Posted on: November 22, 2015 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 91

Cara Belajar Matematika Secara Menyenangkan

Sabtu, 21 November 2015 diadakan kegiatan Komunitas Guru Matematika Indonesia (KGMI). Pada kegiatan itu omjay melakukan peluncuran Komunitas Guru Matematika Indonesia (KGMI), dan seminar sehari cara belajar matematika secara menyenangkan. Alhamdulillah komunitas guru matematika indonesia (KGMI) sudah terbentuk dan telah sukses mengadakan kegiatan seminar sehari cara belajar matematika yang menyenangkan.

Omjay di acara seminar cara belajar matematika secara menyenangkan
Omjay di acara seminar cara belajar matematika secara menyenangkan

Peserta seminar sehari ini berasal dari berbagai kota di sekitar Jakarta, bogor, tangerang, bekasi, rangkas bitung, dan ada juga yang berasal dari sulawesi selatan. Ada sekitar 100 orang peserta seminar sehari berada di aula microsoft Indonesia, lantai 18, dan saling berbagi pengalaman belajar matematika.

Peserta seminar sehari cara belajar matematika secara menyenangkan
Peserta seminar sehari cara belajar matematika secara menyenangkan

Selain omjay ada pembicara lainnya yang mengisi acara seminar sehari ini. Pak Dedi Dwitagama menjelaskan tentang pentingnya teknologi dalam pembelajaran matematika agar menjadi menyenangkan dan bukan menegangkan. Presentasi pak Dedi Dwitagama, guru Matematika SMKN 50 Jakarta Timur ini juga mengingatkan tentang Peran teknologi dalam pendidikan yang bisa digunakan guru matematika. Guru bisa berinovasi melalui teknologi.

Pak Dedi Dwitagama menjelaskan peran teknologi dalam pendidikan
Pak Dedi Dwitagama menjelaskan peran teknologi dalam pendidikan

Dalam seminar sehari di aula microsoft lantai 18 ini juga dilakukan siaran langsung melalui internet dengan pembuat program aplikasi Jumpido langsung dari Bulgaria.

Siaran langsung dari Bulgaria ke Indonesia melalui Skype
Siaran langsung dari Bulgaria ke Indonesia melalui Skype

Acara ini juga dihadiri direktur Microsoft Indonesia.

Sambutan dari Direktur Microsoft Indonesia
Sambutan dari Direktur Microsoft Indonesia

Acara ini juga memperkenalkan sebuah inovasi baru dalam pembelajaran matematika. Presentasi aplikasi Jumpido dari pak Sunardi, direktur PS Global mandiri yang memperkenalkan jumpido ke Indonesia. JUMPIDO adalah TEKNIK BELAJAR MATEMATIKA SECARA FUN – ENERGIK – TEAM BUILDING untuk siswa sekolah dasar baik negeri maupun swasta.  usai presentasi, dipraktikkan juga anak-anak murid SD Insan Kamil Bekasi mempraktikkan program tersebut.

pengenalan jumpido oleh pak Kristoporus Sukardi
pengenalan jumpido oleh pak Kristoporus Sukardi

 

Berikut ini tulisan pak supriadi di facebook group

https://www.facebook.com/groups/komunitasgurumatematikaindonesia/

Selain itu ada pencerahan dari pak Supriadi Supray dan pak Yoga dari HOC Indonesia. BERHITUNG TANPA BERPIKIR! Bisakah? SEBUAH OPINI UNTUK DISKUSI KITA

Berhitung menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Arti dari berhitung adalah: mengerjakan hitungan (menjumlahkan, mengurangi, dan sebagainya). Sedangkan kemampuan berhitung adalah penguasaan terhadap ilmu hitung dasar yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Ibu Betti Risnaletti memimpin games ice breaking kepada para peserta seminar agar tidak mengantuk setelah makan siang
Ibu Betti Risnaletti memimpin games ice breaking kepada para peserta seminar agar tidak mengantuk setelah makan siang, vidonya ada di

https://www.facebook.com/wijaya.kusumah/videos/10208220718583759/

Pelajaran berhitung menjadi syarat untuk dapat belajar matematika. Tapi didak semua orang harus bisa matematika. Seorang tukang bakso tidak perlu mengetahui nilai sin 30 itu berapa ? Tetapi dia perlu tahu berapa uang ia dapatkan dari penjualan 30 porsi bakso yang ia jual.

Pengajaran berhitung sudah dimulai sejak dini sebelum anak mengenyam pendidikan secara formal (prasekolah), umumnya orangtua mengenalkan pelajaran berhitung kepada anak anaknya melalui sebuah lagu dengan visualisasi jari mereka (lagu satu-satu aku sayang ibu). Selanjutnya disekolah baik PAUD, TK dan Sekolah Dasar awal (kelas satu dan dua) anak-anak mulai diajarkan angka dalam berhitung.

Peserta nampak sangat antusias mendengarkan presentasi pak Sunardi
Peserta nampak sangat antusias mendengarkan presentasi pak Sunardi

Pada saat itulah semua elemen pendidik berusaha menanamkan angka sebagai sebuah nilai pengganti dari sebuah jumlah. pada masa ini mereka mulai belajar mengenal angka, angka 2 untuk mengantikan 2 mangga dan 5 untuk mengantikan jumlah 5 mangga. Angka merupakan bentuk abstrak yang harus dipelajari anak didik untuk menunjang kemampuan berhitungnya kelak.

Narsis Sejenak bersama Omjay
Narsis Sejenak bersama Omjay

Saya memiliki pertanyaan mengelitik ketika anak yang sudah mengenal angka harus kembali belajar berhitung dengan alat bantu (benda maupun anggota tubuh) dalam berhitung dalam upaya meningkatkan kemampuannya dalam berhitung. Jika kita sudah mengajarkan ANGKA pada siswa berarti kita sudah memberikasn suatu bentuk yang abstrak kepada otak mereka tentang jumlah. Dengan mengajarkan penggunaan alat sebagai media bantu dalam berhitung tentunya kita membawa kembali bentuk yang abstrak ke bentuk nyata. Bukankah ini suatu langkah yang menghambat kemajuan siswa pada akhirnya.

https://www.facebook.com/wijaya.kusumah/videos/10208220852987119/

Berbagai metode saat ini mengklaim sebagai cara yang mumpuni dalam mengajarkan berhitung. Tapi sekali lagi ada suatu pertanyaan yang besar bagi saya. Mengapa? dan apa yang mendasari cara tersebut sehingga anak harus mempelajarinya untuk meningkatkan cara berhitung mereka.

Saat ini dikenal metode berhitung jika kita mau membuka halaman google, kita akan dapatkan berbagai cara yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung seperti Mental Math, Speed Math, Mental Aritmatik, Trancerberg, Vedic bahkan di Indonesia sendiri ada metode baru yang merupakan intisari dari cara tersebut dan telah sukses membawa anak indonesia juara Olimpiade.

Semua cara yang di ajarkan coba saya rangkum dan pelajari. Ada kelebihan dan ada pula kekurangannya. Tapi jawaban atas mengapa kita harus mempelajarinya belum saya temukan. Dan mengapa cara tersebut jika memang baik dan mudah mengapa sekolah sebagai tempat anak belajar tidak menggunakannya sebagai pilihan dalam proses pengajaran.

