Posted on: November 12, 2015 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 148

Mendidik Insan Berkarakter Melalui TIK

Fenomena pendidikan karakter mengumandangkan resonansinya di setiap alam ide praktisi pendidikan, mulai dari penatar konsep hingga penatar praktik. Penulis berharap, konsep pendidikan seperti ini dapat dinikmati oleh seluruh institusi pendidikan di Indonesia, sehingga jelas evaluasinya pada saat berbenturan dengan kelemahannya. Kita akan temukan generasi baru yang santun berbahasa, dan berbudaya. Itulah mengapa kita harus mendidik insan berkarakter melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Tapi sayang kurikulum 2013 justru menghapus mata pelajaran ini dan diganti dengan Prakarya. mata pelajaran baru yang belum ada sarjananya di perguruan tinggi manapun di dunia.

Pendidikan sangat diperlukan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan pendidikan bangsa ini akan cerdas dalam berpikir, dan bijak dalam bertindak. Agar cerdas dalam berpikir, dan bertindak diperlukan pendidikan budaya dan karakter. Dengan begitu moral dan agama mereka akan terjaga dalam pohon pendidikan. Dalam pohon pendidikan itu, Prof Arief Rachman menyampaikan kepada kami guru di Labschool Jakarta : “akan terlihat mereka berakar moral dan agama, berbatang ilmu pengetahuan, beranting amal perbuatan, berdaun tali silaturahim, dan berbuah kebahagiaan dunia dan akhirat. Itulah hasil dari sebuah pendidikan yang berbudaya”.

Budaya adalah hasil karsa, dan karya manusia yang dapat dinikmati dan dihargai. Dia tumbuh dalam kearifan lokal masyarakat kita. Sedangkan karakter adalah perangai atau tingkah laku yang menjadi watak manusia dalam berinteraksi kepada sesama. Oleh karena itu pendidikan budaya dan karakter harus diberikan kepada para generasi muda yang telah melek Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Generasi muda yang bukan hanya cerdas OTAK saja, tetapi juga WATAK. Generasi ini biasa disebut C-Generation. Mereka memerlukan banyak banyak pemandu atau guru TIK agar mampu menjadi pemain di bidang TIK.

Aktivitas belajar  C-Generation terlahir dari dunia digital yang terus berkembang. Oleh karena itu para penduduknya disebut digital native. Dalam penduduk digital native, aktivitas belajar C-Generation tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional. Mereka sudah terbiasa dengan cara-cara modern yang mengikuti perkembangan teknologi web 3.0 yang sebentar lagi akan kita gunakan di negeri ini. Belajar tidak lagi di dalam kelas, dan bertatap muka secara langsung, tetapi bisa dimana saja, dan kapan saja. Di sinilah diperlukan pendidikan budaya dan karakter. Dengan begitu etika atau budi pekerti tetap terjaga. Mereka tetap mampu berbahasa dengan baik sebagai alat penyampaian pesan. Mereka yang terdidik TIK dengan baik, pastilah akan mampu memanfaatkan TIK sebagai sumber belajar dan alat bantu pembelajaran.

Pendidikan budaya dan karakter diberikan dengan cara-cara alamiah. Dia tumbuh dari generasi yang telah melek TIK. Diperlukan peran TIK yang begitu besar dalam proses pembelajarannya sehingga budaya, dan karakter itu berubah menjadi cara-cara ilmiah yang membuat para pendidik atau guru tak bisa lepas dari 5KKonvergensi, Kontekstual, Kolaborasi, Konektivitas, dan Konten kreatif jelas akan menguasai dunia di abad 21 ini. Suka atau tidak suka, sebagai bangsa yang berbudaya kita harus mengikutinya. Di sinilah peran guru TIK dalam menanamkan karakter kkepada peserta didiknya, sehingga mata pelajaran TIK masih sangat dibutuhkan di era pembelajaran abad ke-21 ini. TIK tidak bisa diberikan kepada guru mata pelajaran lainnya, karena pasti tidak jalan. Kami sudah membuktikannya dari berbagai hasil penelitian.

Arus deras 5K akan dihadapi oleh kita yang mendapat julukan “digital imigran”(pendatang baru dalam dunia digital). Kita harus belajar teknologi menuju masyarakat berpengetahuan. Dibutuhkan pendidikan budaya dan karakter unggul untuk menghadapinya. Kita pun harus belajar sepanjang hayat. Sayangnya, tak semua pengajar atau pendidik mau terus belajar, sehingga banyak pendidik yang belum melek TIK. Padahal dalam dunia TIK diperlukan banyak sekali PEMANDU agar generasi muda kita tak meninggalkan budaya dan karakter bangsa. Mereka tak bisa menulis seenaknya di media sosial, dan harus mampu berpikir sebelum memposting sebuah artikel ke internet.

TIK begitu cepat sekali perkembangannya, dan telah membuat sendi-sendi kehidupan masyarakat terpengaruh karenanya. Semua hal yang bersangkut paut dengan hajat hidup orang banyak akan menggunakan TIK untuk memudahkannya. TIK menjadi sebuah alat bantu manusia yang terus menerus melayani manusia dari mulai bangun tidur hingga mau tertidur lagi. Banyak orang menjadi tergantung karenanya. Orang akan merasa ada yang hilang dalam dirinya bila ponsel atau gadget yang dimilikinya tertinggal di rumah. Budaya dan karakter manusia lambat laun dipengaruhi oleh kemajuan TIK ini. Banyak orang yang tak bisa lepas dari smartphone kesayangannya.

Menurut pakar internet  Dr. Onno W. Purbo, Pemanfaatan TIK yang paling tepat filosofi-nya sederhana, yaitu:

  1. Guru harus menjadi produsen, dan menghasilkan sesuatu

Para pendidik diharapkan mampu mendorong peserta didiknya untuk mampu menjadi penghasil pengetahuan baru atau informasi baru, dengan begitu bangsa ini tak melulu menjadi bangsa pemakai atau bangsa yang hanya mengekor informasi dari Negara lain yang sudah berkembang teknologinya. Oleh karenanya, kemampuan menulis sebagai salah satu keterampilan berbahasa harus terus diajarkan di sekolah-sekolah kita. Pembelajaran bahasa tak hanya melulu soal teori, tetapi merupakan aplikasi nyata yang diharapkan dari hasil membaca. Mereka yang rajin membaca, biasanya akan mampu menulis dengan baik.

  1. Guru harus menghasilkan sesuatu yang cocok dengan kebutuhan pembaca/masyarakat

Para pendidik juga dituntut untuk menghasilkan sesuatu karya tulis ilmiah (KTI) yang hasilnya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya masyarakat berpengetahuan yang sangat haus akan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Namun, untuk bisa mencapai 2 hal tersebut di atas, para pendidik dan peserta didik harus:

  1. Menjadi konsumen yang baik, banyak membaca, kritis terhadap yang dibaca (wawasan luas), dan terus belajar dari orang lain yang berilmu pengetahuan. Jadilah pelopor dan bukan pengekor.
  2. Harus banyak berdiskusi hal-hal baru (sensitif terhadap kebutuhan pembaca / masyarakat), sehingga hasilnya nyata dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

Pada dasarnya, TIK cuma sebagai alat bantu saja, tidak lebih. Dia tidak beda dengan mesin tik, cangkul, kompor, dan lain-lain semua alat bantu saja. Dibutuhkan pendidikan budaya dan karakter agar pemanfaatan  alat tersebut menjadi optimal dan maksimal tanpa harus kehilangan kearifan lokal. Kearifan lokal harus dijaga, karena merupakan warisan leluhur yang sangat baik sekali. Oleh karenanya, pembentukan karakter peserta didik harus dimulai dari keluarga lalu kemudian sekolah. TIK akan menjadi sebuah ilmu ketika terus dikembangkan dengan arah pendidikan berbasis TIK, sehingga TIK tidak hanya sebagai tools, tapi juga sebagai ilmu pengetahuan yang terus dipelajari seperti coding atau komputer programing.

Dari sisi akademik dan non akademik, seorang pendidik seharusnya menyisipkan pendidikan karakter kepada para peserta didik. Melalui olah pikir, olah hati, olah raga, olah rasa, dan karsa para guru membangun karakter mereka selama tiga tahun di sekolah. Semua itu menyatu dalambudaya sekolah yang tetap eksis dan selalu disempurnakan.

Dalam menerapkan pendidikan budaya dan karakter melalui TIK harus dipikirkan benar dampak positif, dan negatifnya. Sebab perkembangan TIK selalu bermata dua. Di satu sisi menguntungkan, dan sisi yang lain merugikan. Para guru harus mampu memberikan materinya dengan cara-cara interaktif, dan membuat para peserta didiknya menjadi kreatif. Pembelajaranpun menjadi menyenangkan. Mereka digiring bukan hanya sebatas mencari dan memperoleh informasi, tetapi juga mampu menciptakan informasi di internet.

Mereka harus diarahkan untuk mampu menjadi produsen pengetahuan, dan bukan hanya menjadi konsumen pengetahuan saja. Gurupun tak terlalu dominan di kelas karena pembelajaran berpusat pada siswa. Guru lebih sering sebagai fasilitator dan motivator pembelajaran.

Satu kali contoh keteladanan lebih baik daripada 1000 kali perkataan. Para guru harus mampu memberikan contoh yang baik dalam memanfaatkan TIK khususnya internet secara sehat. Dengan begitu mereka akan melihat keteladanan dari gurunya dalam pemanfatan TIK di sekolah. Para peserta didikpun pada akhirnya akan mengikuti pula dalam menjalan internet sehat dengan hati yang sehat pula. Hati yang sehat didapat dari pembinaan pendidikan budaya dan karakter yang terus dikembangkan oleh para guru.

Contoh yang paling mudah dalam pendidikan karakter adalah jujur. Para guru harus mampu menanamkan kejujuran dalam diri setiap peserta didik. Tak berkata bohong  (dusta) dan mampu berkata benar dalam segala sikap dan tingkah lakunya. Hal itu akan dengan mudah tertangkap jelas dari facebook para guru, bila para peserta didiknya telah berteman dengannya. Oleh karena itu jadikan mereka sahabat agar guru dan siswa menjadi dekat. Ajaklah dialog atau diskusi sehingga terjalin komunikasi yang positif antara guru dan siswa.

Semakin banyak pendidik yang paham akan manfaat internet, maka akan semakin banyak pemandu yang akan mengarahkan generasi C-Generation untuk mampu memanfaatkan 5K (Konvergensi, Kontekstual, Kolaborasi, Konektivitas, dan Konten kreatif) dengan benar.

Kesimpulan

Para C-Generation itu harus diarahkan bukan hanya sebagai bangsa penikmat teknologi, tetapi harus mampu kita arahkan untuk menjadi produsen pengetahuan. Agar bisa menjadi produsen pengetahuan, maka budaya baca dan tulis menulis harus benar-benar dilatihkan melalui pemanfaatan TIK secara benar. Para guru pun harus belajar ngeblog agar mampu memberikan keteladanan kepada para peserta didiknya. Dengan ngeblog, para guru dan siswa menjadi terbiasa menulis.

Alangkah indahnya bila para C-Generation itu mampu berinternet secara sehat, menyebarkan berita dengan benar, dan mampu menceritakan pengalamannya yang mengesankan dalam blog-blog mereka. Dengan begitu kemampuan menulis mereka pun akan terasah dengan baik, karena sering menulis di blog. TIK bukan lagi kependekan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi, tetapi telah berubah menjadi “Tampak Indah Karakternya”.Mereka adalah generasi yang mampu berbahasa dan berbudaya Indonesia dengan baik dan benar. Mari mendidik insan berkarakter melalui TIK.

Daftar Bacaan:

  1. TIK: Menulis Blog untuk Pendidikan, Wijaya Kusumah, Penerbit Indeks, 2012
  2. Menjadi Guru Tangguh Berhati Cahaya, Wijaya Kusumah, Penerbit Indeks, 2012
  3. Menulislah Setiap Hari, dan Buktikan Apa yang Terjadi, Wijaya Kusumah, Penerbit Indeks, 2012

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

148 People reacted on this

  1. semoga mata pelajaran tik yang disukai siswa kembali berada dalam struktur kurikulum. Mata pelajaran ini sangat penting diajarkan kepada siswa agar tidak tertinggal dengan negara lain dan siswa indonesia mampu menjadi pemain di bidang TIK

    1. yoii banget artikelnya om.sebenernya itu pelajaran tik sangat penting bagi para siswa walaupun kadang menurut sya ribet walaupun agak ribet tapi dapat menambah kreativitas para siswa yang mempelajarinya.tik itu tidak merugikan karna selain menambah ilmu ,tik itu mengikuti zaman jadi tidak membosankan.tetapi seharusnya jangan siswa saja yang belajar tik.guru guru juga harus

  2. Jadi blak-blakan bentar ya
    Pelajaran TIK itu penting, kenapa diilangin? Diganti sama prakarya apaandah Prakarya kan udah ada seni rupa ngapain ada prakarya-prakaryaan lagi
    Tapi kadang tuh ya, ada juga pelajaran “TIK” yaitu beladar TIK di kelas dengan buku dan GAK NYENTUH KOMPUTER. Apa gunanya? Menurut aku, pelajaran TIK harus banyakin prakteknya. Biar anak-anak terbiasa menggunakan gadget dan nggak gaptek di masa depan. Tapi penggunaannya juga jangan kebanyakan,.

    1. Saya setuju dengan perkataan Omjay. Kita sebagai C-Generation harus mengikuti perkembangan TIK dan bukan hanya sebagai konsumen, kita juga harus menjadi produsen pengetahuan. Dengan adanya pelajaran TIK, kita bisa belajar menggunakan teknologi dan memproses informasi dengan benar dan baik. Sebagai negara berkembang, Indonesia seharusnya mendukung pembelajaran TIK bukannya menghapus pelajaran tersebut. Saya sangat tidak setuju jika Kurikulum 2013 menghapus pelajaran TIK dan menggantinya dengan pelajaran lain. Bukan hanya siswa yang memanfaatkan TIK, guru-gurupun seharusnya juga sudah bisa menggunakan teknologi dan memanfaatkannya sebagai sarana belajar yang lebih efektif. Siswapun juga bisa memahami apa yang diterangkan oleh guru.

    2. Saya setuju dengan perkataan Omjay 5. Seiring dengan perkembangan teknologi yang makin pesat 13, generasi baru harus dididik agar tidak menyalah gunakan atau bahkan tidak menggunakan teknologi itu 25. Para generasi baru harus dididik agar dapat memanfaatkan teknologi itu untuk tidak hanya memperoleh informasi, tapi juga memproduksinya. Banyak hal-hal hebat yang dapat kita temukan dan hasilkan jika mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan sungguh-sungguh. Selain para murid, para pendidik juga harus mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi agar dapat membimbing para murid. Negara Indonesia ini juga masih merupakan negara berkembang, sehingga harusnya Indonesia mempergiat pengajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi bukan malah menghilangkannya agar dapat menjadi negara maju seperti misalnya Jepang.

  3. Saya setuju dengan “guru harus mengajar sepenuhnya”, artinya guru harus mengajarkan semua yang penting, dan tidak menyembunyikan ilmu, karena di indonesia, mungkin ada guru yang suka menyembunyikan ilmu.. komentar ke 2, artikelnya sedikit sulit dimengerti bagi saya.. itu saja, ~Salam Greget~

  4. Blog yang bapak berikan sangat bermanfaat bagi saya, alangkah baiknya agar TIK juga dapat dikembalikan kembali ke mata pelajaran seperti biasa karena begitu luar biasanya berbagai manfaat TIK yang dapat kita petik dan bisa dijadikan sebagai nilai luhur karakter bangsa serta siswa juga bisa berbagi informasi (tak hanya mengonsumsi tapi memproduksi). Terima kasih Omjay atas blognya, terus ngeblog ya…

    Hanandito 7E 13

  5. Saya juga berpendapat bahwa TIK juga dapat mengajarkan murid-murid untuk untuk bersikap sopan di Internet, belajar mencari informasi di Internet. dan juga belajar untuk menjadi kreatif.

