Posted on: November 15, 2013 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 0

Pentingnya Administrasi Pembelajaran Bagi Guru

Selama 2 hari, guru-guru SMP-SMA Labschool (Rawamangun, Kebayoran dan Cibubur) mengikuti workshop Administrasi pembelajaran kurikulum 2013. Kegiatan ini dilaksanakan di Grand Ussu Hotel & Convention Jl. Raya Puncak No. 62 Cisarua Bogor, Telp (0251) 8256808).

Workshop Administrasi Pembelajaran
Workshop Administrasi Pembelajaran

Tempatnya sangat enak dan nyaman. Pemandangan sekitar hotel sangat bagus sekali di pandang mata. Ingin rasanya berlama-lama di hotel ini. Tentu akan lebih enak lagi bila menikmatinya bersama keluarga tercinta.

Acara workshop administrasi pembelajaran dibuka oleh ketua BPS YP UNJ, Ibu Dra. Indira Chanum, M.Si. Beliau sangat berharap guru-guru di Labschool dapat menyelesaikan administrasi pembelajarannya dengan baik.

Mengapa administrasi pembelajaran begitu penting bagi guru? Sebuah pertanyaan yang terjawab dari kegiatan workshop ini. Guru diharapkan mampu merancang pembelajaran dalam bentuk tertulis sebelum melakukan praktik mengajar di kelas. Kelengkapan administrasi pembelajaran sangat penting disiapkan guru agar pembelajaran yang dilakukan menjadi menyenangkan, dan mengundang siswa untuk aktif di dalamnya. Guru dan siswa sama-sama belajar.

Sebagai sekolah yang ditunjuk menjadi sekolah sasaran kurikulum 2013, tentu Labschool ingin menjadi sekolah yang terbaik dalam implementasinya.  Salah satu langkahnya adalah melengkapi administrasi pembelajaran yang dibutuhkan oleh para guru. Dengan begitu, guru labschool menjadi guru profesional yang memahami tugasnya sebagai seorang guru.

Pimpinan BPS-YP-UNJ juga mendatangkan para pakar pendidikan di bidangnya masing-masing. Hadir dalam penyusunan administrasi pembelajaran adalah penasehat Labschool, bapak Prof. Dr. H. Arief Rachman, M.Pd. Beliau sangat memotivasi kami dalam menuju sukses pelaksanaan kurikulum 2013.

Beliau memaparkan mengapa kurikulum 2013? Apa kekuatan kurikulum 2013? Apa sasaran atau target utamanya? dan Apa yang menjadikan kurikulum bermutu? Beliau juga menjelaskan tentang perbedaan kurikulum 2013 dan kurikulum sebelumnya serta penyempurnaan pola pikir kurikulum 2013.

Menarik sekali apa yang disampaikan oleh pak Arief, kami menjadi semakin termotivasi untuk membuat administrasi pembelajaran yang baik. Khususnya dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sejalan dengan kurikulum 2013. Untuk slide presentasinya akan saya uploadkan.

Tujuan workshop administrasi pembelajaran kurikulum 2013 adalah:

  1. Meningkatkan kemampuan guru dalam penyusunan administrasi pembelajaran, khususnya rencana program pembelajaran (RPP) yang benar dan bahan ajar yang diperlukan
  2. Meningkatkan kemampuan dan pemahaman guru dalam mengembangkan saintifik
  3. Meningkatkan kemampuan dan pemahaman guru dalam merancang dan melaksanakan penilaian autentik.
  4. Tersusunnya rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan bahan ajar yang diperlukan kelas VII SMP dan kelas X SMA.

Dari keempat tujuan itu, saya merasakan betapa pentingnya administrasi pembelajaran dilakukan dan disiapkan oleh guru. Saya pun mendapatkan hasil yang diharapkan, yaitu:

  1. Kemampuan guru dalam menyusun RPP yang benar menjadi meningkat, dan tidak lagi copy paste seperti selama ini
  2. Kemampuan dan pemahaman guru dalam mengembangkan pembelajaran saintifik meningkat. Guru menjadi lebih memahami 5M (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan data, Menalar, dan Mencipta)
  3. Kemampuan dan pemahaman guru dalam merancang dan melaksanakan penilaian autentik meningkat.
  4. RPP dan bahan ajar yang diperlukan kelas VII SMP dan X SMA tersusun lengkap dan sangat memudahkan sekolah bila ada akreditasi.

Senang sekali dapat mengikuti workshop administrasi pembelajaran yang dilaksanakan oleh Labschool dengan para nara sumber yang sangat pakar di bidangnya. Saya menjadi semakin tahu akan pentingnya administrasi pembelajaran bagi guru. Apalagi setelah dijelaskan secara panjang lebar oleh ibu DR. Ima Rohima, M.Pd, dan Ibu Dr. Lili Nurlaili dari Pusat Kurikulum.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.