Miss Juli Dwisusanti, pembawa acara seinar sehari
Miss Juli Dwisusanti, pembawa acara seminar sehari

Baiklah sebelum saya menjelaskan metode yang akan saya perkenalkan. Lebih baik saya menjelaskan dulu Penelitian Roger Wolcott Sperry tentang otak dan teori otak dalam berhitung

Roger Wolcott Sperry (Hartford, 20 Agustus 1913 – 17 April 1994) ialah seorang neuropsikolog yang menemukan bahwa akal manusia terdiri atas 2 bagian. Ia menemukan bahwa otak memiliki fungsi yang terspesialisasi di sisi kiri dan kanan, dan kedua sisi itu dapat berfungsi praktis tanpa bergantung satu sama lain. Karya Sperry membantu pemetaan otak dan membuka seluruh bidang masalah psikologi dan filsafat. Sperry dianugerahi Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1981 bersama dengan David Hunter Hubel dan Torsten Nils Wiesel. (sb : Wikipedia Indonesia)

Sebagai hasil dari penelitian beliau kita mengenal tokoh-tokoh terkenal lainnya seperti GADNER dengan Multiple Intelegent dan Tony Buzan dengan Mind Mappingnya. Semua penelitian mereka mengacu akan hasil dari penelitian yang telah dilakukan Roger Wolcott Sperry yang menjelaskan bahwa otak memiliki fungsi yang terspesialisasi di sisi kiri dan kanan, dan kedua sisi itu dapat berfungsi praktis tanpa bergantung satu sama lain.

Untuk itu sebelum kita mempelajari suatu metode dalam berhitung adalah baik kita mempelajari fungsi dan cara kerja otak dalam berhitung.

Matematika (berhitung), Menulis adalah bagian dari fungsi otak kiri dan cara bekerja otak kiri adalah linear, teratur, urut (menangani hal satu persatu) berbeda sekali dengan otak kanan yang berkerja secara acak tidak teratur, menangani hal banyak sekaligus (global). Sehingga timbul suatu pertanyaan ?

Apakah kita dalam mengajarkan berhitung sudah sesuai dengan fungsi dan cara kerja otak dalam berhitung?

Apakah metode berhitung yang ada selama ini sudah sesuai dengan fungsi dan cara kerja otak dalam berhitung?

Hampir pada kesimpulan setelah mempelajari cara mereka, saya mengatakan belum ?

Sekedar mengingatkan, kita pernah mendapatkan istilah Lima di jari satu di otak ketika proses pembelajaran penjumlahan di masa kanak-kanak. Bukankah itu suatu bukti bahwa otak tidak mampu menerima dua instruksi sekaligus dalam satu waktu. Sehingga kita memerlukan bantuan jari dalam berhitung.

Cobalah menjumlahkan 567+765 itu berapa dan 567 x 879 itu berapa? Lakukan cara tersebut dengan menjumlah dan mengkali dari belakang. Apa yang otak anda rasakan saat ini. Apakah otak anda merasa terbebani? Bagaimana jika pertanyaan tersebut diajukan kepada siswa didik kita kelas 3 dan mulai belajar perhitungan tersebut. Bagaimana tingkat keberhasilan mereka ?(kebetulan saya adalah orangtua murid dari anak saya yang duduk di kelas 3 SD).

Otak mereka akan terbebani bukan ? Ya perhitungan dari belakang selalu menyertakan dua instruksi atau lebih ke dalam otak secara simultan.

Kita saat ini selalu berangapan bahwa berhitung dan menulis adalah sesuatu yang berbeda dan terpisahkan. Bukankah berhitung dan menulis merupakan kesatuan dari fungsi otak kiri?

Bukankah Berhitung dan menulis memiliki cara kerja kerja yang sama ?

Cobalah Menulis “Aku ingin belajar berhitung lagi” . kita dengan mudah menuliskannya bukan. karena menulis kalimat tersebut tidak diperlukan kemampuan berpikir yang dalam. Kita tahu harus memulai dengan menuliskan huruf apa, lalu diikuti huruf apa hingga diakhiri dengan huruf apa untuk menjadi suatu kata, menguntai kata demi kata menjadi suatu kalimat. Dalam menulis terjalin koordinasi otak dan tangan, Otak memberikan instruksi secara simultan atau berkesinambungan huruf apa saja yang harus dituliskan satu demi satu untuk menjadi sebuah kata.Dan kita tahu tidak akan menuliskan huruf “K” sebelum menuliskan huruf “A” di awal kalimat karena kita sudah tahu letak dan posisi huruf yang akan dituliskan bukan? Otak sudah hapal semua bentuk huruf yang harus dituliskan dan memberikan instruksi ke tangan untuk menuliskannya. Terkesan mudah bukan. Yah karena otak sudah menyimpan semua bentuk huruf yang akan dituliskan.

Begitupun kita dalam berhitung jika sudah hapal penjumlahan dan perkalian satu angka dengan satu angka tentunya otak sudah menyimpan angka angka yang akan dihasilkan dari penjumlahan dan perkalian tersebut tinggal bagaimana kita menuliskan hasilnya dan menempatkan angka tersebut.

Presentasi singkatPak Supriyadi
Presentasi singkatPak Supriyadi

Mengapa kita harus memisahkan antara berhitung dan menulis menjadi sesuatu hal yang berbeda?

Mengapa kita tidak mencoba menjadikan kesatuan antara menulis dan berhitung?

Itulah yang mendasari metode yang saat ini coba saya hadirkan “BERHITUNG SEPERTI MENULIS”

Otak tidak memerlukan kemampuan berpikir yang dalam ketika berhitung tanpa memerlukan proses membayangkan (Visualisasi atau foto frame) cukup tulis tulis dan selesai.

Berikut contoh penjumlahan dan perkalian dengan menggunakan Metode Berhitung Seperti Menulis.

“BERHITUNG SEPERTI MENULIS” merupakanpenggabungan dari beberapa cara berhitung seperti : sistem perhitungan Vedic, system Trancerberg di tambah Ilmu berhitung cepat (Mental Math karya Athur Benyamin) Speed Math oleh Bill Handley. yang semuanya menggunakan system perhitungan dari depan (kiri ke kanan). Saya mengkombinasikan model- model perhitungan yang mereka lakukan sehingga di dapat metode pengajaran berhitung yang telah disesuaikan dengan fungsi dan cara kerja otak dalam berhitung sehingga menjadi lebih mudah, sederhana, cepat dan akurat serta lebih mudah dicerna dan dipahami baik oleh anak maupun guru serta orang tua yang mendampingi siswa dalam belajar.

sampai jumpa lagi di acara KGMI di kota anda
sampai jumpa lagi di acara KGMI di kota anda

Mohon doanya, semoga Komunitas Guru Matematika Indonesia (KGMI) terus berkembang di Indonesia, terima kasih.  Isi semua materi dalam seminar sehari dapat diunduh di sini.

Categories:

91 People reacted on this

  1. Matematika adalah bahasa universal dan karenanya kemampuan matematika siswa suatu negara sangat mudah dibandingkan dengan negara lain. Selain dari itu, matematika juga dipakai sebagai alat ukur untuk menentukan kemajuan pendidikan di suatu negara. Kita mengenal PISA (program for international student assessment) dan TIMSS (the international mathematics and scienve survey) yang secara berkala mengukur dan membandingkan antara lain kemajuan pendidikan matematika di beberapa negara.

