaf jika ada kesalahan kata karena ini komentar punya saya jadi kalau salah mohon di maklumi

  26. Menurut saya apa yang bapak katakan tidak benar, bapak mengatakan bahwa kalau TIK bisa dipelajari secara mandiri, menurut saya belajar TIK itu tidak mudah saya sendiri kebingungan untuk belajar TIK. Jadi menurut saya pelajaran TIK ini harus di samakan seperti pelajaran pelajaran lainnya walaupun bisa membuka internet, tapi menurut saya lebih mudah untuk belajar tatap muka dengan guru. Lagi pula belajar TIK itu cukup menyenangkan selain belajar kita juga bisa bermain. Jadi menurut saya pelajaran TIK bisa di samakan dengan pelajaran pelajaran yang lain. Saya setuju dengan apa yang dilakukan bapak saya butuh lebih banyak ilmu tentang TIK. Peace out

  27. Artikel yang sangat keren. Kalau tidak ada pembelajaran tik ini bagaimana kita bisa mengerti cara sekaligus materi dari mata pelajaran ini. Seperti dalam artikel omjay, tik tidak pantas untuk dihapuskan karena banyak sekali hal hal menarik sekaligus hal hal yang dapat membantu kita dalam pembelajaran ini. Apalagi kita sekarang hidup di zaman modern yang membutuhkan pelajaran teknologi untuk mengikuti perkembangan zaman juga sekaligus membantu kita dalam kehidupan sehari hari. Saya pun tidak setuju kalau tik dihapuskan karena tik juga dapat membantu kita dalam bersekolah dan juga perkerjaan. Ilmu seharusnya dijaga dan dibagikan, bukan di hilangkan karena menurut orang orang tidak penting.

  28. Menurut saya permasalahan TIK ini jatuh di area yang tidak benar maupun salah , kementrian pendidikan seperti yang disebutkan di artikel menganggap TIK sebagai alat bantu dan tidak penting bagi pendidikan anak – anak . Disini mereka benar dan salah , TIK memang alat bantu dan tidak sepenting matematika namun , bila anak – anak Indonesia tidak dididik TIK sejak usia dini , generasi bangsa tidak akan dianggap sebagai kompetisi di dunia sekarang dan tidak relevan bagi Negara – Negara maju , bila kita lihat sekarang generasi muda tidak menghasilkan teori baru , penemuan zat baru , itu adalah hal – hal yang dilakukan oleh generasi sebelum mereka , generasi muda sekarang merevolusi dan membuat gebrakan yang sangat kencang di dunia TIK , dan karena itu menurut saya TIK tidak harus dihilangkan , tetapi materi nya diganti ke yang lebih rumit sejak dini agar anak bangsa mengukir namanya di dunia

  29. Menurut saya, TIK itu pelajaran yang penting. Belum tentu anak-anak bisa belajar TIK sendiri. Soalnya TIK itu tidak gampang, kita harus belajar cara untuk menggunakannya. TIK itu bukan sekedar menyalakan komputer, tapi kita juga harus bisa mengetik, menggambar, membuat Power Point, menggunakan internet, dan dll. Saya fikir anak-anak tidak bisa belajar TIK sendiri tanpa bantuan dari orang yang faham betul tentang TIK. Saya juga dulu pertama belajar TIK saya menggabar di aplikasi komputer bernama Paint. Lalu saya mulai belajar mengetik di Microsoft Word. Habis itu saya belajar membuat Power Point di Microsoft Power Point. Tinggal saya belajar membuat tabel di Microsoft Excel. Makannya itu aku tidak setuju kalau anak-anak bisa belajar TIK sendiri tanpa belajar pada ahlinya.

  30. Ya saya setuju. Seluruh bangsa tidak akan dirugikan bila mengembalikan mata pelajaran TIK. Namun malah diuntungkan dengan zaman digital saat ini. Masalahnya, tinggal materinya yang disiapkan mengikuti perkembangan zaman, dan gurunya dilatih dengan pelatihan yang mumpuni di bidangnya. Sama halnya dengan mata pelajaran matematika yang nilainya tertinggal dari negara lainnya dalam TIMS dan PISA. Mata pelajaran tersebut dibenahi kurikulumnya supaya bisa naik peringkatnya. Menghapus mata pelajaran TIK dan kemudian hanya mengintegrasikan saja ke semua mata pelajaran bukanlah solusi yang tepat. Justru akan banyak merugikan guru TIK dan genarsi emas Indonesia. Mereka akan menjadi generasi cemas dan lemas menghadapi games pokemon dan lainnya. Itu benar sekali.