  6. Saya setuju, karena kita harus mampu mengarahkan C-Generation (Generasi muda yang bukan hanya cerdas otak saja, tetapi juga watak) sebagai bangsa penikmat teknologi dan untuk menjadi produsen pengetahuan, dengan cara membudayakan baca dan tulis menulis melalui pemanfaatan TIK secara benar. Bila para C-Generation itu mampu berinternet secara sehat, menyebarkan berita dengan benar, dan mampu menceritakan pengalamannya yang mengesankan dalam blog-blog mereka, Dengan begitu kemampuan menulis mereka pun akan terasah dengan baik, karena sering menulis di blog. Kita adalah generasi yang mampu berbahasa dan berbudaya Indonesia dengan baik dan benar. Mari mendidik insan berkarakter melalui TIK.

  7. saya setuju dengan pendapat omjay,mengapa pelajaran TIK harus dihapuskan dan diganti dengan prakaryaa????? murid-murid smp labschool harus belajar TIK agar mereka berakar moral dan agama dan berbatang ilmu pengetahuan.murid-murid harus diarahkan untuk menjadi produsen pengetahuan. guru harus membuat anak muridnya menjadi lebih kreatif dan membuat pelajaran menjadi menyenangkan.

  8. menurut saya sih setuju utk belajar insan berkarakter melalui TIK karena utk mengikuti proses jaman ini atau c generation karena c generation ini bisa produsen pengetahuan atau konsumen pengetahuan dgn berinternet dengan sehat, menyebar berita engan benar, dan mampu menceritakan pengalamannya yang mengesankan dalam blog-blog mereka Dengan begitu kemampuan menulis mereka pun akan terasah dengan baik, karena sering menulis di blog. TIK bukan lagi kependekan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi, tetapi telah berubah menjadi “Tampak Indah Karakternya”.Mereka adalah generasi yang mampu berbahasa dan berbudaya Indonesia dengan baik dan benar. Mari mendidik insan berkarakter melalui TIK

  9. sanggat berpendidik,bagus, saya juga setuju karna utk baelajar instan berkarakter melalui tik. dan memanfaatkan 5k dan melaui olah pikir olah hati pelajaran tik juga butuh kompeter.Guru harus menghasilkan sesuatu yang cocok dengan kebutuhan pembaca/masyarakat dan guru harus menjadi produsen,dan harus menghasilkan sesuatu

    1. saya setuju dengan artikel ini, di zaman c generation ini, kita harus belajar tik ( teknologi informasi komunikasi) dan amali menggunakan tik untuk hal yang positif, belajar moral dan agama menambah ilmu, kreativitas. kita harus menjadi penerus bangsa yang tidak hanya cerdas akal tapi juga bermoral, sopan. kami jangan hanya menjadi konsumen pengetahuan, tapi juga menjadi produsen pengetahuan. lakukan, buat sesuatu yang baru, yang unik,dan yang kreatif. kita harus lebih cerdas, berakhlak mulia, bermoral, dan kreatif. menurut saya, mendidik insan berkarakter melalui tik harus diterapkan lebih sering.kita harus menggunakan tik dengan sehat dan benar. mari kita ubah sudut pandang kita menjadi hal yang lebih positif.

  10. Pelajar Indonesia harus bisa mempelajari TIK.Karena,dengan mengetahu ilmu teknologi maka pemuda Indonesia akan mudah mengikuti perkembangan zaman.Dalam hal ini,pemerintah harus mendukung pendidikan TIK.Menurutsaya,menghilangkan pelajaran TIK adalah kesalahan besar yang dilakukan pemerintah.Semoga pemerintah dapat membaca artikel ini dan segera melakukan tindakan mengenai hal tersebut.

  11. Saya setuju dengan artikel ini, Mapel TIK penting karena seiring dengan perkembangan era globalisasi para anak anak harus diajarkan tentang teknologi zaman sekarang agar tidak ketinggalan zaman , salah satunya dengan belajar TIK. TIK Belajar melalui laptop/komputer yang terus berkembang saat ini. TIK juga banyak praktek yang bisa menyeimbangi antara otak dan watak, otak memikirkan kreativitas dalam membuat artikel/tugas sedangkan watak yang dibentuk adalah harus cepat, disiplin dll. Dari pembelajaran TIK ini banyak yang didapat karena sangat bermanfaat bagi siswa dan tidak merugikan siswa.

  12. saya setuju karena, Para C-Generation itu harus diarahkan bukan hanya sebagai bangsa penikmat teknologi, tetapi harus mampu kita arahkan untuk menjadi produsen pengetahuan. Agar bisa menjadi produsen pengetahuan, maka budaya baca dan tulis menulis harus benar-benar dilatihkan melalui pemanfaatan TIK secara benar. Para guru pun harus belajar ngeblog agar mampu memberikan keteladanan kepada para peserta didiknya. Dengan ngeblog, para guru dan siswa menjadi terbiasa menulis. Alangkah indahnya bila para C-Generation itu mampu berinternet secara sehat, menyebarkan berita dengan benar, dan mampu menceritakan pengalamannya yang mengesankan dalam blog-blog mereka. Dengan begitu kemampuan menulis mereka pun akan terasah dengan baik, karena sering menulis di blog. TIK bukan lagi kependekan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi, tetapi telah berubah menjadi “Tampak Indah Karakternya”.Mereka adalah generasi yang mampu berbahasa dan berbudaya Indonesia dengan baik dan benar. Mari mendidik insan berkarakter melalui TIK.

  13. saya pikir di sekolah wajib ada pelajaran tik agar kita mengerti tik karena,jika di masa yang akan datang kita tidak mengerti teknologi,maka hidup akan sulit.karena semakin waktu berjalan,teknologi juga semakin canggih.

  14. menurut saya, pendidikan memang sangat dibutuhkan oleh seluruh murid di negara. namun, tidak hanya pendidikan akademik tetapi pendidikan moral, budaya, dan karakter juga harus diterapkan agar berkehidupan bangsa yang maju dan berkarater. Generasi muda yang bukan hanya cerdas OTAK saja, tetapi juga WATAK ini biasa disebut C-Generation. Mereka memerlukan banyak pemandu atau guru TIK agar mampu menjadi pemain di bidang TIK. dengan ini, generasi C-Generation tidak hanya menjadi bangsa peminat teknologi, namun juga sebagai produsen pengetahuan dan ilmu. agar bisa menjadi generasi penerus yang cerdas, C-Generation harus ditanamkan budaya baca dan tulis menulis. C-Generation juga harus menggunakan internet secara baik dan sehat. TIK bukan lagi kependekan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi, tetapi telah berubah menjadi “Tampak Indah Karakternya”.Mereka adalah generasi yang mampu berbahasa dan berbudaya Indonesia dengan baik dan benar. mari kita bangun generasi muda penerus bangsa yang baik, cerdas dan berkarakter.

  15. Perkembangan zaman memaksa manusia dan generasi penerusnya untuk dapat lebih menggali dan memanfaatkan semua yang telah disediakan di alam ini. Manusia harus berkembang baik secara hati maupun pikiran. Namun, satu hal yang dikhawatirkan adalah perkembangan ini semakin lama menuju ke arah yang salah. Pendidikan yang terus diinovasikan berupaya mencerdaskan generasi bangsa. Dalam pendidikan sekolah, murid diajarkan untuk memahami banyak hal yang sebenarnya hanya bermakna satu yaitu, bagaimana kita berfikir dan bekerja untuk kebaikan sesama.
    Pendidikan TIK sangat dibutuhkan di abad 21 dimana manusia bekerja dengan alat teknologi. Sama seperti pendapat Om Jay, bagaimana kita bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan cara dan tujuan yang baik. Kesalahan dalam penggunaan teknologi dapat berakibat merusak pola pikir manusia. Mungkin secara perlahan, tetapi lama-kelamaan umat manusia bisa hancur hanya karena teknologi yang diciptakan sendiri oleh manusia dan diharapkan dapat mempermudah proses bekerja.
    Dalam pendidikan TIK, murid belajar banyak hal seperti :
    1. bagaimana cara agar kita bisa lebih memanfaatkan suatu teknologi dengan baik.
    2. Memahami cara kerja teknologi kecil yang dapat membantu banyak umat manusia.
    3. Menciptakan kreasi-kreasi dan karya baru.
    4. Belajar ‘menulis’ dan mengungkapkan pendapat dalam bentuk yang canggih dan fleksibel.
    5. berkomunikasi dengan baik, sopan, dan luas dengan sesama.
    6. serta agar kita mengetahui cara kerja teknologi yang canggih dapat memperluas pola pikir manusia.
    Jadi, menurut saya, pelajaran TIK masih pantas untuk diajarkan dalam pendidikan pelajar. Memang manfaatnya tidak tampak langsung, namun dengan pembelajaran TIK ini, manusia bisa belajar menjadi pribadi yang cerdas dan sehat..
    Terima kasih

  16. saya setuju dengan omjay.pelajaran tik sangat bermanfaat ,kenapa harus diganti dengan prakarya? saya setuju karena TIK membuat kita melek teknologi dan bila c generation bisa berinternet dengan sehat seperti memberikan ilmu dengan blog, memberikan berita dan masih banyak lagi.Indonesia dapat menguasai teknologi.

  17. saya sangat setuju dengan ini, mengapa kurikulum 2013 harus menghilangkan mata pelajaran TIK?? Sebenarny mata pelajaran ini sangat bagus untuk para murid-murid, dengan TIK para murid akan belajar mengenai banyak hal seperti berinternet secara sehat, menyebarkan berita dengan benar, dan mampu menceritakan pengalamannya yang mengesankan dalam blog-blog mereka.

  18. saya setuju TIK diadakan lagi. Karena bisa membuat generasi kita lebih maju. bukan menjadi negara yang pelopor bukan pengekor. TIK membuat negara kita semakin maju. Semoga negara kita mampu berinternet secara sehat, menyebarkan berita dengan benar, dan mampu menceritakan pengalamannya yang mengesankan dalam blog-blog mereka.

  19. Sekarang adalah era teknologi, sehingga generasi-generasi berikutnya harus diajarkan TIK, bukan prakarya. TIK sangat penting untuk sarana belajar dan harus diajarkan internaet sehat agar bisa mereka bisa menggunakan internet dengan baik dan benar serta bisa memanfaatkan sarana internet untuk saling berbagi informasi.

  20. saya setuju dengan artikel tersebut karena murid bisa lebih dekat dengan guru melalui blog, murid tidak harus membawa buku kesekolah yang membuat beratnya tas murid seharusnya membawa ipad,laptop yang terdiri dari aplikasi buku pelajaran dan murid dapat lebih nyaman dalam belajar, saya juga setuju dengan artikel kembalikan tik karena murid menjadi tidak gaptek atau kuno, dan murid tidak bosan dengan belajar dikelas karena btik mempunyai ruangan sendiri, tetapi saya ingin didalam tik terdapat pembelajaran game maupun bermain game

  21. Mempelajari TIK sangat penting bagi pelajar Indonesia,termasuk dalam kehidupan dunia.Pemerintah melakukan kesalahan besar dalam dunia pendidikan yaitu menghapus pelajaran TIK.Penggunaan alat TIK dilakukan setiap hari,dimanapun dan kapanpun.Semoga pemerintah dapat membaca artikel ini dan membuat tindakan terdapat hal tersebut

  22. Saya sangat setuju dengan Omjay…

    Jika Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dihapus, akan berdampak besar bagi masa depan bangsa Indonesia, anak-anak Indonesia tidak akan mengerti tentang TIK yang sangat penting bagi mereka saat era globalisasi, contohnya saat ingin mendaftar ke sekolah sekolah lewat internet, jika siswa/i tidak mengerti caranya, siswa/i tidak dapat mendaftar ke sekolah yang diinginkan. Saya sangat berharap mata pelajaran TIK tidak dihapus dalam kurikulum 2013.

    Kita harus menjadi produsen pengetahuan, bukan hanya menjadi konsumen pengetahuan. ~Omjay.

  23. munurut saya, Para C-Generation itu harus diarahkan bukan hanya sebagai bangsa penikmat teknologi, tetapi harus mampu kita arahkan untuk menjadi produsen pengetahuan. Agar bisa menjadi produsen pengetahuan, maka budaya baca dan tulis menulis harus benar-benar dilatihkan melalui pemanfaatan TIK secara benar. Para guru pun harus belajar ngeblog agar mampu memberikan keteladanan kepada para peserta didiknya. Dengan ngeblog, para guru dan siswa menjadi terbiasa menulis. Alangkah indahnya bila para C-Generation itu mampu berinternet secara sehat, menyebarkan berita dengan benar, dan mampu menceritakan pengalamannya yang mengesankan dalam blog-blog mereka. Dengan begitu kemampuan menulis mereka pun akan terasah dengan baik, karena sering menulis di blog. TIK bukan lagi kependekan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi, tetapi telah berubah menjadi “Tampak Indah Karakternya”.Mereka adalah generasi yang mampu berbahasa dan berbudaya Indonesia dengan baik dan benar. Mari mendidik insan berkarakter melalui TIK.

  24. Menurut saya dari artikel ini adalah C-Generation itu mampu berinternet secara sehat, menyebarkan berita dengan benar, dan mampu menceritakan pengalamannya yang mengesankan dalam blog-blog mereka. Dengan begitu kemampuan menulis mereka pun akan terasah dengan baik. TIK telah berubah menjadi “Tampak Indah Karakternya”.Mereka adalah generasi yang mampu berbahasa dan berbudaya Indonesia dengan baik dan benar.

  25. saya setuju dengan pendapat Omjay, karena mengapa pelajaran TIK digantikan oleh pelajaran prakaya ? Para C-Generation itu harus diarahkan bukan hanya sebagai bangsa penikmat teknologi, tetapi harus mampu kita arahkan untuk menjadi produsen pengetahuan. Agar bisa menjadi produsen pengetahuan, maka budaya baca dan tulis menulis harus benar-benar dilatihkan melalui pemanfaatan TIK secara benar.

    Tapi sebaiknya pelajaran TIK diutamakan prakteknya dari pada teorinya.

  26. Saya setuju dengan apa yang ditulis oleh pak jaya diatas. kita tidak bisa tergantung dengan apa yang orang lain buat pada masa depan. Makanya kita harus menjadi C-Generation yang mampu menjadi produsen pengetahuan.Kita juga harus menjadi C-Generation yang dapat memanfaatkan 5K (Konvergensi, Kontekstual, Kolaborasi, Konektivitas, dan Konten kreatif)

  27. saya setuju dengan pendapat Omjay, karena mengapa pelajaran TIK digantikan oleh pelajaran prakaya ? Agar bisa menjadi produsen pengetahuan, maka budaya baca dan tulis menulis harus benar-benar dilatihkan melalui pemanfaatan TIK secara benar.

    Tapi sebaiknya pelajaran TIK diutamakan prakteknya dari pada teorinya.

  28. saya setuju dengan omjay. menurut saya,Para C-Generation itu harus diarahkan bukan hanya sebagai bangsa penikmat teknologi, tetapi harus mampu kita arahkan untuk menjadi produsen pengetahuan. Agar bisa menjadi produsen pengetahuan, maka budaya baca dan tulis menulis harus benar-benar dilatihkan melalui pemanfaatan TIK secara benar. Para guru pun harus belajar ngeblog agar mampu memberikan keteladanan kepada para peserta didiknya. Dengan ngeblog, para guru dan siswa menjadi terbiasa menulis.
    Alangkah indahnya bila para C-Generation itu mampu berinternet secara sehat, menyebarkan berita dengan benar, dan mampu menceritakan pengalamannya yang mengesankan dalam blog-blog mereka. Dengan begitu kemampuan menulis mereka pun akan terasah dengan baik, karena sering menulis di blog. TIK bukan lagi kependekan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi, tetapi telah berubah menjadi “Tampak Indah Karakternya”.Mereka adalah generasi yang mampu berbahasa dan berbudaya Indonesia dengan baik dan benar. Mari mendidik insan berkarakter melalui TIK.

  29. pelajaran TIK penting untuk mengajarkan murid untuk memakai teknologi dengan benar.karena teknologi semakin canggih seiring waktu. sayangnya, kurikulum 2013 justru menghapus mata pelajaran ini dan diganti dengan Prakarya. mata pelajaran baru yang belum ada sarjananya di perguruan tinggi manapun di dunia. pendidikan memang penting. tidak hanya pendidikan akademik tetapi pendidikan moral, budaya, dan karakter juga harus diterapkan agar berkehidupan bangsa yang maju dan berkarater.