  2. belajar mtk secara menyenangkan? setuju! banyak banget anak1anak yang gakm suka mtk di dunia. mungkin pada bakal lebih semangat kalo belajarnya sambil bermain,iyakan?? metode berhitung seperti menulis itu juga bagus, nginget banyaknya anak yang lebih suka menulis dibanding berhitung. overall saya setuju 🙂

  3. pelajaran matematika seringkali dianggap pelajaran yang sangat rumit (susah) dan membosankan oleh banyak pelajar. padahal, mungkin tidak sesulit yang banyak orang bayangkan. matematka sangat penting kita pelajari, karena akan selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari. oleh karena itu, kita harus mencari cara agar membuat pelajaran yang satu ini menyenangkan dan mudah dipahami. semoga dengan cara ini matematika semakin banyak disenangi.

  4. sayaa setujuuuuu! murid-murid di dunia kurang suka dengan matematika, tetapi mungkin jika belajar matematika sambil bermain, matematika akan lebih disukai oleh murid-murid. apalagi dengan metode menulis, banyak siswa lebih suka menulis daripada mengitung

  5. Saya setuju bila belajar matematika diajarkan dengan metode yang baru dan menyenangkan. Banyak anak yang kesulitan memahami pelajaran matematika karena mungkin salah satu faktornya dengan cara belajar yang membosankan dan membuat kepala pusing dengan banyak cara cara menyelesaikan soal tersebut. Jadi mindset di pikiran anak menganggap matematika susah. Dengan metode baru belajar matematika akan lebih memudahkan anak dalam memahami matematika. Metode yang baru ini jika bisa bukan hanya untuk matematika tetapi untuk pembelajaran lain yang dianggap anak – anak susah. Metode pembelajaran yang baru ini harus segera diberlakukan agar memudahkan anak anak karena matematika selalu di pakai oleh manusia sampai besar.

  6. BERHITUNG SEPERTI MENULIS
    gabungan dari beberapa cara berhitung seperti : sistem perhitungan Vedic, system Trancerberg di tambah Ilmu berhitung cepat (Mental Math karya Athur Benyamin) Speed Math oleh Bill Handley. yang semuanya menggunakan system perhitungan dari depan (kiri ke kanan). Saya mengkombinasikan model- model perhitungan yang mereka lakukan sehingga di dapat metode pengajaran berhitung yang telah disesuaikan dengan fungsi dan cara kerja otak dalam berhitung sehingga menjadi lebih mudah, sederhana, cepat dan akurat serta lebih mudah dicerna dan dipahami baik oleh anak maupun guru serta orang tua yang mendampingi siswa dalam belajar.

  7. Pelajaran Matematika akan lebih menyenangkan jika menggunakan TIK karena belajar matematika dengan TIK akan membuat pelajaran itu lebih mudah

  8. Apa yang kita pikirkan ketika mendengar kata ‘belajar matematika’? pasti sebagian pelajar merasa bosan dan enggan untuk belajar matematika karena, banyak pelajar yang sudah dihadapkan dengan soal-soal rumit matematika yang akhirnya membuat mereka menjadi bosan dengan pelajaran ini. Seharusnya suatu pelajaran dapat menjadi bekal ilmu tapi karena metode pengajaran yang diberikan salah bisa berakibat fatal juga.
    Komunitas para Guru Matematika mencoba mencari cara belajar matematika yang menyenangkan. Menurut saya, bantuan teknologi pun sangat membantu. Itu mengapa kita harus membiasakan penggunaan TIK di sekolah. Bantuan teknologi dapat menjadi sangat bermanfaat karena di abad 21 ini, manusia sudah sangat bergantung pada teknologi sehingga aktivitas manusia dihadapkan pada kecanggihan teknologi. Jadi, pelajar pun akan lebih merasa nyaman belajar matematika menggunakan berbagai macam teknologi. Selama kecanggihan teknologi dimanfaatkan untuk kebaikan, maka penggunaannya sangat dibutuhkan. Metode pengajaran juga sangat berpengaruh. Menurut saya, ada dua cara guru matematika dalam mengajarkan pendidikan mtk yaitu guru yang hanya mengajarkan bagaimana cara berfikir dengan angka dan guru yang mengajarkan bagaimana menghubungkan angka dengan penyelesaian dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
    Kalau murid dihadapkan dengan pemikiran angka yang rumit dan cara penyelesaiannya, maka murid itu bisa lebih memanfaatkan pendidikan mtk dalam kehidupan sehari-harinya tapi jika hanya diajarkan dengan ‘soal-soal angka’ yang hanya diingat dalam sehari, murid tidak mendapat manfaat dari belajar matematika.
    Lebih baik seminar cara belajar matematika yang menyenangkan bisa dilaksanakan rutin sehingga semakin banyak ilmu yang tersebar.
    Cara belajar matematika yang menyenangkan adalah dengan :
    1. memanfaatkan kecanggihan teknologi sehingga pelajaran matematika bisa dihadirkan dalam bentuk aplikasi yang menarik.
    2. Berhitung dengan angka namun berfikir dengan logika.
    3. dan dapat mengekspresikan matematika dengan cara berhitung dan menulis. berhitung berhubungan dengan hitungan angka dan menulis mengembangkan pemikiran kita. sehingga dalam menyelesaikan soal-soal matematika, kita dapat berfikir lebih luas.

  9. saya sangat setuju dengan cara belajar matematika secara menyenangkan,karena dengan cara ini anak2 yang tidak menyukai pelajaran matematika bisa menjadi menyukai pelajan matematika.

  10. saya setujuuuuu, banyak murid-murid sekolah kurang suka dengan pelajaran matematika, mungkin jika mereka belajar matematika sambil bermain akan lebih menyenangkan. apalagi dengan menulis, siswa lebih suka menulis daripada menghitung

  11. Pelajaran berhitung menjadi syarat untuk dapat belajar matematika. Tapi tidak semua orang harus bisa matematika.Pengajaran berhitung sudah dimulai sejak dini sebelum anak mengenyam pendidikan secara formal (prasekolah), umumnya orangtua mengenalkan pelajaran berhitung kepada anak anaknya melalui sebuah lagu dengan visualisasi jari mereka (lagu satu-satu aku sayang ibu). Selanjutnya disekolah baik PAUD, TK dan Sekolah Dasar awal (kelas satu dan dua) anak-anak mulai diajarkan angka dalam berhitung.Saat ini dikenal metode berhitung jika kita mau membuka halaman google, kita akan dapatkan berbagai cara yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung seperti Mental Math, Speed Math, Mental Aritmatik, Trancerberg, Vedic bahkan di Indonesia sendiri ada metode baru yang merupakan intisari dari cara tersebut dan telah sukses membawa anak indonesia juara Olimpiade. semoga Komunitas Guru Matematika Indonesia (KGMI) terus berkembang di Indonesia.

  12. menurut saya belajar matematika itu menyenangkan karena kita bisa menghabiskan waktu mengutak-atik angka, apa lagi jika kita menemukan soal matematika yang susah kita akan semakin asik mencari jawabannya.

  13. Saya setuju dengan cara ini. murid murid banyak yang tidak menyukai pelajaran matematika. Dengan TIK, matematika akan lebih mudah dan disukai murid murid.

  14. Pelajaran Matematika sekarang masih belum mudah untuk dipelajari siswa,dengan adanya kegioatan ini diharapkan siswa atau guru dapat mengerti tentang pelajaran Matematika dengan TIK

  15. matematika sangat berguna bagi ilmu di masa yg akan datang, oleh karena itu matematika dibuat secara menyenangkan agar para siswa dapat menyerap ilmu yang diajarkan.

  16. Saya setuju karena belajar matematika membosankan jika hanya berlatih dengan soal-soal, jika menggunakan TIK akan lebih menyenangkan menggunakan game, dengan game tersebut siswa dapat belajar sekaligus bermain.