  31. Saya sangat setuju kepada artikel yang dibuat Om Jay ini, karena menurut saya, TIK itu sangat diperlukan oleh semua orang dalam kehidupan sehari-hari. Menurut saya kalau belajar TIK dengan bimbingan guru TIK, kita bisa belajar TIK dengan lebih mudah, kita juga bisa mendapatkan lebih banyak hal-hal positif yang bisa kita ambil dari TIK.

  32. Saya setuju dengan om jay. Jika tik di hapuskan, kita tidak akan mengerti tentang teknologi. Walaupun kita belajar secara otidak belum tentu kita mengerti semua fungsi dari komputer. Sekarang teknologi sudah semakin canggih dan maju, jika kita tidak mempelajari tik bagaimana kita bisa mengerti teknologi? Dalam pelajaran lain pun kita juga dapat menggunakan computer untuk mengetahui informasi baru.

  33. saya sangat tidak setuju dengan dihapusnya mata pelajaran TIK di kurikulum 2013, karena mata pelajaran TIK sangat berguna bagi para pelajar. Mungkin orang-orang menganggap TIK hanya pelajaran ketik-mengetik saja. Padahal guna mata pelajaran TIK bagi pelajar adalah mempermudah siswa dalam mengenal internet, Memotivasi kemampuan siswa agar bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK, dan yang paling penting, mata pelajaran TIK menjadi bekal bagi siswa dalam menempuh masa depan yang semakin deras dengan arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

  34. Saya sangat tidak setuju dengan TIK dibuang dari mapel sekolah. TIK itu sangat penting dalam kehidupan kita. Banyak orang yang berpikir bahwa TIK itu bisa dipelajari sendiri dan tidak perlu dimasukkan sebagai mapel sekolah. Mereka itu hanya belajar mencari sesuatu di internet. Tetapi TIK tidak hanya sekedar mencari sesuatu di internet. Ada banyak sekali hal-hal yang dipelajari di TIK. Banyak orang juga bilang kalau TIK itu sangat penting. Saya setuju dengan mereka, karena banyak hal di dalam pelajaran TIK yang mungkin tidak akan didapatkan jika kita belajar sendiri dalam waktu yang sangat singkat. Jadi, menurut saya TIK itu harus dikembalikan ke mapel sekolah karena TIK itu sangat penting.

  35. Saya setuju dengan blog om Jay. Menurut saya TIk harus teta ada dalam mata pelajaran di kurikulum 2013. Karena tik memiliki nbanyak manfaat. Salah satu manfaat teknologi informasi dan komunikasi adalah sebagai dukungan dalam pembelajaran. Seperti pembahasan di atas, TIK diajarkan sejak bangku Sekolah Dasar. Dengan ini TIK menjadi salah satu pelajaran yang penting, karena mengingat teknologi yang semakin waktu semakin maju. Dengan begitu seseorang tidak buta akan teknologi yang ada, karena sudah diajarkan sejak kecil.

  36. Saya setuju dengan blog om jay karena sebenarnya mata pelajaran tik itu sangat penting banyak orang yang berpikir kalau mata pelajaran tik itu tidak penting karena mereka bisa mempelajarinya sendiri di rumah bahkan ada yang berpfikir kalau mata pelajaran tik itu hanya belajar mengetik saja sebenarnya mata pelajaran tik itu tidak hanya mengetik saja tapi juga mempelajari hal hal lain yang akan susah kalau dipelajari sendiri sebenarnya mata pelajran tik itu sangat penting saya sangat setuju kalau mata pelajaran tik dikembalikan lagi ke dalam kurikulum karena pelajaran tik itu sangat penting bagi siswa dan siswi di I tahun 2016 .