  30. Setelah aku baca artikelnya ternyata bagus juga… pelajaran TIK emang penting banget buat era sekarang.. karena kalo orang Indonesia jaman sekarang GAK NGERTI TIK,negara kita akan ketinggalan banget tuh.. Selain itu tik juga berguna untuk mencari ilmu pengetahuan,berguna untuk mempermudah kehidupan kita di banyak bidang.. TIK berguna untuk menginspirasi kita untuk membuat sesuatu yang baru. dengan TIK kita juga lebih kreatif.semoga saja ada perubahan pada kurikulum sekarang

  31. Saya setuju dengan artikel ini karna pelajaran tik dapat mengubah c generation dari penikmat teknologi diarahkan ke produsen pengetahuan dan lewat pelajaran tik ini, murid bisa mengetahui apa yang ada di dunia dan kita bisa mengenal lebih dekat dengan orang orang yang kita kenal seperti guru dan teman lewat blog dan website,murid juga bisa mengenal internet dengan sehat dan mungkin saja teknologi dapat mengubah gaya hidup/lifestyle mereka dengan dampak positif teknologi.

  32. saya setuju dengan artikel ini, karena ternyata setelah di pikir-pikir, mata pelajaran TIK juga dapat mendidik para siswa menjadi insan yang berkarakter. selama ini kita menganggap mata pelajaran TIK hanya sebagai mata pelajaran yang mengajarkan tentang cara menggunakan komputer, internet dan semacamnya, padahal lebih dari itu.

    contohnya melalui menulis di blog seperti yang sudah di sampaikan artikel di atas. para guru dapat membimbing siswa-siswanya agar tidak menulis artikel yang bersifat kebohongan,mengandung kata-kata yang tidak sopan,atau artikel yang meniru persis artikel milik orang lain di blog mereka. hal ini secara tidak langsung mengajarkan para siswa untuk bersikap jujur dan pandai dalam bertutur kata.

    Para guru juga dapat mengajarkan para siswa dengan cara memberikan contoh yang baik dalam memanfaatkan TIK khususnya internet secara sehat. Dengan begitu mereka akan melihat keteladanan dari gurunya dalam pemanfatan TIK di sekolah. Para peserta didikpun pada akhirnya akan mengikuti pula dalam menjalan internet sehat dengan hati yang sehat pula. Hati yang sehat didapat dari pembinaan pendidikan budaya dan karakter yang terus dikembangkan oleh para guru.

  33. Saya setuju dengan perkataan Omjay. Kita sebagai C-Generation harus mengikuti perkembangan TIK dan bukan hanya sebagai konsumen, kita juga harus menjadi produsen pengetahuan. Dengan adanya pelajaran TIK, kita bisa belajar menggunakan teknologi dan memproses informasi dengan benar dan baik. Sebagai negara berkembang, Indonesia seharusnya mendukung pembelajaran TIK bukannya menghapus pelajaran tersebut. Saya sangat tidak setuju jika Kurikulum 2013 menghapus pelajaran TIK dan menggantinya dengan pelajaran lain. Bukan hanya siswa yang memanfaatkan TIK, guru-gurupun seharusnya juga sudah bisa menggunakan teknologi dan memanfaatkannya sebagai sarana belajar yang lebih efektif. Siswapun juga bisa memahami apa yang diterangkan oleh guru.

  34. saya setuju dengan pendapat omjay, kenapa pelajaran tik harus diganti dengan pelajaran prakarya??? bila tik bisa berinternet secara sehat seperti memberi ilmu dengan blog, dll.tik bukan lagi kependekan dari teknologi informasi dan komunikasi tetapi menjadi “tampak indah karakternya”
    ~adiraissugoi~

  35. betul tuh kata omjay,Pada dasarnya, TIK cuma sebagai alat bantu saja, tidak lebih. Dia tidak beda dengan mesin tik, cangkul, kompor, dan lain-lain semua alat bantu saja. Dibutuhkan pendidikan budaya dan karakter agar pemanfaatan alat tersebut menjadi optimal dan maksimal tanpa harus kehilangan kearifan lokal. Kearifan lokal harus dijaga, karena merupakan warisan leluhur yang sangat baik sekali. Oleh karenanya, pembentukan karakter peserta didik harus dimulai dari keluarga lalu kemudian sekolah. TIK akan menjadi sebuah ilmu ketika terus dikembangkan dengan arah pendidikan berbasis TIK, sehingga TIK tidak hanya sebagai tools, tapi juga sebagai ilmu pengetahuan yang terus dipelajari seperti coding atau komputer programing.
    dalam menerapkan pendidikan budaya dan karakter melalui TIK harus dipikirkan benar dampak positif, dan negatifnya. Sebab perkembangan TIK selalu bermata dua. Di satu sisi menguntungkan, dan sisi yang lain merugikan.Oleh karna itu bila kita memanfaatkan TIK dengan sebaik baiknya,maka kita akan memperoleh manfaat yang banyak.jadi,Tik seharusnya tidak dihapus

  36. Selalu, blog nya OmJay pasti keren dan benar terus. Apalagi yang ini, C-Generation memang harus di arahkan bukan ke jalan yang salah dalam menggunakan teknologi. Tetapi memang harus diarahkan yang benar seperti, menyebarkan informasi dengan benar dan tepat. Memang, jika dilatih maka alangkah indahnya dunia bukan? jadi kesimpulan nya adalah kalau kita benar – benar ingin sukses, dilatih lah dari sekarang! Kalau mulainya waktu pas sudah besar, ya nanti sudah kelamaan. bisa saja sudah tidak bisa lagi. Jadi iya, TIK itu tidak boleh di hapus, kebijakan pemerintah untuk menghapus pelajaran TIK sangatlah tidak “pintar” tetapi ya, kalau kita bersama untuk meminta pemerintah ya mungkin aja bisa. wkwkkw -Sekian.

  37. saya sangat setuju dengan omjay.karena TIK memang sangat penting dan sangat dibutuhkan.pelajaran TIK harus ditanam di sekolah-sekolah agar generasi kita menjadi lebih baik.sedangkan prakarya hanya untuk berkreasi.jika pelajaran TIK diganti dengan prakarya negeri kita ini tidak akan maju & berkembang.

  38. Saya setuju, karena kita harus mampu mengarahkan C-Generation (Generasi muda yang bukan hanya cerdas otak saja, tetapi juga watak) sebagai bangsa penikmat teknologi dan untuk menjadi produsen pengetahuan, dengan cara membudayakan baca dan tulis menulis melalui pemanfaatan TIK secara benar. Saya juga berpendapat bahwa TIK juga dapat mengajarkan murid-murid untuk belajar bersikap sopan di Internet, belajar mencari informasi di Internet. dan juga belajar untuk menjadi kreatif. Pelajar Indonesia harus bisa mempelajari TIK.Karena,dengan mengetahui ilmu teknologi maka pemuda Indonesia akan mudah mengikuti perkembangan zaman.Dalam hal ini,pemerintah harus mendukung pendidikan TIK. Menurut saya, menghilangkan pelajaran TIK adalah kesalahan besar yang dilakukan pemerintah.Semoga pemerintah dapat membaca artikel ini dan segera melakukan tindakan mengenai hal tersebut.

  39. Saya sangat setuju dengan Omjay…

    Jika Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dihapus, akan berdampak besar bagi masa depan bangsa Indonesia, anak-anak Indonesia tidak akan mengerti tentang TIK yang sangat penting bagi mereka saat era globalisasi,saya harap pemerintah memasukan lagi TIK ke kurikulum, dengan itu kita bisa belajar dimana saja dan kapan saja.di era globalisasi seperti ini sudah sepantas nya TIK menjadi salah satu mata pelajaran.

    1. sorry belum 100 kata

      kita harus mampu mengarahkan C-Generation (Generasi muda yang bukan hanya cerdas otak saja, tetapi juga watak) sebagai bangsa penikmat teknologi dan untuk menjadi produsen pengetahuan, dengan cara membudayakan baca dan tulis menulis melalui pemanfaatan TIK secara benar.saya juga merasa aneh karena TIK diganti prakarya,apa manfaat dari belajar prakaya.TIK lah yang mempunyai efek besar dalam era globalisasi.

  40. saya setuju dengan pernyataan omjay, karena menurut saya pelajaran TIK itu lebih penting dari prakarya, kalau kita belajar TIK kita akan lebih banyak mendapatkan manfaat seperti; kita lebih bisa mengenal teknologi, tidak gaptek saat memakainya, dll. Dan saat belajar TIK itu harus lebih banyak praktek ketimbang materi, materi boleh aja ada tapi harus lebih banyak praktek agar anak anak mengerti cara pemakaiannya, tombol ini fungsinya apa, ya begitu deh.Kalo prakrya kan materi umum, apalagi sekarang Indonesia teknologinya kurang maju, ditambah pelajaran TIK dihapus, mau indonesia gak berkembang? *sorrynotsorry*. Saya berharap pelajaran TIK tetap ada, kalo bisa pelajaran prakarya juga tetap ada. Maaf kalo ada katakata yang gaenak ataupun ganyaman . Terima Kasih

  41. Jika Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dihapus, akan berdampak besar bagi masa depan bangsa Indonesia, anak-anak Indonesia tidak akan mengerti tentang TIK yang sangat penting bagi mereka saat era globalisasi.Dan mata pelajaran TIK juga dapat mendidik para siswa menjadi insan yang berkarakter. selama ini kita menganggap mata pelajaran TIK hanya sebagai mata pelajaran yang mengajarkan tentang cara menggunakan komputer, internet dan semacamnya, padahal lebih dari itu. contohnya melalui menulis di blog seperti yang sudah di sampaikan artikel di atas. para guru dapat membimbing siswa-siswanya agar tidak menulis artikel yang bersifat kebohongan,mengandung kata-kata yang tidak sopan,atau artikel yang meniru persis artikel milik orang lain di blog mereka. hal ini secara tidak langsung mengajarkan para siswa untuk bersikap jujur dan pandai dalam bertutur kata. Dan juga pelajaran TIK emang penting banget buat era sekarang.. karena kalo orang Indonesia jaman sekarang gak ngerti,negara kita akan ketinggalan banget tuh.. Selain itu tik juga berguna untuk mencari ilmu pengetahuan,berguna untuk mempermudah kehidupan kita di banyak bidang. Makanya kita harus menjadi C-Generation yang mampu menjadi produsen pengetahuan.Kita juga harus menjadi C-Generation yang dapat memanfaatkan 5K (Konvergensi, Kontekstual, Kolaborasi, Konektivitas, dan Konten kreatif).

  42. Saya setuju pak

    Kalau tik dihapus bagaimana dengan masa depan anak bangsa Indonesia?Mungkin saja nanti mereka tidak bisa mengikuti perkembangan zaman.Karena sebetulnya banyak yang bisa didapat dari tik.Sekarang saja banyak sekolah di luar negeri yang memprioritaskan penggunaan tik agar bangsanya bisa lebih maju.
    Para guru seharusnya juga memberikan contoh bagaimana penggunaan tik yang baik agar muridnya mengerti bahwa internet itu bukan hanya bisa digunakkan untuk bermain game tetapi bisa mencari informasi yang berharga yang tidak ada di dalam buku.Jadi intinya supaya Indonesia menjadi negara yang maju kita harus bisa menggunakan tik dan internet dengan benar dan baik dan bisa dimanfaatkan sebagai sarana belajar yang efisien

    Semoga omjay bisa membuat lebih banyak artikel yang bisa berguna untuk kita dan negara

  43. generasi atau anak-anak sekarang jangan hanya otak aja yg di pake, watak juga harus dibina. knp TIK harus diilangin, trs di ganti pelajaran lain? indonesia harus maju teknologi nya, dimulai kapan? ya saat ini. kita perlu belajar TIK, kelak ilmu itu juga dipake. bukannya gimana, semua pelajaran itu penting. saya juga bingung, kenapa TIK harus di hapus trs di ganti? TIK itu bermanfaat bukan hanya di murid tp juga di semua kalangan masyarakat. kita harus melek teknologi. trs indonesia juga TIK nya ketinggalan, dan kurikulum skrng malah menghapuskan materi yg dapat membuat indonesia lebih maju. mau nya gimana? terus begini apa diperbaiki? jangan salah, dengan pelajaran TIK yg mungkin dianggap TIDAK MENARIK itu malah yang DIBUTUHKAN. bukan hanya itu, dengan TIK kita juga tambah kreatif dan membuka jendela pengetahuan. dengan TIK kita bisa belajar, bahkan bisa membantu orang lain dengan cara membuat blog, website, dll… jujur ini saya katakan yang sebearnya bahwa kita MASIH MEMBUTUHKAN PELARAN TIK. maaf kalo ada kesalahan kata-kata, makasih.

  44. saya setuju dengan omjay karena melalui tik ini kita dapat informasi dari berbagai negara,dari sosial budaya sampai alat/teknologi yang sudah dikembangkan oleh negara tersebut,jika kita memakai tik denagn baik dapat belajar tidak hanya otak saja tapi harus menyesuaikan dengan generasi,di zaman moderen sekarang tik menjadi suatu pelajaran yang penting dimana kita dapat menyesuaikan diri dengan zaman,tik adalah suatu pelajaran penting diajaman globalisasi saya erasakan sendiri gimana jika tidak ada internet dan pelajaran tik menjadi susah untuk komunikasi dan juga untuk mencari informasi jika seandainya kita di luar negri dan tidak tau apa itu internet,tik,dan sebagainya kan kita bingung sendiri mau ngapain kita di luar negri mau menyesuaikan bahasa susah apalagi jika ditanya apa saja informasi Negara tersebut

  45. Saya tidak setuju dengan kebijakan pemerintah yang menghapus kurikulum tik dalam proses pembelajaran di sekolah. alasan utama saya adalah, tidak semua siswa dapat mempelajari teknologi di rumahnya, ada juga siswa yang gaptek. mungkin terhapuskannya pelajaran tik dari pelajaran tidak akan memberi dampak buruk bagi siswa di ibu kota Indonesia, Jakarta. tetapi pikirkanlah siswa yang bersekolah di pedesaan, mereka tidak akan mendapatkan pelajaran mengenai teknologi komputer apapun baik di sekolah dan rumah karena tidak semua memiliki komputer di rumahnya.lalu bagaimana bisa siswa yang kurang mengetahui teknologi dapat mendapat pekerjaan yang baik di masa yang akan datang?. tik juga dapat membuat siswa tahu tentang dunia luar, jaringan internet dapat menjelajahi waktu maupun tempat. tanpa pintu kemana saja, internet dapat memperlihatkan keadaan di suatu negara manapun. dengan penggunaan tik yang baik, siswa dapat mencari hal hal yang tidak ada di media cetak dan mencarinya di google. menurut saya sendiri, pelajaran BTIK di SMP Labschool Jakarta juga dapat memberikan efek refreshing bagi para murid.

    Dan kesimpulan saya, pelajaran TIK tidak pantas untuk dihapuskan.

  46. Benar, pak.. menurut saya, TIK juga tidak kalah penting dengan prakarya. Dan TIK juga bisa menjadi alat pembantu bagi segala hal seperti belajar juga. Walaupun TIK juga memiliki kekurangan, tp banyak juga kok keuntungannya asal digunakan untuk kebaikan..saya berharap pelajaran ini tetap ada di kurikulum 2013..Indonesia sudah tertinggal dalam hal teknologi.. maka kenapa dihapus ?? justru siapa tahu teknologi inilah yang bisa membuat Indonesia lebih maju.. menurut saya, belajar TIK itu bukan karna kita ketinggalan zaman dengan trend dan update terkini.. tetapi memang untuk belajar, melatih kreatifitas, membangun silahturahmi, membangun negara agar menjadi lebih baik.