  17. menurut siswa, belajar matematika membosankan. kalau hanya mengerjakan soal. akan lebih menyenangkan jika kita belajar matematika dengan bermain.

  18. Artikel ini sangat membantu bagi orang-orang yang tidak menggemari pelajaran matematika,berbagai cara agar dapat menyukai matematika antara lain:

    1)kita harus meluruskan niat dari dalam hati.
    2)kita harus kenali, pahami lalu Cintai keindahan matematika.
    3)kita harus rajin rajin berdoa agar tuhan membantu kita.
    4)kita harus mengimbangi berdoa dengan usaha, jadi kita harus rajin-rajin latihan dan belajar.
    5)Tiada kata “Aku Tak Bisa” dan “Putus Asa”.
    6)Kita harus selalu sabar agar tuhan menghendaki.

    Jika kita bersungguh-sungguh, maka tuhan akan membantu usaha-usaha kita.

  19. saya setuju karena banyak murid yang tidak menyukai pelajaran ini,jika Dengan TIK murid murid akan lebih mudah dalam belajar dan banyak yang menyukai Matematika.

  20. belajar matematika secara menyenangkan dapat membangun keinginan anak untuk menghitung. Menurut saya menghitung itu penting, karena jika kita ingin menjadi pengusaha kita harus pandai dalam menghitung, menghitung keuntungan kita yang tidak terlalu membuat pelanggan mmenjadi merasa terugikan atau kemahalan .

  21. Menurut siswa, pelajaran matematika membosankan dan membuat siswa tidak senang. Tetapi, akan lebih menyenangkan jika belajar matematika dengan bermain. Maka itu, saya setuju dengan artikel ini.

  22. saya setuju dengan cara belajar matematika secara menyenangkan,karena anak2 yg tdk menyukai pljrm mtk akan menjadi suka

  23. Saya sangat setuju. Jika hanya belajar matematika tanpa disertai kegiatan menyenangkan, siswa akan merasa jenuhb dan bosan. Dengan adanya TIK, belajar matematika bisa lebih menyenangkan dan lebih gampang dimengerti

  24. saya sangat setuju dengan cara ini.karena sekarang banyak anak anak yang tidak suka dengan pelajaran matematika.menurut siswa siswa matematika itu membosankan.dengan TIK inilah yang membuat siswa siswa senang belajar matematika.karena dengan TIK matematika akan terasa lebih mudah

  25. Matematika memang susah dan sangat membosankan *jujur*, tapi, mungkin dengan metode ini, banyak anak bisa berubah pikirannya tentang mtk.

  26. SETUJU PAK!!! MTK ITU HARUS DIBUAT SUPAYA NGGAK NGEBOSENIN! sebagian murid (saya juga) bosan dan malas pas belajar matematika soalnya matematika itu ngebosenin truz kalo ngitung itu banyak banget sekali ribuan semuanya ribuan belom ngapalin rumusnya. mending kalau udah belajar mati matian ternyata dapatnya nilai jelek juga.
    saya tau pak gimana caranya supaya anak anak gak bosen kalo belajar mtk. pas pelajaran mtk, lebih seru belajarnya sambil main atau memanfaatkan kecanggihan teknologi. Jadi kita kalau mau belajar mtk udah ada aplikasi nya gitu.

    maap ya pak banyak bahasa gak baku.
    wassalamualaikum

  27. Saya sangat setuju dengan apa yang dibicarakan dalam seminar ini. Saya yakin pasti sangat banyak siswa yang menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Saya juga setuju dengan materi atau cara belajar matematika seperti yang omjay katakan, yaitu dengan menulis. Jujur, dengan membaca tulisan omjay saya baru tahu jika menulis dan menghitung dikerjakan dalam satu otak, saya kira, menulis adalah bagian dari pekerjaan otak kanan. Namun, belajar matematika dengan menulis juga tidak mudah karena kita harus menghafal perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan agar kita dapat menuliskannya dan menempatkan angka-angka pada tempat yang tepat. Saran saya adalah, bantu juga untuk mencari teknik menghafal yang tepat agar kegiatan belajar matematika dengan menulis dapat terealisasikan dengan sempurna.

  28. Saya mendunkung Komunitas Guru Matematika Indonesia (KGMI)karena dapat memajukan guru-guru matematika di Indonesia mengajarkan matematika kepada murid-muridnya dengan cara lain. Murid-murid yang hanya beranggapan bahwa soal cerita, perkalian, tambah, kurang, bagi itu membosankan akan lebih menyenangkan jika para guru mengajarkan dengan berbagai cara.

  29. Saya sangat mendukung untuk program ini.Karena matematika dianggap murid membosankan dan sulit untuk dipahami.Maka itu program ini sangat menjunjung semangat murid untuk lebih enjoy dalam belajar matematika.Program “Cara Belajar secara Menyenangkan” ini penuh dengan inovasi yang membawa murid untuk lebih semangat.Saya yakin cara ini sangat ampuh untuk mengatasi kebosanan dan kemalasan murid dalam belajar matematika.Dengan seminar yang diikuti guru-guru Matematika dari berbagai daerah.Cara-cara belajar matematika menyangkan antara lain:
    1. memanfaatkan kecanggihan teknologi sehingga pelajaran matematika bisa dihadirkan dalam bentuk aplikasi yang menarik.
    2. Berhitung dengan angka namun berfikir dengan logika.
    3. Dan dapat mengekspresikan matematika dengan cara berhitung dan menulis. berhitung berhubungan dengan hitungan angka dan menulis mengembangkan pemikiran kita. sehingga dalam menyelesaikan soal-soal matematika, kita dapat berfikir lebih luas.

  30. Mungkin matematika adalah pelajaran yang menurut pelajar tergolong sulit tetapi jika kita mempelajarinya dengan cara menyenangkan mungkin matematika menjadi pelajaran paling seru. dan saya sangat mendukung adanya kegiatan Komunitas Guru Matematika. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para guru. Guru-guru akan tahu bagaimana cara mengajar matematika yang menyenangkan sehingga murid pun tidak akan bosan untuk belajar matematika.

  31. SETUJU BANGET SAMA CARA INI!!!

    sebagian murid pasti mikir “ih mtk bosen ah susah”

    tapi menurut saya dengan cara ini mungkin murid murid akan lebih suka matematika, karena diselingi dengan bermain dan menggabungkannya dengan TIK. dengan begini kita bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi sekaligus belajar matematika

  32. Ya, memang, pelajaran matematika ini tidak jarang dianggap sebagai suatu hal yang membosankan, walaupun tidak semuanya seperti itu. Tapi, bukan hal yang susah untuk menjadikan matematika bukan seseatu yang “membosankan”. Apa yang membuatnya terdengar seperti itu biasanya terletak dalam kesalahan sistem pengajarannya, dan sistem penyampaiannya. Dengan diciptakannya metode “Berhitung Seperti Menulis” ini, yang disampaikan dalam seminar sehari, dapat menghilangkan status “membosankan” pada matematika ini. Metode yang dilaksanakan dengan fungsi dari kedua bagian otak dan penggabungan cara-cara yang terbilang bagus dan memudahkan, dapat sangat membantu dalam pembelajaran matematika. Dengan seminar yang diikuti oleh para guru dari berbagai daerah, penyampaian metode berhitung seperti menulis ini dapat langsung menuju ke murid, sehingga murid-murid pun tidak bosan lagi pada saat belajar matematika ini. Dan tidak hanya murid, setiap orang pun dengan umur berapa saja, dengan mudah dapat belajar matematika yang berguna bagi kehidupan, sesuai dengan yang dibutuhkan.