  37. Muncul sebuah pertanyaan dalam batin saya? Mau dibawa kemana arah pendidikan TIK kita? Sebuah kebijakan yang paradoks yang kami temui. Di satu sisi anak-anak harus menguasai teknologi sementara pelajaran untuk itu dihapus. Ngak tahu kita apa maunya pemangku kepentingan di pendidikan kita. Banyak konsep tapi nggak jelas. TIK dihilangkan sebagai matpel. Kita yang kritis seringkali dimusuhi dan dikucilkan. Arah pendidikan TIK di Indonesia menjadi tak jelas. Mereka pikir TIK cukup dipelajari di perguruan tinggi, sedangkan pondasi TIKnya lupa dibangun di bangku sekolah.
    Saya sangat setuju dengan pendapat omjay. Masih banyak anak-anak sekolah yang belum bisa menggunakan teknologi dengan benar. Jika TIK dihapus, bagaimana caranya anak-anak itu akan pintar menggunakan teknologi ?

  38. Menurut saya ini adalah tindakan yang sangat tidak rasional,karena mengapa waktu tahun 2006 menteri pendidikan membentuk mata pelajaran TIK dan sekarang TIK ingin dikeluarkan dari mata pelajaran,menurut saya hal ini tidak bisa dicerna bagi orang waras karena hal ini sangat tidak masuk akal.menurut saya banyak berbagai kalangan yang dirugikan,seperti para guru TIK yang telah lulus PLGP dari perguruan tinggi, dan ikut UKG dari kemendikbud mata pelajaran TIK Mereka dipaksa mengajar prakarya dalam kurikulum 2013,menurut saya ini sangat tidak masuk akal,kurikulum 2013 memang harus diganti karena sangat melenceng dari metoda pembelajaran para murid di Indonesia,kurikulum ini tidak membuat anak mandiri atau pintar malah sebaliknya membuat murid bodoh dan stress,banyak ditemukan murid yang gantung diri ini dikarenakan mereka strees menghadapi kurikulum ini.jika TIK dihapuskan apakah para murid dapat belajar secara otodidak?jawabannya tidak.apakah murid dapat belajar matematika secara otodidak?jawabannya tidak,menuruh saya ini sangat tidak masuk akal.saya menuntut kurikulum 2013 dihapuskan!

  39. saya juga tidak setuju bahwa TIK dihapus sebagai mata pelajaran. karena setelah TIK dihapus banyak anak-anak dibawah umur yang menyalahgunakan teknologi informasi dan komunikasi. seperti membully teman/orang lain di social media. dan menurut saya tik itu sangat penting untuk semua orang karena di era modern ini bukan hanya bisa mengakses internet saja, tapi kita harus tau bagaimana menggunakan internet dengan baik dan benar.

  40. Saya sangat setuju dengan artikel Omjay, menurut saya TIK tidak perlu dihapus karena TIK diperlukan di hidup kita. Banyak sekolah yang tidak mengajarkan TIK kepada murid-muridnya karena itu banyak anak-anak yang tidak tahu tentang TIK. Kemendikbud hanya perlu kembalikan TIK dan menyalurkan guru-guru yang mengetahui ilmu tentang TIK dan dilatih lagi untuk bisa mengetahui TIK lebih dalam agar mereka bisa mengajar TIK di sekolah yang tidak mengajarkan TIK di sekolahnya.

  41. Saya setuju dengan artikel yang Om Jay tulis, karena menurut saya pelajaran TIK itu juga cukup berguna. TIK dapat berguna di kehidupan sehari-hari seperti, dapat memberikan informasi secara mudah, memudahkan komunikasi, dll. . Saya tidak setuju jika pelajaran TIK dihapus. Karena di era modern ini TIK sangat dibutuhkan. Mungkin beberapa orang beranggapan bahwa TIK dapat dipelajari secara otodidak. Mungkin memang bisa, tapi menurut saya jika kita belajar disekolah, pengetahuan kita akan lebih diatas dibandingkan jika kita belajar sendiri.

  42. saya tidak setuju kalau tik tidak dianggap mata pelajaran. karena tanpa tik ,anak anak tidak terbiasa untuk mengetik. teknologi di gunakan hanya untuk hiburan semata. padahal kalau sudah dewasa kebanyakan pekerjaan yang menggunakan komputer. di era moderen peralatan sudah canggih semua .kalau tidak bisa menggunakan alat elektronik dengan bijak , anak anak akan berpengaruh buruk bagi anak.