  47. ya benar sekali pak pendidikan tik memang harus ada di kurikulum saat ini menurut saya ini memudahkan anak anak untuk belajar teknologi informasi dan komunikasi agar pada saat nantinnya mereka tidak kuawalahan atau kesulitan dalam memakai alat alat komunikasi apalagi jika sampai ada yang menggunakan dengan cara yang salah itu bisa berbahaya tik tidak perlu di hapuskan bukannya kita menyalahkan ada nnya pelajaran baru seperti prakarya. prakarya boleh saja ada asalkan tik pun ada jika kita mempunnyai banyak ilmu itu tidak akan sia sia nantinnya dan pelajaraan tik ini berguna sekali tentunnya bagi saya karena selain saya bisa belajar bagaimana mengirim file file yang ada dan itu sangat bermanfaat bagi saya dan masalah nya juga tertuju pada sebuah tik yang ada pada kurikulum 2013 iyalah anak anak ada yang tidak menukain atau sebagian ada yang menyukai menurut saya tik memang harus benar benar adaaaaa karena yaa seperti yng saya jelaskan agar kita tidak buta komunikasi agar kita tau apa itu tik apa itu pelajaran tik itu saya membahas juga tentang kurikulum kurikulum 2013 memang tertuju pada sebuah pelajaran kelompok mana lagi ada sebuh pelajaran baru yaitu prakrya yang kalau dulu di sd suka kita sebut dengan SBK tapi menurut saya tidak apa apa di kurikulum ini ada manfaat dan kerugian juga manfaat nya ialah ada pelajaran tik dan kerugiannya ya mungkin anak anak seperti kam kesulitan mengikutinnya atau banyak kegiatan seperti kerja kelompok tapi itu tidak masalah buat saya hanya karena kita kecapean atau apalah pel tik dhipuskan itu adalah suatau keputuisan yang tidak adil menurut saya . apa jadinnya putra putri kami tanpa tik. yak mungkin itu saja pendapat saya tentang ini terimakasih

  48. sya setuju pak dengan artikel yang bapak buat.karena Pendidikan TIK sangat diperlukan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan pendidikan TIK bangsa ini akan cerdas dalam berpikir dengan menggunakan teknologi, dan bijak dalam bertindak. kalau seandainya pelajaran TIK dihapus bagaimana masa depan anak bangsa yang akan memerlukan teknologi? menurut saya kalau pelajaran TIK dihapus dari dunia pendidikan maka masa depan anak bangsa akan tidak mengenal yang namanya telnologi. dan oleh karena itu pelajaran TIK seharusnya tidak dihapus dari dunia pendidikan karena untuk memajukan masa depan anak bangsa dengan adanya teknologi. walaupun begitu anak bangsa juga harus mengendalikan pemakaian teknologi, karena jika anak bangsa memakai teknologi dengan cara berlebihan maka anak bangsa akan mengalami gangguan pada mata.

    sekali lagi saya setuju banget dengan artikel omjay ini. semoga omjay bisa lebih banyak lagi membikin artikel-artikel seperti ini lagi, Amin.

  49. Saya setuju tentang artikel Om Jay. menurut saya dengan majunya teknologi seharusmya TIK lebih penting dari pelajaran Prakarya.Jika Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dihapus, akan berdampak besar bagi masa depan bangsa Indonesia, anak-anak Indonesia tidak akan mengerti tentang TIK yang sangat penting bagi mereka saat era globalisasi. kita tidak bisa tergantung dengan apa yang orang lain buat pada masa depan. Makanya kita harus menjadi C-Generation yang mampu menjadi produsen pengetahuan.Kita juga harus menjadi C-Generation yang dapat memanfaatkan 5K (Konvergensi, Kontekstual, Kolaborasi, Konektivitas, dan Konten kreatif).

    Saya berharap pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) tidak di hapus dari kurikulum 2013

  50. Saya setuju dengan omjay. Mengapa TIK harus dihapuskan??Dengan TIK,kita bisa belajar banyak hal yang tidak ada di buku dengan komputer.Kita bisa saling berbagi ilmu dengan siapapun di internet. Kita juga bisa berkomunikasi dengan keluarga kita yang mungkin jauh dari tempat tinggal kita. Tapi ada juga kan beberapa orang yang tidak tahu bagaimana caranya??Karna itu kita harus terus belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi.Salah besar jika Teknologi Informasi dan Komunikasi dihapuskan.
    Selain belajar lewat komputer atau alat teknologi lainnya,kita juga dapat diajar oleh guru atau ahli TIK seperti omjay. Dan,jika ilmu tersebut sudah kita kuasai,kita harus membagi ilmu kita kepada anak/orang Indonesia lainnya.
    Kita juga harus memanfaatkan TIK dengan baik,bukan menyalahgunakannya.Seperti internet terkadang ada hal negatif.Karna itu jika kita ingin bermain internet,orang tua harus tau apa yang dilakukan anaknya ketika berinternet.

    Karna itu,kita sebagai anak Indonesia harus menjadi anak yang cerdas dan terus mencari ilmu

  51. Saya setuju tentang artikel Om Jay. menurut saya dengan majunya teknologi seharusmya TIK lebih penting dari pelajaran Prakarya.Jika Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dihapus, akan berdampak besar bagi masa depan bangsa Indonesia, anak-anak Indonesia tidak akan mengerti tentang TIK yang sangat penting bagi mereka saat era globalisasi. kita tidak bisa tergantung dengan apa yang orang lain buat pada masa depan. Makanya kita harus menjadi C-Generation yang mampu menjadi produsen pengetahuan.Kita juga harus menjadi C-Generation yang dapat memanfaatkan 5K (Konvergensi, Kontekstual, Kolaborasi, Konektivitas, dan Konten kreatif).

    Saya berharap pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) tidak di hapus dari kurikulum 2013.

  52. Pendidikan yang terus diinovasikan berupaya mencerdaskan generasi bangsa. Namun pada saat prosesnya bisa menuju ke arah yang salah. Seperti halnya pelajaran TIK yang kini ditiadakan dalam kurikulum 2013. Padahal pendidikan TIK sangat dibutuhkan di zaman yang serba-modern ini. Pelajaran TIK sudah sepantasnya diajarkan dalam kegiatan belajar mengajar di kurikulum terbaru dan untuk kedepannya lagi. Karena pendidikan dibutuhkan tidah hanya berdasarkan akademik, tetapi pendidikan moral, budaya dan karakter juga harus diterapkan. Melalui pelajaran TIK yang lebih menunjuk proses praktikum, siswa/i dapat merasakan pengalaman belajar yang berbeda.
    C-Generation tidak hanya menjadi wajah bangsa tetapi juga diharapkan akan menjadi pembekal ilmu. Untuk itu perlu ditanamkan budaya baca dan tulis menulis yang baik pada C-Generation. Mereka adalah generasi yang nantinya akan menjadi harapan bangsa yang berbahasa dan berbudaya Indonesia baik dan benar. Mari bersama-sama membangun generasi penerus bangsa yang baik, cerdas dan berkarakter.

  53. saya sangat setuju dengan om jay

    saya setuju dengan artikel ini,jika mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK)akan dihapus, Kita sebagai C-Generation harus mengikuti perkembangan TIK dan bukan hanya sebagai konsumen, kita juga harus menjadi produsen pengetahuan. Dengan adanya pelajaran TIK, kita bisa belajar menggunakan teknologi dan memproses informasi dengan benar dan baik. Sebagai negara berkembang, Indonesia seharusnya mendukung pembelajaran TIK bukannya menghapus pelajaran tersebut.Para guru juga dapat mengajarkan para siswa dengan cara memberikan contoh yang baik dalam memanfaatkan TIK khususnya internet secara sehat. Dengan begitu mereka akan melihat keteladanan dari gurunya dalam pemanfatan TIK di sekolah. Para peserta didikpun pada akhirnya akan mengikuti pula dalam menjalan internet sehat dengan hati yang sehat pula. Hati yang sehat didapat dari pembinaan pendidikan budaya dan karakter yang terus dikembangkan oleh para guru.
    sekarang saya tidak setuju dengan kurikulum 2013 yang ingin mengapus pelajaran tik menjadi prakarya

  54. Belajar TIK sebenarnya bisa sangat bermanfaat untuk kehidupan kita semua. Dan sangat berguna untuk melatih pemikiran otak kita dan juga watak dalam bertindak. Berikut beberapa tanggapan saya tentang manfaat TIK :

    1. TIK dapat mendidik insan dalam kehidupan umat beragama.
    Jika semua orang dapat mengakses, menggunakan, dan memanfaatkan internet dengan baik, kita dapat mengeksplor tentang ilmu agama dan budi pekerti. Tanpa adamya pelencengan.

    2. TIK dapat membantu para pemuda untuk maju.
    Para pemuda dan anak-anak tidak hanya membutuhkan buku tetapi juga membutuhkan internet. Internet dapat digunakan mereka untuk mengeksplor ilmu baru sekaligus menambahkan kreatifitas anak anak dan para pemuda, jika dapat digunakan dengan baik.

    3. TIK dapat membina masyarak bernegara.
    Hampir sama dengan yang diatas. namun ini tidak kalah penting bagi seluruh lapisan masyarakat. Di internet masyarakat dapat melihat tata cara negara maju seperti Amerika dan Rusia. Dan negara maju di Asia seperti Jepang dan Korea. Dengan masyarakat yang maju dan tidak buta internet dan juga dapat menggunakan internet dengan baik, maju pula bangsa ini

    Menurut saya peran orangtua dan para guru juga harus aktif di era globalisasi yang terus meningkat. Karena tanpa pengawasan dan bimbingan yang tepat TIK yang seharusnya sebagai wadah untuk para pemuda bisa saja yang terjadi seperti :

    a) Para remaja bisa saja mengakses video porno.
    b)Kurangnya pergaulan bertatapan langsung karena terlalu sering menggunakan sosial media.
    c) Terjadinya kecanduan internet sehingga dapat mengganggu
    jam belajar
    d) Dapat merusak organ mata bila memakai alat komunikasi berkelanjutan
    e) Terjadi tindak kriminal di internet maupun sosial media.

    Jadi kesimpulannya adalah menggunak TIK dengan baik dapat sangat membantu tanpa mengurangi peran aktif guru dan orangtua.

  55. Saya setuju dengan pendapat Omjay ,
    Sekarang TIK sangat dibutuhkan pada era globalisasi ini, lalu, kenapa pelajaran TIK harus dihapuskan? Seharusnya, pelajaran TIK jangan dihapuskan karena jika dihapus bagaimana kita akan mendapat banyak informasi dari dunia luar? Jika kita tidak mendapat informasi kita akan kalah saing dengan negara lain. Pelajaran TIK juga sangat penting untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan TIK pengetahuan anak juga semakin luas, kita sebagai generasi muda juga harus memanfaatkan teknologi informasi ini dengan sebaik mungkin, jangan sampai kita salah menggunakannya, jika kita salah menggunakannya akan banyak dampak negatifnya. Maka dari itu, sebaiknya pelajaran TIK jangan dihapuskan karena sangat besar manfaatnya

  56. setuju saya dengan pendapat omjay, karena pada zaman sekarang, teknologi informasi dan komunikasi sangat penting dan berguna bagi kehidupan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan teknologi informasi dan komunikasi pengetahuan anak anak juga lebih luas. dan kita sebagai c-generation juga harus memanfaatkan teknoilogi informasi dan komunikasi sebaik mungkin agar bermanfaat karena sebagian dampak negatif teknologi informasi dan komunikasi juga karena anak anak menyalah gunakan teknologi informasi dan komunikasi. lalu kenapa pelajaran teknologi informasi dan komunikasi harus dihapuskan jika ilmu teknologi informasi dan kopmunikasi ini sangat bermanfaat. bayangkan saja jika semua orang terutama c-generation tidak mengerti sama sekali tentang teknologi informasi dan komunikasi. kita tidak akan mendapat banyak informasi dari dunia luar dan susah berkomunikasi dengan dunia luar juga

  57. Saya setuju pak tentang C-Generation. Dengan C-Generation, kita tidak hanya pintar otak saja tetapi juga watak. Tetapi,mengapa pelajaran TIK harus dihapus di K13 ini dan diganti dengan prakarya? Prakarya sepertinya sama saja dengan pelajaran seni budaya atau seni rupa. Kalau sudah ada seni budaya, mengapa harus ditambah prakarya? Sedangkan, pelajaran TIK tidak memiliki kemiripan atau kesamaan dengan mata pelajaran lain. Bisa dibilang TIK adalah pelajaran yang unik. Pelajaran ini satu – satunya yang menggunakan bantuan komputer untuk mendukung pembelajarannya. Kita dapat bermain sambil belajar dengan pelajaran TIK. Menurut saya, pelajaran TIK harus dikembalikan ke K13 ini. Saya dan semua murid SMP Labschool Jakarta mendukung mata pelajaraan TIK dikembalikan di Kurikulum 2013. Terima kasih.

    -Fatah Rashidie 7B

  58. saya sangat setuju dengan omjay.Karena sekarang Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat penting dan sangat dibutuhkan di masa yang akan datang.Mata pelajaran Teknologi Iinformasi dan Komunikasi harus ditanam di sekolah-sekolah agar membawa generasi kita menjadi lebih baik.Teknologi Informasi dan Komunikasi tidak harus diganti dengan prakarya,walaupun Internet memiliki sisi negatif, sisi negatif itu seperti titik hitam di tengah kertas putih.Menurut saya blog-blog juga sangat penting peranannya di mata pelajaran TIK,dengan blog selain mendapat ilmu kita juga bisa memberi ilmu.Aritkel ini telah membuka mata orang-orang tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Semoga Teknologi Informasi dan Komunikasi berkembang dan menjadi lebih baik kedepannya. AMIN

  59. saya setuju dengan pendapat omjay,
    Kenapa pelajaran TIK harus dihapus? padahal, TIK begitu cepat sekali perkembangannya, dan telah membuat sendi-sendi kehidupan masyarakat terpengaruh karenanya. Semua hal yang bersangkut paut dengan hajat hidup orang banyak akan menggunakan TIK untuk memudahkannya. TIK menjadi sebuah alat bantu manusia yang terus menerus melayani manusia dari mulai bangun tidur hingga mau tertidur lagi. Banyak orang menjadi tergantung karenanya. Orang akan merasa ada yang hilang dalam dirinya bila ponsel atau gadget yang dimilikinya tertinggal di rumah. Budaya dan karakter manusia lambat laun dipengaruhi oleh kemajuan TIK ini. Banyak orang yang tak bisa lepas dari smartphone kesayangannya.

  60. Seharusnya ,jika ada yang salah dengan TIK,Maka Harus memperbaiki pelajaran didalamnya,bukan dengan Menghapusnya dan mengganti dengan pelajaran lainnya.Kita semua ini membutuhkan pendidikan,Yang dapat mencerdaskan kehidupan bangsa.Dengan pendidikan,Bangsa Ini dapat cerdas dalam berpikir serta cerdas Dalam Bertindak.Dengan TIK,kita mampu menciptakan generasi muda yang Cerdas dari OTAK dan juga WATAK.Jika TIK ini tidak dihidupkan kembali,Maka bagaimana kita bisa mengikuti perkembangan Jaman?Selain itu kita juga membutuhkan Pemandu yang dapat memandu kita mengenai teknologi.TIK begitu cepat sekali perkembangannya, dan telah membuat sendi-sendi kehidupan masyarakat terpengaruh karenanya. Semua hal yang bersangkut paut dengan hajat hidup orang banyak akan menggunakan TIK untuk memudahkannya.

  61. saya setuju dengan pendapat om jay. kenapa TIK diganti dengan prakarya? kan sudah ada seni budaya. seharusnya siswa di indonesia harus mengikuti perkembangan TIK bukan hanya menjadi konsumsi saja. kita tidak boleh kalah dengan perkembangan di luar negri. dan TIK bisa mengajarkan cara menggunakan teknologi dengan baik dan benar.murid juga tidak usah membawa buku berat berat dan bisa membuka buku lewatkomputer.dan guru gurpun juga harus mengikuti perkembangan TIK. TIK juga dapat membuat siswa tetap bisa belajar tanpa berhadapan dan siswa juga bisa mendapatrkan informasi tidak dari satu sumber sajua tetapi dari sumber lain juga.

  62. benar sekali pak, kita memang wajib mendapatkan pendidikan budaya maupun karakter sebab penddikan itu lah yang dapat menjadi bekal kita di masa depan. saya juga setuju bahwa guru tidak hanya memberi kan ilmu tentang TIK tetapi guru juga harus mengarahkan siswa nya untuk menggunankan teknologi tersebut dengan baik sehingga murid tidak menyalah gunakan TIK.maka dari itu saya mengharapkan pelajaran TIK kembali ada dalam kurikulum 2013 karena TIK mengajarkan kita tentang banyak hal di internet salah satunya adalah belajar lewat blog, buku-buku digital,dll dengan seperti itu kita bisa lebih canggih dan modern, lagipula siswa tidak akan repot membawa buku pelajaran siswa dapat membawa buku digital saja.

  63. Saya setuju dengan artikel Omjay. Menurut saya, Informasi dan Komunikasi (TIK) harus ada di bagian kurikulum 2013. Karena kami sebagai C-Generation harus diarahkan tidak hanya sebagai bangsa penikmat tetapi kami juga harus diarahkan menjadi produsen pengetahuan.