  33. belajar matematika mungkin membosankan bagi sebagian orang
    tetapi kita dapat membuatnya menjadi menyenangkan.
    dengan cara ini ,anak anak akan belajar dengan senang dan membuat mereka menjadi lebih pandai .Karena itu kita harus dapat menggunakan cara ini .Menurut pendapat saya matematika sebenarnya sangat menyenangkan Karena saya sangat suka menghitung.
    dan kita dapat mengikuti cara ini:

    1. memanfaatkan kecanggihan teknologi sehingga pelajaran matematika bisa dihadirkan dalam bentuk aplikasi yang menarik.
    2. Berhitung dengan angka namun berfikir dengan logika.
    3. dan dapat mengekspresikan matematika dengan cara berhitung dan menulis.
    dengan cara itu anak anak dapat belajar matematika dengan mennyenangkan.

  34. Saya setuju pak. pelajaran matematika memang banyak tidak disukai oleh murid-murid (termasuk saya) tetapi mungkin dengan metode ini pelajaran matematika dapat lebih menyenangkan dan tidak membosankan

  35. Saya setuju dengan cara ini.Karena bnayak sekali siswa yang enggan dan malas belajar Matematika dikarenakan soal-soal yang rumit dan belibet apalagi kalo siswa tersebut tidak mengerti pelajaran matematika tersebut.Dengan dibuatnya metode “Berhitung Seperti Menulis” yang disampaikan dalam seminar satu hari ini dapat memudahkan siswa-siswi untuk belajar Matematika, dan mungkin dapat menghilangkan kebosanan dari belajar Matematika. Metode yang dilaksanakan dengan fungsi dari kedua bagian otak dan penggabungan cara-cara. Dengan semnar yang diikuti oleh para guru Matematika dari berbagai daerah, penyampaian pelajaran matematika ini dapat langsung diterima oleh murid.

  36. menurut saya pembelajaran matematika dengan berbagai games dan aplikasi yang unik ini sangat berguna bagi kita kita yang tidak menyukai matematika. dengan ini kita bisa mempelajari matematika secara tidak langsung melewati sebuah games. saya sangat mendukung hal ini.

  37. Saya sangat setuju dengan metode pembelajaran matematika ini. Banyak siswa yang menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Oleh karena itu,metode pembelajaran ini bisa membantu siswa yang kurang suka belajar matematika. Metode ini sangat asik dan menyenangkan. Dengan begitu,mungkin siswa yang kurang suka matematika dapat berubah pikiran dan akhirnya mereka menyukai matematika.

  38. saya sangat mendukung kegiatan Komunitas Guru Matematika Indonesia (KGMI). Siswa bisa belajar matematika secara menyenangkan. Dengan metode ini kita tidak akan bosan dan lebihb seneng belajar matematika sambil bermain. Terkadang bagi banyak anak belajar matematika itu membosankan padahal kita bisa belajar banyak dari pelajaran matematika ini. Dengan program ini kita bisa belajar matematika secara menyenang kan dan tidak membosankan, sehingga kita bisa lebih menyukai pelajar matematikan ini dan kita juga bisa lebih memahami pelajaran ini karena kita belajar menggunakn metode yang menyenangkan. Pelajaran matematiika ini sangat penting di kehidupan sehari-hari contohnya saat kita berjualan kita harus bisa menaruh harga yang pas agar kita tidak rugi. Menurut saya seperti itu dan intinya program ini sangat bagus untuk diterapkan kepada anak-anak.

  39. saya sangat setuju dengan cara ini. karena belajar matematika seperti bermain dapat menarik perhatian anak-anak untuk belajar martematika. Dan saya harap cara ini akan terus berlanjut di masa depan. Karena dengan cara ini kita dapat belajar matematika dengan mudah.

  40. Saya sangat mendukung dengan adanya kegiatan Komunitas Guru Matematika Indonesia (KGMI), dan seminar sehari cara belajar matematika secara menyenangkan karena bisa membuat guru-guru lebih mudah menjelaskan kepada murid-muridnya tentang matematika dan murid-muridnya juga menjadi senang belajar matematika.Selain itu pesertanya juga sangat banyak yang hadir pada kegiatan KGMI ini tidak hanya dari Jakarta saja dari berbagai kota juga hadir.Selain itu ada pencerahan dari pak Supriadi Supray dan pak Yoga dari HOC Indonesia. BERHITUNG TANPA BERPIKIR! Bisakah? itu sangat membantu kepada orang yang susah dalam berhitung angka atau lama dalam menghitung dan akan banyak orang yang tidak berpikir dalam menghitung sesuatu.Dan kegiatan ini juga dapat membantu proses pembelajaran yang disampaikan guru kepada murid-muridnya.

  41. ya omjay saya setuju dengan pendapat yang lain karena belajar matematika sangat membosankan karena soal yang terlalu rumit oleh karena itu belajar matematika sambil belajar tentang tik
    layak di coba karena siapa tahu bisa di pakai saat besar nanti
    dan bisa juga belajar matematika sambil mendengarkan lagu,bermain game dll sepertinya menyenagkan ini komentar saya , terimah kasih omjay

  42. Saya setuju dengan program ini, karena banyak anak indonesia khususnya anak sekolah dasar yang mengeluh tentang pelajaran matematika dan banyak yang akhirnya jadi malas belajar matematika karena kesusahanya itu.Apalagi pelajaran matematika sudah semakin susah dan menguras otak,makanya bayak yang tidak suka.Dengan adanya program bersama guru guru, pelajaran matematika menjadi lebih mudah dan menyenangkan.Apalagi belajarnya dihubugkan dengan teknologi,jadi TIK bisa lebih berguna dan membantu khususnya di bidang pendidikan.

  43. sangat setuju OM soalnya selama ini siswa SMP mengangap matematika susah karena bnyk rumus yang harus dihafalkan dan angka angka yang sudah mulai susah, cara ini bisa dipakai untuk siswa belajar tanpa harus belajar secara terpaksa semalaman yang tidak ada hasilnya

  44. SETUJU SEKALI SAYA PAK!, tak usah berpura-pura hampir seluruh siswa indonesia tidak menyukai pelajaran matematika, banyak yang mengatakan bahwa pelajaran matematika hanya membuat pusing kepala saja. bahkan mengatakan matematika itu membuat ingin mati saja. dengan metode yang lebih asik dan fun seperti ini, dapat merubah pola pikir beberapa siswa yang akhirnya membuat banyak orang menyukai pelajaran matematka.

  45. matematika dengan cara itu mungkin bagus juga dengan teknologi
    soalnya pelajaranya mah menurt saya bosenin,hening bagai tak bernyawa.Makanya penggunaan metode baru ini mungkin seru juga sehingga orang seperti saya bakal semangat belajar MTK

  46. MAtematika bukanlah sesuatu yang sulit jika anda mau mempelajari matematika tersebut. dengan metode ini kita semua tidak akan bosan belajar matematika. kita dapat memanfaatkan teknologi juga dalam bekajar matematika agar tidak membosankan

    dan kegiatan seminar di atas juga sangat bermanfaat, sehingga guru guru dapat mengajarkan matematika dengan cara yang membosankan dan murid murid juga menjadi lebih mengerti

  47. Belajar Matematika…!!
    Beberapa siswa mungkin enggan untuk belajar matematika karena, perhitungan yang rumit dan melelahkan otak dan banyak soal-soal menyebalkan yang membuat mereka menjadi kesal dengan mata pelajaran tersebut bahkan sampai gurunya dimusuhi oleh anak – anak, bayangkan saja jika guru matematika sudah hadir pasti siswa berkata “Yaa… bosen deh..!!” atau sebagainya. Bukannya ilmu adalah harta termahal layaknya emas yang harus siswa dapat untuk masa depan siswa itu sendiri.