  43. Menurut saya, TIK merupakan salah suatu pelajaran yang berpengaruh bagi siswa. Sekarang, dimana-mana sudah digital sehingga diperlukan suatu mata pelajaran yang dapat mengikuti perkembangan zaman. Sayangnya, TIK sering diremehkan beberapa orang karena dianggap tidak terlalu penting sehingga dapat dipelajari secara otodidak. Hal ini menimbulkan kerugian di kedua pihak, karena selain guru-guru TIK harus mengajar pelajaran lain, murid-murid tidak mendapat pengetahuan lebih mengenai mata pelajaran TIK. Tidak sedikit jumlah guru TIK yang berupaya agar mata pelajaran TIK dapat dikembalikan menjadi salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari bagi siswa. Salah satunya yaitu dengan membuat petisi yang kini sudah ditandatangani ratusan orang. Semoga petisi ini bermanfaat mengembalikan TIK menjadi mata pelajaran yang diakui semua.

  44. Saya sangat setuju dengan Omjay. Zaman ini adalah saat saat dimana TIK benar benar dibutuhkan. Banyak anak-anak yang masih tidak mengerti tentang TIK. TIKpun memang bisa belajar secara otodidak, tapi dengan belajar sendiri, kita akan bingung apa yang sebenarnya harus dan tidak perlu dipelajari. Banyak anak anak yang masih gagap teknologi, dan itu adalah tugas guru-guru TIK sebagai pengajar agar generasi Indonesia semakin maju. TIK tidak hanya mengetik saja, namun masih banyak pelajaran yang bisa diambil dari TIK. TIK sangat dibutuhkan untuk kehidupan sehari hari sebagai pembantu pekerjaan maupun sebagai penghibur.

  45. Setelah saya membaca artikel Omjay tentang penghapusan TIK dari kurikulum 2013, saya merasa hal ini akan merugikan baik dari sisi murid dan guru. Saya rasa, TIK memang dibutuhkan sebagai bahan pembelajaran, sebab zaman sekarang, semuanya serba teknologi. Jika kita tidak mengikuti perkembangannya, kita akan kehilangan banyak manfaat, seperti yang Omjay tuliskan di artikel ini. Saya juga kesal karena guru-guru yang sudah berpengalaman di TIK malah terpaksa mengajar matpel lain hanya karena TIK dianggap tidak bermanfaat dan hanya karena mereka takut Indonesia dibilang negara tukang ketik. Oleh karena itu, saya mendukung tik dimasukkan kembali sebagai mata pelajaran di kurikulum 2013. Semoga, dengan itu orang-orang bisa melihat manfaat dari TIK.

  46. Saya mendengar berita tentang penghapusan mata pelajaran TIK, agak miris mendengar berita itu. Pelajaran yang seharusnya dipelajari untuk masa depan anak-anak Indonesia malahan dihapuskan karena bisa dipelajari otodidak. Menurut saya itu tidak masuk akal karena mempelajari komputer/ teknologi butuh keahlian tersendiri karena tidak banyak yang menguasai keahlian tersebut. Bagaimana Negara ini akan maju jika tidak ikut mengikuti perkembangan zaman seperti Negara lainnya. Saya takut pada akhirnya anak-anak Indonesia hanya akan mengerti bagaimana cara bermain game, tetapi tidak mengerti bagaimana memanfaatkan komputer untuk sesuatu yang lebih bermanfaat dan lebih berguna di banding bermain game. Manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat untuk orang-orang yang lain.

  47. Perkiraan saya Bapak Anies Baswedan di copot dari jabatan Menteri karena Mapel KKPI/TIK tidak dimasukkan dalam struktur kurikulum Tahun pelajaran 2016-2017.
    Untuk itu harapan kami agar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru untuk memasukkan KKPI/TIK ke struktur kurikulum baru sebagai Mapel Wajib yang diajarkan disekolah dari jenjang SMP – SMK/SMA… Semoga…

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.