    Jadi, menurut tanggapan saya, alasan mengapa palajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) harus wajib ada dalam kurikulum 2013 adalah :

    1. Siswa pada zaman sekarang dalam mencari tugas sekolah selalu menggunakan internet sebagai penyelesaian. Dan saya yakin kami belum benar-benar fasih dalam pencarian tugas lewat internet.

    2. Guru selalu identik dalam Media Pembelajaran. Media Pembelajaran sangat menentukan sebuah kesuksesan guru dalam mengajar. Jadi, apabila guru tidak menguasai teknologi, apa guru dapat mengajarkan sesuatu tanpa Media Pembelajaran yang berbasis teknologi?

    Sekian dari saya. Pengetahuan tentang TIK di dunia pendidikan saya rasa belum tuntas sepenuhnya maka kenapa TIK harus dihapus? Terima kasih.

  64. pelajaran TIK itu penting kenapa harus dihilangkan dan diganti dengan pelajaran prakarya? kalau di dalam buku prakarya hanya membuat barang-barang kan sudah ada pelajaran seni budaya/seni rupa dan di dalam buku prakarya hanya ada manfaat dari buah-buahan dan sayuran atau yang lain kan sudah ada pelajaran ipa.
    sekarang kita sudah di abad 21 dan kita harus menyesuaikan dengan teknologi negara-negara lain yang sudah lebih maju teknologi nya dan perkembangan teknologi masa kini sangatlah cepat, dan kita harus mengembangkan budaya membaca dan menulis. jika pelajaran TIK dihilangkan bagaimana kita dapat menyesuaikan ilmu teknologi kita dengan negara yang lain?
    murid-murid sekolah juga perlu menggunakan internet untuk mencari pelajaran jika kita tidak tahu caranya kita tidak akan bisa mendapatkan jawabannya. dengan teknologi murid juga bisa belajar dimana saja tidak hanya di rumah ataupun di sekolah. kita juga dapat mengembangkan prestasi kita, kita dapat membuat kerajinan yang dapat di post di blog atau di tempat yang lain, kita juga dapat bertukar ilmu.

  65. saya sangat setuju dengan omjay.karena Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memang sangat penting dan sangat dibutuhkan.pelajaran TIK harus ditanam di sekolah-sekolah agar generasi kita menjadi lebih baik.sedangkan prakarya hanya untuk berkreasi.jika pelajaran Teknolgi Informasi dan komunikasi(TIK) diganti dengan prakarya negeri kita ini tidak akan maju & berkembang.melalui Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) ini kita dapat informasi dari berbagai negara,dari sosial budaya sampai alat/teknologi yang sudah dikembangkan oleh negara tersebut,jika kita memakai TIK dengan baik dapat belajar tidak hanya otak saja tapi harus menyesuaikan dengan generasi,di zaman moderen sekarang TIK menjadi suatu pelajaran yang penting dimana kita dapat menyesuaikan diri dengan zaman,TIK adalah suatu pelajaran penting diajaman globalisasi saya erasakan sendiri gimana jika tidak ada internet dan pelajaran TIK menjadi susah untuk komunikasi dan juga untuk mencari informasi jika seandainya kita di luar negri dan tidak tau apa itu internet,TIK,dan sebagainya kan kita bingung sendiri mau ngapain kita di luar negri mau menyesuaikan bahasa susah apalagi jika ditanya apa saja informasi Negara tersebut

  66. Saya setuju pak.Kenapa pelajaran TIK dihapus dan diganti dengan Prakarya?menurut saya,sebaiknya mata pelajaran TIK jangan dihapus.Karena,pelajaran TIK sangat berguna untuk masyarakat.Kita bisa belajar berkomunikasi lewat TIK.Kita juga bisa mendapat ilmu karena TIK.Jadi,kita tidak hanya belajar di buku saja,tetapi juga melalui TIK.Bayangkan,jika negara kita tidak belajar TIK.Pasti negara ini sangat terbelakang.Pelajaran TIK harusnya dipertahankan.Bukannya dihapus.Justru negara kita perlu pelajaran TIK agar murid-murid bisa memanfaatkan TIK dengan baik,bukan untuk memanfaatkan TIK untuk main game saja,tapi untuk belajar,mencari berita atau informasi,dan lain lain.Saya juga kebanyakan memakai TIK hanya untuk main game saja,tetapi jika ada PR dan ada bagian yang tidak saya mengerti,saya bisa memanfaatkan TIK sebagai sarana untuk mencari jawaban tersebut.
    Semoga pemerintah menyadari seberapa pentingnya pelajaran TIK dan mengadakan pelajran TIK lagi
    amiin.

    salam,Rayhan

  67. Dari sudut pandang saya, tindakan untuk menghapus TIK dengan Prakarya adalah tindakan yang fatal dalam C- Generation ini, karena dalam generasi ini, teknologi akan berkembang dengan sangat cepat, tetapi Prakarya akan selalu tetap sama. Contohnya, cara untuk mewarnai kerajinan kelobot jagung tidak akan pernah berganti.Tetapi siapa tahu beberapa tahun kedepan teknologi akan sangat berbeda. Mungkin, membuat blog saja akan sangat berbeda dengan sekarang. Dalam saat ini, TIK memerankan hal yang sangat penting untuk C-Generation yaitu, untuk mengetahui dasar dasar TIK, agar mereka tidak kesusahan untuk mengerti teknologi yang akan datang beberapa tahun kedepan atau dengan istilah lain agar mereka tidak tumbuh menjadi orang-orang gaptek. Kalau cuma ada Prakarya, masa depan generasi negeri ini akan menjadi yang mempunyai teknologi yang terbelakang, yang cuma mempunyai pekerjaan membuat bunga-bunga dari kelobot jagung dan layang layang.

  68. saya setuju dengan perkataan om Jay.Sebaiknya TIK tidak dihapus karena dengan TIK kita bisa belajar lebih banyak tentang komputer dan internet.Kita sebagai murid tidak hanya menjadi konsumen tetapi menjadi produsen juga. Walaupun TIK ada dampak negatifnya kita semua membutuhkan TIK dalam kehidupan kita sehari-hari.Semakin banyak murid yang paham akan manfaat internet, maka akan semakin banyak pemandu yang akan mengarahkan generasi C-Generation untuk menggunakan TIK lebih baik, seperti menyebarkan informasi dengan baik, membuat blog dan lain-lain.Pemandu juga sebaiknya mengajarkan 5K (Konvergensi, Kontekstual, Kolaborasi, Konektivitas, dan Konten kreatif). Manusia juga harus berkembang baik secara hati maupun pikiran.TIK bukan kepanjangan dari teknologi infomasi dan teknologi lagi tapi menjadi tampak indah karakternya.

  69. Saya sangat sejutu dengan artikel di atas karena, memang mata pelajaran TIK sangat dibutuhkan bagi anak sekolah terutama dalam hal pengetahuan ilmu komputer dan para murid bisa tahu bagaimana perkembangan TIK pada zaman globalisasi ini.Kenapa sih TIK harus dihapuskan dari mata pelajaran kurikulum 2013? Padahal kan TIK itu bisa digunakan untuk bermacam kebutuhan bahkan diberbagai bidang. Kemudian, murid juga harus bisa mengikuti jejak dari gurunya. Murid jangan hanya menjadi penonton saja, tetapi mereka juga harus memberikan inovasi yang terbarukan bagi TIK. Kalau gak ada TIK semua jadi susah kan? Betul gak? Di abad ke 21 ini TIK harus dibuat sekreatif mungkin. TIK harus menjadi sarana pendidikan. Buku-buku harus di buat dari web-web tertentu. Jangan sampai generasi emas atau anak-anak jaman sekarang gaptek.Kita harus menjadi konsumen TIK yang cerdas dan baik serta kritis. Tetapi sekarang TIK banyak disalahgunakan. Saya harap situs-situs yang mengandung unsur pornografi.Dunia saja sekarang sudah semakin canggih berarti anak-anak nya juga donk. TERIMA KASIH…

  70. saya setuju dengan pendapat bapak,para generasi muda jaman era sekarang seharusnya tidak menjadi konsumen pengetahuan saja tetapi juga menjadi produsen pengetahuan.dan saya terus terang tidak setuju dengan digantikan TIK menjadi pelajaran lain yang belum ada sarjananya di perguruan tinggi manapun di dunia.atau tidak jangan TIK yg digantikan,karena TIK mengajarkan untuk tidak menyalah gunakan teknologi.Semakin banyak yang paham akan manfaat internet, maka akan semakin banyak yang akan mengarahkan generasi C-Generation untuk mampu memanfaatkan 5K (Konvergensi, Kontekstual, Kolaborasi, Konektivitas, dan Konten kreatif) dengan benar.sebaiknya Generasi muda tidak hanya cerdas OTAK saja, tetapi juga SIKAP.Alangkah indahnya bila para C-Generation itu mampu berinternet secara sehat, menyebarkan berita dengan benar, dan mampu menceritakan pengalaman pengalaman yang mengesankan pada blog blog mereka.

  71. Saya setuju pak.Kenapa pelajaran TIK dihapus dan diganti dengan Prakarya?menurut saya,sebaiknya mata pelajaran TIK jangan dihapus.Karena,pelajaran TIK sangat berguna untuk masyarakat.Kita bisa belajar berkomunikasi lewat TIK.Kita juga bisa mendapat ilmu karena TIK.Jadi,kita tidak hanya belajar di buku saja,tetapi juga melalui TIK.Bayangkan,jika negara kita tidak belajar TIK.Pasti negara ini sangat terbelakang.Pelajaran TIK harusnya dipertahankan.Bukannya dihapus.Justru negara kita perlu pelajaran TIK agar murid-murid bisa memanfaatkan TIK dengan baik,bukan untuk memanfaatkan TIK untuk main game saja,tapi untuk belajar,mencari berita atau informasi,dan lain lain.Saya juga kebanyakan memakai TIK hanya untuk main game saja,tetapi jika ada PR dan ada bagian yang tidak saya mengerti,saya bisa memanfaatkan TIK sebagai sarana untuk mencari jawaban tersebut.

  72. setuju sekali om jay.
    sebagai generasi muda era saat ini, kita tidak bisa hanya menjadi konsumen pengetahuan. berbubahlah dan menjadi produktif pengetahuan. mengapa TIK harus dihapuskan dan diganti dengan pelajaran lain? padahal TIK dapat membangun sikap c-generation menjadi lebih informatif dan tidak menyalah gunakan tekhnologi. internet sangat diperlukan dan beguna untuk pendapatan informasi.Semakin banyak yang paham akan manfaat internet, maka akan semakin banyak yang akan mengarahkan generasi C-Generation untuk mampu memanfaatkan 5K (Konvergensi, Kontekstual, Kolaborasi, Konektivitas, dan Konten kreatif) dengan benar.

  73. saya samgat setuju dengan bapak mengapa mata pelajaran TIK harus dihapus pada kurikulum 2013 padahal tik mempunyai banyak manfaat contohnya:
    1. kita belajar untuk mengetahui cara memanfaatkan teknologi dengan baik
    2. belajar menggunakan beberapa program seperti microsoft word dan microsoft powerpoint
    3. kita belajar tantang sejarah TIk
    4. Belajar ‘menulis’ dan mengungkapkan pendapat dalam bentuk yang canggih dan fleksibel.
    5. berkomunikasi dengan baik, sopan, dan luas dengan sesama.

    Diperlukan peran TIK yang begitu besar dalam proses pembelajarannya sehingga budaya, dan karakter itu berubah menjadi cara-cara ilmiah yang membuat para pendidik atau guru tak bisa lepas dari 5K. Konvergensi, Kontekstual, Kolaborasi, Konektivitas, dan Konten kreatif jelas akan menguasai dunia di abad 21 ini

  74. Pelajaran TIK seharusnya tidak dihilangkan dan diganti dengan pelajaran yang baru, karena kita butuh pelajaran TIK untuk menjadikan teknologi sebagai bahan pembelajaran (seperti blog, website. microsoft, dll) dan TIK juga mengajarkan untuk tidak menyalahgunakan internet. Jika TIK diganti dengan mata pelajaran Prakarya yang bahkan nelum ada sarjananya di perguruan tinggi manapun, maka itu tentu akan sangat merubah kita. Saya harap pelajaran TIK tidak dihilangkan dan tetap menjadi mata pelajaran di Kurikulum 2013

  75. saya setuju pak. knp harus tik yg di hapus dari mapel sekolah sedangkan diganti dgn prakarya, skrng sudah ada seni rupa dll tp blm ada tik seharusnya tik tetap ada karna para remaja sekarang harus mulai belajar ttg teknologi dan bukan hanya remaja saja. tik juga penting buat kalangan masyarakat.Semakin banyak pendidik yang paham akan manfaat internet, maka akan semakin banyak pemandu yang akan mengarahkan generasi C-Generation yaitu Generasi muda yang bukan hanya cerdas OTAK saja, tetapi juga WATAK. pelajaran ini blm tentu ada di stiap sekolah tapi sudah di hapus dari mapel sekolah. orang orang di desa juga harus tau bagaiman cara memamkai teknologi dgn benar danbaik bukan hanya sekedar menggunakan internet untuk mainsaja tapi untuk membantu pembelajaran. -qz

  76. Mengapa tik harus digantikan dengan prakarya. Seharusnya dizaman dengan penuh gadget ini kita harus belajar tik agar tidak ketinggalan jaman dan tidak menyalah gunakan tik dalam kehidupan sehari hari . Belajar tidak lagi di dalam kelas, dan bertatap muka secara langsung, tetapi bisa dimana saja, dan kapan saja. Di sinilah diperlukan pendidikan budaya dan karakter. Dengan begitu etika atau budi pekerti tetap terjaga. Semakin banyak pendidik yang paham akan manfaat internet, maka akan semakin banyak pemandu yang akan mengarahkan generasi C-Generation untuk mampu memanfaatkan 5K. semoga saja komentar saya bisa membuat tik tidak di hapus dari kurikulum 2013… amin .

  77. Saya sangat sejutu dengan artikel di atas karena, memang mata pelajaran TIK dibutuhkan bagi anak sekolah apalagi dalam hal pengetahuan ilmu komputer dan para murid bisa tau bagaimana perkembangan TIK pada zaman globalisasi ini.kenapa mata pelajaran ini harus dihapuskan dan diganti prakarya?? Sebaiknya TIK tidak dihapus karena dengan TIK kita bisa belajar lebih banyak tentang komputer dan internet.tapi kenapa di kurikulum 2013 ini mata pelajaran TIK akan dihapusan, bener kata omjay “mata pelajaran baru yang belum ada sarjananya di perguruan tinggi manapun di dunia.” Dari sudut pandang saya, tindakan untuk menghapus TIK dengan Prakarya adalah tindakan yang fatal dalam C- Generation ini, karena dalam generasi ini, teknologi akan berkembang dengan sangat cepat, tetapi Prakarya akan selalu tetap sama.

  78. saya setuju dengan om Jay…..
    pada abad 21 ini, kehidupan manusia pasti bergantung kepada teknologi. teknologi memang banyak manfaat nya, seperti memudahkan kita belajar lewat internet, memberi kita pengetahuan tentang teknologi yang sedang berkembang, ‘berbicara’ lewat facebook atau line dll,bisa mengetik artikel tanpa capek2 menulisnya memakai tangan,dll. tetapi teknologi ini juga ada buruknya, seperti munculnya penjahat yang bisa hack komputer kita, kita lebih sering memainkan gadget daripada berbicara langsung, kita lebih menutup diri. saya sangat mendukung bahwa pada kurikulum 2013 ini mengadakan yang namanya pelajaran TIK. karena dengan TIK kita bisa lebih mengenal teknologi lebih jelas dan lebih benar. Tetapi yang susah menurut saya adalah membuat pelajaran TIK ini tidak membosankan. karena pelajaran TIK ada yang cuman membaca artikel, membuat teks, dll. Itu adalah tantangan untuk C-generation untuk membuat pelajaran TIK lebih menarik dari sebelumnya.

    wass….

