Posted on: September 21, 2013 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 1

Kuis Olimpisme pertemuan ke-4 di Kampus B UNJ Rawamangun

olimpisme-pkb

Nama    : Annisa Nurlitiani

No.Reg : 3315130937

Prodi     : Pendidikan Kimia Bilingual

kuis olimpisme pertemuan ke4

  1. Sebutkan dan jelaskan (sesuai pandangan pribadi) tentang hubungan aktivitas gerakan olimpiade dengan prestasi olahraga di sebuah Negara!
  2. Berikan ide anda, agar gerakan olimpiade di Indonesia dapat terselenggara secara efektif dan menghasilkan output yang maksimal!
  3. Apa yang anda rasakan setelah mengikuti 4 kali pertemuan perkuliahan olimpisme?

Jawab :

  1. Menurut saya hubungan aktifitas gerakan olimpiade dengan prestasi olahraga di sebuah Negara adalah dengan dengan adanya aktivitas gerakan olimpiade maka sebuah Negara akan bersaing secara sportif untuk menciptakan atlet-atlet yang memiliki bakat yang sangat luar biasa agar membuat sebuah Negara tersebut mampu atau dapat berpartisipasi dalam aktifitas olimpiade, kemudian dengan adanya aktivitas olimpiade tersebut akan membuat prestasi olahraga pada suatu Negara menjadi tolak ukur atau mampu memotivasi Negara-negara lain yang belum bergabung atau berpartisipasi dengan aktivitas gerakan olimpiade, dan juga mampu menjadikan wadah untuk bertemunya para atlet-atlet dunia yang akan membanggakan nama Negara dari masing-masing atlet dan juga dengan adanya aktivitas gerakan olimpiade ini setiap Negara akan berjuang untuk membuat negaranya menjadi yang paling baik.
  2. Agar gerakan olimpiade di Indonesia dapat terselenggara secara aktif dan menghasilkan output yang maksimal, menurut saya :
  • menerapkan prinsip-prinsip olimpiade dalam kehidupan sehari-hari
  • tidak pernah menyerah dan putus asa untuk berjuang menjadi seorang pemenang
  • selalu memotivasi orang lain untuk melakukan hal yang baik
  • membuat suatu organisasi dimana menjadi tempat perkumpulnya para motivator yang mampu memotivasi masyarakat Indonesia
  • membuat suatu club yang menjadi tempat para masyarakat menyalurkan bakatnya, baik dalam olahraga, kesenian, ilmuan, dll
  • membuat suatu kompetisi untuk semua warga Indonesia yang memiliki kemampuan dan bakatnya, agar bakat mereka mampu tersalurkan dan dapat ditingkatkan
  • sering mengadakan sosialisasi kepada masyarakat baik di kota maupun didaerah mengenai olimpisme, agar mereka mengetahui apa itu olimpiade yang sebenarnya
  • mendidik para atlet agar menerapkan prinsip olimpiade

 

Setelah 4 kali mengikuti mata kuliah olimpisme bersama om jay, saya merasa sangat termotivasi untuk selalu berjuang dan tak pernah merasa lelah untuk menjadi seorang pemenang, mata kuliah olimpisme menurut saya sangat berguna untuk para mahasiswa karena mampu merubah pola pikir menjadi lebih baik kemudian dalam perkuliahan yang enjoy saya merasa sangat nyaman dan sangat menyukai apa yang om jay ajarkan kepada saya dan teman-teman, dan saya berharap semoga mata kuliah olimpisme ini ada untuk semua fakultas tidak hanya mipa saja dan saya juga berharap prinsip-prinsip olimpisme ini dapat diterapkan dalam kehidupan setiap mahasiswa.

Categories:

1 people reacted on this

  1. Nama : Annisa Nurlitiani
    No.Reg : 3315130937
    Prodi : Pendidikan Kimia Bilingual
    1. Jelaskan mengapa olimpiade begitu bernilai bagi bangsa-bangsa Yunani saat itu!
    2. Sebutkan dan jelaskan (sesuai pandangan pribadi), nilai-nilai penyelenggaraan olympiade kuno yang merupakan nilai-nilai universal!
    3. Bangsa Indonesia juga memiliki nilai dan budaya yang luhur, sebutkan dan jelaskan nilai-nilai yang memiliki kemiripan dengan budaya bangsa yunani tersebut.

    Jawaban

    1. Menurut saya karena pada saat itu olimpiase awalnya merupakan sebuah ritual keagamaan bangsa yunani saat itu, pada saat itu dengan adanya olimpiade terciptanya semangat untuk berprestasi, terciptanya suatu kejujuran dan kedamaian dalam suatu olimpiade. Dengan diadakannya olimpiade pada bangsa yunani saat itu membuat para penduduk bangsa yunani termotivasi untuk menjadi seorang pemenang.
    2. Nilai-nilai penyelenggaraan olympiade kuno yang menggunakan nilai-nilai universal yaitu adanya semangat berprestasi, karena jika dalam suatu perlombaan adanya semangat untuk berprestasi maka akan tumbuh sportivitas yang tinggi, terjalinnya suatu keakraban antara peserta, dalam pertandingan munculnya perdamaian yang akan membuat semua peserta dan para penonton merasa bahagia dan menikmati suatu olimpiade, sehingga timbulnya rasa sukacita mengikuti atau menghadiri suatu olimpiade.
    3. Pada bangsa Indonesia juga memiliki sikap atau nilai-nilai yang memiliki kemiripan dengan budaya bangsa yunani yaitu adanya semangat berprestasi, banyak sekali para pemuda Indonesia yang memiliki potensi yang begitu luar biasa yang membuatnya termotivasi untuk berprestasi dan tidak sedikit dari penduduk bangsa Indonesia yang menerapkan sikap saling menghargai dengan satu sama lain agar terciptanya sportivitas dalam suatu pertandingan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.