    Kelompok para Guru – guru Matematika yang hebat ingin sekali para siswa senang belajar Matematika. Teknologi adalah solusinya. Karena itu siswa harus bisa menggunaan TIK di sekolah. Teknologi dapat menjadi sangat bermanfaat karena di era modern sekarang, manusia sudah menganggap teknologi sebagai kebutuhan pokok dan sangat mengandalkan kecanggihan teknologi sehingga sampai sekarang bisa dilihat bahwa manusia hanya beraktivitas dengan handphone, komputer dan lain sebagainya tanpa melakukan aktivitas luar ruangan dan tak kalah juga siswa adalah sebagian besar pelaku tersebut. Jadi, siswa pun akan lebih merasa lebih nyaman ketika belajar matematika dengan teknologi terkini. kecanggihan teknologi dimanfaatkan untuk kebaikan seperti pelajaran. Pengajaran menyenangkan juga sangat berpengaruh untuk masa depan. Ini semua tanggung jawab guru – guru Matematika untuk memilih pilihan terhadap cara mengajar Matematika demi masa depan dunia. Guru bisa saja mengajarkan bagaimana cara berhitung dan semua rumus matematika yang menggunakan angka – angka atau bangunan biasa serta lain sebagainya untuk kehidupan siswa sehari – hari. tapi itu semua memiliki resiko yang besar dan serius yaitu siswa jadi mengabaikan guru yang sedang mengajarkan Matematika atau bisa saja tidak ingin datang ke sekolah karena ada ulangan Matematika atau lebih berbahaya lagi siswa jadi tidak ingin belajar Matematika sedikitpun atau bermalas – malasan saat ada pelajaran Matematika, bisa dibayangkan, tidak ada satupun ilmu Matematika yang masuk dan dipahami otak siswa, atau mungkin mereka hanya tau di luarnya saja dan tidak tahu kenapa kita memakain rumus tersebut. mungkin selama ini kita mengira itu semua kesalahan siswa tapi ini sudah waktunya para guru untuk merubah cara mengajar matematika dari membosankan jadi menyenangkan. Lebih baik diadakan seminar cara belajar matematika yang menyenangkan bagi para siswa dan keuntungannya bisa dilaksanakan terus-menerus sehingga semakin banyak ilmu yang masuk dan tersebar ke orang lain.

    Salah satu cara belajar matematika yang menyenangkan adalah dengan :
    1. Dengan menjadikan kecanggihan teknologi sebagai solusinya sehingga pelajaran matematika bisa dihadirkan dalam bentuk aplikasi atau penjelasan yang menarik dan mengasyikan.
    2. Berhitung dengan angka tapi juga berfikir menggunakan logika yang cermat.
    3. Menjadikan siswa kreatif untuk membuat soal serta dengan berhitung sehingga bisa menciptakan sesuatu yang berhubungan dengan menghitung seperti kecepatan angin dan membuat kipas penunjuk arah angin dengan kecepatan angin yang bisa ditentukan oleh siswa.
    4. Menjelaskan kenapa kita memakai rumus ini dan alasan kenapa harus rumus ini serta dapat mengekspresikan matematika dengan cara mencatat. mengembangkan pikiran kita serta wawasan tentang matematika sehingga tidak kaget saat dihadapkan dengan soal yang lumayan rumit dan membingungkan.

  48. saya setuju dengan cara belajar ini. matematika termasuk pelajaran yang kurang disukai murid walaupun manfaatnya banyak. cara pembelajaran belajar sambil bermain memudahkan murid untuk belajar dan menyukai pelajaran ini.

  49. Belajar matematika akan lebih menyenangkan jika diajarkan dengan cara yang menarik contohnya dengan warna dan animasi yang lucu. dengan itu anak anak pun akan lebih semangat belajar matematika. Akan lebih menyenangkan juga jika belajar matematika sambil bermain. Dengan bermain, kita dapat lebih semangat untuk belajar matematika.

  50. Iya Pak,MTK harusnya dibikin asix saya merasa belajar MTK itu ada yang susah ada yang gampang (masuk kuping kanan keluar kuping kiri)……Metode ini pokonya sayach dukungzzzzzzzz sekalich

  51. Saya setuju bila belajar matematika diajarkan dengan metode yang baru dan menyenangkan. Sehngga matematika tidak dianggap sulit lagi bagi anak anak dan bukan merupakan pelajaran yang menyeramkan.Seminar untuk membagi metode matematika yang baru harus diperluas selain itu metodenya terus dikembangkan. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada akan mempermudah guru maupun murid. Murid akan ebih senang dengan pelajaran matematika dan guru tidak harus lagi terlalu capek menulis materi matematika di papan tulis. Metode ini harus cepat diberlakukan agar anak – anak lebih mudah mengerti matematika. Karena ilmu matematika dipakai dalam kehidupan sehari-hari dari masa sekarang dan masa depan. Matematika tidak bisa dilepaskan dengan hubungan di kehidupan. Metode baru ini bekerja sama dengan kecanggihan teknologi sekarang yang dipelajari dalam mata pelajaran TIK. Jadi ilmu tentang TIK DAN MATEMATIKA harus diadakan dan dengan metode pembelajaran yang asik dan tidak membuat bosan

  52. Saya setuju dengan metode pembelajaran yang baru untuk murid-murid belajar matematika. Memang banyak sekali murid yang berpikiran bahwa pelajaran matematika tidak asik, membosankan dan susah. Namun dengan metode ini, pelajaran matematika tidak lagi membosankan dan menjadi lebih mengasikan.Dengan memanfaatkan teknologi yang ada akan mempermudah guru maupun murid. Murid akan ebih senang dengan pelajaran matematika dan guru tidak harus lagi terlalu capek menulis materi matematika di papan tulis. Metode ini harus cepat diberlakukan agar anak – anak lebih mudah mengerti matematika. Karena ilmu matematika dipakai dalam kehidupan sehari-hari dari masa sekarang dan masa depan. Matematika tidak bisa dilepaskan dengan hubungan di kehidupan. Metode baru ini bekerja sama dengan kecanggihan teknologi sekarang yang dipelajari dalam mata pelajaran TIK. Saya mendukung adanya ilmu tentang TIK DAN MATEMATIKA agar metode pembelajaran menjadi asik dan seru.
    Salah satu cara belajar matematika yang menyenangkan adalah dengan :
    1. Dengan menjadikan kecanggihan teknologi sebagai solusinya sehingga pelajaran matematika bisa dihadirkan dalam bentuk aplikasi atau penjelasan yang menarik dan mengasyikan.
    2. Berhitung dengan angka tapi juga berfikir menggunakan logika yang cermat.
    3. Menjadikan siswa kreatif untuk membuat soal serta dengan berhitung sehingga bisa menciptakan sesuatu yang berhubungan dengan menghitung seperti kecepatan angin dan membuat kipas penunjuk arah angin dengan kecepatan angin yang bisa ditentukan oleh siswa.
    4. Menjelaskan kenapa kita memakai rumus ini dan alasan kenapa harus rumus ini serta dapat mengekspresikan matematika dengan cara mencatat. mengembangkan pikiran kita serta wawasan tentang matematika sehingga tidak kaget saat dihadapkan dengan soal yang lumayan rumit dan membingungkan.

