Posted on: October 27, 2013 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 0

Resume Olimpisme Materi ke 8 dan 9

Resume Olimpisme Materi ke 8

Nama : Nurul Febi Safitri

Prodi : Pend.Kimia Bilingual

No.reg : 3315130948

PENANAMAN OLIMPISME UNTUK MEMBANGUN SEMANGAT PERUBAHAN

Assalamu’alaikum wr.wb.

Hari ini adalah hari Sabtu dimana kami akan kuliah olimpisme, tapi hari Sabtu ini sedikit berbeda karena Om Jay izin tidak masuk dan beliau digantikan oleh dosen lainnya. Pada hari ini kami membahas 2 materi secara bergantian, yang pertama dibahas mengenai apa itu perubahan atau berubah. Hal yang pertama terpikirkan adalah perubahan itu bersangkutan dengan fisik dan psikologis dimana perubahan adalah adanya pergeseran pada fisik dan adanya keengganan atau keinginana didalam psikologisnya. Perubahan bisa terjadi secara global ataupun secara sendiri – sendiri. Jadi, yang harus dipahami bahwa perubahan itu pasti dan harus diantisipasi.

Selanjutnya mengenai pandangan mendasar tentang meyikapi perubahan adalah :

  • “Kekuatan Otak” (brain power) kini lebih berperan daripada “Kekuatan Otot” (brute power)
  • Sumber daya ekonomi tidak lagi muncul dari “kekayaan alam” tetapi dari “kekayaan pola pikir” (Jhon Schuly).
  • Sebenarnya idak ada negara/perusahaan yang “bangkrut”, yang ada  adalah “tersingkir” atau kalah bersaing  (Peter Drucker).
  • “Know more” kini lebih berperan dari pada “have more”  (Brian Tracy).

Dalam kita membentuk suatu perubahan, kita juga harus memahami proses perubahan itu sendiri. Apabila kita tidak memahami itu nantinya akan berdampak yang tidak baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Untuk itu, bangunlah semangat berubah melalui penanaman olipisme, karena sebenarnya “PERUBAHAN PADA DIRI MANUSIA EKUIVALEN DENGAN PERUBAHAN KOMPETENSINYA ” (Prof. Gay Hendrick & Dr. Kate Ludeman). Dan jangan lupa selau ingat motto dari olimpisme, citius, altius, dan fortius, agar kita lebih fokus dalam menjalani perubahan.

Sekian resume saya hari ini, kurang lebihnya mohon maaf.

 

Wassalamu’alaikum wr.wb.

 

 

Tugas Individu

1. Di dalam dunia ini pasti ada perubahan, karena tiap kita hidup pasti ada masa masa dimana kita mengalami perubahan, contohnya perubahan zaman. Hal itu harus kita tanggapai dengan pasti dan harus diantisipasi. Selain itu, ditiap diri manusia itu setiap saat akan mengalami perubahan seperti fisik ataupu psikisnya. Dan yang harus dilakukan manusia untuk menanggapi itu semua adalah belajar untuk bisa mengikuti alur yang terjadi dan mengikuti perubahan atau beradaptasi dengan yang baru, apabila kita tidak mengikuti perubahan yang baik mungkinnya nanti kita akan tertinggal.

2. Karena nilai nilai olimpisme memiliki nilai semanagta juang yang tinggi untuk membuat perubahan, semakin kita mendalami motto dan tujuannya semakin baik kita dalam menghadapi sebuah perubahan itu sendiri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Resume Olimpisme Materi ke 9

Nama : Nurul Febi Safitri

Prodi : Pend.Kimia Bilingual

No.reg : 3315130948

PENERAPAN OLIMPISME UNTUK MEMBANGUN ORGANISASI YANG SUKSES

Assalamu’alaikum wr.wb.

Hari ini kami akan melanjutkan materi ke sembilan setelah materi ke delapan tadi dipersentasikan oleh Pak Andos. Dalam hal ini kami membahas tentang berorganisasi dan apa itu visi misi organanisasi dan bagaimana seharusnya organisasi itu.

Pertama adalah pradigma untuk membangun sebuah organisasi yang sukses.

Organisasi à bisnis à harus dikelola profesional

Bisnis itu sendiri adalah proses terintegrasi dan interaktif yang dipengaruhi oleh keputusan strategis dalam organisasi. Sebuah organisasi harus mempunya visi dan misi yang jelas.