  79. Seiring waktu zaman teknologi semakin canggih. Dan memang setiap murid sebaiknya mendapatkan pengetahuan terhadap teknologi yang sudah semakin canggih. Memang teknologi dapat memberikan dampak buruk kepada siswa, namun guru maupun orang tua dapat membimbing siswa-siswi tersebut kepada manfaat yang ada dalam teknologi sekarang. Menurut saya, jika teknologi sekarang dapat dimanfaatkan oleh setiap siswa-siswi maupun seluruh rakyat Indonesia, bukan tidak mungkin negara Indonesia menjadi negara maju dan menciptakan generasi-generasi yang cemerlang dan mampu mengalahkan negara-negara maju yang lainnya seperti Amerika dan Jerman. Dan teknologi juga dapat meningkatkan ekonomi rakyat Indonesia yang mengakibatkan bertambahnya kesejahteraan rakyat Indonesia.

  80. ya, saya setuju. seharusnya, pelajaran tik tidak diganti dengan pelajaran lain seperti prakarya. pelajaran prakarya mirip dengan seni budaya sementara tik itu cuma satu, gaada yang lain, gaada yang mirip juga. TIK itu sangat berguna untuk pelajar. selain bisa untuk ‘mengkonsumsi’ pelajaran, pelajar juga bisa ‘memproduksi’ pelajaran. apalagi, saat ini Generasi muda yang bukan hanya cerdas OTAK saja, tetapi juga WATAK sehingga membutuhkan pelajaran tik. Guru berperan penting dalam pembelajaran tik ini. Dibutuhkan banyak guru untuk pelajaran ini. juga, pelajaran ini diperlukan juga banyak praktek. tidak perlu banyak pelajaran yang tidak praktek. Intinya, tik tidak perlu digantikan dengan pelajaran lain.

  81. Menurut saya apa yang bapak katakana memang benar. Kita sebagai generasi muda tidak boleh hanya CERDAS di otak saja, tetapi juga harus memiliki WATAK. Kita memerlukan WATAK agar kita memiliki budi pekerti dan selalu hormat kepada guru. Sayang sekali pengajar dan pendidik yang belum melek TIK. Padahan generasi muda membutuhkan banyak PEMANDu agar kita tidak meninggalkan budaya dan karakter bangsa. Contohnya seperti berpikir terlebih dahulu sebelum memposting sesuatu agar tidak menyakiti orang lain. Dan kita sebagai c-generation tidak boleh gaptek dan harus segera menyesuaikan diri dengan zaman. Sayang sekali pengajar dan pendidik yang belum melek TIK. Walaupun kita berada di zaman yang maju teknologi dan tidak boleh gaptek, kita tetap tidak boleh terlalu sering bermain gadget dan harus tetap belajar. Itu saja yang saya bisa tanggapi dari artikel ini.

  82. saya setuju, karena jika kita bisa menerapkan C-Generation, akan sangat berguna untuk negara ini dan akan berdampak bagi kita di masa yang akan datang nanti. karena jika kita belajar lewat TIK, semua informasi akan dengan mudah didapatkannya juga tidak melulu kita mencari informasi dari buku, toh, internet juga sudah tersedia. guru juga saya masih menemukan yang mengajar TIK hanya dengan lewat buku dan tidak menyalurkan ilmu yang ada di dalam buku ke komputer. saya juga menemukan guru yang mengajar TIK yang hanya memberi materi yang itu-itu saja, padahal murid sudah mengerti setiap sudut-sudut dari materi itu. saya salut dengan guru TIK yang mengajarkan muridnya materi TIK yang tidak membosankan.

  83. saya sangat setuju dengan omjay. Peranan TIK sangatlah penting. Namun, kenapa pelajaran TIK harus di ganti prakarya? jujur, TIK jauh lebih penting dari prakarya. kenapa? TIK memiliki dampak yang sangat baik untuk negara. jika TIK di teruskan, kita bisa terus mengembangkan generasi C-generation. c- generation sangatlah penting untuk negara indonesia. lagipula, TIK juga sangat asik. kita bisa belajar sambil bermain juga. dengan adanya pelajaran TIK generasi muda indonesia bisa lebih canggih dalam mengakses teknologi berupa komputer. generasi muda juga bisa mengakses komputer dengan baik dan benar. jadi ada baiknya kita mempertahankann perlajaran TIK di kurikulum 2013. manfaat TIK bagi pelajar sangat banyak dan jika kita mengerti cara menggunakan komputer dengan baik, kita bisa memanfaatkan teknologi dengan benar.

  84. pelajaran tik sepertinya dibutuhkan seiring bertambah waktu mungkin informasi dan teknologi pun semakin bertambah dan berkembang dari sanalah kita harus belajar tik terus menerus karena teknologi semakin berkembang, gak mau kan indonesia ketinggalan segala ilmu perteknologi an ? maka dari itu kita harus menguasai bidang pengetahuan dan juga tentang teknologi kita harus menguasai dua duanya gabisa satu pihak aja karena kita juga butuh pelajaran itu untuk masa depan nantinya. tidak hanya cerdas otak kita kita harus berwatak baik untuk masa depanny. Pemandu juga sebaiknya mengajarkan 5K (Konvergensi, Kontekstual, Kolaborasi, Konektivitas, dan Konten kreatif). TIK mengajarkan untuk tidak menyalah gunakan teknologi.Semakin banyak yang paham akan manfaat internet, maka akan semakin banyak yang akan mengarahkan generasi C-Generation untuk mampu memanfaatkan 5K

  85. Saya tidak setuju dengan penghapusan mata pelajaran TIK. TIK sangat penting untuk dipelajari karena pada masa depan ilmu TIK sangat berguna bagi Generasi Indonesia, karena itulah kita tidak bisa dengan mudahnya menghapus pelajaran TIK. Sebenarnya, seharusnya pembelajaran TIK di Indonesia harus ditingkatkan karena Indonesia tertinggal jauh dari negara seperti: China, Inggris,Amerika,dll dalam bidang teknologi. jika kalah dalam bidang teknologi, bagaimana bisa indonesia menjadi negara adidaya dimasa depan? caranya adalah dengan membimbing C-Generation untuk menjadi ahli di bidang teknologi ataupun TIK. murid murid juga harus menggunakan teknologi secara positif dan tidak menggunakannya dengan tujuan negatif. dengan itu TIK bisa digunakan untuk mendidik insan berkarakter.
    Terima Kasih

  86. setuju omjay. pelajaran TIK merupakan pelajaran yang penting. Kemajuan teknologi di dunia sangat cepat dan Indonesia termasuk negara yang ketinggalan. saat ada pelajaran TIK saja ketinggalan bagaimana kalau tidak ada? Indonesia pasti menjadi negara yang terbelakang. Mengapa? karena TIK memiliki bidang penting dalam kemajuan bangsa. sebagai c-generation kita dapat menggunakan internet dengan sehat.Tidak hanya otak sikap juga mengambil peran penting. dan mengapa TIK dihapuskan dan malah diganti dengan prakarya. Prakarya dan TIK sama sekali berhubungan. TIK memiliki banyak keuntungan dan mengapa dihapus. Dengan hal itu kita bisa mengatahui apa yang terjadi di negara lain yang sangat jauh dengan cepat. dan dapat memudahkan perkebangan ekonomi dan politik negara kita . Bagaimana jika penerus bangsa Indonesia tidak diajarkan TIK ????

  87. Saya sangat setuju dengan om jay alian pak wijaya perkembangan masa memang membuat generasi Indonesia sudah mengenal teknologi tik namun banyak saja yang salah mengunakan teknologi tik ini banyak yang menggunakan teknologi tik untuk membaca atau melihat video yang tidak sepantasnya dilihat oleh anak di bawah ummur (sexual).

    Budaya adalah hasil karsa, dan karya manusia yang dapat dinikmati dan dihargai. Oleh karena itu pendidikan budaya dan karakter harus diberikan kepada para generasi muda yang telah melek Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Generasi muda yang bukan hanya cerdas otak saja, tetapi juga watak. Generasi ini biasa disebut c-generation. Mereka memerlukan banyak banyak pemandu atau guru TIK agar mampu menjadi pemain di bidang TIK.

    Dan saya sangat setuju dengan apa yang om jay ketik salah satunya (Para C-Generation itu harus diarahkan bukan hanya sebagai bangsa penikmat teknologi, tetapi harus mampu kita arahkan untuk menjadi produsen pengetahuan) semoga para c genertation anak muncul di tanah air tercinta indonesia

  88. Saya setuju, pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangatlah penting untuk memajukan bangsa Indonesia tercinta ini. TIK mengajarkan kami para siswa SMP yang masih polos dan tidak tahu apa-apa ini cara yang baik dalam menggunakan media komunikasi dan teknologi modern khususnya komputer yang semakin lama semakin berkembang tanpa hentinya.Kami tidak bisa hanya belajar dari diri kami sendiri, kami butuh bantuan dan bimbingan dari orang-orang yang memang sudah berpengalaman dan profesional dalam bidang TIK.TIK adalah mata pelajaran yang paling bermanfaat untuk membangun dan membentuk karakter kita.Hanya mata pelajaran TIK lah yang bisa membantu kami, para c-generation menjadi produsen pengetahuan yang membantu seluruh masyarakat Indonesia. Tanpa TIK, kita akan tetap menjadi penikmat pengetahuan teknologi yang tak bisa apa-apa.Karena itu, mari kita dukung TIK dari kepunahannya. HIDUP TIK!!

  89. Saya setuju dengan pendapat om jay, mengapa mata pelajaran TIK yang penting dihapus?, padahal TIK sangat penting, kita dapat belajar dengan TIK. Jika di Indonesia tidak ada mata pelajaran TIK, bisa saja kita jadi negara terbelakang, karena di abad ini, TIK sangat penting, dan perkembangan nya pun sangat cepat. Kita, C-Generation lahir di zaman DIGITAL, jadi kita harus menyesuaikan nya. Pemanfaat Internet juga harus benar. seperti, menjadi guru yang produsen, internet juga dapat menghasilkan hal yang cocok untuk kita, tapi sebagai pengguna, kita harus menggunakan Internet dengan baik, jangan sampai kecanduan.

    Dengan TIK, siswa-siswa dapat belajar dengan cara yang MENYENANGKAN, dapat melatih kreatifirtas kita. Dengan TIK kita tidak hanya melatih otak saja, tapi melatih watak juga, seperti melatih kejujuran, dan sebagainya. Tapi kita juga harus waspada dengan sisi internet yang tidak baik, seperti pornografi dan sebagainya.

    Tapi, banyak sekolah yang walaupun ada pelajaran TIK, tapi hanya belajar teori, dan tidak praktek, dengan itu kita juga tetap akan kalah dengan negara lain

    mantab omjay 🙂

  90. saya setuju dengan bapak, karena suatu saat teknologi akan membantu kita dan kita harus siap cara memakai nya karena itu maka pelajaran TIK tidak boleh di hilangkan. kita juga harus mengarahkan para C-Generation untuk menjadi lebih baik yaitu dengan cara menjadikan mereka Produsen Pengetahuan, berinternet lebih sehat, menyeberkan cerita dengan benar dan lebihb sering ngeblog. lagian apa untungnya belajar prakarya, ya palingan menjadi lebih mengenal tradisional, tetapi kita sedang di zaman mdern, kita harus belajar TIK jika kita mau beradaptasi dengan zaman sekarang. dan saya lebih memilih komputer daripada membuat seperti orang tradisional. teknologi sekarang makin ke depan makin berkembang makanya kita harus belajar jika tidak mau ketinggalan.

  91. Saya Setuju dengan Om Jay. Kenapa TIK harus diganti? Apalagi sama mapel yang belum ada sarjananya. lagian, TIK itu menurut saya penting. Kalau tidak ada TIK, nanti generasi muda zaman sekarang tidak bisa berkomunikasi dengan baik. Karena bukan otak saja yang cerdas, kemampuan berkomunikasi pun juga harus cerdas. Kalau tidak cerdas dalam berkomunikasi, otak cerdas pun percuma. Karena ilmu-nya tidak bisa di sebarkan dengan baik. Pelajaran TIK juga membuat siswa-siswi menjadi lebih sopan, mereka akan berpikir dua kali sebelum mem-posting sebuah blog/artikel jika di ajari TIK dengan benar.

    Jika pelajaran TIK dihapus dan murid-murid tidak mendapat pelajaran tentang TIK, maka generasi kita tidqak akan mampu menghadapi teknologi masa depan dan akan tertinggal

  92. saya sangat tidak setuju dengan kurikulum 2013 yang menghapuskan mata pelajaran TIK. karena sudah terlihat dengan sangat jelas pelajaran ini sangat diperlukan oleh generasi muda bangsa (C-Generation) saat ini. TIK memiliki peran yang sangat besar bagi generasi bangsa. saya meras C-Generation ini juga harus mengetahui perkembangan TIK dan turut menjadi produsen kedepannya, tidak hanya menjadi konsumen dari teknologi yang ada. pelajaran ini harus ada agar tidak terjadi penyalahgunaan di bidang teknologi. saat ini ilmu pengetahuan sangat penting bagi bangsa, dari teknologi yabg ada, masyarakat bisa mencari informasi dengan sangat mudah, terutama internet. tetapi, di balik segala manfaat yang ada, internet ini bisa disalahgunakan. untuk itu pelajaran ini sangat penting supaya kita tiidak menyalahgunakan teknologi kedepannya. banyak juga blog yang berisi pengetahuan dan pengalaman mengesankan, atau bahkan karya karya sastra yang mereka buat sendiri. oleh karena itu, teknologi ini juga bisa dipergunakan untuk menuangkan ide dan kreatiftas kita secara positif dan berguna bagi banyak orang.

  93. Saya setuju dengan om jay,

    DiDunia bahkan di Indonesia sudah banyak orang pintar namun, yang berwatak baik itu jarang dengan adanya artikel ini orang – orang bisa terbuka pikirannya bahwa tak hanya pintar namun berwatak dan berkarakter baik itu penting. Saya mau tanya kenapa pelajaran TIK harus di hapus dan digantikan dengan prakarya?
    Padahal pelajaran TIK merupakan media siswa unuk mengenal teknologi informasi. Bahkan tak hanya mengenal. Namun juga mengelola, mempelajari, dan menemukan inovasi baru. Dan juga prakarya merupakan pelajaran yang hampir mirip dengan seni budaya. Bila TIK di hapuskan bagaiman bangsa ini mau menjadi produsen teknologi. Bagiman C-generation meu membuat invasi yang tak terbayangkan ooleh dunia. Saya berharap Pelajarn TIK tak di hapus agar Siswa bisa mempelajari TIK lagi

  94. saya setuju dengan om Jay, Kenapa pelajaran TIK harus dihilangkan dan kenapa digantikan menjadi pelajaran prakarya ? mata pelajaran prakarya itu sudah kayak mata pelajaran seni budaya, kalau mata pelajaran TIK itu mengenal teknologi dan komunikasi. saya sarankan, mata pelajaran TIK jangan dihapus. bahkan mata pelajaran prakarya belom ada sarjananya di perguruan tinggi mana pun. Karena pada masa era ini, generasi muda masa ini harus mengenal teknologi dan komunikasi. kalau semakin banyak mengenal internet, maka akan semakin banyak mengarak ke generasi muda untuk mampu memanfaatkan 5K. generasi muda tidak hanya cerdas OTAK, tetapi juga SIKAP.

  95. Saya setuju dengan pendapat bapak bahwa kita tidak hanya menjadi pengguna internet saja, tetapi harus menjadi produsen yang menghasilkan sesuatu bermanfaat dan berpendidikan. Terlebih lagi, pada kurikulum 2013 yang digunakan kali ini akan menghapuskan mata pelajaran TIK. Padahal kita semua membutuhkan pembelajaran ini agar kita tak hanya menjadi pengguna internet saja. Selain itu, guru-guru pastinya akan merasa lebih mudah mengajari anak-anak melalui blog dan semacamnya di era teknologi yang sudah maju ini. Kita sebagai penerus bangsa harus bisa mempelajari dan menggunakan teknologi agar negara kita tak mudah dikuasai negara lain.

