Pembelajaran yang Menantang

belajar di kebun sekolah

belajar di kebun sekolah

Pembelajaran yang menantang seringkali terlupakan. Guru hanya menyampaikan materinya saja. Tak peduli terjadi interaksi dua arah, padahal pembelajaran hanya berjalan searah. Guru terkesan lebih dominan daripada siswa.

Guru yang baik pasti akan berusaha melakukan pembelajaran yg terbaik di kelasnya. Guru aktif akan membuat siswa lebih aktif. Terjadi interaksi antara guru dan siswa. Mereka sama sama belajar.

Pembelajaran tidak hanya dilakukan di dalam kelas. Tapi juga di luar kelas. Kebun sekolah atau green house bisa dijadikan salah satu sarana untuk belajar di luar kelas. Apalagi bila kebun sekolah yang ada dirawat dan dikelola dengan baik.

Tanaman atau tumbuhan yang menghijau dapat melatih logika berpikir siswa mengapa tanaman bisa tumbuh subur. Mengapa tanaman obat sangat dibutuhkan oleh manusia? Apa fingsi tanaman dalam siklus hiduo manusia? Itulah salah satu bentuk bentuk kreativitas guru dalam pembelajaran yang menantang.

Pembelajaran yang menantang hanya bisa dilakukan oleh guru aktif dan kreatif. Pikirannya inovatif mencari celah baru dalam menyampaikan materinya ke pikiran siswa. Bila pikiran guru dan siswa telah bertemu maka mereka peserta didik akan dengan sendirinya belajar dengan aktif. Mereka akan temukan sendiri pembelajaran yang menyenangkan sekaligus menantang.

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

One thought on “Pembelajaran yang Menantang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.