VISI : Pernyataan visioner & strategis tentang “bisnis apa” yang ingin  dikembangkan oleh organisasi.

MISI : Pernyataan yang menjelaskan statement tentang “eksistensi bisnis” yang diharapkan” dan “ bagaimana bisnis akan di laksanakan ”.

Indikator keluaran organisasi yang sukses yaitu :

1. Peningkatan Performansi Organisasi (Material/Non Material) .

2. Memenuhi Kebutuhan & Harapan Pemangku Kepentingan.

3. Terbangun Kualitas  Output Organisasi (Produk  &  Layanan).

4. Terjadinya Produktifitas,Inovasi & Kreatifitas Kerja.

5. Adanya Komitmen Selurh Jajaran Organisasi.

Organisasi yang sukses juga harus memiliki sumber daya yang baik, produktifitas, mampu membangkitkan inovasi  dan  kreatifitas SDM, mampu mengantisipasi perubahan (sebagai organisasi pembelajar), mampu meningkatkan komitmen jajaran dalam organisasi. Untuk membangun itu semua dibutuhkan materi yang baik sebagai pengeloalanya maksudnya harus ada penanaman pembelajaran yang baik agar mencapai organisasi yanng sukses.

Olympism sangat relevan dengan filosofi membangun organisasi yang sukses. Contohnya saja, ada bebrapa nilai nilai olimpisme yang relevan terhadap nilai nilai dalam organisasi modern, yaitu :

  • Visioner (tujuan jangka panjang)
  •  Peaceful (mendukung kedamaian)
  •  No Discrimination (tidak diskriminatif)
  •  Mutual Understanding (saling memahami)
  •  Friendship (persahabatan/kemitraan)
  •  Solidarity (solidaritas)
  •  Fair Play (kejujuran,adil,wajar)
  •  Excellence (keunggulan)
  •  Fun (membangun kesenangan/bahagia)
  •  Respect (saling menghargai)
  •  Human Development  (pengembangan diri)
  •  Leadership (Kepemimpinan)
  •  Motivation (semangat,pantang menyerah)
  •  Team Work (kerjasama,sinergi)

Dan yang terakhir adalah indikator organisasi yang sukses yaitu :

1. Cepat dalam mengantisipasi perubahan, sehingga akan tetap “survive” dalam persaingan.

2. Memiliki visi yang tinggi & jauh kedepan.

3. Memiliki sumberdaya,yang tangguh sehingga mampu menghadapi memanfaatkan peluang yang ada untuk kesuksesan organisasi secara jangka panjang  .

Di bagian akhir dari pertemuan kami ada sebuah kalimat yang baik yaitu :

MARI KITA : PELAJARI, PAHAMI, RENUNGI DAN JALANI UNTUK MENAPAK HARI DEPAN YANG LEBIH BAIK

Sekian resume saya, kurang lebihnya mohon maaf.

 

Wassalamu’alaikum wr.wb.

 

Tugas  Individu

1. indikator organisasi yang sukses adalah :

1. Cepat dalam mengantisipasi perubahan, sehingga akan tetap “survive” dalam persaingan, artinya dalam berorganisasi kita harus selau cepat, cepat dalam bertindak agar tidak tertinggal.

2. Memiliki visi yang tinggi & jauh kedepan, artinya agar organisasikita memiliki tujuan yang pasti dan tau akan dibawa kemana arah oraganisasi ini.

3. Memiliki sumberdaya,yang tangguh sehingga mampu menghadapi memanfaatkan peluang yang ada untuk kesuksesan organisasi secara jangka panjang, artinya agar organisasi yang kita bentuk ini memiliki semangat produktifitas yang tinggi karena adanya penunjang dari sumber daya itu sendiri.

 

2. Karena motto olimpiade sangat relevan terhadap tujuan organisasi didalam motto olimpiade mengharuskan kita lebih cepat, lebih tinggi, lebih kuat, hal ini sangat erat kaitannya dalam sebuah organiasasi agar organisasi tersebut dapat terus semangat dalam menghadapai sebuah perubahan yang terjadi ataupun dalam menghadapi persaingan dengan oranisasi lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Categories:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.