  96. saya setuju dengan omjay,karena pelajaran TIK sangat penting. tapi kenapa malah diganti dengan pelajaran prakarya? kalau kita tidak belajar TIK indonesia bisa ketinggalan jaman. karena perkembangan TIK sangat cepat. karena TIK sangat di butuhkan untuk kebutuhan sehari-hari. semakin banyak yang paham akan manfaat internet, maka akan semakin banyak yang akan mengarahkan. untuk mampu memanfaatkan 5K

  97. benar, pak menurut saya TIK itu penting. Karena, negara kita harus maju dalam bidang akademik maupun teknologi. TIK pun juga meningkatkan kebutuhan ekonomi kita. prakarya pun juga sangat berguna untuk membantu keterampilan, memasak, dsb. TIK juga harus diajarkan dengan cara yang asik agar para murid tidak bosan belajar TIK. menurut saya, TIK bukan hanya praktek, tetapi juga harus mencari informasi dari internet. Kita sebagai C-Generation bukan hanya sekedar cerdas OTAK saja, maupun juga WATAK. Dalam melakukan penelitian, TIK pun juga diperlukan sebagai alat bantu penelitian dan membuat penelitian menjadi lebih cepat, lebih mudah. JAdi, seharusnya pemerintah tidak menghapuskan pelajaran TIK. karena TIK juga ternyata berguna sekali bagi C-Generation. Saya sangat mendukung agar TIK kembali ke kurikulum 2013!

  98. dua-duanya penting, tetapi kita harus lebih mendalami tik karena dunia maya sangat besar dan berbahaya. tentu prakarya memang berguna untuk perabotan, membuat makanan, dll. tetapi yang lebih sering kita gunakan dan pakai adalah komputer. tetapi, apakah mata kita menjadi sehat karena melihat layar monitor komputer sepanjang hari? menurut saya mereka berdua sama untungnya dan sama ruginya. TIK bukan hanya untung untuk masa depan tetapi menyenangkan buat murid murid yang menggunakan medsos saat waktu bebas. saya setuju tentang ini. semoga ini akan lebih menyadarkan sekolah sekolah indonesia bahwa pelajaran tik memang penting. dan semoga blog ini akan sukses yang akan dikenal oleh seluruh nusantara.

  99. saya tidak setuju apabila TIK di hapus dan di gantikan dengan prakarya. kalo emang udah ada seni budaya, kenapa mesti ada prakarya lagi? lagi pula pelajaran nya sama aja kan.Prakarya tuh biasanya paling cuma masak, bikin kerajinan tangan ya pokok nya berbau tentang seni seni gitu deh. Sama persis kayak pelajaran seni budaya. TIK itu sangat penting buat siswa. Kalo TIK di apus, mungkin siswa siswa bisa stres karna tiap hari harus baca buku. TIK mempunyai manfaat lebih banyak di bandingkan prakarya. Manfaat TIK contoh nya; dapat membangkit kan semangat anak dalam belajar buku digital, belajar menulis dengan sopan, berkomunikasi dengan baik, kita juga bisa mengetahui cara memakai komputer dengan baikk. ya pokoknya lebih banyak manfaat TIK deh di bandingkan prakarya

  100. Saya setuju dengan Bapak, C-Generation atau disebut juga Generasi muda yang bukan hanya cerdas otak saja, tetapi juga watak mempunyai potensi yang besar tetapi memerlukan banyak pemandu. Sebenarnya Indonesia mempunyai banyak potensi tetapi mereka hanya menjadi konsumen. TIK sebenarnya telah memecahkan masalah ini dengan mengantarkan pendidikan kepada C-Generation. Tetapi, kurikulum 2013 telah menghapuskan pelajaran ini. Dengan hilangnya TIK, kita harus menyadarkan diri untuk tidak hanya menjadi konsumen, tetapi menjadi produsen juga. kita harus membantu C-Generation menjadi pembentuk dunia dengan cara berinternet secara sehat, menyebarkan berita dengan benar, dan mampu menceritakan pengalamannya yang mengesankan dalam blog-blog mereka. Marilah kita membentuk masa depan.

  101. saya setuju dengan pendapat omjay karena pelajaran TIK sangat penting sekali dalam kehidupan kita dan pelajaran TIK tidak seharusnya dihapus dan digantikan dengan pelajaran yang tidak penting. memang sekarang teknologi sudah banyak dan disalah gunakan sebagai hal-hal yang seharusnya tidak boleh, tetapi TIK mengajarkan kita untuk hal-hal yang positif seperti menggunakkan internet sebagai sarana belajar,membuat presentasi untuk melatih kita agar pro dalam teknologi,mengajarkan kita untuk menghindari hal-hal negatif,dll. seperti kata dr onno w. purbo guru harus menjadi produsen dan guru harus menghasilkan sesuatu

  102. saya setuju dengan pendapat omjay ,para generasi muda zaman sekarang jarang yang mengenal pajaran tik(teknologi informasi dan informasi).saya setuju dengan C-Generation kita tak hanya pintar otak saja tetapi juga watak.seharusnya kurikulum 2013 mengarahkan ke C-Generation untuk mampu memaanfaatkan 5k (konvergensi ,konteksual,kolaborasi ,konektivitas dan konten kreatif).sekarang saya jadi tau TIK bukan lagi kependekan dari “teknologi informasi dan komunikasi ” tetepi menjadi “tampak indah karakter.ternyata tik lebih penting daripada perlajaran prakarya.memang mata perlajaran tik sangat dibutuhkan anak-anak indonesia ,karena anak zaman sekrang belom terlalu mengenal perlajaran tik secara lengkap.banyak anak-anak indonesia menggunakan komputer bukan untuk mencari hal-hal yang / informasi tetapi buat nonton yang enggak-enggak .Itulah penting perlajaran tik .

  103. saya setuju dengan omjay, sebaiknya pelajaran TIK tidak perlu diubah menjadi Prakarya karena generasi muda kita ini butuh Pelajaran yang membimbing Teknologi dan komunikasi. sedangkan prakarya ini pelajaran baru dan materinya pun tidak beda jauh dengan Senibudaya sedangkan TIK tidak memiliki pelajaran yang menyerupainya karena itu pelajaran TIK tidak seharusnya dihapuskan tapi kalau bisa dikembangkan menjadi lebih baik. dengan mempelajari TIK kita dapat mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dan wawasan, mungkin saja generasi muda kita bisa mengalahkan bangsa lain di bidang Teknologi, tetapi karena digantinya menjadi prakarya maka kemungkinan itu semangkin mengecil. saya berharap pelajaran TIK ini dapat kembali dan menggantikan Prakarya.

  104. pelajaran TIK memang sangat diperlukan bagi setiap pelajar. Kita sebagai penerus bangsa bukan hanya pintar di otak namun juga harus baik wataknya, biasanya disebut C- Generation. Seiring waktu berjalan teknologi semakin berkembang, di situlah guru TIK berperan penting. Peran guru TIK adalah mencerdaskan tingkah laku para siswa-siswi di sosial media, supaya para siswa-sisiwi tidak mempost sembarangan.Mereka yang belajar TIK mampu membuat alat-alat TIK sebagai sumber pelajaran. Masa sekarang mulai dikenal dengan digital native. Karena proses belajar-mengajar sekarang sudah tidak dengan cara konvensional. Sekarang mereka sudah menggunakan web 3.0, yang dapat diakses dimana saja, kapan saja. Kita harus belajar teknologi dari orang yang berpengetauan.

  105. pelajaran TIK memang sangat diperlukan bagi setiap pelajar. Kita sebagai penerus bangsa bukan hanya pintar di otak namun juga harus baik wataknya, biasanya disebut C- Generation. Seiring waktu berjalan teknologi semakin berkembang, di situlah guru TIK berperan penting. Peran guru TIK adalah mencerdaskan tingkah laku para siswa-siswi di sosial media, supaya para siswa-sisiwi tidak mempost sembarangan.Mereka yang belajar TIK mampu membuat alat-alat TIK sebagai sumber pelajaran. Masa sekarang mulai dikenal dengan digital native. Karena proses belajar-mengajar sekarang sudah tidak dengan cara konvensional. Sekarang mereka sudah menggunakan web 3.0, yang dapat diakses dimana saja, kapan saja. Kita harus belajar teknologi dari orang/ masyarakat yang berpengetauan.

  106. Dalam menerapkan pendidikan budaya dan karakter melalui TIK harus dipikirkan benar dampak positif, dan negatifnya. Sebab perkembangan TIK selalu bermata dua. Di satu sisi menguntungkan, dan sisi yang lain merugikan. Para guru harus mampu memberikan materinya dengan cara-cara interaktif, dan membuat para peserta didiknya menjadi kreatif. Pembelajaranpun menjadi menyenangkan. Mereka digiring bukan hanya sebatas mencari dan memperoleh informasi, tetapi juga mampu menciptakan informasi di internet.

    Mereka harus diarahkan untuk mampu menjadi produsen pengetahuan, dan bukan hanya menjadi konsumen pengetahuan saja. Gurupun tak terlalu dominan di kelas karena pembelajaran berpusat pada siswa. Guru lebih sering sebagai fasilitator dan motivator pembelajaran.

  107. Dalam menerapkan pendidikan budaya dan karakter melalui TIK harus dipikirkan benar dampak positif, dan negatifnya. Sebab perkembangan TIK selalu bermata dua. Di satu sisi menguntungkan, dan sisi yang lain merugikan. Para guru harus mampu memberikan materinya dengan cara-cara interaktif, dan membuat para peserta didiknya menjadi kreatif. Pembelajaranpun menjadi menyenangkan. Mereka digiring bukan hanya sebatas mencari dan memperoleh informasi, tetapi juga mampu menciptakan informasi di internet.

    Mereka harus diarahkan untuk mampu menjadi produsen pengetahuan, dan bukan hanya menjadi konsumen pengetahuan saja. Gurupun tak terlalu dominan di kelas karena pembelajaran berpusat pada siswa. Guru lebih sering sebagai fasilitator dan motivator pembelajaran.

  108. Betul sekali Om Jay. Pendidikan TIK sangat diperlukan karena di masa yang mendatang tentu kita sudah tidak menggunakan buku tulis, pensil, atau bahkan kertas sama sekali. Sungguh konyol orang-orang yang menghilangkan pelajaran TIK, dan ironisnya, kadang mereka tak tahu suatu fitur di smart phonenya. Itulah salah satu manfaat pendidikan TIK bagi kita semua, tidak akan hanya bermanfaat di dunia kerja nanti, namun TIK juga lebih bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. Jangan hilangkan TIK. Negara lain maju karena teknologinya juga yang maju, sementara Negara kita disitu-situ saja akibat informasi dan tingkat intelijen kita yang dibawah Negara maju. Kembalikan TIK untuk membangkitkan Negara!

  109. saya setuju dengan pendapat omjay,mata pelajaran tekonologi infornasi dan komunikasi atau TIK seharusnya memang tidak dihapus dari kurikulumm karena sebenarnya pelajaran TIK juga bermanfaat bagi kita sendiri yaitu sebagai sumber infomasi dan juga beguna untuk negara karena bisa menunjukkan kalau indonesia adalah negara berkembang yang tidak ketinggalan perkembangan teknologi dunia,walaupun kadang karenam perkembangan teknologi yang sangat cepat dapat berakibat negativ bagi penggunanya,jadi selama penggunaannya dikontrol dengan baik untuk hal-hal baik spt: mencari informasi terbaru dll itu sangat membantu?berguna bagi penggunannya

  110. Setuju pak seharusnya Tik tetap dipertahankan, tidak dihilangkan karena TIK berperan penting kepada Abad 21 jika TIK dihilangkan dari Indonesia, Indonesia akan tertinggal jauh di bidang TIK dari negara negara lain. Peran Tik juga penting dalam mendidik anak dalam masa globalisasi ini. Tik juga sangat bermanfaat dalam pembelajaran karena saat ini sudah banyak E-Book, meskipun internet bisa berbahaya bagi anak anak yang tidak mngetahui dengan benar,tetapi Dampak positif nya juga banyak sekali.

  111. Tentang pertukaran pelajaran TIK dengan prakarya ini membuat saya setuju dengan apa yang dituliskan Om Jay. Pelajaran TIK tidak boleh dihilangkan ataupun diganti dengan pelajaran prakarya karena kedua pelajaran tersebut membahas tentang hal yang cukup berbeda. Seharusnya di kurikulum 2013 ini, pelajaran TIK tidak dihilangkan. Malah, pelajaran TIK sebaiknya dikembangkan. Karena masih banyak siswa-siswi yang masih buta dengan penggunaan teknologi informasi dengan baik, benar, dan secara bermanfaat. Dengan adanya pelajaran TIK ini, seharusnya semua murid bisa berkarya dengan menciptakan blog, page, ataupun karya-karya lainnya yang bisa memperluas ilmu siswa-siswi lainnya di bidang TIK. Pelajaran prakarya tidak terlalu membahas tentang pentingnya komputer dan teknologi informasi. Pelajaran prakarya berbeda dengan pelajaran TIK sehingga jika pelajaran TIK diganti dengan prakarya, maka fungsinya pun juga akan berbeda. Mungkin itu saja yang dapat saya katakan. Sekian.

  112. Saya sangat setuju dengan pendapat Omjay,seharusnya pelajaran TIK tidak ditinggalkan karena TIK juga penting bagi kehidupan. Murid-murid sekarang tidak bisa lepas dari gadget mereka masing-masing,jadi dengan belajar TIK,anak-anak tidak gaptek lagi. Selain itu,TIK juga penting bagi negara untuk mendapatkan berbagai informasi dari berbagai belahan dunia,selain itu juga bisa menunjukan Indonesia sebagai negara maju karena sudah menggunakan teknologi yang maju.

  113. Dalam menerapkan pendidikan budaya dan karakter melalui TIK harus dipikirkan benar dampak positif atau negatif sebab perkembangan TIK selalu bermata 2. disatu sisi menguntungkan dan sisi yg lain merugikan.Para guru harus mampu memberikan materinya dengan cara interaktif dan membuat muridnya menjadi kreatif.pembelajaranpun menjadi menyenangkan mereka ingin dibantu bukan hanya sebatas mencari dan memperoleh informasi tetapi juga mampumenciptakan informasi di internet

  114. saya tidak setuju apabila TIK di hapus dan di gantikan dengan prakarya. kalo emang udah ada seni budaya, kenapa mesti ada prakarya lagi? lagi pula pelajaran nya sama aja kan.Prakarya tuh biasanya paling cuma masak, bikin kerajinan tangan ya pokok nya berbau tentang seni seni gitu deh. Sama persis kayak pelajaran seni budaya. TIK itu sangat penting buat siswa. Kalo TIK di apus, mungkin siswa siswa bisa stres karna tiap hari harus baca buku. TIK mempunyai manfaat lebih banyak di bandingkan prakarya. Manfaat TIK contoh nya; dapat membangkit kan semangat anak dalam belajar buku digital, belajar menulis dengan sopan, berkomunikasi dengan baik, kita juga bisa mengetahui cara memakai komputer dengan baikk. ya pokoknya lebih banyak manfaat TIK deh di bandingkan prakarya

  115. menurut saya mata pelajaran TIK sangat penting bagi anak-anak penerus bangsa,menurut saya mata pelajaran TIK harus diadakan lagi karena sangat penting bagi anak anak penerus bangsa justru mata pelajaran prakarya tidak terlalu penting.anak anak sekarang membutuhkan mata pelajaran TIK daripada prakarya .segeralah kembalikan mata pelajaran TIK bagi anak anak sekolah

  116. Jadi menurut saya sebenarnya untuk membentuk C-generation perlu adanya pelajaran TIK yang dapat membentuk moral anak-anak.Seiring waktu berjalan teknologi semakin berkembang, di situlah guru TIK berperan penting. Peran guru TIK adalah mencerdaskan tingkah laku para siswa-siswi di sosial media, supaya para siswa-sisiwi tidak mempost sembarangan.Mereka yang belajar TIK mampu membuat alat-alat TIK sebagai sumber pelajaran. Masa sekarang mulai dikenal dengan digital native.jadi pelajaran TIK sangat penting.