  53. Saya setuju bila dalam pembelajaran matematika ada metode pembelajaran yang baru yang pastinya memberikan kemudahan bagi para siswa yang selama ini kesulitan dengan pembelajaran matematika yang diikuti oleh rumus rumus yang sulit dan bikin kepala pusing. Dengan adanya metode yang baru siswa bisa lebih memahami pelajaran matematika dan mengubah mindset diotaknya yang berpikir bahwa matematika merupakan pembelajaran yang menyeramkan. Dengan metode matematika yang baru pasti harus didukung dengan para guru mengoperasikan teknologi sekarang dengan benar. Oleh karena itu pembelajaran TIK harus diadakan juga karena dengan metode baru menggunakan alat teknologi zaman sekarang yang pastinya ada pembelajaran bagaimana mengoperasikan program program. Pelajaran TIK dan matematika harus diajarkan kepada murid karena kedua pelajaran ini bukan hanya bermanfaat untuk masasekarang tetapi juga untuk masa depan diri sendirijuga negara. Metode baru pembelajaran matematika harus segera diberlakukan kepada sekolah sekolah agar otak anak lebih mudah menyerap ilmu yang ada di pembelajaran Matematika.

  54. Saya sangat setuju dengan metode pembelajaran seperti ini. Dengan metode ini kita bisa merasa lebih asyik belajar mtk, jadi bisa bikin semangat belajar. Bosen klo setiap belajar mtk pake cara yg biasa.

  55. Saya sangat setuju
    Saya sangat mendukung kegiatan Komunitas Guru Matematika Indonesia (KGMI)ini. Mungkin pelajaran MTK kurang disukai oleh siswa siswa termasuk saya karena susah dan males.Apalagi di kelas 7 ini pelajarannya makin susah.Tapi mungkin dengan metoe ini kita mungkin bisa lebih bersemangat dan membuat pelajaran mtk menjadi asik(a6).Mungkin kita juga harus memanfaatkan kecangihsn teknologi seperti bermain game seperti yang ada diartikel.

  56. saya setuju.
    matematika seharusnya diajarkan dengan metode yang menyenangkan dan mudah. agar anak-anak dapat mudah belajar. saat ini pelajaran matematika kurang diminati oleh siswa-siswi. mungkin karena banyaknya materi yang harus mereka ingat dan soal yang terlalu bertele-tele. tapi metode ini dapat mempermudah dan membuat matematika terlihat asyik dan menyenangkan.
    (tugas om jay)

  57. saya sangat setuju dalam pelajaran matematika terdapat cara belajar yang baru. mungkin bagi beberapa anak matematika identik dengan soal sulit yang bagi mereka sangat sulit diselesaikan. karena itulah harus ada cara belajar yang baru agar generasi-generasi negeri ini menyukai matematika

  58. saya sangat setuju saya mendukung kegiatan (KGMI) ini mungkin pelajaran matematika banyak yang tidak disukai walaupun begitu saya termasuk yang menyukainya tetapi saya suka bosan dengan pelajaran itu jika kita belajar sambil bermain paasti sangat menyenangkan mungkin kita harus memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti bermain game seperti yang ada di artikel.
    (tugas om jay)

  59. setuju pak,matematika sangatlah penting untuk masa depan kita nanti. Tetapi banyak anak-anak yang tidak suka matematika,dengan cara belajar matematika yang menyenangkan pasti banyak anak-anak yang tadinya tidak suka matematika akan menyukai pelajaran metematika.

  60. Benar omjay, banyak anak jaman sekarang yang bosen atau ogah jika belajar matematika,padahal MTK sangatlah penting untuk masa depan kita. Jadi Mungkin dengan kegiatan KGMI mungkin dengan metode yang ini, mungkin anak-anak akan lebih bersemangat belajar MTK 🙂

  61. Saya sangat mendukung dengan adanya kegiatan Komunitas Guru Matematika Indonesia (KGMI), dengan itu guru guru dapat menjelaskan matematika dengan jelas dan dapat mudah dimengerti oleh murid muridnya. dengan itu mungkin siswanya dapat menyukai matematika. karena selama ini banyak anak anak yang tidak menyukai matematika padahal matematika berpengaruh penting bagi kemajuan bangsa.

  62. setuju pakk sangatt matematika sangatlah penting jika gaada matematika gimana? bagaimana kita bisa menghitung?? Jadi Mungkin dengan kegiatan KGMI mungkin dengan metode yang ini, mungkin anak-anak akan lebih bersemangat belajar MTK

  63. Saya setuju om,kalau belajar matematika secara menyenangkan mungkin anak-anak yang tadinya tidak suka akan menyukai pelajaran matematika, karena belajarnya sangat menyenangkan mereka tidak akan bosan kalau sedang belajar matematika.

  64. saya setuju omjay. karena metode belajar matematika menggunakan ilmu TIK pastinya akan lebih seru dan mudah. selain itu anak-anak akan lebih tertarik untuk belajar matematika apabila menggunakan ilmu TIK.

  65. saya setujuuuuu, banyak murid-murid sekolah kurang suka dengan pelajaran matematika, mungkin jika mereka belajar matematika sambil bermain akan lebih menyenangkan karena metode belajar matematika menggunakan ilmu TIK pastinya akan lebih seru dan mudah. selain itu anak-anak akan lebih tertarik untuk belajar matematika apabila menggunakan ilmu TIK.

  66. Saya setuju dengan bapak, matematika sebenarnya sangat penting untuk kehidupan kita tetapi tidak semuanya ingin belajar matematika karena pelajarannya tidak terlalu menyenangkan. tapi, jika kita menggunakan cara belajar matematika yang menyenangkan, murid-murid Indonesia pasti akan senang belajar matematika

  67. Saya setuju dengan bapak, matematika sebenarnya sangat penting untuk kehidupan kita tetapi tidak semuanya ingin belajar matematika karena pelajarannya tidak terlalu menyenangkan. tapi, jika kita menggunakan cara belajar matematika yang menggunakan ilmu TIK, murid-murid Indonesia pasti akan senang belajar matematika

  68. matematika sering kali menjadi pelajaran yg paling sulit bagi semua orang. Dan matematika jarang disukai oleh siswa/i.
    Saya setuju dengan program KGMI, ini menunjukkan bahwa matematika itu tidak sulit dan membuat siswa/i jadi suka belajar matematika.

  69. Keren Tahu Pak Nih Artikelnya. Soalnya Biasanya Kalau BElajar Matematika Biasanya Kita – kita Mungkin Kayaknya ” Kagak Niat ” Gitu. Tapi KGMI mempunyai Cara unik Untuk Mengajarkan Matematika Yang Katanya Membosankan. Saran Saya Sih Mempublikasikan ke Masyarakat.

  70. Menurut saya program ini sangatlah menarik. Saya sendiri, sebagai seorang pelajar seringkali merasa sangat bosan di saat pelajaran matematika. Dengan ini, guru matematika bisa mengevaluasi cara mengajarnya menjadi lebih seru dan gampang dimengerti.

  71. Saya setuju dengan ini.

    Matematika adalah pelajaran yang paling rumit yang pernah saya pelajari. Beberapa siswa mungkin enggan untuk belajar matematika karena, perhitungan yang rumit dan melelahkan otak dan banyak soal-soal menyebalkan yang membuat mereka menjadi kesal dengan mata pelajaran tersebut bahkan sampai gurunya dimusuhi oleh anak – anak, bayangkan saja jika guru matematika sudah hadir pasti siswa berkata “Yaa… bosen deh..!!” atau sebagainya. Bukannya ilmu adalah harta termahal layaknya emas yang harus siswa dapat untuk masa depan siswa itu sendiri.