  117. saya setuju dgn omjayyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy kenapa tik hrs dihapus padahal sgt penting untuk mendidik anak anak indonesia ke kehidupan yg lebih maju (anjas), pelajaran tik emg sgt diperlukan bagi setiap pelajar pelajar indonesia, kita sebagai penerus harus tau tik itu apa karena sangat penting untuk kedepannya, untuk indonesia yg lebih maju, merdeka bersatu berdaulat adil dan makmur (jha),dan saya setuju dgn c generation kita bukan cuma pintar di otak tapi juga wataknya

  118. saya setuju dgn omjayyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy kenapa tik hrs dihapus padahal sgt penting untuk mendidik anak anak indonesia ke kehidupan yg lebih maju (anjas), pelajaran tik emg sgt diperlukan bagi setiap pelajar pelajar indonesia, kita sebagai penerus harus tau tik itu apa karena sangat penting untuk kedepannya, untuk indonesia yg lebih maju, merdeka bersatu berdaulat adil dan makmur (jha),dan saya setuju dgn c generation kita bukan cuma pintar di otak tapi juga wataknya
    (tadi lupa kelasnya)

  119. setuju pak.kenapa sih pelajaran TIK harus diilangin?kan padahal negara kita masih sanga ketinggalan dalam bidang TIK?apa kita nggak malu kita masih ketinggalan?malah diganti sama pelajaran yg gaada pelajaran yg gaada hubungannya sama TIK yaitu prakarya.Padahal masih ada senibudaya yg basically hampir sama juga materinya.Juga kalau menurut kalian pelajaran TIK itu membosdanakn,buang jauh-jauh pikiran kaya gitu.TIK juga bermanfaat buat kita.Pikirannya jangan “ih tik pelajarannya paling cuma negtik,powerpoint gitu-gitu aja” janagn dipikirin gitu.TIK itu kalau menurut saya jauh lebih bermanfaat daripada prakarya.Dalam TIK,kita jadi bisa taulebih jauh tentang teknologi disekitar kita serta sejarahnya.Jadi saya sangat setuju dengan artikel ini.

  120. Saya sangat setuju pak. Sebenarnya,TIK sangat membantu kita dalam belajar tentang teknologi. sekarang saja sudah zamannya teknologi, tapi kenapa TIK dihapus?. Padahal TIK adalah pelajaran yang modern dan berkembang. TIK dapat membantu kita dalam berkembang di zaman yang modern ini. Mungkin ada beberapa murid yang tidak menyukai TIK, PADAHAL TIK sangat bermanfaat!. menurut saya TIK lebih baik daripada prakarya. Kenapa harus TIK yang diganti dengan prakarya?!,Padahal TIK adalah pelajaran zaman modern yang dapat membantu kita dalam berkembang di zaman ini.

    Sekian dari saya, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan.
    wassalamualaikum wr. wb.

  121. setuju deh sama omjay, pendidikan TIK(Teknologi Informasi Komunikasi) memang sangat penting bagi kita. apalagi teknologi semakin canggih dan disitulah guru TIK berperan. Peran guru TIK adalah membantu dan mencerdaskan tingkah laku anak-anak dalam bermain socialmedia agar tidak terjerumus di jalan yang sesat hehe:)mengajar TIK juga harus meng-asikan kalau tidak,anak-anak menjadi mudah bosan karena menurut saya TIK bukan hanya belajar praktek doang tapi bisa dengan kegiatan yang lain. kita sebagain C-generation bukan hanya cerdas otak saja tapi juga watak wess. TIK juga sangat membantu dari bagian penelitian jadi tidak seharusnya pemerintah menghapuskan pelajaran TIK karena anak jaman sekarang belum mengenal TIK dengan benar. jadi saya kurang setuju bila pelajaran TIK di ganti dengan prakarya.

  122. Saya setuju tentang artikel ini, seharusnya anak-anak Indonesia diberikan pelajaran TIK agar bisa menggunakan komputer di era globalisasi, sebenarnya pelajaran prakarya bisa di barengi dengan pelajaran seni budaya dan keterampilan tidak harus menjadi satu pelajaran yang berakibat harus dihilangkannya pelajaran TIK,menurut saya adanya pelajaran TIK dapat membuat siswa menggunakan computer dan teknologi digital lainnya dengan bijak dan dapat membuat siswa tidak ketinggalan informasi penting atau kejadian yang sedang terjadi di luar sana, peranan guru TIK sangatlah membantu para siswa agar dapat mengontrol para siswa untuk tidak memberikan komentar yang bersifat negative. teknologi digital di era globalisasi ini memiliki banyak hal positive dan negative juga. oleh karena itu peran guru TIK untuk mengarahkan kepada siswa agar hanya memakai teknologi digital untuk hal-hal yang positive saja.

  123. Menurut saya mata pelajaran TIK harusnya tidak di hapus dari kurikulum dua ribu tiga belas karena selain ruangan tik nya adem kita juga bisa belajar teknologi untuk masa depan(?). Tapi menurut saya mata pelajaran prakarya juga bagus karena bisa menambah wawasan ilmu dan lain-lain.

    1. eh tapi kurikulum dua ribu tiga belas lebih bagus dari pada kurikulum dua ribu enam. katanya sih gitu tapi ga tau deh yang bener yang mana.

  124. menurut saya pelajaran TIK memang dibutuhkan bagi generasi masa sekarang dan jangan cuma pintar di dalam otak saja tapi harus dari wataknya juga,hal tersebut disebut dengan c-generation seiring menambahnya waktu teknologi pasti juga berkembang dan guru TIK sangat berperan penting bagi kemajuan tersebut,karena peran guru TIK adalah mencerdaskan kemajuan siswa siswi dalam bidang teknologi dan menurut saya tik jangan di gantikan oleh prakarya karena prakarya tidak terlalu penting dalam mencerdaskan siswa dan prakarya kebanyakan melakukan keterampilan sedangkan banyak murid laki laki yg tidak memiliki keterampilan tersebut,jadi mendingan tik di jadikan di kurikulum ini karena tik merupakan keahlian banyak orang,tetapi ingat banyak hal negatif di dalam teknologi seperti kejahatan sosial media untuk itu diharapkan guru tik membimbing muridnya untuk melakukan kegiatan positif saja dan supaya bermanfaat bagi kinerja otak dan keahlian lainnya

  125. saya setuju dengan vlog ini, kedua pelajaran ini tik dan prakarya dua dua nya bagus tapi kenapa harus di hilangkan?
    pelajaran tik nya . sekarang itu udh jaman modern yang serba serbi teknologi berhubungan dengan komputer seperti hp,tablet,dll. jika pelajaran tik dihilangkan justru malah membuat indonesia semakin ketinggalan jaman , membuat generasi generasi penerus bangsa ini menjadi ketingalan jaman alias kudet or gaptek. kenapa harus ditiadakan ?. mungkin itu pertanyaan yang tepat bagi orang yang membuat kurikulum ini, bukan nya ini men judge atau menghhina.pemerintah harus nya berpikir cerdas dan out of the box. jadi jangan menghilangkan tik .THINK SMART , GO FUTURE

  126. Saya setuju dengan om jay,mengapa mata pelajaran TIK yang penting dihapus?Saat ini teknologi berkembang sangat cepat,di situlah guru TIK berperan penting. Peran guru TIK adalah mengajarkan bagaimana cara menfaatkan teknologi sebaik mungkin.Supaya para siswa-sisiwi tidak menfaatkan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat,Dan Masa sekarang mulai dikenal dengan digital native. Karena proses belajar-mengajar sekarang sudah tidak dengan cara konvensional. Sekarang mereka sudah menggunakan web 3.0, yang dapat diakses dimana saja, kapan saja. Kita harus belajar teknologi dari orang yang berpengetauan.

  127. Saya setuju, TIK adala hal yang penting dalam kehidupan masa sekarang. Masa sekarang adalah masa yang modern dimana kebanyakkan siswa daan siswi memakai teknologi untuk mempermudah belajar dan mencari informasi dengan cepat dan tepat. Jangan sampa TIK ini dihilaangka, lalu digantikan oleh pelajaran lain. Itu SANGAT TIDAK benar. Kita para pelajar akan menjadi penerus kehidupan di bangsa, bukan hanya harus pintar di otak tetapi harus pintar i watak, yang dapat disebut dengan C-Generation. sampai sekarang teknologi masih berkembang, dan pada saat itu dimana guru masuk. Guru membantu kita untk belajar agar pintar pada ilmu, maupun watak dalam era ini. TIK mampu membuat alat-alat yang dapat membantu kami para pelajar dalam era sekarang, yang dapat dikenal dengan nama digital naive. Karena proses belajar-mengajar sekarang sudah tidak dengan cara konventional. Sekarang sudah memakai web 3.0, yang dapt di akses dimana saja, kapan saja. Kita harus belajar TIK ari orang/masyarakat yang berpengetahuan.

  128. setuju om jay, sebagai generasi penerus kita akan menyadari betapa pentingnuya pelajaran TIK. karena jika kita tidak mempelajari TIK kita akan ketinggalan zaman dan kewalah dalam menggunakan teknologi yang akan dan semakin canggih kedepannya seperti komputer.web 3.0 akan menjadi sangat efektif sebagai metode pembelajaran karena kitia dapat belajar kapan sajs, dimana saja jadi kita akan jauh lebih mudah dalam belajar. gutu tik harus menjadi media dalam penyuluhan kepada siswa siswi dalam mmenggunakan internet agar menggunakan internet sengan baik dan benar agar tidajk t6erjadi hal hal yang tidak diiinginkan karena sekarang oknum oknum tidak bertanggung jawab telah memasduki internet, jadi peranan guru akan menajadi sangat penting dalam hal pencegahan terhadap hal ini. jadi dengan adanya web 3.0 pembelajaran akan jauh lebuih menarik. semogas kedepannya akan banyak teknologi yang lebih memudahkan

  129. Saya sangat setuju,karena pelajaran BTIK sangatlah penting bagi siswa-siswi Labschool Jkarta untuk mempelajari ilmu teknologi agar tidak tertimggal zaman yang sudah berubah yang menggunakan teknologi canggih. Karena pelajaran BTIK sangat membantu masa depan murid-murid smp labschool di masa depan nanti.

    1. Saya sangat setuju,karena pelajaran BTIK sangatlah penting bagi siswa-siswi Labschool Jkarta untuk mempelajari ilmu teknologi agar tidak tertimggal zaman yang sudah berubah yang menggunakan teknologi canggih. Karena pelajaran BTIK sangat membantu masa depan murid-murid smp labschool di masa depan nanti.

  130. saya tidak setuju dengan penghapusan pelajaran TIK.TIK dibutuhkan untuk mengarahkan C-Generation ke arah yang lebih baik dan bermartabat dalam menggunakan teknologi maju.apakah yang terjadi jika TIK dahapuskan?apakah indonesia akan menjadi negara yang TERBELAKANG,BODOH,atau negara yang tidak dapat menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.apakah negara ini akan mengalami kemunduran jika TIK dihapuskan?yaa,karena teknologi sangat dibutuhkan untuk hal yang positif saja bukan hal yang negatif,sekarang negara kita sudah mengalami kemunduran di kawasan asia tenggara. seperti;seperti singapura,malaysia,thailand,dan filiphina.para pemuda pemudi harus tumbuh menjadi penerus bangsa yang bukan hanya pintar di otak namun juga harus baik wataknya, biasanya disebut C- Generation.negara ini membutuhkan penerus bangsa yang ahli dalam teknologi bukan bidang kesenian seperti;prakarya,negara ini sumber daya alamnya sangat melimpah,tetapai mengapa negara indonesia tidak maju seperti afrika selatan yang sumber daya alamnya sebanding dengan indonesia???hal itu disebabkan oleh manusianya kurang pengalaman di bidang teknologi.oleh sebab itu kita para generasi muda harus mengangkat kembali martabat negara ini.

  131. saya setuju karena jika mata pelajaran tik di hapuskan kita tidak bisa tahu apa yg terjadi di era globalisasi anak cucu kita juga tidak akan tahu dan pertanyaan saya kenapa harus iganti prakarya apa hubuhannya dengan prakarya apakah prakarya juga beragantung dengan komputer apakah kita saat pelajaran prakarya juga kompoter ! habis itu prakarya kan ada seni rupam addddddddfdddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddduh pemerintah gimana in

  132. Ssya setuju dengan OmJay, Karena TIK sangat penting untuk pembelajaran siswa, sedangkan di kurikulum 2013 TIK diganti dengan prakarya. Mata pelajaran baru yang belum ada sarjananya di perguruan tinggi manapun di dunia. Sebagai penerus bangsa, bukan hanya pintar di otak namun, juga harus baik wataknya, yang biasanya disebut C-Generation. Mereka memerlukan banyak pemandu atau guru TIK agar mampu menjadi pemain di bidang TIK. Sebaiknya pelajaran TIK tidak perlu diganti oleh pelajaran prakarya karena generasi muda ini, butuh pelajaran yang membimbing Teknologi Informasi dan Komunikasi.

  133. saya setuju om jay. pelajaran TIK memang penting dibanding prakarya. kita sudah belajar seni rupa lalu mengapa ada prakrya? di pelajaran TIK kita membangun watak. di pelajaran TIK kita juga diajarkan unt memilah dan di ajarkan unt mengorganisir dengan benar. kita juga diawasi dan dinasihatkan tentang penggunaan media sosial. Saya harapkan pelajaran TIK kembali dan menggantikan pelajaran prakarya. Pelajaran TIK sangatlah penting untuk generasi kita. kita adalah generasi yang membutuhkan pendidikan dalam memilah dan memilih.

  134. saya sangat setuju pak ,karena tik sangat penting dari pelajaran lainnya.C_GENERATION bukan hanya pintar otak saja tetapi watak .C-GENERATION untuk memanfaatkan 5k dan mata pelajaran ini sangat penting diajarkan kepada siswa agar tidak tertinggal dengan negara lain peran guru tik adalah untuk mengajarkan para siwa-siswi kepada internet/sosmed (sosial media)

  135. saya setuju kerna tik itu penting karna di masa depan semu amenggunakan robot .saya tidak setuju karena tik di hilangkan dari mata pelajaran di kurtilas herus nya tik tetep ada. seharusnya semua pelajaran ada di kurtilas atau di kombinasi.mungkin anak2 tidak bisa memakai komputer ia merugi karna tidak sesuai dengan peri kemanusian dan peri ke adilan katanya kurtilas kurikulum yang bagus tetapio yidak ada pelajaran tik .
    saya setuju yang ditulis om jay kerena tik penting .kata keluarga saya dai sabang sampai merauke tik tidak boleh dihilangkan .

  136. secara pribadi, saya sangat setuju. mengapa? karena TIK memanglah jauh lebih penting daripada prakarya. apalagi di zaman modern seperti sekarang ini, mungkin bagi beberapa orang gadget adalah belahan jiwanya. apalagi untuk generasi muda zaman sekarang. mereka butuh bimbingan dalam mempergunakan TIK yang baik dan benar. saya juga setuju dengan adanya program C-Generation yang sangaat bermanfaat. karena menurut saya pribadi, dengan adanya program ini, akan bisa meningkatkan kreativitas orang. terutama kreativitas otak. juga dengan adanya TIK, kegiatan belajar mengajar juga berlangsung lebih efisien. mengapa? karena ilmu bisa diakses dengan mudah, dimana saja dan kapan saja. program ini sangaat membantu siswa siswi masa kini karena pastinya mereka sudah lelah dengan sekolah, lalu jika mereka ingin mendapatkan pelajaran tambahan, tidak usah ikut bimbingan belajar. mereka bisa membuka ilmu dengan menggunakan TIK. satu lagi keuntungan tik yang sngat menguntungkan. apakah itu? itu adalah kita bisa menghemat biaya. TIK sangatlaah berguna.

  137. saya setuju mengajari murid-murid bersikap sopan dan membentuk watak kepada murid dalam TIK, seiring teknologi berkembang, pemakai komputer dan internet bertambah, mulai dari anak 10 tahunan sampai orang tua. orang tua sudah bisa berpikir sendiri dan bersikap yang benar di internet. Tetapi pemakai anak-anak juga tidak sedikit. Tanpa membangun karakter kepada murid-murid, mereka akan seenaknya menulis hal-hal yang tidak sopan di internet. karena itu membangun karakter di TIK itu wajib. Dan mengajari murid-murid untuk menjadi produsen itu juga baik, karena mungkin kita harus membuat sesuatu yang baru di saat yang mendatang

  138. saya setuju om jay. bahwa adanya generasi c-generation untuk bukan hanya pintar di otak, tetapi juga diwataknya. para siswa&siswi c generation harus bisa menjadi produsen pembelajaran, supaya bangsa indonesia menjadi lebih maju dan bukan hanya sekedar menjadi pengekor saja. para guru-guru tik juga sangat bermanfaat bagi perkembangan zaman ini, untuk membimbing para siswa siswa. dan bagi para sswa jangan hanya menggunakan internet untuk bermain saja, tetapi juga untuk belajar. karena tanpa disengaja mata pelajar tik itu bersifat luas dan sangat bermanfaat bagi para siswa dan siswi indonesia. sekrang para murid sudah menggunakan sistem modern, dan munngkin akan membuat indonesia lebih maju.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.