    Dengan memanfaatkan teknologi yang ada akan mempermudah guru maupun murid. Murid akan lebih senang dengan pelajaran matematika dan guru tidak harus lagi terlalu capek menulis materi matematika di papan tulis. Metode ini harus cepat diberlakukan agar anak – anak lebih mudah mengerti matematika. Karena ilmu matematika dipakai dalam kehidupan sehari-hari dari masa sekarang dan masa depan. Matematika tidak bisa dilepaskan dengan hubungan di kehidupan. Metode baru ini bekerja sama dengan kecanggihan teknologi sekarang yang dipelajari dalam mata pelajaran TIK. Saya mendukung adanya ilmu tentang TIK DAN MATEMATIKA agar metode pembelajaran menjadi asik dan seru.

  72. Bagus om jay…ini mengajarkan bahwa matematika itu tidak sesulit yang kita bayangkan dan membuatnya menjadi sangat mudah. KGMI benar benar mendukung kita untuk lebih giat belajar matematika dengan cara yang mudah

  73. belajar matematika mungkin memang kurangv menyenangkan karena bayak rumus yang berbeda beda yang harus kita hafal di luar kepala.saya sangat mendukung kegiatan KGMI ini mungkin pelajaran matematika yang sebelumnya sangat rumit bisa menjadi lebih mudah jika diselingin bermain atau relax
    matematika adalah pelajaran yangh sangat penting karena dapat kita gunakan sampai dewasa nanti

  74. Menurut saya , cara ini sangat inovatif untuk pembelajaran matematika.Kita semua tahu anak-anak tidak menyukai cara belajar tradisional yang mebosankan mereka sehingga mereka tidak fokus , jadi metode ini bisa membuat anak2 bangsa selanjutnya menjadi generasi yang lebih inovatif daripada generasi sebelum2 nya.

  75. Saya sangat setuju dengan artikel ini, karena matematika adalah pelajaran yang sering dianggap sulit oleh kebanyakan siswa. Mengapa demikian? Mungkin karena materi yang diberikan kurang jelas atau mungkin guru yang kurang jelas dalam menjelaskan materinya. Kebanyakn siswa “pusing” dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh gurunya. Di zaman yang sudah modern dan canggih ini, masih saja ada guru yang menuliskan materi di papan tulis. Mengapa mereka tidak mengambil bahan ajar dari berbagai website saja yaah? Perkembangan teknologi sudah seharusnya ambil andil dalam berbagai bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan terutama Matematika. Siswa juga bisa mencari soal dan tips dari berbagai website dan tidak harus selalu bergantung pada materi yang diberikan guru, karena kalau bergantung pada materi guru saja kita sama saja tidak tahu materi yang guru kita ajarkan. Dan mungkin ada juga tips dari web tersebut dan untuk Komunitas Guru Matematika Indonesia (KGMI) saya terus dukung langkah-langkahnya. SEMANGAAAAT!!! Thank you dan mohon diterima commentnya yaaa…

  76. Saya sangat setuju dengan artikel ini karena, matematika adalah pelajaran yang dianggap sulit oleh kebanyakan murid. Mengapa demikian? Karena, mungkin saja guru menjelaskan materinya kurang jelas. Guru pada zaman sekarang masih ada yang menggunakan papan tulis sebagai media penyampaian ilmunya.Banyak murid mengaggap soal-soal yang diberikan gurunya itu memusingkan. Sekarang ini banyak website yang memberikan penjelasan atau ilmu tentang pendidikan dan salah satunya adalah mata pelajaran Matematika. Murid-murid bisa mendapatkan ilmu tidak hanya dari materi guru, tetapi bisa menggunakan alternatif website. Bahkan ada website untuk memberikan jawaban, penjelasan, serta tips yang mudah untuk belajar Matematika. Jadi, murid bisa belajar dari 2 alternatif, yaitu materi guru dan website yang menjelaskan itu dan guru juga bisa mengabil bahan ajar bukan hanya dari buku tetapi bisa lewat web dan saya mendukung sepenuhnya langkah KGMI. Terima Kasih dan mohon diterima commentnya

  77. saya setuju, dengan mengadakan acara belajar matematika dengan cara yang menyenangkan, karena, anak-anak akan bisa lebih mudah memahami pelajaran matematika seperti misalkan 2x diganti dengan 2 mangga. itu sangat memudahkan anak-anak. dan betul sekali, bahwa memang matematika, memerlukan beberapa waktu, untuk menghitung, ma=enjawab dabianding dengan menulis karena kita sudah sangat paham dan gampang untuk menuliskannya, tidak perlu berfikir lagi. metode-metode yang diajarkan guru, terkadang susah dimengerti anak jadi guru harus menggunakan banyak metode, agar anak lebih mengerti dalam pelajaran terutama matematika

  78. saya sangat setuju om jay….banyak sekali murid yang tidak menyukai pelajaran matematika karena mungkin cara guru menjelaskannya membosankan atau kurang jelas,benar sekali artikel ini supaya kita tidak bosan kita harus membuat pelajaran ini menjadi menyenangkan dengan cara belajar yang menyenangkan

  79. saya sangat setuju dengan ini, murid murid berfikir matematika adalah mata pelajaran yang rumit dan dengan dibuatnya ini, anak anak jadi lebih suka belajar matematika.sekarang murid murid bisa mendapatkan ilmu dari website.

  80. saya setuju dengan ini, murid murid berfikir matematika adalah mata pelajaran yang rumit dan dengan dibuatnya ini, anak anak jadi lebih suka belajar matematika.sekarang murid murid bisa mendapatkan ilmu dari website.

  81. Saya setuju, pelajaran matematika akan menjadi pelajaran yang menyenangkan apabila menggunakan metode yang baru yang tidak membosankan. Banyak anak yang tidak menyukai matematika karena menganggap matematika pelajaran yang sulit. Padahal matematika akan menjadi mudah apabila dipelajari. Dengan menggunakan metode-metode yang baru belajar matematika akan lebih mudah dipahami. Metode ini juga bisa digunakan untuk pelajaran yang lain agar anak-anak dapat belajar dengan mudah dan senang

  82. saya sangat setuju dengan artikel in, dengan adanya metode ini dapat merubah pikiran anak yang beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan tidak mudah dimengerti. dengan adanya metode ini dapat merubah pola pikiran yang tadinya negatif menjadi positif, seperti yang tadinya tidak suka matematika menjadi suka. dengan menggunakan metode baru untuk belajar matematika yang lebih menyenangkan dapat lebih mudah dimengerti. metode ini tidak hanya untuk matematika saja menurut saya jika metode ini digunakan untuk pelajaran lainnya akan mudah dipahami juga. karena metode yang baru ini menjelaskan dengan cara yang menyenangkan, dan mudah dimengerti

  83. wah sangat membentu anak-anak jika belajar matematika bisa sangat menyenangkan,,karena kebanyakan anak-anak kurang suka dengan pelajaran matematika,,jika dari usia paud sampe SD sudah dikasih cara belajar matematika yg menyenangkan pasti seterus nya mereka akan suka dengan matematika.karena sudah dipupuk sejak dini..

  84. saya setuju dengan cara belajar matematika ulasan posting ini,,,kalo bisa berjalan maka bisa merubah anak-anak sekolah yang mulanya pada takut dengan pelajaran matematika dan menjadi suka dengan pelajaran matematika.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.